15 Contoh Teks Monolog (Terbaru) 1

15 Contoh Teks Monolog (Terbaru)

Teks Monolog – Istilah monolog seringkali terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Seperti namanya, monolog merupakan sebuah percakapan tunggal antara seseorang dengan dirinya sendiri. Biasanya, monolog sering kali dikaitkan dalam pentas drama. Namun kenyataannya, monolog juga bisa disajikan ke dalam bentuk teks. Ada banyak sekali contoh teks monolog yang bisa Anda lihat di buku dan juga internet.

Pengertian Teks Monolog dan Cara Mencari Contoh Teks Monolog

Pengertian Teks Monolog dan Cara Mencari Contoh Teks Monolog

Teks monolog memiliki arti sebagai sebuah teks yang hanya terdiri dari dialog pada diri sendiri. Walaupun hanya terdiri dari dialog satu orang saja, tetapi emosi dan pesan tetap bisa disrasakan oleh pembacanya. Saat ini, monolog tidak hanya sebatas dialog tunggal pada pentas drama saja. Anda bisa menemukan monolog-monolog menarik di dalam contoh teks monolog pada buku ataupun internet.

Contoh teks monolog nantinya akan berbentuk sebuah teks yang berisi beberapa buah percakapan antara seseorang dengan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain. Hampir semua yang diucapkan oleh seseorang tersebut tidak diketahui orang lain. Adapun isi percakapan tersebut biasanya berupa tanggapan atas sesuatu, hal yang akan dilakukan dan juga perasaan yang sedang dirasakan.

Contoh Teks Monolog yang Singkat

Contoh Teks Monolog yang Singkat

Bus Way

Bus Way

Seperti yang telah diketahui, bus merupakan sebuah kendaraan umum dengan ukuran yang cukup besar. Karena ukurannya yang besar, bus tentu saja bisa mngangkut banyak orang di dalamnya. Di Kota Jakarta, salah satu jenis bus yang terkenal adalah Trans Jakarta. Ingat, Trans Jakarta ya bukan bus way.

Bus way bukanlah jenis kendaraan bus melainkan sebuah jalur khusus untuk bus. Selain bus Trans Jakarta tidak ada lagi kendaraan lain yang diperbolehkan melintas pada jalur tersebut Jadi, bus way merupakan nama jalan yang dilintasi oleh Trans Jakarta.

Namun tidak seperti namanya, bus way tidak boleh dilintasi oleh kendaraan lain selain Trans Jakarta. Padahal Kopaja juga kan termasuk kendaraan bus. Tetapi tetap saja tidak diperbolehkan melintasi jalur bus way. Dengan demikian, penamaan jalur Trans Jakarta tersebut cukup keliru. Mengapa tidak dinamakan Trans Jakarta way saja?

Contoh Teks Monolog di Dalam Naskah Drama

Contoh Teks Monolog di Dalam Naskah Drama

Demokrasi

Demokrasi

Saya sangatlah mencintai demokrasi. Tapi apalah daya, saya hanyalah rakyat biasa yang tak bertampang seperti pejuang, apalagi seperti pahlawan. Selain itu, wajah saya tak akan mungkin dimuat di dalam koran. Wajah saja tak dikenali oleh banyak orang. Perjuangan yang saya lakukan mungkin hanya sebatas tingat RT saja.

Walaupun hanya setingkat RT, tetapi demokrasi di tempat saya sangatlah indah. Hal ini bisa dilihat dari sikap semua warga yang bisa memaknai serta mengamalkan demokrasi tanpa merasa terpaksa.

Saat ada gerakan anti demokrsi muncul, para warga bersemangat untuk menyelesaikannya dengan damai. Kadang kala, saya diminta oleh para warga untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ya, hal ini sebagai wujud rasa hormat mereka kepada saya karena terpilih sebagai pemimpin mereka. Itupun berdasarkan hasil demokrasi, ya.

