15 Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan (terlengkap) 1

15 Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan (terlengkap)

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan – Teks observasi biasa ditulis sebagai pelengkap penelitian yang telah dilakukan. Misalnya, penelitian tentang tumbuhan. Setelah Anda melakukan penelitian terhadap tumbuhan, maka Anda bisa menuliskan teks observasi tentang tumbuhan tersebut. Bagi Anda yang masih merasa bingung dan bertanya-tanya seperti apa sih contoh teks observasi tentang tumbuhan, maka bisa menyimak informasi berikut.

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan Bunga Bangkai

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan Bunga Bangkai

Sesuai dengan namanya, teks hasil observasi terhadap tumbuhan bunga bangkai memuat tentang apa yang telah diteliti dari jenis tumbuhan tersebut. Teks hasil observasi ini memiliki sifat yang objektif, faktual dan sistematik terkait objek penelitian yaitu bunga bangkai. Contoh teks hasil observasi terhadap tumbuhan ini ialah sebagai berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Bunga Bangkai

Bunga bangkai terdiri atas beberapa jenis. Adapun yang paling terkenal adalah Titan Arum atau suweg raksasa (Amorphophallus titanum). Secara umum, bunga bangkai dapat tumbuh dengan sangat baik pada dataran rendah yang beriklim tropis. Tumbuhan ini dapat dijumpai mulai dari kawasan Afrika Barat sampai ke Kepulauan Pasifik termasuk Indonesia.

Di Indonesia, tumbuhan Titan Arum dapat hidup di wilayah hutan tropis daerah Sumatera pada kisaran ketinggian mencapai 120 dan 365 meter. Jika dibandingkan dengan Rafflesia Arnoldi, Titan Arum memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Akan tetapi, sama seperti bunga bangkai lainnya Titan Arum bukan merupakan bunga tunggal melainkan sekumpulan terdiri atas bunga majemuk atau bunga-bunga kecil.

Bagian yang paling menjulang dari bunga ini disebut sebagai tongkol yang sesungguhnya terdiri atas koloni berbagai bunga berukuran kecil. Meskipun sama-sama berbau busuk, Titan Arum berbeda dengan Rafflesia Arnoldi. Bahkan perbedaan tersebut mencakup kriteria fisik, biologis, warna, cara mempertahankan hidup maupun siklus kehidupan.

Jenis bunga bangkai satu ini terdiri atas dua siklus hidup yang muncul kontinyu dan bergantian yakni fase generatif dan fase vegetatif. Pada siklus hidup vegetatif, sisi atas umbi senantiasa tumbuh membentuk batang tunggal dan daun. Secara keseluruhan mirip dengan tumbuhan pepaya. Ketinggian yang dimiliki bunga bangkai ini pada fase vegetatif bisa mencapai ukuran 2 meter. Adapun rentang mahkotanya adalah 1 sampai 5 meter.

Pada fase generatif yakni pertumbuhan biji sampai menjadi suatu bunga akan memakan waktu sampai 3 tahun lamanya. Jika terjadi pembuahan selama proses pemekaran, maka akan membentuk buah-buah. Buah-buah tersebut memiliki warna merah dengan biji terletak pada bagian bekas dari pangkal bunga. Biji-bijian yang terdapat pada bagian pangkal bunga tersebut bisa ditanam menjadi pohon vegetatif.

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Kantong Semar

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Kantong Semar

Contoh teks observasi tentang tumbuhan kantong semar berisi penjelasan mengenai tumbuhan tersebut. Penjelasan itu diperoleh dari hasil penelitian terhadap tumbuhan kantung semar secara berkala atau dalam kurun waktu tertentu. Adapun contoh teks observasi terkait tumbuhan kantong semar yang bisa Anda simak ialah seperti berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Kantong Semar

Kantong semar merupakan salah satu jenis tumbuhan langka yang banyak dijumpai di daerah tropis seperti Indonesia. Tumbuhan ini termasuk ke dalam kategori karnivora karena terbukti telah cukup banyak mengonsumsi berbagai macam serangga. Misalnya, semut, lebah, lalat dan serangga berukuran kecil lainnya.

Pada mulut tumbuhan yang memiliki nama latin Nepenthes ini terdapat cairan yang bisa menarik perhatian serangga kecil. Ketika serangga tersebut sudah masuk ke dalam mulut kantong semar, maka tumbuhan tersebut akan langsung menutup mulutnya. Dengan demikian, kantoing semar dapat menemukan makanannya.

Tumbuhan kantong semar mempunyai daun berbentuk helaian yang berwarna kekuningan. Adapun calon kantong terdapat pada bagian sulur yang berbentuk silinder. Secara umum tumbuhan ini memiliki tiga bentuk kantong yaitu kantog atas, bawah dan roset. Kantong atas digunakan untuk menangkap hewan yang terbang seperti nyamuk dan lalat.

Kantong bawah digunakan sebagai alat bantu bagi serangga untuk memanjat mulut kantong. Nantinya, jika serangga tersebut tergelincir maka akan langsung memasuki mulut kantong tersebut yang mengandung enzim peramu makanan. Sementara itu, kantong roset berfungsi sama layaknya kantong bawah. Bedanya adalah tumbuh pada bagian daun yang menyerupai roset.

