Contoh Teks Resensi

10+ Contoh Teks Resensi (Beserta unsur dan manfaatnya)

Teks Resensi – Kata resensi memang sudah sangat familiar untuk didengar. Namun masih banyak orang awan yang belum paham mengenai teks resensi. Teks resensi adalah sebuah teks yang isinya merupakan ulasan sebuah karya. Ada berbagai macam jenis contoh teks resensi, di antaranya ialah resensi buku, film, cerpen, novel, dan masih banyak lagi.

Dalam penyusunan teks resensi akan diawali dengan membaca atau mencermati suatu karya. Kemudian menganalisis, mengevaluasi, serta mengungkapkan keunggulan dan kelemahan dari sebuah karya. Teks resensi yang paling banyak ialah resensi buku. Karena meskipun zaman sekarang berada di era digital, namun kegiatan membaca buku tidak dapat ditinggalkan.

Dalam pembuatan teks resensi memiliki banyak tujuannya. Salah satu tujuan teks resensi ialah memberikan gambaran secara garis besar terhadap suatu karya. Sehingga hal tersebut dapat membuat orang tertarik untuk menikmati hasil karya tertentu. Selain itu meresensi dapat memberikan penilaian umum terhadap suatu karya.

Mungkin bagi anda yang ingin menulis teks resensi akan membutuhkan sebuah contoh teks resensi. Namun akan lebih baik jika anda mengetahui tentang teks resensi secara mendalam terutama unsur-unsur teks resensi. Maka sebelum membahas contoh kita lebih baik memahami lebih dalam mengenai teks resensi terlebih dahulu.

Manfaat Meresensi Sebuah Karya

Manfaat Meresensi Sebuah Karya

Kegiatan meresensi banyak ditemukan di pelajaran sekolah, bahkan meresensi dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran. Hal tersebut karena resensi memiliki banyak manfaat selain untuk memikat pembaca. Dalam meresensi anda akan dapat lebih paham mengenai sebuah karya, selain itu anda dapat memberikan masukan untuk sebuah karya yang anda resensi. Berikut adalah manfaat dari meresensi sebuah karya:

1. Bahan Pertimbangan

Dalam resensi terdapat latar belakang dan alasan mengapa karya tertentu dibuat. Selain itu resensi memberikan gambaran umum dan keunggulan serta kerugian sebuah karya. Sehingga dengan adanya resensi para pembaca akan mengetahui secara garis besar mengenai sebuah karya. Dengan begitu pembaca dapat mempertimbangkan karya mana yang akan mereka baca atau cermati.

2. Meningkatkan Kreaitivitas

Meresensi merupakan salah satu kegiatan menulis. Bagi anda yang gemar menulis, anda dapat melakukan kegiatan resensi untuk menggali potensi anda. Dalam menulis teks resensi anda harus memberikan penilaian terhadap suatu karya yang mana penilain tersebut harus benar-benar dari diri anda sendiri.

Maka dari itu untuk bisa memberikan penilaian terhadap suatu karya, anda harus membaca atau mencermati sebuah karya terlebih dahulu. Dengan melakukan kegiatan resensi anda juga dapat meningkatkan kreativitas pada diri anda.

3. Menghasilkan Uang

Setelah anda menuliskan sebuah resensi, anda dapat mengirimkan ke penerbit media jurnal. Tujuan dari pengiriman tersebut agar dapat dimuat dalam koran atau majalah. Jika resensi anda diterima untuk masuk ke koran atau majalah maka anda akan mendapatkan uang.

4. Mempromosikan Karya

Teks resensi dapat dijadikan sebagai media promosi sebuah karya. Misalkan anda meresensikan sebuah buku tertentu. Resensi anda tersebut dapat membuat orang tertarik untuk membaca buku yang anda resensikan.

Unsur-unsur Teks Resensi

Unsur-unsur Teks Resensi

Untuk membuat contoh teks resensi yang baik dan benar anda harus memahami unsur-unsur teks resensi. Disini kita akan membahas mengenai unsur-unsur teks resensi buku. Dengan memahami unsur-unsur teks resensi anda akan lebih mudah dalam meresensi sebuah karya. Berikut adalah unsur-unsur teks resensi yang harus anda pahami:

1. Judul resensi

Judul harus berkesinambungan dengan keseluruhan isi resensi yang anda buat. Selain itu judul dibuat se menarik mungkin agar dapat menarik minat orang untuk membaca. Anda dapat membuat judul setelah selesai membuat resensi, sehingga akan lebih mudah menentukan judul yang sesuai.