Saya bangga bisa menjadi bagian kecil dari rakyat Indonesia yang menegakkan demokrasi. Walaupun hanya setingkat RT saja, tetapi saya tetap bahagia. Ah, andai saja seluruh wilayah di Indonesia bisa memiliki sifat demokrasi yang sama seperti di RT tempatku tinggal, pasti keadaan negara akan aman dan damai.

[/su_note]

Contoh Teks Monolog Suasana Sedih

Contoh Teks Monolog Suasana Sedih

Ibuku yang Tercinta

Ibuku yang Tercinta

Rasa ini akan tetap sama dan tak akan berubah, Ibu. Semua rasa cinta serta ketulusanmu, semuanya tidak akan pernah terlihat sederhana bagi diriku. Engkau selalu tulus dan menganggap bahwa semua hal itu terlihat sederhana

Senja yang ada di ujung barat itu selalu menjadi milik kita berdua. Saat itulah kita bisa menggenapkan waktu menuju malam yang sarat akan harmoni. Bukankah begitu kelihatannya? Seperti itulah arti dirimu untukku bu, kau bagaikan senja yang hanya tercipta untukku.

Hal lain yang selalu menjadi sumber kebahagiaanku adalah fajar yang ada di ujung timur sana. Fajar itu pun akan selalu jadi milik kita bersama kan Ibu? Ketita fajar membangkitkan sinar terang benderang untuk membuatkan kita lupa akan gelapnya malam yang berselimut kabut kedamaian. Seperti fajar, engkaulah sosok yang mampu menerbitkan sinar yang terang saat duniaku terasa gelap.

Mengapa semua hal itu terasa sangat indah saat dilalui bersamamu? Kau tahu Ibu, dari semua hal yang ada di dunia ini, aku lebih suka untuk selalu duduk di sampingmu. Menceritakan tentang hal tentang apa saja yang telah ku lalui. Bagiku, hal sederhana ini jauh lebih menenangkan dibandingkan dengan mendengarkan alunan musik yang damai.

Ibu, lihatlah anakmu ini. Aku ingin sekali menjadi sosok yang terbaik di dalam hidupmu. Ibu, aku berjanji akan selalu menjadi seseorang yang bisa engkau banggakan. Ibu, anakmu ini ingin sekali selalu berada disampingmu untuk selamanya. Aku sayang ibu.

Contoh Teks Monolog Tentang Sahabat

Contoh Teks Monolog Tentang Sahabat

Aku masih ingat pagi itu, dimana ada seorang anak manusia yang termenung dan diam sesaat ia terbangun dari tidur pulasnya. Anak tersebut sama sekali tak melakukan apapun, selain melamun dan juga terdiam. Tubuhnya pun hanya disandarkan pada tumpukan bantal yang disusun tinggi.

Sampai pada akhirnya, anak tersebut pun mengeluarkan kata-kata dari mulutnya. Namun, pandangan matanya tetap saja kosong. “Hari ini aku sangat malas untuk sekolah. Hari ini, aku benar-benar merasa tidak sanggup lagi untuk bersekolah.” Ia pun menarik napas sejenak kemudian kembali berbicara

“Aku angat malu pada teman-teman, mengapa aku selalu berbeda dari mereka. Apa karena aku jelek, atau apa karena aku miskin, sehingga terlihat tak sama seperti mereka”

“Aku sangat membenci keadaan ini, tetapi aku juga tidak bisa pergi seenaknya. Masih ada orang yang harus aku bahagiakan karena mereka mencintaiku dengan tulus. Air mata pun menetes secara perlahan.

“Aku tidak akan pernah rela jika harus meninggalkan orang-orang yang menyayangiku, karena mereka lah aku dapat merasakan cinta yang tulus.” Sambil mengusap air matanya yang sedang menetes. “Oke. sekarang aku sadar, cinta membuat harta dan gelar tidak ada apa-apanya.”

“Oke, aku akan sekolah saja, dan aku tidak akan perduli dengan keadaan ini, masih banyak orang yang harus aku bahagiakan.” Tersenyum sambil mengusap air mata dan kemudian bergegas untuk siap-siap menuju sekolah.

