Contoh Proposal Penelitian Sosial Yang Bagus Dan Sesuai

Contoh proposal penelitian sosial – Penelitian sosial biasanya digunakan untuk mengetahui bagaimana tingkah laku masyarakat secara umum. Oleh karena itu biasanya contoh proposal penelitian sosial akan menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk memudahkan pemberian standar hasil dari penelitian.

Akan tetapi tidak jarang juga penelitian sosial menggunakan standar teori dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Lalu kapan harusnya Anda menggunakan metode penelitian kualitatif dan kapan menggunakan metode penelitian kuantitatif? Berikut ini adalah alasannya.

Menggunakan metode kuantitatif untuk penelitian

Menggunakan metode kuantitatif untuk penelitian

Contoh proposal penelitian sosial memang banyak menggunakan metode kuantitatif untuk pendekatannya. Hal ini disebabkan karena metode kuantitatif menggunakan representasi angka untuk memberikan hasil penelitiannya. Hal ini bukan hal yang salah karena memang bidang sosial lebih banyak menggunakan angka berupa persentase karena data yang digunakan sangat besar.

Oleh karena itu, kita bisa mengetahui salah satu ciri dari penggunaan metode kuantitatif adalah ketika kita akan melakukan penelitian dengan menggunakan data yang besar. Selain memiliki ciri tersebut, ketika Anda akan menggunakan metode kuantitatif, kegiatan penelitian Anda juga harus memiliki ciri berikut ini:

  • Menggunakan kelompok dalam penelitian
  • Duduk permasalahan sudah jelas
  • Menguji hipotesis
  • Melakukan treatment pada sekelompok orang

Menggunakan metode kualitatif untuk penelitian

Menggunakan metode kualitatif untuk penelitian

Ketika Anda akan mencari contoh proposal penelitian kualitatif, Anda harus tahu terlebih dahulu untuk kasus seperti apa metode kualitatif ini lebih cocok untuk digunakan. Metode kualitatif merupakan sebuah metode penelitian di mana Anda akan menggunakan teori dan jika pendekatan deskriptif dalam menyelesaikan permasalahan Anda.

Biasanya pendekatan kualitatif merupakan sebuah pendekatan yang digunakan untuk mengetahui masalah dalam sebuah ruang lingkup. Jadi ketika Anda melihat gejala dalam masyarakat tapi belum tahu apa penyebab dari gejala tersebut, pendekatan kualitatif ini dibutuhkan. Selain untuk mempertegas masalah yang ada di masyarakat, pendekatan kualitatif juga bisa digunakan untuk beberapa hal yaitu :

  • Untuk melihat interaksi yang ada di dalam masyarakat
  • Guna mengetahui arti dari sebuah data
  • Dan yang terakhir untuk mengembangkan teori.

Pendekatan campuran

Pendekatan campuran

Sesungguhnya pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan yang sangat berbeda. Akan tetapi keduanya saling berhubungan. Hal inilah yang seringkali menyebabkan kegiatan penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan campuran, yaitu metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dimana metode pendekatan kualitatif digunakan untuk menemukan masalah sedangkan metode pendekatan kuantitatif digunakan untuk mencari solusi dari masalah tersebut.

Mencari metode penelitian yang tepat membutuhkan cukup banyak perhatian, pertama Anda harus tahu terlebih dahulu masalah yang Anda hadapi. Selanjutnya Anda harus tahu metode seperti apa yang paling dekat dengan tujuan yang Anda harapkan. Setelah tahu metodenya Anda bisa cari contoh proposal penelitian sosial dengan lebih mudah bukan?

Contoh Proposal Penelitian Sosial Yang Bagus Dan Sesuai

Advertisements

One thought on “Contoh Proposal Penelitian Sosial Yang Bagus Dan Sesuai

  1. Pingback: Contoh Proposal Penelitian Singkat Jelas dan Padat

Add Comment