15+ Contoh Kliping yang Baik dan Benar dalam Berbagai Tema (Lengkap)

Contoh Kliping – Apakah Anda pernah mendapat tugas membuat kliping mengenai berbagai macam tema? Jika iya, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa kliping berisi rangkuman-rangkuman informasi penting, jika Anda belum mengetahui cara membuat kliping, Anda bisa membaca 15+ contoh kliping yang baik dan benar dalam berbagai tema (lengkap).

Sebenarnya, membuat kliping itu mudah, Anda harus mengetahui bagian-bagian pentingnya untuk dijadikan sebuah kliping yang bagus dan mudah dibaca oleh banyak orang. Kliping yang bagus akan memuat rangkuman penting dari topik yang dibuat.

Contoh Kliping PKN

Contoh Kliping PKN

Kasus-Kasus Mengenai Pelanggaran HAM yang Pernah Terjadi

Hingga detik ini, masih saja banyak terjadi kasus-kasus mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia atau HAM di Indonesia. Sebenarnya, sudah ada peraturan yang mengatur mengenai masalah HAM, namun, rasanya peraturan tersebut masih belum benar-benar digunakan, kecuali jika pelanggaran tersebut memang benar-benar terlihat.

Jika ingin melihat lagi ke beberapa tahun yang lalu, ada banyak masalah mengenai HAM berat yang pernah terjadi di negara ini.

1. Kasus Marsinah Tahun 1993

Pada tanggal 3 sampai 4 Mei 1993, telah terjadi kasus Marsinah. Marsinah merupakan seorang pekerja dan juga aktivis yang bekerja di PT. Catur Putera Surya Porong di Jawa Timur. Pada tanggal tersebut, Marsinah dan juga karyawan lainnya yang bekerja di perusahaan tersebut melakukan aksi mogok kerja.

Karyawan yang melakukan aksi meminta kepastian dari pihak perusahaan yang telah melakukan PHK tanpa disertai alasan yang jelas. Setelah terjadi aksi tersebut, lima hari kemudian, Marsinah ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa di kawasan Hutan Wilangan di Nganjuk.

Marsinah ditemukan dalam kondisi yang mengenaskan, diduga bahwa Marsinah merupakan korban dari pelanggaran HAM, yaitu penculikan, penganiayaan, sampai pembunuhan.

2. Peristiwa Trisakti dan Semanggi Tahun 1998

Tahun 1998 dikenal sebagai tahun reformasi, pada tahun tersebut juga telah terjadi sebuah peristiwa yang menyedihkan yaitu tragedi Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998. Gerakan ini dilakukan oleh banyak mahasiswa.

Latar belakang terjadinya gerakan ini adalah krisis moneter serta tindakan KKN oleh Presiden pada saat itu, Soeharto. Banyak demo yang terjadi di beberapa wilayah, demo ini kemudian berujung pada demo antara mahasiswa dengan aparat kepolisian.

Akhir dari tragedi ini adalah 4 orang mahasiswa meninggal dunia ketika peristiwa ini terjadi dan masih banyak mahasiswa yang mengalami luka-luka.

Pada tahun 1998 juga terjadi tragedi di Semanggi sebanyak 2 kali. Pertama, terjadi pada tanggal 11 sampai 13 November 1998 dan kemudian tanggal 24 September 1999. Tragedi juga terjadi dengan banyak memunculkan korban jiwa.

3. Kasus Pembunuhan Aktivis HAM Munir Tahun 2004

Tanggal 7 September 2004, telah terjadi sebuah peristiwa yang hingga saat ini membekas di ingatan masyarakat Indonesia, yaitu Munir yang meninggal dunia ketika melakukan penerbangan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Saat itu, Munir sedang akan melakukan perjalanan menuju Amsterdam, Belanda. Ada banyak dugaan yang muncul setelah kematian Munir ini.

Banyak yang berspekulasi bahwa Munir meninggal dikarenakan penyakit jantung, dibunuh, bahkan diracuni. Namun, banyak juga orang yang berpikir bahwa Munir meninggal dunia akibat racun yang mungkin diberikan melalui minuman atau makanan di dalam pesawat.

Pada tahun 2005, akhirnya pilot Garuda Indonesia diberi hukuman penjara selama 14 tahun. Pilot tersebut merupakan tersangka dari kasus pembunuhan Munir.

