Contoh Teks Dakwah Tentang Kemuliaan Wanita

15 Contoh Teks Dakwah tetang Sabar, ibu, lingkungan, dan Sholat

Teks Dakwah – Dakwah yaitu suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan dengan tujuan memberikan nasihat, baik dalam bentuk petuah atau petunjuk dengan bahasa lisan kepada pendengar. Pendengar yang dimaksud bisa berarti siapa saja atau masyarakat luas. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai contoh teks dakwah dengan berbagai tema yang dapat digunakan sebagai pembelajaran.

Contoh Teks Dakwah Tentang Sabar

Contoh Teks Dakwah Tentang Sabar

Sabar merupakan suatu amalan yang paling sulit ditemukan, namun sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Berikut ini contoh teks ceramah tentang sabar yang bisa disampaikan pada saat acara pengajian di masjid, ataupun acara-acara keagamaan lainnya.

Assalamualaikum Wr. Wb

Mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat yang diberikan kepada kita. Sehingga pada sore hari ini kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan sore hari ini saya akan berbagi sedikit ceramah tentang pentingnya sabar.

Pada dasarnya kata sabar memiliki arti yang cukup luas, misalnya sabar dalam berpuasa, menahan semua hawa nafsu yang buruk, sabar dalam menghadapi kesulitan dan sebagainya. Selain itu kita juga harus belajar sabar menghadapi orang-orang yang berbuat buruk terhadap kita. Namun harus kita ketahui, bahwa setiap orang memiliki sifat yang berbeda.

Pada hakekatnya tidak semua orang bisa menikmati kesabaran ketika dalam menghadapi ujian hidup. Maka dari itu, saudaraku semuanya kita hendaknya selalu mendekatkan diri pada Allah SWT dan banyak berdoa agar diberikan kesabaran dan mendapatkan pahala yang melimpah dari Allah SWT.

Seperti firman Allah di dalam Al-Quran surat Al-Baqoroh ayat 13 artinya yaitu “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah Allah sebagai penolongmu dan sesungguhnya Allah beserta dengan orang-orang yang sabar”

Dari ayat tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa Allah SWT akan senantiasa bersama dengan orang-orang sabar dan akan memberikan pertolongan bagi mereka yang mau menjalankan semua perintahNya dan menjauhi segala yang dilarang olehNya.

Di dalam surat di atas disebutkan beberapa keuntungan bagi orang-orang yang selalu menjaga sholat 5 waktunya dengan baik, serta menjaga kesabarannya. Maka Allah sudah menjanjikan sebuah pertolongan ketika orang tersebut mendapatkan kesusahan. Meskipun begitu, saudaraku semua bahwa memiliki sifat sabar memang tidak mudah justru merupakan suatu ujian yang berat.

Karena untuk menjadi sabar itu memang tidak mudah, maka menjadi sarana Allah untuk memberikan ujian kepada umatnya, apakah mereka sanggup melawatinya atau tidak. Agar bisa lolos melewati ujian-Nya, kita harus banyak igstifar dan berkhusnudhon terhadap Allah.

Sekiranya cukup sekian ceramah mengenai kesabaran yang bisa saya sampaikan kepada saudara. Semoga sedikit ceramah ini dapat bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya tentang sebuah kesabaran. Alangkah baiknya jika mulai menerapkannya di dalam kehidupan kita sehar-hari. Sekian sedkit ceramah dari saya, jika ada salah kata saya mohon maaf. Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Teks Dakwah Tentang Ibu

Contoh Teks Dakwah Tentang Ibu

Ceramah dengan tema ibu biasanya disampaikan pada acara-acara khusus, terutama peringatan hari ibu. Selain itu, tema ibu sering disampaikan pada acara-acara pengajian di masjid. Contoh teks ceramah tentang  sosok ibu.

Assalamualaikum Wr. Wb

Pertama-tama yang sangat utama yaitu dengan memperbanyak mengucap syukur kepada Allah SWT, yang sudah memberikan nikmat dengan tidak terhitung jumlahnya. Karena atas rahmat dan karunia-Nya, maka kita dapat berkumpul pada kesempatan hari ini untuk bersilaturahmi dalam keadaan sehat wal afiat.

Bapak/Ibu dan saudaraku semuanya yang saya hormati, pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sedikit ceramah dengan tema “Ibu”. Pada dasarnya seorang Ibu merupakan orang tua yang wajib kita hormati selain ayah.  Tanpa ada pengecualian, karena hal itu sudah menjadi ketentuan Allah SWT dan sesuai dengan firman-Nya di dalam Alaqur’an surat Al-Isra’.

Dalam surat Al-Isra mengandung arti, “Dan Tuhan-Mu sudah memerintahkan kamu agar tidak menyembah dengan selain Allah dan hendaknya kamu berbuat baik terhadap Ibu dan Bapak mu”. Surat tersebut menjelaskan bahwa kita dilarang keras untuk berperilaku buruk atapun mengucapkan kata-kata yang tidak baik terhadap kedua orang tua kita.

