15 Contoh Teks Pembawa Acara (Berbagai Acara) 1

15 Contoh Teks Pembawa Acara (Berbagai Acara)

Contoh Teks Pembawa Acara – Pembawa acara memiliki tugas sebagai pemandu agar acara bisa sesuai dengan susunan yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu pembawa acara juga harus bisa mengatur waktu agar semua acara bisa berjalan dengan lancar. Anda yang masih pemula mungkin membutuhkan contoh teks pembawa acara agar tidak gugup dan kata-kata dapat tersusun dengan baik.

Acara yang membutuhkan pembawa acara tidak hanya acara formal saja, namun bisa juga acara nonformal seperti ulang tahun dan syukuran empat bulanan. Anda bisa melihat referensi dibawah ini untuk berbagai acara baik formal dan nonformal. Berikut 15 contoh teks yang dapat digunakan untuk membawakan berbagai acara.

1.Contoh Teks Pembawa Acara Formal

Contoh Teks Pembawa Acara Formal

Acara formal sudah pasti menggunakan pembawa acara yang bertugas untuk memandu acara. Susunan acaranya juga jelas dan biasanya baku sehingga akan sama dari satu acara ke acara lainnya. Contoh acara formal yang menggunakan pembawa acara misalnya peringatan hari besar nasional, ulang tahun TNI dan masih banyak lagi.

“Selamat pagi hadirin sekalian dan salam sejahtera, pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan YME atas segala nikmat yang tiada batas. Yang terhormat bapak (nama) selaku pengisi acara pada hari ini, yang terhormat (nama ibu atau bapak pejabat yang hadir) dan rekan-rekan sekalian yang saya banggakan.

Marilah kita buka acara ini dengan doa menurut kepercayaan masing-masing agar acara dapat berlangsung dengan lancar hingga selesai. Dipagi yang bahagia ini saya akan menyampaikan susunan acara sebagai berikut (susunan acara). Untuk mempersingkat waktu marilah kita dengarkan sambutan dari bapak (nama) selaku (jabatan), kepada bapak kami persilahkan.

Tidak terasa akhirnya sampailah kita di penghujung acara, saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi para peserta pada hari ini. Selain itu saya dan panitia yang bertugas menyampaikan permintaan maaf kami apabila dalam acara ini terdapat kekurangan dan kesalahan baik yang disengaja dan tidak disengaja.”

2.Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian

Pengajian juga membutuhkan pembawa acara, biasanya dilakukan oleh peserta pengajian yang memang sudah biasa membawakan acara. Namun Anda juga bisa menjadi pembawa acara pengajian, misal untuk acara pengajian rutin tingkat RT. Pilihlah salam pembuka menggunakan bahasa yang nyaman menurut Anda agar lebih baik saat disampaikan.

“Bapak (nama) pengasuh pengajin rutin yang kami hormati, bapak dan ibu dan para hadirin sekalin yang dimuliakan Allah. Marilah kita panjatkan syukur kehadirat Allahi rabbi, yang mana pada kesempatan kali ini kita semua diberikan nikmat sehat. Nikmat iman dan taqwa sehingga mampu hadir ke acara pengajian rutin yang dilaksanakan setiap bulannya.

Shalawat salam juga marilah kita sanjungkan kepada nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat dan pengikut-pengikut nabi. Hadirin yang dimuliakan Allah, saya akan menyampaikan susunan acara pada hari ini (susunan acara). Selanjutnya marilah kita buka acara pengajian kali ini dengan basmallah, semoga acara lancar dan mampu memberikan manfaat bagi kita semua.

