Contoh Proposal Penelitian Kualitatif (Terlengkap) 1

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif (Terlengkap)

Contoh proposal penelitian kualitatif – Sebelum Anda akan mencari contoh proposal untuk ditiru, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis proposal yang bisa Anda susun. Hal ini disebabkan karena contoh proposal penelitian kualitatif sudah pasti berbeda dengan contoh proposal kuantitatif. Nah bagi Anda yang belum tahu perbedaannya, berikut ini adalah penjelasan lebih dalam mengenai proposal penelitian kualitatif.

Jenis proposal penelitian berdasarkan metode nya

Jenis proposal penelitian berdasarkan metode nya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis penelitian bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu metode kualitatif serta metode kuantitatif. Metode penelitian yang berbeda ini bisa dilihat dari titik berat pendekatan penyelesaian masalah yang dilakukan.

Proposal penelitian kuantitatif merupakan proposal yang menggunakan pendekatan bentuk perhitungan. Artinya Anda akan menggunakan angka-angka serta rumus-rumus dalam penyelesaian masalah di bagian pembahasan dan hasil penelitian Anda. Sedangkan untuk proposal penelitian kualitatif, umumnya diselesaikan dengan menggunakan pendekatan dalam bentuk deskriptif.

Proposal penelitian kualitatif

Proposal penelitian kualitatif

Dalam ulasan sebelumnya, kita sudah membahas bahwa penyelesaian masalah pada metode penelitian kualitatif dilakukan dengan menggunakan deskripsi. Artinya bagian yang berbeda pada contoh proposal penelitian kualitatif bukan hanya bagian metode penelitiannya tapi jika mengenai landasan teorinya.

Bagian landasan teori dalam proposal penelitian kualitatif umumnya dibuat berdasarkan teori-teori yang sudah ah ada dan cukup populer. Sedangkan pada metode penelitiannya biasanya diisi dengan metode penelitian dalam bentuk pengkajian. Dalam menyelesaikan masalah untuk penelitian kualitatif, peneliti akan melakukan pengamatan secara mendalam berdasarkan teori-teori yang sudah diajukan dalam bagian landasan teori.

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif  “Struktur proposal penelitian kualitatif”

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif  "Struktur proposal penelitian kualitatif"

Proposal penelitian kualitatif umumnya dilakukan untuk membuat proposal penelitian dengan landasan teori sebagai acuannya. Biasanya proposal penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam metode penelitian untuk tugas akhir.

Tidak sedikit juga contoh proposal penelitian yang menyatakan bahwa proposal penelitian sesungguhnya adalah bab 1 hingga bab 3 tugas akhir. Hal ini menyebabkan proposal penelitian umumnya memiliki tiga bagian utama. Bagian utama ini antara lain adalah:

  • Bagian pendahuluan

Bagian pendahuluan dalam proposal penelitian kualitatif menjabarkan landasan masalah mengapa Anda mengangkat topik atau judul tersebut. Bagian pendahuluan ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu latar belakang, masalah, tujuan dan juga manfaat. Bagian pendahuluan adalah bagian yang sangat penting karena menentukan apakah penelitian Anda bisa dilanjutkan atau tidak.

  • Bagian landasan teori

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proposal penelitian kualitatif merupakan proposal yang mengutamakan pendekatan berupa pengkajian ulang sebuah masalah berdasarkan teori. Hal inilah yang menyebabkan bagian landasan teori akan dipenuhi dengan teori-teori dalam bentuk deskriptif. Teori ini bisa digunakan untuk menguatkan pengambilan judul untuk penelitian tugas akhir.

  • Bagian metodologi penelitian

Bagian ini merupakan bagian yang menjelaskan metode kualitatif dan metode lain yang digunakan dalam penelitian Anda. Bagian ini bisa dibuat mirip dengan contoh proposal penelitian kualitatif yang Anda temukan di internet asal sesuai dengan kebutuhan proposal Anda.

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif (Terlengkap)

Advertisements

Leave a Reply