contoh teks tanggapan kritik

13 Contoh Teks Tanggapan Kritis (beserta struktur penulisannya)

Teks Tanggapan Kritis – Teks tanggapan kritis merupakan bentuk penyampaian untuk menyampaikan kritik kepada suatu hal. Tentunya ada beberapa jenis dari teks ini dengan maksud dan tujuan yang berbeda. Dari contoh teks tanggapan kritis akan mempermudah cara untuk memahaminya termasuk cara penulisannya. Pada teks ini memiliki tujuan dan ciri tersendiri yang harus dimuat dalam penulisannya seperti contoh di bawah.

Untuk membuat jenis teks ini perlu memahami kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Termasuk untuk memperhatikan susunan saat penulisannya. Pada tanggapan kritis isi dari teks nya selalu memberikan pendapat secara umum yang diambil dari beberapa bukti singkat. Biasanya, teks ini juga bisa dijadikan sebagai bahan sindiran bagi beberapa pihak tertentu.

Apa Itu Teks Tanggapan Kritis

Apa Itu Teks Tanggapan Kritis

Pengertian teks tanggapan kritis adalah sebuah tulisan yang berisi kritik atau pendapat yang pedas. Isi dari teks ini dapat memberikan kritik terhadap suatu kesalahan atau hal yang tidak dianggap benar. Hal ini bisa mengambil contoh dari suatu kegiatan debat. Ketika orang A sedang memberikan kritik kepada orang B dengan hal apa yang disampaikan oleh orang B dirasa kurang pas.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan juga bahwa teks ini merupakan analisa mengenai suatu pendapat dari apa yang terjadi atau dilakukan. Dengan demikian, dari contoh teks tanggapan kritis dapat memberikan gambaran tentang cara untuk memberikan kritik yang baik dan benar. Hal ini karena, setiap tanggapan yang dikeluarkan harus memiliki alasan dan manfaat yang lebih baik.

Struktur Penulisan Contoh Teks Tanggapan Kritis

Struktur Penulisan Contoh Teks Tanggapan Kritis

1. Terdapat evaluasi:

Bagian ini akan menjadi tempat untuk memberikan pernyataan umum tentang sesuatu yang akan dibahas.

2. Memiliki deskripsi:

Pada deksripsi teks akan memuat beberapa informasi penting dari data dan pendapat. Hal ini akan berkaitan dengan bagian pendukung dari pernyataan yang disampaikan atau bisa melemahkan suatu pernyataan.

3. Adanya penegasan ulang:

Penegasan ulang akan berada pada akhir teks. Fungsi dari penegasan ini akan memberikan suatu ketegasan dari hal yang telah diputuskan atau dilakukan.

10+ Contoh Teks Tanggapan Kritis

Contoh Tanggapan Kritis Tentang Merokok di Kalangan Remaja

Contoh Tanggapan Kritis Tentang Merokok di Kalangan Remaja

ORIENTASI:

Semakin berkembangnya jaman membuat banyak remaja harus mengikuti pergaulan di usianya. Terkadang pergaulan tersebut tidak selalu mendukung kearah yang positif. Seperti halnya kegiatan merokok di kalangan remaja yang saat ini jumlahnya semakin banyak. Bagi kebanyakan remaja, merokok bukanlah hal yang aneh dengan banyaknya kawan di usianya yang melakukan hal sama.

Ketika melihat hal ini terjadi harus ada langkah yang tepat agar mampu mengurangi jumlahnya. Keresahan warga dan orang tua atau pihak sekolah pun membuat kasus ini semakin rumit. Dengan jumlah yang semakin banyak maka penanganan pun harus semakin ekstra.

EVALUASI:

Merokok bagi remaja saat ini dianggap sebagai hal yang wajar. Kebanyakan merasa jika merokok merupakan hal wajib untuk dilakukan ketika ingin bergaul. Tentunya hal ini bukanlah hal yang baik dari kacamata sosial yang positif. Banyak pihak saling menyalahkan termasuk pihak orang tua dan sekolah. Sebenarnya, hal ini terjadi karena anak memiliki kesempatan dan kemampuan untuk melakukannya.

Dengan hal yang terjadi ini, seharusnya orang tua semakin waspada untuk memberikan kebebasan atau uang bekal yang lebih kepada anak. Terutama dampak dari merokok ini sangat buruk apalagi jika dilakukan oleh kalangan remaja. Tentunya dari merokok kalangan remaja dapat berlanjut ke hal negatif lainnya seperti narkoba dan obat-obatan.