Acara terakhir tanya jawab sudah selesai, maka berakhirlah pula susunan acara kita pada hari ini. Marilah kita panjatkan doa yang akan dipimpin olah bapak ustad (nama). Saya selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih dan memohon maaf apabila ada salah-salah kata atau kesalahan lain, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

3.Contoh Teks Pembawa Acara Berita

Contoh Teks Pembawa Acara Berita

Pembawa acara berita umumnya bisa Anda lihat di beberapa stasiun TV yang tampak sangat cerdas dan profesional. Anda juga bisa menjadi pembawa berita dengan mulai belajar membawakan berita tingkat kampus misalnya. Berikut contoh berita tentang banjir yang sedang ramai diperbincangkan banyak orang di media sosial.

“Selamat pagi pemirsa, jumpa lagi dengan saya (nama) dan rekan (nama) dalam acara berita pagi Indonesia terpopuler dan terakurat. Berita pertama datang dari daerah Jakarta yang dilanda banjir dimana-mana sehingga melumpuhkan banyak aktivitas. Menurut warga banjir disebabkan oleh hujan yang terjadi selama seharian penuh sehingga meluapnya air kepemukiman warna.

Banjir ini sangat mengganggu karena banyak warga yang tidak bisa beraktvitas seperti biasanya karena jalanan yang terkena banjir. Banjir Jakarta bukanlah yang pertama kalinya, setiap musim hujan sudah dipastikan akan banjir dibeberapa titik yang rendah dan memang rawan banjir. Jakarta saat itu bernama Batavia sudah mulai banjir sejak tahun 1918 pada masa penjajahan.

Kesadaran masyarakat Jakarta yang masih kurang memperparah banjir akibat tumpukan sampah yang menutup selokan dan sungai. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya pembenahan kota namun belum ada yang berhasil menangani masalah banjir tahunan di Jakarta. Kita beralih ke berita selanjutnya tentang mobil yang viral ditengah banjir Jakarta.

Berita tadi menutup acara berita pagi Indonesia, saya (nama) dan rekan yang bertuga mohon undur diri, selamat pagi selamat menjalankan aktivitas Anda.”

4.Contoh Teks Pembawa Acara Rapat

Contoh Teks Pembawa Acara Rapat

Rapat biasanya membutuhkan moderator yang bertugas untuk mengatur jalannya rapat. Namun beberapa rapat juga membutuhkan pembawa acara rapat agar acara yang dilakukan lebih tertata rapi. Anda bisa menjadi pembawa acara rapat di kampus, RT atau lingkungan kompleks rumah dengan referensi sebagai berikut.

“Yang saya hormati hadirin sekalian yang sudah menyempatkan diri hadir pada rapat ini serta bapak (nama) sebagai tuan rumah yang menyediakan tempat. Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT sehingga bisa hadir di rapat rutin dalam jasmani sehat walafiat. Serta tak lupa mengingat baginda nabi Muhammad SAW dan curahkan sholawat dan salam.

Susunan acara pada hari ini sebagai berikut (susunan acara), untuk mempersingkat waktu marilah kita masuk ke acara pertama. Baiklah saya akan membacakan kesimpulan dari hasil rapat pada hari ini, yaitu sebagai berikut (hasil rapat /kesimpulan rapat). Terima kasih kepada bapak ibu sekalian yang sudah hadir dan memberikan aspirasinya dalam rapat rutin ini.

Sampailah kita pada penghujung acara, selaku pembawa acara saya ingin mengucapkan terima kasih dan mohon maaf jika terjadi kelalaian selama membawakan acara. Semoga hasil rapat ini dapat membawa kebaikan kedepannya bagi kita semua, akhirnya saya ucapkan wasalamualaikum warahmatulahi wabarokatuh.”

5.Contoh Teks Pembawa Acara Ulang Tahun

Contoh Teks Pembawa Acara Ulang Tahun

Ulang tahun juga membutuhkan pembawa acara yang akan memandu berbagai kegiatan dalam pasta ulang tahun tersebut. Misalnya saat menyanyikan lagu ulang tahun, tiup lilin dan lainnya. Umumnya pembawa acara untuk ulang tahun ini lebih santai karena bersifat hiburan. Apalagi jika acara untuk ulang tahun anak maka Anda dituntut untuk ceria agar anak tidak cepat bosan.

