3+ Contoh Proposal Singkat Usaha, Relawan, dan Study Tour

Contoh Proposal Singkat  – Proposal sangat Anda butuhkan ketika ingin mengadakan atau mengikuti sebuah kegiatan yang membutuhkan perizinan atau dukungan (sponsor) supaya dapat terlaksana. Dengan menerapkan contoh proposal singkat, Anda bisa menyusun pernyataan kepada pihak tertentu dengan baik dan benar.

Bentuk dari proposal sendiri adalah sebuah surat terstruktur dan menjelaskan kegiatan atau perencanaan apa yang akan Anda lakukan kedepannya. Untuk Anda yang belum pernah menyusun sebuah surat proposal, berikut ini terdapat contoh proposal secara singkat dan dapat dijadikan referensi untuk membuatnya.

Contoh Proposal Singkat Usaha Makanan

Contoh Proposal Singkat Usaha Makanan

PROPOSAL USAHA MAKANAN

“Eat the Yummy Toast”

BAB I: LATAR BELAKANG

Kebutuhan nutrisi dari asupan makanan yang baik merupakan hak semua orang. Namun, tidak sedikit asupan makanan tersebut mempunyai harga jual yang tinggi, sehingga tidak mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk mengkonsumsinya. Maka dari itu, saya Rahardian Putra Rizki, berinisiatif untuk menjalankan sebuah usaha makanan yang dapat menjangkau semua kalangan dengan cita rasa lezat, akan tetapi harganya terjangkau yang diberi nama “Eat the Yummy Toast”.

Bisnis yang akan saya jalankan dalam jangka waktu dekat ini menggunakan roti tawar sebagai bahan baku utama dengan isian sayur, telur, daging, dan saus buatan sendiri. Tidak hanya itu, komposisi dari setiap makanan yang dijual telah diperhitungkan kandungan gizi di dalamnya, sehingga gizi yang terdapat dalam setiap makanan dijamin dengan kondisi kesegaran dan kebersihan yang terjaga.

BAB II: VISI DAN MISI

Berikut ini terdapat visi dan misi dari bisnis “Eat the Yummy Toast” yang saya terapkan supaya usaha ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai perencanaan awal.

Visi:

  • Menciptakan makanan yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
  • Membuktikan bahwa makanan lezat mampu mempunyai kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh

Misi:

  • Menggunakan bahan baku yang diproduksi dari penduduk sekitar, seperti pembelian daging ayam, sapi, ikan, sayur mayur dan bahan pelengkap lainnya supaya terjaga kesegarannya sekaligus membantu perekonomian mereka.
  • Melibatkan para pemuda yang belum mempunyai pekerjaan untuk turut serta dalam proses pembuatan menu “Eat the Yummy Toast” dengan pemberian pelatihan, mulai dari proses pembuatan hingga pengemasan makanan.

BAB III: PENJELASAN SINGKAT PERENCANAAN USAHA

Dalam proses menjalankan usaha “Eat the Yummy Toast”, saya akan menjabarkan secara singkat mengenai perencanaan usaha secara transparan, sehingga dana yang dialokasikan akan jelas dan terarah.

Profil Singkat Usaha

Nama Usaha                                   : Eat the Yummy Toast

Menu-menu yang Ditawarkan           : Spicy beef toast, crispy chicken toast, dan melted fish toast

Jenis Usaha yang Dijalankan           : Usaha rumahan

Alamat lengkap                               : Jalan Cendrawasih, nomor B1/09, Cilandak, Jakarta Selatan

Nomor Telepon                               : (091) 88765112

Proses Gambaran Awal Usaha

Menu makanan yang ditawarkan oleh “Eat the Yummy Toast” bertujuan untuk mengganti posisi nasi karena dalam satu porsinya, baik dari penggunaan roti dan isiannya cukup melimpah dan dapat mengenyangkan. Terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat yang cukup, setiap porsi roti dari “Eat the Yummy Toast” dinilai sangat bergizi.

Produk Usaha yang Ditawarkan

  • Menu dari “Eat the Yummy Toast” akan diproses dengan cara dipanggang dan menggunakan margarin sebagai pengganti minyak goreng. Roti yang digunakan pun juga homemade (buatan sendiri) lalu menggunakan daging yang sudah diolah dan diberi bumbu, serta ditambahkan sayur segar dan olesan saus sambal, tomat, dan bahan-bahan pendukung lainnya.
  • Setiap menu menggunakan dus dengan label “food grade”, sehingga aman saat bersentuhan dengan makanan.

Rincian Dana yang Dibutuhkan

Untuk dana yang dibutuhkan terkait pembangunan usaha “Eat the Yummy Food” membutuhkan dana sekitar Rp3.000.000, terhitung mulai dari bahan baku hingga proses pengemasan produk saat diterima oleh konsumen.