Contoh Teks Monolog Anekdot

Contoh Teks Monolog Anekdot

TIDAK MENGHARGAI PERASAAN SESEORANG

TIDAK MENGHARGAI PERASAAN SESEORANG

Aku kini berada di sekolah tingkat menengah (SMA). Pada tempat inilah aku memiliki banyak sekali pengalaman. Mulai dari Aku temen yang baik, Guru yang terkadang cerewet dan juga pujaan hatiku. Semuanya hal tersebut selalu membuatku tersenyum. Yah !!! ihari-hari menyenangkan itulah yang sedang kujalani saat ini.

Mereka selalu mendukung keinginanku demi kemajuan hidupku. Bagiku, mereka adalah sosok hangat, baik, menyenangkan dan juga lembut. Namun, ada pepatah mengatakan selimut yang terlalu lembut, hangat, dapat membuat badan sang pemakaika akan terasa panas, terbakar, bahkan bisa membuatnya menjadi melempuh. Euuuuh !!

Ya Tuhanku … saat ini ku ikhlaskan air mata ini yang membasahi seluruh jiwa dan ragaku … Mereka adalah orang-orang yang hampir setiap hari membuatku tersenyum, walaupun di satu sisi, mereka juga memiliki kekurangan.

Yah … beginilah ku lewati hari-hari ini dengan penuh tawa dan bahagia.

Contoh Teks Monolog Tentang Negosiasi

Contoh Teks Monolog Tentang Negosiasi

Pada suatu hari, seorang ibu pergi ke sebuah toko baju untuk membeli sebuah kaos sepak bola. Kaos tersebut nantinya akan diberikan kepada anaknya masih berusia sekitar 6 tahun. Anak ibu tersebut sangatlah suka dengan klub sepak bola Real Madrid asal Spanyol yang juga merupakan klub kesukaanku.

Karena itulah, ibu tersebut membelikan anaknya sebuah kaos klub Real Madrid. Kebetulan persedian kaos tersebut ada, hanya saja ukuran yang ada ternyata terlalu besar untuk tubuh anaknya. Namun penjual baju pun tetap merayu ibu tersebut untuk membeli kaos tersebut.

Pedagang tersebut meyarankan baju tersebut untuk dikecilkan ukurannya agar bisa dipakai oleh anak ibu tersebut. Tak lama kemudian, proses negosiasi pu terjadi. Pedagang kaos tersebut menawarkan harga Rp. 35.000, tapi tawaran tersebut ditolak oleh sang ibu. Setelah melakukan proses negosiasi yang cukup panjang akhirnya ibu tersebut membeli kaos bola itu dengan harga Rp. 30.000.

Contoh Teks Monolog yang Menyindir

Contoh Teks Monolog yang Menyindir

Pada zaman yang serba modern ini, manusia tidak lagi merasa peduli lagi akan apa yang telah dilakukan. Hidup pun dijalankan dengan semau hati tanpa adanya batasan. Manusia juga lupa akan takdirnya, yaitu menjadi khalifah dimuka bumi ini, sehingga tak peduli dengan hukum yang telah ditetapkan
Tuhan.
Eksploitasi alam dilakukan secara habis-habisan sehingga bencana seringkali datang membalas. Kehidupan anak muda sekarang hidup yang seenaknya melampauai batas norma yang ada, sangatlah memperihatinkan untuk dilihat.

Sungguh saat ini manusia telah kembali ke zaman Jahilliyah…

Pertanyaannya, Apakah masih ada sisa manusia yang masih mau memikirkan itu semua???

Mungkin hanya orang gila yang “waras” mampu memikirkan semua ini.

Contoh Teks Monolog Tentang Sekolah

Contoh Teks Monolog Tentang Sekolah

Ada seorang siswa yang termenung di bangku depan sekolah. Sambil memandangi lingkungan sekolah, ia pun berbicara sendiri

“Bagaimana sekolahku bisa maju? sedangkan lingkungan sekolahku saja belum terawat sepenuhnya? apa yang harus aku lakukan?” Siswa itu pun berpikir sejenak.

