3 Contoh Teks Hasil Observasi (Singkat dan lengkap) 1

3 Contoh Teks Hasil Observasi (Singkat dan lengkap)

Teks Hasil Observasi (Singkat dan lengkap) – Ada pasti pernah ditugaskan untuk melakukan observasi atau pengamatan terhadap obyek tertentu. Setelah itu, Anda pasti diminta untuk menuliskan hasil observasi dalam bentuk teks yang sering disebut sebagai teks hasil observasi. Pada artikel berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh teks hasil observasi yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

Anda perlu tahu bahwa laporan hasil observasi berisi tentang fakta – fakta yang terbukti secara ilmiah. Walaupun berisi tentang hal ilmiah, laporan hasil observasi harus mudah dipahami oleh pembaca dengan pemilihan bahasa yang ringan. Pada teks hasil observasi semua hasil pengamatan harus jelas dan tidak membahas lain selain obyek yang diamati.

Contoh Teks Laporan hasil Observasi tentang Hewan

Spesies hewan sangat banyak dan digolongkan kedalam beberapa kriteria. Setiap hewan memiliki ciri dan cara sendiri dalam kehidupannya. Hewan adalah mahkhluk hidup yang sangat menarik untuk diteliti dan banyak penelitian yang membahas tentang hewan beserta cara hidupnya. Teks observasi tentang hewan sebagai berikut:

1. Hasil Observasi Kucing

Hasil Observasi Kucing

Kucing memiliki nama lain yakni Felis Silvestris Catus atau Felis Catus. Kucing menyusui anaknya sehingga disebut sebagai hewan mamalia. Biasanya, kata “kucing” ditujukan kepada kucing yang jinak. Namun, tidak menutup kemungkinan merujuk pada kucing besar seperti singa harimau, dan cheetah.

Antara kucing dan manusia dapat hidup berbaur sejak 6.000 tahun SM. Pada jaman dahulu, orang mesir kuno memanfaatkan kucing sebagai alat untuk menjauhkan tikus dari lumbung hasil panen. Sampai saat ini, kucing menjadi hewan peliharaan yang terpopuler di dunia.

Kucing melumpuhkan mangsa dengan cara menggigit leher hingga melukai saraf tulang belakang dengan gigi taring yang tajam. Kucing memiliki berat badan sekitar 2,5 sampai 7 kg dan sangat jarang melebihi 10 kg. Dalam cahaya terang, kucing tetap bisa melihat karena memiliki selaput pelangi dimana saat mata kucing menyempit tetap ada celah.

Ail liur kucing adalah pembersih yang kuat, sehingga kucing tergolong sebagai hewan yang bersih dengan menjilati rambut mereka. Rata – rata kucing tidur selama 13 – 14 jam perhari, dimaksudkan sebagai cara untuk menyimpan energi mereka.

Kucing tergolong sebagai hewan petarung yang memiliki kuku dengan cakaran yang sangat tajam Ada beberapa faktor yang membuat kucing berkelahi satu sama lain, antara lain: Hormon dengan maksud untuk menunjukkan eksistensi, kehadiran kucing baru yang dirasa sebagai ancaman, dan perebutan wilayah kekuasaan.

Kucing menjadi salah satu spesies hewan yang bisa menjadi peliharaan. Namun, Anda perlu berhati – hati mengingat kucing dapat menyerang menggunakan kuku mereka yang tajam hingga menyebabkan rabies kucing.

2. Hasil Observasi Gajah

Hasil Observasi Gajah

Gajah merupakan mamalia terbesar dan tergolong sebagai hewan herbivora. Gajah berasal dari Famili Elephantiade dan ordo Procosciade, hewan sejenis gajah adalah mamut, lembu, dan mastodon. Hewan satu ini mudah ditemukan, seperti hutan, sabana, gurun, dan rawa – rawa. Biasanya gajah akan tinggal di daerah yang dekat dengan air.

Ciri khas gajah adalah belalai yang panjang atau disebut proboscis yang merupakan gabungan dari hidung dengan bibir atas. Fungsi dari belalai gajah antara lain: bernafas, menyentuh, mencium bau, menggapai, hingga menghasilkan suara. Belalai gajah juga digunakan untuk mengambil makanan, mengangkat bebas, hingga menampung air.

