Contoh Teks Persuasif

15+ Contoh Teks Persuasif (singkat dan lengkap)

Contoh Teks Persuasif – Teks persuasif dibangun dengan dasar pemikiran untuk mempengaruhi orang lain. Tujuannya jelas, agar para pembaca memiliki sikap seperti yang diinginkan oleh penulis teks tersebut. Agar bisa mempengaruhi orang lain, tentunya dibutuhkan trik khusus saat menulis teks ini. Contoh Teks Persuasif dengan berbagai tema berikut ini bisa jadi referensi Anda untuk berlatih menulis.

Contoh Teks Persuasif Singkat

Contoh Teks Persuasif Singkat

Sebentar lagi, Indonesia akan kembali menggelar pesta hajatan rakyat yang terbesar yaitu pemilihan umum. Event ini adalah bentuk pesta demokrasi yang bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Pesta demokrasi ini bertujuan untuk memilih anggota legislatif dan juga presiden Indonesia periode 2019-2024. Partisipasi masyarakat adalah tonggak penting terciptanya pemerintahan yang baru.

Masih ingat dengan adanya demo besar-besaran penolakan pelantikan presiden Amerika Serikat yaitu Donald Trump? Mengapa rakyat Amerika Serikat justru demo dengan hasil pemilihan umumnya? Ternyata, fakta menunjukkan bahwa separuh penduduk Amerika Serikat tidak menggunakan hak pilihnya.

Tepat ketika calon merasa tidak mereka sukai menang dalam pemilihan, penduduk yang tidak menggunakan hak suaranya ini merasa dirugikan. Memilih wakil rakyat yang akan duduk di lembaga legislatif dan juga pemimpin negeri ini periode 5 tahun ke depan adalah hak dan kewajiban seluruh rakyat Indonesia. Jangan sampai Anda merasa dirugikan karena tidak menggunakan hak pilihnya.

Oleh sebab itu, jangan sampai Anda malas pergi ke TPS. Gunakanlah hak pilih Anda dengan bijak. Ajaklah sanak keluarga dan juga teman-teman Anda untuk pergi ke TPS di hari pencoblosan. Jadilah teladan dan sampaikan aspirasi Anda melalui surat suara. Karena pemimpin yang baik juga akan mempengaruhi bagaimana nasib Anda 5 tahun ke depan.

Contoh Teks Persuasif berdasarkan Strukturnya

Contoh Teks Persuasif berdasarkan Strukturnya

(Bagian Alinea Pembuka)

Ilmu sosiologi menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk homo sapiens. Maksudnya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan bisa lepas dari ketergantungannya dengan manusia lain. Idak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan dan interaksi dengan individu lainnya. Tidak ada manusia yang bisa mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa berinteraksi dengan orang di sekitarnya.

(Bagian Batang Tubuh)

Manusia memiliki takdir untuk hidup berdampingan dengan manusia lainnya dalam sebuah lingkungan. Dalam lingkup yang lebih luas, satu lingkungan juga akan berdampingan dan saling membutuhkan dengan lingkungan lainnya. Contohnya, masyarakat dari lingkungan perkotaan yang membutuhkan kebutuhan pokok pangan yang dihasilkan oleh masyarakat pedesaan.

Masyarakat desa juga harus berinteraksi dengan masyarakat perkotaan. Setidaknya, masyarakat desa tetap harus memenuhi kebutuhannya dari produk-produk yang dihasilkan oleh proses produksi di perkotaan. Contohnya adalah barang-barang konsumsi sehari-hari seperti minyak goreng, sabun, pakaian, dan lain sebagainya.

Ilustrasi di atas adalah contoh sederhana bagaimana interaksi antar kelompok masyarakat terbentuk. Manusia ternyata tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia bisa mencukupi kebutuhannya berkat adanya barter dengan manusia lainnya. Sudah jadi kodrat alam bahwa manusia akan terus saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.

(Bagian Penutup)

Oleh karena itulah, ayo kita kembali merenungkan fungsi interaksi sosial dengan masyarakat sekitar kita. Mari kita kembalikan budaya luhur Indonesia dengan saling tolong menolong. Bantulah masyarakat di lingkungan kita yang membutuhkan pertolongan. Lakukan semua itu tanpa mengharap pamrih. Karena nanti, mungkin tiba saatnya kita sendiri yang butuh pertolongan dari orang lain.

