15 Contoh Teks Berita Singkat (Beragam tema) 1

15 Contoh Teks Berita Singkat (Beragam tema)

Contoh Teks Berita Singkat – Berita tentu menjadi sesuatu yang akrab dijumpai di kehidupan sehari-hari. Mulai dari jenis berita yang informatif hingga yang baru berhembus dalam wujud isu semata. Berita yang simpang siur seperti ini harusnya ditelaah dahulu kebenarannya sebelum disebar luaskan. Agar Anda lebih memahami kaidah pemberitaan, perhatikan contoh teks berita singkat yang diuraikan di bawah ini.

Pengertian dan Kaidah Penulisan Teks Berita

Pengertian dan Kaidah Penulisan Teks Berita

Teks berita merupakan sebuah wujud dalam bentuk tulisan yang berisi informasi mengenai peristiwa yang terjadi berdasarkan fakta yang telah teruji. Meski dalam kenyataannya, tidak semua fakta dapat dikategorikan dan dibungkus dalam bentuk berita.

Sebuah berita sebaiknya berisikan fakta mengenai hal yang tak biasa. Bisa juga mengusung sebuah peristiwa aktual yang tengah menjadi bahan perbincangan khalayak umum. Hal yang patut diperhatikan adalah bahwa data yang disampaikan dalam sebuah berita haruslah kredibel dan terbukti validitasnya.

Kepenulisan berita sebaiknya diuraikan secara singkat, padat, jelas, dan runtut susunannya. Lebih baik lagi jika memenuhi kaidah 5W=1H yang dapat merangkum pertanyaan What, Who, When, Where, Why, serta How.

Contoh Berita Singkat Tentang Cuaca

Contoh Berita Singkat Tentang Cuaca

Analisis perubahan cuaca biasanya dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan cuaca buruk yang akan datang. Dengan begitu, masyarakat akan lebih well-prepared menghadapinya. Anda bisa melihat contoh berita singkat mengenai cuaca melalui contoh berikut ini.

Ramalan BMKG, Padang Sumatera Barat Hari ini Berawan

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa cuaca di Padang dan sekitarnya akan terus berawan hingga sore nanti, Jumat 13 Desember 2019. Secara detail, BMKG memperkirakan kisaran suhu udara di daerah Sumatera Barat berada di titik antara 19 hingga 31 derajat Celcius, sementara kelembaban udara mencapai 75 hingga 98 persen.

Di sisi lain, daerah di wilayah Pesisir Selatan Kepulauan Mentawai disinyalir berpotensi mengalami hujan ringan siang ini hingga sore nanti.

Contoh Teks Berita Mengenai Lingkungan

Contoh Teks Berita Mengenai Lingkungan

Isu lingkungan kerap mendapat perhatian tersendiri belakangan ini. Hal ini tak terlepas dari beberapa gerakan dan ormas peduli lingkungan di masyarakat yang berani bersuara melawan pencemaran yang kian hari kian menjadi. Biasanya berita mengenai lingkungan kerap bersinggungan dengan limbah pabrik yang menyebabkan banyak pencemaran. Berikut salah satu contohnya;

PT MAG Ditunjuk sebagai Biang Pencemaran di Sungai Avur Budug

PT MAG, salah satu pabrik kertas di Kecamatan Kesamben, Jombang, akhirnya resmi dinyatakan sebagai biang pencemar Sungai Avu Budug. Pernyataan ini didengungkan pasca sejumlah penyelidikan yang menemukan bukti pelanggaran pabrik karena membuang limbahnya ke sungai.

Pernyataan tersebut dinyatakan langsung oleh Kepala Balai Gakkum KLHK untuk daerah Jawa, Bali, NTB dan NTT, Muhammad Nur, bahwa gelar perkara telah diselenggarakan pada Senin, 9 Desember 2019 silam.