Orang dewasa juga berpengaruh terhadap kejadian ini. Pasalnya, orang dewasa mampu memberikan contoh yang buruk untuk merokok sembarangan. Pemilik warung penjual rokok pun cenderung tidak memikirkan hal ini dan lebih mementingkan keuntungan semata.

PENEGASAN:

Disaat orang tua atau pendamping anak sudah tahu penyebab terbesar dari kelakuan negatif ini penanganan yang tepat sangat dibutuhkan. Terutama, jika dibiarkan anak remaja akan memiliki masalah yang serius dalam pergaulan yang bebas. Dari merokok remaja tersebut dapat melakukan hal yang lebih parah sekalipun. Maka, pengawasan dari orang tua dan pendamping murid sangatlah penting.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Film Sinetron

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Film Sinetron

ORIENTASI:

Terdapat banyak jenis film atau tontonan yang tidak masuk akal saat ini. Termasuk jenis film sinetron yang di nilai tidak memiliki dampak yang positif bagi berbagai kalangan. Tentunya, pada film sinetron ini akan menceritakan sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan seseorang. Pasalnya, jalan cerita yang ditawarkan sering kali tidak masuk di akal dan jauh dari norma yang baik.

Hal ini terntunya merupakan masalah yang serius. Mengingat dampak dari tontonan sinetron semakin dirasakan oleh banyak pihak. Ada berbagai hal yang membuat kejadian ini semakin menyebar dan membuat resah segala pihak. Termasuk dari jalan cerita, judul, atau berbagai hal lainnya dalam film sinetron.

EVALUASI:

Dari berbagai pendapat yang menyatakan bahwa, film sinetron bukanlah tontonan yang baik untuk dinikmati oleh kalangan remaja ke bawah. Hal ini di dasari oleh beberapa hal salah satunya adalah terdapatnya jalan cerita yang negative. Tentunya, jalan cerita yang negative bisa membuat otak mencerna berbagai hal tersebut dan menyimpan atau bahkan menirunya.

Contohnya, ketika ada adegan sinetron tentang pembunuhan, pemerkosaan, atau hal buruk lainnya. Dapat dibayangkan jika hal tersebut dicontoh oleh kalangan remaja atau anak-anak. Dampak dari penayangan yang buruk tersebut dapat langsung dirasakan oleh orang di sekitarnya. Hal ini perlu langkah yang serius dengan melakukan filterisasi yang lebih baik terhadap penayangan sinetron di Indonesia.

TAFSIRAN:

Ketika kemunculan berbagai judul atau tema sinetron yang buruk mulai tidak di perhatikan. Tanpa disadari, dampak negatifnya sudah mulai semakin terasa. Bahkan banyak korban yang mulai berjatuhan dengan pelaku yang masih di bawah umur. Tentunya, hal ini menjadi perhatian bagi orang tua dan pemerintah untuk melakukan pemantauan yang lebih ekstra.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kantong Plastik

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kantong Plastik

ORIENTASI:

Kegiatan berbelanja sering dilakukan siapa pun dalam kurun waktu yang berbeda. Ketika berbelanja kantong plastik merupakan hal utama yang harus ada. Khususnya di Indonesia, kantong plastic selalu dijadikan sebagai tempat untuk membungkus barang yang telah dibeli tersebut. Sebenarnya, penggunaan kantong plastik sebagai pembungkus belanjaan bukanlah hal yang baik untuk dilakukan.

Semakin hari penggunaan kantong plastik semakin banyak. Sampai-sampai saat ini pemerintah kesulitan untuk mengolah sampahnya. Penggunaanya sebenarnya memang sangat penting dan cenderung sulit untuk digantikan. Akan tetapi, dampak besar dari penggunaan berlebih bisa membuat sampah yang semakin bertambah. Sampahnya pun cenderung sulit untuk diuraikan dengan cara apa pun.

EVALUASI:

Penggunaan kantong plastik masih digunakan hampir di seluruh Indonesia. Dengan penggunaan yang banyak dan berlebihan ternyata hal ini memberikan dampak yang serius. Salah satu dampak utamanya adalah sampah yang sulit terurai dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengurainya. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi berbagai pihak dengan sampah yang semakin menumpuk.