Masih ada beberapa kejadian mengenai permasalahan HAM yang terjadi di Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, tentu saja harapannya tidak akan ada lagi pelanggaran HAM serupa. HAM adalah sesuatu yang harus dilindungi dan diperjuangkan untuk seluruh masing-masing pribadi masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia.

Contoh Kliping Ekonomi

Contoh Kliping Ekonomi

Kegiatan Ekonomi

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak lahan yang subur dan ada banyak tumbuhan serta tanaman pangan lainnya yang dapat hidup dengan baik di sini. Banyak masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai petani. Oleh karena itu, hasil usaha pertanian merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia.

Di antara banyaknya hasil pertanian yang ada di Indonesia, beberapa bahan pangan yang dihasilkan yaitu padi, kopi, jagung, cengkeh, sawit, sayuran, dan macam-macam buah. Selain itu, banyak hasil pertanian di Indonesia yang termasuk kualitas ekspor dan dikirim ke luar negeri. Tidak heran, alasan penjajah tertarik dengan Indonesia dikarenakan potensi hasil pertaniannya.

Selain pertanian, ada juga bidang perdagangan yang merupakan aktivitas penyaluran barang produksi dari produsen ke konsumen. Di negara ini, ada beberapa jenis pedagang. Pertama, pedagang yang menjual barang dagangan di lokasi yang tetap. Umumnya, pedagang seperti ini memiliki toko sendiri untuk menjual barang dagangannya.

Kedua, pedagang tidak tetap atau pedagang asongan. Pedagang asongan akan berkeliling untuk menjual barang dagangannya. Terakhir, pedagang kaki lima yang juga merupakan pedagang yang lokasi jualnya berpindah-pindah.

Peternakan merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang juga banyak diminati di Indonesia. Peternakan adalah usaha memelihara hewan yang kemudian akan diambil manfaatnya. Di Indonesia, ada banyak hewan yang dijadikan binatang ternak, misalnya ayam, sapi, kambing, dan hewan lainnya.

Selain dikenal sebagai negara agraris, Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim. Salah satu kegiatan ekonomi yang banyak dilakukan di Indonesia adalah dalam bidang perikanan. Hasil perikanan di perairan Indonesia didistribusikan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga di ekspor ke berbagai negara,

Contoh Kliping Olahraga

Contoh Kliping Olahraga

Olahraga Bola Basket

Salah satu cabang olahraga yang diminati hingga saat ini adalah bola basket. Bola basket adalah salah satu olahraga yang dimainkan secara berkelompok. Kelompok yang bermain biasanya berjumlah dua kelompok dan masing-masing kelompok memiliki lima orang pemain ditambah beberapa pemain cadangan. Pemain cadangan bertugas untuk menggantikan pemain inti yang cedera atau kelelahan.

Permainan bola basket akan sangat menarik untuk ditonton, terutama ketika terdapat pertandingan atau turnamen basket. Biasanya, pertandingan bola basket akan dilaksanakan di suatu ruang tertutup yang di dalamnya terdapat lapangan kecil dan khusus untuk olahraga basket.

Permainan bola basket juga lebih dikenal sebagai permainan olahraga yang menunjukkan persaingan atau bisa disebut lebih kompetitif, hal ini dikarenakan oleh permainan basket yang memiliki tempo lebih cepat dibandingkan permainan olahraga lainnya, misalnya sepak bola.

Olahraga basket ini merupakan olahraga yang banyak disenangi oleh masyarakat di dunia, terutama oleh masyarakat Amerika. Beberapa negara yang penduduknya menyukai permainan bola basket ialah Lituan, Eropa Selatan, dan Indonesia.

Setiap tahun, selalu ada banyak kejuaraan bola basket yang dilaksanakan. Contoh kejuaraan bola basket ialah British Basketball League yang dilaksanakan di kawasan Inggis serta National Basketball Association di Amerika Serikat.

Contoh Kliping Bencana Alam

Contoh Kliping Bencana Alam

Tsunami Aceh

Tahun 2004 merupakan tahun berduka bagi masyarakat Indonesia, tentu saja, siapa yang tidak bersedih dengan adanya peristiwa bencana alam terbesar sepanjang sejarah, tsunami di Aceh yang terjadi pada bulan Desember tahun 2004.