Contoh Teks Persuasif tentang Bencana Alam

Contoh Teks Persuasif tentang Bencana Alam

Bencana alam banjir adalah hal yang umum terjadi di Indonesia ketika musim penghujan. Terlebih lagi bagi masyarakat yang bermukim di wilayah Ibukota Jakarta. Banjir harus dihadapi oleh masyarakat Jakarta setiap tahunnya saat masuk ataupun puncak musim penghujan tiba. Tak perlu diragukan lagi, bencana banjir pasti menyebabkan kerugian material ataupun non-material.

Masalah banjir seperti tidak pernah ada habisnya dibahas. Semua orang saling tuding dan menyalahkan mengapa banjir bisa sampai terjadi. Banyak masyarakat yang tutup mata dan hanya menyalahkan pihak pemerintah saja saat banjir tiba. Padahal, masyarakat jugalah yang harus instropeksi diri dengan banjir tahunan yang selalu melanda ini.

Penyebab banjir bukan hanya terjadi karena intensitas hujan yang tinggi. Karena setinggi apapun intensitas hujannya, jika air bisa mengalir dengan lancar, maka banjir kemungkinan kecil akan terjadi. Lalu apa penyebab terbesar mengapa banjir bisa datang? Ulah manusia yang merusak lingkungannya lah yang menjadi faktor utama.

Masyarakat cenderung memiliki budaya buang sampah sembarangan. Masyarakat terbiasa buang sampah di wilayah perairan seperti sungai atau danau. Manusia juga telah merusak alam demi kepentingan ekonomi. Kita rela menebang pohon dan menggunduli hutan hanya demi keuntungan ekonomi semata. Akibatnya hutan-hutan yang jadi hulu sungai jadi gundul tanpa penutup lahan.

Air hujan yang jatuh pun tak bisa diserap ke dalam tanah. Karena tidak ada akar-akar pohon yang bisa menyerapnya. Air langsung mengalir melalui sungai-sungai. Celakanya, sungai yang penuh dengan sampah membuat aliran airnya terganggu. Lalu datanglah genangan yang semakin besar dan berubah jadi banjir. Kerugian materi bahkan korban jiwa pun harus ditanggung oleh manusia.

Karena itulah, mari kita sadar diri dengan kembali merawat alam. Kita sebagai manusia sangat bergantung pada alam. Lingkungan tempat tinggal kita hanya ada 1 di dunia ini. Jika tidak dirawat dan rusak, kemana lagi kita akan pindah? Mari kita atasi bencana banjir dengan sama-sama menjaga kelestarian alam. Jangan tebang pohon sembarangan dan selalu ingat buang sampah di tempatnya.

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Dunia pertanian saat ini sangat tergantung pada penggunaan pestisida dan insektisida untuk mengusir hama tanaman. Pestisida digunakan untuk mengusir hewan pengerat yang bisa memakan tanaman sebelum panen. Sedangkan insektisida digunakan para petani untuk membunuh hama serangga yang bisa menyebabkan gagal panen.

Tapi tahukah Anda bahwa 2 bahan kimia tersebut bisa meninggalkan residu dalam produk pertanian? Pestisida dan insektisida disemprotkan pada bagian daun dan buah tanaman pangan. Akibatnya, lambat laun zat-zat kimia beracun yang ada pada 2 obat kimia ini bisa masuk dalam buah atau daun. Celakanya, zat inipun bisa ikut masuk dalam tubuh manusia saat kita mengkonsumsi makanan.

Zat-zat kimia berbahaya ini bisa masuk dalam sistem pencernaan dan peredaran darah manusia. Zat ini semakin hari semakin menumpuk dan bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh. Contohnya adalah penurunan fungsi ginjal dan hati yang bertugas menyaring zat berbahaya dari luar. Resiko terkena penyakit ganas seperti tumor dan kanker pun bisa lebih tinggi.

Karena itulah, mulai sekarang ayo kita lakukan tindakan pencegahan. Bagaimana caranya? Dengan memilah makanan yang akan dimakan. Sebisa mungkin pilihlah produk dengan label organik. Produk-produk ini ditanam dan dirawat dengan pupuk organik yang berasal dari kompos. Kemudian cuci bersih buah dan sayur sebelum kita makan agar pestisida yang menempel bisa luntur.

