Contoh Teks Deskripsi

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman)

Teks Deskripsi – Teks deskripsi merupakan jenis tulisan dimana gagasan utama akan disampaikan dengan cara menjelaskan secara jelas oleh penulis. Orang yang membaca tulisan tersebut seakan bisa merasakan apa yang sedang dijelaskan oleh tulisan tersebut. Contoh teks deskripsi ini bisa menjelaskan berbagai macam hal yang ada disekitar kita.

Biasanya teks deskripsi juga akan ditulis dengan singkat, Anda bisa membaca beberapa contoh teks deskripsi singkat yang menjelaskan beberapa benda dan hal. Contoh tersebut bisa Anda jadikan sebuah referensi dalam membuat teks deskripsi yang Anda inginkan.

Contoh Teks Deskripsi Hewan: Kucing

Contoh Teks Deskripsi Hewan: Kucing

Teks deskripsi bisa dibuat dalam macam-macam bahasa, ada beberapa contoh teks deskripsi bahasa Inggris yang bisa Anda cari untuk membuat tugas Bahasa Inggris. Di bawah ini merupakan contoh teks Bahasa Indonesia yang menjelaskan hewan peliharaan, yaitu kucing.

Aku memiliki seekor kucing, namanya adalah Kiti. Kiti merupakan kucing betina yang tidak sengaja aku temukan di pinggir jalan dekat sekolah. Kiti memiliki bulu yang lebat dan berwarna abu putih. Bulu halus Kiti memenuhi setiap bagian tubuhnya, mulai dari kaki sampai ekor.

Kiti memiliki kaki yang pendek, sepertinya lebih pendek dibandingkan kucing lainnya. Hidungnya kecil dan bulat dengan kumis yang tidak terlalu panjang. Kiti sangat menggemaskan bahkan jika aku melihatnya dari kejauhan. Berat tubuh Kiti sekitar 5 kg. Kiti memiliki mata bulat dan besar yang berwarna hitam. Matanya akan terbuka lebar-lebar saat aku mengajaknya bermain bola kesukaannya.

Kiti juga suka menghabiskan waktunya dengan tidur di tempat yang sudah aku sediakan. Aku membuatnya dari bekas keranjang buah dan ditutupi dengan handuk dan kain bekas yang empuk. Kiti sangat menyukai tempat tidur yang aku buat, mungkin Kiti merasa hangat ketika berbaring di sana. Saat tidur, Kiti sangat suka ketika bagian punggungnya dielus lembut.

Ketika aku mengelus bagian punggung dan perutnya, wajahnya terlihat sangat senang dan dia akan menggerakkan ekornya ke kiri dan kanan. Kiti akan bangun ketika merasa lapar. Dia akan berjalan menuju tempat makanan yang sudah disediakan di dekat area dapur.

Kadang kali aku lupa untuk mengisi tempat makannya, maka Kiti akan langsung mengeong dan mendekati siapa saja orang di rumahku seakan meminta makanan. Ketika wadah makanannya terisi penuh, dia akan makan dengan lahap. Kiti adalah teman bagi seluruh anggota keluargaku, kami sangat menyayangi Kiti.

Contoh Teks Deskripsi Tempat: Rumah Deni

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 1

Selain menjelaskan hewan, ada juga contoh teks yang menjelaskan mengenai tempat, misalnya saja deskripsi tentang rumah teman. Jika Anda ingin membuat teks deskripsi dengan bahasa Jawa, ada bisa mencari beberapa contoh teks deskripsi bahasa Jawa.

Sahabatku bernama Deni. Deni tinggal di desa sebelah dekat dengan rumahku berada. Walaupun kita tidak tinggal dalam satu daerah, namun aku sering bermain dan mengunjungi rumahnya. Rumah Deni sangat luas dan nyaman. Di depan rumahnya, terdapat halaman yang luas dan terdapat berbagai tanaman di sana. Di halaman tersebut, aku, Deni, dan adiknya biasanya bermain basket mini.

Di halaman rumahnya juga terdapat beberapa kursi dan gazebo yang biasanya digunakan untuk duduk bersantai menikmati pemandangan. Ayah Deni sangat suka bercocok tanam, karena hal tersebut di halaman juga terdapat beberapa pohon buah, seperti pohon mangga, pohon rambutan, dan pohon pepaya. Waktu itu aku pernah dibekali 5 kg mangga oleh Ayah Deni untuk keluargaku di rumah.

