Contoh Proposal Penelitian Sederhana (Singkat dan Lengkap)

Contoh Proposal Penelitian Sederhana (Singkat dan Lengkap)

Contoh proposal penelitian sederhana – Dari seluruh contoh proposal penelitian sederhana yang Anda temukan di internet, Salah satu bagian paling penting untuk diperhatikan adalah bagian pendahuluan penelitian Anda. Bagian pendahuluan dalam proposal penelitian sangat penting dibahas karena dapat menentukan kelanjutan penelitian Anda.

Makin kuat alasan di bagian pendahuluan, makin besar kemungkinan penelitian Anda bisa dilanjutkan. Untuk membuat pendahuluan yang berkesan dan mendukung proses penerimaan proposal penelitian, berikut ini adalah beberapa hal penting untuk diperhatikan.

Membangun latar belakang masalah

Membangun latar belakang masalah

Bagian pendahuluan dalam contoh proposal penelitian sederhana merupakan salah satu bagian paling penting dalam penelitian Anda. Akan tetapi dari semua proposal penelitian ini, bagian latar belakang adalah bagian yang harus Anda perhatikan dengan seksama. Hal ini disebabkan karena bagian latar belakang merupakan bagian yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai tingkat urgensi penelitian Anda.

Untuk menulis bagian pendahuluan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah keterkaitan antara masalah yang akan Anda angkat dengan manfaatnya di masa depan. Atau Anda juga bisa menggunakan masalah yang ada di masa kini dan menghambat hal yang berkaitan dengannya dan mencari solusi untuk kedepannya.

Ya, untuk membuat sebuah pendahuluan atau latar belakang yang berkualitas, Anda harus memberikan masalah serta manfaat yang akan didapatkan saat masalah tersebut diangkat ke dalam topik penelitian. Anda juga bisa memberikan hipotesis dan harapan-harapan yang akan dicapai ketika penelitian sudah dilakukan.

Oh ya, Anda juga bisa menuliskan penelitian-penelitian yang telah dilakukan di masa lalu. Terlebih jika penelitian telah dilakukan di masa lalu memiliki kekurangan yang bisa diselesaikan dengan penelitian yang akan Anda lakukan.

Menyusun masalah

Menyusun masalah

Setelah diuraikan dalam tahap latar belakang, contoh proposal penelitian biasanya akan menggunakan penyusunan masalah sebagai langkah pembuatan bagian pendahuluan selanjutnya. Masalah-masalah yang akan dicari solusinya semuanya bisa dituliskan pada bagian pendahuluan ini.

Menyusun tujuan

Menyusun tujuan

Bagian selanjutnya yang harus dibahas dalam bagian pendahuluan adalah tujuan penelitian. Tujuan penelitian yang dimaksud adalah tujuan untuk menjawab masalah-masalah yang telah disusun sebelumnya. Pembuatan tujuan berdasarkan masalah yang telah dibahas dalam latar belakang membantu Anda untuk menentukan metode terbaik serta pendekatan-pendekatan yang harus dilakukan guna menyelesaikan masalah dan untuk mencapai tujuan penelitian.

Menyusun manfaat penelitian

Menyusun manfaat penelitian

Bagian terakhir dari bagian pendahuluan adalah bagian manfaat penelitian. Bagian ini bisa dimasukkan dalam bagian pendahuluan atau tidak sesuai kebutuhan penelitian. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sangat penting bagi Anda untuk menentukan latar belakang masalah dalam penyusunan proposal penelitian Anda.

Hal ini disebabkan karena latar belakang akan menjadi dasar dari segala kegiatan penelitian dan penyusunan laporan Anda di masa depan. Jika Anda ingin lebih jelas lagi, Anda bisa mencari contoh proposal penelitian sederhana guna memudahkan penyusunan bagian pendahuluan untuk proposal penelitian sederhana Anda.

Contoh Proposal Penelitian Sederhana (Singkat dan Lengkap)

Advertisements

Leave a Reply