Dengan sampah yang semakin bertambah ini, pemerintah di Indonesia sering menyerukan untuk mengurangi penggunaannya. Hal ini didasari oleh beberapa hal khususnya dengan dampak serius yang semakin dirasakan. Banjir dan penyakit serius sering kali muncul dari banyaknya sampah plastik. Hal itu sebenarnya terjadi karena proses penguraiannya yang membutuhkan waktu lama dan menjadi penyakit.

TAFSIRAN:

Sudah menjadi tugas dari semua pihak untuk menjaga kesehatan dunia dan negeri ini. Langkah yang harus dimulai adalah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik ini. Ketika hal ini dibiarkan akan memberikan dampak yang serius. Tidak hanya pada alam saja namun juga pada kesehatan manusia dan makhluk lainnya di bumi. Dengan menguranginya dapat memberikan dampak yang lebih positif.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kesalahan Penggunaan Motor Roda Dua

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kesalahan Penggunaan Motor Roda Dua

ORIENTASI:

Di Indonesia, kendaraan bermotor roda dua sering menjadi andalan untuk alat transportasi bagi semua kalangan. Intinya, kendaraan ini dapat menunjang siapa pun untuk berkendara lebih cepat dan terkadang dapat terbebas dari kemacetan. Sebenarnya, ada hal lain yang menjadi dampak serius dari penggunaanya. Salah satunya adalah kesalahan setiap orang yang menggunakan kendaraan motor roda dua ini.

Saat ini banyak ditemukan kasus kecelakaan bagi pengguna kendaraan motor roda dua. Hal ini didasari oleh berbagai hal dan dari ketidak sadaran manusia itu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kejadian kecelakaan kendaraan bermotor tidak terus terjadi. Tentunya, peran diri sendiri atau orang disekitar memberikan pengaruh yang sangat penting untuk mengatasi hal ini.

EVALUASI:

Dengan jumlah pengguna kendaraan roda dua yang semakin banyak di Indonesia, banyak pula korban yang berjatuhan dari kecelakaan yang terjadi. Hal utama dari dampak ini adalah kurangnya kesadaran diri dari pengguna itu sendiri. Salah satunya adalah dengan berkendara tidak menggunakan pengaman yang telah menjadi standar. Seperti pengguaan helm dan lain sebagainya yang dianggap kurang penting.

Untuk hal yang kedua, banyak kecelakaan terjadi karena penggunanya yang masih di bawah umur. Dengan demikian, peran orang sekitar seperti orang tua khususnya sangatlah penting untuk diperhatikan. Ketika orang tua mampu untuk memberikan pengertian yang tepat maka hal tersebut dapat diterima dengan baik. Dengan demikian, angka dari kecelakaan dapat berkurang dari kesadaran masing-masing.

TAFSIRAN:

Tentunya, kesadaran diri menjadi penolong utama untuk mengurangi kesalahan mengendarai motor roda dua. Ketika seseorang berkendara sering kali hawa nafsunya tidak dapat ditahan. Terutama ketika tidak menggunakan keamanan yang telah dianjurkan. Hal ini akan memberikan dampak yang begitu serius bagi siapa pun. Maka, cobalah berkendara sesuai dengan aturan dan anjuran yang berlaku.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Hubungan Bebas

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Hubungan Bebas

ORIENTASI:

Jumlah kalangan remaja di Indonesia memang tidak terhitung banyaknya. Terdapat beberapa aktifitas remaja yang harus di garis bawahi karena cenderung menyalahi aturan yang berlaku. Tentunya, pergaulan bebas sering kali terjadi di kalangan remaja saat ini. Salah satu pergaulan bebasnya adalah hubungan bebas yang sering dilakukan kalangan remaja dengan terang-terangan saat ini.

Hal ini bukan sesuatu yang harus di diamkan begitu saja. Dengan adanya dampak yang signifikan maka semua pihak bertanggung jawab untuk mengurangi hubungan bebas ini. Tentunya, dari banyak kasus yang terjadi pelaku hubungan bebas ini banyak yang masih di bwah umur. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kejadian ini semakin berkurang di kalangan remaja.

EVALUASI:

Kasus dari hubungan bebas yang banyak terjadi khususnya di Indonesia memang tidak dapat dipungkiri jumlahnya. Kenakalan remaja saat ini semakin beragam dengan adanya hubungan bebas yang dilakukan tanpa segan. Tentunya, hal ini membuat resah semua kalangan khususnya orang tua dari pelaku tersebut. Bagi beberapa remaja hubungan yang bebas bukanlah hal yang janggal lagi.

Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa hubungan yang bebas ini merupakan bentuk dari cara bergaul yang kekinian. Padahal sebenarnya hal tersebut salah untuk dilakukan dan melanggar norma dengan sangat jauh. Saat ini banyak pihak yang harus andil untuk mengurangi nya khususnya orang tua atau guru di sekolah. Memberikan pembelajaran yang penting mengenai hal ini pun wajib untuk dilakukan.

TAFSIRAN:

Dari banyaknya kejadian yang menimpa kalangan remaja saat ini. Seharusnya, sebagai orang tua dapat memberikan pengertian yang cukup bagi anaknya. Memang pemantauan yang tepat harus dilakukan tanpa adanya kesan mengekang. Sebenarnya, pendidikan sejak dini memang penting untuk memastikan jika sebenarnya anak dapat lebih waspada.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kekerasan Seksual

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kekerasan Seksual

ORIENTASI:

Kekerasan yang terjadi saat ini memang tidak hanya pada kekerasan fisik saja. Sering kali jenis kekerasan seksual terjadi di kalangan masyarakat. Hal ini bukan tanpa sebab dan alasan yang tidak jelas bagi pelakunya. Ada beberapa hal yang harus di garis bawahi oleh berbagai pihak mengenai hal ini. Tentunya, penanganan yang tepat sangat dibutuhkan karena kekerasan seksual dapat menyebabkan trauma.

EVALUASI:

Kejadian kekerasan memang jumlahnya selalu bertambah seiring berjalannya waktu. Sebab utamanya pun bermacam-macam. Dimulai dari hasrat seseorang hingga kesalahan dari wanita itu sendiri yang berpakaian terlalu mencolok. Banyak pihak yang harus bertanggung jawab akan hal ini dengan memberikan penyuluhan lebih lanjut. Pembelajaran tersebut dapat mencegah untuk bertambahnya kasus ini.

TAFSIRAN:

Langkah yang tepat perlu untuk diperhatikan untuk mengurangi kasus ini. Tentunya, dari apa yang banyak terjadi, korban kekerasan seksual ini beragam dari berbagai kalangan usia. Pemerintah dan orang terdekat korban atau pelaku menjadi andil yang sangat penting untuk memperhatikan hal ini.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kebakaran Hutan

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kebakaran Hutan

ORIENTASI:

Belakangan ini, terdapat banyak kebakaran hutan dengan kejadian dan sebab yang beragam. Di Indonesia khususnya, kebakaran hutan ini kerap terjadi dan tanpa disadari penyebabnya itu sendiri adalah manusia. Saat ini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dengan penebangan hutan dan menyebabkan kebakaran hutan semakin banyak terjadi. Jika tidak diatasi hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

EVALUASI:

Penebangan hutan yang membuat lahan hijau gundul membuat rerumputan dan hutan menjadi kering. Ketika hutan menjadi kering maka potensi terbakarnya hutan dan rerumputan semakin besar. Hal ini lah yang menjadi dampak utama dari kebakaran hutan. Tentunya, pihak yang berwajib seharusnya mampu untuk bertindak dengan tegas agar mampu mengurangi angka kebakaran hutan di Indonesia.

TAFSIRAN:

Dengan penegasan yang lebih baik akan ada langkah penebangan hutan yang lebih teratur. Tentunya, lahan hijau memang harus dijaga dengan menetapkan porsi penebangan hutan di Indonesia. Hal ini dilakukan agar lahan hijau semakin banyak untuk di temukan di Indonesia. Ketika lahan hijau semakin terjaga maka pernapasan di Indonesia akan semakin sehat dan segar untuk dihirup.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Situs Dewasa

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Situs Dewasa

ORIENTASI:

Internet memang menjadi bagian penting dari seluruh masyarakat di bumi. Indonesia menjadi pengguna internet yang lumayan besar dengan berbagai macam pengguna di segala usia. Sayangnya, masih banyak situs dewasa yang terdapat di beberapa situs internet. Hal ini seharusnya semakin cepat untuk ditangani oleh berbagai pihak. Dengan dampak yang semakin terasa terutama oleh pengguna yang di bawah umur.