Selain, pohon buah, Ayah Deni juga menanam aneka tanaman hias yang membuat rumahnya semakin cantik dan rindang. Aku dan Deni sering bermain di teras rumah atau di dalam rumah Deni. Teras rumahnya rapi dan juga bersih. Ada beberapa kursi dan barang-barang yang ditata sedemikian rupa. Ornamen kayu di beberapa tiang di teras rumahnya juga terlihat sangat cantik dan menarik.

Contoh Teks Deskripsi Alam: Gunung

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 2

Salah satu hal yang sering dibuat teks deskripsi adalah alam. Anda bisa membuat teks deskripsi, mengenai gunung, pantai, danau, atau lainnya. Terkadang jika di sekolah, Anda juga akan diminta untuk membuat teks diskripsi dalam bahasa Inggris, ada baiknya Anda melihat dahulu bagaimana contoh teks deskriptif dalam bahasa Inggris yang baik untuk membuat tulisan yang bagus.

Gunung merupakan salah satu dari kenampakan alam yang berbentuk lebih tinggi dibandingkan dataran yang ada di sekitarnya. Umumnya, gunung memiliki tinggi mencapai ratusan meter bahkan ribuan di atas permukaan laut. Ketinggian tersebut yang membuat gunung terlihat sangat indah dari bawah dan jika berada di atasnya bisa melihat pemandangan sekitar secara luas.

Dari atas puncak gunung biasanya Kita dapat melihat air terjun yang turun dari daerah tinggi, bukit, tebing, bebatuan, dan pemandangan langit biru yang indah. Hembusan angin di sekitar gunung, kicauan burung dan suara gemercik air yang mengalir di sela-sela batuan membuat orang merasa betah berada di gunung. Terkadang, kita juga bisa melihat binatang lain yang hidup di hutan gunung.

Gunung memiliki beberapa jenis dan ciri-ciri. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki gunung paling banyak. Di Indonesia, terdapat gunung tidak aktif dan gunung aktif. Gunung yang aktif suatu saat bisa mengeluarkan lava yang panas. Lava berasal dari perut bumi dan berwarna merah serta panas. Sementara itu, gunung yang tidak aktif adalah gunung yang tidak akan meletus.

Contoh Teks Deskripsi: Sekolahku

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 3

Teks deskripsi bisa dibuat berdasarkan pandangan objektif atau subjektif dari penulisnya. Harapannya adalah pembaca dapat memiliki bayangan yang jelas mengenai hal yang dijelaskan oleh penulis. Berikut merupakan salah satu contoh teks yang menjelaskan mengenai sekolah sang penulis.

Aku adalah siswa di SMA Negeri 2 Kota X. Sekolahku adalah salah satu sekolah yang memiliki bangunan besar dan nyaman. Gedung sekolahku berdiri di atas tanah yang memiliki luas 5500 meter persegi. Sementara itu, bangunan sekolah memiliki luas 2500 meter persegi dan sisa tanah dijadikan beberapa lapangan dan area yang memiliki bermacam fungsi.

Di sekolahku, terdapat beberapa lapangan dengan fungsi yang berbeda, lapangan untuk melakukan upacara, lapangan basket, lapangan sepak bola, dan lapangan voli. Sekolahku juga memiliki area parkir yang lumayan luas untuk menampung kendaraan guru dan siswa sekolah. Bagian lainnya dibangun beberapa taman. Terdapat beberapa taman di sekolah dengan bermacam-macam tanaman.

Kami belajar di dalam ruangan kelas yang dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga ketika udara sangat panas, Kami masih bisa belajar dengan nyaman. Masing-masing kelas dilengkapi dengan layar LCD yang setiap hari digunakan untuk membantu proses pembelajaran.

Sekolahku juga memiliki beberapa laboratorium, di mana Kami bisa belajar dan praktik beberapa hal yang dipelajari di dalam kelas. Beberapa laboratorium yang ada di sekolah adalah laboratorium fisika, biologi, kimia, matematika, bahasa, multimedia, dan beberapa laboratorium lainnya.

Di sekolah juga sering diadakan beberapa kegiatan, oleh karena itu sekolahku memiliki aula serbaguna yang berukuran lumayan luas. Aula serbaguna ini juga sering dijadikan gelanggang olahraga. Jadi, ketika hujan, Kami tetap bisa berolahraga di dalam aula.

