15+ Contoh Paper Kuliah Terbaik dalam Berbagai Tema (Lengkap)

Contoh Paper Kuliah – Di dalam perkuliahan, sering kali mahasiswa diberi tugas untuk membuat paper. Format penulisan paper adalah judul, pendahuluan, landasan teori, pembahasan dan penutup. Di dalam pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan, sedangkan pada penutup berisi kesimpulan dari paper yang Anda buat. Anda penasaran? Yuk, simak beberapa contoh paper kuliah berikut ini.

Contoh Paper Kuliah Sederhana

Contoh Paper Kuliah Sederhana

PENYALAHGUNAAN INTERNET OLEH REMAJA

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kehadiran internet di kalangan masyarakat pada mulanya untuk mempermudah dalam memenuhi berbagai kepentingan seperti bisnis, berita, pertukaran informasi dan lain-lain. Sebagian besar internet digunakan oleh para remaja dengan intensitas yang berlebihan sehingga tak sedikit terjadi penyalahgunaan internet.

Apalagi kini jejaring sosial semakin ramai dikenal para remaja. Contohnya adalah facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Dengannya, Anda dapat mengakses informasi dari seluruh dunia.

Tujuan

Mengetahui faktor penyebab penyalahgunaan internet oleh remaja.

BAB II LANDASAN TEORI

Penggunaan internet dapat berdampak positif jika digunakan dengan baik. Namun, juga bisa berdampak negatif jika disalahgunakan. Pada umumnya, penyalahgunaan internet dilakukan oleh remaja.

Faktor-faktor yang menyebabkan para remaja menyalahgunakan internet adalah kondisi psikologis remaja labil, rasa keingintahuan yang tinggi sehingga senang mencoba-coba hal baru, kondisi lingkungan dan lain-lain.

BAB III PEMBAHASAN

Penyalahgunaan internet terjadi karena remaja berada dalam kondisi peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa sehingga emosinya masih labil dan belum stabil. Namun, penggunaan internet juga memiliki banyak manfaat. Contohnya adalah untuk bisnis online, menyebarkan informasi dan untuk bersilaturahmi.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Internet memiliki banyak manfaat apabila digunakan dengan bijak. Namun, lingkungan yang tidak kondusif dan tidak mendukung sering menyebabkan penyalahgunaan internet oleh remaja.

Contoh Paper Kuliah Teknik Sipil

Contoh Paper Kuliah Teknik Sipil

KAYU SEBAGAI BAHAN BANGUNAN

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Anda harus mengenal ilmu bahan bangunan untuk mengenal bahan-bahan dan manfaat dari setiap alat yang dipakai untuk membuat sebuah konstruksi bangunan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan surve di lapangan untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan bahan-bahan untuk bahan bangunan. Salah satu contohnya adalah kayu.

Tujuan

Mengenal kelebihan dan kekurangan kayu sebagai bahan bangunan

BAB II LANDASAN TEORI

Keuntungan kayu sebagai bahan bangunan antara lain mudah didapatkan, mudah dibentuk, memiliki kekuatan yang tinggi, beratnya ringan, memiliki nilai seni yang tinggi, kedap suara dan lain-lain. Namun, juga memiliki kekurangan, yaitu bersifat tidak homogen, terpengaruh cuaca, mudah terkena jamur, mudah terbakar dan dijumpai cacat seperti pecah-pecah serta adanya mata kayu.

BAB III PEMBAHASAN

Bahan bangunan yang digunakan berupa kayu sehingga butuh dikeringkan. Anda dapat menggunakan teknik pengeringan klin drying karena waktunya lebih cepat, kualitasnya paling baik, tempat yang dibutuhkan tidak luas dan dapat mencegah terjadinya cacat pada kayu.

Kerugian menggunakan teknik pengeringan tersebut adalah modanya besar, harus dikerjakan oleh ahlinya dan kayu yang dikeringkan hanya jenis tertentu saja. Oleh karena itu, Anda harus mengenal karakteristik dari setiap kayu.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Mengenal sifat fisik dan mekanik dapat membantu menentukan jenis kayu untuk dimanfaatkan menjadi bahan bangunan.