  • Bahan Baku

Daging sapi Rp 150.000/kg x 2= Rp300.000

Daging ayam Rp 45.000/kg x 3= Rp135.000

Daging Ikan Rp 25.000/kg x 4= Rp100.000

Selada, tomat, timun= Rp100.000

Bumbu-bumbu dapur= Rp25.000

Tepung, telur, margarin, gula, garam, ragi  = Rp75.000

  • Kemasan dan alat makan

Dus, plastik pembungkus, dan sendok= Rp25.000

  • Pembayaran Karyawan

Upah Karyawan Rp300.000 x 3= Rp900.000

  • Pemasaran Produk

Memanfaatkan endorse selebgram di Instagram bernama Erica Carolina (Rp1.000.000)

PENUTUP

Dengan adanya surat proposal ini, diharapkan informasi yang telah dijelaskan sudah tersusun secara detail. Semoga Bapak/Ibu berkenan untuk menjalin kerja sama dengan saya untuk membangun usaha “Eat the Yummy Toast” untuk menyediakan jajanan sehat dengan harga terjangkau kepada masyarakat. Terima kasih atas waktunya dan semoga Bapak/Ibu diberikan kesehatan selalu. Aamiin.

Contoh Proposal Singkat Study Tour

Contoh Proposal Singkat Study Tour

PROPOSAL

KEGIATAN STUDY TOUR SISWA-SISWI SMA HARAPAN MULIA BANGSA 2021

DEPOK, JAWA BARAT

PENDAHULUAN

Pembelajaran efektif tidak hanya dilakukan dalam lingkungan sekolah saja, melainkan dibutuhkan alternatif lainnya supaya proses pembelajaran lebih optimal. Maka dari itu, kami selaku perwakilan dari SMA Harapan Mulia Bangsa mengadakan sebuah kegiatan berwisata sekaligus belajar dengan tajuk “Explore Your Potential: Collaborate and Team Work”.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk siswa-siswi yang duduk di kelas XII SMA sebelum nantinya akan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni ke Universitas. Kegiatan study tour ini tidak hanya berfokus pada pelatihan kemampuan akademis saja, akan tetapi akan ada serangkaian pelatihan yang berhubungan dengan self development (perkembangan diri) untuk masing-masing siswa-siswi pada kegiatan ini.

LATAR BELAKANG

Kegiatan study tour ini dilaksanakan karena ada faktor-faktor pendukung yang menjadikan pihak sekolah berinisiatif untuk menyelenggarakannya. Jika kegiatan ini mendapatkan persetujuan dan dukungan dana, maka kegiatan study tour ini akan sangat bermanfaat sekaligus berkesan untuk para siswa-siswi setelah lulus dari SMA Harapan Mulia Bangsa.

Berikut ini faktor-faktor pendukungnya:

  • Jika pembelajaran terus menerus dilakukan di dalam kelas dan laboratorium, maka para siswa dan siswi hanya menghabiskan sebagian waktu mereka untuk membaca dan menghafal teori pembelajaran saja. Padahal, mereka membutuhkan pengaplikasian teori yang dipelajari secara langsung di lapangan (praktik) supaya dapat memaksimalkan pengetahuan yang mereka ketahui.
  • Sebagai bentuk refreshing dengan mengalokasikan waktu untuk para siswa-siswi di kegiatan study tour dan memberikan bentuk pembelajaran yang santai, menyenangkan, akan tetapi tetap ada makna pembelajaran yang wajib mereka pelajari.
  • Menjalin kebersamaan antara guru, staf, dan para siswa-siswi supaya tercipta hubungan yang akrab. Terlebih lagi dengan banyaknya para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan study tour ini, baik yang berasal dari kelas jurusan IPA dan IPS.
  • Mengasah impersonal skill dan membiasakan diri untuk bekerja secara tim, serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang diberikan oleh para guru kepada siswa-siswi sebagai sebuah tugas. Hasil akhirnya nanti dapat menjadi nilai tambah pada nilai rapor di semester dua mendatang.

LOKASI DAN DESTINASI TUJUAN STUDY TOUR

Lokasi study tour yang akan dijadikan tempat kegiatan para siswa-siswi SMA Harapan Mulia Bangsa adalah di kota Bandung, Jawa Barat. Rencananya, kegiatan akan dilangsungkan di beberapa tempat, mulai dari museum, peternakan, kesenian, dan tempat-tempat lainnya yang akan diselenggarakan selama 3 hari 2 malam (terhitung dari waktu keberangkatan, proses acara, hingga pulang).