Contoh Teks Deskripsi Tanaman: Pohon Mangga

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 4

Selain bahasa Indonesia, Anda juga bisa membuat teks deskripsi dalam bahasa Inggris. Anda bisa mencari beberapa contoh teks deskripsi bahasa Inggris yang sesuai dan mudah dimengerti agar Anda bisa membuat teks deskripsi berbahasa Inggris. Jika Anda ingin menulis teks deskripsi tanaman, berikut adalah salah satu contohnya.

Di depan rumah paman terdapat sebuah pohon mangga yang sangat besar dan memiliki daun yang lebat. Pohon mangga milik paman memiliki ukuran mencapai 10 meter. Untuk ukuran pohon mangga yang tumbuh di halaman rumah, pohon mangga milik paman bisa dikatakan sangat tinggi. Dedaunan yang lebat ada di setiap rantingnya dan membuat pohon tersebut sangat rindang.

Pohon mangga tersebut memiliki batang pohon dengan ukuran yang besar, kira-kira memiliki diameter satu setengah meter. Sehingga, dari jauh pun pohon tersebut sudah terlihat sangat kuat dan kekar. Pohon mangga tersebut telah tumbuh lama sampai akar pohon keluar dari tanah. Untung saja area di sekitar pohon tidak dibeton dan masih berupa tanah, sehingga tidak ada yang rusak.

Biasanya aku dan sepupuku selalu bermain di sekitar pohon mangga, Kami bersepeda mengelilingi pohon sampai pusing dan jika sudah lelah Kami akan bersandar sambil berteduh dari teriknya sinar matahari. Pohon mangga milik paman juga rajin berbuah ketika musim mangga tiba, walaupun kadang-kadang buah mangga yang dihasilkan tidak selalu banyak, namun cukup untuk dinikmati keluarga.

Contoh Teks Deskripsi Hewan: Harimau Sumatera

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 5

Teks deskripsi biasanya dibuat dengan tujuan agar pembacanya mengerti secara jelas dengan objek yang dijelaskan. Contohnya, teks mengenai Harimau Sumatera ini, harapannya para pembaca jadi mengetahui mengenai hewan endemik tersebut.

Panthera tigris sumatrae atau yang dikenal dengan nama Harimau Sumatera merupakan salah satu hewan yang merupakan hewan endemik Indonesia. Harimau Sumatera memiliki penampakan yang berbeda dan khas dibandingkan dengan jenis harimau lainnya. Harimau Sumatera bermotif belang degan warna oranye dan hitam.

Pola hitam disekujur badannya memiliki jarak yang rapat dan berukuran lebar. Bisa dikatakan, bahwa belang Harimau Sumatera akan tampak lebih tipis dari harimau lainnya. Motif belang pada harimau memiliki kegunaan yaitu untuk berkamuflase dengan lingkungannya agar dapat menghindari musuh dalam keadaan yang berbahaya.

Motif belang pada harimau juga memiliki fungsi lain, motif belang tersebut merupakan pembeda setiap individu, kira-kira mirip dengan fungsi pola sidik jari pada manusia. Di antara sub spesies harimau lainnya, Harimau Sumatera memiliki warna yang cenderung paling gelap. Selain itu, Harimau Sumatera juga memiliki surai dan janggut yang lebih banyak.

Harimau Sumatera betina rata-rata memiliki berat sekitar 91 kg dengan panjang 198 cm. Sementara itu, harimau jantannya memiliki berat sekitar 140 kg dengan panjang 250 cm dan tinggi bisa mencapai 60 cm. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang paling kecil d antara harimau lainnya.

Hal unik dari Harimau Sumatera adalah jari-jarinya yang memiliki selaput. Selaput di antara jari-jari tersebut membuat Harimau Sumatera bisa berenang dengan cepat. Karena hal tersebut, tidak jarang Harimau Sumatera berburu mangsanya yang ada di dalam air.

Contoh Teks Deskripsi Benda: Meja Belajar

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 6

Bagi Anda yang ingin mengetahui contoh teks yang menjelaskan benda, berikut adalah contoh teks deskripsi singkat yang menjelaskan mengenai meja belajar.

Adikku memiliki sebuah meja belajar yang baru dibelikan oleh Ayah sebagai hadiah memperoleh peringkat kesatu di kelasnya. Meja belajar miliknya berwarna biru muda dilengkapi dengan garis-garis yang dengan warna hijau yang menghiasi. Di bagian depan meja terdapat gambar beberapa bunga dan tanaman berwarna warni yang cantik dan menarik.