Melalui surat di atas, maka sudah dijelaskan bahwa sudah menjadi kwajiban seorang anak untuk menghormati kedua orang tua, terutama ibu. Karena berhubungan erat dengan adanya kita lahir di dunia. Kita semua tidak akan pernah ada di dunia ini tanpa perjuangan seorang ibu dan ayah. Bahkan ada sebuah pepatah menyampaikan, bahwa Ridho Allah yaitu Ridho dari orang tua.

Terutama perjuangan bagi seorang ibu yang telah mengandungnya selama sembilan bulan. Setelah itu, Ibu melahirkan anak dengan susah payah tanpa mempedulikan rasa sakit yang diderita. Bahkan perjuangan ibu tidak hanya berakahir sampai disitu saja, namun dalam membesarkannya dengan kasih dan sayang hingga anak tumbuh dewasa.

Bahkan ada istilah bahwa surga di telapak kaki seorang ibu. Kata istilah tersebut memang sangat melekat dan sangat dikenal di dalam kehidupan masyarakat. Dalam istilah tersebut menjelaskan bahwa kita harus senantiasa menghormati ibu dan selalu berkata baik hingga akhir hayatnya.

Cukup sekian sedikit ceramah dari saya pada kesempatan di sore hari ini, semoga bermanfaat untuk semua para hadirin. Apabila terdapat kesalahan dalam penyampaiannya mohon di maafkan. Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Teks Dakwah Tentang Lingkungan

Contoh Teks Dakwah Tentang Lingkungan

Berbicara mengenai lingkungan, maka sudah pasti akan berhubungan dengan kebersihan. Karena kondisi lingkungan bersih maka akan menciptakan kehidupan yang aman dan jauh dari berbagai jenis penyakit.  Berikut adalah contoh teks ceramah tentang lingkungan.

Assallamualaikum Wr Wr

Puji dan syukur adalah milik Allah SWT, yang sudah memberikan nikmat tidak terhitung jumlahnya pada kita semua.

Bapak/ibu, saudara yang saya hormati

Pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit ceramah tentang lingkungan. Agar terwujud lingkungan yang indah dan bersih, kita harus lebim mencintai lingkungan di sekitar kita. Jika kita lihat, kondisi lingkungan saat ini sungguh memprihatinkan dan semakin tercemar. Padahal kita hidup di dunia ini sangat tergantung dengan alam.

Pada dasarnya kita hidup di dunia ini sangat bergantung dengan lingkungan. Contohnya saja, ketika kita haus maka membutuhkan air minum dan air tersebut berasal dari alam. Ketika kita bernapas, maka kita juga menghirup udara dari lingkungan. Bahkan ketika kita lapar pun, bahan makanan yang kita konsumsi juga berasal dari alam.

Dari situ sudah jelas, bahwa kita hidup sangat bergantung dengan lingkungan. Maka lingkungan memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia di muka bumi ini. Kondisi lingkungan yang hijau dan tidak tercemar maka akan membuat masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Kini kondisi alam sudah mulai rusak akibat penebangan pohon di hutan secara liar oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Bahkan tidak hanya penebangan, namun pembakaran hutan juga terjadi dimana-mana. Lingkungan yang dulu sejuk dan hijau sudah mulai musnah, justru sekarang banyak muncul asap karbondioksida yang dihasilkan oleh pabrik.

Karena kerusakan alam tersebut yang menyebabkan bencana alam sering terjadi silih berganti. Terkadang masalah sampah yang hanya sepele saja, kini menjadi masalah yang cukup besar dan harus ditindak lanjuti. Dulu tanah yang dilihat sangat bersih dan subur, kini dimana-mana terdapat timbunan sampah.

Jadi tindakan utama yang harus kita lakukan yaitu memulai dengan hal kecil. Harus ditanamkan kesadaran pada manusia dan generasi penerus untuk lebih menjaga alam ini agar kondisinya tidak semakin parah. Kita bisa mulai dengan tindakan kecil, seperti membiasakan membuang pada tempatnya, membuat gerakan untuk mengadakan penghijauan kembali dan sebagainya.

Semoga sedikit ceramah yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua, sehingga kedepannya kita lebih mencintai lingkungan di sekitar kita. Jika terdapat kata-kata yang tidak berkenan, saya mohon maaf. Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Teks Dakwah Tentang Sholat

Contoh Teks Dakwah Tentang Sholat

Ada pepatah yang menyampaikan bahwa Sholat yaitu tiang agama. Hal itu memang sangat penting bagi kita sebagai umat muslim dalam menjalankan risalah satu dari rukun islam. Ceramah dengan tema sholat dapat disampaikan ada saat pengajian di masjid atau acara-acara keagamaan lainnya. Contoh teks ceramah mengenai pentingnya menjaga sholat.

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan kita kesehatan sehingga pada kesempatan hari ini bisa berkumpul bersama di tempat ini tanpa suatu halangan apapun. Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ceramah tentang keutamaan sholat.

Bapak/ibu, saudaraku sekalian kita semua tahu bahwa sholat merupakan tiangnya agama. Sebagai umat muslim yang taat agama, maka jangan pernah meninggalkan kwajibannya menjalankan sholat 5 waktu.  Dengan menjalankan ibadah sholat dengan benar, berarti kita telah menegakkan satu tiang dalam kehidupan kita.

