15 Contoh Teks Ulasan Film (terlengkap)

Teks Ulasan Film – Adanya sebuah karya sastra, kurang lengkap rasanya bila tidak dilakukan ulasan. Adanya ulasan tersebut bertujuan untuk menunjukkan keberpihakan atau sudut pandang penulis, terhadap karya sastra tersebut. Dalam teks ulasan tersebut berisi review atau penilaian terhadap karya sastra tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya, dapat simak contoh teks ulasan film berikut.

Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Penulisan contoh teks ulasan film, memiliki struktur tersendiri yang harus dipatuhi oleh penulis. Struktur tersebut berisi informasi, pengenalan, gambaran secara detail, evaluasi, dan kesimpulan. Semua struktur tersebut harus ditulis secara urut. Berikut adalah contoh penulisan ulasan film Surat Kecil Untuk Tuhan.

Judul film          : Surat Kecil Untuk Tuhan

Tahun               : 2011

Sutradara          : Harris Nizam

Ketika tahun 2003, Keke mulai terkena penyakit kanker. Kanker tersebut merampas wajah cantiknya. Kemudian ayah Keke berusaha menyembuhkannya dengan mencari berbagai cara medis. Tidak hanya itu, para sahabat Keke juga turut menyemangatinya agar segera sembuh dari penyakit kankernya.

Lambat laun penyakit kanker yang diderita Keke mulai sembuh. Alhasil Keke merasa senang mulai beraktivitas lagi. Setelah keadaannya mulai membaik, Keke divonis menginap kanker lagi dengan keadaaan yang lebih parah dari sebelumnya. Bahkan dapat membuat Keke meninggal dunia.

Banyak dokter yang menyatakan bahwa Keke tidak akan hidup lebih lama lagi. Alhasil tubuh Keke bertahan hingga satu tahun. Kemudian Keke meninggal pada bulan desember 2006.

Pada film Surat Kecil Untuk Tuhan memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan tersebut adalah para penonton dapat terbawa perasaan saat menonton film ini. Hal ini karena film tersebut diankat dari kisah nyata. Dari film tersebut dapat diambil hikmahnya yaitu mengajarkan kita untuk selalu tabah dan ikhlas dalam menerima ujian dari Allah.

Bila diamati, film Surat Kecil Untuk Tuhan memberikan pesan tersendiri untuk para penontonnya. Salah satunya adalah berusaha untuk pantang menyerah. Hal ini terlihat dari kegigihan Keke untuk sembuh dari penyakit kankernya. Tidak hanya itu, persahatan yang kuat dapat diterapkan dikehidupan sehari – hari.

Contoh Teks Ulasan Film 5 CM

Contoh Teks Ulasan Film 5 CM

Teks ulasan dapat membahas berbagai karya sastra. Salah satunya adalah film. Dalam penulisan teks ulasan tersebut, harus sesuai dengan struktur yang berlaku. Dengan begitu dalam penulisan teks ulasan tersebut harus urut sesuai dengan struktur. Berikut adalah contoh penulisan teks ulasan film 5 cm.

Judul film          : 5 cm

Tahun               : 2012

Sutradara          : Rizal Mantovani

Film 5 cm diambil dari sebuah novel bestseller hasil karya Donny Dhigantoro. Kemudian sang sutradara yang bernama Rizal Mantovani berinisiatif untuk mengangkatnya menjadi film layar lebar. Film ini dibintangi oleh para artis ternama, salah satunya adalah Raline Shah yang berperan sebagai Riani.

Ada sebuah persahabatan yang sudah berlangsung lama, berjumlah 5 orang. Kemudian mereka merasakan kejenuhan dalam persahabatan yang stagnan. Akhirnya mereka membuat sebuah komitmen untuk tidak melakukan kontak satu sama lain, selama 3 bulan lamanya. Selama 3 bulan tersebut, mereka merasakan rindu kepada satu sama lainnya.

Selama perpisahan singkat, seorang yang bernama Genta memberikan kejutan berupa perubahan hidup yang akan menjadi lebih baik. Kemudian setelah 3 bulan berjalan, mereka bertemu untuk mendaki puncak Gunung Semeru. Tujuan dari pendakian tersebut salah satunya adalah untuk mengibarkan bendera Indonesia ketika tanggal 17 Agustus.

Kelucuan mulai terjadi ketika mereka sampai di tanjakan cinta. Bagi siapa saja yang menanjak dengan memikirkan orang yang ingin dimiliki, tanpa menoleh ke bawah. Niscaya keinginannya akan terwujud. Kemudian Zafran paling bersemangat dalam mendaki tanjakan cinta tersebut.