Contoh Paper Kuliah Sistem Informasi

Contoh Paper Kuliah Sistem Informasi

PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Seiring dengan berkembangnya zaman, maka sistem informasi berkembang pesat, cakupannya semakin luas dan semakin modern. Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan sistem informasi yang semakin tinggi sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya kecepatan perkembangan sistem informasi.

Tujuan

Mengetahui fungsi dari perkembangan sistem informasi.

BAB II LANDASAN TEORI

Sistem informasi merupakan kumpulan data yang diolah dan terintegrasi serta saling melengkapi sehingga menciptakan output berupa gambar, suara dan tulisan. Di dalamnya terdiri atas kumpulan hardware, software dan brainware. Sistem informasi berfungsi mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menganalisis serta menyebarluaskan informasi untuk suatu kepentingan.

BAB III PEMBAHASAN

Fungsi sistem informasi adalah untuk:

1. Pengembangan perencanaan sehingga lebih efektif.
2. Menjamin kualitas dan ketrampillan pemanfaatan sistem informasi dengan kritis.
3. Menganalisis kebutuhan ketrampilan yang menunjang sistem informasi.
4. Menentukan investasi yang akan dimanfaatkan untuk sistem informasi.
5. Meningkatkan produktivitas aplikasi untuk memelihara sistem.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Seiring berkembangnya zaman, sistem informasi semakin mengalami kemajuan. Berkembangnya sistem informasi dapat mempermudah dan mempercepat penyampaian informasi.

Contoh Paper Kuliah Pancasila

Contoh Paper Kuliah Pancasila

NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sila pertama di dalam Pancasila berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Makna dari sila pertama tersebut adalah adanya sebuah kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang mana telah menciptakan seluruh alam dan isinya. Kekuasannya-Nya tidak terbatas. Makhluk ciptaan Tuhan yang dimaksud di dalam sila ini adalah manusia.

Indonesia sendiri dibangun berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan menjamin warga negaranya memeluk agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Hal ini seperti yang tercantum di dalam pembukaan UUD 1945 yang menunjukkan bahwa nilai-nilai Ketuhanan dijunjung tinggi oleh negara Indonesia. Selain itu, juga terdapat di dalam pasal 29 UUD 1945

Dengan demikian, warga Indonesia tidak diperkenankan untuk bertentangan dengan Ketuhanan Yang Maha Esa. Anda harus mempelajari dan mengamalkan sila pertama Pancasila. Harapannya, dapat tercipta generasi muda yang menjunjung nilai-nilai Ketuhanan.

Tujuan

1. Memahami sila pertama Pancasila sebagai nilai yang penting untuk kehidupan bangsa Indonesia.
2. Mengamalkan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

BAB II LANDASAN TEORI

Definisi nilai menurut Prof. Dr. Notonegoro ada 3, yaitu:

1. Nilai material, nilai yang bermanfaat bagi manusia.
2. Nilai vital, nilai yang bermanfaat bagi manusia yang menunjang aktivitas sehari-hari.
3. Nilai kerohanian, nilai nilai yang bermanfaat untuk jiwa manusia. Nilai ini terdiri atas 4 hal, yaitu nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral dan nilai religius.

BAB III PEMBAHASAN

Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa antara lain adalah sebagai berikut:
1. Pengakuan terhadap kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa
2. Setiap warga negara memperoleh jaminan kebebasan untuk memeluk agama sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.
3. Menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama dalam beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.
4. Negara menjadi sarana mediasi saat terjadi konflik antar umat beragama.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Pancasila menjadi jembatan bagi keberagaman yang ada di Indonesia. Negara Menjamin warga negaranya untuk bebas memeluk agama sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Oleh karena itu, dibutuhkan sikap toleransi agar mencegah terjadinya konflik antar umat beragama di Indonesia.

Contoh Paper Kuliah yang Baik Dan Benar

Contoh Paper Kuliah yang Baik Dan Benar

PENGARUH KONVERGENSI MEDIA TERHADAP PERGAULAN ANAK MUDA DI DUNIA MAYA

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di era globalisasi ini, teknologi sudah berkembang pesat. Bahkan, kini akses informasi dapat dilakukan dengan mudah di seluruh belahan dunia. Setiap orang tidak bisa menghindari adanya perkembangan teknologi.

Contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah adanya konvergensi media. Dengannya, Anda semakin dipermudah untuk mengakses informasi secara online. Lalu, bagaimanakah efek konvergensi media pada pergaulan anak muda di dunia maya?