Meja belajar milik adikku memiliki satu pintu lemari besar pada bagian kiri. Lalu di bagian kanan, terdapat meja yang bisa dilipat dan ditarik dengan mudah. Di bagian atas meja terdapat beberapa bagian yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa peralatan alat tulis, seperti pulpen dan penggaris. Di bagian bawah meja, ada rak yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa buku.

Meja belajar adikku ini sangat bagus dan adikku sangat menyukainya. Ayah juga membelikan dua buah kursi dengan warna senada dengan lemari belajarnya. Kursi belajar tersebut berwarna biru muda dengan garis-garis kuning yang menghiasi. Setelah mendapatkan lemari tersebut, adikku sangat semangat belajar dan ia selalu terlihat senang belajar di meja belajarnya.

Contoh Teks Deskripsi Alam: Pantai Ngobaran

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 7

Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi ketika masa liburan adalah pantai. Berikut adalah salah satu contoh teks yang menjelaskan mengenai pantai.

Minggu lalu, aku dan teman-teman kampus pergi ke Pantai Ngobaran untuk berlibur.Pantai Ngobaran berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Di Gunung Kidul sendiri ada banyak sekali pantai yang bisa di kunjungi dan salah satu pantai yang memiliki panorama indah adalah Pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran memang tidak luas, namun pantai ini cukup indah dengan suasananya yang khas. Pantai Ngobaran memiliki bibir pantai yang pendek. Saat akan ke bibir pantai, Kami harus menuruni beberapa bebatuan, namun bebatuan ini tidak terlalu tinggi, sehingga masih bisa dilalui dengan mudah. Umumnya, para pengunjung lebih memilih menikmati pantai sambil duduk santai di bagian atas pantai.

Bagian atas wilayah pantai akan terlihat sangat cantik, terutama ketika sore hari. Di bagian atas tersebut ada bangunan seperti pura. Di pura tersebut, aku dan teman-teman melihat beberapa patung berwarna hitam yang terbuat dari batu. Di sana juga terdapat sebuah mushola, yang membuat mushola tersebut unik adalah karena lantainya berupa pasir pantai.

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang cantik dengan panorama yang khas. Angin sejuk yang berhembus di sekitar pantai akan membuat siapa saja betah berlama-lama di sekitar pantai.

Contoh Teks Deskripsi: Laptop Pak Guru

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 8

Beberapa orang mungkin mengira bahwa teks deskripsi hanya bisa ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Namun, sebenarnya teks deskripsi juga dapat ditulis menggunakan bahasa lain, Anda bisa mencari teks deskripsi dalam bahasa inggris atau contoh teks deskripsi bahasa Jawa untuk melihat bagaimana contoh teks deskripsinya.

Pelajaran di kelas hari ini terasa lebih menyenangkan dibandingkan biasanya. Pak Guru menjelaskan mengenai kemajuan teknologi yang hadir pada saat ini. Agar membuat siswanya lebih mengerti, Pak Guru juga membawa sebuah laptop miliknya. Menurut Pak Guru, laptop merupakan sebuah teknologi yang memiliki macam-macam kegunaan.

Laptop miliknya berwarna hitam mengkilap yang terlihat sangat menawan. Hampir semua anak di kelas merasa takjub melihat laptop Pak Guru tersebut. Laptop tersebut terlihat sangat canggih dan merupakan keluaran terbaru. Pak Guru bisa membolak-balik laptop ke depan dan belakang. Jadi, layar laptop tersebut bisa dilipat hampir 360 derajat, sangat mengagumkan.

Hal unik dari laptop tersebut, layarnya juga bisa dipisahkan dari keyboard. Walaupun, tidak tertancap dengan keyboard, layar tersebut tetap masih bisa menyala dan berfungsi dengan baik. Jika dilihat mungkin akan bisa digunakan seperti tablet.

Ukuran laptop milik Pak Guru juga tipis sekali dengan lebar yang hanya 10 inchi. Sehingga, laptop tersebut sangat mudah dan ringan ketika dibawa pergi. Aku sempat mencoba memegang laptop tersebut dan terasa sangat ringan. Menurut Pak Guru, laptop ini bisa menimpan banyak sekali data di dalamnya.

Contoh Teks Deskripsi Buah: Semangka

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 9

Semangka termasuk buah yang murah dan disukai oleh banyak orang. Anda bisa mencoba membaca teks deskripsi mengenai buah semangka untuk mengetahui beberapa hal tentang semangka.

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Umumnya, buah semangka memiliki banyak biji di dalamnya. Biasanya biji semangka berwarna hitam kecokelatan atau putih. Namun, saat ini sudah ada teknologi yang membuat semangka tanpa biji. Buah semangka memiliki warna merah segar, tapi ada juga jenis semangka yang memiliki warna kuning.