Kemudian tiba disaat yang menegangkan. Arial merasakan dingin yang luar biasa, ketika berada di kaki mahameru. Lalu teman – temannya menyemangatinya untuk tetap melanjutkan perjalanan. Alhasil dia kuat untuk berjalan lagi.

Pada film 5 cm banyak pesan yang bisa dipetik. Salah satunya adalah keinginan kuat untuk mencapai sesuatu. Banyak kata – kata motivasi yang dapat diambil. Bahkan dalam film ini diceritakan seorang remaja yang mencintai tanah air, hingga mengibarkan bendera di atas Gunung Semeru yang menguji adrenalin.

Film 5 cm sangat direkomendasikan untuk ditonton oleh para remaja masa kini. Hal ini karena banyak pelajaran yang dapat dipetik. Khususnya rasa persahabatan yang terjadi diantara mereka, sampai masa tua kelak.

Contoh Teks Ulasan Film Frozen

Contoh Teks Ulasan Film Frozen

Penulisan teks ulasan memiliki tujuan untuk mengetahui sudut pAndang sebuah karya. Oleh sebab itu, dalam melakukan penulisan teks ulasan, harus sesuai dengan kaidah yeng berlaku. Hal ini bertujuan agar penulisan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Simak contoh teks ulasan film Frozen berikut ini.

Judul film          : Frozen

Tahun               : 2013

Sutradara          : Jennifer Lee, Chris Buck

Pada film Frozen berkisah tentang perjalanan Anna yang bingung dengan kakaknya yang bernama Elsa karena tidak mau bermain dengannya. Kemudian Anna mencari Elsa yang sudah kabur dari istana Kerajaan Arendelle karena sudah membekukan kerajaan dengan kekuatan yang dimilikinya.

Kejadian pembekuan kerajaan bermula ketika Anna meminta izin untuk menikah dengan Pangeran Hans. Namun Elsa tidak menyetujui pernikahan tersebut dan membuatnya marah. Saat itulah semua penduduk berfikir bahwa Elsa adalah penyihir.

Saat proses pencarian Elsa, Ratu Anna bertemu dengan seorang pemuda bernama Kristoff dan rusanya. Mereka menyusuri jalan untuk dapat menemukan Elsa. Banyak tantangan yang harus mereka hadapi. Mulai dari bertemu raksasa, seringala, dan diusir dari rumah Elsa.

Pada film frozen, Anda akan mengingat kembali cerita Disney yang sudah banyak rilis di masyarakat. Setiap adegan terlihat adanya cerita cinta sejati lengkap dengan lagu yang mengiringinya. Dalam film Frozen ini, sudah terlihat mutu 3 dimensinya yang lebih baik dari film lainnya.

Bila dilihat karakternya, terdapat dua ratu yang memiliki hubungan baik. Cerita ini tergolong masih baru untuk diangkat dalam sebuah film. Kemudian untuk karakter pendukung seperti Hans, Kristoff dan Sven juga dapat berjalan dengan epik. Namun masih ada yang lebih menarik lagi, yaitu Olaf. Dia adala boneka salju yang mampu menarik perhatian masyarakat luas.

Contoh Teks Ulasan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Contoh Teks Ulasan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Pada penulisan teks ulasan, para penulis menginterprestasikan sebuah opini yang sesuai dengan fakta. Fakta tersebut diungkapkan dari karya film yang tersedia di sana. Sehingga dalam melakukan penulisan teks ulasan, harus sesuai dengan karya yang film yang ada. Berikut adalah contoh teks ulasan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.

Judul film          : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Tahun               : 2013

Sutradara          : Sunil Soraya

Pada film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk menjadikan karya Sunil Soraya sukses besar di pasaran. Film ini dimbil dari sebuah karya sasta berupa novel dari Buya Hamka. Dalam film ini diperankan oleh artis Ibu Kota, salah satunya Reza Rahardian.

Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk bercerita tentang kehidupan di tahun 1930. Kala itu ada seorang pemuda yang bernama Zainudin yang hendak melakukan pelayaran menuju ke Batipuh. Kemudian dia jatuh hati kepada seorang gadis bernama Hayati. Namun rasa cintanya terhalang oleh perbedaan ekonomi, etnis, serta takdir. Hayati dinikahi oleh pemuda bernama Aziz.

Pada film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk sangat terlihat jelas kehidupan di tahun 1930 an. Akan tetapi penampilan yang mengesankan atmosfer klasik, dinilai kurang. Kemudian bila dilihat dari segi alur, sangat lambat dan tidak menarik. Tidak hanya itu, konflik yang terjadi dalam film ini dinilai kurang menantang.

Meskipun ada beberapa hal yang dinilai kurang, film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk masih dapat dinikmati dengan baik. Bahkan dalam penggunaan bahasa, film ini tergolong sangat baik. Uniknya film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk ini menjadi yang terbaik dalam jajaran tahun 2013.

Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1990

Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1990

Teks ulasan memiliki perbedaan dengan jenis lainnya. Dalam teks ulasan tersebut berisi tentang penilaian terhadap sebuah karya sastra, dari sudut pAndangan penulis. Namun penilaian tersebut diambil dari fakta yang ada dalam karya sastra tersebut. Salah satu karya sastra yang dapat di ulas adalah film. Berikut adalah contoh teks ulasan film Dilan 1990.

Judul film          : Dilan 1990

Tahun               : 2018

Sutradara          : Fajar Bustomi, Pidi Baiq

Film Dilan 1990 mendapatkan penonton sebanyak 6 juta selama penayangan dimulai. Bahkan film ini dinobatkan sebagai film terlaris. Dilan 1990 yang dibintangi oleh Iqbal dan Vanessa membawakan perannya dengan sangat epik. Sehingga tidak heran bila banyak masyarakat yang menyukai film tersebut.

Pada film Dilan 1990, diambil dari novel karangan Pidi Baiq yang kini meranggap sebagai sutradara film. Konon katanya cerita di dalam novel tersebut adalah pengalaman sang penulis buku. Film ini menceritakan perjalanan cinta Dilan dan Milea yang bersemi di Sekolah Menengah Atas di Bandung.

Awalnya Milea pindah sekolah ke daerah Bandung. Disitulah dia bertemu dengan seorang laki – laki yang bernama Dilan. Kemudian Dilan berusaha untuk mendekatinya secara lebih intens lagi. Alhasil Milea mulai ada rasa dengannya. Bahkan dia mulai mencari tahu semua informasi mengenai Dilan kepada teman terdekatnya.

Lambat laun Milea mulai menyukai Dilan yang selalu membuatnya tertawa bahagia. Namun Milea masih belum bisa menerima Dilan, karena dia masih berpacaran dengan Beni di Jakarta. Setelah melewati berbagai kejadian, akhirnya mereka semakin dekat. Kemudian tiba saatnya mereka jadian pada bulan Desember.

Pada film Dilan 1990 memiliki alur cerita yang dapat diterima oleh para remaja dan juga dewasa. Hal ini karena cerita tersebut selalu terjadi di lingkungan sekolah. Tidak hanya itu, para pemain membawakan perannya dengan sangat baik. Meskipun bagi Vanesha film ini yang pertama dimainkan, namun dia tetap sangat baik saat membawakannya.

Selain itu, pembawaan suasana Kota Bandung yang dinilai sangat sesuai dengan keadaan di tahun 1990. Saat itu kondisi Kota Bandung masih terlihat sepi. Sehingga sangat pas digambarkan di dalam cerita ini.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa film Dilan 1990 dapat diterima dengan baik oleh para remaja dan dewasa. Pastinya para penonton akan mengenang masa – masa SMA yang dulunya pernah terjadi. Tidak hanya itu, pastinya para penonton akan dibuat bawa perasaan setelah menonton film Dilan 1990.

Contoh Teks Ulasan Film Assalamualaikum Beijing

Contoh Teks Ulasan Film Assalamualaikum Beijing

Penulisan teks ulasan pada film, memiliki struktur tersendiri yang harus dipatuhi oleh penulis. Struktur tersebut berisi informasi, pengenalan, gambaran secara detail, evaluasi, dan kesimpulan. Semua struktur tersebut harus ditulis secara urut. Berikut adalah contoh penulisan ulasan film Assalamualaikum Beijing.

Judul film          : Assalamualaikum Beijing

Tahun               : 2014

Sutradara          : Guntur Soeharjanto

Pada film Assalamualaikum Beijing diangkat dari sebuah novel dari penulis Asma Nadia. Kemudian novel ini disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan diproduksi oleh Maxima Pictures. Dalam film ini menceritakan perjalanan cinta yang memiliki perbedaan agama antara Revalina sebagai Asmara dengan Morgan Zhonwen.

Suatu hari, Asmara akan menikah dengan Dewa. Namun dia mengetahui bahwa Dewa telah selingkuh dengan teman Asmara. Tidak hanya itu, Dewa juga menghamili Anita yang merupakan selingkuhannya. Saat itu juga, Asmara sudah tidak ingin melanjutkan pernikahannya dengan Dewa.

Asmara kemudian bekerja ke Beijing karena ditawari kerja oleh Sekar. Kemudian di sana dia bertemu dengan Zhonwen. Zhonwen adalah seorang laki – laki yang memiliki paras tampan. Kemudian dia mengenalkan legenda cinta Ashima ke Asmara. Kemudian Zhonwen mendapatkan banyak informasi tentang Islam. Saat itu juga, dia langsung Mualaf.