Jika salah satu tiang dari sebuah bangunan runtuh, maka sudah bisa dipastikan semua bangunanya juga akan ikut hancur. Begitupun dalam kehidupan kita sehari-hari, baik buruknya sholat menjadi cerminan dari perilaku kehidupan seseorang yang dijalani. Banyak yang berpendapat, jika kita ingin melihat seseorang cukup dilihat dari cara orang tersebut melakukan sholat.

Jika cara sholatnya benar, Insya Allah seluruh amalan yang dilakukan juga baik. Karena ketaatan dan kekhusukan dalam menjalankan sholat merupakan suatu cerminan seseorang tersebut telah memaksimalkan untuk menjalankan perintah-Nya, terutama dalam hal sholat.

Lain halnya dengan seseorang yang seenaknya dalam menjalankan sholat, baik waktu ataupun bacaan sholatnya. Maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut selalu menyepelekan dalam hal sholat ataupun amalan lain juga tidak akan jauh berbeda.

Bapak/ibu, saudara ku sekalian pada bagian akhir ceramah ini, saya ingin menyampaikan bahwa mari kita bersama-sama untuk memperbaiki tata cara sholat kita dengan benar. Semoga sedikit ceramah yang saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat, jika ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Teks Dakwah Tentang Narkoba

Contoh Teks Dakwah Tentang Narkoba

Narkoba menjadi salah satu musuh utama suatu bangsa yang harus diperangi, agar bangsa ini tetap maju dan berkembang. Sebagai generasi penerus, maka harus peduli dengan masalah ini. Ceramah mengenai narkoba dapat disampaikan untuk sosialisasi di sekolah-sekolah, mengingat sekolah merupakan tempat disiapkannya generasi bangsa. Teks ceramah mengenai bahaya narkoba.

Assalamualaikum Wr.Wb

Bapak/ ibu guru yang saya hormati, murid-murid yang saya cintai

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan serta rahmat-Nya maka kita bisa berkumpul bersama disini dengan keadaan sehat wal’afiat. Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagai sedikit ilmu yang nantinya bisa bermanfaat bagi para hadirin di sini yang merupakan generasi penerus bangsa.

Bapak/Ibu guru dan murid-murid sekalian. Kita semua tahu bahwa negara yang sangat kita cintai ini pengguna narkobanya cukup tinggi. Hal itu terjadi karena aturan hukum di Indonesia ini sangatlah lemah. Bahkan kasus pengedar narkoba dari luar negeri bisa masuk dan sengaja bekerjasama dengan warga negara Indonesia untuk mengedarkan narkoba pun terjadi untuk mendapatkan keuntungan.

Pengguna narkoba ini tentunya membawa efek buruk yang luas, baik dari aspek kesehatan seperti menurunnya sistem imun, ketergantungan, bahkan sakit yang berkepanjangan. Selain itu juga bisa menurunkannya produktivitas kerja dan terjadi banyak tindakan kekerasan serta kriminalitas.

Setelah kita mengetahui berbagai dampak buruknya dari narkoba, maka kita harus berfikir bagaimana cara menanggulanginya. Sebenarnya ada banyak cara untuk menanggulangi agar terhindar dari narkoba. Misalnya dengan diadakan penyuluhan untuk memerangi narkoba, menjauh dari teman yang berusaha untuk membujuk menggunakan narkoba dan sebagainya.

Tentu kita tidak pernah berharap jika negeri kita hancur karena generasi penerus kita rusak disebabkan oleh narkoba. Maka disitulah peran sekolah untuk mengadakan penyuluhan mengenai narkoba, agar murid-murid lebih paham dampak dan bahayanya. Maka penyuluhan tersebut dapat dilakukan oleh guru BP atau mengundang nara sumber lansung yang terkait yaitu anggota BNN.

Semoga cara-cara untuk pencegahan narkoba yang tadi sudah disampaikan bisa bermanfaat bagi para pelajar disini. Wassalamualaikum Wr. Wb

Contoh Teks Dakwah Tentang Pentingnya Pendidikan Moral

Contoh Teks Dakwah Tentang Pentingnya Pendidikan Moral

Kemajuan suatu bangsa memiliki hubungan erat dari pendidikan moral yang terdapat di masyrakat. Jika bangsa ini didalamnya terdapat orang-rang yang bermoral baik, maka sudah pasti bangsa ini akan semakin maju dan berkembang. Karena bangsa terbangun dari orang-orang yang berkualitas, sehingga kehidupan bangsa sudah pasti baik dan begitu pun sebaliknya.

Assalamualaikum Wr.Wb

Segala puji bagi Allah yang telah mengutus Rasul-Nya untuk membawa petunjuk bagi umat-Nya dengan agama yang paling benar. Sebelum kita memulai dalam acara ini, marilah kita banyak berucap syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki kepada kita semua.  Karena atas tuntunannya, kita semua berada pada jalan yang Allah ridhoi hingga saat ini.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan anak-anak ku yang saya cintai, pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit ceramah mengenai “pentingnya pendidikan moral” yang nanti dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tentunya dengan generasi penerus bermoral baik, maka akan menciptakan suatu bangsa yang baik pula.