“Teman-teman sekalian yang saya sayangi, marilah pertama-tama kita ucapkan rasa syukur. Syukur karena diberikan kesehatan, kesempatan dan kemampuan untuk berkumpul di acara ulang tahun (nama) yang ke (umur). Hari ini adalah hari yang sangat istimewa untuk teman kita (nama) karena usianya telah bertambah lagi satu tahun.

Pertambahan usia ini diharapkan akan membawa kebahagiaan dan menjadi sosok yang semakin dewasa. Saya (nama) pembawa acara akan membacakan susunan acara pada ulang tahun sahabat kita, yaitu (susunan acara). Lalu marilah kita membacakan Al-fatihah terlebih dahulu agar acara dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan hingga acara usai.

Demikianlah acara demi acara telah kita lalui dengan aman dan lancar, saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah hadir. Terima kasih sudah menyempatkan diri datang dan ikut merayakan ulang tahun sahabat kita (nama). Akhir kata saya mohon maaf jika terdapat kesalahan selama membawakan acara dan kita tutup dengan Alhamdulilah.”

6.Contoh Teks Pembawa Acara Arisan

Contoh Teks Pembawa Acara Arisan

Arisan umumnya tidak memiliki susunan acara formal namun tetap memiliki pembawa acara yang memandu jalannya acara yang dilakukan. Anda bisa menggunakan pembawa acara dengan susunan acara yang sudah disiapkan agar lebih baik dan berjalan berurutan. Bagi Anda yang menjadi pembawa acara arisan berikut referensi yang bisa disesuaikan dengan susunan acaranya.

“Yang saya hormati pengurus arisan kompleks (nama perumahan) dan ibu-ibu yang sudah menyempatkan diri untuk hadir hari ini. Untuk mengawali acara pada hari ini, ada baiknya kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang diberikan. Tidak lupa sholawat dan salam kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan pengikutnya.

Ibu-ibu sekalian untuk membuka acara arisan kita pada hari ini, marilah kita lafazkan basmallah. Berikut susunan acara arisan rutin pada hari ini, yang pertama pembukaan, yang kedua pembacaan Yasin dan doa. Yang ketiga sambutan oleh pemilik rumah, yang keempat sambutan oleh pengurus arisan. Yang kelima pengocokan arisan dan yang terakhir ramah tamah /makan siang bersama.

Akhirnya sudah sampai kita di penghujung acara, sesuai dengan hasil pengocokan maka bulan depan kita akan kembali berjumpa di rumah ibu (nama pemenang arisan). Diharapkan kehadiran ibu-ibu sekalian, akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah datang. Dan mohon maaf jika terdapat kesalahan yang berasal dari diri saya pribadi, wasalamualikum wr.wb.”

7.Contoh Teks Pembawa Acara Akad Nikah

Contoh Teks Pembawa Acara Akad Nikah

Akad nikah memiliki susunan acara yang cukup panjang dan harus dilaksanakan sesuai urutan dan waktu yang tepat. Biasanya sudah ada susunan acara yang memang selalu digunakan ketika akad nikah dilakukan pada daerah tertentu. Anda sebagai pembawa acara tinggal menambahkan kalimat sambutan sendiri agar lebih baik saat membawakan acara akad nikah.

“Hadirin yang saya hormati, kedua calon pengantin yang berbahagia dan bapak (nama) selaku tuan rumah yang saya hormati. Dan yang tidak kalah penting kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT dan junjungan kita nabi Muhammad. Alhamdulilah berkat karunia-Nya yang tak hingga, kita semua bisa berkumpul untuk ikut menyaksikan momen bahagia kedua calon pengantin.

Hadirian sekalian hari ini, Jumat (tanggal) kita semua akan menyaksikan bersama-sama momen sakral dan membahagiakan kedua mempelai (nama mempelai). Yaitu akad nikah yang akan dilaksanakan tepat pukul (jam akad dilakukan). Kami juga memohon doa dan restu untuk kedua mempelai agar mendapatkan rahmat Allah dan kehidupan rumah tangga yang bahagia.