Tsunami yang terjadi di Aceh didahului oleh adanya gempa dengan kekuatan yang sangat besar hingga 8,5 SR setiap detik dan ketinggian gelombang tsunami mencapai 35 meter. Tentu saja, hal tersebut sangat mengerikan.

Bencana alam yang terjadi di Aceh pada tahun 2004, maupun beberapa bencana alam yang terjadi di daerah lainnya merupakan bentuk peringatan bagi manusia. Pasalnya, tidak ada yang abadi di dunia ini dan manusia perlu hidup dengan cara yang lebih baik serta ikhlas dalam menjalaninya.

Contoh Kliping Ekonomi Syariah

Contoh Kliping Ekonomi Syariah

Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan serta aplikasi dari aturan dan anjuran syariah, di mana pengetahuan ini berguna untuk mencegah ketidakadilan dalam memperoleh materi sehingga tercipta kepuasan untuk manusia dibarengi dengan menjalankan perintah dari Allah.

Ekonomi syariah harus bisa memberikan kesempatan yang sangat luas bagi setiap pelaku usaha. Dalam menjalankan ekonomi syariah, ada empat sifat yang perlu selalu diingat dan dilaksanakan, yaitu kesatuan (unity), kebebasan (free will), keseimbangan (equilibrium), dan tanggung jawab (responsibility).

Pelaksanaan ekonomi syariah tentu berbeda dengan ekonomi konvensional. Perbedaan yang sangat mendasar adalah dari konsep kedua sistem ekonomi tersebut. Konsep ekonomi konvensional adalah lebih mengutamakan bunga yang digunakan sebagai keuntungan, sementara ekonomi syariah lebih mengutamakan bagi hasil.

Ekonomi syariah jika dijalankan dengan baik dapat memberikan masyarakat kesejahteraan, kebersamaan, kekeluargaan, keadilan, serta sikap transparan untuk setiap pelaku ekonomi.

Contoh Kliping Kesehatan

Contoh Kliping Kesehatan

Mencegah dan Mengatasi Masalah Alergi Dalam Keluarga

Alergi merupakan masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap sebagai permasalahan yang mudah, jika alergi sudah dalam tingkatan yang berbahaya, tentu seorang penderita alergi akan sangat kesakitan.

Umumnya, dalam mengatasi gejala dari alergi, digunakan antihistaminika, seperti feniramin, prometazin, dan deksklorfeniramin dalam bentuk sirop, tablet, tetes mata, dan tetes hidup. Obat-obat tersebut merupakan obat bebas terbatas.

Pencegahan alergi perlu dilakukan sesuai dengan alergennya. Cara yang paling tepat dal;am mencegah alergi tersebut datang ialah dengan menghindari pemicu alergi. Namun, tidak semua pemicu alergi bisa dihindari dengan mudah, contohnya alergi yang disebabkan makanan, tungau debu, serta hewan peliharaan.

Beberapa cara mudah yang dapat diterapkan bagi keluarga dalam mencegah datangnya alergi adalah bersihkan rumah dengan rutin, buka jendela serta pintu supaya sirkulasi udara lebih lancar dan baik, catat jenis makanan atau penyebab alergi lain yang mungkin menjadi penyebab timbulnya alergi, dan masih banyak hal-hal mudah yang bisa diterapkan di dalam keluarga.

Bagi orang-orang yang masih bingung dengan penyebab alergi, kini kita dapat melakukan tes aergi di laboratorium kesehatan untuk lebih mengetahui masalah alergi yang kemungkinan terjadi di dalam diri kita dan keluarga.

Contoh Kliping Tentang Kemerdekaan

Contoh Kliping Tentang Kemerdekaan

Peristiwa Penting Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan cara yang tidak mudah dan membutuhkan banyak perjuangan dalam mewujudkannya. Ada beberapa peristiwa penting yang terjadi sampai akhirnya kemerdekaan datang untuk Indonesia.