Tempat-tempat yang akan dikunjungi berupa:

  • Museum Konferensi Asia Afrika
  • Museum Geologi
  • Farm House Susu Lembang
  • Saung Angklung Mang Udjo
  • Taman Budaya Dago

Dengan melibatkan 100 peserta (termasuk guru, staff, dan murid) maka dibutuhkan dukungan dana dari pihak ketua yayasan sebesar Rp20.000.000 (tambahan dana dari orang tua murid dengan biaya per siswa Rp500.000).

Sekiranya penjelasan secara detail mengenai program study tour SMA Harapan Mulia Bangsa di tahun 2021 ini dapat terlaksana. Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

Contoh Proposal Singkat Kegiatan Sekolah

Contoh Proposal Singkat Kegiatan Sekolah

PROPOSAL

PENTAS SENI (PENSI) BERTAJUK

“ EXCRENATION”

SMA 76 BEKASI SELATAN

Latar Belakang Kegiatan Pensi

Sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, kami selaku dari OSIS SMA 76 Bekasi Selatan mengajukan surat proposal demi terselenggarakannya Pentas Seni (Pensi) dengan tajuk EXCRENATION (expression of creativity nation).

Kegiatan Pensi kali ini diharapkan dapat menjadi wadah kreativitas, baik untuk siswa-siswi SMA 76 dan memberikan kesempatan untuk SMA lainnya di Bekasi Selatan berpartisipasi dalam bidang seni. Kegiatan yang akan diselenggarakan mulai dari drama musikal, pertunjukan band musik, seni tari, hingga cosplay.

Selain itu, hasil dari kegiatan Pensi akan disumbangkan untuk korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur yang terkena musibah banjir bandang. Pemberian sumbangan dalam bentuk sembako, pakaian, dan buku bacaan untuk anak-anak.

Tujuan Utama Kegiatan Pensi

  • Kegiatan tahunan di bidang seni.
  • Menciptakan silaturahim antara siswa-siswi SMA 76 Bekasi Selatan dengan murid lainnya dari seluruh SMA di kota Bekasi.
  • Alokasi dana sepenuhnya digunakan untuk keperluan pensi dan sumbangan amal untuk para korban banjir di Nusa Tenggara Timur.

Waktu dan Lokasi Pelaksanaan Pensi

Pelaksanaan Pensi pada tahun 2021 ini akan dilaksanakan di lapangan utama SMA 76 Bekasi Selatan. Waktu pelaksanaan pada hari Sabtu, 21 Juni 2021.

Susunan Kegiatan Pensi

  1. 00-10.00 WIB: Sambutan dari kepala sekolah SMA 76 Bekasi Selatan
  2. 00-12.00 WIB: Kegiatan Pensi dilaksanakan
  3. 00-13.00 WIB: Isoma (Istirahat-Sholat-Makan)
  4. 00-16.00 WIB: Kegiatan Pensi dilanjutkan kembali
  5. 00-16.30 WIB: Acara penutupan Pensi (terdapat guest star utama)
  6. 30-17.00 WIB: Acara Pensi selesai

Dana untuk Kegiatan Pensi

Selain mengandalkan sponsor, kami ternyata masih membutuhkan dana untuk merealisasikan kegiatan Pensi supaya sesuai dengan tujuan. Kekurangan dana yang kami butuhkan sebesar Rp20.000.000. Dana yang telah berhasil kami kumpulkan dari sponsor dan uang kas OSIS mencapai Rp15.000.000.

Total dana yang kami butuhkan untuk menyelenggarakan Pensi “EXCRENATION” sebesar Rp35.000.000 yang digunakan untuk:

  1. Sewa panggung, lampu, dan sound system: Rp10.000.000
  2. Pembayaran bintang tamu (Isyana Sarasvati): Rp5.000.000
  3. Penyewaan alat musik (gitar, bass, mic, dan drum): Rp5.000.000
  4. Makan siang (untuk para pengisi acara, peserta, dan anggota OSIS): Rp5.000.000
  5. Souvenir (berupa stiker, pin, dan buku catatan untuk setiap pengunjung): Rp5.000.000
  6. Piagam dan Souvenir untuk pengisi acara (peserta dan bintang tamu): Rp5.000.000

Perincian dana hingga kegiatan yang dilaksanakan telah dijabarkan pada surat proposal ini. Diharapkan dapat menjadi gambaran untuk kepala sekolah SMA 76 Bekasi Selatan terkait kegiatan Pensi ini. Besar harapan kami jika kepala sekolah mampu berkontribusi dan memberikan bantuan dana demi terlaksananya kegiatan ini:

Marrisa Wiyana Arfiah                        Tanoe Adjie Baskhoro                               Tinitah Putri

(Ketua OSIS SMA 76)                      (Wakil Ketua OSIS SMA 76)     (Bendahara OSIS SMA 76)

Contoh Proposal Singkat Kegiatan Relawan

Contoh Proposal Singkat Kegiatan Relawan

Surat Proposal

Kegiatan Relawan Komunitas Cahaya Indonesia

Bencana alam yang terjadi di kota Banten, Jawa Barat, merusak seluruh infrastruktur dan menelan banyak korban jiwa. Kami atas nama Komunitas Cahaya Indonesia terdorong untuk menjadi relawan dan membantu saudara-saudara kita dalam memberikan pertolongan, baik secara materi maupun self healing yang mengakibatkan trauma pada setiap korban di sana.