Buah semangka sangat cocok dimakan ketika cuaca sedang panas. Kesegaran buah semangka bisa membuat rasa dahaga hilang, karena kandungan air yang ada di dalamnya. Sensasi renyah dan air yang keluar dari daging buah ketika buah semangka digigit menjadi sensasi favorit kebanyakan orang.

Semangka memiliki kulit buah yang berwarna kuning keputihan, hijau belang putih, dan hijau tua. Walaupun kulit semangka berwarna hijau, namun, buah di dalamnya tetap berwarna merah dengan rasa yang manis. Buah semangka memiliki berat yang beragam berdasarkan ukuran buahnya. Semakin berat buahnya, biasanya ukurannya juga akan semakin besar.

Bobot semangka beragam, mulai dari sekitar 4 kg hingga 20 kg. Semangka dengan ukuran yang kecil biasanya memiliki bobot 4 kg sampai dengan 5 kg. Sementara itu, buah semangka yang besar memiliki bobot 6 kg sampai 10 kg. Jika bobot semangka sudah lebih dari itu, maka semangka tersebut bisa dikatakan sangat besar dan tidak banyak semangka yang berukuran sangat besar.

Contoh Teks Deskripsi Tempat: Candi Borobudur

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 10

Candi Borobudur adalah tempat wisata yang selalu ramai oleh pengunjung ketika musim liburan. Berikut adalah contoh teks deskripsi singkat mengenai Candi Borobudur.

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata favorit banyak orang yang berkunjung ke Jawa Tengah. Candi Borobudur memiliki ketinggian kira-kia 400 meter. Ketika berada di atas bagian candi, Kita bisa merasakan suasana yang sejuk dan menyenangkan.

Tiap harinya banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi Candi Borobudur, terutama ketika akhir minggu atau musim liburan. Baik itu wisatawan lokal atau asing, orang-orang yang datang ke Candi Borobudur bisa melihat keindahan candi ini secara nyata.

Untuk mencapai candi, para wisatawan perlu menaiki anak tangga yang ada. Beberapa anak tangga lebih curam dari yang lainnya, sehingga para wisatawan perlu berhati-hati ketika menaikinya, apalagi jika bersama anak kecil. Candi Borobudur adalah salah satu candi yang paling megah dengan luar mecapai 2.500 meter persegi.

Pengunjung harus berjalan ratusan meter untuk mencapai bagian pusat candi. Selama berjalan melihat Candi Borobudur, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah di sekitar candi. Pohon-pohon disepanjang jalan juga terlihat sangat rindang. Selain itu, di sana juga terdapat banyak penjual yang menjual macam-macam souvenir, seperti gantungan kunci, kaos, gelang, dan lain-lain.

Contoh Teks Deskripsi Kendaraan: Bus

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 11

Bagi banyak orang dikota besar, keberadaan bus adalah hal yang sangat memudahkan, karena bus digunakan sebagai kendaraan umum yang murah dan nyaman. Untuk mengetahui mengenai deskripsi bus, berikut adalah contoh teks deskripsi singkat mengenai bus.

Bus adalah salah satu kendaraan yang berukuran besar.Terdapat beberapa jenis bus yang biasanya digunakan di Indonesia, bus pariwisata, bus umum, bus sekolah, dan bus lainnya.

Bus juga memiliki berbagai macam ukuran. Bus besar biasanya dipakai untuk keperluan pariwisata, beberapa bus juga akan dilengkapi dengan toilet, AC, televisi, dan soket listrik. Jenis bus yang seperti ini biasanya adalah bus bagus dengan fasilitas yang lengkap.

Beberapa orang lebih memilih menggunakan bus untuk bepergian jauh dibandingkan dengan kendaraan lainnya. Orang-orang yang memilih menggunakan bus biasanya suka untuk menikmati pemandangan di jalan, kendaraan dan benda-benda lainnya akan terlihat lebih kecil dari atas bus. Sambil menatap jendela, Kita juga bisa merenung dan memikirkan berbagai macam hal.

Contoh Teks Deskripsi Tempat: Pasar Tradisional

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 12

Bagi Anda yang ingin membuat teks deskripsi mengenai tempat. Mungkin, lebih baik Anda membaca contoh teks yang mendeskripsikan mengenai pasar tradisional ini terlebih dahulu.