2. Data Buku

Dalam pembuatan resensi anda juga akan menuliskan data dari buku jika yang anda resensi adalah sebuah buku. Data yang dituliskan biasanya ialah sebagai berikut:

• Judul buku
• Pengarang
• Penerbit
• Tahun terbit
• Jumlah halaman buku
• Harga buku (opsional)

3. Pembukaan

Dalam pembukaan resensi biasanya berisi tentang pengarang buku serta buku apa saja yang telah dikarang oleh pengarang tersebut. Selain itu dalam pembukaan akan dibahas mengenai buku lain yang sejenis dengan buku yang sedang anda resensi serta membandingkannya. Sebenarnya ada banyak lagi yang bisa digunakan untuk membuat pembukaan resensi. Di antaranya ialah mencerikatan sosok pengarang buku, keunikan yang dimiliki buku, dan mengenalkan penerbit buku. Menceritakan tema buku yang anda resensi juga bisa digunakan untuk pembukaan.

4. Isi resensi

Isi merupakan inti yang akan disampaikan kepada pembaca dari sebuah resensi buku. Berikut adalah isi dari sebuah resensi:

• Sinopsis, merupakan ringkasan cerita atau isi buku secara benar.
• Keunggulan dan kelemahan buku. Anda dapat menentukan keunggulan dan kelemahan buku berdasarkan penilaian anda sendiri.
• Ulasan singkat mengenai buku.
• Rumusan kerangka buku
• Menilai bahasa yang digunakan dalam buku yang anda resensi mudah atau berbelit-belit.
• Kesalahan dalam buku, misalnya kesalahan cetak atau halaman buku.

5. Penutup

Penutup pada resensi berisikan saran yang membangun untuk buku berdasarkan penilaian anda.

Langkah-langkah Membuat Teks Resensi

Langkah-langkah Membuat Teks Resensi

Untuk membuat beberapa contoh teks resensi anda perlu memperhatikan langkah-langkah meresensi buku. Hal ini akan mempermudah anda dalam pembuatan teks resensi dengan tepat. Berikut langkah-langkah dalam meresensi buku:

1. Membaca secara keseluruhan buku yang akan anda resensi serta memahami isinya.
2. Mencermati bentuk fisik bukunya.
3. Mencari kelebihan dan kelemahan dari buku yang anda baca menurut penilaian anda.
4. Meringkas atau merangkum dari buku tersebut.
5. Menuliskan pendapat pribadi anda tentang buku yang anda resensi terutama mengenai isinya.
6. Menyusun teks resensi.
7. Mengecek kembali kemudian menyunting jika masih ada yang kurang tepat.

Contoh Teks Resensi Novel Tentang Kamu

Contoh Teks Resensi Novel Tentang Kamu

Novel yang berjudul Tentang Kamu karya Tere Liye merupakan sebuah buku non fiksi. Agar anda lebih paham mengenai teks resensi berikut adalah contoh teks resensi dari novel Tere Liye.
Identitas buku

Judul buku : Tentang Kamu
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun terbit : 2017
Jumlah halaman : VI + 524 halaman

Sinopsis

Siapa yang tidak kenal dengan Tere Liye? Tere Liye adalah seorang penulis novel terkenal di kalangan remaja maupun orang tua. Novel yang ia tulis selalu digemari oleh orang awan dan banyak yang telah menjadi best seller. Salah satu novel Tere Liye yang best seller ialah novel yang berjudul Tentang Kamu. Novel ini telah banyak terjual di berbagai toko buku di Indonesia.

Novel yang berjudul Tentang Kamu ini menceritakan seorang pengacara yang sedang menyelesaikan tugasnya. Pengacara asal Indonesia tersebut bernama Zaman, ia bekerja di Thompson & Co. Zaman mendapat tugas untuk mencari ahli waris dari seorang wanita kaya raya yang bernama Sri Ningsih. Sri Ningsih menua dan meninggal di panti jompo tetapi ia meninggalkan harta warisannya yang sangat banyak.

Dalam cerita ini Sri Ningsih sendirian hingga ia meninggal, sehingga Zaman harus mencari keluarga Sri Ningsih untuk menemukan ahli waris. Zaman menelusuri kehidupan Sri Ningsih hingga ia menemukan tempat terakhir Sri Ningsih tinggal, yaitu di panti jompo di Paris. Di panti jompo tersebut Zaman mendapatkan buku dairy milik Sri Ningsih yang diberikan oleh petugas panti.

