15+ Kumpulan Contoh Resensi Novel Fiksi Terlengkap dan Terbaru

Resensi Novel Fiksi – Resensi bertujuan untuk menilai sebuah karya dalam hal ini buku, kemudian dibahas secara singkat dan jelas. Di dalam karya seni, karya yang dapat diresensi antara lain adalah buku, film dan drama. Salah satu kategori buku yang dapat diresensi adalah buku novel fiksi. Anda penasaran? Yuk simak contoh resensi novel fiksi berikut ini.

Contoh Resensi Novel Fiksi Promise

Contoh Resensi Novel Fiksi Promise

Judul Buku: Promise
Penulis: Dwitasari
Penerbit: Loveable
Tahun Terbit: 2016

Sinopsis

Rahman merupakan cowok yang berasal dari Jogja. Ia berwajah tampan namun berkepribadian sederhana dan lugu. Hal ini berkebalikan dengan sahabatnya yang bernama Aji. Aji, seorang cowok yang playboy namun setia kawan. Suatu hari, Aji ingin mengubah Rahman menjadi cowok yang dapat merasakan cinta dan berwawasan luas namun caranya salah.

Aji memberi Rahman DVD porno namun ketahuan ayahnya sehingga Rahman belum sempat menontonnya. Ayahnya merasa nama baik sebagai cucu kyai tercoreng sehingga menjodohkan Rahman dengan anak sahabatnya.

18 bulan kemudian, Rahman melanjutkan kuliah di Milan. Ia bersahabat dengan Moza setelah Ia kehilangan Aji yang telah pergi mewujudkan cita-citanya sebelum lulus sekolah. Ia tulus bersahabat dengan Moza, namun hal ini membuat Moza jatuh cinta kepadanya. Selain menuntut ilmu, tujuannya ke Milan adalah untuk mencari gadis pujaannya yang menghilang.

Seiring berjalannya waktu, Rahman bertemu dengan Aji yang kini sudah berubah karena telah memiliki pasangan. Ia pun turut bahagia atas kebahagiaan Aji. Namun, Rahman masih menyimpan luka akibat cinta sejatinya yang hilang. Di sisi lain, Moza sadar bahwa Ia akan berjuang demi cintanya kepada Rahman.

Kelebihan

Alur ceritanya bagus, gaya bahasanya mudah dimengerti pembaca sehingga pembaca merasa nyaman saat menikmati ceritanya.

Kekurangan

Sampul bukunya kurang memiliki daya tarik bagi pembaca.

Contoh Resensi Novel Fiksi Rumah Kaca

Contoh Resensi Novel Fiksi Rumah Kaca

Judul Buku: Rumah Kaca
Penulis: Pramoedya Ananta Toer
Tebal Buku: 646 halaman
Penerbit: Lentera Dipantera
Tahun Terbit: 2010

Sinopsis

Novel fiksi Rumah Kaca ini bercerita mengenai usaha kolonial untuk memukul aktivitas kaum pergerakan pada operasi pengarsipan yang rapi. Arsip merupakan mata radar Hindia yang diletakkan di mana saja. Fungsinya untuk merekam seluruh kegiatan kaum pergerakan tersebut. Dalam hal ini Pramoedya menyebut politik arsip dengan kegiatan perumahkacaan.

Kelebihan

Kelebihan novel ini adalah fakta-fakta disajikan dengan bagus.

Kekurangan

Alur waktu tidak jelas sehingga pembaca kesulitan untuk mengetahui latar cerita di dalam novel tersebut

Contoh Resensi Novel Fiksi Remaja

Contoh Resensi Novel Fiksi Remaja

Judul Buku: Koala Kumal
Penulis: Raditya Dika
Tebal Buku: 250 halaman
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2015

Sinopsis

Novel remaja berjudul Koala Kumal ini bercerita mengenai pahit manisnya cinta yang dikemas dalam drama cinta komedi. Di dalam novel ini Raditya Dika menceritakan tentang patah hati.