Pasar adalah tempat untuk melakukan kegiatan jual beli antara pedagang dan pembeli. Pasar tradisional merupakan salah satu tempat umum yang banyak didatangi orang setiap harinya, saat hari kerja atau hari libur, bahkan ketika hari sedang hujan.

Banyak penjual yang menjual barang dagangannya di los, toko, atau lesehan. Di pasar, Kita dapat melakukan interaksi dengan penjual, penjual akan menawarkan barang-barang dagangannya dan pembeli bisa langsung membelinya atau menawarnya.

Umumnya, pasar memiliki ukuran yang lumayan luar dan menjadi sebuah pusat keramaian. Di depan pasar, Kita akan menemukan pangkalan ojek dan becak, serta macam-macam transportasi umum lainnya. Pasar adalah tempat umum yang akan ditemukan di dekat lingkungan tempat tinggal atau daerah yang ramai dengan orang.

Banyak pasar tradisional yang memiliki bangunan yang sudah tua. Namun, beberapa pasar sudah dibuat lebih modern, dilengkapi dengan lantai dan dibuat bertingkat, sehingga terlihat lebih bersih dan tertata rapi. Para penjual di pasar menjual macam-macam dagangan, bahan makanan kebutuhan pokok, pakaian, alat tulis, dan carang lainnya.

Contoh Teks Deskripsi Tanaman: Bunga Melati

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 13

Siapa yang tidak mengetahui bunga melati? Berikut adalah contoh deskripsi singkat mengenai bunga melati, Anda juga bisa mencoba membuat teks deskripsi dalam bahasa Inggrisnya. Anda bisa melihat beberapa contoh teks deskriptif dalam bahasa Inggrisuntuk mengetahui cara membuatnya.

Bunga melati merupakan salah satu banyak yang banyak diketahui oleh orang karena baunya yang khas. Biasanya, bunga ini dibuat menjadi sebuah aksesoris untuk pengantin wanita yang menikah dengan adat Jawa. Karena baunya yang khas, beberapa minuman yang dijual di pasaran juga menambahkan aroma melati untuk membuat minuman lebih enak.

Bunga ini memiliki warna putih dengan bentuk mahkota bunga yang kecil dan lonjong. Ketika disentuh, mahkota bunga melati akan terasa halus, lembut, dan tentunya wangi.

Daun bunga melati memiliki bentuk oval dengan pangkal daun berbentuk lingkaran yang indah. Daun bunga melati memiliki pinggiran yang bergelombang dengan permukaannya yang akan berkerut ketika terkena angin. Selain bunganya, daun bunga melati juga sering digunakan untuk berbagai kegunaan, seperti terapi kesehatan.

Contoh Teks Deskripsi Sayuran: Kentang

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman) 14

Selain mendeskripsikan mengenai buah-buahan, Anda juga bisa membuat teks deskripsi yang menjelaskan mengenai sayuran. Berikut adalah salah satu contoh teks deskripsi singkat tentang kentang.

Tidak seperti kebanyakan sayuran lainnya, kentang tidak berwarna hijau, namun kentang termasuk salah satu jenis sayuran. Kentang mengandung sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh manusia. Jadi, selain nasi, Kita bisa mengonsumsi kentang sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh.

Kulit kentang memiliki warna kecokelatan. Pada permukaan kentang, biasanya Kita akan menemukan bintik-bintik berwarna cokelat tua. Sementara, kentang memiliki warna kuning kecokelatan. Ketika kentang diiris, permukaannya akan terasa keras namun lembut.

Terdapat makanan yang menggunakan kentang sebagai bahan dasar atau bahan tambahan dalam pembuatannya. Kentang yang diiris lalu digoreng kering diberi nama kentang goreng, kentang yang diolah lalu dibalur dengan telur disebut perkedel, dan masih banyak makanan lainnya.

Selain itu, di sop sayur, biasanya Kita juga akan menemukan kentang sebagai bahan tambahannya. Jika memakan kentang, Kita akan merasa lebih kenyang dan dengan pengolahan yang tepat, kentang akan terasa lebih lezat.

Beberapa contoh teks deskripsi tersebut bisa Anda jadikan referensi dalam pembuatan teks deskripsi di masa yang akan datang. Teks deskripsi bisa dibuat untuk menjelaskan berbagai macam hal dan benda. Selain itu, Anda juga bisa membuat teks deskripsi menggunakan berbagai bahasa.

15 Contoh Teks Deskripsi (Hewan, Alam, Sekolah, Tanaman)

Leave a Reply