Contoh Teks Persuasif tentang Pendidikan

Contoh Teks Persuasif tentang Pendidikan

Masyarakat Indonesia adalah aset pembangunan. Masyarakat yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang tinggi bisa menjadi roda penggerak pembangunan di Indonesia. Tapi jumlah penduduk yang besar tanpa diiringi dengan kualitas SDM yang bagus, hanya akan menjadi beban pembangunan. Karena itulah kualitas SDM di Indonesia harus ditingkatkan.

Salah satu cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Masyarakat Indonesia harus mengenyam pendidikan yang bagus. Kualitas pengajaran dan kurikulum pun harus dirancang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Melalui pendidikan pula, masyarakat bisa mengubah hidup mereka.

Pendidikan adalah salah satu kunci untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik. Pendidikan bisa membuka kesempatan kepada para kaum muda untuk mencapai cita-cita mereka. Tanpa kesempatan untuk mengenyam pendidikan, maka masyarakat Indonesia tidak akan bisa mengerti perkembangan dunia. Mereka juga tidak akan punya bekal dasar untuk menjalani kehidupan.

Jadi, pendidikan memiliki peranan yang penting dalam kemajuan sebuah negara. Jika kualitas pendidikan di Indonesia bagus, maka negeri ini akan memiliki sumberdaya manusia yang bagus. Sumberdaya manusia yang berkualitas ini adalah modal pembangunan yang potensial. Jadi, mari kita sama-sama mendukung suksesnya program wajib belajar di Indonesia.

Contoh Teks Persuasif Ekonomi

Contoh Teks Persuasif Ekonomi

Sebuah negara bisa maju jika 11% penduduknya bergerak dalam bidang usaha atau menjadi pengusaha. Karena itulah saat ini pemerintah Indonesia tengah gencar melakukan sosialisasi wirausaha kepada seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali bagi kalangan kelas menengah ke bawah. Tujuannya adalah menumbuhkan minat dan mental pengusaha pada masyarakat.

Pemerintah terus mengadakan pelatihan dan mengucurkan kredit usaha mikro untuk menciptakan UKM yang berkualitas. UKM merupakan sebuah wujud usaha yang dijalankan oleh perseorangan dengan skala kecil hingga menengah. Tapi potensi produk hasil UKM ini begitu besar. Jika sukses, UKM juga bisa membuka lapangan kerja dan mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

UKM kini mendapat perhatian yang sangat serius dari pemerintah Indonesia. Kita bisa membuka bisnis UKM berbekal ide kreatif dan potensi yang ada di sekitar kita. Pemerintah juga terus menggerakkan keahlian masyarakat melalui program pelatihan atau magang. Tujuannya jelas, agar masyarakat memiliki keahlian dan kompetensi dalam berwirausaha.

Karena itulah, ayo jangan ragu lagi untuk menjadi wirausaha. Mari kita bantu pemerintah dengan menciptakan lapangan kerja sendiri tanpa perlu bergantung pada perusahaan besar. Mari kita ciptakan kreativitas dan inovasi baru, kemudian jadikan produk atau jasa yang punya nilai jual. Ayo kita bantu ciptakan lapangan kerja dengan membuka UKM sendiri.

Contoh Teks Persuasif Fakta

Contoh Teks Persuasif Fakta

Rokok adalah kumpulan racun yang berbahaya bagi tubuh manusia. Bayangkan saja, dalam 1 batang rokok ternyata terdapat 4000 bahan kimia berbahaya. Diantara zat kimia tersebut, ada 200 zat beracun. Zat beracun yang paling banyak terkandung dalam rokok adalah nikotin dan tar. Semakin tinggi kandungan tar dan nikotin dalam sebatang rokok, maka akan semakin membahayakan tubuh.

Merokok sama saja dengan menghisap racun. Perokok bisa terkena resiko gangguan kesehata seperti kerusakan paru-paru, kerusakan sistem syaraf, cacat janin dalam kandungan, hingga resiko terkena kanker. Selain bagi perokok aktif, bahaya rokok juga turut mengintai para perokok pasif. Kelompok ini adalah mereka yang tidak merokok tapi ikut terpapar asap rokok dari perokok aktif.