Gajah juga memiliki gigi taring yang sangat kuat digunakan untuk menunjukkan domisili, mempertahankan diri, dan untuk menggali. Daun telinga gajah atau pina memiliki pembuluh darah kapiler yang membantu mengeluarkan panas tubuh gajah yang berlebih.

Gajah memiliki kulit yang sangat keras, ketebalan hampir 2.5 cm di punggung. Kulit Gajah biasanya berwarna abu – abu, tapi ada beberapa gajah yang berwarna coklat. Gajah akan melumuri tubuhnya dengan lumpur agar mengurangi paparan sinar matahari dan membuat kulit gajah tetap lembab.

Gajah memiliki peran penting bagi alam dan satwa lainnya. Ketika melewati hutan, sekelompok gajah akan membuka jalan untuk kawanannya dan bisa digunakan untuk satwa lain. Kotoran gajah yang berada ditanah, akan membuat tanah lebih subur. Biji yang terkandung dalam kotoran gajah telah diolah dalam pencernaan dan bila tertanam akan cepat tumbuh.

3. Hasil Observasi Lumba – Lumba

Hasil Observasi Lumba – Lumba

Lumba – lumba adalah hewan mamalia yang hidup di perairan laut dan sungai. Termasuk dalam family Delphinidae dan berkerabat dengan paus dan pesut. Mereka juga termasuk dalam ordo Catacea yang berarti hewan besar dan merupakan hewan menyusui. Lumba – lumba hidup secara berkelompok yang biasa disebut kawanan.

Komunikasi lumba – lumba menggunakan sistem sonar yang dapat menerima rangsangan. Sistem sonar adalah gelombang yang dihasilkan dan dipantulkan untuk mendeteksi lingkungan sekitar. Dengan sistem sonar lumba – lumba dapat terhindar dari benturan dan dapat mendeteksi keberadaan mangsa di sekitar lumba – lumba.

Tubuh lumba – lumba berbentuk torpedo (streamline), sehingga mampu berenang dengan cepat. Lumba – lumba dapat bergerak seperti baling – baling perahu karena sirip yang kecil dan ekor berbentuk horizontal. Lubang hidung menjadi lubang peniup yang digunakan untuk bernafas saat berada dipermukaan air.

Lumba – lumba tergolong dalam binatang yang cerdas. Pada sebuah penelitian, ketika berada di depan cermin, lumba – lumba hidung botol mampu mengenali diri mereka sendiri. Lumba – lumba juga sering dimanfaatkan sebagai alternatif untuk terapi bagi anak – anak berkebutuhan khusus. Perancang baju renang terinspirasi dengan kulit lumba – lumba yang bisa memperkecil gesekan air, sehingga sedikit hambatan air.

4. Hasil Observasi Buaya

Hasil Observasi Buaya

Buaya adalah reptil yang hidup di air dan telah berada di bumi sejak lama. Buaya adalah hewan carnivora yakni pemakan daging. Termasuk dalam suku Crocodylidae, sehingga buaya berbeda dengan alligator, caiman, dan gravial. Biasanya buaya hidup di daerah perairan, seperti sungau, danau, rawa dan tempat basah lainnya.

Buaya bernafas dengan paru – paru. Ketika berada di dalam air buaya akan menahan nafas hingga 2 jam. Walaupun berenang dengan mulut terbuka, air tidak akan masuk dalam tenggorokan karena buaya memiliki langit-langit untuk memisahkan tenggorokan dengan kerongkongan.

Buaya memiliki tiga kelopak mata. Mata yang ketiga dimanfaatkan buaya untuk melihat didalam air. Gigi buaya sangat tajam dan digunakan untuk menggigit dan merobek mangsanya.Walaupun memiliki gigi yang sangat tajam dan kuat, buaya akan langsung menelan mangsanya.

Buaya memang tergolong dalam hewan yang buas dan berbahaya. Walaupun begitu, kulit buaya sering dimanfaatkan untuk membuat tas, ikat pinggang, dompet, hingga boot atau sepatu. Ada beberapa negara yang juga mengonsumsi daging buaya, seperti Thailand, Afrika Selatan, hingga Australia.