Patah hati adalah sebuah proses menuju kedewasaan. Saat patah hati, janganlah Anda mudah putus asa untuk mengejar cinta. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan suatu impian itu membutuhkan suatu perjuangan. Jadi, apabila Anda sedang memperjuangkan cinta maka Anda harus mampu mempertahankan rasa nyaman satu sama lain.

Kelebihan

Menceritakan kisah cinta yang bagus untuk dibaca kalangan remaja. Gaya bahasa dan tata tulis yang digunakan bagus sehingga mudah untuk dimengerti.

Kekurangan

Kekurangan novel ini terletak pada tebal buku yang lebih tipis dibandingkan jenis novel lainnya.

Contoh Resensi Novel Fiksi Laskar Pelangi

Contoh Resensi Novel Fiksi Laskar Pelangi

Judul Buku: Laskar Pelangi
Penulis: Andrea Hirata
Tebal Buku: 529 halaman
Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2005

Sinopsis

Laskar pelangi merupakan novel fiksi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Novel tersebut mengisahkan tentang kehidupan 10 anak di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung yang saling bersahabat. Orang tua mereka memiliki profesi yang sama, yaitu penambang timah. Meskipun hidup di tengah kemiskinan, namun mereka tetap bersekolah untuk menimba ilmu.

Keadaan sekolah mereka cukup memprihatinkan dan tidak layak huni. Hal ini mendapat teguran dari pemerintah untuk menutup sekolah tersebut karena jumlah muridnya yang sedikit, yaitu hanya 10 orang. Waktu itu, sekolah nyaris ditutup karena pada saat penerimaan peserta didik baru hanya ada 9 orang siswa. Lalu, harun datang sehingga sekolah tidak jadi ditutup.

Ibu Muslimah merupakan sosok guru yang penyabar dalam mendidik para siswa. Meskipun beliau hanyalah lulusan SMP, namun beliau memiliki tekad yang kuat untuk mendedikasikan diri di dunia pendidikan.

Kelebihan

Cerita ini mempunyai gaya bahasa yang bagus sehingga menjadikan alur ceritanya menarik untuk dibaca. Banyak pelajaran hidup yang dapat dicontoh berdasarkan cerita di atas. Salah satunya adalah menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan atas apa yang telah diberi.

Kekurangan

Latar belakang cerita berasal dari daerah terpencil sehingga ada beberapa bahasa yang tidak dimengerti oleh orang awam.

Contoh Resensi Novel Fiksi Tentang Kamu

Contoh Resensi Novel Fiksi Tentang Kamu

Judul Buku: Tentang Kamu
Penulis: Tere Liye
Tebal Buku: 524 halaman
Penerbit: Republika Penerbit, Jakarta
Tahun Terbit: Oktober 2016

Sinopsis

Tentang Kamu, merupakan novel karya Tere Liye. Novel tersebut menceritakan kisah hidup wanita dari keluarga miskin yang tinggal di Pulau Bungin, Kepulauan Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wanita itu adalah Sri Ningsih.

Perjalanan dimulai dari Zaman yang datang ke tempat Sri Ningsih kecil. Zaman menceritakan masa kecil Sri Ningsih yang tinggal bersama ibu tirinya. Bapaknya melaut tidak pulang-pulang sehingga ibu tirinya menjadi galak dan sering memukuli Sri Ningsih. Suatu hari terjadi kebakaran yang membuat ibu tirinya meninggal. Ia dan adiknya tinggal di pondok pesantren di Surakarta.

Sri Ningsih adalah wanita pekerja keras. Ia pernah menjadi pedagang kaki lima, membuka rental mobil hingga membuka pabrik sabun sendiri di Jakarta. Lalu, Ia memutuskan untuk ke London. Perjalanan hidupnya berakhir di Paris. Ia tinggal di panti jompo sebelum meninggal. Ia meninggalkkan surat wasiat yang unik sehingga jejak hidupnya dapat ditelusuri oleh Zaman.