Jumlah perokok pasif tentunya jauh lebih besar dibandingkan perokok aktif. Siapa saja bahkan bisa menjadi perokok pasif. Misalnya anggota keluarga dari seorang ayah yang perokok. Orang-orang yang berada di tempat umum juga bisa menjadi perokok pasif. Kelompok perokok pasif ini bahkan memiliki resiko terkena dampak negatif rokok yang lebih besar dibandingkan perokok aktif.

Ada banyak perokok yang mengalami gangguan kesehatan, sakit kronis, bahkan sampai kehilangan nyawa hanya karena kebiasaan buruk ini. Ada banyak pula orang yang tidak merokok, tapi harus mengidap penyakit serius akibat terpapar asap rokok. Ada pula ibu hamil yang keguguran atau bayi yang lahir cacat akibat selalu terpapar asap rokok selama masa kehamilan.

Karena itulah, sebisa mungkin mari kita hindari kebiasaan merokok. Jauhkan keluarga kita dari asap rokok. Jika kita adalah perokok aktif, maka mari kita sadar dan berusaha merokok di tempat yang telah disediakan. Jangan sampai keluarga kita yang tak merokok justru jadi korban akibat kebiasaan dan keegoisan kita.

Contoh Teks Persuasif tentang Gadget

Contoh Teks Persuasif tentang Gadget

Setiap bulan masyarakat modern saat ini dihebohkan dengan kehadiran smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih canggih. Ada banyak fitur yang ditawarkan setiap kali sebuah brand gawai mengeluarkan model terbaru. Kini fitur unggulan mereka adalah kecepatan internet, kamera yang mumpuni, hingga kapasitas RAM yang besar.

Smartphone pun kini layaknya kebutuhan wajib bagi kaum milenial. Mereka tak bisa hidup tanpa adanya smartphone di tangan. Apapun kegiatan sehari-hari mereka, selalu ada smartphone yang menemani. Semua kebutuhan apapun bisa didapatkan dari sekotak kecil smartphone. Kebiasaan ini terus tumbuh tanpa kita sadari bahwa ada efek negatif yang mengintai.

Kaum milenial mulai terpaku pada smartphonenya saja. Mereka lebih aktif di media sosial dibandingkan di dunia nyata. Smartphone mengambil alih semua perhatian kaum milenial ini. sehingga, kaum milenial jadi lebih acuh dengan lingkungan sekitarnya yang nyata. Mereka jadi jarang bersosialisasi. Hubungan sosial pertemanan dan keluarga pun jadi renggang dan terganggu.

Kondisi ini bisa membuat manusia semakin individualistik. Manusia menganggap bahwa kehidupan sosial dengan bertatap muka langsung kurang berguna. Padahal dalam kehidupan sehari-hari, interaksi sosial dengan masyarakat sangat berguna untuk menjalin relasi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kedekatan personal dengan keluarga pun masih menjadi hal yang penting saat ini.

Karena itulah, kita perlu memberikan batasan pada diri sendiri saat menggunakan smartphone. Tidak ada larangan dalam menggunakan smartphone. Tapi kita harus tahu diri kapan saatnya berkutat dengan gawai dan kapan saatnya kita harus menjalin interaksi di dunia nyata. Kita harus terus membangun kedekatan nyata dengan keluarga, rekan kerja, dan sahabat karena kita makhluk sosial.

Contoh Teks Persuasif tentang Game Online

Contoh Teks Persuasif tentang Game Online

Dunia game online kini begitu lekat dengan kehidupan modern. Siapapun dan dimanapun bisa memainkan permainan online ini asalkan terhubung dengan jaringan internet. Dukungan teknologi gadget yang semakin canggih dan koneksi internet yang semakin cepat membuat perkembangan game online begitu masif di kalangan masyarakat.

Tanpa kita sadari, sebenarnya game online bagaikan 2 sisi mata uang. Ada sisi negatif dan positifnya sendiri bagi para pemain game online ini. Sisi negatif dari game online muncul ketika seseorang jadi lupa waktu dan tanggung jawab karena asyik bermain. Mereka bahkan sampai melupakan kewajiban untuk bekerja atau belajar demi bisa bermain game. Pekerjaan dan pendidikan pun jadi terbengkalai.