Kemudian Asmara mulai membuka hati untuk Zhonwen. Seiring berjalannya waktu, Asmara divonis mengidap penyakit Sindrom Antibodi. Penyakit tersebut membuatnya nyaris buta, terkena stroke, dan susah bergerak. Kemduain dokter menyarankan untuk tidak hamil dan melahirkan. Saat itulah Asmara mulai putus asa. Namun  Zhonnwen terus menyemangatinya.

Pada film Assalamualaikum Beijing, akan membawa Anda menikmati indahnya wisata Beijing dan Tiongkok yang eksotis. Selain itu, Anda akan merasa bawa perasaan ketika menonton film ini. tidak hanya itu, dalam film ini Anda akan mendapatkan pelajaran baru mengenai Islam. Bahkan dalam film ini berani menampilkan cerita yang berbeda agama dan budaya.

Film Assalamualaikum Beijing mengajarkan Anda sebagai penonton untuk selalu sabar dalam menemukan cinta sejati. Hal ini dirasakan oleh para pemain Asmara dan Zhonwen. Lokasi shoting yang digunakan adalah Tembok Besar, Wang Fujing, Provinsi Yunan, dan masih banyak lagi.

Contoh Teks Ulasan Film Dear Nathan

Contoh Teks Ulasan Film Dear Nathan

Teks ulasan dapat membahas berbagai karya sastra. Salah satunya adalah film. Dalam penulisan teks ulasan tersebut, harus sesuai dengan struktur yang berlaku. Dengan begitu dalam penulisan teks ulasan tersebut harus urut sesuai dengan struktur. Berikut adalah penjulisan contoh teks ulasan film Dear Nathan.

Judul film          : Dear Nathan

Tahun               : 2017

Sutradara          : Indra Gunawan

Film Dear Nathan adalah produksi dari RAPI Films yang mengusung tema drama romantis. Film ini diangkat dari sebuah novel karya Erisca Febriani. Kemudian film ini dimainkan oleh artis papan atas yang bernama Jerfri Nicole yang berperan sebagai Nathan dan AmAnda Rawless sebagai Salma.

Salma adalah murid baru yang berprestasi. Dalam kehidupan sehari – harinya, dia selalu selektif dalam berteman. Suatu hari, dia terlambat datang ke sekolah. Kemudian seorang siswa yang bernama Nathan, membantunya untuk menyelundup untuk masuk ke sekolah.

Sikap Nathan yang nakal dan sok jagoan, membuat Salma ingin menjauhinya. Meski begitu, Salma tetap mencari informasi tentang Nathan secara diam – diam. Nathan sudah mulai jatuh hati kepadanya. Bahkan dia sering memberikan kata – kata romantis kepada Salma.

Lambat laun Salma mengetahui permasalahan yang sedang dialami Nathan. Alhasil dia merasa iba dan ingin membuat Nathan tidak lagi merasakan masalah di sekolah. Kemudian keduanya mulai dekat. Tidak lama kemudian, mantan kekasih Nathan mulai datang kembali. Dia bermaksud untuk meminta maaf karena sudah menghianati Nathan. ‘

Akan tetapi Nathan sudah memaafkannya dan tidak akan lagi kembali ke Seli. Hal itu karena dia sudah menyukai Salma. Meski demikian, Salma pernah merasa salah paham dengan kehadiran Seli. Namun dia percaya bahwa Nathan akan setia kepadanya.

Film Dear Nathan memberikan kesan natural di dalamnya. Bahkan pembawaan Nathan terkesan natural yang membuatnya banyak dicintai para penggemarnya. Kemudian alur cerita yang dibuat, sering terjadi dilingkungan sekolah. Sehingga dapat dikatakan bila film ini berhasil. Bahkan banyak para penonton yang terbawa perasaan saat menyaksikan film ini.

Pada film Dear Nathan membuktikan bahwa bagi seseorang yang bersifat cuek dan dingin, akan membuat seseorang merasa penasaran. Tidak hanya itu, sikap memahami keadaan orang lain adalah hal yang akan membuat semuanya menjadi lebih baik. Meskipun akan berjalan perlahan, namun pasti.

Contoh Teks Ulasan Film Perahu Kertas

Contoh Teks Ulasan Film Perahu Kertas

Penulisan teks ulasan memiliki tujuan untuk mengetahui sudut pAndang sebuah karya. Oleh sebab itu, dalam melakukan penulisan teks ulasan, harus sesuai dengan kaidah yeng berlaku. Hal ini bertujuan agar penulisan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Simak contoh teks ulasan film Perahu Kertas

Judul film          : Perahu Kertas

Tahun               : 2012

Sutradara          : Hanung Bramantyo

Film Perahu Kertas diambil dari sebuah novel yang laku di pasaran. Sebuah novel karya Dewi Lestari tersebut, mambu menarik perhatian sang sutradara yaitu Hanung Bramantyo untuk dirilis. Film ini dibintangi oleh artis papan atas yang berbakat, salah satunya adalah Maudy Ayunda.