Untuk hadirin dan bapak penghulu, marilah kita awali acara ini dengan membaca Alfatihah. Selanjutnya saya akan membacakan susunan acara akad nikah kedua mempelai (nama mempelai). Alhamdulilah akhirnya sampai juga kita dipenghujung acara, saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf jika terjadi salah kata selama membawakan acara.”

8.Contoh Teks Pembawa Acara Festival Band Pelajar

Contoh Teks Pembawa Acara Festival Band Pelajar

Acara festival band pelajar ini biasanya diselenggarakan setiap tahun bertepatan dengan peringatan ulang tahun sekolah. Namun bisa juga diselenggarakan oleh pihak lain yang mensponsori acara tersebut. Pembawa acara festival band sangat dibutuhkan untuk memandu jalannya acara dari awal hingga acara selesai.

“Yang terhormat ketua panitia acara festival band pelajar (nama), yang terhormat bapak kepala sekolah (nama). Yang terhormat ibu pembina kesenian (nama). Dan teman-teman semua baik sebagai peserta atau penonton yang saya cintai. Sebelunya marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT, kita semua bisa berkumpul di festival ini dalam keadaan sehat dan semangat.

Perkenalkan saya (nama) sebagai pembawa acara hari ini sebelumnya akan menyampaikan susunan acara festival band hari ini mulai dari pembukaan hingga penutupan. Agar menghemat waktu marilah kita semua mengucapkan basmallah agar acara ini bisa berjalan dengan lancar. Selanjutnya kami persilahkan ketua panitia untuk memberikan sambutan sebelum memasuki acara inti.

Demikianlah acara festival band pelajar pada hari ini, kami selaku panitia meminta maaf jika ada salah-salah kata. Dan juga sangat berterima kasih atas antusias dari peserta dan penonton yang hadir pada hari ini. Akhir kata kami mengucapkan sampai jumpa di lain waktu.”

9.Contoh Teks Pembawa Acara Empat Bulanan

Contoh Teks Pembawa Acara Empat Bulanan

Acara empat bulanan ini adalah acara syukuran ketika usia kandungan seorang ibu mencapai empat bulan. Ada beberapa masyarakat Indonesia yang menjadikan acara ini sebagai tradisi wajib yang pasti dilakukan. Hal ini berkaitan dengan adat dan agama yang menyebutkan jika usia kandungan empat bulan ketika ruh bayi ditiupkan.

“Dengan mengucap Alhamdulilah atas segala rahmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT. Karena Allah akhirnya kita semua yang berada disini bisa berkumpul dalam keadaan sehat dan bahagia untuk mengikuti acara empat bulanan istri dari bapak (nama). Bapak (nama) dan istri juga sangat berterima kasih atas kehadiran hadirin semua yang sudah menyempatkan waktunya.

Semoga segala kebaikan para hadirin yang ada saat ini mendapat balasan dari Allah SWT. Kami juga mengharapkan dan memohon doa kepada hadirin sekalian. Agar anak bapak (nama) dan ibu (nama) bisa selalu sehat, diberikan perlindungan selama kehamilan. Selain itu juga semoga ibu (nama) bisa melahirkan dengan sehat, selamat dan anaknya menjadi sosok yang berbakti.

Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Alquran yang akan dibacakan oleh ustad (nama) dari pondok pesantren (nama pesantren). Kepada bapak (nama ustad) dari ponpes, waktu dan tempat di persilahkan. Akhirnya kami selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada hadirin sekalian dan mohon maaf jika ada kata-kata yang mungkin kurang berkenan.”