Produktivitas kerja dan belajar pun bisa menurun akibat asyik bermain game online. Selain itu, banyak kasus menunjukkan bahwa ada beberapa orang yang bahkan sampai menghabiskan banyak uang demi membeli item game online. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus pasti akan merugikan diri sendiri dan juga keluarganya.

Tapi tak jarang juga game online jadi sebuah prestasi bagi sebagian kecil kalangan. Mereka ini disebut dengan gamer profesional. Mereka menekuni dunia game online layaknya atlet olahraga. Mereka berkompetisi di turnamen resmi. Bagi yang bisa menang, mereka akan memboyong piala dan sejumlah hadiah. Game online pun berubah jadi ladang penghasilan bagi gamer profesional ini.

Karena itulah, kita harus bisa memfilter semua hal yang masuk dalam hidup kita. Jangan sampai game online membuat tanggung jawab pada pelajaran atau pendidikan jadi terbengkalai. Ayo kita seimbangkan waktu antara pekerjaan, tanggung jawab, dan juga hiburan. Jadikan game online hanya sebagai sarana refreshing otak dan pikiran saat suntuk saja agar kita tetap produktif dan berprestasi.

Contoh Teks Persuasif Propaganda

Contoh Teks Persuasif Propaganda

Sudah menjadi budaya yang mengakar bagi masyarakat Indonesia untuk menyantap nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Bahkan, anggapan belum makan kalau tidak pakai nasi sudah begitu kuat melekat dalam pikiran. Karena itu juga, banyak masyarakat yang terbiasa mengkonsumsi nasi bersama dengan olahan mie instan. Padahal kebiasaan ini bisa menimbulkan efek negatif.

Terbiasa mengkonsumsi nasi bersama lauk mie instan bisa menyebabkan obesitas. Karena dua bahan makanan ini sama-sama menjadi sumber karbohidrat bagi tubuh. Sedangkan obesitas sendiri bisa terjadi karena penumpukan karbohidrat dan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Nasi dan mie instan jadi makanan yang tidak seimbang karena hanya mengandung karbohdirat saja.

Nasi dan mie instan juga merupakan makanan yang minim serat. Karena itulah, setelah mengkonsumsi mie instan, kita jadi sering lapar lagi. Akibatnya, kita harus segera makan lagi agar kenyang. Pastinya dalam 1 hari, porsi dan frekuensi makan kita jadi bertambah.

Jika sudah menderita kegemukan atau obesitas, maka tubuh beresiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Penumpukan karbohidrat dan lemak yang tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh bisa memicu terjadinya penyakit kardiovaskuler. Ada beberapa penyakit yang bisa muncul seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat, stroke, penyakit jantung, sampai gangguan fungsi ginjal.

Karena itulah, sebaiknya mulai sekarang ayo hentikan kebiasaan mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi. Ayo mulai mengubah pola makan jadi lebih sehat. Ayo konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang banyak mengandung serat dan juga vitamin.

Contoh Teks Persuasif Ayo Hidup Sehat

Contoh Teks Persuasif Ayo Hidup Sehat

Masyarakat perkotaan saat ini semakin disibukkan dengan rutinitas harian mereka. Sayangnya, kini rutinitas harian para pekerja kantoran lebih banyak dilakukan dengan gadget sambil duduk seharian. Pekerjaan saat ini memang lebih banyak menggunakan kekuatan otak daripada fisik. Tubuh dituntut untuk duduk di belakang meja sambil menatap layar komputer selama 8 jam perharinya.

Kebiasaan masyarakat modern inilah yang menyebabkan berkurangnya aktivitas fisik. Tubuh menjadi kurang bergerak. Akibatnya pembakaran kalori dan pembuangan zat-zat beracun dalam tubuh jadi ikut terhambat. Tak heran jika kini banyak orang yang mengalami obesitas karena kalori yang masuk dalam tubuh tak bisa dikeluarkan lewat aktivitas fisik.

Berbagai masalah kesehatan pun bisa ikut muncul pada orang-orang yang kurang aktivitas fisik. Biasanya masalah muncul pada sendi-sendi tulang yang jadi kaku. Penumpukan kalori dalam tubuh juga bisa memicu penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, hingga jantung koroner.