Bapak/Ibu guru dan anak-anakku sekalian, kehidupan sebuah bangsa sangat dipengaruhi dari moral masyarakatnya. Dapat dikatakan, bahwa sebuah bangsa akan semakin lemah jika di dalamnya terdapat masyarakat dengan moral yang tidak baik. Maka hukumyna wajib bagi masyarakat untuk menjaga perilaku moralnya demi mewujudkan suatu bangsa yang kuat dan maju.

Dalam era globalisasi ini maka semakin mudah untuk mengakses segala informasi apapun. Kemudahan teknologi pun kini semakin memudahkan masyarakat untuk mengetahui berbagai informasi yang terjadi di belahan dunia. Sebagai warga yang baik, maka kita sepatutnya tidak terbuai dengan semua itu, namun justru harus lebih selektif dalam menggunakan teknologi untuk tujuan yang positif.

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan suatu kehidupan masyarakat dengan moral yang baik yaitu dengan membentuk para generasi penerus dengan berbagai arahan positif. Karena kita tahu bahwa generasi muda tersebut merupakan sebuah asset yang nantinya akan berperan penting dalam membangun kemajuan suatu bangsa.

Selain itu, orang tua harus memberikan pendidikan agama yang baik kepada anak-anak sejak usia dini.

Orang tua juga sangat berperan penting dalam memberikan dukungan kepada anak-anak kita agar mereka lebih semangat dalam menuntut ilmu.

Tidak hanya itu saja, sebagai orang tua juga harus selalu siap mendengar keluh kesah yang sedang dihadapi anak-anak kita, sehingga masalahnya segera menemukan solusi. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Agar kita terhindar dari hal-hal negatif yang dapat menjerumuskan, maka kita harus membentengi diri dengan iman yang kuat.  Jika ada kata-kata yang tidak berkesan dalam penyampaiannya mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Teks Dakwah Tentang Kemuliaan Wanita

Contoh Teks Dakwah Tentang Kemuliaan Wanita

Sebagai seorang laki-laki maka harus menghormati dan menghargai seorang wanita. Karena seorang wanita merupakan makhluk yang diciptkan Allah dengan sangat spesial. Ia diciaptakan dengan sempurna dari tulang rusuk Nabi Adam AS. Jadi sudah sepantasnya saja jika seorang laki-laki harus menjunjung harga diri seorang wanita. Berikut ini contoh teks ceramah mengenai kemuliaan seorang wanita.

Assalamualaikum Wr.Wb

Sebelum acara dimulai, mari kita bersama-sama panjatkan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT. Karena atas karunianya, kita diberikan kenikmatan dan kesehatan sehingga dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat dan bisa menambah ilmu.

Selain untuk mencari ilmu, kita juga bisa menambah silaturrahmi, bertatap muka di dalam sebuah majlis yang mudah-mudah selalu dirahmati dan diridhoi Allah SWT. Semoga di dalam setiap langkah kita memiliki tujuan yang baik, diberkahi Allah dan mendapatkan pahala sebagai bekal kita di akhirat nanti.

Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Besar kita Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya dan kepada kita semua serta seluruh umatnya dan menjadikannya uswatun hasanah dan suri tauladan yang baik hingga akhir zaman.

Bapak/ibu dan para hadirin yang dirahmati Allah, bahwasannya agama Islam yaitu salah satu agama yang sangat memuliakan dan mengagungkan kedudukan dan kemuliaan seorang wanita. Disampaikan bahwa kedudukan seorang wanita sama halnya dengan laki-laki baik dalam syariat dan juga kwajiban dalam bertauhid serta menjalankan perintah Allah SWT.

Di dalam agama Islam juga sangat menghargai dan memperhatikan hak-hak seorang wanita. Bahkan Allah pun sangat menjaganya dengan hukum-hukum syariat untuk melindungi seorang wanita dari sifat lelaki yang suka melecehkan dan merendahkan mereka.

Seorang wanita memiliki tugas dan peran penting yang sangat mulia dalam keluarga. Ia menjadi ibu dan sekolah pertama, seorang pendidik, motivator bagi generasi penerus dalam islam. Dengan pengajaran dan bimbingan yang mereka berikan, maka para generasi penerus memperoleh akhlak dan keteguhan yang bermanfaat untuk kehidupan nantinya ketika menjadi seorang pemimpin.

Dalam firman Allah di dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat: 33 yang mengandung makna bahwa seorang wanita dianjurkan untuk banyak tinggal di rumah dan tidak bersolek berlebihan seperti tingkah laku dari orang-orang jahiliyah. Sebaik-baik wanita yaitu yang selalu mendirikan sholatnya, menunaikan zakat dan mentaati segala perintah Allah dan Rasul-Nya.

Dengan begitu maka Allah akan mengangkat derajad, menghilangkan dosa-dosanya dan membersihkannya. Jadi tidak berlebihan jika disampaikan bahwa kebaikan dan kerukunan di dalam masyarakat sangat tergantung dari peran seorang wanita dalam mendidik seorang calon pemimpin di dalam anggota masyarakat yaitu anak-anak wanita tersebut.