5. Hasil Observasi Bebek

Hasil Observasi Bebek

Bebek tergolong sebagai unggas yang hidup di perairan baik tawar maupun laut. Bebek termasuk dalam family Anatidae dan berkerabat dengan angsa. Ukuran bebek lebih kecil dibandingan dengan angsa. Di Indonesia, populasi bebek kebanyakan di pulau jawa, seperti bebek hawa, bebek Cirebon, dan bebek tegal.

Tubuh bebek lengkung dan lebar serta memiliki leher yang panjang. Pada paruh bebek panjang melebar dan mengandung lamellaer yang berfungsi untuk menyaring makanan yang masuk. Bebek memiliki selaput renang pada kaki, sehingga mempermudah dalam berenang atau berjalan didalam air. Bebek tidak akan basah dalam air karena bulu bebek dilindungi oleh lapisan lilin.

Bebek tergolong sebagai hewan yang memiliki banyak predator. Bebek muda tidak memiliki kemampuan untuk terbang sehingga menjadi incaran ikan besar, seperti ikan pike, buaya dan hewan air lainnya. Bebek dewasa menjadi penerbang cepat tapi masih mudah ditangkap oleh predator lain seperti rubah, elang, hingga manusia

Bebek tergolong sebagai binatang yang rakus, mereka memakan makanan yang bervariasi, seperti tanaman air, serangga, cacing, rumput, hingga moluska kecil. Ada beberapa spesies bebek yang mampu menelan ikan besar, seperti smew, goosander, hingga merganser.

Bebek menjadi hewan yang memiliki tingkat komersial yang cukup tinggi dari daging hingga kotoran bisa dimanfaatkan. Beternak bebek juga tidak memerlukan biaya yang tinggi, untuk makanan bisa menggunakan pakan alternatif seperti bekatul atau nasi basi sisa rumahan.

Contoh Teks Hasil Observasi Tumbuhan

Tumbuhan adalah organisme eukariota multiseluler yang termasuk dalam kerajaan Plantae. Tanaman memiliki karakteristik yang beragam dan sering menjadi bahan penelitian oleh sejumlah pihak. Pada ilmu biologi juga dipelajari terkait dengan anatomi dari berbagai tumbuhan. Berikut contoh teks hasil observasi tumbuhan yang dapat memberikan info bagi Anda:

1. Hasil Observasi Pohon Kelapa

Hasil Observasi Pohon Kelapa

Pohon kelapa atau Cocos nucifera L adalah tanaman yang termasuk dalam genus cocos yang tumbuh didaerah tropis. Anda akan menemukan pohon kelapa di daerah pantai yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Pohon kelapa termasuk dalam pohon berbuah dan memiliki segudang manfaat bagi manusia.

Pohon kelapa dapat tumbuh mencapai ketinggian 1.000 m diatas permukaan laut. Pohon kelapa berasal dari samudra Hindia, tetapi sekarang sudah tersebar luas di daerah tropika. Anda bisa melihat ciri khas pohon kelapa dari tampilan fisiknya.

Pohon ini berbatang tunggal dan beruas – ruas. Seiring dengan bertambah tua pohon kelapa, ruas – ruas pada batang tidak akan terlalu tampak. Batang pohon kelapa sering terkihat tegak lurus dengan akar berbentuk serabut dengan struktur tebal dan berkerumun membentuk bonggol.

Batang pohon kelapa merupakan kayu tapi kurang bagus untuk bahan bangunan.

Daun pohon kelapa adalah daun tunggal dengan berbentuk menyirip. Sedangkan bunga pohon kelapa bersifat majemuk, yakni menghasilkan bunga jantan dan bunga betina yang berada dalam satu rumah. Bunga betina berada di pangkal karangan, sedangkan jantan berada jauh dari pangkal. Bunga yang dihasilkan dalam satu pohon berjumlah sangat banyak.

Setelah bunga dibuahi akan menghasilkan buah kelapa. Buah Kelapa berdiameter 10 cm hingga 20 cm bahkan bisa berukuran lebih besar. Warna buah kelapa bermacam – macam yaitu hijau, kuning, dan coklat. Untuk warna buah yang coklat menandakan bahwa buah tersebut sudah tua.