Kantong semar mempunyai wilayah persebaran yang cukup luas. Wilayah persebaran tumbuhan tersebut mulai dari tepi pantai hingga ke dataran tinggi. Oleh sebab itu, tumbuhan kantong semar dapat diklasifikasikan menjadi dua macam varian yaitu kantong semar dengan habitat hidup dataran rendah dan dataran tinggi.

Tumbuhan karnivora ini bisa dijumpai di berbagai wilayah tropis dunia meliputi Indonesia, Kaledonia Baru, Malaysia, Filipina, Madagaskar bagian barat, Sri Lanka, Australia, Indochina hingga Republik Rakyat Tiongkok bagian selatan.

Karena termasuk ke dalam golongan tumbuhan langka, maka saat ini kantong semar telah banyak dibudidayakan untuk menjaga kelestariannya agar tidak punah. Khususnya di pulau Borneo dan Sumatera, kantong semar telah dilestarikan pada taman nasional di daerah tersebut.

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Lidah Buaya

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Lidah Buaya

Contoh teks observasi tentang tumbuhan ini menjelaskan tentang laporan hasil kegiatan penelitian terhadap lidah buaya. Teks berikut dimulai dari pernyataan umum tentang lidah buaya dan kemudian dilanjutkan dengan aspek-aspek yang dilaporkan sebagai akibat dari hasil penelitian. Adapun contoh teks hasil observasi terkait tumbuhan lidah buaya di antaranya ialah sebagai berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Aloe vera barbadensis millear ini juga disebut-sebut sebagai salah satu tipekal tanaman paling laris di dunia. Di samping dapat dijadikan sebagai bahan baku obat-obatan, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai bahan baku industri.

Lidah buaya terbilang sebagai tanaman yang dapat hidup dengan mudah yakni dalam suhu panas maupun suhu biasa. Tanaman ini juga dapat hidup di depan rumah sebagai salah satu tanaman hias untuk memperindah tampilan eksterior hunian.

Tanaman lidah buaya memiliki daun yang berbentuk runcing dengan taji. Di samping itu, daun yang dimiliki oleh tanaman ini memiliki tepian yang bergerigi, tidak tipis serta berbintik-bintik. Panjang daun tanaman ini bisa mencapai 36 sentimeter dengan lebar mencapai 6 sentimeter.

Aloe vera mempunyai banyak kandungan vitamin. Tidak heran jika tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan obat maupun industri lainnya. Yang paling terkenal adalah lidah buaya biasa dimanfaatkan sebagai penyembuh beberapa penyakit tertentu seperti cacingan, sakit mata, amandel, luka bakar, keseleo, luka bakar, bisul, luka bernanah hingga jerawat.

Namun para remaja dan anak-anak biasa menggunakan lidah buaya untuk menebalkan serta merawat rambut. Khususnya bagi balita, lidah buaya sangat bagus untuk menebalkan serta menghitamkan rambut.

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Anggrek

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Anggrek

Contoh teks observasi tentang tumbuhan ini menjelaskan kepada Anda perihal hasil penelitian terhadap tanaman bunga ini. Secara spesifik tanaman anggrek yang diteliti adalah anggrek bulan. Isi teks observasi berikut dimulai dari definisi umum, definisi bagian, manfaat dan kesimpulan. Adapun contoh teks observasi terhadap tumbuhan anggrek bulan yakni sebagai berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Anggrek Bulan

Anggrek bulan adalah salah satu jenis tanaman bunga anggrek yang cukup populer di kalangan masyarakat luas. Tanaman yang memiliki nama latin Phalaenopsis ambilis ini termasuk ke dalam salah satu suku tanaman berbunga yang disebut sebagai puspa pesona Indonesia. Salah satu tanaman bunga dari genus Phalaenopsis ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk mempercantik eksterior hunian.

Tanaman anggrek bulan merupakan salah satu jenis anggrek orchidaceae yang berciri khas kelopak bunga lebar. Tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ini, sekarang bisa ditemukan di berbagai wilayah dunia terkecuali Antartika. Di Indonesia, tanaman yang termasuk ke dalam kategori epifit ini akan tumbuh dengan sangat baik di daerah Maluku.

Tanaman anggrek bulan seringkali dimanfaatkan karena kecantikan yang dimilikinya. Tidak heran jika tanaman ini biasa digunakan untuk memperindah tampilan eksterior maupun interior hunian. Tanaman ini juga lebih mudah dirawat dibandingkan dengan tanaman bunga hiasa lain seperti mawar, melati, bougenville dan sebagainya. Terlebih lagi, anggrek dapat hidup tanpa banyak membutuhkan ruangan.

Anggrek bulan bisa dibudidayakan dengan mudah yakni dengan cara menyetek maupun dengan menyebarkan bijinya. Bagi yang ingin menanam tanaman ini hanya memerlukan serabut kelapa, arang kayu maupun potongan batang pohon sebagai media tanam bunga cantik ini. Anda juga bisa menggunakan media lain seperti potongan genting dan batu bata.

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Jahe

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Jahe

Teks observasi tersebut mengandung penjelasan tentang hasil penelitian terhadap tumbuhan jahe. Hasil penelitian tersebut dimulai dari pernyataan umum, aspek yang dilaporkan hingga manfaat dan penutup. Untuk memahami tumbuhan tersebut dengan baik, maka Anda bisa menyimak contoh teks observasi tentang tumbuhan jahe sebagai berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Jahe

Tumbuhan jahe termasuk ke dalam kategori tumbuhan rimpang yang amat populer sebagai bahan obat-obatan sekaligus bumbu dapur. Terutama di daerah pedesaan, jahe akan sangat mudah dijumpai keberadaannya. Bahkan di lingkungan tempat tinggal sekalipun. Dengan demikian, orang-orang pedesaan dapat dengan mudah menemukan jahe apabila sedang membutuhkannya.