Sekiranya cukup sekian ceramah yang bisa saya sampaikan mengenai kemuliaan seorang wanita. Maka sudah sepantasnya seorang wanita harus di hargai dan dimuliakan. Semoga dengan pembahasan pada kesempatan ini bisa diambil hikmahnya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Dakwah Tentang Zina

Contoh Teks Dakwah Tentang Zina

Sesungguhnya zina merupakan suatu perbuatan keji dan sangat buruk. Maka sudah sepatutnya perbuatan zina harus dihindari bagi siapa saja, baik kaum laki-laki maupun perempuan. Sebagai pelajar juga harus hati-hati dalam bergaul agar tidak terjerumus dalam masalah tersebut. Berikut ini contoh teks ceramah tentang zina.

Assalamualaikum Wr. Wb

Segala puji bagi Allah pemilik semesta alam, kita diberikan nikmat yang tidak terhitung jumlahnya.   Sehingga kita diberikan kesempatan berkumpul disini dalam keadaan sehat untuk menuntut ilmu syar’i.  Allah merupakan tempat kita meminta yang tidak beranak dan diperanakkan dan juga tidak ada sekutu bagi-Nya.

Bapak/ibu, saudara yang saya hormati

Dalam kesempatan ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan sedikit ilmu mengenai bahaya dari zina. Di zaman modern sekarang ini, jika kita melihat pergaulan anak-anak remaja sudah semakin jauh dari ajaran agama. Sebagai orang tua, kita menjaga anak-anak kita agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Banyak hal yang dapat mengarahkan manusia pada ke perbuatan zina, baik melalui tayangan televisi, hp, internet, majalah hingga koran. Maka dari itu, sudah menjadi kwajiban orang tua untuk mengawasi putra putrinya dalam kesehariannya.

Padahal perbedaannya sangat jauh antara pacaran dengan proses ta’aruf. Pada era modern sekarang ini, pacaran bukan merupakan suatu hal tabu namun harus diperbincangkan dengan lebih detail lagi. Pacaran merupakan suatu hubungan antara kaum laki-laki dan perempuan yang belum memiliki ikatan resmi.

Di dalam agama Islam, bahwa pacaran tersebut hukumnya haram dan tidak bisa statusnya diubah menjadi halal karena yang haram akan tetap menjadi haram. Pacaran sendiri merupakan budaya barat yang tidak patut untuk kita contoh, karena sebagian besar komunitasnya yaitu orang-orang kafir dan non muslim. Sebagai umat muslim sejati, maka sebaiknya kita menghindari hal itu.

Seseorang yang berpacaran, maka Ia akan memberikan kasih sayangnya terhadap syaitan. Sedangkan ta’aruf menurut Islam yaitu memiliki batasan-batasan nilai agama, sehingga apa yang dilakukan selalu berdasarkan ilmu agama dan selalu mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan. Jadi tidak ada hadistnya tentang pacaran, yang ada hanyalah ta’aruf.

Itulah beberapa larangan, agar kita tidak mendekati perbuatan zina. Karena zina merupakan jalan yang mempercepat masuk ke dalam neraka jahanam. Sedangkan hukuman di dunia, maka ia akan dicambuk (di dera) 100x.

Maka dari itu, janganlah sesekali mendekati zina dan jika hal itu sampai terjadi segeralah untuk bertaubat memohon ampun kepada Allah SWT.  Cukup sekian ceramah saya tentang bahaya zina, semoga sedikit ilmu di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.  Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Teks Dakwah Tentang  Keutamaan Ilmu Untuk Kehidupan Manusia

Contoh Teks Dakwah Tentang  Keutamaan Ilmu Untuk Kehidupan Manusia

Ilmu pengetahuan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Karena dengan memiliki ilmu pengetahuan, maka manusia dapat berbuat baik di dalam keluarga dan lingkungannya. Jadi ilmu sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Berikut ini contoh teks ceramah mengenai ilmu pengetahuan.

Assalamualaikum Wr.Wb

Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan nikmat dan rahmat-Nya, karena atas izin-Nya kita dikumpulkan pada tempat yang baik untuk belajar dan menambah wawasan. Hanya kepada Allah kita memohon segala pertolongan, baik untuk urusan di dunia maupun untuk di akhirat nanti.

Bapak/ibu, saudara yang saya hormati, anak-anakku yang saya cintai

Ilmu pengetahuan merupakan suatu jalan yang dapat dijadikan pedoman untuk membimbing kita ke arah jalan yang benar dan bisa mengantarkan kita ke dalam kehidupan bahagia dunia dan akhirat. Ilmu pengetahuan juga merupakan sebuah cahaya yang dapat menyinari kehidupan manusia dan menjadikan mereka tidak kehilangan arah.

Dengan ilmu pengetahuan, maka manusia dapat membedakan antara yang benar dan salah. Manusia juga lebih memahami kwajibannya sebagai manusia yaitu menyembah Allah dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Atas dasar itulah, maka Allah akan mengangkat derajat manusia baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Bapak/Ibu dan anak-anak ku sekalian yang berbahagia

Ilmu pengetahuan sesungguhnya sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Karena manusia tidak akan mampu hidup lebih baik tanpa adanya ilmu. Maka dari itu, marilah kita gunakan waktu kita sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan di dunia dan akhirat kelak.