Tujuan

Mengetahui efek konvergensi media pada pergaulan anak muda di dunia maya.

BAB II LANDASAN TEORI

Konvergensi media adalah suatu aliran konten yang berada di beberapa platform media, adanya kerja sama dengan berbagai industri media dan perilaku migrasi dari awak media. Pada umumnya, kovergensi media ini berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi bersifat digital yang mungkin terjadi karena adanya konvergensi jaringan.

Media dalam konteks ini berarti sebagai sarana komunikasi misalnya adalah koran, majalah, radio, televisi dan lain-lain. Contoh kovergensi media antara lain adalah sebagai berikut:
1. Kompas terdiri atas koran, kompas TV dan kompas.com
2. Tempo Media terdiri atas majalah, koran, tempo.com dan Tempo TV
3. Republika terdiri atas koran dan Republika.co.id
4. Media Indonesia terdiri atas koran, metro TV dan metrotv.com
5. Seputar Indonesia terdiri atas koran, Sindo.com dan RCTI

BAB III PEMBAHASAN

Di era globalisasi ini Anda dituntut untuk melek terhadap media informasi. Hal ini dikarenakan kini media menjadi sasaran bagi keperluan investor. Adanya konvergensi media dapat menjadi sarana bagi Anda dan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menampung pendapat.

Apabila masyarakat tidak bisa menggunakan media konvensional maka solusinya adalah bisa memanfaatkan teknologi yang lebih canggih untuk mengakses informasi. Dengan demikian, keberadaan media konvergensi dapat membantu mengatasi permasalahan politik yang ada.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Perkembangan teknologi informasi yang canggih memiliki banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Contohnya adalah untuk menyelesaiakan berbagai permasalahan di berbagai aspek politik.

Contoh Paper Tugas Kuliah Kewirausahaan

Contoh Paper Tugas Kuliah Kewirausahaan

KEWIRAUSAHAAN

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kewirausahaan merupakan suatu proses untuk mengidentifikasi dan mewujudkan visi dalam usaha. Visi tersebut meliputi ide kreatif, peluang untuk mendapatkan laba yang besar dan cara terbaik untuk menjalankan usaha. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri kewirausahaan sebelum Anda menjalankan berbagai jenis usaha.

Tujuan

Mengetahui ciri-ciri kewirausahaan

BAB II LANDASAN TEORI

Kewirausahaan berasal dari kata enterpreneur yang memiliki makna orang yang membeli barang dengan harga tertentu namun belum tahu harga jual barang tersebut. Kewirausahaan juga dapat diartikan sebagai sebuah proses pembuatan sesuatu dengan modal tertentu dan siap berani mengambil resiko serta kreatif dalam menjalankan usaha yang dirintisnya.

BAB III PEMBAHASAN

Ciri-ciri yang harus dimiliki wirausahawan antara lain bersikap percaya diri, berorientasi terhadap tugas, hasil, masa depan, jujur dan tekun dalam bekerja. Selalu berupaya mendapatkan laba dengan memuaskan pelanggan, memanfaatkan peluang untuk memperoleh keuntungan, berani mengambil resiko dan meningkatkan keahlian untuk mendongkrak semangat kerja serta memupuk permodalan.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Seorang wirausahawan harus bekerja keras dan berani mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan memajukan usahanya.

Contoh Paper Mata Kuliah Tema Biologi

Contoh Paper Mata Kuliah Tema Biologi

FOTOSINTESIS

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Salah satu proses metabolisme adalah fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses pengubahan zat organik menjadi senyawa organik kompleks menggunakan bantuan cahaya matahari pada tumbuhan yang memiliki klorofil. Reaksi fotosintesis adalah sebagai berikut:
6H2O + 6O2  C6H12O6 + 6CO2

Proses fotosintesis terjadi di mesofil daun, tepatnya di kloroplas. Proses tersebut tidak dapat berlangsung tanpa adanya cahaya. Oleh karena itu, sangat penting dilakukan percobaan untuk mengetahui bagaimana pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis.

Tujuan

Mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap proses fotosintesis.

BAB II LANDASAN TEORI

Fotosisntesis secara bahasa berasal dari kata foton yang memiliki arti cahaya dan sintesis yang memiliki arti penyusunan. Proses fotosintesis ini sangat penting bagi kehidupan. Hal ini dikarenakan fotosintesis menghasilkan energi.