Kelebihan

Pilihan dan susunan kata yang digunakan Tere Liye di dalam novel dapat menghanyutkan pembaca. Covernya menjadi daya tarik orang untuk membacanya. Selain itu, banyak dijumpai amanat baik tersirat maupun tersurat.

Kekurangan

Sinopsis yang dituangkan di cover belakang kurang sesuai untuk menggambarkan keseluruhan isi cerita.

Contoh Resensi Novel Fiksi Pendek

Contoh Resensi Novel Fiksi Pendek

Judul Buku: 5 Cm
Penulis: Dhonny Dhirgantoro
Tebal Buku: 381 halaman
Penerbit: PT. Grasindo, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2005

Sinopsis

5 Cm, merupakan novel yang mengisahkan tentang lima sahabat bernama Zafran, Arial, Ian, Genta dan seorang wanita bernama Riani. Riani bercita-cita bekerja di stasiun televisi. Arial paling tampan diantara lainnya. Zafran mempunyai mimpi menjadi picisan. Genta adalah leader diantara mereka. Ian seorang yang fanatik dengan bola dan merupakan penggemar Happy Salma.

Kelima orang tersebut telah bersahabat selama 7 tahun. Mereka merasa jenuh dengan aktivitasnya, lalu memutuskan untuk tidak berkomunikasi selama 3 bulan lalu setelah itu bertemu lagi. Selama 3 bulan, mereka mengejar impian masing-masing. Setelah 3 bulan mereka bertemu dan melakukan perjalanan panjang.

Perjalanan mereka diakhiri di puncak tertinggi di Pulau Jawa, yaitu puncak Mahameru. Kini mereka menemukan arti kehidupan yang sebenarnya. Pada akhirnya mereka dapat mewujudkan impian masing-masing.

Kelebihan

Gaya bahasa yang digunakan lebih kompleks sehingga lebih mudah dimengerti. Alur ceritanya juga tidak membosankan sehingga merangsang pembaca untuk terus membaca hingga akhir cerita.

Kekurangan

Kekurangan novel ini terletak pada alur cerita bagian akhir, yang mana kelima sahabat tersebut sudah mempunyai keturunan namun tingkah lakunya masih seperti anak muda.

Contoh Resensi Buku Fiksi Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Fiksi Pengetahuan

Judul Buku: Memahami Film
Penulis: Himawan Pratists
Tebal Buku: 223 halaman
Penerbit: Homerian Pustaka
Tahun Terbit: 2008

Sinopsis

Masih banyak orang yang melihat film sebagai sesuatu yang mustahil untuk dijalankan. Film bisa dibuat oleh siapa saja dan banyak yang berminat untuk belajar membuat film. Sayangnya, kedalaman untuk mempelajari seni film masih terbatas. Pengetahuan tentang film juga masih sebatas di ruang kuliah saja, padahal film menjadi milik semua orang yang mempunyai hobi menonton.

Buku ini dapat membantu pembaca untuk memahami film sebagai bentuk seni. Pembaca bisa belajar dilengkapi dengan gambar-gambar yang mendukung sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi bukunya.

Kelebihan

1. Buku ini disertai contoh-contoh unsur pembentukan film yang dilengkapi ilustrasi dan referensi film.
2. Buku ini menjelaskan setiap topik dengan detail. Misalnya, aspek naratif, jenis dan ciri genre seta lainnya.
3. Buku ini mempermudah dan dapat menuntun pemula untuk membuat film.

Kekurangan

Buku ini sulit dicari karena tidak semua toko buku menjualnya, Bahkan, di Gramedia pun tidak ada. Apabila Anda berminat, Anda dapat mengakses lewat situs yang menjual buku tersebut.