Kegiatan sehari-hari akan menjadi lebih bermakna jika semuanya dilandasi dengan ilmu. Karena kita akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT atas apa yang kita kerjakan. Namun terkadang manusia terjebak ke dalam tindakan yang tidak bermanfaat, sehingga mereka berlaku dengan sangat bodoh.

Oleh karena itu, peranan ilmu pengetahuan memang sangat penting dalam kehidupan manusia. Nah, sebagai manusia yang terpelajar tentunya kita akan selalu belajar dan menjadi pendengar ilmu dari orang-orang yang mencintai ilmu.

Kiranya cukup sekian yang bisa saya sampaikan, semoga sedikit ilmu ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Teks Dakwah Tentang Kejujuran

Contoh Teks Dakwah Tentang Kejujuran

Kejujuran merupakan suatu sifat yang harus diterapkan pada pribadi seseorang. Karena dengan sikap yang jujur, maka mereka akan memiliki pribadi yang lebih baik dan bertanggung jawab. Contoh teks ceramah mengenai pentingnya dari kejujuran.

Assalamualaikum Wr.Wb

Segala puji bagi Allah yang senantiasa menjadikan kita masuk dalam golongan orang-orang yang beriman dan memberikan pemahaman mengenai syariat agama. Sholawat serta salam kita curahkan kepada Nabi Besar kita Muhammad SAW yang merupakan penutup para Nabi dan Rasul dan telah menjadikan teladan bagi kita serta seluruh umatnya.

Nabi Muhammad SAW memiliki sifat yang begitu bersinar dan perlu diteladani, diantaranya yaitu sifat jujur dan amanah. Sebelum diangkat menjadi seorang Nabi dan Rasul, Nabi Muhammad mengikuti pamannya berdagang. Karena sifat kejujuran dan amanahnya, maka beliau menjadi seorang saudagar yang sukses dan dikagumi para pelanggannya. Bahkan kehadirannya selalu dinantikan oleh pembeli.

Di dalam Al-Qur’an Allah SWT memberikan gelar kepada Nabi Muhammad sebagai suri tauladan yang cukup baik, karena sifat jujur dan amanahnya. Beliau memiliki hati yang tidak pendendam kepada siapa pun, melainkan sangat menyanyangi terhadap sesamanya.

Di era modern sekarang ini memang cukup sulit menemukan orang-orang yang jujur, baik dalam perbuatannya, ucapan hingga sifatnya. Maka dari itu, sifat jujur harus ditanamkan sejak dini dari orang tua dan para pendidik, mulai dari rumah, sekolah hingga lingkungan sekitar.

Perilaku jujur memang harus ditanamkan mulai dari kedua orang tua, dengan memberikan contoh dalam berbuat jujur terhadap anak-anaknya. Jika sikap jujur ini sudah tertanam pada siapa saja, maka akan terwujud suatu negara yang maju dan bebas koruptor dan penjahat-penjahat lainnya.

Cukup sekian sedikit ceramah saya mengenai kejujuran. Tentunya dengan menjunjung nilai kejujuran, maka akan tercipta pribadi yang baik. Jika dalam penyampaiannya ada salah kata, saya mohon maaf karena kesempurnaan hanya miliki Allah SWT.  Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Teks Dakwah Tentang Rasa Syukur

Contoh Teks Dakwah Tentang Rasa Syukur

Kita memang tidak akan pernah bisa menghitung nikmat yang Allah berikan. Namun yang menjadi masalah yaitu manusia terkadang lupa untuk mensyukuri segala sesuatu yang mereka miliki. Berikut ini contoh teks ceramah mengenai cara mensyukuri nikmat Allah.

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur kepada Allah SWT pemilik semesta alam yang sudah mempertemukan kita pada kesempatan ini. Saya mohon izin kepada hadirin semuanya untuk menyampaikan sedikit ceramah tentang, bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah.

Bapak/ibu, saudara yang saya hormati

Syukur memiliki makna yang cukup luas yaitu rasa berterima kasih, menerima sesuatu dengan sepenuh hati atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita. Kita tidak akan pernah bisa menghitung atau mengira berapa banyaknya nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Mulai dari nikmat sehat, bisa berfikir, nikmat iman dan berbagai nikmat lainnya tidak bisa dihitung satu persatu.

Namun yang jadi masalah, terkadang manusia lupa untuk bersyukur atas nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita. Bahkan banyak orang berfikir bahwa nikmat tersebut hanya berupa materi saja. Pemikiran yang seperti itu sebenarnya salah fatal. Karena jika kita memiliki pemikiran seperti itu, maka kita termasuk orang kufur.

Sebagaimana dengan firman Allah yang artinya “Jika kamu bersyukur atas nikmat Allah, maka Allah akan selalu menambah nikmatnya kepada mu, Namun apabila kamu kufur, maka sungguh sangat pedih azabnya” Olehkarena itu, jika kita tidak ingin masuk ke dalam golongan orang-orang kufur maka hendaknya kita selalu bersyukur.

