Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif Yang Wajib Diketahui (Terbaru)

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif Yang Wajib Diketahui (Terbaru)

Contoh proposal penelitian kuantitatif – Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa yang dimaksud dengan penelitian kualitatif. Saat ini kita akan membahas lebih dalam mengenai metode penelitian kuantitatif serta contoh proposal penelitian kuantitatif. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui perbedaan antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, berikut ini adalah ulasannya.

Perbedaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif

Perbedaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif

Dilihat dari namanya saja, metode penelitian ini sudah sangat berbeda. Meski hampir mirip pelafalannya, tapi maksud dari kedua metode ini sangat bertolak belakang. Metode penelitian kualitatif merupakan sebuah metode penelitian untuk menyelesaikan masalah berdasarkan pembahasan teori.

Lalu jika kita membahas mengenai metode penelitian kuantitatif, kita bicara mengenai angka. Ada banyak sekali contoh proposal penelitian kuantitatif yang bisa kita temukan. Biasanya penelitian kuantitatif akan berbeda dari segi teorinya.

Teori yang digunakan dalam penelitian kuantitatif umumnya merupakan teori-teori yang berhubungan dengan angka dan juga hitungan. Dalam penelitian kuantitatif Anda diharapkan melakukan penghitungan untuk menyelesaikan sebuah masalah atau mengkaji ulang sebuah masalah.

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif dari metode pendekatannya

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif dari metode pendekatannya

Hal selanjutnya yang membedakan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kuantitatif tentu saja adalah metode pendekatannya. Biasanya penelitian kuantitatif akan menggunakan metode penelitian objektif eksperimental dan bisa juga dilakukan dengan menggunakan survei.

Sedangkan untuk penelitian kualitatif umumnya kegiatan penelitian dilakukan dengan sifat tinjauan pustaka. Pendekatan ini digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sudah dibahas dalam bagian pendahuluan di contoh proposal penelitian yang sudah disebutkan sebelumnya.

Struktur penulisan proposal penelitian kuantitatif

Struktur penulisan proposal penelitian kuantitatif

Jika dilihat dari struktur penulisannya, proposal penelitian kuantitatif tidak jauh berbeda dengan proposal penelitian lainnya. Berikut ini adalah beberapa bagian penting dalam proposal penelitian kuantitatif yang harus masuk dalam proposal Anda.

  • Bagian halaman cover
  • Daftar isi
  • Bagian pendahuluan
  • Bagian landasan teori
  • Bagian metodologi penelitian
  • Bagian daftar pustaka

Enam komponen di atas merupakan komponen proposal penelitian kuantitatif yang sangat penting. Komponen di atas merupakan komponen dokumen secara keseluruhan yang harus Anda berikan kepada calon pembimbing penelitian Anda.

Meskipun 6 komponen yang wajib ada tapi tiga komponen dari proposal penelitian kuantitatif merupakan bagian yang paling disorot. Bagian paling penting ini adalah bagian pendahuluan, landasan teori, dan juga metodologi penelitian.

Ketiga bagian ini merupakan bagian yang akan menentukan apakah penelitian Anda bisa dilanjutkan atau tidak. Nah dari tiga bagian penting, bagian pendahuluan merupakan bagian paling utama yang akan dibahas dalam pertemuan Anda dengan calon pembimbing.

Hal ini disebabkan karena bagian pendahuluan yang menentukan apakah masalah utama dari penelitian Anda layak untuk diteliti atau tidak. Oleh karena itu untuk memastikan pendahuluan Anda memiliki kualitas, Anda bisa cari bagian pendahuluan dari contoh proposal penelitian kuantitatif lain yang bisa Anda temukan di internet.

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif Yang Wajib Diketahui (Terbaru)

Advertisements

Leave a Reply