Dalam film Perahu Kertas, bercerita tentang sebuah perasaan yang tidak dapat tersampaikan karena suatu hal yang menghalangi. Peraasaan tersebut terjadi antara Kugy dengan Keenan. Awalnya Kugy ikut dengan sahabatnya untuk menjemput Keenan di Stasiun. Disitulah mereka mulai bertemu.

Hubungan asmara antara Kugy dan Keenan tidak berjalan mulus. Kugy yang sudah memiliki kekasih sejak SMA yang berna Ojos. Begitu juga Keenan yang sedang dekat dengan WAnda. Namun mereka berdua sebenarnya memiliki perasaan yang sama satu sama lain. Akan tetapi mereka tidak berani untuk mengutarakannya.

Para pemeran film Perahu Kertas berhasil dalam memainkan karakternya masing – masing. Dengan begitu, para penonton mampu mengambil hal positif yang disampaikan di dalamnya. Tidak hanya itu, konflik yang terjadi dalam film terbilang bagus. Meski demikian, ada beberapa konflik yang tergolong biasa saja. Akhir dari film ini tergolong menggantung.

Pada film Perahu Kertas dapat dipetik sebuah pelajaran bahwa kita sebagai manusia harus berusaha dan bekerja keras dalam mencapai sebuah kesuksesan. Sehingga kita harus percaya dengan potensi yang dimiliki oleh diri sendiri.

Contoh Teks Ulasan Habibie dan Ainun

Contoh Teks Ulasan Habibie dan Ainun

Pada penulisan teks ulasan, para penulis menginterprestasikan sebuah opini yang sesuai dengan fakta. Fakta tersebut diungkapkan dari karya film yang tersedia di sana. Sehingga dalam melakukan penulisan teks ulasan, harus sesuai dengan karya yang film yang ada. Berikut adalah contoh teks ulasan film Habibie dan Ainun.

Judul film          : Habibie dan Ainun

Tahun               : 2012

Sutradara          : Hanung Bramantyo

Film Habibie dan Ainun diangkat dari kisah nyata mantan presiden Indonesia Bj. Habibie. Kisah tersebut ditulis langsung oleh beliau, semasa hidupnya. Kemudian sang sutradara tertarik mengangkat cerita beliau dan dibuatnya film layar lebar. Film Habibie dan Ainun ini dibintangi oleh artis berbakat Reza Rahardian dengan Bunga Citra Lestari.

Habibie dan Ainun dulunya adalah teman SMP ketika tahun 1962. Kemudian mereka dipertemukan kembali di Kota Bandung. Saat itulah, Habibie langsung menyukai Ainun. Begitu juga Ainun yang membalas perasaan beliau. Tidak lama mereka langsung menikah dan menetap di Jerman.

Habibie dan Ainun senantiasa mencintai tanah airi dengan berbagai pengorbanan yang telah dilakukan. Tidak hanya itu, perjalanan cinta mereka berdua juga patut diacungi jempol. Namun Perjalanan mereka tidaklah mulus. Banyak konflik yang mereka hadapi selama memimpin negara Indonesia. Bahkan mantan presiden Susilo dan istri sempat menitikan air mata saat menonton.

Pada film Habibie dan Ainun dirangkai dengan sangat baik. Kemudian ambisi dan kecerdasan beliau disajikan dengan sangat baik. Hal ini akan membuat generasi muda terpacu untuk mengikuti jejak beliau. Tidak hanya oleh generasi muda saja, para pejabat dan pengusaha juga dapat mengikuti keteladanan beliau.

Para pemain film Habibie dan Ainun membawakan karakternya dengan sangat baik. Khususnya Reza Rahardian yang membawakan peran dengan sangat baik. Sehingga tidak heran bila para pemain film Habibie dan Ainun menyabet berbagai penghargaan.

Pada film Habibie dan Ainun banyak sekali yang dapat dipetik. Mulai dari kegigihan, kecerdasan, kesetiaan, dan juga pengorbanan. Hal ini dapat dilihat ketika Habibie selalu mendampingi Ainun yang tengah sakit. Sehingga tidak heran bila banyak para penonton yang meneteskan air mata ketika menonton film ini.

Contoh Teks Ulasan 5 Elang

Contoh Teks Ulasan 5 Elang

Teks ulasan memiliki perbedaan dengan jenis lainnya. Dalam teks ulasan tersebut berisi tentang penilaian terhadap sebuah karya sastra, dari sudut pAndangan penulis. Namun penilaian tersebut diambil dari fakta yang ada dalam karya sastra tersebut. Salah satu karya sastra yang dapat di ulas adalah contoh teks ulasan film 5 Elang.