Penyelidikan menemukan 2 pipa tersembunyi berdiameter 4 dim yang diduga digunakan untuk membuang limbah ke sungai. Selain itu, IPAL tidak berfungsi sebagaimana SOP yang ditetapkan tapi produksi tetap berjalan. Akibatnya, Air Sungai Avur Budug tercemar limbah klorin dan belerang yang menyebabkan warnanya kian terlihat hitam kecoklatan.

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Berita mengenai pendidikan selalu menjadi topik yang hangat diperbincangkan lantaran sangat relatable dengan kehidupan sehari-hari. Meski bukan lagi kalangan pelajar, mahasiswa, ataupun staf yang terlibat di dalam proses pendidikan, ada baiknya Anda tetap mengikuti perkembangan pendidikan terkini. Anda bisa mengenali contoh teks berita tentang pendidikan dengan sangat mudah.

Tampik Isu Anggaran 500 Triliun, Dana Kemendikbud Hanya 75 Triliun Saja

Banyak diembar-gemborkan memiliki anggaran 500 triliun atau 20 persen dari total APBN, nyatanya Kemendikbud hanya dipasrahi anggaran sebesar 73,531 triliun saja. hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada siaran pers Minggu, 15 Desember 2019.

Nadiem menyebutkan bahwa memang anggaran untuk dana pendidikan mencapai 505 triliun. Namun, dana tersebut terbagi-bagi dan ditransfer via DAU (Dana Alokasi Umum) serta DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk daerah. Dari total 505 triliun, 61 persen atau 309,9 triliun disuntikkan ke daerah. Sementara beberapa persen yang lainnya juga dikelola oleh Kemenristek.

Dana 75,531 triliun lalu dialokasikan dalam wujud KIP (Kartu Indonesia Pintar) untuk pelajar dan mahasiswa. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah agar semua tetap bebas bersekolah, sekalipun berasal dari golongan ekonomi lemah.

Contoh Teks Berita Politik Singkat

Contoh Teks Berita Politik Singkat

Politik memang penting tak penting untuk diikuti perkembangannya. Namun, sebagai masyarakat bernegara, sudah seharusnya Anda melek politik agar bisa mengikuti perkembangan kebijakan yang ada. Diakui maupun tidak, politik memang memegang banyak andil dalam kehidupan bernegara. Contoh teks berita singkat mengenai politik bisa Anda cermati dari bacaan di bawah ini.

Pemilihan Ketum Golkar Dipastikan Aklamasi

Musyawarah Nasional X Partai Golkar yang diselenggarakan untuk pemilihan ketua umum tahun 2019-2024 hampir dipastikan aklamasi. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua DPP partai pohon beringin ini, Ace Hasan Syadzily, pada Senin, 3 Desember 2019.

Musyawarah untuk pencapaian mufakat merupakan opsi terbesar untuk diambil mengingat salah satu kandidat yakni Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan mundur dari pencalonan. Ia merupakan rival terberat bagi petahana Airlangga Hartarto.

Sebelumnya, ada 9 orang yang mengambil formulir pencalonan. Empat orang di antaranya dinyatakan tak lolos karena belum memenuhi persyaratan. Sementara dari 5 orang yang lolos, tiga di antaranya telah lebih dulu mengundurkan diri, disusul Bamsoet.

Situasi ini membuat kemungkinan aklamasi kian meninggi. Namun, Ace mengutarakan bahwa Golkar akan tetap menjalankan mekanisme sesuai AD/ART yang ada dengan menggelar forum pada 3 hingga 6 Desember 2019.

Contoh Teks Berita Singkat Kesehatan

Contoh Teks Berita Singkat Kesehatan

Berita mengenai kesehatan banyak memberikan edukasi seputar gaya hidup sehat, pengetahuan akan penyakit dan wabah terkini, diet, kesehatan reproduksi, dan berbagai rubrik lainnya. Sesekali, Anda juga harus mendapatkan asupan berita jenis ini agar bisa lebih bisa menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian. Contoh berita mengenai kesehatan antara lain;

Garam Menjadi Pemicu Tingginya Angka Kematian Ibu dan Bayi di Indramayu

Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) serta Angka Kematian Bayi (AKB) di Indramayu membuat Dinas Kesehatan setempat kembali berbenah. Berdasarkan data yang ada, Indramayu memang tercatut di posisi puncak kasus AKI dan AKB tertinggi di Jabar.

Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr H. Deden B. Koswara pada Senin 16/12/2019, menekankan bahwa penyebab utama kasus ini adalah hipertensi. Hal ini sejalan dengan geografis Indramayu yang berada di pesisir pantai. Tak heran, penduduk mengonsumsi garam dalam kadar tinggi.

Banyaknya kadar garam dapat merusak kadar natrium dan kalium sehingga memicu hipertensi. Tingginya tensi darah bisa memicu kerusakan multiorgan sehingga meningkatkan resiko kematian.

Contoh Naskah Berita Olahraga Singkat

Contoh Naskah Berita Olahraga Singkat

Berita olahraga tentu tak bisa begitu saja dilewatkan, terlebih bagi pecinta jenis sport tertentu. Tak hanya mengenai pertandingan saja, bahkan terkadang kehidupan sosok legendaris dalam dunia olahraga tak luput dikulik oleh media. Nah, berikut ini merupakan salah satu contoh teks berita seputar olahraga, khususnya sepak bola tanah air.

Unggahan IG Persija Isyaratkan Bambang Pamungkas Gantung Sepatu?

Unggahan akun Instagram Persija pada Minggu, 15 Desember 2019 lalu, sempat membuat geger dunia maya, terutama twitter. Menjelang perhelatan melawan Persebaya Surabaya di pecan ke-33 Liga 1 2019 yang akan digelar Selasa, 17 Desember nanti, IG Persija memposting foto dan caption yang tak biasa.

Unggahan tersebut mengusung foto pemain seior Bambang Pamungkas (Bepe) dengan tulisan Almost There pada gambar. Sementara di bagian caption, tertulis ‘Laga Home Pamungkas’. Berkat unggahan ini, banyak pihak berspekulasi bahwa Bepe akan segera gantung sepatu alias pensiun.

Hal ini diperkuat dengan postingan Bepe dengan ungguhan yang sama beserta tulisan Almost There. Terlebih, isu pensiun ini telah berhembus sejak beberapa waktu lalu. CEO Persija, Ferry Paulus sampai kini belum bisa memberikan konfirmasi pasti akan kebenaran berita ini.

Jika ditilik dari umurnya yang sudah menginjak 38 tahun, Bepe memang sudah sewajarnya mengambil jatah pensiun. Namun, keinginan tersebut tahun lalu sempat dicekal bos Persija Gede Widiade lantaran ia dianggap sebagai ikon yang menjanjikan.

Contoh Teks Berita Opini Singkat

Contoh Teks Berita Opini Singkat

Tak hanya memuat tentang kejadian atau peristiwa saja, teks berita juga bisa berisikan opini singkat dengan argumen, data, serta analisis yang kuat. Biasanya tajuk opini dalam sebuah media ini ditulis oleh seseorang yang memang ahli dan berkompeten di bidangnya. Anda bisa mencermati contoh teks berita singkat mengenai tajuk opini dari bacaan berikut ini.

Dorong Usaha Kecil dengan Konektivitas, Langkah Cerdas untuk Masa Depan

Pemanfaatan era baru cloud dan Internet of Things (IoT) seharusnya bisa mendorong Usaha Kecil dan Menengah alias UKM untuk dapat sejajar dengan mereka yang telah mapan secara ekonomi digital. Kontribusi UKM saat ini tercatat sebesar 97 persen di total tenaga kerja dengan 60,34 persen Produk Domestik Bruto (PDB) serta 14,3 persen kontribusi dalam sektor ekspor.

Riset yang dilakukan Deloitte mengekspos kenyataan bahwa UKM dengan pertumbuhan pesat umumnya memanfaatkan cloud sebagai media pendukung. Memang, solusi jaringan adalah media termudah dan paling sederhana namun handal untuk menghandle kebutuhan pengembangan bisnis Anda.