  1. Penyerahan Jepang kepada sekutu

Penjajah terakhir yang datang ke Indonesia adalah Jepang. Stelah penjajahan oleh Jepang terjadinya, akhirnya pihak Jepang takluk dengan pihak sekutu yang didahului oleh adanya bom di Nagasaki dan Hiroshima Jepang. Kejadian bom tersebut terjadi pada tanggal 6 Agustus 1945 di Hiroshima dan 9 Agustus 1945 di Nagasaki.

Sebanyak 14.000 penduduk menjadi korban dari peristiwa tersebut. Setelah peristiwa tersebut terjadi, terdapat kabar bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan untuk Indonesia. Isi dari berita tersebut yaitu kemerdekaan Indonesia bisa dilakukan melalui pembacaan teks proklamasi pada 24 Agustus 1945.

  1. Peristiwa Rengasdengklok

Terdengarnya berita mengenai Jepang, membuat anggota golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Tetapi, golongan tua tidak setuju dengan pendapat dari golongan muda tersebut. Golongan tua beranggapan bahwa proklamasi kemerdekaan yang dilakukan secara mendadak akan mengakibatkan pertumpahan darah.

Perdebatan tersebut mengakibatkan sebuah peristiwa yang disebut sebagai Peristiwa Rengasdengklok. Tanggal 15 Agustus, pihak golongan muda membawa Soekarno dan Moh Hatta menuju Rengasdengklok. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengamanan tokoh tersebut dari adanya pengaruh Jepang.

  1. Perumusan Teks Proklamasi

Peristiwa Rengasdengklok yang terjadi menjadi pembuka bagi Soekarno dan Moh Hatta yang tergugah untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 16 Agustus 1945, terdapat sebuah rapat untuk merumuskan teks proklamasi yang terjadi di rumah Laksamana Maeda yang dihadiri oleh beberapa golongan muda.

  1. Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Setelah rapat berlangsung antara Soekarno, Moh Hatta, serta Ahmad Soebardjo, maka tersusunlah sebuah teks proklamasi dan disetujui oleh anggota golongan tua dan muda.

  1. Pembacaan Teks Proklamasi

Tanggal 17 Agustus 1945 menjadi tanggal yang sangat bersejarah bagi warga Indonesia, pada tanggal ini akhirnya dibacakan teks proklamasi oleh Soekarno.

Upacara pembacaan teks proklamasi ini berlangsung dengan baik dan dilaksanakan di kediaman Soekarno. Beberapa acara lainnya disusun pada hari ini, seperti pengibaran bendera dan sambutan dari Walikota. Hari tersebut menjadi hari yang sangat bersejarah dan bermakna bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Contoh Kliping Bela Negara

Contoh Kliping Bela Negara

Bela Negara di Indonesia

Bela negara merupakan sikap, tekad, dan perilaku warga negara yang dijiwai dengan kecintaan kepada Negara Indonesia yang didasari dengan Pancasila dan UUD 1945. Bela negara bukan hanya tugas dari TNI, namun bela negara menjadi tugas bersama sesuai dengan profesi dan kemampuan masyarakat tersebut.

Kesadaran untuk melakukan bela negara hakikatnya adalah kesediaan berbakti kepada negara serta kesediaan berkorban dalam membela negara. Aspek bela negara tersebut sangat luas, mulai dari menjaga hubungan baik dengan sesama warga negara hingga bersama-sama menghalau ancaman dari musuh.

Unsur bela negara sendiri ada 5, yaitu cinta tanah air, kesadaran dalam berbangsa dan bernegara, yakin dengan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa serta negara, dan memiliki kemampuan awal untuk bela negara.

Sebagai warga negara yang baik, tentu setiap warga Indonesia perlu mengetahui pentingnya melakukan bela negara dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bela negara bukan berarti harus berperang menggunakan senjata, namun melakukan sebuah tindakan untuk melindungi negara dengan porsi masing-masing.

Contoh Kliping Anggota Tubuh

Contoh Kliping Anggota Tubuh

Organ Tubuh Manusia

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan berbagai keunikan dan perbedaan antara satu makhluk dengan makhluk lainnya, sehingga perbedaan tersebut akan menjadi ciri khas dari makhluk hidup tersebut. Salah satu perbedaan yang sangat jelas yaitu pada organ tubuh.

Manusia memiliki struktur dan organ tubuh yang paling lengkap dan sempurna. Di antara banyaknya organ tubuh manusia, terdapat organ inti yaitu lambung, hati, paru-paru, jantung, dan ginjal.