Judul film          : 5 Elang

Tahun               : 2011

Sutradara          : Rudi Soedjarwo

Pada film 5 Elang menceritakan Baron yang pindah ke Balikpapan. Kemudian saat di sekolah, Baron bertemu dengan Rusdi. Namun Baron menatapnya dengan sinis tAnda tidak suka dengannya. Saat di sekolah, Baron tidak mau bermain dengan teman – temannya. Hingga dia mendapat ledekan dari teman sekelasnya.

Saat Baron pindah sekolah, terdapat acara yang bernama Penggalang. Kemudian Baron dan Rusdi ditunjuk untuk mengikuti acara tersebut. Baron mau mengikuti acara tersebut karena ada niat terselebung di dalamnya. Kemudian saat acara berlangsung, mereka bertemu dengan Sindai.

Kemudian dalam perjalanan menuju acara, Baron, Sindai, dan Aldi berinisiatif untuk tidak melanjutkan perkemahan. Namun Rusdi dan Anton tetap melanjutkan acara kemah penggalang. Namun mereka terpecah menjadi dua kubu. Di tengah perjalanan, Rusdi dan Anton diculik. Hal ini membuat Baron, Sindai, dan Aldi berusaha menyelematkan mereka.

Pada film 5 Elang, terdapat beberapa nilai yang dapat dipetik. Nilai yang dapat dipetik yaitu saat Baron mengambilkan balon yang harus merelakan salah satu mobil mainannya. Kemudian saat Rusdi memberikan kertas kecil karena harus menyayangi pohon. Namun dalam film ini tergolong lambat yang tidak mudah untuk dipahami anak – anak.

Film 5 Elang sangat direkomendasikan untuk dinikmati oleh keluarga. Hal ini karena temanya mendidik untuk tumbuh kembang anak – anak. Khususnya ketika mereka gigih untuk menyelamatkan Rusdi dan Anton yang diculik oleh penjahat. Dengan film ini akan memberikan hiburan tersendiri bagi anak – anak.

Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1991

Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1991

Penulisan teks ulasan pada film, memiliki struktur tersendiri yang harus dipatuhi oleh penulis. Struktur tersebut berisi informasi, pengenalan, gambaran secara detail, evaluasi, dan kesimpulan. Semua struktur tersebut harus ditulis secara urut. Berikut adalah contoh teks ulasan film Dilan 1991.

Judul film          : Dilan 1991

Tahun               : 2018

Sutradara          : Fajar Bustomi

Film Dilan 1991 menyajikan drama romantis. Film ini adalah lanjutan dari Dilan 1990 yang juga disutradari oleh Fajar Bustomi. Saat penayangan perdana, film ini banyak diburu oleh para remaja yang ingin mengetahui lanjutan dari film Dilan 1990. Bahkan film Dilan 1991 melebihi jumlah penonton dari film sebelumnya. Hal ini tidak lain karena diangkat dari kisah nyata anak SMA.

Dilan dan Milea mengikat hubungan pacaran. Dilan selalu memperlakukan Milea dengan sangat baik. Bahkan hubungan mereka banyak didukung oleh orang – orang di sekitarnya, khususnya kedua orang tua mereka. Namun ada beberapa laki – laki yang menyukai Milea antara lain Kang Adi dan Yuko. Akan tetapi Milea tetap menyukai Dilan seutuhnya.

Kisah cinta Dilan dan Milea tidaklah berjalan mulus. Banyak tantangan yang harus mereka hadapi. Konflik dimulai ketika Akew, teman Dilan meninggal. Saat itulah Milea takut Dilan mengalami nasib yang sama dengan Akew. Kemudian Yugo, teman kecil Milea datang dari luar negeri. Saat itulah, dia mulai suka dengan Milea.

Alhasil Dilan cemburu mendapati Milea jalan berdua dengan Yugo. Alhasil Dilan melampiaskan kemarahannya dengan menyerang orang – orang yang sudah membunuh Akew. Saat itulah Dilan dipencara dan dikeluarkan dari sekolahnya.

Pada film Dilan 1991 memiliki pesan bahwa dalam memperjuangkan cinta, jangan pernah putus asa. Pastinya seseorang yang kita kejar lambat laun akan mencair hatinya. Hal ini sama dengan Dilan yang selalu mengejar cintanya Milea. Meskipun Milea sempat menghiraukannya, namun lama kelamaan dia menyukai Dilan.

Akhir dari film Dilan 1991 terbilang menggantung. Hal ini akan membuat para penonton menjadi penasaran. Kelanjutan cerita film tersebut akan disambung dengan film yang bernama Milea. Film tersebut adalah bagian terakhir yang ditulis oleh Pidi Baiq.