Tumbuhan merupakan organisme autotrof, yaitu dapat membuat makanan sendiri dengan memanfaatkan karbondioksida dan air. Proses tersebut disebut fotosintesis. Fotosintesis pada tumbuhan menghasilkan oksigen dan glukosa. Banyak faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis, salah satunya adalah cahaya.

BAB III PEMBAHASAN

Proses fotosintesis sangat efektif dengan menggunakan cahaya tampak berwarna merah dengan spektrum 610-710 nm. Masing-masing cahaya mempunyai spektrum yang berbeda-beda. Spektrum cahaya tampak warna kuning dan hijau antara 510-600 nm, cahaya biru 410-500 nm.

Spektrum cahaya yang lebih baik adalah biru, kuning dan hijau. Hal ini dikarenakan cahaya lain seperti oranye dan ungu memiliki spektrum cahaya dibawah 400 nm. Selain spektrum cahaya, intensitas cahaya juga mempengaruhi proses fotosintesis.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Salah satu faktor yang mempengaruhi fotosintesis adalah intensitas cahaya. Semakin tinggi intensitasnya maka semakin banyak jumlah energi yang dihasilkan.

Contoh Paper Kuliah Geologi

Contoh Paper Kuliah Geologi

SISTEM GEOLOGI DI BULAN

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Bulan merupakan satelit bumi yang memiliki banyak misteri yang belum bisa dipecahkan. Sistem geologi di bulan berhubungan dengan siklus batuan di bulan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui struktur geologi di bulan. Anda dapat membandingkan dengan proses geologi di bumi agar dapat diketahui sistem geologi di bulan.

Tujuan

Mengetahui sistem geologi di bulan.

BAB II LANDASAN TEORI

Struktur di bulan terdiri atas tiga lapisan, yaitu kerak, mantel dan inti. Bagian kerak bulan tersusun atas batuan granit serta mineral kalsium. Mantel bulan terdiri atas mineral silikat dalam jumlah banyak dan mineral logam (besi) yang sedikit. Sedangkan, inti bulan mengandung banyak besi dan dikelilingi lapisan yang kental.

BAB III PEMBAHASAN

Struktur di bumi dan di bulan sama, yaitu terdiri atas kerak, mantel dan inti. Namun, jika dilihat dari komponen penyusunnya berbeda. Melihat strukturnya, di bulan terjadi proses pembentukan batuan. Namun, di bulan tidak dijumpai adanya udara dan atmosfer serta memiliki sedikit air sehingga proses pembentukan batuan di bulan lama tidak seperti di bumi yang berlangsung cepat.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Bumi dan bulan memiliki struktur yang mirip, yang membedakan adalah komponen batuan dan ketebalan dari masing-masing lapisan. Di bulan juga mengalami sedimentasi namun lambat. Hal ini dikarenakan proses pelapukan di bulan berlangsung lebih lambat dibandingkan di bumi.

Contoh Paper Kuliah Ekonomi

Contoh Paper Kuliah Ekonomi

PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA BERKEMBANG

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pertumbuhan ekonomi berefek pada meningkatnya produksi barang dan jasa. Hal ini juga berpengaruh terhadap perubahan jangka panjang masyarakat. Pertumbuhan ekonomi antara negara yang satu dengan negara lainnya berbeda, terutama di negara berkembang.

Salah satu contohnya adalah Indonesia yang mana pertumbuhan ekonominya belum meningkat. Hal ini berefek pada banyaknya jumlah pengangguran di Indonesia.

Tujuan

Mengetahui cara penyelesaian permasalahan ekonomi, terutama di negara berkembang.

BAB II LANDASAN TEORI

Pertumbuhan ekonomi adalah proses naiknya kapasitas produksi dalam perekonomian di suatu negara yang dibentuk melalui peningkatan pendapatan nasional. Pertumbuhan ekonomi menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi di suatu negara.

Pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, pembentukan modal, teknologi, faktor sosial dan politik.

BAB III PEMBAHASAN

Pertumbuhan ekonomi di negara berkembang dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu stok barang modal, jumlah penduduk, kekayaan sumber daya alam dan teknologi yang canggih. Jumlah penduduk menjadi faktor utama yang mempengaruhi keseluruhan pertumbuhan ekonomi di negara berkembang.