Lambung merupakan organ tubuh yang berupa lapisan tebal dan berada di dalam tulang rusuk manusia. Fungsi ginjal ialah sebagai tempat pencernaan makanan setelah dari kerongkongan.

Hati adalah organ yang berada di bawah tulang rusuk atau tepatnya ada di bagian kanan atas perut. Sebagai organ inti, hati memiliki beragam fungsi untuk kelangsungan hidup manusia, salah satu fungsi terpenting adalah sebagai tempat produksi empedu. Empedu merupakan kelenjar yang diperlukan oleh tubuh dalam proses metabolisme.

Organ inti yang juga sama pentingnya adalah paru-paru. Paru-paru adalah organ yang memiliki fungsi sebagai alat pernapasan pada tubuh manusia. Cara kerja paru-paru yaitu dengan memompa udara lalu menyaringnya, kemudian disalurkan ke seluruh tubuh manusia.

Jantung adalah organ tubuh yang berada di antara paru-paru. Fungsi organ jantung adalah sebagai pemompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Jantung manusia terdiri dari empat ruang dan fungsi dari jantung juga tidak hanya itu, jantung berfungsi untuk mengontrol jumlah darah yang keluar masuk dari jantung ke seluruh tubuh.

Ginjal merupakan organ yang tidak besar, namun ginjal memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Apabila seseorang kehilangan salah satu ginjalnya, maka tubuh akan menjadi terasa sangat berbeda. Fungsi dari ginjal adalah sebagai pengatur kelebihan air yang terdapat di dalam tubuh, menyaring, dan menghilangkan berbagai produk limbah yang akan dikeluarkan dalam bentuk urin.

Contoh Kliping Alat Musik

Contoh Kliping Alat Musik

Alat Musik Tradisional Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki budaya yang sangat kaya, salah satunya adalah alat musik tradisional. Alat musik tradisional biasanya dikenal juga sebagai alat musik daerah, biasanya masing-masing provinsi di Indonesia memiliki alat musik daerahnya sendiri. Namun, masih banyak juga yang belum mengetahui mengenai beberapa alat musik daerah tertentu.

Salah satu alat musik yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah angklung. Angklung merupakan alat musik daerah yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dan cara membunyikannya adalah dengan digoyangkan. Biasanya angklung dimainkan oleh beberapa orang, namun ada juga yang memainkan angklung sendirian.

Indonesia juga memiliki alat musik yang terdengar indah seperti harpa, yaitu sasando. Sasando merupakan alat musik yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando dimainkan menggunakan dua tangan yang berlawanan arah, dari kiri ke kanan dan kanan ke kiri. Tangan kanan memainkan accord, sementara tangan kiri memainkan melodi dan bas.

Contoh Kliping Atletik

Contoh Kliping Atletik

Olahraga Atletik

Atletik merupakan olahraga yang terdiri dari berbagai macam cabang olahraga. Jenis olahraga yang termasuk ke dalam atletik merupakan jenis olahraga yang termasuk ke dalam pertandingan, baik skala nasional maupun internasional. Olahraga yang termasuk ke dalam atletik, yaitu lompat, lari, dan lempar.

Pertama kali olahraga atletik dipertandingkan pada 776 M di kejuaraan olimpiade. Di Indonesia sendiri, organisasi yang merupakan induk dari atletik adalah PASI atau Persatuan Atletik Seluruh Indonesia.

Salah satu olahraga yang termasuk ke dalam atletik adalah sprint. Sprint termasuk ke dalam olahraga lari yang mengutamakan kecepatan untuk menyelesaikannya. Umumnya, lari sprint diperlombakan dalam jarak 60 meter. Namun, tidak jarang juga sprint diperlombakan pada jarak 100 meter, 200 meter, sampai 400 meter. Biasanya, sprint dilaksanakan di lapangan indoor atau outdoor.

Lari estafet juga merupakan bagian dari olahraga atletik. Lari estafet merupakan olahraga lari yang dilakukan oleh beberapa pelari pada perlombaannya. Tujuan dari olahraga ini ialah menyampaikan tongkat dari anggota pelari pertama sampai pelari terakhir sampai ke garis finish.

