Contoh Proposal Penelitian Singkat Jelas dan Padat Sekolahnesia

Contoh Proposal Penelitian Singkat Jelas dan Padat

Contoh proposal penelitian singkat – Penelitian yang berkualitas adalah penelitian yang memiliki masalah jelas serta menggunakan metode yang tepat. Oleh karena itu sebelum dilakukan penelitian, harus menyusun proposal penelitian terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemana arah penelitian yang akan Anda lakukan.

Jika Anda ingin membuat proposal penelitian, jangan hanya mencari contoh proposal penelitian singkat untuk ditiru, akan tetapi cari tahu bagaimana cara membuat proposal penelitian Anda lebih mudah tembus.

Pentingnya proposal penelitian

Pentingnya proposal penelitian

Selain untuk memudahkan Anda dalam mengarahkan kegiatan penelitian Anda, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam proposal penelitian adalah tujuan pembuatan proposal. Selain untuk memberikan informasi mengenai kegiatan penelitian, proposal penelitian juga digunakan untuk mencari perhatian dan persetujuan agar kegiatan penelitian bisa dilakukan.

Tujuan dari penelitian sendiri sangat banyak, mulai dari untuk memenuhi tugas di sekolah, untuk syarat penyelesaian pendidikan perguruan tinggi, hingga penelitian untuk kegiatan-kegiatan riset skala nasional.

Ketika Anda akan membuat proposal penelitian dengan skala nasional ini, Anda harus mencari contoh proposal penelitian singkat yang berkualitas dan dapat membantu proposal Anda disetujui dan penelitian bisa dilanjutkan. Untuk membuat proposal yang disetujui, sangat penting bagi Anda untuk menentukan metode penelitian yang tepat untuk kasus Anda.

Menentukan metode penelitian 

Menentukan metode penelitian 

Sebelum menentukan contoh proposal penelitian yang akan Anda gunakan, menentukan metode penelitian terlebih dahulu sangat penting untuk dilakukan. Pada dasarnya ada dua jenis metode penelitian yang bisa Anda gunakan dalam riset Anda. Contohnya adalah metode penelitian kuantitatif dan juga metode penelitian kualitatif.

Pemilihan metode ini biasanya dilakukan berdasarkan pada jenis penelitian yang akan Anda lakukan. Penelitian kuantitatif merupakan sebuah penelitian yang menggunakan angka sebagai pendekatannya.

Misalnya ketika Anda akan membuat sebuah penelitian mengenai sensus penduduk, penelitian kuantitatif lebih baik dilakukan. Hal ini disebabkan karena sensus penduduk umumnya menggunakan angka-angka sebagai standarnya.

Akan tetapi jika Anda ingin melakukan riset yang berdasarkan pada teori, menggunakan pendekatan kualitatif bisa menjadi pilihan Anda. Ada banyak sekali kegiatan penelitian kualitatif yang bisa dilakukan.

Beberapa kegiatan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif contohnya adalah penelitian yang digunakan untuk membuktikan kebenaran teori, penelitian mengenai tingkah laku dan kebiasaan serta banyak hal lainnya.

Untuk memilih metode penelitian mana yang lebih cocok untuk kegiatan penelitian Anda. Pertama yang penting untuk dilakukan adalah mengetahui standar yang cocok untuk kegiatan penelitian Anda. Misalnya kegiatan penelitian Anda membutuhkan data dalam jumlah yang besar, pendekatan kuantitatif lebih cocok untuk penelitian Anda.

Akan tetapi jika penelitian Anda hanya membutuhkan sampel atau memberi perlakuan pada kelompok kecil manusia, penelitian dengan dasar kualitatif bisa menjadi pilihan. Nah setelah Anda tahu metode penelitian mana yang cocok untuk penelitian Anda, Anda bisa segera mencari contoh proposal penelitian singkat sesuai dengan metode penelitian yang akan Anda gunakan tersebut.

Contoh Proposal Penelitian Singkat Jelas dan Padat

Advertisements

Leave a Reply