Buah pohon kelapa tersusun dalam 3 lapisan, yaitu eksokarp, mesokarp, dan endokarp. Eksokarp disebut sebagai kulit buah kelapa. Mesokarp adalah serabut buah kelapa yang melindungi endokarp atau lapisan terdalam (batok kelapa) yang kedap air.

Pohon kelapa memiliki segudang manfaat untuk kehidupan manusia. Daun kelapa dikeringkan untuk digunakan sebagai atap rumah. Batang pohon kelapa dibuat sebagai papan, mebel, hingga kayu bakar. Sabut kelapa bisa digunakan sebagai bahan kerajinan tangan, seperti keset. Sedangkan buah kelapa bisa dikonsumsi hingga diolah menjadi minyak kelapa.

2. Hasil Observasi Lidah Buaya

Hasil Observasi Lidah Buaya

Lidah buaya atau disebut Aloe Vera adalah jenis tumbuhan monokotil, berbiji tunggal dengan memiliki segudang manfaat.Asal tumbuhan lidah buaya di daerah kering seperti benua Afrika. Di Indonesia, lidah buaya tetap dapat tumbuh dengan baik karena kondisi tanah yang tropis.

Lidah buaya adalah tumbuhan monokotil dan  memiliki akar yang panjangnya yang ukurannya tergantung pada perkembangan lidah buaya. Tanaman lidah buaya memiliki batang, tetapi berukuran sangat pendek dan terkadang tidak terlihat karena terhalang dari kumpulan daun lidah buaya yang panjang.

Daun lidah buaya berdaging tebal dengan bentuk memanjang. Jika Anda perhatikan, pada pinggiran daun lidah biaya berbentuk bergerigi atau duri. Permukaan lidah buaya terlindungi oleh lapisan lilin dan berwarna hijau. Kandungan air dalam batang lidah buaya mengandung air dan berlendir tinggi.

Aloe Vera memiliki segudang manfaat baik langsung maupun diolah. Aloe vera dapat digunakan sebagai bahan kosmetik, mengatasi masalah kulit, hingga diolah menjadi makanan. Beberapa orang juga manfaatkan lidah buaya untuk menyembuhkan luka bakar, paparan sinar matahari, iritasi, hingga masalah gatal – gatal.

3. Hasil Observasi Eceng Gondok

Hasil Observasi Eceng Gondok

Tumbuhan enceng gondok merupakan tumbuhan air yang mengapung. Nama lain enceng gondok adalah Eichhornia crassipes. Tumbuhan enceng gondok memiliki berbagai nama lain, seperti di daerah Lampung, enceng gondok bernama Ringgak, di Dayak dikenal dengan sebutan ilung – ilung. Di daerah Manado disebut sebagai Tumpe.

Pertama kali tumbuhan enceng gondok ditemukan di Sungai Amazon Brazil. Tumbuhan Enceng Gondok tumbuh sangat cepat dan mudah menyebar melalui saluran air. Karena hal tersebut, Enceng gondok dianggap sebagai gulma yang bisa merusak ekosistem perairan.

Dikenal sebagai tumbuhan air yang mengapung, enceng gondok memiliki akar di dalam tanah, Tinggi dari tumbuhan enceng gondok sekitar 0.4 -0.8 meter. Tumbuhan ini tidak memiliki batang tetapi memiliki daun tunggal berbentuk oval. Pangkal tangkai daun berbentuk menggelembung. Buahnya berwarna ungu dan termasuk bunga majemuk.

Tumbuhan enceng gondok biasanya berada didaerah penampungan air, seperti danau, rawa. Sungai atau daerah dengan aliran air yang lambat. Air yang mengandung nutrient yang tinggi akan mengakibatkan tingkat pertumbuhan enceng gondok yang tinggi. Sebaliknya, bila kandungan garam pada habitat enceng gondok tinggi akan menghambat pertumbuhan.

Meskipun sering disebut sebagai hama, tetapi enceng gondok memiliki manfaat. Enceng gondok bisa digunakan untuk membuat kerajinan seperti: tas, topi, sandal, dan  taplak meja. Selain itu, enceng gondok bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan dan saluran kencing dengan cara meminum air rebusan enceng gondok.