Ada beberapa dampak positif jika kita selalu bersyukur atas nikmat-Nya. Dengan banyak bersyukur maka akan menghilangkan sifat sombong dan angkuh dari diri kita. Selain itu, akan menyadarkan kita bahwa segala sesuatu yang kita miliki adalah milik Allah semata dan kita akan lebih bersyukur juga karena lebih beruntung dibanding dengan orang lain.

Jika kita tidak ingin kufur maka selalu berusaha untuk lebih banyak memandang ke bawah, bahwa kita lebih beruntung daripada orang lain. Cukup sekian ceramah yang bisa sampaikan, semoga menjadi amal baik dan bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Teks Dakwah Tentang Fitnah

Contoh Teks Dakwah Tentang Fitnah

Sesungguhnya seseorang yang terpengaruh fitnah, maka tingkat keimananya menjadi semakin lemah. Maka dari itu, maka kita harus selalu berusaha agar terhindar dari fitnah. Contoh teks ceramah singkat mengenai bahaya fitnah.

Assalamualaikum Wr.Wb

Sebelum memulai pada sesi acara, marilah kita panjatkan puji syukur atas nikmat Allah yang sudah diberikan pada kita semua. Sehingga kita diizinkan untuk berkumpul disini dalam keadaan yang sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun.

DI kesempatan ini saya akan berbagai sedkit ilmu tentang bahaya fitnah. Fitnah disini yaitu suatu yang menimpa golongan maupun individu. Bisa berupa kemunduran atau kebinasaan dari tingkatan iman atau bisa berupa kekacauan dalam agama Islam.  Di dalam hati disebutkan bahwa fitnah di datangkan untuk semua hati.

Pengaruh dari fitnah sendiri, sesungguhnya menjadikan seseorang terjerumus dari kebenaran yang sudah mereka ketahui. Sesungguhnya seseorang yang telah terjatuh di dalam fitnah, maka tingkat ketakwaan dalam agamanya menjadi semakin tipis.

Dalam hadist disebutkan, bahwa kita sebisa mungkin harus menyelamatkan diri dari sebuah fitnah yang nantinya bisa membahayakan. Selain itu kita juga dianjurkan untuk tidak selalu menuntut hak-hak dalam urusan dunia. Karena untuk menjadi seorang yang sabar memang bukan perkara yang mudah, karena sudah pasti banyak cobaan yang akan dihadapi.

Sebagaimana telah diriwayatkan oleh Sunan Abu Daud, sesungguhnya suatu keberuntungan bagi yang telah menjauhi fitnah, sedangkan bagi seseorang yang memperoleh fitnah atau cobaan maka ia harus bersabar, karena dari sikap sabar tersebut Ia akan memperoleh pahala yang besar.

Demikian sedikit ceramah yang dapat saya sampaikan dalam menyikapi sebuah fitnah.  Jika dalam saya menyampaikan terdapat kata-kata yang kurang berkesan, mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Teks Dakwah Tentang Cinta Menurut Pandangan Islam

Contoh Teks Dakwah Tentang Cinta Menurut Pandangan Islam

Dalam Islam cinta yang menjerumuskan ke dalam perzinaan hukumnya yaitu haram. Jadi bagaimana cinta yang dibolehkan dalam agama dan tidak terjerumus dari hal-hal yang dilarang. Berikut ini contoh teks ceramah mengenai cinta menurut pandangan Islam.

Assalamualikum Wr.Wb.

Segala puji bagi Allah SWT penguasa seluruh alam. Semoga rahmat serta salam selalu tercurah kepada Nabi Agung kita Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Sehingga kita diberi kesempatan untuk menghadiri acara yang sangat mulia ini.

Pada kesempatan sore hari ini saya ingin menyampaikan sedikit ceramah mengenai “Cinta Menurut Pandangan Islam” Kata cinta tentunya sudah tidak asing di telinga kita. Di dalam pandangan Islam, bahwa cinta hukumnya yaitu haram. Kenapa dikatakan haram? Karena cinta tersebut mengarah pada hal- hal yang negatif dan menimbulkan perzinaan.

Namun di sisi lain, bahwa cinta hukumnya yaitu wajib. Cinta dalam pandangan ini memiliki derajat yang sangat tinggi dan pahala yang menjadi jaminannya. Cinta dalam hal ini yaitu lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Seperti memperbanyak ibadah dan membaca ayat suci Al-Qur’an dengan memahami maknanya.

Untuk menerapkan cinta dengan derajat yang tinggi yaitu dengan menunaikan ibadah sholat 5 waktu tepat waktu, membaca Al-Qur’an dan memahami isi kandungannya, mengajak kebaikan dan menuntut ilmu, maka pahala yang akan didapatnya.

Bahkan  Dr. Aid menuliskan di dalam bukunya bahwa cinta terhadap duniawi terdiri kehidupan di dunia, berbaur dengan tanah dan terletak pada tataran yang sangat rendah. Jika seseorang mengartikan cinta dalam pandangan ini, maka Ia akan memiliki kehidupan yang tidak harmonis dan jauh dari ketenangan batin.