Tumbuhan yang mempunyai nama latin Zingiber officinale ini berasal dari Asia Pasifik yakni persebaran China menuju India. Kepopuleran jahe tidak terlepas dari aroma serta cita rasa yang khas. Tidak aneh rasanya jika tumbuhan jahe kerap dipakai sebagai rempah-rempah.

Tanaman jahe terdiri dari 3 jenis yaitu jahe putih berukuran besar, jahe putih berukuran kecil dan jahe merah. Jahe putih besar atau yang sering disebut sebagai jahe gajah memiliki wilayah persebaran di Jawa Barat. Tumbuhan jahe ini memiliki karakteristik bentuk yang mengembung, gemuk, besar, rasa yang tidak pedas serta berwarna putih kekuningan.

Sementara itu jahe putih kecil atau jahe sunti merupakan jenis jahe yang sering digunakan oleh masyarakat luas. Misalnya, sebagai bumbu masak, rempah-rempah maupun obat-obatan. Tumbuhan ini memiliki karakteristik seperti ruas kecil, bentuk agak menggembung, rasa yang cukup pedas, berserat tinggi, beraroma tajam serta berwarna putih kekuningan.

Lain halnya dengan jahe merah yang cukup jarang ditemui di lingkungan sekitar, kedua jahe tersebut sangat mudah dijumpai. Bahkan di pasar-pasar sekalipun. Jahe merah merulakan satu-satunya jenis jahe yang mempunyai kandungan ginerol atau zat anti radang. Tidak jarang jika jenis jahe ini digunakan sebagai obat-obatan seperti halnya jamu masuk angin kemasan yang dijual bebas di pasaran.

Karakteristik jahe merah di antaranya hidup dan tumbuh pada lingkungan tropis, berasa paling pedas dibanding jahe lainnya, memiliki rimpang paling kecil dan berwarna merah. Selain itu, serat yang dimiliki oleh jahe merah cenderung lebih besar dibandingkan dengan jahe putih besar maupun jahe putih kecil.

Secara umum tanaman jahe mempunyai kandungan zat kimia yang cukup banyak dan baik bagi kesehatan tubuh. Adapun kandungan zat-zat tersebut di antaranya damar, minyak astiri, pati, vitamin A, B, C, asam malat, asam organik serta asam oksalat.

Tumbuhan jahe memiliki seabreg manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat yang terkandung dalam tumbuhan Zingiber officinale ini di antaranya untuk menurunkan tekanan darah, membantu pencernaan, pereda mual, pereda masuk angin, penangkal radikal bebas, pereda nyeri hingga mampu untuk mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah.

Selain manfaat tersebut, jahe juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah bagusnya untuk kesehatan tubuh. Misalnya, obat kompres, pereda sakit perut serta untuk mencegah kanker. Khususnya untuk mencegah sakit kanker, Anda bisa rutin mengonsumsinya baik dalam bentuk minuman maupun sebagai bumbu makanan.

Guna membudidayakan atau menumbuhkan tanaman ini terbilang tidak sulit. Budidaya jahe dapat dimulai saat ini juga dengan menanamnya melalu stek pada pot berisikan tanah di halaman depan maupun halaman belakang rumah. Bibit tanaman jahe bisa dengan mudah ditemukan di pasar terdekat atau pada pembudidaya tanaman jahe yang berada di sekitar tempat tinggal.

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Kelapa

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Kelapa

Teks observasi tentang tumbuhan memang terdapat begitu banyak. Salah satunya adalah contoh teks observasi tentang tumbuhan kelapa. Serupa dengan judulnya, maka teks ini akan memberikan penjelasan mengenai hasil penelitian yang sudah dilakukan terhadap tumbuhan berbatang panjang tersebut. Adapun contoh teks laporan hasil penelitian tersebut ialah seperti berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Kelapa

Kelapa merupakan salah satu tanaman menjulang yang mempunyai nama latin Cocos nucifera. Sering disebut sebagai pohon nyiur karena tanaman palem-paleman ini berbatang tinggi menjulang hingga mencapai 3 meter. Tanaman ini banyak tumbuh di tepi pantai sebagai salah satu tanaman yang menjadi ciri khas daerah pesisir.

Tanaman kelapa mempunyai buah yang tertutup serabut dengan tempurung yang keras. Buah dari tanaman ini memiliki daging yang cukup tebal dengan kandungan santai serta air. Rasanya buah kelapa sangat gurih dan enak. Terutama kelapa mudah yang bisa dinikmati pada musim panas karena rasanya yang begitu menyegarkan.

Pohon kelapa dapat menjadi salah satu tanaman yang serbaguna. Hal ini dikarenakan semua bagian yang ada pada tanaman ini bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika tunas dari tanaman kelapa juga dijadikan sebagai sebuah simbol organisasi ternama Indonesia yakni Praja Muda Karana atau Pramuka.