Dari buku diary tersebut Zaman melacak kehidupan Sri Ningsih dari kecil hingga dewasa. Bahkan Zaman mendatangi banyak tempat yang pernah Sri Ningsih tinggal untuk mendapatkan informan. Tak terduga ternyata kehidupan Sri Ningsih dari kecil hingga tua penuh dengan pengorbanan, kesedihan, kerja keras, pengkhianatan, dan keikhlasan.

Banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari perjalanan hidup seorang Sri Ningsih. Kisah Sri Ningsih mengajarkan kita untuk tidak putus asa dan selalu kerja keras. Melalui sosok seorang Sri Ningsih kita dapat mengambil pelajaran bahwa kita tidak boleh memiliki rasa densam dan selalu menjadi orang yang sabar.

Dalam cerita hidup Sri Ningsih banyak sekali terjadi kesedihan pada dirinya. Selain itu pengalaman hidup Sri Ningsih dipenuhi dengan pengkhianatan. Namun Sri Ningsih selalu menjadi orang yang pemaaf meskipun ia telah dikhianati. Buku ini telah memberikan perasaan yang campur aduk kepada pembacanya, perasaan sedih, kecewa, kesal, dan juga bahagia.

Kelebihan Buku

Kelebihan yang paling menonjol dari buku ini adalah banyak sekali nasihat dan pelajaran hidup yang dapat kita ambil. Buku ini banyak mengajarkan kita tentang kerja keras dan sebuah keikhlasan. Gaya bahasanya juga merupakan bahasa sehari-hari sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca. Selain itu buku ini juga berhasil membawakan banyak suasana bagi pembacanya.

Alurnya juga runtut sehingga membuat pembaca selalu ingin membaca kelanjutan cerita hingga selesai. Ukuran dan font tulisan pada buku ini juga nyaman untuk dibaca, sehingga membuat pembaca betah membaca buku ini.

Kelemahan Buku

Cover dan judul pada novel ini kurang berkesinambungan dengan isi ceritanya.

[/su_note]

Contoh Teks Resensi Novel Laskar Pelangi

Contoh Teks Resensi Novel Laskar Pelangi

Novel adalah cerita non fiksi atau suatu karangan yang panjang yang menceritakan kehidupan seorang tokoh. Dalam novel ceritanya hanya tidak nyata dan hanya dikarang oleh penulisnya dengan tujuan dapat menghibur pembacanya. Laskar Pelangi merupakan salah satu contoh novel, berikut adalah teks resensi dari novel Laskar Pelangi.
Identitas buku

Judul Buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Jumlah Halaman : 529 halaman
Penerbit :Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2005

Sinopsis

Novel ini menceritakan tentang kehidupan 10 anak yang bersahabat di Provinsi Bangka Belitung. 10 anak yang teridiri dari 9 anak laki-laki dan 1 anak perempuan tersebut berasal dari keluarga yang miskin. Meskipun mereka hidup dalam kemiskinan, tapi mereka tetap bersemangat untuk menimba ilmu di sekolah yang serba ala kadarnya.

Sekolah tersebut memang sudah tak layak pakai dan hanya memiliki 10 murid yaitu 10 anak yang bersahabat tersebut. Karena sudah dianggap tak layak dan muridnya terlalu sedikit sekolah tersebut hampir ditutup. Namun akhirnya sekolah tersebut tidak jadi ditutup dan 10 anak tersebut dapat tetap meraih cita-citanya.

Kelebihan

Bahasa yang digunakan mudah dipahami karena menggunakan gaya bahasa sehari-hari. Alur pada ceritanya tidak membingungkan sehingga mudah dipahami. Dalam ceritanya banyak mengandung pelajaran hidup yang bisa dijadikan teladan.

Kelemahan

Ada beberapa kata yang kurang bisa dipahami oleh semua orang. Hal tersebut dikarenakan ceritanya berlatar belakang di tempat terpencil.