Akan tetapi cinta ilahiyah yaitu cinta yang terdiri dari langit dan berada pada tataran yang sangat tinggi. Cinta yang seperti ini merupakan bukti dari kecintaan dan ketaatannya dalam beribadah.  Cukup sekian ceramah dari saya pada sore hari ini, apabila ada khilaf dalam menyampaikannya mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Wr. WB

Contoh Teks Dakwah Mengenai Sedekah

Contoh Teks Dakwah Mengenai Sedekah

Assalamalaikum Wr.Wb

Sebelum saya berbicara banyak, mari kita panjatkan puji syukur kepada Illahi Rabbi yang sudah memberikan beribu-ribu kenikmatan kepada kita. Senantiasa kita sampaikan melalui lisan dan juga perbuatan atas nikmat serta karunia Allah SWT yang selalu melimpahkan rahmat kepada kita semua.

Satu amal sholeh yang selalu diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu bersedekah. Bersedekah merupakan suatu amalan yang sangat penting bagi kita sebagai umat muslim. Suatu amal sholeh ini memiliki banyak sekali keutamaan jika dilakukan dengan penuh keikhlasan dan tidak ada pamrih ingin dipandang orang atas kebaikannya.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an, surat Al-Baqarah, ayat: 261 yang menjelaskan bahwa orang-orang yang menafkahkan sebagian hartanya untuk di jalan Allah, meskipun itu sebesar benih yang mampu menumbuhkan tujuh bulir, untuk setiap bulirnya yaitu 100 biji. Allah akan melipat gandakan bagi mereka yang Allah kehendaki karena Allah Maha Luas dan juga Maha Me ngetahui.

Maka sudah jelas dari firman Allah SWT tersebut, bahwa tidak akan cerita orang yang menjadi miskin ketika menyedekahkan hartanya kepada orang yang membutuhkan. Jadi jangan takut miskin ketika Anda melakukan sedekah, karena sudah menjadi janji Allah akan melipat gandakan sedekah yang telah kita keluarkan dengan ikhlas.

Jadi bersedekah bertujuan untuk membersihkan harta yang kita miliki. Dengan rajin bersedekah, maka sudah pasti kita akan memiliki kehidupan yang lebih tenang dan tenteram. Apalagi kita hidup di dunia ini hanya sementara sedangkan kehidupan yang kekal yaitu di akhirat nanti. Selain itu,  sedekah dengan hati yang benar-benar tulus memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan.

Semoga sedikit ilmu yang telah saya sampaikan tadi bisa bermanfaat untuk kita semua. Sehingga kita terpanggil untuk banyak bersedekah. Kurang lebihnya dari ceramah yang saya sampaikan, mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Wr. Wb

Contoh Teks Dakwah Tentang Hijab

Contoh Teks Dakwah Tentang Hijab

Menutup aurat bagi seorang wanita hukumnya menjadi wajib. Banyak wanita yang ingin berhijrah untuk mengenakan hijab, namun karena niatnya belum sepenuhnya jadi di tengah jalan mereka membuka kembali dengan berbagai alasan. Contoh teks ceramah mengenai hijab.

Assalamualaikum Wr.Wb

Puja dan puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kita berjuta-juta nikmat dan jumlahnya tidak dapat dihitung.

Langsung saja, dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan sedikit ceramah mengenai hijab yang diartikan sebagai penutup aurat. Namun tidak semuanya yang berfungsi sebagai penutup dinamakan hijab. Sebagai umat muslim, tentunya kita semua sudah tahu bahwa hukumnya wajib bagi seorang wanita untuk menutup aurat.

Bahkan sudah dijelaskan di dalam Al-Qur’an, surat Al-Ahzab ayat ke 59 yang menjelaskan tentang hijab. Melalui ayat tersebut disampaikan, bahwa Allah telah memerintah kapada semua umat muslim untuk menutup auratnya, karena telah jelas hukumnya yaitu wajib.

Jadi yang dimaksud berhijab disini bukan hanya menutup bagian kepala saja, namun busana yang dikenakan juga harus menutup seluruh bagian tubuhnya terkecuali bagian wajah dan tangan. Di dalam berhijab juga terdapat aturannya yang sesuai dengan syariat Islam. Di zaman sekarang ini masih banyak sekali wanita yang belum mengenakan hijab dan tidak sedikit dari mereka memperlihatkan auratnya.

Setiap mereka diingatkan untuk mengenakan hijab, masih banyak sekali alasan yang diutarakan. Jadi perlu Anda ketahui bahwa mengenakan hijab bagi umat muslim hukumnya yaitu wajib. Setidaknya kita mulai merubah penampilan dengan menutup aurat kita ketika ke luar rumah, karena dari situlah kita dapat memulai kebaikan.

Mungkin cukup sekian ceramah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, kurang lebihnya mohon dimaafkan.  Wassalamulaikum Wr.Wb

Beberapa contoh teks dakwah di atas, semoga dapat dijadikan referensi ketika Anda membutuhkan.  Mungkin dalam keadaan mendesak atau ketika akan berpidato tapi belum ada persiapan, maka teks dakwah di atas dapat digunakan.

Contoh Teks Dakwah tetang Sabar, ibu, lingkungan, dan Sholat

Leave a Reply