Tanaman berbuah gurih berasal dari daerah pesisir Samudera Hindia, terutama di sisi Asia. Tidak heran jika pohon kelapa dapat tumbuh dengan baik dan begitu gampang dijumpai di pesisir pantai Indonesia.

Bagian-bagian tanaman kelapa terdiri atas buah, batang, pelepah, daun dan akar. Buah kelapa terdiri atas kulit luar yang keras, serabut, tempurung atau batok, kulit daging, daging buah, air serta lembaga atau biji. Daging buah, air serta lembaga dari buah tanaman ini bisa dikonsumsi oleh manusia.

Tanaman kelapa memiliki segudang manfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya, untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tuberkulosis atau TBC, wasir, luka bernanah, disentri, keracunan dan kolera. Yang paling sering kelapa bisa digunakan untuk menetralkan racun yang ada dalam tubuh manusia. Khususnya air buah kelapa.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa buah kelapa juga dapat mencegah risiko gigi berlubang. Di samping itu, batang pohon kelapa bisa bermanfaat untuk membuat kusen dan struktur atap rumah. Daun kelapa muda dapat dibuat janur pernikahan, pembungkus makanan tradisional, pembungkus ketupat lebaran dan masih banyak lagi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Jambu Semarang

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Jambu Semarang

Teks hasil observasi ini memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai laporan hasil penelitian terhadap tumbuhan jambu Semarang yang telah diteliti. Serupa dengan teks observasi terhadap tumbuhan lainnya, teks observasi ini terdiri atas definisi umum, bagian, manfaat dan penutup. Adapun contoh teks observasi tentang tumbuhan jambu Semarang ialah sebagai berikut.

Hasil Observasi Tanaman Jambu Semarang

Jambu air Semarang merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam kategori suku jambu-jambuan. Tanaman asli Asia Tenggara ini dikenal dengan nama latin Syzygium samarangense begitu mirip dengan tanaman jambu air biasa. Bahkan keduanya sulit dibedakan. Tanaman ini dapat dengan mudah dibudidayakan di berbagai wilayah indonesia.

Tanaman jambu air Semarang merupakan salah satu jenis jambu yang amat populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki buah yang berwarna merah dengan daging buah putih serta memiliki rasa yang manis asam. Jambu air Semarang memiliki begitu banyak kandungan vitamin, terutama vitamin A dan C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Apabila buah jambu air ini ini telah benar-benar matang maka akan memiliki kulit luar yang tipis serta berwarna merah tua. Buah ini akan berbentuk oval dengan daging buah berwarna putih yang tebal serta memiliki banyak kandungan air. Yang membuat buah ini begitu istimewa adalah tidak memiliki lembaga atau biji di dalamnya.

Batang tumbuhan jambu air Semarang berkayu serta memiliki banyak cabang. Kulit kayu pada batang tersebut bertekstur licin. Selain itu, pohon jambu air ini mempunyai duan tunggal yang berbentuk lonjong dengan panjang mencapai 15 sentimeter. Bentuk tulang daun tersebut menyirip dan berbunga majemuk yang berjumlah hingga 6 buah.

Jambu air Semarang akan mulai berbuah dengan ditandai adanya bunga putih. Di dalam bunga tersebut terdapat bulu-bulu halus dan akan mulai rontok apabila buah jambu sudah mulai terbentuk. Buah yang mulai terbentuk nantinya akan membesar dan siap untuk dipanen.

Buah tropis ini rentang terserang berbagai hama. Misalnya, kutu putih, ulat hingga lalat buah. Selain itu, apabila buah ini telah masak pada malam hari, maka kelelawar juga akan berdatangan untuk memangsanya. Tidak jarang buah yang dimangsa tersebut akan layu dan jatuh ke tanah.

Jambu air Semarang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kandungan vitamin A berlimpah. Buah ini sangat bagus untuk organ mata. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah jambu ini diketahui sangat baik dalam mengatasi bibir pecah-pecah, kering dan sariawan. Selain kandungan vitamin A dan C, buah jambu ini juga kaya akan kandungan zat lain seperti kalium, serat, protein dan mineral.

Manfaat lain yang dimiliki oleh jambu air ini di antaranya untuk mencegah dehidrasi, meremajakan kulit wajah, menghilangkan bengkak serta memperlancar sistem pencernaan. Buah ini juga ampuh untuk mencegah adanya infeksi kulit, membersihkan racun pada ginjal dan hati, mengurangi risiko pemuaan dini sampai menurunkan kolesterol.

Tanpa perlu dikupas terlebih dahulu, Anda sudah bisa langsung mengonsumsi buah segar ini. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar bebas dari kuman dan bakteri jahat yang menempel pada kulit buah ini. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, maka Anda akan memperoleh manfaat yang luar biasa.

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Mawar

Contoh Teks Observasi Tumbuhan Mawar

Teks laporan hasil observasi tumbuhan ini berisi tentang penjelasan umum maupun laporan spesifik tentang bunga mawar. Teks laporan ini terdiri atas berbagai struktur seperti definisi umum, definisi bagian, manfaat hingga penutup. Adapun contoh teks observasi tentang tumbuhan mawar dapat Anda simak sebagai berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Mawar

Tumbuhan mawar ialah salah satu jenis tanaman hias berbunga yang cukup populer di Indonesia. Tumbuhan bergenus Rosa ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 5 meter dan bisa berspesies lebih dari 100. Batang tumbuhan mawar memiliki duri yang tajam, halus sekaligus licin. Bentuk daun tumbuhan ini cenderung menyirip dengan panjang bisa mencapai 15 sentimeter.