4. Hasil Observasi Kaktus

Hasil Observasi Kaktus

Kaktu adalah salah satu jenis tumbuhan hias yang memiliki duri yang khas. Kaktus berasal dari benua Amerika dan menjadi tumbuhan berbunga anggota family Cactaceae. Nama latin kaktus adalah Cactaceae Juss dan memiliki 1000-2000 spesies. Habitat kaktus di daerah gurun, tapi seperempat dari keseluruhan spesies kaktus bisa hidup di daerah semi – gurun.

Dikenal sebagai tanaman gurun karena mampu bertahan hidup / tumbuh tanpa memerlukan air. Keunikan dari kaktus yang mampu beradaptasi dengan kekeringan dikarenakan kaktus memiliki akar yang panjang, batang digunakan untuk menyimpan air dan duri yang dilapisi lilin sehingga mengurangi penguapan.

Sistem perakaran kaktus adalah akar tunggang hingga menjadi akar rambut. Pada beberapa kaktus, akar ada yang menempel pada batu karang atau tanaman lainnya. Akar kaktus memiliki ukuran yang panjang dan melebar. Fungsi dari akar kaktus yaitu untuk mencari dan memperlebar daerah sumber air dalam tanah.

Tanaman kaktus menyimpan air didalam batang dalam bentuk lendir. Walaupun berada didaerah kering, kaktus tidak mudah menguap, karena adanya lapisan lilin pada batang kaktus. Batang kaktus berbentuk silindris, atau papak. Sedangkan ukuran batang kaktus ada yang pendek dengan ukuran hingga 20 meter.

Kaktus memiliki bunga yang berbentuk seperti corong dengan ukuran dan warna yang bermacam. Bunga kaktus akan mekar pada siang hari dan mahkota bunga memiliki warna, seperti rose, kuning merah, violet muda. Kaktus juga memiliki buah yang berbentuk bulat atau lonjong. Buah kaktus berada diujung batang dan dilindungi oleh duri yang tajam.

Kaktus memiliki kegunaan bagi manusia. Selain menjadi tanaman hias, kaktus juga dimanfaatkan untuk pakan ternak, obat – obatan, hingga bagan kosmetik. Jenis kaktus yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah Opuntia. Bagian akar kayu bisa dimanfaatkan sebagai bagan bangunan karena mengandung lignin.

5. Hasil Observasi Bunga Anggrek

Hasil Observasi Bunga Anggrek

Anggrek atau dalam bahasa latin disebut sebagai Orchidaceae merupakan tumbuhan berbunga dan memiliki beragam jenis. Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tahan dengan ketersediaan air yang rendah. Meskipun begitu, anggrek bukan tanaman yang bisa ditemukan di gurun.

Sebagai anggota Orchidaceae, anggrek memiliki organ yang sukulen atau berdaging tebal yang dapat menyimpan air sehingga anggrek mampu tumbuh tanpa memerlukan banyak air. Anggrek memiliki akar serabut dan mereka melekat pada batang pohon tempatnya tumbuh. Namun, adapula tanaman anggrek yang dapat tumbuh dengan akar yang berada di dalam tanah.

Bunga Anggrek sangat khas dan tersusun majemuk, dimana bunga anggrek muncul dari tangkai bunga yang memanjang. Pada bunga anggrek, kelopak bunga berwarna mirip dengan mahkota bunga. Sehelai mahkota bunga anggrek akan melindungi benang sari dan putik.

Selain sebagai tanaman hias, bunga anggrek juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Bunga Anggrek dipercaya dapat membantu dalam menghentikan perdarahan, obat diare, obat anti kanker, obat asma, hingga sebagai zat anti-biotik. Anggrek juga dimanfaatkan untuk kecantikan, seperti melembabkan kulit, menghilangkan keriput, hingga membantu peremajaan kulit.