Contoh Resensi Novel Dilan 1990

Contoh Resensi Novel Dilan 1990

Novel ini lebih tepatnya berjudul Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990. Novel ini merupakan cerita fiksi yang banyak digemari oleh anak remaja. Berikut contoh teks resensi dari novel Dilan 1990.
Identitas buku

Judul Buku : Dilan 1990
Pengarang : Pidi Baiq
Penerbit : DAR Mizan
Jumlah halaman : 330 halaman
Tahun Terbit : 2015

Sinopsis

Novel ini menceritakan tentang kisah cinta yang biasanya dialami oleh anak remaja, lebih tepatnya remaja sekolahan tahun 1990-an. Diceritakan seorang remaja SMA bernama Dilan yang dikenal nakal dan serampangan. Ia menemukan cintanya yaitu Milea, meski nakal tapi kalau dengan Milea ia tidak berengsek.

Sosok yang digambarkan Dilan sangat unik. Meskipun ia nakal tapi ia merupakan anak yang mahir dalam menulis dan gemar membaca. Selain itu Dilan juga mahir membuat puisi, terutama untuk Milea.

Kelebihan

Alur dalam novel ini mudah untuk dipahami. Novelnya sederhana, namun dialog yang khas remaja membuat pembaca turut berimajinasi saat membaca novel ini. Gaya bahasa yang digunakan pun nyaman untuk dibaca.

Kelemahan

Dalam novel ini terdapat penggunaan kata yang kurang konsisten. Selain itu ada beberapa dialog yang terlalu singkat.

Contoh Teks Resensi Novel London Love Story

Contoh Teks Resensi Novel London Love Story

Identitas buku
Judul buku : London Love Story
Pengarang : Tisa Ts dan Stanley Maulen
Penerbit : Loveable
Tahun terbit : 2015
Jumlah halaman : 192 halaman

Sinopsis

Novel ini menceritakan tentang kisah cinta seseorang di masa depan. Cerita dalam novel adalah perjuangan untuk mempertahankan cinta seseorang di masa yang akan datang. Novel ini menggambar kota Londosn sebagai latar belakang cerita. Namun ada beberapa latar belakang yang diambil dari Kota Dewata Bali.

Kelebihan

Kelebihan novel ini adalah menceritakan kisah cinta yang sangat unik. Tidak hanya percintaan, namun ada juga kisah persahabatan dalam novel ini. Novel London Love Story banyak digemari oleh anak remaja.

Kelemahan

Masih ada beberapa penulisan yang typo. Selain itu harusnya novel ini diberi label untuk usia diatas 17 tahun. Agar anak-anak dibawah 17 tahun tahu jika tidak diperkenankan membaca novel ini.

Contoh Teks Resensi Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Contoh Teks Resensi Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Identitas buku
Judul buku : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Pengarang : Buya Hamka
Penerbit : PT. Bulan Bintang
Tahun terbit : 2012
Jumlah halaman : 225 halaman

Sinopsis

Novel yang telah diangkat menjadi film ini menceritakan tradisi masyarakat Minang pada zaman itu. Penulis yaitu Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan Buya Hamka mengkritik tradisi Minang terutama perkawinan paksa melalui novel ini. Novel ini menceritakan kisah cinta yang setia antara dua insan.

Tokoh yang bernama Zainuddin adalah seorang yatim piatu yang memiliki nasib kurang beruntung. Ibu Zainuddin adalah orang asli Makasar yang menikah dengan orang asli Minang. Oleh karena itu Zainuddin terbuang dari Makasar yang merupakan tanah kelahirannya. Pada suatu ketika Zainuddin mengunjungi Padang Panjang, namun disana ia dianggap sebagai orang asing.

Kemudian Zainuddin bertemu dengan seorang gadis dari keluarga leluhur terpandang yang bernama Hayati. Zainuddin dan Hayati saling jatuh cinta, namun ibunya Hayati sangat tidak merestui hingga mengusir Zainuddin dari Pandang Pandang. Meski Zainuddin pergi meninggalkan Hayati, tetapi mereka berjanji untuk tetap setia.

Kelebihan

Novel ini mengandung banyak amanat apalagi mengenai ranah budaya. Bahasa yang digunakan mudah untuk dimengerti.

Kelemahan

Ada beberapa bahasa Minang yang tidak terdapat terjemahannya. Sehingga banyak orang yang tidak bisa menerjemahkannya. Kemudian sifat tokoh sulit untuk dipahami pembaca, karena tidak dijelaskan secara mendetail.