Tanaman mawar terdiri atas berbagai macam warna bunga. Warna-warna tersebut di antaranya ialah merah muda, ungu, merah, hitam dan biru. Di Indonesia terdapat begitu banyak jenis tumbuhan mawar yang bisa dijumpai yakni garden roses, shrub rose, english rose, wild rose, buck rose dan old garden roses. Pada bagian mahkota bunga terdapat 5 helai daun.

Tanaman cantik ini bisa hidup dengan baik di daerah yang sejuk. Tumbuhan tropis ini dapat dibudidayakan dengan cara yang cukup sederhana dan mudah. Mawar bisa dibudidayakan dengan cara menanam biji, stek batang maupun okulasi. Dalam membudidayakan mawar penting untuk melakukan perawatan agar batang tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik.

Cara untuk merawat tumbuhan ini ada begitu banyak. Adapun cara-cara tersebut di antaranya dengan membasmi rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tumbuhan tersebut dengan rutin. Basmi juga gulma yang tumbuh di sekelilingnya. Siram tumbuhan mawar secara rutin serta tambahkan pupuk agar dapat tumbuh dengan baik. Setidaknya Anda bisa memberikan pupuk secara rutin 3 sampai 4 bulan sekali.

Anda juga perlu melakukan pemangkasan terhadap tangkai atau batang tumbuhan mawar. Khususnya pada bagian yang sudah layu atau kering. Hal ini bertujuan untuk membuat tumbuhan mawar dapat kembali menjadi kokoh dan tumbuh tunas yang baru.

Tumbuhan mawar memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kehidupan manusia sehari-hari. Selain bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk mempermanis tampilan hunian, mawar juga memiliki manfaat lain khususnya di bidang kesehatan. Mawar bisa digunakan sebagai solusi anti depresi, anti peradangan hingga sumber dari vitamin C.

Sekarang ini terdapat begitu banyak produk kecantikan yang menggunakan mawar sebagai bahan utama. Misalnya, parfum, pelembab, lip balm, sabun mandi dan sebagainya. Mawar juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman berupa teh. Tidak jarang juga bunga ini dimanfaatkan untuk pembuatan agar-agar da n selai.

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan Cabai

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan Cabai

Teks observasi tumbuhan cabai memberikan penjelasan tentang tumbuhan tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Tumbuhan ini marak diteliti karena memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Contoh dari teks observasi tentang tumbuhan cabai di antaranya ialah seperti berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Cabai

Cabai merupakan salah satu kerabat dekat dari tumbuhan lada-ladaan. Cabai bisa dikategorikan sebagai tumbuhan sayuran maupun masakan. Cabai dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki curah hujan sedang. Misalnya, Indonesia. Di Indonesia banyak orang menjumpai cabai dalam berbagai variasi bentuk dan warna.

Batang tumbuhan cabai tidak tidak berkayu. Biasanya tumbuhan ini ditanam di pekarangan rumah, ladang maupun lahan pertanian. Tinggi tumbuhan cabai bisa mencapai kisaran kurang dari 40 sentimeter dengan bentuk akar serabut.

Bentuk tumbuhan cabaik menyerupai sirih yakni merambat, membelit dan melata. Tidak jarang tumbuhan ini juga dikategorikan sebagai tumbuhan sirih-sirihan. Di Indonesia terdapat begitu banyak variasi tumbuhan cabai. Misalnya, cabai hijau, cabai rawit, cabai merah, cabai gendot, cabai jalapeno, paprika dan cabai cayenne.

Cabai memiliki berbagai macam manfaat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Di samping dapat digunakan sebagai bumbu dan bahan masakan, tumbuhan cabai juga memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut di antaranya ialah dapat meningkatkan imunitas, menurunkan berat tubuh hingga mengatasi diabetes.

Bagi orang yang mengalami permasalahan pencernaan, cabai juga bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Untuk itu, tumbuhan cabai disarankan untuk ditanam di sekitar rumah maupun pekarangan belakang hunian.

Contoh Laporan Observasi Tanaman Jagung

Contoh Laporan Observasi Tanaman Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup populer di Indonesia. Hal tersebut karena tanaman jagung bisa dikreasikan menjadi berbagai makanan yang enak. Misalnya, popcorn. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang tanaman jagung, maka ada baiknya untuk menyimak contoh teks observasi tentang tumbuhan jagung seperti berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Jagung

Jagung adalah salah satu jenis tanaman populer Indonesia yang juga mempunyai nama ilmiah Zea mays l. Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tumbuhan pangan terbesar di dunia layaknya sagu, gandum dan padi. Bahkan di beberapa wilayah Indonesia sendiri telah menjadikan jagung sebagai makanan pokok, terutama di Madura dan Nusa Tenggara.

Siklus hidup tumbuhan jagung berkisar sampai 150 hari. Adapun tinggi tumbuhan ini bisa mencapai ukuran 6 meter. Bagian bunga betina tumbuhan jagung diberi nama tongkol yang terbungkus oleh semacam pelepah rambut. Pelepah rambut tersebut dikenal dengan istilah tangkai putik. Batang tumbuhan ini berdiri tegak dan begitu mudah dilihat. Kemudian bagian akar termasuk ke dalam golongan akar serabut.