Contoh Resensi Buku Fiksi Cerita Rakyat

Contoh Resensi Buku Fiksi Cerita Rakyat

Judul Buku: Sangkuriang
Penulis: Yuliadi Soekardi
Tebal Buku: 104 halaman
Penerbit: CV. Putaka Setia
Tahun Terbit: 2002

Sinopsis

Buku ini mengisahkan tentang seorang anak yang mencintai ibunya. Namun, cinta tersebut berwujud cinta antara pria kepada seorang wanita. Cerita ini dimulai dari Sangkuriang yang diusir oleh ibunya yang bernama Dayang Sumbi. Hal ini dikarenakan Sangkuriang membunuh anjing kesayangan Dayang Sumbi yang merupakan jelmaan ayah Sangkuriang.

Suatu hari, Sangkuriang kembali ke desanya dan jatuh cinta dengan Dayang Sumbi yang merupakan ibunya. Namun, keduanya tidak saling mengenal karena Dayang Sumbi begitu cantik. Namun, suatu hari kebenaran terungkap bahwa Sangkuriang adalah anaknya. Kisah cinta ibu dan anak ini menjadi asal mula adanya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

Kelebihan

Buku ini menggunakan bahasa yang bagus sehingga mudah dipahami pembaca. Selain itu, sampul bukunya berwarna sehingga menarik dan disukai banyak anak-anak.

Kekurangan

Di dalam buku ini dijumpai beberapa penulisan yang kurang tepat. Kertas mudah robek karena kurang berkualitas. Gambar di dalam buku tidak berwarna sehingga kurang menarik.

Contoh Resensi Buku Fiksi Dan Strukturnya

Contoh Resensi Buku Fiksi Dan Strukturnya

Judul Buku: Milea; Suara Dilan
Penulis: Pidi Baiq
Tebal Buku: 360 halaman
Penerbit: Pastel Books
Tahun Terbit: 2016

Sinopsis

Novel ini merupakan kelanjutan dari dua novel sebelumnya yang berjudul Dilan, Dia Dilanku Tahun 1990 dan Dilan, Dia Dilanku Tahun 1991. Novel Milea ini menjawab keresahan pembaca pada kedua novel Dilan sebelumnya.

Sudut pandang novel ini diambil dari Dilan. Ceritanya mengklarifikasi cerita dari Milea. Novel ini menjawab pertanyaan mengapa Dilan berada di kantor polisi, kisah penyebab meninggalnya Akew dan lain-lain.

Dilan merupakan teman sekaligus pacar yang baik. Dia juga merupakan murid yang baik. Anak-anak seperti Dilan tidak perlu dihukum, namun perlu dimengerti dan diberi perhatian lebih. Di dalam buku ini juga menceritakan tentang percintaan Dilan dan Milea serta persahabatan, keluarga sampai kisah sedih semua ada di dalam buku ini.

Kelebihan

1. Cover bukunya bagus dan tepat sasaran, yaitu untuk remaja.
2. Banyak dijumpai puisi yang menambah daya tarik buku ini untuk dibaca
3. Model penceritaannya jelas dan terstruktur
4. Penulis dapat menggambarkan cerita seperti kisah nyata. Alur ceritanya mengalir.
5. Dialog dan penjelasan adegannya tidak berlebihan sehingga mempermudah pembaca untuk mengikuti alur ceritanya.
6. Novel ini ceritanya ringan dan dapat dikonsumsi oleh semua usia.

Kekurangan

1. Akhir cerita membosankan, hal ini dikarenakan akhir cerita cinta Milea dan Dilan sudah dibahas di seri Dilan sebelumnya.
2. Dijumpai beberapa kalimat yang membuat penasaran pembacanya

Contoh Resensi Novel Fiksi Pudarnya Pesona Cleopatra

Contoh Resensi Novel Fiksi Pudarnya Pesona Cleopatra

Judul Buku: Pudarnya Pesona Cleopatra
Penulis: Habiburrahman El Shirazy
Tebal Buku: 111 halaman
Penerbit: Republika, Jakarta
Tahun Terbit: 2005

Sinopsis

Novel ini mengisahkan tentang seorang pria yang akan dijodohkan dengan anak teman ibunya yang bernama Raihana. Raihana adalah seorang hafidzoh Al Qur’an yang memiliki sifat lebih dewasa dan berumur 2 tahun lebih tua dari pria tersebut. Ia menikahi Raihana sebagai bentuk bakti terhadap ibunya.