Baca juga : Contoh Teks Fiksi
[/su_note]

Contoh Teks Resensi Novel Orang-orang Biasa

Contoh Teks Resensi Novel Orang-orang Biasa

Identitas buku
Judul buku : Orang-orang Biasa
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun terbit : 2019
Jumlah halaman : xii + 300 halaman

Sinopsis

Novel Orang-orang Biasa ini mempunyai beberapa kisah yang mengalir. Novel ini dipersembahkan kepada seorang gadis bernama Putri Belantik yang mengalami kegagalan masuk Fakultas Kedokteran, Universitas Bengkulu. Putri Belantik hidup dalam kemiskinan namun ia adalah anak yang cerdas.

Kisah pertamanya ialah tentang dua polisi yang tak pernah beraksi heroik seperti menangkap penjahat dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan saking damainya Kota Belantik. Kisah kedua menceritakan tentang segerombolan orang berjumlah 10 yang bernasib sial. Mereka berteman dan memiliki aksi merampok bank.

Kisah ketiga yaitu kisah tentang salah satu dari 10 gerombolan orang tersebut yang bernama Aini. Inti dari Orang-orang Biasa sebenarnya ada di kisah ini. Aini masuk ke Fakultas Kedokteran tapi tidak mampu membayarnya. Kegagalan ini seolah mengungkapkan bahwa Indonesia sampai saat ini belum merdeka mengenai pendidikan.

Kelebihan

Alur yang dimiliki novel ini acak namun sangat menarik. Alur yang cak tersebut memilki satu ikatan yang utuh. Jika sudah membaca cerita secara keseluruhan maka akan terasa mencerahkan sekali ceritanya. Sehingga membuat para pembaca kagum dan puas.

Kelemahan

Alur yang acak tersebut selain memiliki kelebihan tetapi juga memiliki kekurangan. Novel ini memiliki alur yang sangat acak sehingga sulit untuk dipahami alur ceritanya.

Contoh Teks Resensi Novel Rindu

Contoh Teks Resensi Novel Rindu

Identitas buku
Judul buku : Rindu
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun terbit : 2014
Jumlah halaman : 544 halaman

Sinopsis

Novel ini menceritakan masa pemerintahan Hindia Belanda yang pada saat itu Indonesia sedang diajah oleh belanda. Dalam cerita ini menceritakan tentang sebuah kerinduan yang banyak menjadi beban di hati. Pada masa itu orang-orang yang memiliki ekonomi tinggi diberi fasilitas untuk beribadah haji oleh pemerintah Hindia Belanda.

Perjalanan ibadah haji tersebut menggunakan kapal besar bernama Blitar Holland. Di kapal ini lah semua cerita yang ada di novel terjadi. Banyak cerita dari berbagai tokoh yang berlatar di kapal ini. Salah satunya adalah diceritakan keluarga Daeng Adipati yang terdiri dari oarng tua, anak, dan pembantunya. Kedua anak Daeng sangat senang dengan perjalanan tersebut tanpa mengetahui apa yang dipikiran ayahnya.

Ambo Uleng adalah salah satu tokoh juga yang merupakan seorang pelaut. Ia menaiki kapal Blitar Holland ini tanpa adanya tujuan, ia hanya ingin pergi jauh saja. Ambo Uleng pergi dari kotanya yaitu di Makassar. Ia ingin pergi sejauh mungkin meninggalkan kisahnya yang pilu di Makassar.

Kelebihan

Novel ini memiliki latar tempat yang berbeda dengan novel lainnya. Kapal besar yang ada di novel tersebut seolah-olah menjadi tempat yang nyaman dihuni seperti di kampung. Ceritanya juga menarik dan alurnya mengalir sehingga nyaman dibaca.

Kelemahan

Sampul novel ini kurang menarik pembacanya serta tidak berkesinambungan dengan isinya.

Contoh Teks Resensi Dear Nathan

Contoh Teks Resensi Dear Nathan

Identitas buku
Judul buku : Dear Nathan
Pengarang : Erisca Febrianti
Penerbit : Best Media
Tahun terbit : 2016
Jumlah halaman : 528 halaman

Sinopsis

Novel ini menceritakan sebuah kisah cinta anak SMA antara 2 insan yang memiliki kepribadian sangat berbeda. Seorang gadis yang sangat lugu bernama Salma adalah murid baru di sebuah sekolah. Di sekolah tersebut banyak murid-murid yang terkenal urakan dan banyak ulah. Namun Salma adalah anak yang rajin dan takut berbuat kesalahan.