Jagung dapat diklasifikasikan berdasarkan tipe atau jenis bulirnya. Adapun jenis-jenis jagung tersebut di antaranya jagung gigi kuda (indentata), jagung mutiara (indurata), jagung manis (saccharata), jagung berondong (everta), jagung tepung (amylacea), jagung ketan (glutonisa) dan jagung podcorn (tunicata).

Jagung memiliki kandungan gizi yang cukup beragam. Misalnya, kalori, lemak, protein, karbohidrat, ferrum, vitamin A, B1, fosfor, air dan kalsium. Oleh sebab itu, jagung memiliki manfaat yang begitu beragam. Selain dijadikan sebagai makanan pokok, jagung juga berfungsi sebagai bahan baku casing komputer. Hal tersebut sudah dilakukan di negara Jepang.

Di negara Indonesia, tumbuhan jagung begitu banyak dijumpai di daerah Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jambi, NTT dan NTB. Adapun produksi rata-rata jagung di negara ini berkisar hingga 16 juta ton per tahun.

Contoh Teks Hasil Observasi Tumbuhan Kamboja

Contoh Teks Hasil Observasi Tumbuhan Kamboja

 

Kamboja adalah jenis bunga yang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Meksi memiliki keindahan tersendiri, sayangnya bunga ini cukup ditakuti oleh sebagian masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari unsur magis yang ada pada bunga tersebut. Karena alasan tersebut, terdapat segelintir orang yang melakukan penelitian terhadapnya. Adapun contoh teks observasi tentang tumbuhan kamboja ialah seperti beriku.

Hasil Observasi Tumbuhan Kamboja

Tumbuhan bunga kamboja atau yang mempunyai nama latin Piumeria sp merupakan bunga hias yang berasal dari daerah Afrika Tengah dan Amerika. Bunga yang kali pertama ditemukan oleh Charies Piumer ini pertama kali masuk ke Indonesia pada masa penjajahan negara Belanda dan Portugis. Tanaman cantik ini dapat tumbuh dengan sangat baik di dataran setinggi tidak lebih dari 100 meter.

Bunga kamboja mempunyai karakteristik yang berbeda dengan jenis tanaman bunga lainnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 1 hingga 6 meter di atas permukaan laut. Tidak hanya memiliki warna kuning saja, akan tetapi kamboja juga memiliki warna bunga lainnya seperti merah, merah jambu dan putih.

Tanaman kamboja terdiri atas berbagai jenis. Yang pertama adalah karoo rose. Karoo rose dapat ditemukan dengan skala besar di wilayah Afrika sebelah timur dan selatan. Pada habitat aslinya tersebut, karoo rose bisa terus tumbuh hingga mencapai ukuran 12 meter. Berikutnya adalah adenium multiflorum. Jenis kamboja ini dapat bertahan hidup di lingkungan dingin dan kering sekalipun.

Jenis kamboja adenium multiflorum ini memiliki bentuk bunga yang sangat indah dibandingkan dengan bunga kamboja lainnya. Jenis kamboja ketiga ialah adenium swazium. Jenis bunga ini tergolong paling mudah untuk dibudidayakan serta mempunyai warna kelopak merah muda yang indah. Adenium boehminanium merupakan jenis kamboja yang banyak tumbuh di daerah bebatuan.

Adenium boehminanium memiliki kelopak bunga berwarna pink keunguan. Warnanya yang cantik membuat bunga ini tidak jarang dijadikan sebagai bunga hias. Terakhir, adenium arabicum. Jenis tanaman kamboja ini termasuk paling langka. Tanaman ini hanya bisa dijumpai di Yaman dan Arab. Bunga kamboja ini memiliki bentuk kelopak yang sangat eksotis dengan batang kuat dan bercabang banyak.

Manfaat kamboja bagi kehidupan sehari-hari sangat banyak. Selain bisa dijadikan sebagai antibiotik, tanaman kamboja juga bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi dan bisul. Di samping baik untuk kesehatan, tanaman kamboja juga banyak dipakai pada acara adat Bali.

Bunga kamboja seringkali ditanam di sekitar pemakaman. Hal ini karena pohon kamboja terbilang cukup rindang dan teduh. Ukuran daun yang tidak besar apabila rontok juga tidak banyak mengotori area pemakaman. Selain itu, bunganya yang cantik ketika berguguran pun tidak akan cepat layu. Dengan demikian, seolah-olah selalu saja ada yang menaburkan bunga di atas makam.

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan Tomat

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan Tomat

Teks observasi ini menjelaskan kepada pembaca mengenai hasil pengamatan dan penelitian terhadap tumbuhan tomat. Sebagai salah satu buah yang banyak memiliki kandungan vitamin A, rasanya tidak heran jika tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk melakukan penelitian terhadap buah ini. Adapun contoh teks observasi terkait tumbuhan tomat di antaranya seperti berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan populer Indonesia yang juga memiliki nama ilmiah Solanum syn. Lycopersium Esculentum. Tumbuhan yang berasal dari keluarga solanaceae ini begitu berasal dari negara Amerika Tengah dan Selatan. Tumbuhan ini juga pada mulanya banyak dijumpai di daratan Meksiko dan Peru.