Meskipun Ia mengagumi kecantikan Raihana namun rasa cinta itu tidak tumbuh di hatinya. Hal ini membuat Raihana sedih. Namun, Raihana tetap melaksanakan kewajibannya sebagai istri. Setelah satu tahun, Raihana hamil dan meminta izin untuk tinggal bersama ibunya sampai kelahiran anaknya.

Saat pria itu melakukan perjalanan dinas, rekannya bercerita tantang pengalaman pahit menikahi wanita mesir. Saat itu juga, pesona wanita Mesir yang ada di bayangannya pudar. Lalu, Ia pulang untuk mengambil ATM Raihan dan Ia menemukan amplop yang berisi curahan hati Raihana.

Raihana mengungkapkan betapa Ia sangat mencintai suaminya. Saat itu, suaminya baru sadar dan bergegas menemui Raihana. Pria itu terlambat, kini Raihana sudah meninggal karena pendarahan ketika persalinan.

Kelebihan

Penulis banyak menuliskan pesan positif kepada pembaca. Prinsip utama saat ingin menikahi seorang wanita adalah karena keimanan dan ketaqwaannya bukan karena kecantikan atau hartanya.

Kekurangan

Novel ini hanya ditujukan untuk usia dewasa dan tidak cocok untuk anak-anak atau remaja.

Contoh Resensi Novel Fiksi Ayah

Contoh Resensi Novel Fiksi Ayah

Judul Buku: Ayah
Penulis: Andrea Hirata
Tebal Buku: 412 halaman
Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2015

Sinopsis

Novel karya Andrea Hirata ini merupakan trilogi dari novel karya beliau yang berjudul Laskar Pelangi. Latar cerita tersebut di Belitong. Novel ini menceritakan kisah 4 orang sahabat yaitu Sabari, Ukun, Tamat dan Toharun. Di dalam novel ini, Andrea Hirata mencoba mengisahkan kehidupan sehari-hari keempat sahabat tersebut.

Tokoh di dalam novel Ayah ini memiliki sifat yang unik seperti pada Laskar Pelangi. Mereka naif dan polos namun juga cerdas. Di dalam novel itu, Sabari mencintai gadis bernama Lena. Namun, gadis itu tidak peduli dengannya. Ia sering menuliskan puisi di mading sekolah dan Lena pun sering membalasnya.

Saat Sabari dewasa, Ia mendengar kabar bahwa Lena hamil di luar nikah. Ia pun rela menikahinya untuk menjaga nama baik keluarga Markoni, tempat Ia bekerja. Setelah anaknya lahir, Ia memberikan nama Zorro. Ia sangat menyayangi anaknya dan selalu memikirkan rencana yang akan dilakukan saat anaknya sudah dewasa.

Namun, Lena tidak ingin tinggal bersama Sabari dan Zorro anaknya. Lalu, Lenna bercerai dan menikah sampai tiga kali. Suatu hari, Zorro diambil oleh Lena. Hal ini menyebabkan Sabari seperti orang gila.

Kelebihan

Cerita dikemas menarik dan setiap babnya pendek sehingga pembaca tidak mudah capek ketika membaca ceritanya. Cerita di dalam novel ini didominasi oleh percintaan dan persahabatan. Gaya bahasanya kompleks sehingga sangat mudah dimengerti oleh pembaca dari berbagai kalangan.

Kekurangan

Dijumpai beberapa cerita yang tidak sesuai dengan tema sehingga ceritanya menjadi sumbang.

Contoh Resensi Novel Fiksi Rindu

Contoh Resensi Novel Fiksi Rindu

Judul Buku: Rindu
Penulis: Darwis Tere Liye
Tebal Buku: 544 halaman
Penerbit: Republika
Tahun Terbit: 2014

Sinopsis

Novel Karya Darwis Tere Liye ini mengisahkan tentang perjalanan panjang kerinduan yang membebani hati. Dimulai dari menempuh perjalanan dengan dosa yang banyak di masa lalu. Lalu, menempuh perjalanan yang penuh dengan kebencian karena kehilangan cintanya.