Contoh Teks Hasil Observasi Benda Mati

Benda mati adalah sesuatu yang berwujud dan tidak bisa bergerak atau bernafas. Banyak ilmuwan yang menciptakan benda mati untuk membantu atau mempermudah dalam kehidupan manusia, seperti mikroskop. Teks observasi benda mati akan menambah informasi bagi Anda terlebih tentang karakteristik hingga kegunaan dari benda tersebut

1. Hasil Observasi Termometer

Hasil Observasi Termometer

Termometer adalah benda mati yang berfungsi bagi dunia medis. Termometer dipahami sebagai alat untuk mengukur suhu atau perubahan suhu. Dalam bahasa yunani, termometer berasal dari dua kata yaitu thermos (panas) dan meter (mengukur). Termometer memiliki beberapa jenis tetapi tetap memiliki fungsi yang sama sebagai pengukur suhu.

Termometer zat cair berupa pipa kaca kecil yang ditutup cairan dan memiliki skala. Termometer zat cair bekerja dipengaruhi oleh perubahan suhu dengan perubahan volume. Ketika air dipanaskan, suhu air akan meningkat dan volume air juga meningkat dan berlaku sebaliknya. Contoh termometer ini yakni berskala Fahrenheit, kelvin, dan celcius.

Jenis termometer satu ini pasti sering Anda gunakan di rumah yaitu Termometer klinis untuk mengukur suhu badan seseorang. Pada termometer ini digunakan zat cair berupa air raksa. Untuk skala yang tertera dalam termometer sekitar 35ºC hingga  42ºC. Pengunaanya mudah, termometer hanya perlu diletakkan pada ketiak sekitar 2 menit.

Termometer das berbentuk seperti bola kaca dan tentunya berisi sebuah gas yang tersambung pada manometer. Cara kerja termometer yakni gas dalam tabung kaca akan terurai saat bola gas terkena suhu, dan kemudian akan menekan zat cair pada mano-meter. Itulah cara pada termometer untuk mengetahui suhu di sekitar bola kaca. Termometer gas lebih teliti dibandingan dengan termometer zat cair.

Alat yang telah ditemukan Galileo Galilei memiliki kegunaan yang penting bagi kehidupan manusia. Dalam perkembangannya termometer memiliki beragam jenis dengan cara kerja yang berbeda – beda.

2. Hasil Observasi Mikroskop

Hasil Observasi Mikroskop

Pengamatan makhluk hidup dengan menggunakan mikroskop bukan hal baru lagi, terlebih pengamatan sel sudah pernah dilakukan sejak masa SMA maupun SMP. Pengamatan makhluk hidup menggunakan mikroskop berguna untuk mengetahui proses dan fenomena yang terjadi dalam skala yang lebih kecil dan tidak dapat dijangkau mata telanjang.

Mikroskop merupakan suatu alat yang berguna untuk membantu pengamatan benda-benda mikroskopis. Cara kerja mikroskop secara sederhana adalah menggunakan beberapa lensa dan dengan bantuan cahaya baik matahari maupun lampu, dapat digunakan untuk membantu melihat benda dengan ukuran kecil.

Mikroskop dapat dibagi menjadi 2 komponen utama yaitu komponen optik dan mekanik. Komponen optik adalah komponen-komponen yang berkaitan dengan lensa untuk perbesaran penampang benda. Umumnya, ada lensa okuler dan lensa objektif. Sedangkan komponen mekanik terdiri dari komponen pendukung yang tidak berkaitan dengan penggunaan lensa seperti cermin, meja mikroskop, dan diafragma.

3. Hasil Observasi Mesin Pencuci Darah (Hemodialisa)

Hasil Observasi Mesin Pencuci Darah (Hemodialisa)

Salah satu organ tubuh manusia yang berperan penting adalah ginjal. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Apabila kerusakan sudah mencapai tingkat yang parah, biasanya dokter akan menyarankan untuk hemodialisa atau cuci darah, selain operasi cangkok ginjal.

Hemodialisa dilakukan dengan menggunakan mesin pencuci darah. Mesin ini berfungsi layaknya ginjal manusia dimana mesin akan menyaring darah dan memisahkannya dengan zat-zat yang masih berguna dan tidak berguna.