Dana yang dibutuhkan untuk membantu para korban banjir di kota Banten memang tidak sedikit, yakni sekitar Rp100.000.000. Untuk transportasi dan uang makan para relawan, kami dari Komunitas Cahaya Indonesia menggunakan dana pribadi tanpa sedikit pun menggunakan dana penggalangan dana jika memang Bapak/Ibu berkenan untuk berpartisipasi dan berdonasi untuk kegiatan mulia ini.

Tujuan Tugas Utama Relawan Komunitas Cahaya Indonesia

  • Turun langsung ke lapangan untuk membantu para korban, baik yang masih terjebak di rumah karena banjir atau hilang terbawa arus.
  • Memastikan jika asupan makanan, minuman, dan pakaian terdistribusi secara merata ke seluruh korban bencana alam banjir bandang di kota Banten.
  • Turut membantu membangun posko, sekolah, dan tempat berlindung sementara untuk para korban, sehingga terhindar tetap dapat beraktivitas layaknya kegiatan normal sehari-hari.
  • Merencanakan kegiatan interaktif, khususnya untuk anak-anak, supaya tetap ceria dan mengobati trauma karena banjir yang datang secara tiba-tiba menghancurkan rumah serta barang-barang pribadi.

Dana untuk Para Korban di Kota Banten

Berikut ini terdapat perincian dana yang akan digunakan sebagai bentuk kepedulian para donatur melalui Komunitas Cahaya Indonesia.

  • Sembako (Rp35.000.000)
  • Pakaian, selimut, buku anak-anak (Rp20.000.000)
  • Pembelian bahan baku pembangunan posko, sekolah, dan tempat berlindung darurat (Rp40.000.000)
  • Makanan sehari-hari para korban (Rp5.000.000)

Pelaksanaan Kegiatan Relawan di Kota Banten

Rencananya, ketika total dana yang dibutuhkan sudah mencapai target, Komunitas Cahaya Indonesia akan langsung pergi menuju Banten pada bulan Oktober mendatang. Saat ini kami sedang mencicil untuk membeli kebutuhan-kebutuhan para korban di Banten sembari mencari tambahan dana donasi supaya kegiatan mulia ini dapat terlaksana.

Informasi Terkait Perkembangan Penggalangan Dana

Kami perwakilan dari Komunitas Cahaya Indonesia telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penggalangan dana. Total yang diperoleh hingga saat ini mencapai Rp20.000.000. Hal tersebut tampaknya masih belum menyentuh target donasi dana yang akan diberikan kepada saudara-saudara yang berada di kota Banten.

 

Maka dari itu, diharapkan melalui proposal surat ini, Bapak Trihardjo Laksmono, selaku ketua dari yayasan Volunteer Indonesia memberikan dukungan secara moril dan materil terkait kegiatan ini. Proses aliran dana, mulai dari perkembangan pertambahan nominal hingga pembelian barang-barang yang akan didistribusikan langsung ke kota Banten akan sangat transparan dan semua pihak dapat menyaksikannya melalui media sosial Instagram dan Facebook komunitas kami di “Komunitas Cahaya Indonesia”.

Penggunaan surat proposal memang terlihat sulit pada awalnya. Namun, jika Anda mengikuti contoh proposal singkat, maka proposal yang direncanakan dapat terstruktur dengan baik dan menampilkan informasi yang sekiranya penting untuk diketahui oleh pihak terkait.

Perlu diingat, penggunaan surat proposal memang dibuat untuk kegiatan-kegiatan penting dan melibatkan pihak-pihak tertentu. Bantuan yang akan diberikan nanti harus jelas penggunaannya tanpa ada niat buruk dengan berkedok “surat proposal resmi”. Jadi, Anda sudah siap membuat surat proposal?

3+ Contoh Proposal Singkat Usaha, Relawan, dan Study Tour

Advertisements

One thought on “3+ Contoh Proposal Singkat Usaha, Relawan, dan Study Tour

  1. Pingback: 5+ Contoh Proposal Lengkap Kegiatan Sekolah, Usaha, dll (Terbaru)

Add Comment