Novel ini memiliki latar waktu pada masa Belanda menjajah Indonesia. Saat itu, warga pribumi akan diberi fasilitas ibadah haji oleh pemerintah Belanda bagi yang mempunyai cukup uang. Perjalanan dilakukan menggunakan kapal Blitar Holland, yang merupakan transportasi modern saat itu.

Dikisahkan keluarga Daeng yang mengikuti perjalanan haji bersama dengan orang tua, kedua anaknya dan pembantunya. Mereka sangat gembira namun tidak mengetahui maksud terselubung ayahnya.

Di sisi lain, ada seorang pelaut yang bernama Ambo Uleng. Ia menghabiskan hampir seluruh hjdupnya di atas laut. Ia juga menaiki kapal Blitar Holland namun tidak mempunyai tujuan hidup. Ia berkeinginan untuk pergi jauh dari Makassar.

Ada seorang wanita keturunan Cina yang sering mengajari mengaji anak-anak di mushola kapal. Ia bernama Bunda Upe. Setiap malam, Ia menangisi dosa-dosanya yang telah berlalu.

Ada lagi seorang ulama Makasasar bernama Gurutta Ahmad Karaeng. Beliau selalu shalat berjamaah dan suatu hari beliau ingin menyelenggarakan pengajian di kapal. Beliau juga sering menjawab pertanyaan dari orang-orang dengan baik. Namun, Ia juga memendam pertanyaan yang tak seorang pun dapat menjawabnya.

Kelebihan

Cerita disajikan dengan menarik, alur ceritanya mengalir sehingga mempermudah untuk dimengerti pembaca.

Kekurangan

Cover novel ini kurang menarik dan kurang sesuai untuk menggambarkan isi cerita.

Contoh Resensi Novel Fiksi London

Contoh Resensi Novel Fiksi London

Judul Buku: London
Penulis: Windry Ramadhina
Tebal Buku: 327 halaman
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013

Sinopsis

Novel berjudul London ini mengisahkan tentang kehidupan seorang penulis novel romance bernama Gilang. Ia memiliki sahabat yang mencintai seni rupa, namanya Ning. Mereka saling bersahabat, namun sahabat itu menjadi cinta. Hal inilah yang dirasakan oleh Gilang. Kepergian Ning ke London untuk sekolah dan bekerja membuat Gilang merasakan rindu yang amat dalam.

Suatu malam, Gilang memberitahu teman-temannya bahwa Ia akan pergi ke London untuk menyusul dan menyatakan cinta kepada Ning. Namun, di London Ia justru bertemu dengan gadis misterius yang dia beri nama Goldilocks.

Gadis tersebut sering muncul di saat hujan. Ketika hujan reda gadis itu pun menghilang. Di sisi lain cintanya kepada Ning belum ditemukan. Lalu, apakah Gilang akan bertemu dengan Ning dan menyatakan cinta? Ataukah Ia selamanya akan terjebak dengan permainan Goldilocks yang sering muncul dan menghilang?

Kelebihan

Alur cerita disajikan dengan menarik dan cocok dibaca untuk kalangan remaja hingga dewasa. Gaya bahasa dan tulisan rapi sehingga membuat pembaca nyaman menikmati novel tersebut. Penjelasan tema detail sehingga pembaca dapat berimajinasi hingga ke Kota London.

Kekurangan

Kekurangan novel ini adalah desain cover bukunya kurang menarik.