Contoh Kliping Biologi

Contoh Kliping Biologi

Bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme bersel satu (prokariotik) yang hidup di alam bebas dan bisa ditemukan di berbagai lingkungan, misalnya tanah, debu, udara, air, dan juga hidup di dalam tubuh manusia, hewan, serta tumbuhan. Kata bakteri berasal dari bahasa Yunani, yaitu bacterion yang artinya batang kecil.

Bakteri adalah organisme dengan jumlah terbanyak dari semua organisme yang ada di bumi ini.  Bakteri ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Namun, walaupun tidak terlihat, tidak bisa dipungkiri bahwa bakteri ada di mana saja.

Berdasarkan struktur tubuhnya, bakteri tersusun dari kapsul, dinding sel, materi genetik, ribosom, bulu cambuk, serta plasmid. Bakteri dapat melakukan reproduksi dengan seksual maupun aseksual. Secara seksual yaitu dengan transduksi, transformasi, dan konjugasi. Sementara secara aseksual yaitu dengan cara pembelahan diri (pembelahan biner).

Berdasarkan kebutuhan oksigen, bakteri dapat dikelompokkan menjadi dua, bakteri aerob dan anaerob. Bakteri aerob adalah bakteri yang membutuhkan oksigen. Sementara bakteri anaerob adalah bakteri yang tidak memerlukan oksigen.

Contoh Kliping Batik

Contoh Kliping Batik

Batik

Batik merupakan salah satu cara dari pembuatan bahan kain. Batik juga mengacu pada dua hal, pertama, batik merupakan teknik pewarnaan kain menggunakan malam, teknik ini merupakan salah satu bentuk seni kuno yang memiliki guna untuk mencegah pewarnaan dari sebagian kain. Teknik ini juga dikenal dengan wax resist dalam literatur internasional.

Pengertian kedua, batik merupakan busana atau kain yang dibuat menggunakan teknik tersebut, teknik tersebut termasuk dengan berbagai motif tertentu yang mempunyai ciri khas. Batik merupakan salah satu seni yang memiliki nilai seni tinggi dan merupakan budaya asli Indonesia sejak lama.

Pada masa lalu, wanita-wanita Indonesia memiliki mata pencaharian berupa membatik, sehingga pada masa tersebut membatik merupakan salah satu pekerjaan yang eksklusif untuk kaum wanita.

Saat ini, setelah terjadi globalisasi dan industrialisasi yang memperkenalkan teknik serba otomatis, maka muncul yang disebut batik cetak dan batik cap. Oleh karena itu, banyak juga kaum laki-laki yang bekerja di bidang tersebut.

Contoh Kliping Cerita Fantasi

Contoh Kliping Cerita Fantasi

Cerita Fantasi

Cerita fantasi merupakan bagian dari cerita fiksi, di mana cerita tersebut mengandung unsur imajinatif dari penulis cerita. Umumnya, struktur dari cerita fantasi, seperti alur, penokohan, setting, dan unsur lainnya akan dibuat dengan berlebihan dab tidak terjadi di dunia nyata. Cerita fantasi merupakan cerita yang banyak disenangi oleh anak-anak, karena menggunakan penggambaran imajinasi.

Di dalam cerita fantasi, banyak kejadian yang sangat tidak mungkin terjadi di dunia yang nyata dan sebenarnya. Mulai dari latar, tokoh, dan kejadian yang terdapat di cerita tersebut biasanya murni hasil dari imajinasi penulis. Walaupun biasanya mirip dengan kejadian di dunia nyata, namun cerita fantasi cenderung dimodifikasi atau diubah oleh penulis.

Teks cerita fantasi memiliki tujuan agar para pembaca yang membaca cerita fantasi dapat ikut masuk ke dalam cerita, sehingga pembaca dapat mengembangkan imajinasi terhadap cerita tersebut. Struktur dari cerita fantasi memiliki kesamaan dengan teks narasi lainnya, terdiri dari orientasi, konflik, resolusi, sampai ending.

Beberapa cerita fantasi tidak memiliki struktur yang runtut, namun hal tersebut tidak menjadi masalah, beberapa pembaca bisa tetap menikmati cerita tersebut.