Karena itulah, mari kita terapkan lagi pola hidup sehat. Mari mulai menanamkan kecintaan pada olahraga. Sebisa mungkin, ayo atur waktu untuk berolahraga minimal 1 kali dalam seminggu. Kita juga bisa berolahraga sambil bekerja, misalnya dengan bersepeda saat menuju ke kantor. Karena dengan rutin olahraga, maka kita bisa menjaga kesehatan tubuh dan juga pikiran.

Contoh Teks Persuasif Alam

Contoh Teks Persuasif Alam

Beberapa waktu lalu Sunga Ciliwung mendapatkan predikat sebagai sungai terkotor di dunia. Tak heran predikat ini bisa muncul, karena kondisi Ciliwung yang kini sungguh memprihatinkan. Bayangkan saja, berbagai limbah domestik hingga usaha dibuang ke Sungai Ciliwung setiap harinya. Limbah industri seperti tekstil hingga sampah rumah tangga tak ada hentinya dibuang ke sungai ini.

Jika kondisi ini terus berlanjut, maka kelangsungan hidup ekosistem perairan dan juga sekitar daerah aliran Sungai Ciliwung juga akan terancam. Bayangkan saja, limbah yang dibuang ke sungai akan menyebabkan matinya ikan dan binatang lainnya. Zat kimia berbahaya juga bisa masuk ke dalam tanah. Membuat air tanah yang ada di sekitar Sungai Ciliwung ikut tercemar limbah berbahaya.

Tentu saja air tanah ini pada akhirnya akan bermuara kepada manusia. Setiap hari, manusia mencukupi kebutuhan air melalui sumur-sumur di sekitar Sungai Ciliwung. Air tanah dimanfaatkan untuk masak, minum, mandi, dan mencuci. Air yang sudah terpapar limbah berbahaya ini kemudian masuk dalam tubuh dan mengendap disana. Lama-lama zat kimia ini bisa menyebabkan penyakit.

Zat kimia berbahaya ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan fungsi organ hati dan ginjal. Selain itu, limbah kimia berbahaya juga bisa menyerang paru-paru dan syaraf dalam tubuh. Zat ini juga bisa membuat masyarakat memiliki resiko lebih besar untuk terserang kanker. Efek negatif ini memang tak akan muncul seketika. Butuh waktu lumayan lama sebelum akhirnya penyakit bisa muncul.

Karena itulah, kebersihan Sungai Ciliwung adalah tanggung jawab segenap masyarakat. Kita sebagai manusia punya tanggung jawab untuk menjaga kelestarian Sungai Ciliwung. Hal ini bukan hanya penting untuk ekosistem hewan ataupun tumbuhan, tapi juga bagi kesehatan manusia yang mendiami daerah aliran sungai itu sendiri.

Contoh Teks Persuasif Ajakan Singkat

Contoh Teks Persuasif Ajakan Singkat

Ada banyak tindakan sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya dengan membuang sampah di tempatnya. Kebiasaan ini memang masih sangat minim diterapkan dalam masyarakat di negara sedang berkembang, termasuk Indonesia. Tapi, kebiasaan sehat ini harus segera diterapkan demi kelestarian lingkungan dan juga kesehatan.

Sampah yang tidak mudah terurai seperti plastik dan kaca harus dibuang di tempat pembuangan sampah. Saat sampai di TPA, sampah kemudian akan dipilah untuk bisa didaur ulang. Artinya, sampah plastik dan kaca tidak akan mencemari lingkungan tanah dan perairan. Tapi bisa dimanfaatkan kembali untuk mencukupi kebutuhan manusia.

Tapi jika sampah langsung dibuang sembarangan, maka limbah yang tak mudah terurai ini akan mencemari tanah dan air. Sampah-sampah ini akan masuk dalam tanah dan baru bisa terurai 400 tahun kemudian. Sampah yang masuk ke perairan juga bisa menyebabkan matinya ekosistem alami perairan yang menjadi salah satu sumber pangan manusia.

Jadi, mulai sekarang mari kita jaga alam dengan cara yang paling sederhana. Mari buang sampah pada tempatnya. Mari kita jaga kebersihan dan juga kelestarian alam. Lingkungan yang terawat dan sehat adalah tempat tinggal yang ideal untuk manusia.