Transformasi dan digitalisasi UKM akan menghadirkan keuntungan yang besar, sejalan dengan besarnya resiko yang turut mengincar. Kekhawatiran akan hadirnya peretas ketika banyak akses diizinkan membuat banyak pebisnis enggan memasukkan jaringan dalam bisnis mereka. Padahal, Anda bisa menyiasati dengan memilih jaringan dengan fitur keamanan canggih yang banyak tersebar.

Contoh Teks Berita Nasional

Contoh Teks Berita Nasional

Berita nasional selalu saja diupdate dan seakan tak pernah habis untuk dibahas. Memang, isu nasional sangatlah krusial dan berpengaruh besar pada tatanan kehidupan masyarakat. Bagaimanapun, keputusan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah akan membawa dampak bagi masyarakat. Salah satu contoh naskah berita nasional dapat Anda lihat seperti di bawah ini.

Jokowi Geram, Pembangunan Kilang Minyak Belum Berjalan

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan kegeramannya perihal pembangunan kilang minyak yang tak juga dijalankan. Padahal, instruksi tersebut telah dimandatkan sejak lima tahun silam saat pertama dilantik menjadi presiden di tahun 2014.

Kegeraman ini diungkapkan Jokowi di Istana Negara pada Senin, 16 Desember 2019 dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Naisonal (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode 20020-2024.

Kekesalan ini bukan tanpa alasan. Ia sempat menyinggung soal impor Petrokimia yang memakan anggaran hingga 332 triliun per tahun. Menurutnya, besarnya impor terjadi lantaran jumlah kilang minyak di Indonesia yang masih belum memadai. Karenanya, sejak awal pemerintahan di 2014 lalu, Jokowi menginstruksikan pembangunan kilang minyak.

Bosan diberi janji palsu, Jokowi curiga sikap abai dalam pembangunan kilang minyak dikarenakan ada mafia yang diuntungkan dari impor yang dilakukan. Untuk mencegah hal tersebut semakin memburuk, Jokowi menggandeng aparat penegak hukum agar turut mengawal poses pembangunan yang harus segera dirampungkan.

Contoh Teks Berita Singkat Ekonomi

Contoh Teks Berita Singkat Ekonomi

Ekonomi selalu memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup masyarakat. Kebijakan dalam sektor ini memberi pengaruh yang signifikan pada harga panganan dan kebutuhan lain, serta sistem birokrasi dalam usaha. Tak heran jika, topik ini sering diangkat dalam berita, bahkan beberapa memberikan space tersendiri untuk mengulasnya.

Merugi, Jiwasraya Tak Sanggup Bayar 12 Triliun Klaim Jatuh Tempo

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memastikan belum bisa melunasi klaim polis yang jatuh tempo pada akhir tahun ini. Jumlah klaim polis yang mesti dibayarkan adalah 12,4 triliun, terhitung sejak Oktober lalu.

Tri Sasongko selaku direktur utama Jiwasraya mengaku sumber dana tersendat lantaran adanya due diligence (uji tuntas) kepada lima calon investor. Sampai Senin, 16 Desember 2019 kemarin Tri belum bisa memastikan tanggal dana bisa mulai dikucurkan.

Ia pun enggan memaparkan perkembangan lebih lanjut karena dikhawatirkan akan memberi dampak pada calon investor yang baru. Sebenarnya kalaupun dana investor mulai cair di kuartal I 2020, dana tersebut tetap tak bisa langsung melunasi tunggakan seluruh klaim nasabah. Ia bahkan telah meminta batuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk pembayaran dengan sistem cicilan.

Tercatat ekuitas Jiwasraya mengalami minus sejumlah 23,92 triliun per September lalu. Hal ini dikarenakan nilai liabilitas perseroan 49,6 triliun, sementara asset yang ada hanyalah 25,68 triliun.