Ada 3 komponen utama dalam proses cuci darah yaitu selang pengambil darah, mesin penyaring, dan selang pengirim darah. Pada saat proses cuci darah, seseorang akan diambil darahnya baik di bagian lengan maupun kaki kemudian darah akan dialirkan ke mesin penyaring yang akan menyaring darah. Setelah darah selesai disaring, darah akan dikembalikan kembali ke dalam tubuh.

Dalam satu sesi cuci darah, umumnya akan memakan waktu sekitar 4 jam. Seseorang bisa memerlukan lebih dari 2 kali sesi hemodialisa untuk satu minggu. Jumlah sesi dalam satu minggu sangat bergantung dari tingkat keakutan penyakit yang diderita oleh pasien.

4. Hasil Observasi Penangkal Petir

Hasil Observasi Penangkal Petir

Musim hujan erat kaitannya dengan hujan deras dan petir. Salah satu komponen yang tidak dapat dilewatkan dalam pembangunan rumah yang tinggi, gedung pencakar langit, dan tower adalah penangkal petir.

Alat penangkal petir adalah suatu alat yang berbentuk seperti tombak yang terbuat dari tembaga. Penangkal petir diletakkan diujung bangunan dan terletak di titik tertinggi dari suatu bangunan. Secara sederhana, alat ini berguna untuk menyalurkan aliran listrik dari petir kedalam bumi. Terdapat 3 komponen utama pada alat penangkal petir antara lain batang penangkal petir, kabel, dan grounding atau area penyaluran aliran listrik.

Cara kerjanya cukup simple, yaitu pada saat hujan lebat, biasanya awan akan mengandung muatan listrik negatif. Jika muatan ini cukup banyak terakumulasi di awan, maka muatan positif dari bumi akan naik melalui kabel menuju ujung batang. Setelah itu, gaya tarik menarik antar keduanya akan menghasilkan petir. Aliran listrik dari petir akan dialirkan ke permukaan bumi sehingga bangunan tidak mengalami kerusakan.

5. Hasil Observasi Alat Penetas Telur

Hasil Observasi Alat Penetas Telur

Alat yang erat kaitannya dengan peternakan ungags adalah mesin penetas telur. Secara alamiah, induk ungags baik burung, ayam, maupun bebek akan berhenti bertelur dan mulai mengerami telurnya. Sehingga, dalam jangka waktu tertentu, unggas akan berhenti bertelur hingga anaknya sudah cukup umur. Untuk mengantisipasi hal ini, peternak unggas menggunakan mesin penetas telur.

Mesin penetas telur pada dasarnya bekerja dengan cara menimbulkan suasana lingkungan yang sesuai dengan kondisi saat induk unggas mengerami telurnya. Kondisi tersebut mulai dari suhu, kelembaban dan sirkulasi udara.

Bagian-bagian dari alat penetas telur antara lain kotak tetas, thermostat, thermometer, dan wadah air. Thermometer berguna untuk mengetahui tingkat suhu udara di dalam kotak tetas. Sedangkan thermostat berguna untuk mengatur sumber panas dengan cara menghidupkan maupun mematikan sumber panas yang biasanya berupa lampu bohlam. Wadah air berguna untuk memberikan kotak tetas uap air sehingga kelembaban udara tetap terjaga.

Saat menetaskan telur, telur perlu dibalikkan setiap beberapa hari. Tujuannya adalah menjaga supaya panas menyebar merata ke seluruh permukaan telur dan menjaga sirkulasi udara di permukaan telur.

Berkaitan dengan cara pemutaran telur, ada 3 jenis mesin tetas yaitu mesin manual dimana pemutarannya harus dilakukan satu persatu, kemudian semi otomatis dimana telur dapat dibalik secara bersamaan tetapi masih harus manual, dan otomatis dimana pemutaran dan waktu putar sudah dilakukan secara otomatis oleh mesin.

Contoh teks hasil observasi yang telah dijelaskan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebuah teks observasi memiliki struktur yang pasti. Pada awal akan dijelaskan secara umum, ditengah akan dibahas berdasarkan fakta yang ada, dan terkahir terkait dengan manfaat obyek. Sebuah hasil observasi harus berdasarkan fakta yang ada dan tidak boleh menyimpang dari yang akan dibahas.

Contoh Teks Hasil Observasi (Singkat dan lengkap)

Leave a Reply