Contoh Resensi Novel Fiksi Surat Kecil untuk Tuhan

Contoh Resensi Novel Fiksi Surat Kecil untuk Tuhan

Judul Buku: Surat Kecil untuk Tuhan
Penulis: Agnes Davonar
Tebal Buku: 239 halaman
Penerbit: Inandra Published
Tahun Terbit: 2008

Sinopsis

Novel ini mengisahkan tentang perjuangan seorang gadis untuk melawan kanker ganas. Gadis tersebut bernama Gita Sessa Wanda Cantika yang akrab disapa Keke. Ia divonis terkena kanker ganas dan hidupnya tinggal 5 hari.

Kanker tersebut menyerang bagian wajah Keke sehingga Ia tampak seperti monster. Namun, Keke tetap berjuang untuk hidup dan mendapatkan pendidikan layaknya gadis lain seumurannya. Penyakit itu tidak diberitahukan kepada Keke karena mereka tidak tega melihat anaknya kehilangan separuh wajahnya apabila dilakukan operasi. Namun, pada akhirnya Keke pun mengetahui penyakitnya.

Keke selalu tersenyum dan berjuang untuk hidup normal dan berprestasi seperti orang normal lainnya. Ayahnya pun terus berjuang demi kesembuhan Keke. Ayahnya berupaya mencari pengobatan alternatif di seluruh wilayah Indonesia, namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya, menggunakan cara medis dan dokter menyarankan untuk kemoterapi.

Keke mendapatkan keajaiban dari Tuhan sehingga Ia bisa menghabiskan waktu lebih lama dengan teman dan keluarga. Kanker tersebut merupakan penyakit pertama di Indonesia dan saat itu menjadi viral. Hal ini menimbulkan perdebatan di antara para dokter. Namun, setelah 3 tahun kanker itu kembali tumbuh di bagian tubuh lainnya.

Ayahnya memutuskan untuk berobat ke Singapura. Dokter di sana pun menyarankan untuk melakukan operasi. Namun, akhirnya mereka kembali ke Indonesia dan keadaan Keke justru semakin parah. Hal ini dikarenakan kanker tersebut telah menyebar ke bagian organ tubuh lainnya, yaitu paru-paru dan jantung.

Meski pun tangan dan kakinya sudah tidak bisa digerakkan, namun Keke tetap semangat belajar. Kondisi Keke semakin parah hingga mengalami koma dan dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Ditengah kondisinya tersebut ada kabar gembira, Keke mendapatkan prestasi sebagai juara tiga di ujian akhir di kelasnya,

Akhirnya dokter menyerah dan Keke menghembuskan nafas terakhirnya pada 25 Desember 2006. Tepatnya, setelah puasa dan saat merayakan Idul Fitri. Sebelum meninggal, Keke sempat menuliskan surat kecil untuk Tuhan.

Kelebihan

Cerita di dalam novel ini diangkat dari kisah nyata sehingga sangat menyentuh hati pembaca. Penulis mampu membawa pembawa berimajinasi.

Kekurangan

Dijumpai beberapa kata kiasan sehingga sulit dimengerti oleh pembaca.

Contoh Resensi Novel Fiksi Sang Pemimpi

Contoh Resensi Novel Fiksi Sang Pemimpi

Judul Buku: Sang Pemimpi
Penulis: Andrea Hirata
Tebal Buku: 292 halaman
Penerbit: PT. Bentang Pustaka
Tahun Terbit: 2008

Sinopsis

Novel karya Andrea Hirata ini mengisahkan tentang kehidupan tiga anak Melayu Belitong bernama Arai, Ikal dan Jimbron. Kehidupan mereka penuh perjuangan, lika-liku dan tantangan sehingga mereka yakin dengan adanya kekuatan cinta, adanya rasa percaya terhadap kekuatan mimpi dan kekuasaan Tuhan. Mereka duduk di bangku SMA dan bekerja menjadi kuli ikan untuk bertahan hidup.

Di SMA Negeri Bukan Main, terdapat kepala sekolah yang baik dan bijaksana. Beliau bernama Pak Balia. Selain itu, ada tokoh antagonis yang ditakuti siswa, beliau bernama Pak Mustar. Beliau menjadi galak karena anaknya tidak diterima di SMA Negeri Bukan Main.