Contoh Teks Berita Kriminal Singkat

Contoh Teks Berita Kriminal Singkat

Meski dari kecil telah dididik dengan pendidikan budi pekerti dan agama, namun ada saja kejahatan yang terjadi di luar sana. Mulai dari pencurian, penjambretan, perkosaan, perampokan, pembunuhan, hingga tindakan jahat dan sadis lainnya. Salah satu contoh teks berita kriminal singkat bisa Anda cermati di ulasan berikut ini.

Lagi, Mahasiswi Tewas di Tangan Pacar

Asmaul Husna (21), mahasiswi UIN Alaudin Makassar Sulsel ditemukan tak bernyawa di kamar rumah tempat tinggal tantenya. Naasnya, sang pelaku pembunuhan adalah kekasihnya sendiri bernama Ridwan (21).

Mayat Husna ditmukan oleh Satriani, sepupunya yang tinggal serumah dengannya. Tak berselang lama usai penemuan mayat tersebut, polisi datang dan melakukan olah TKP. Saat ditemukan, korban berlumuran darah dengan wajah tertutup bantal. Mayat korban lalu dibawa ke RS Bhayangkara pada hari yang sama, Sabtu 14 Desember 2019.

Tak berselang lama, polisi meringkus kekasih korban dan menetapkannya sebagai tersangka. Sampai kini belum diketahui apa motif pembunuhan ini.

Contoh Berita Singkat Hiburan

Contoh Berita Singkat Hiburan

Kebutuhan akan informasi terkini memang sangat diperlukan, terutama topik serius seperti politik, ekonomi, maupun kesehatan. Jika jenuh, sesekali Anda juga bisa menengok ragam berita hiburan yang tak begitu berat untuk dibaca. Terlebih, jika Anda menyukai alias ngefans pada bintang/ idola tertentu. Berikut ini salah satu contoh terkait teks berita hiburan yang baru saja diupdate.

Fans Desak YG Ambil Tindakan pada Blackpink

Popularitas Blackpink sebagai girl group Korea yang sukses memang tak perlu dipertanyakan lagi. Lantaran beberapa janji yang pernah disampaikan YG untuk comeback dan proyek solo untuk Blackpink, fans mulai mendesak YG untuk mewujdkannya.

Tuntutan itu dipasang pada papan iklan LED yang berada di Mapo-gu Hapjeong-dong, Seoul, berdekatan dengan kantor pus YG Entertainment. Selain menuntut comeback dan proyek solo seperti yang dijanjikan, fans juga meminta YG mengizinkan Blackpink tampil di pagelaran acaratelevisi akhir tahun ini.

Bahkan, tagar #BLINKSDemandForBlackping sempat bertengger di twitter untuk semakin menguatkan seruan para fans ini. Memang, Blackpink terakhir merilis comeback terjadi di April lalu melalui Kill This Love.

Contoh Berita Singkat Longsor

Contoh Berita Singkat Longsor

Tanah longsor sempat beberapa kali terjadi di berbagai pelosok negeri. Tak jarang bencana ini juga memakan korban dan menimbulkan kerugian secara material. Karenanya, penting pula untuk mengabarkannya dan mengangkat isu ini dalam bentuk berita. Salah satu contoh teks berita singkat mengenai bencana longsor bisa diihat di uraian berikut ini.

Dua Orang Luka serta Tiga Kendaraan Tertimbun Longsor Sumbar-Riau

Akibat longsor yang menimbun badan jalan di perbatasan Sumbar-Riau, tercatat dua orang terluka dan tiga unit kendaraan tertimbun longsoran. Korban segera dilarikan ke rumah sakit di hari yang sama, Selasa 10 Desember 2019.

Sementara tiga unit kendaraan yang tertimpa longsor terdiri atas dua buah truk dan satu unit minibus. Lokasi longsor terjadi di Jl. Negara Sumbar Riau, tepatnya km 160 Jorong Simpang Tiga Nagari Koto Alam, Pangkalan.