10.Contoh Teks Pembawa Acara Lomba Maulid Nabi

Contoh Teks Pembawa Acara Lomba Maulid Nabi

Maulid nabi adalah salah satu acara besar yang diperingati oleh masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Biasanya sebelum peringatan acara dilakukan lomba-lomba yang berkaitan dengan agama. Seperti lomba azan, membaca Alquran, ceramah dan masih banyak lagi. Pembawa acara peringatan maulid nabi juga biasanya bertugas mengumumkan pemenang lomba tersebut.

“Bismillaahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillahi robbil’alamin wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil, anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin wa’ala alihi wa’ashabibi ajama’in. Roobi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du Al mukarom.

Yang kami hormati bapak (nama) selaku pengurus masjid, yang kami hormati bapak (nama) selaku ketua pelaksana acara dan segenap pengurus masjid. Yang saya banggakan peserta lomba dan Bapak /Ibu sekalian yang telah hadir pada acara lomba maulid nabi. Tak lupa marilah ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmatnya yang sangat berlimpah.

Sholawat salam tidak lupa kita panjatkan pada nabi besar Muhammad SAW yang membawa keberkahan dan cahaya hingga akhir zaman. Sebelumnya saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara dan lomba yang akan dilakukan pada peringatan maulid nabu ini (susunan acara).

Untuk melanjutkan acara marilah kita buka dengan lafaz basmallah, bismillaahirrahmanirrahim. Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Alquran oleh santri kami (nama). Akhirnya kita sampai dipenghujung acara, saya mengucapkan terima kasih sekaligus meminta maaf jika sekiranya didalam membawakan acara ini tidak sengaja membuat kesalahan.

Marilah kita tutup acara lomba maulid nabi ini dengan lafaz hamdallah, alhamdulilah hirrobilalamin.”

11.Contoh Teks Pembawa Acara Peringatan Hari Nasional

Contoh Teks Pembawa Acara Peringatan Hari Nasional

Hari nasional Indonesia salah satunya yang sangat meriah di peringati adalah Hari Kemerdekaan. Biasanya semua desa membuat berbagai acara dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia. Tepat pada 17 Agustus akan dilakukan peringatan dengan berbagai acara lain yang menarik, seperti hiburan dan lomba panjat pinang.

“Yang terhormat bapak kepada desa (nama), bapak ketua RW (nama), ketua RT (nama) dan tokoh masyarakat yang hadir pada hari ini. Yang terhormat bapak, ibu dan saudara sebangsa setanah air yang menyempatkan diri hadir pada peringatan hari nasional ini. Pertama kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, atas kemerdekaan, kecukupan dan kesejahteraan hingga hari ini.

Alhdmulilah pada hari ini kita semua dapat berkumpul dalam rangka peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun. Atas nama panitia penyelenggara kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada hadirin sekalian yang sangat antusias datang ke lapangan desa (nama desa). Dalam rangka peringatan hari kemerdekaan tingkat desa di kelurahan (nama kelurahan).

Hadirin yang saya hormati, sebelumnya saya akan membacakan susunan acara kita pada hari ini (susunan acara). Acara pertama adalah pembukaan yang akan langsung disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara acara. Demikianlah acara demi acara telah kita lalui, pada penghujung acara doa akan dipimpn oleh ustad (nama) yang akan dilanjutkan dengan acara hiburan.

Saya pamit undur diri, terima kasih dan mohon maaf jika terdapat kesalahan baik yang disengaja dari saya pribadi dan pihak panitia penyelenggara. Akhirnya saya ucapkan wasalamualaikum Wr. Wb, selanjutnya akan saya serahkan pada MC hiburan untuk melanjutkan pesta rakyat peringatan hari kemerdekaan Indonesia.”

12.Contoh Teks Pembawa Acara Pertemuan Keluarga

Contoh Teks Pembawa Acara Pertemuan Keluarga

Pertemuan keluarga yang melibatkan banyak anggota tentunya harus memiliki pembawa acara agar lebih baik. Meskipun jarang namun Anda bisa menerapkan susunan acara yang dibawakan pembawa acara. Hal ini akan membuat acara lebih teratur dan memiliki kegiatan yang jelas, jadi tidak sekedar kumpul-kumpul saja.