Contoh Teks Persuasif Advertensi

Contoh Teks Persuasif Advertensi

Apakah Anda sering mengalami kesemutan dan nyeri di persendian? Mungkin itu adalah gejala Anda sedang mengalami asam urat. Kondisi ini terjadi akibat terjadinya penumpukan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah atau biasa disebut dengan istilah lemak darah. Penumpukan kolesterol jahat ini bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan asam urat.

Jika tidak segera ditangani, lemak darah yang tinggi akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika semakin parah, tekanan darah tinggi bisa beresiko besar menyebabkan serangan stroke atau jantung. Resiko terbesar dari penyumbatan pembuluh darah adalah kematian. Jadi jangan anggap enteng dengan kadar kolesterol Anda.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bisa dilenyapkan dengan air yang ber-pH basa/alkali. Air dengan pH tinggi ini bisa melarutkan kolesterol yang mengendap dalam pembuluh darah dan mengeluarkannya bersama kotoran. Anda bisa mendapatkan semua manfaat itu dari Air Alkali Zerni.

Air Alkali Zerni sangat baik untuk tubuh. Kadar basa dalam Zerni bisa membuat perut tidak kembung meskipun diminum dalam jumlah banyak. Zerni adalah air alkali yang melalui proses alami tanpa tambahan mineral. Zerni tidak seperti air mineral lainnya yang diperoleh dari proses kimia agar pHnya basa. Zerni diproduksi dengan sistem penyulingan alami.

Air alkali Zerni dijamin diambil dari mata air pegunungan daerah Jawa Barat yang bersih dan higienis. Zerni disuling dan dikemas dengan sistem yang halal dan syar’i. Selama proses pengemasan, air alkali Zerni juga diperdengarkan ayat-ayat suci Al Qur’an agar terbentuk kristal air yang bermanfaat.

Jadi tunggu apalagi? Segera dapatkan air alkali Zerni di agen-agen dan distributor resmi Kami. Jangan tunggu sampai sakit Anda parah. Konsumsi Zerni mulai dari saat ini dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda. Dapatkan pula harga spesialnya jika Anda mau bergabung menjadi member Kami.

Contoh Teks Persuasif Politik

Contoh Teks Persuasif Politik

Pemilihan Kepala Desa Sumberingin tinggal menghitung hari. Jangan sampai masyarakat Desa Sumberingin mengabaikan haknya untuk memilih pemimpin yang nanti akan menentukan nasib mereka 5 tahun mendatang. Gunakan hak pilih sebagai bentuk kepedulian kita terhadap desa yang menjadi tempat kita dilahirkan dan tinggal hingga saat ini.

Gunakanlah hak pilih kita dengan bijak. Pilihlah pemimpin yang terbukti amanah dan bisa memajukan Desa Sumberingin ini ke depannya. Pilihlah pemimpin yang punya visi misi cerdas untuk membangun desa. Pilihlah Bapak Suyanto yang terbukti bisa memberikan ide-ide visioner untuk mengubah desa ini menjadi desa yang maju dan mandiri.

Jangan takut dan ragu untuk memilih. Pastikan gunakan hak pilih Anda hanya untuk mencoblos Bapak Suyanto, calon Kepala Desa Sumberingin. Jangan sampai Anda menyesal jika memilih calon yang salah. Jangan sampai Desa Sumberingin ini dipimpin oleh kepala desa yang tidak amanah dan tak memiliki integritas sebagai seorang pemimpin.

Sudah saatnya Desa Sumberingin berubah. Sudah saatnya Sumberingin lebih maju dan rakyatnya sejahtera. Jadi, pada tanggal 22 Februari 2020 nanti, pastikan Anda datang ke TPS yang telah disediakan dan coblon calon kepada desa nomor 02 yaitu Bapak Suyanto. Mari bersama-sama kita wujudkan Desa Sumberingin yang maju dan mandiri.

Lima belas contoh teks persuasif dengan berbagai tema di atas bisa Anda jadikan bahan referensi dalam menulis. Semakin sering Anda berlatih, maka Anda akan jadi penulis yang bisa mempengaruhi banyak orang dengan ide dan gagasan Anda.

Contoh Teks Persuasif (singkat dan lengkap)

Advertisements

Leave a Reply