“Ah, aku sudah tau caranya. Aku akan menemui guruku untuk mengajaknya musyawarah agar bisa membersihkan lingkungan sekolah? Mungkin sekolah ini bisa mengadakan kegiatan jumat bersih.”

Contoh Teks Monolog Dalam Bentuk Puisi

Apakah masih ada waktu?

Apakah saya berani menaklukkan semua?

Entahlah, detak jam yang terus menerus memburuku

Membuatku seakan dikejar oleh sang waktu

Tak ada pilihan lain selain melawan, atau aku akan mati ditelan sang waktu

Contoh Teks Monolog Tentang Kesombongan

Contoh Teks Monolog Tentang Kesombongan

Apa itu sifat sombong?

Yang aku tahu sejak dahulu, sifat sombong merupakan sifat yang tidak boleh dimiliki oleh manusia.

Apakah kamu tahu, sifat sombong adalah sifat yang hanya boleh dimiliki oleh Tuhan.

Walaupun fisikmu sempurna, penampilanmu rupawan, maka dirimu tidak boleh merasa sombong.

Satu hal yang harus kamu ketahui, semua kesempurnaan itu berasal dari Tuhan.

Jadi tak ada hal yang bisa disombongkan dan aku sadar akan hal itu.

Contoh Teks Monolog Tentang Pujian

Contoh Teks Monolog Tentang Pujian

Sungguh cantik wanita di depanku ini.

Matanya yang bulat membuat ku terpana.

Pipinya yang merona kemerahan menambah pesonanya.

Bibirnya yang merah, membuat siapa saja terpana dibuatnya.

Ah, andai saja wajahku secantik dia. Pasti akan banyak sekali orang yang mendekatiku.

[/su_note]

Contoh Teks Monolog Tentang Penyesalan

Contoh Teks Monolog Tentang Penyesalan

Harusnya semalam aku belajar.

Tidak seharusnya aku mengiyakan ajakan temanku untuk nongkrong di warung Bu Siti.

Akibat perbuatanku semalam, aku tidak bisa fokus mengerjakan ujianku karena mengantuk.

Aku pun tak tahu bagaimana hasil ujianku.

Aku hanya takut hasil ujian tersebut akan mengecewakan ibuku.

Contoh Teks Monolog Tentang Kemarahan

Contoh Teks Monolog Tentang Kemarahan

Aku sangat marah setelah mengetahui semuanya.

Tega-teganya dia berkhianat padaku.

Semua rahasiaku menjadi terbongkar hanya karena dia.

Ya, dia adalah orang yang benar-benar sudah ku percaya sejak dulu.

Saat ini, untuk melihat mukanya saja pun aku tak sudi.

Contoh Teks Monolog Tentang Kesedihan

Contoh Teks Monolog Tentang Kesedihan

Aku tak tahu harus berbuat apa.

Aku telah kehilangan semua yang kupunya.

Saat ini hidupku menjadi tanpa arah.

Aku hanya bisa mengikuti kemana langkah kakiku sembari menunggu air mataku mengering.

Contoh Teks Monolog Memuja

Contoh Teks Monolog Memuja

Sungguh indah ciptaanmu Tuhan.

Parasnya yang tampan sukses mengalihkan duniaku.

Sikapnya yang lemah lembut membuatku betah untuk selalu berada di dekatmu.

Ah, andaikan kau tahu bahwa aku sangatlah menyukaimu.

Beberapa contoh teks monolog tersebut bisa dijadikan referensi bagi Anda yang masih bingung mengenai teks monolog. Dengan sering membaca berbagai contoh yang ada dari teks monolog, Anda akan dengan mudah membuat teks monolog sendiri. Semoga bermanfaat.

Contoh Teks Monolog (Terbaru)

Leave a Reply