Contoh Kliping Cerita Rakyat

Contoh Kliping Cerita Rakyat

Cerita Rakyat

Cerita rakyat adalah cerita yang bersumber dari masyarakat dan kemudian berkembang di masyarakat pada masa lalu, kemudian cerita rakyat menjadi sebuah ciri khas yang ada di daerah tersebut. Cerita rakyat mengandung kultur budaya yang berbeda, tergantung dari mana cerita tersebut berasal.

Pada umumnya, cerita rakyat bercerita mengenai sebuah kejadian yang terjadi di sebuah tempat atau asal muasal dari tempat tersebut. Tokoh-tokoh yang diceritakan dalam kisah tersebut biasanya digambarkan dalam bentuk orang, binatang, dan dewa.

Cerita rakyat adalah bagian dari dongeng. Adanya cerita rakyat ini memiliki beberapa fungsi, misalnya fungsi sebagai sarana hiburan yaitu dengan cara mendengarkan dongeng, pendengar seakan-akan dibawa melihat masa lalu ke alam lain yang tidak akan dijumpai pada kehidupan sehari-hari.

Cerita rakyat juga berfungsi sebagai sarana pendidikan, pada dasarnya cerita rakyat berisi pesan dan amanat penting bagi pembacanya. Sehingga, diharapkan para pembaca bisa memetik hikmah dari cerita tersebut.

Contoh Kliping Flora Fauna

Contoh Kliping Flora Fauna

Flora dan Fauna Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang dianugerahi dengan berbagai macam kemayaan flora dan fauna yang ada. Salah satu faktor yang membuat Indonesia kaya akan flora dan fauna adalah letak geografis negara Indonesia yang sangat mendukung sebagai tempat tinggal dan tempat pembiakan flora dan fauna.

Iklim tropis di Indonesia juga menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat Indonesia kaya akan flora dan fauna.

Salah satu fauna khas atau endemik dari Indonesia adalah komodo. Komodo merupakan salah satu jenis reptil yang hanya ada di Indonesia. Saat ini, komodo merupakan hewan yang dikategorikan sebagai hewan yang sangat dilindungi.

Kelestarian komodo sangat dijaga oleh seluruh pihak, untuk menjaganya maka dibentuk taman nasional yaitu Taman Nasional Pulau Komodo. Komodo merupakan hewan pemakan daging atau karnivora, komodo juga gemar memburu mangsa yang berukuran lebih besar dari badannya dan gigitannya sangat beracun.

Contoh Kliping Fenomena Alam

Contoh Kliping Fenomena Alam

Fenomena Alam

Fenomena alam merupakan non artifisial dan selanjutnya tidak diciptakan oleh manusia, seperti bencana alam dan penuaan.  Contoh dari fenomena alam yang terjadi adalah cuaca, pembusukan, dan letusan gunung berapi.

Sebagian besar dari fenomena alam yang terjadi tidak berbahaya, misalnya hujan. Beberapa fenomena alam juga terjadi dan dianggap sebagai peristiwa yang berbahaya dan bisa menimbulkan berbagai macam kerugian.

Fenomena alam merupakan hal yang luar biasa yang terjadi dalam kehidupan, fenomena alam juga bisa terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga.

Salah satu fenomena alam yang sering hadir dalam kehidupan sehari-hari adalah hujan. Hujan merupakan presipitasi yang berbentuk cairan, hujan berbeda dengan presipitasi non cair, misalnya batu es dan salju. Hujan membutuhkan keberadaan dari lapisan atmosfer yang tebal, supaya bisa menemui suhu di atas titik leleh es.

Di bumi, hujan merupakan sebuah proses kondensasi uap air di atmosfer yang menjadi butir air yang lumayan berat untuk jatuh dan kemudian jatuh di daratan.

Selain membuat kliping untuk tugas, Anda juga dapat membuat kliping untuk berbagai macam topik dan menjadikan kliping tersebut sebagai hiasan dinding, selain indah, Anda juga bisa membaca kliping tersebut sebagai bahan pembelajaran. Anda bisa menjadikan 15+ contoh kliping yang baik dan benar dalam berbagai tema (lengkap) sebagai bahan referensi dalam membuat kliping.

15+ Contoh Kliping yang Baik dan Benar dalam Berbagai Tema (Lengkap)

Leave a Reply