Longsor awalnya terjadi di empat titik sejak Senin 9 Desember 2019, hingga terjadi lagi pada Selasa dini hari. Seluruh akses ditutup total lantaran proses evakuasi tengah berlangsung hingga kini. Bupati Limapuluh Kota menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati karena cuaca yang sering hujan.

Contoh Teks Berita Fenomena Alam

Contoh Teks Berita Fenomena Alam

Fenomena alam memiliki keunikan tersendiri untuk ditelusuri. Akan ada banyak fakta dan fenomena yang bisa dipelajari secara ilmiah. Umumnya, teks berita jenis ini memaparkan eksposisi mengenai penemuan dan penjelasan akan fenomena tertentu dengan pendekatan ilmiah. Anda bisa membaca salah satu contohnya seperti berikut ini.

Terungkap Massa Bima Sakti, Mencapai 890 Miliar Matahari

Meski telah dipastikan bahwa sebuah galaksi memiliki ukuran dan massa yang besar, namun tak banyak yang tahu seberapa besar massa yang dimiliki Bima Sakti. Senuah penelitian terbaru menuliskan bahwa massa Bima Sakti diperkirakan mencapai 1,8 tradesiliun kiligrom. Jika masih bingung istilah tradesiliun, tambahkan saja 42 nol di bagian belakang.

Massa ini setara dengan 890 miliar kali matahari, atau 296 kuadriliun berat bumi. Atau, sejumlah 6 miliar miliar miliar dari massa rombongan gajah. Angka ini ditemukan pasca analisis panjang pada dua kompilasi dara kunci yang mengungkap cara gas, bintang, maupun materi lain nan bergerak pada galaksi Bima Sakti.

Dari data yang dikumpulkan, Anda bisa menghitung kurva rotasi dan memperkirakan berat galaksi Bima Sakti. Hasilnya, juga menunjukkan bahwa galaksi yang kita tempat tak berjalan seragam lantaran kecepatannya juga berbeda.

Contoh Teks Berita Singkat Editorial

Contoh Teks Berita Singkat Editorial

Editorial merupakan topik pilihan yang diangkat oleh media masa untuk dibahas melalui sudut pandang editor. Teks berita seperti ini mewakilkan pandangan media bersangkutan pada isu yang paling hangat dibahas. Salah satu contoh naskah berita editorial bisa Anda temukan lewat contoh berikut.

Ada Tantangan Baru di Balik IPM yang Tinggi

Setelah perjalanan yang jauh dan pembenahan di sana-sini, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) akhirnya bisa mencapai kategori tinggi. Ini merupakan sebuah awal sejarah baru di mana IPM Indonesia mencapai angka 0,707 di tahun 2019 ini. Lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya di 0,694.

Nilai IPM ini membawa Indonesia bertengger di posisi ke-111 dari 198 negara mengungguli Myanmar, Vietnam, dan Kamboja. Di sisi lain, pencapaian pada angka ini tak hanya patut diapresiasi namun perlu juga diantisipasi akan tantangan baru yang ada di depan.

Salah satu yang patut diperhatikan selain meningkatkan pencapaian nilai IPM adalah faktor ketimpangan. Nyatanya selisih ketimpangan terjadi sangatlah besat. IPM tertinggi dipuncaki oleh DKI Jakarta dengan nilai 80,47, sementara di tingkat terendah diisi oleh Papua dengan besaran IPM 60,06.

Kesenjangan ini patut menjadi perhatian agar bisa menjadi ajang pembelajaran untuk mengelola dan naik ke kelas selanjutnya.

Beberapa contoh teks berita singkat di atas bisa Anda jadikan acuan untuk penulisan berbagai teks berita singkat di masa mendatang. Yang penting, kenali ciri-ciri dan sebisa mungkin lengkapi kaidah kepenulisan sesuai aturan yang ditetapkan, yakni 5W+1H.

15 Contoh Teks Berita Singkat (Beragam tema)

Leave a Reply