Contoh Proposal Penelitian Ekonomi Yang Baik Dan Benar Sekolahnesia

Contoh Proposal Penelitian Ekonomi Yang Baik Dan Benar

Contoh proposal penelitian ekonomi – Dibandingkan mencari contoh proposal penelitian ekonomi, akan lebih baik bagi Anda untuk mencari informasi mengenai cara membuat proposal penelitian di bidang ekonomi. Hal ini akan membantu mempermudah kegiatan penyusunan proposal yang lebih berkualitas. Untuk membuat proposal bidang ekonomi yang berkualitas ini, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan

Contoh Proposal Penelitian Ekonomi “Riset masalah”

Contoh Proposal Penelitian Ekonomi "Riset masalah"

Sebelum Anda melakukan penelitian, pastikan penelitian yang akan Anda lakukan tersebut belum pernah diteliti. Hal ini merupakan hal dasar yang harus Anda mengerti. Untuk mengetahui apakah masalah yang akan Anda angkat dalam penelitian ini belum pernah dibahas, mencari di search engine bisa jadi pilihan.

Selain untuk mengetahui apakah masalah yang akan Anda angkat ini sudah ada atau belum, melakukan riset masalah sangat penting untuk membangun latar belakang proposal yang lebih menjanjikan. Ketika latar belakang proposal Anda kurang menarik, penelitian bisa ditolak dan tidak bisa dilanjutkan.

Perhatikan metode penelitian yang cocok

Perhatikan metode penelitian yang cocok

Selain mencari informasi mengenai masalah yang sesuai dengan perkembangan zaman dan menarik, Anda juga harus mengetahui metode penelitian apa yang cocok untuk digunakan. Metode penelitian bisa dilakukan dengan cara kualitatif, kuantitatif, maupun campuran.

Saat mencari metode penelitian ini Anda juga bisa membaca contoh proposal penelitian ekonomi untuk memberikan gambaran pada Anda seperti apa penggunaan kedua metode ini. Selain itu Anda juga bisa membaca artikel kami sebelumnya yang membahas mengenai kapan metode kualitatif dan metode kuantitatif cocok digunakan.

Perhatikan manfaat dari penelitian

Perhatikan manfaat dari penelitian

Satu lagi hal penting untuk diperhatikan saat Anda akan membangun proposal penelitian yang berkualitas adalah memperhatikan manfaat dari proposal dan penelitian yang akan Anda lakukan. Jika Anda membuat penelitian yang tidak bermanfaat, Anda akan perlu waktu saja bukan? Membuat penelitian yang bermanfaat dan menarik bisa membantu menambah pengetahuan Anda sekaligus dapat menambah daftar pencapaian pada CV Anda.

Berhati-hati dalam menentukan ruang lingkup

Berhati-hati dalam menentukan ruang lingkup

Saat Anda membaca contoh proposal penelitian yang buruk, umumnya proposal tidak akan memperhatikan ruang lingkup dengan baik. Ruang lingkup penelitian sangat penting untuk ditentukan karena dapat membantu meningkatkan kualitas penelitian Anda.

Hindari membuat ruang lingkup yang terlalu kecil karena hal ini dapat membuat penelitian Anda kurang bermanfaat. Hindari juga membuat ruang lingkup yang terlalu besar karena penelitian mungkin menjadi tidak terarah.

Pastikan Anda memiliki referensi

Pastikan Anda memiliki referensi

Saat Anda akan melakukan penelitian sederhana, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui referensi yang jelas dan terpercaya mengenai masalah Anda. Jika Anda sedang melakukan penelitian sederhana, akan lebih baik jika Anda mencari penelitian yang sudah ada terlebih dahulu.

Anda bisa mencari masalah yang belum diselesaikan dalam penelitian tersebut sebagai bahan penelitian Anda. Hal ini akan membantu Anda mencari informasi dan referensi dengan lebih mudah. Referensi tidak hanya digunakan pada bagian landasan teori contoh proposal penelitian ekonomi akan tetapi digunakan juga dalam menyusun analisis data hasil penelitian.

Contoh Proposal Penelitian Ekonomi Yang Baik Dan Benar

Advertisements

Leave a Reply