Tomat merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki siklus hidup singkat. Tumbuhan ini senantiasa tumbuh hingga mencapai ketinggian 3 meter. Tomat memiliki buah berwarna hijau, kuning dan merah yang memiliki rasa asam manis. Buah ini cocok digunakan sebagai campuran sayuran atau langsung dimakan begitu saja.

Batang dan daun tumbuhan tomat tidak bisa dikonsumsi. Hal ini karena batang dan daun tumbuhan tersebut memiliki kandungan glikoalkaloid. Glikoalkoloid diketahui memiliki kandungan racun yang sangat tidak bagus untuk dikonsumsi.

Tomat terdiri atas berbagai jenis. Jenis-jenis tomat yang dikenal oleh banyak orang diantaranya tomat biasa, tomat apel, tomat tomat gondol, tomat hijau dan tomat ceri. Tomat biasa familiar dengan istilah tomat sayur. Tomat ini sering digunakan untuk memasak sayur berkuah. Bentuk jenis tomat ini tidak teratur bisa bulat dan bisa lonjong.

Tomat apel berbentuk layaknya buah apel dengan tekstur memadat. Tomat ini memiliki rasa yang manis dan cocok sekali digunakan sebagai bahan jus. Tomat gondol memiliki bentuk yang agak lonjong dan cukup keras. Tomat ini sering digunakan sebagai substitusi dari tomat sayur yang begitu mudah dijumpai pada pasar tradisional, supermarket dan kios sayur lainnya.

Tomat hijau memiliki warna kulit yang serupa dengan namanya. Tomat ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku tumis-menumis maupun masakan lain pengganti tomat sayur. Kemudian, tomat ceri memiliki bentuk kecil layaknya buah ceri yang memiliki rasa asam manis. Tomat ini memiliki kandungan air cukup tinggi yang sangat pas untuk dijadikan sebagai pelengkap salad atau langsung dikonsumsi dalam keadaan segar.

Tomat merupakan buah sekaligus sayuran yang mempunyai segudang manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tomat dapat digunakan sebagai salah satu bumbu sayur, makanan yang diawetkan, jus serta kecantikan. Buah segar ini biasa diguanakan sebagai masker wajah bagi banyak kaum hawa. Hal ini karena buah tomat memiliki kandungan vitamin A, C dan B yang baik untuk kulit wajah.

Contoh Teks Observasi Pohon Nangka

Contoh Teks Observasi Pohon Nangka

Nangka memiliki cita rasa yang manis sekaligus aroma amat menggoda. Tidak mengherankan rasanya jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan penelitian terhadap buah berwarna kuning ini. Adapun contoh teks observasi tentang tumbuhan nangka dapat Anda simak seperti berikut ini. Kiranya bisa menambah wawasan Anda terkait tumbuhan tropis ini.

Hasil Observasi Tumbuhan Nangka

Tumbuhan nangka merupakan salah satu jenis tanaman buah yang memiliki cita rasa manis dan berwarna kuning segar. Selain bisa dikonsumsi sebagai buah, buah yang mempunyai nama ilmiah Artocarpus heterophllus ini juga bisa dikonsumsi sebagai sayur. Tumbuhan yang tergolong dalam klasifikasi suku Moraceae ini dapat dengan mudah dijumpai pada wilayah tropis seperti Indonesia.

Tumbuhan ini secara umum berukuran sedang yaitu mencapai kisaran 20 meter. Tumbuhan nangka mempunyai batang bulat dengan diameter silinder mencapai 1 meter. Tajuk tumbuhan ini terbilang padat sekaligus lebat serta bisa melebar dan membulat aabila tumbuh di tempat terbuka. Seluruh bagian batang tumbuhan nangka akan mengeluarkan getah yang berwarna putih pekat jika dilukai.

Tumbuhan nangka secara garis besar terbagi menjadi dua kelompok besar yakni nangka bubur dan nangka salak. Nangka bubur atau khanum lamoud memiliki karakteristik daging buah yang tipis, berserat, lunak sekaligus membubur. Ciri khas lainnya adalah berasa manis serta berbau harum yang begitu tajam. Lain halnya dengan nangka salak.

Nangka salak atau yang bisa disebut dengan khanun tang memiliki tekstur daging buah yang tebal, kerasm mengeripik sekaligus berasa agak pahit. Buah nagka jenis ini juga terbilang tidak begitu harum layaknya nangka bubur.

Daging buah nangka yang sudah matang bisa dipanen dan dikonsumsi dalam keadaan segar. Biasanya buah nangka akan dicampurkan dengan es atau dijadikan sebagai jus buah. Buah nangka juga bisa dijadikan berbagai macam jenis makanan ringan seperti dodol, selai, keripik dan sebagainya. Buah nangka juga sering digunakan sebagai pengharum makanan, tepung maupun perisa makanan.

Tidak hanya buahnya saja, daun nangka juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan tradisional. Misalnya, kue apem dan serabi. Selain itu, daun nangka juga bisa dijadikan sebagai pakan ternak kambing, sapi maupun domba. Kulit batang pohon nangka juga bisa dimanfaatkan guna bahan tali. Adapun getahnya bisa dimanfaatkan sebagai campuran perangkap burung, lalat bahkan penambal perahu.

Tumbuhan buah yang disinyalir berasal dari India ini, kini telah menyebar secara luas di berbagai daerah tropis Asia Tenggara. Bahkan tumbuhan ini juga bisa berkawin silang dengan cempedak secara alami. Nantinya, hasil perkawinan silang kedua buah tersebut akan dinamai dengan nangka cempedak.