Contoh Teks Ulasan Film Keluarga Cemara

Contoh Teks Ulasan Film Keluarga Cemara

Teks ulasan dapat membahas berbagai karya sastra. Salah satunya adalah film. Dalam penulisan teks ulasan tersebut, harus sesuai dengan struktur yang berlaku. Dengan begitu dalam penulisan teks ulasan tersebut harus urut sesuai dengan struktur. Berikut adalah contoh penulisan teks ulasan film Keluarga Cemara.

Judul film          : Keluarga Cemara

Tahun               : 2019

Sutradara          : Yandy Laurens

Film Keluarga Cemara dulunya pernah tayang saat tahun 1996. Kemudian dikemas ulang hingga menjadi cerita yang lebih menarik. Namun dalam film kali ini tidak lupa dengan pembawaan yang klasiknya. Dalam film ini bercerita tentang sebuah keluarga bahagia. Kemudian lambat laun Abah mengalami bangkrut karena sudah ditipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Saat itulah konflik mulai terjadi. Keluarga Abah ini mulai mendapatkan ujian. Kemudian Abah memutuskan untuk pindah ke peninggalan orang tua di kampung. Lalu kehidupan mereka kini berubah sangat drastis. Abah dan Emak harus mencari pendapatan tambahan untuk mencukupi kebutuhan sehari – harinya. Tidak hanya itu, anak – anak susah untuk beradaptasi.

Pada film Keluarga Cemara dinilai sangat epik dalam menyuguhkan ceritanya. Kemudian dibagian akhir cerita mampu membuat para penonton berederai air mata. Ditambah dengan soundtrack lagu dari Bunga Citra Lestari, akan memperkuat emosional penonton.

Film Keluarga Cemara menyadarkan kita untuk selalu menjaga dan melindungi keluarga. Hal ini karena keluarga adalah tempat dimana kita dilahirkan dan dibesarkan. Sehingga banyak pesan moral yang disampaikan oleh film ini.

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi

Penulisan teks ulasan memiliki tujuan untuk mengetahui sudut pAndang sebuah karya. Oleh sebab itu, dalam melakukan penulisan teks ulasan, harus sesuai dengan kaidah yeng berlaku. Hal ini bertujuan agar penulisan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Simak contoh teks ulasan film Laskar Pelangi.

Judul film          : Laskar Pelangi

Tahun               : 2008

Sutradara          : Riri Riza

Pada film Laskar Pelangi bercerita tentang kumpulan anak yang memiliki semangat untuk tetap maju mencari kehidupan yang lebih baik. Kemudian konflik dimulai ketika SD yang ada di Belitung Timur, terancam dibubarkan bila tidak melebihi 10 anak. Saat itu jumlah murid di sekolah ada 9 orang. Kemudian Harun beserta ibu melakukan pendaftaran di sana.

Kemudian Ibu Muslimah memberikan nama kumpulan kelima anak dengan sebutan Laskar Pelangi. Hal ini karena meraka sangat suka dengan pelangi di langit. Mereka sempat membuat bangga sekolahannya dengan caranya sendiri.

Pada film Laskar Pelangi memiliki banyak nilai yang dapat dipetik. Salah satunya dibawakan oleh karakter Sahara yang selalu mematuhi ajaran agama yang dipercayainya. Dari situlah kita dapat mengambil nilai religius yang dibawakan oleh Sahara. Meski demikian, Sahara juga memiliki sifat berpendirian kuat dan keras kepala.

Film Laskar Pelangi dikenal hingga ke Amerika Serikat. Bahkan film ini mendapatkan penghargaan berupa nobel sastra. Tidak hanya itu, para pemain film Laskar Pelangi berhasil mendapatkan penghargaan. Pastinya mereka sangat senang sudah berhasil memerankan film ini dengan sangat baik.

Contoh Teks Ulasan Film Di Balik ‘98

Contoh Teks Ulasan Film Di Balik ‘98

Pada penulisan teks ulasan, para penulis menginterprestasikan sebuah opini yang sesuai dengan fakta. Fakta tersebut diungkapkan dari karya film yang tersedia di sana. Sehingga dalam melakukan penulisan teks ulasan, harus sesuai dengan karya yang film yang ada. Berikut adalah contoh teks ulasan film Di Balik ’98.

Judul film          : Di Balik 98

Tahun               : 2015

Sutradara          : Lukman Sardi

Film Di Balik 98 diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di Indonesia. Latar cerita film ini yaitu ketika sedang terjadi kerusuhan hebat di tanah air. Kejadian tersebut berlangsung saat tahun 1990 an. Pastinya semua rakyat Indonesia tidak akan pernah melupakan masa – masa Indonesia krisis.