EVALUASI:

Situs dewasa semakin merajalela dan mudah untuk menyebar di Indonesia. Banyak hal yang mendasari hal ini terjadi salah satunya adalah kurangnya ketegasan dan pengawasan pemerintah. Pelaku dari penyebaran pun beragam dengan berbagai usia dari remaja hingga dewasa. Bahkan, sampai saat ini banyak masyarakat menilai bahwa aturan untuk hal ini masih belum dan kurang tegas.

TAFSIRAN:

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya jika pemerintah memberikan peraturan yang jauh lebih tegas. Terutama bagi siapa pun yang melakukan, menyebarkan, dan menggunakannya. Dengan aturan yang lebih baik maka korban dari adanya situs ini akan berkurang. Pemerintah pun harus mampu memantau pertumbuhannya agar semua orang dapat terbebas dari hal yang negatif.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Situs Perjudian

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Situs Perjudian

ORIENTASI:

Siapa sangka jika perjudian masih banyak dilakukan oleh beberapa orang di Indonesia. Pelakunya bermacam-macam dimulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa. Sampai saat ini, perjudian semakin menyebar dengan menggunakan situs online. Hal ini memungkinkan siapa pun untuk mengakses dan menggunakannya sehingga membuat situasi dan keadaan semakin buruk.

EVALUASI:

Mudahnya menemukan situs untuk perjudian online menjadi ajang bagi siapa pun untuk melakukannya. Dengan kemudahan ini, banyak orang yang semakin dimanjakan dengan mencari uang menggunakan cara haram ini. Tentunya ada banyak pihak yang harus ikut andil dalam menangani masalah ini. Pemerintah dan orang tua harus mampu untuk memantau aktifitas penggunaan internet dari situs ini.

TAFSIRAN:

Ketika pemerintah dan orang tua mampu untuk memberikan pemantauan yang tepat. Kasus perjudian menggunakan situs online dapat ditangani sedikit demi sedikit. Terutama saat ini dapat diperhatikan jika anak-anak pun sudah semakin kenal dengan perjudian online ini. Ketika dibiarkan akan ada dampak serius yang berkaitan dengan moral dan norma sosial.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Mengenai Ilmu Pesugihan

Contoh Teks Tanggapan Kritis Mengenai Ilmu Pesugihan

ORIENTASI:

Kebanyakan orang ingin melakukan atau mendapatkan apa pun dengan cara yang mudah. Tanpa disadari jika segala cara dilakukan hanya akan mencelakakan dirinya sendiri. Sampai saat ini ilmu pesugihan semakin banyak dilakukan di masyarakat. Hal ini sebenarnya merupakan langkah yang menyalahi aturan beragama yang baik dan benar. Maka, ada banyak pihak yang harus memberikan pembelajaran penting.

EVALUASI:

Ilmu pesugihan tentunya bukan ilmu yang baik untuk dipelajari. Hal ini cenderung memberikan dampak yang buruk karena sering kali menjadi kejahatan yang tidak terlihat. Untuk melakukan pesugihan pun pelakunya rela mengorbankan apa pun termasuk nyawa seseorang. Dengan demikian, pemerintah seharusnya mampu untuk memberikan penyuluhan untuk memberhentikan kegiatan ini. Orang terdekat sekali pun memiliki peran yang penting agar hal ini tidak semakin banyak terjadi.

TAFSIRAN:

Ketika pemantauan dan pembelajaran mengenai hal ini semakin dilakukan. Maka, korban dari kegiatan ini mampu untuk dikurangi. Saat ini pemerintah cenderung menganggap sepele mengenai hal ini. Padahal, jika diperhatikan hal ini membuat banyak korban berjatuhan. Orang menyebutkannya sebagai pembunuhan tanpa jejak. Jika hal ini terus berlanjut maka hal buruk akan semakin banyak terjadi di kalangan masyarakat Indonesia.

Dengan memperhatikan contoh teks tanggapan kritis penulisan yang baik dan benar akan mudah untuk dilakukan. Terutama, dengan kaidah kebahasaan atau susunan yang telah dianjurkan. Membuat teks tanggapan kritis yang baik dan benar sangatlah penting. Tentunya, hal ini berperan untuk memberikan seseorang pengertian tentang cara berkomentar dengan cara yang baik sesuai kaidahnya.

Contoh Teks Tanggapan Kritis (beserta struktur penulisannya)

One Response

  1. naufal Oktober 26, 2020

Leave a Reply