Contoh Teks Observasi Tentang Pohon Rambutan

Contoh Teks Observasi Tentang Pohon Rambutan

Pohon rambutan adalah salah satu jenis pohon yang begitu banyak dijumpai di daratan Indonesia. Hal ini tentu saja dikarenakan besarnya animo masyarakat terhadap buah berambut ini. Tidak heran apabila ada banyak orang yang menaruh minat untuk meneliti tumbuhan buah satu ini. Adapun contoh teks observasi tentang tumbuhan rambutan yang bisa Anda simak adalah seperti berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Rambutan

Rambutan merupakan salah satu jenis tumbuhan buah yang begitu banyak ditemukan di daerah tropis. Tumbuhan ini termasuk ke dalam golongan suku lerak-lerakan atau Sapindecease. Tumbuhan rambuta dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang memiliki curah hujan pas khususnya di wilayah Asia Tenggara.

Buah rambutan mempunyai banyak kandungan senyawa penting. Kandungan senyawa tersebut di antaranya vitamin A, C, fosfor, zat besi, protein hingga karbohidrat yang selalu dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Buah rambutan mempunyai bentuk bulat dengan warna hijau, kuning dan merah. Daging buahnya berwarna putih seperti jelly dengan paduan rasa asam dan manis yang pas.

Tumbuhan ini dapat ditanam dengan menggunakan biji. Adapun masa berbuah tumbuhan ini sangat dipengaruhi oleh musim. Tumbuhan rambutan dapat tumbuh dengan sangat baik pada musim hujan hingga mencapai ukuran maksimal 6 meter.

Selain dapat dimakan sebagai buah segar, rambutan juga memiliki manfaat lainnya. Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah rambutan sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin C yang ada pada buah ini juga bagus dijadikan sebagai anti oksidan. Sementara itu, biji rambutan juga bisa digunakan sebagai campuran bahan baku pembuatan kopi.

Tumbuhan rambutan terdiri atas berbagai macam jenis. Salah satunya yang paling sering dijumpai adalah rambutan binje. Rambutan ini mempunyai tingkat kemanisan yang pas sehingga banyak orang yang cenderung membeli jenis rambutan ini dibanding rambutan lain.

Contoh Teks Observasi Kunyit

Contoh Teks Observasi Kunyit

Teks observasi ini memuat penjelasan dan segala hal yang dihasilkan oleh aktivitas pengamatan serta penelitian terhadap tumbuhan kunyit. Hampir sama seperti jahe, kunyit pun banyak diteliti karena adanya kandungan zat-zat yang begitu bermanfaat bagi kesehatan. Adapun contoh teks observasi tentang tumbuhan kunyit bisa Anda simak sebagai berikut.

Hasil Observasi Tumbuhan Kunyit

Kunyit merupakan kerabat dekat tumbuhan jahe yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa linn syn curcuma domestica val. Kunyit termasuk ke dalam tumbuhan rempah-rempah sekaligus tanaman obat yang mudah dijumpai di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan dari famili Zingibaraceae.

Tumbuhan kunyit terdiri atas empat macam yakni kunyit kuning, kunyit putih, kunyit hitam dan kunyit merah. Kunyit kuning merupakan jenis kunyit yang paling sering dijumpai. Kunyit jenis ini mempunyai aroma yang khas dan lezat. Biasanya kunyit ini sering digunakan sebagai bahan obat-obatan maupun bumbu dapur.

Kunyit putih mempunyai warna buah yang serupa dengan namanya. Kunyit ini sering diolah sebagai temu putri maupun temu rapet. Selain itu, temu putih juga ampuh untuk dijadikan sebagai pencegah penuaan dini maupun pelawan kanker. Kunyit merah adalah jenis kunyit lainnya yang bermanfaat sebagai bat dari berbagai macam penyakit. Kemudian, kunyit hitam sangat ampuh sebagai obat awet muda.

Kunyit mempunyai banyak kandungan zat kimia yang sangat beranfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun kandungan zat kimia yang terdapat dalam tumbuhan kunyit di antaranya kurkumin, demetoksikurkumin, bisdemetoksikurkumin, minyak asiri, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, garam dan mineral.

Tumbuhan kunyit memiliki manfaat yang begitu beragam. Salah satu yang paling utama adalah untuk menyembuhkan luka bakar ringan. Selain itu, kunyit juga bermanfaat sebagai pewarna makanan alami makanan seperti soto, bakwan dan sebagainya. Bagi penderita penyakit tumor, kunyit sangat mujarab untuk memperlambat pertumbuhan serta penyebaran bibit tumor tersebut.

Kerabat dekat tumbuhan jahe ini sangat bagus untuk dibudidayakan. Prospek yang bagus dari tumbuhan kunyit ini dikarenakan adanya manfaat yang begitu beragam. Terlebih lagi, tumbuhan kunyit sangat mudah untuk dibudidayakan. Tumbuhan ini bisa ditanam di sekitar lingkungan tempat tinggal sebagai apotek hidup.

15 contoh teks observasi tentang tumbuhan tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi Anda. Terutama jika Anda tengah merasa bingung bagaimana penulisan teks laporan penelitian terhadap tumbuhan tersebut dengan baik dan benar.

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan (terlegkap)

Leave a Reply