Ikal, Jimbron dan Arai pernah melanggar peraturan sekolah dengan menonton film di bioskop sehingga dihukum oleh Pak Mustar. Mereka bertiga diminta untuk berakting membersihkan WC di lapangan sekolah.

Arai dan Ikal masih mempunyai hubungan darah. Ketika Arai duduk di bangku kelas 1 SD ibunya meninggal dan saat duduk dibangku kelas 3 ayahnya meninggal. Hal ini menyebabkan di kampung Melayu dikenal sebagai Simpai Keramat.

Kelebihan

Di dalam novel tersebut mengandung nilai moralitas dan sosialisme. Alur ceritanya menarik sehingga mudah dimengerti dan menginspirasi para pembaca.

Kekurangan

Dijumpai beberapa bahasa kiasan sehingga bagi pembaca pemula akan kesulitan saat membacanya.

Contoh Resensi Novel Fiksi Negeri 5 Menara

Contoh Resensi Novel Fiksi Negeri 5 Menara

Judul Buku: Negeri 5 Menara
Penulis: Ahmad Fuadi
Tebal Buku: 423 halaman
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2009

Sinopsis

Novel karya Ahmad Fuadi ini sudah difilmkan. Tokoh utama di dalam novel ini adalah Alif. Ia lahir di Minangkabau. Sejak kecil, Ia mempunyai cita-cita menjadi seperti B. J. Habibie. Oleh karena itu, setelah SMP Ia berencana melanjutkan SMU di Padang. Ia berharap dapat kuliah di jurusan yang diinginkannya.

Amak Alif berkeinginan Ia menjadi penerus Buya Hamka. Hal ini membuat impian Alif kandas. Orang tuanya menawari untuk sekolah agama atau pergi ke pondok pesantren. Alif sempat kesal, namun Ia tidak ingin mengecewakan orang tuanya. Akhirnya, Ia masuk pondok. Pamannya memberi saran untuk masuk ke Pondok Pesantren modern Gontor di Jawa Timur.

Awalnya Alif menjalaninya dengan setengah hati, namun akhirnya Ia tetap ingin melanjutkan di pondok posantren karena mendengar kalimat bahasa Arab “Man Jadda Wajada” yang artinya adalah barang siapa bersungguh-sungguh pasti bisa.

Di pondok, Ia memiliki teman baru yang berasal dari berbagai daerah. Mereka adalah Raja, Dulmajid, Said, Atang dan Baso. Mereka habiskan waktu sehari-hari dengan hafalan Al-Qur’an, belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris siang malam. Pada tahun pertama, mereka merasa berat namun tahun-tahun berikutnya mereka jalani dengan penuh warna dan pengalaman.

Suatu hari Baso keluar dari pondok, hal ini menggugah semangat Alif dan teman-temannya untuk segera lulus dan menjadi orang sukses serta mewujudkan impiannya untuk pergi ke benua Eropa dan Amerika.

Akhirnya, impian merekan terwujud. Alif berada di Amerika, Atang di Afrika, Raja di Eropa, Baso di Asia, Said dan Dulmajid di Indonesia. Anda dianjurkan untuk tidak meremehkan suatu impian karena Allah Maha Mendengar.

Kelebihan

Ceritanya menarik dan membuat pembaca penasaran untuk mengetahui lebih lanjut kehidupan di dunia pesantren. Di dalam novel ini banyak dijumpai motivasi.

Kekurangan
Bagian klimaks ceritanya kurang menonjol dan penjelasan mengenai kehidupan beberapa tokoh dalam novel tersebut kurang.

Contoh resensi novel fiksi di atas dapat bermanfaat bagi Anda untuk dijadikan sebagai sumber referensi. Dengan demikian, dapat memudahkan Anda dalam memahami isi dari masing-masing novel best seller yang ada di Indonesia.

 

15+ Kumpulan Contoh Resensi Novel Fiksi Terlengkap dan Terbaru

Leave a Reply