“Yang saya hormati kakek, nenek, mama, papa, om, tante dan semua keluarga yang sudah menyempatkan diri hadir pada hari ini. Pertama panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat sehat, iman, kesempatan untuk keluarga (nama keluarga). Sehingga kita semua bisa berkumpul di rumah om (nama pemilik rumah) dalam keadaan sehat walafiat.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua anggota keluarga (nama keluarga) yang sudah hadir tepat waktu dan menambah kehangatan silahurahmi. Sebelum memulai saya akan membacakan susunan acara pertemuan keluarga pada hari ini (susunan acara). Untuk memulai acara ini marilah kita buka dengan melafazkan basmallah dan istigfar.

Alhamdulilah semua acara sudah terlewati dan berjalan dengan sangat lancar. Semoga kedepannya acara pertemuan keluarga (nama keluarga) ini tetap berjalan. Sehingga kita bisa menjaga tali silahturahmi dan mempererat hubungan keluarga (nama keluarga) yang kita cintai. Akhir kata saya pribadi memohon maaf jika melakukan kesalahan yang disengaja dan tidak disengaja”

13.Contoh Teks Pembawa Acara Perpisahan Sekolah

Contoh Teks Pembawa Acara Perpisahan Sekolah

Perpisahan sekolah ini mulai dari TK, SD, SMP dan SMA diselenggarakan dengan susunan acara tertentu. Untuk acara TK dan SD biasanya pembawa acaranya adalah guru kelas yang ditunjuk. Sedangkan untuk SMP dan SMA bisa adik tingkat yang tidak mengikuti acara perpisahan yang dilakukan. Berikut contoh untuk acara perpisahan siswa dan siswa di salah satu SMA.

“Yang terhormat bapak (nama) kelapa sekolah, yang terhormat bapak /ibu guru, serta staf SMA (nama sekolah). Serta teman-teman yang saya cintai dan bapak ibu wali murid yang datang pada hari ini. Tak lupa marilah kita ucapkan syukur pada kesempatan yang bahagia ini karena atas berkah Allah SWT kita semua bisa berkumpul di aula ini dalam acara perpisahan murid kelas 12.

Hadirin sekalian agar acara dapat berjalan dengan lancar, saya (nama) akan membacakan susunan acara perpisahan murid kelas 12 pada hari ini (susunan acara). Pertama marilah kita buka acara dengan mengucapkan basmalah, bismillaahirrahmanirrahim. Acara pertama pada hari ini adalah kata sambutan dari kepala sekolah SMA (nama sekolah), kepada bapak kami persilahkan.

Tidak terasa sudah tiga jam kita bersama, acara demi acara telah terlewati dengan lancar. Akhirnya sampailah kita pada akhir acara perpisahan siswa siswi kelas 12 SMA (nama sekolah). Saya ucapkan terima kasih atas waktunya dan mohon maaf apabila terdapat kekeliruan selama membawakan acara perpisahan ini. Terus maju SMA (nama sekolah), semoga alumni bisa sukses ditempat berikutnya.”

14.Contoh Teks Pembawa Acara Resepsi Pernikahan

Contoh Teks Pembawa Acara Resepsi Pernikahan

Resepsi pernikahan adalah acara yang ditunggu-tunggu kedua mempelai yang berbahagia. Setlah perjuangan yang panjang, akhirnya dua orang bisa menikah dan mengadakan resepsi yang meriah. Acara resepsi ini juga memiliki susunan yang disesuaikan dengan daerah masing-masing. Jadi sangat dibutuhkan pembawa acara agar terlaksana dengan baik dan sesuai.

“Kepada yang terhormat bapak (nama pejabat dan perangkat desa yang mungkin hadir). Bapak /Ibu sekalian dan segenap para tamu undangan yang kami hormati serta kedua mempelai yang sedang berbahagia. Pertama-tama tak lupa marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat luar biasa kepada saya, Anda dan semua yang hadir saat ini.