Hal ini dikarenakan semakin sedikit jumlah penduduknya, pendapatan perkapita menjadi rendah dibandingkan produksi. Sebaliknya, semakin banyak penduduk maka pendapatan perkapita semakin meningkat dibandingkan produksi.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Pertumbuhan ekonomi di negara Indonesia semakin rendah sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Contoh Paper Kuliah Bisnis

Contoh Paper Kuliah Bisnis

BISNIS INDUSTRI GARMEN KREATIF

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Industri Garmen merupakan binis di bidang pakaian yang menjual produk kepada konsumen. Garmen ini juga merupakan jenis usaha yang kecil dan menengah sehingga dapat menggerakkan perekonomian di negara Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui fungsi bisnis di dalam kehidupan nyata.

Tujuan

Mengetahui fungsi bisnis di dalam kehidupan nyata.

BAB II LANDASAN TEORI

Bisnis berasal dari kata business yang kata dasarnya adalah busy. Arti dari kata busy adalah sibuk. Dengan demikian, bisnis merupakan suatu kegiatan yang menjual produk berupa barang maupun jasa agar memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Pada umumnya, bisnis didirikan untuk memperoleh profit sehingga mensejahterakan pemiliknya.

BAB III PEMBAHASAN

Fungsi bisnis ada tiga macam, yaitu:
1. Mendapatkan bahan mentah
Salah satu contohnya adalah, di industri garment menjual baju maka Anda membutuhkan bahan baku berupa kain, benang dan lain-lain.
2. Mengolah bahan mentah menjadi suatu produk.
Setelah tersedia bahan baku, Anda mengolahnya menjadi suatu produk seperti baju yang dapat dimanfaatkan konsumen.
3. Mendistribusikan produk kepada konsumen agar Anda mendapatkan keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Ada tiga macam fungsi bisnis, yaitu menyiapkan bahan baku, aktivitas produksi dan distribusi. Bisnis dibangun untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Contoh Paper Kuliah Agama Islam

Contoh Paper Kuliah Agama Islam

PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DI LUAR SEKOLAH

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka semakin maju perkembangan zaman. Kekayaan tidak menjamin seseorang itu bahagia. Bahkan, terkadang banyak juga anak yang tidak menurut dengan orang tua sehingga menimbulkan stress dan perasaan tidak tenang.

Oleh karena itu, sangat penting pendidikan untuk anak yang diberikan sejak sebelum lahir hingga anak dewasa. Pendidikan agama islam sangat penting untuk diajarkan sejak dini agar terbentuk karakter kepribadian yang baik pada anak.

Tujuan

Mempelajari pelaksanaan pendidikan agama islam di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

BAB II LANDASAN TEORI

Agama merupakan sebuah peraturan yang mengatur kehidupan manusia dengan tujuan agar tidak menimbulkan kekacauan. Agama juga dapat diartikan sebagai cara untuk meraih ridho Tuhan. Sedangkan, islam adalah suatu agama yang mengajarkan wahyu Allah SWT kepada manusia yang diberikan lewat rasul.

Ajaran yang diajarkan di dalam islam mengatur berbagai segi kehidupan manusia. Ajarannya lengkap, mengatur tata cara beribadah dan bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan.

BAB III PEMBAHASAN

Pendidikan ada yang diberikan di sekolah dan ada yang di luar sekolah seperti di rumah dan lingkungan masyarakat. Di lingkungan keluarga, pendidikan agama ditujukan untuk membimbing jasmani dan rohani anak dengan menanamkan nilai-nilai islam.

Di lingkungan sekolah, berkaitan dengan persiapan untuk menjalani pendidikan di bangku sekolah. Di lingkungan masyarakat, pendidikan agama islam ditujukan untuk anak agar bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Pendidikan di lingkungan keluarga bersifat dominan. Sekolah menjadi tempat untuk pendidikan lanjutan. Sedangkan, masyarakat sebagai wadah bagi anak untuk tumbuh dengan baik di lingkungan yang kondusif.