Awalnya Salma sangat tidak nyaman di sekolah barunya tersebut. Apalagi pada awal masuk ia mengalami keterlambatan. Namun pada saat itu Salma dibantu oleh seorang laki-laki bernama Nathan sehingga ia terselamatkan dari hukuman karena terlambat. Nathan merupakan salah satu mutid di sekolah tersebut yang terkenal sangat nakal dan urakan.

Dari situlah Salma dan Nathan bertemu, hingga lama kelamaan mereka saling jatuh cinta. Nathan yang awalnya sangat nakal berubah menjadi pribadi yang lebih baik setelah bersama Salma. Dalam novel ini Nathan sangat takut mengungkapkan perasaannya kepada Salma.

Kelebihan

Setiap tokoh dalam novel ini memiliki karakter yang sangat kuat. Terutama Nathan, penulis menggambarkan karakter Nathan ini sulit ditebak namun unik. Meskipun di cap jelek oleh warga sekolahnya ia adalah tipe laki-laki yang tidak akan menyakiti hati perempuan.

Kelemahan

Banyak kata-kata yang tidak baku dan tidak efisien pada novel ini. Selain itu banyak ditemukan juga diksi yang tidak pas.

Contoh Teks Resensi Buku Kumpulan Cerpen

Contoh Teks Resensi Buku Kumpulan Cerpen

Identitas buku
Judul buku : Filosofi Kopi
Pengarang : Dewi Lestari “Dee”
Penerbit : Bentang, Gagas Media, dan Truedee books
Tahun terbit : 2006
Jumlah halaman : 142 halaman

Sinopsis

Buku ini menceritakan tentang dua barista yang sangat handal dalam meracik kopi. Namanya ialah Jody dan Ben, mereka mendirikan kedai kopi yang di dalamnya terdapat filosofi kopi. Ben selalu membuat deskripsi tentang filosofi kopi di setiap racikannya. Kedai kopi milik Ben dan Jody ini sangat ramai dengan pengunjung.

Pada suatu hari ada seorang pria kaya raya datang ke kedai kopi mereka dan memberikan tantangan. Pria itu menantang untuk membuat racikan kopi yang sempurna, yang mana jika orang meminum kopi tersebut akan takjub dengan rasanya. Akan tetapi Ben dan Jody gagal membuat racikan kopi yan sempurna.

Ben merasa sangat terpukul dan putus asa saat mereka kembali dari Jakarta. Kemudian Jody menghidangkan kopi tiwus yang mereka dapat saat bertemu pria kaya yang membrinya tantangan. Jody memberi filosofi pada kopi tiwus tersebut, yang akhirnya membuat Ben sadar bahwa ia tidak harus putus asa hanya karena satu kegagalan ini.

Kelebihan

Buku ini memberikan pesan moral bahwa kita tidak boleh putus asa dalam menjalani hidup.

Kelemahan

Terdapat gagasan yang tidak semua pembaca dapat mengerti. Oleh penulis buku ini dibuat sangat segmented. Sehingga yang tidak terbiasa dengan membaca akan sulit mengerti cerita dalam buku ini.

Contoh Teks Resensi Film Menebus Impian

Contoh Teks Resensi Film Menebus Impian

Identitas Film
Judul film : Menebus Impian
Sutradara : Hanung Bramantyo
Produksi : Dapur film
Tahun : 2010

Sinopsis

Film ini menceritakan tentang perjuangan seseorang yang miskin untuk meraih kesuksesan. Dalam sebuah kelurga miskin terdiri dari anak perempuan dan seorang ibu. Nur yang diperankan oleh Acha Septriasa merupakan seorang mahasiswi. Dan ibunya bernama Sekar yang diperankan oleh Ayu Diah Pasya memiliki pekerjaan sebagai buruh cuci.

Ibunya Nur betekad untuk menguliahkan Nur dan meminta agar ia fokus terhadap kuliahnya. Namun pendapat Ibunya sangat berbeda dengan Nur. Nur ingin segera bekerja untuk membantu perekonomian keluraganya. Banyak sekali masalah yang dijumpai Nur dalam film ini.

Kemudian Nur betemu dengan Dian yang diperankan oleh Fedi Nuril, Dian adalah mahasiswa yang sudah mulai mapan. Dian ini adalah sosok yang menginspirasi Nur agar ia kembali meraih cita-citanya. Nur banyak mengalami kegagalan, namun bersama Dian ia terus bangkit.