Tak lupa juga marilah kita mengucap syukur sehingga bisa menghadiri undangan dari bapak (nama) dan ibu (nama) dalam rangka resepsi pernikahan putra putrinya. Semoga kedua mempelai selalu diberikan kebahagiaan dengan pasangan yang dipilihnya. Kedua mempelai (nama mempelai) saat ini sedang duduk bagaikan raja dan ratu.

Pada Minggu pagi ini adalah acara resepsi yang ditunggu-tunggu dan merupakan momen yang sangat membahagiakan. Akad nikah kedua mempelai telah dilaksanakan pada Jumat sebelumnya, semoga kedua mempelai (nama mempelai) mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Menjadi keluarga yang skinah, mawaddah, wa rahmat dan memiliki keturunan yang berbakti.

Hadirin sekalian, susunan acara pada hari ini adalah (susunan acara), untuk memulai acara marilah kita buka dengan lafaz basmallah. Tidak usah menunggu lama saatnya kita dengarkan lantunan ayat suci Alquran oleh bapak uztad (nama), kami persilahkan. Selanjutnya adalah sambutan dari pihak mempelai laki-laki, kepada yang mewakili kami persilahkan.

Akhirnya sampainya kita pada penghujung acara resepsi ini, hadirin yang berbahagia marilah sejenak kita berdoa yang akan dipimpin oleh ustad (nama). Sebelum mengakhiri acara ini, saya selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih dan minta maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesalahan selama saya membawakan acara.”

15.Contoh Teks Pembawa Acara Seminar Narkotika

Contoh Teks Pembawa Acara Seminar Narkotika

Acara seminar biasanya diikuti oleh audience tertentu, misal seminar narkotika untuk anak muda. Seminar ini sangat penting karena berfungsi memberikan berbagai informasi menarik dan bermanfaat bagi Anda. Berikut contoh seminar tentang narkotika yang disampaikan langsung oleh alhinya dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Tidak lupa kita ucapkan syukur kepada Tuhan YME karena telah memberikan kesehatan dan kekuatan agar bisa berkumpul di ruangan ini. Selanjutnya saya ucapkan selamat datang kepada bapak bupati Surabaya (nama bupati) yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri seminar ini. Juga selamat datang kepada tamu undangan dan peserta seminar yang berasal dari RSUD.

Hadirin sekalian yang berbahagia, sebelumnya marilah kita semua melakukan doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing demi kelancaran seminar hari ini. Berdoa mulai. Berdoa selesai. Bapak/Ibu yang berbahagia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang narkotika, berikut susunan acara yang akan dilaksanakan :

Pertama pembukaan, kedua sambutan dari ketua panitia acara, ketiga sambutan dari bapak bupati Surabaya. Keempat seminar terkait Narkotika oleh Bapak (nama contoh) dari BNN kota Surabaya. Kelima seminar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda oleh Ibu (nama contoh). Keenam sesi tanya jawab seputar narkoba.

Ketujuh ikrar untuk tidak menggunakan narkoba yang diikuti oleh semua peserta seminar dan terakhir doa yang dilanjutkan dengan penutup. Demikianlah susunan acara seminar pada hari ini, selanjutnya silakan bapak ketua panitia untuk memberikan sambutan. Akhirnya saya ucapkan terima kasih atas partisipasi semua peserta seminar dan mohon maaf apabila ada salah kata-kata.”

Contoh teks pembawa acara seperti telah dijabarkan di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi yang sesuai dengan acara. Banyak lagi acara yang membutuhkan teks pembawa acara agar lebih mudah. Namun intinya setiap pembawa acara harus mampu berbicara dengan baik, lugas dan memandu jalannya acara jika terjadi hal di luar susunan acara.

15 Contoh Teks Pembawa Acara

Leave a Reply