Saat itu presiden Indonesia adalah Soeharto. Kerusuhan yang terjadi membuat masyarakat sekitar tidak berani melakukan aktivitas di luar rumah. Masyarakat luas lebih memilih berdiam diri di rumah saja. Namun para mahasiswa terus berjuang untuk menegakkan keadilan bangsa.

Pada film Di Balik 98 diperankan oleh Diana yaitu Chelsea Islan. Dia adalah mahasiswa Trisakti yang melakukan demo untuk menuntut keadilan. Dia beserta temannya harus menuntut Rezim Soeharto untuk turun dari jabatannya. Namun konflik mulai memanas.

Saat itu Diana tinggal bersama kakaknya yang bekerja di Istana Negara dan Suaminya yang merupakan Letnan Angkatan Darat. Namun Diana tetap ikut dalam demonstran dengan mahasiswa lainnya. Mereka menginginkan bahwa presiden Soeharto harus segera turun dari jabatannya. Namun ada empat mahasiswa Trisakti yang tertembak secara diam – diam.

Kemudian situasi semakin tidak terkendali. Bahkan BJ. Habibie sempat kaget dengan adanya penembakan tersebut. Diana sempat marah kepada kakak iparnya karena lebih memilih untuk tugas daripada menemani istrinya yang tengah hamil tua. Tidak hanya itu, Daniel yang merupakan keturunan Tionghoa terkeda dampaknya.

Pada film Di Balik 98 dikemas dengan nuansa cinta dan keluarga yang sangat kuat. Selama proses penayangan film ini, banyak penonton yang ikut terbawa perasaan di dalamnya. Sang sutradara ingin mengingatkan kembali kejadian masa – masa krisis moneter yang pernah terjadi di Indonesia.

Film Di Balik 98 sangat direkomendasikan untuk dinikmati oleh keluarga. Dalam film ini membawakan sisi tragis, kekeluargaan, dan romantis. Film ini juga menampilakan sisi riweh yang terjadi ketika masa rezim Soeharto kala itu.

Contoh Teks Ulasan Film Merry Riana

Contoh Teks Ulasan Film Merry Riana

Beberapa contoh teks ulasan memiliki perbedaan dengan jenis lainnya. Dalam teks ulasan tersebut berisi tentang penilaian terhadap sebuah karya sastra, dari sudut pAndangan penulis. Namun penilaian tersebut diambil dari fakta yang ada dalam karya sastra tersebut. Salah satu karya sastra yang dapat di ulas adalah film Merry Riana.

Judul film          : Merry Riana

Tahun               : 2014

Sutradara          : Hestu Saputra

Film Merry Riana diadopsi dari sebuah perjalanan kehidupan yang nyata. Seorang gadis mampu mendapatkan 1 juta dolar ketika umur 26 tahun di Negara Singapura. Pada tahun 2014, film ini dirilis dengan produksi MD Pictures. Film ini dimainkan oleh artis bertalenta, salah satunya Chelsea Islan yang memainkan Merry Riana.

Cerita berawal dari adanya kerusuhan yang terjadi di Singapura tahun 1998. Alhasil Merry Riana harus diterbangkan negara lain untuk bertemu dengan pamannya. Akan tetapi nasibnya kurang beruntung karena pamannya sudah tidak ada kabar. Beruntung dia bertemu dengan Irene yaitu sahabatnya ketika sekolah.

Saat itu dia mulai berjuang untuk hidup di Singapura seorang diri. Dia harus berkuliah dengan biaya sendiri. Bahkan dia harus bekerja sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Alhasil dia bertemu dengan seorang yang bernama Alva. Kemudian dia merajut asmara dengan laki – laki tersebut.

Pada film Merry Riana, Chealsea Islan dinilai sangat cocok membawakan peran tersebut. Bahkan dia terkesan santai dalam menjalani perannya. Alhasil dia mendapatkan banyak penghargaan berkat film Merry Riana tersebut. Begitu juga dengan lawan mainnya, Dion Wiyoko yang menjadi Alva kekasihnya.

Bila dilihat dari film Merry Riana, terlihat perjuangannya seorang diri berjuang untuk hidup dan membiayai kuliahnya. Film ini harus diteladani bagi kita seorang remaja yang ingin sukses di kehidupan yang akan datang. Hal ini karena kesuksesan tidak bisa didaptkan dengan cara instan saja.

Penulisan contoh teks ulasan film, harus memenuhi peraturan yang berlaku. Peraturan tersebut salah satunya adalah struktur penulisan. Struktur penulisan tersebut berisi informasi, pengenalan, gambaran secara detail, evaluasi, dan kesimpulan. Pastinya semua struktur harus ditulis tanpa ada yang tertinggal satupun.

Contoh Teks Ulasan Film (terlengkap)

Advertisements

Add Comment