Kelebihan

Cerita dalam filmnya hampir sama persis dengan novelnya, tidak ada perubahan yang terjadi. Film ini banyak mengandung pesan moral untuk penontonnya.

Kelemahan

Terdapat perbedaan dengan novel aslinya. Salah satu perbedaan tersebut adalah di novelnya Nur dan Dian menikah, namun pada filmnya tidak ada.

Contoh Teks Resensi Buku Pengetahuan : Satwa Terancam Bahaya

Contoh Teks Resensi Buku Pengetahuan : Satwa Terancam Bahaya

Identitas buku
Judul buku : Satwa Terancam Bahaya
Pengarang : Je Green
Penerbit : Pakar Raya
Tahun terbit : 2006
Jumlah halaman : 32 halaman

Sinopsis

Jen Green memberikan banyak pengetahuan mengenai penyebab satwa menjadi langka. Selain itu dalam buku ini juga menjelaskan bagaimana cara mengatasi kelangkaan atau menyelamatkan satwa dari kepunahan. Hewan maupun tumbuhan yang langka apabila tidak diatasi akan menyebabkan kepunahan.

Hewan dan tumbuhan punah ialah yang sudah mati secara keseluruhannya, sehingga tidak dapat ditemukan lagi. Kepunahan juga dapat disebabkan karena hewan dan tumbuhan tertentu tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang mengalami perubahan. Namun pada saat ini kepunahan lebih sering disebabkan karena ulah manusia.

Kelebihan

Dilihat dari segi bahasanya buku juga cocok untuk siswa yang masih duduk di bangku sekolah. Karena bahasanya yang mudah dipahami sehingga buku ini dapat digunakan untuk materi di kelas ataupun untuk sendiri.

Kelemahan

Banyak terdapat istilah asing yang tidak ada terjemahannya, sehingga tidak semua pembaca dapat mengerti.

Contoh Teks Resensi Novel Milea

Contoh Teks Resensi Novel Milea

Identitas buku
Judul buku : Milea, suara dari Dilan
Pengarang : Pidi baiq
Penerbit : Pastel books
Tahun terbit : 2016
Jumlah halaman : 360 halaman

Sinopsis

Novel ini adalah seri ketiga dari novel Dilan, yaitu setelah Dia Dilanku Tahun 1990 dan Dia Dilanku Tahun 1991. Dalam novel ini ceritanya diambil dari sudut pandang Dilan. Untuk bisa memahami isi cerita novel ini haruslah membaca seri novel sebelumnya. Novel ini ceritanya menjawab semua pertanyaan mengenai kisah Dilan dan Milea yang belum terungkap.

Salah satu pertanyaan yang terjawab dalam novel ini adalah alasan meninggalnya Akew dan mengapa Dilan dapat berada di kantor polisi. Selain itu novel ini juga menjelaskan mengapa Dilan sering meramal Milea terutama saat pertama kali mereka bertemu. Disini dijelaskan bahwa Dilan adalah sosok yang baik sebenarnya.

Cerita novel ini juga memberikan pandangan kepada guru bahwa tidak setiap kesalahan atau kenakalan murid diatasi dengan hukuman. Ada beberapa guru yang mengerti dan memahami karakter Dilan. Sehingga novel ini mengajarkan kepada guru bahwa murid tidak membutuhkan hukuman atas kesalahannya, hanya cukup di mengerti dan diberi nasihat.

Kelebihan

Cover yang dimiliki buku ini sangat kekinian sehingga dapat menarik para pembacanya. Dalam novel ini terdapat banyak puisi sehingga dapat menjadi daya tarik bagi pembacanya. Selain menceritakan kisah cinta novel ini juga menceritak tentang kisah kekeluargaan.

Kelemahan

Kisah cinta tentang Dilan dan Milea sudah ada di dua seri sebelumnya, sehingga membosankan karena diulang kembali di seri yang ketiga ini.

Dengan adanya teks resensi dapat membuat suatu karya diketahui terlebih dahulu gambarannya. Sehingga ketika orang akan menikmati karya tersebut bisa mempertimbangkannya. Selain itu dengan adanya teks resensi dapat memberikan penilaian dari berbagai pandangan. Contoh teks resensi tersebut mungkin dapat membantu anda dalam menyusun teks resensi.

Contoh Teks Resensi (Beserta unsur dan manfaatnya)

No Responses

Leave a Reply