Contoh Paper Kuliah Pajak

Contoh Paper Kuliah Pajak

PAJAK DI INDONESIA

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pajak merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan oleh rakyat kepada negara guna dimanfaatkan untuk kepentingan bersama, yaitu untuk masyarakat dan pemerintah. Pajak dimanfaatkan untuk kepentingan umum seperti pembangunan jalan umum, meningkatkan keamanan di lingkungan masyarakat, membayar gaji pegawai dan lain-lain.

Masyarakat harus membayar pajak karena hukumnya wajib, bersifat memaksa dan pemungutan pajak diatur di dalam undang-undang. Oleh karena itu, apabila Anda tidak membayar pajak dengan rutin maka Anda akan dikenankan sanksi atau denda.

Tujuan

Membedakan hal-hal yang berkaitan dengan pajak seperti subjek pajak, objek pajak dan syarat pajak.

BAB II LANDASAN TEORI

Perbedaan antara subjek, objek dan wajib pajak adalah subjek pajak merupakan orang yang telah memenuhi syarat utama yaitu WNA (Warga Negara Indoensia). Objek pajak merupakan semua benda yang dikenakan pemungutan pajak.

Wajib pajak merupakan subjek pajak yang telah terpenuhi semua persyaratan secara objektif. Setiap wajib pajak akan dikenakan tarif pajak sesuai dengan aturan yang berlaku.

BAB III PEMBAHASAN

Bagi Anda yang telat membayar pajak akan dikenakan sanksi berupa denda, bunga atau bisa juga berwujud kenaikan yang tercantum di dalam surat pajak sesuai aturan undang-undang perpajakan yang berlaku. Oleh karena itu, Anda harus selalu membayar pajak tepat pada waktunya. Hal ini dikarenakan pajak digunakan untuk kepentingan umum demi kemajuan bersama.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Pajak dapat mengajarkan masyarakat untuk belajar disiplin. Pemungutan pajak bersifat memaksa dan telah diatur di dalam undang-undang perpajakan.

Contoh Paper Kuliah Statistika

Contoh Paper Kuliah Statistika

SARANA PERTUKARAN UANG

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam ekonomi, tentunya membutuhkan uang sebagai sarana untuk pertukaran di kehidupan sehari-hari. Sedangkan, nilai yang ditukarkan disebut dengan harga. Harga berpengaruh terhadap aspek ekonomi, politik dan sosial. Dengan demikian menimbulkan statistik harga menjadi dominan di dalam pergeseran nilai rupiah di setiap negara.

Tujuan

Memberikan solusi untuk pertukaran keuangan dalam ekonomi

BAB II LANDASAN TEORI

Definisi statistik terbagi menjadi dua, yaitu secara sempit dan luas. Statistik dalam arti sempit merupakan sederet angka yang tersusun pada tabel, diagram dan grafik. Sedangkan, definisi statistik dalam arti luas adalah bidang kajian ilmu yang berkaitan dengan cara mengumpulkan bahan, mengolah dan menganalisis menjadi sebuah kesimpulan.

BAB III PEMBAHASAN

Di dalam statistika, model pembelajaran yang erat kaitannya dengan fluktuasi harga dapat dijelaskan melalui cara mengumpulkan bahan beserta keterangannya. Selain ituk, juga melalui proses pengolahan dan cara menganalisis keuangan dan penarikan kesimpulan berdasarkan harga di dalam ekonomi.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Solusi untuk pertukaran keuangan dalam ekonomi adalah menggunakan angka indeks. Angka indeks adalah suatu angka yang dipakai untuk membandingkan kegiatan ekonomi yang sama. Kegiatan ekonomi tersebut meliputi produksi impor, ekspor serta hasil dalam periode yang tidak sama. Fungsi dari angka indeks tersebut adalah untuk membantu proses menghitung harga di perekonomian.

Contoh Paper Kuliah Sejarah

Contoh Paper Kuliah Sejarah

KERJASAMA NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Anda membutuhkan orang lain untuk saling bekerja sama melaksanakan pekerjaan. Kerja sama dapat dilakukan di lingkungan masyarakat, untuk kepentingan kelompok maupun negara. Kerja sama antar negara contohnya adalah ASEAN.

ASEAN merupakan kerjasama antara negara-negara di Asia Tenggara yang anggotanya terdiri atas 10 negara. Negara yang memprakarsai ASEAN antara lain adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Tujuan

Mengenal bentuk kerja sama ASEAN untuk melindungi negara-negara di Asia Tenggara.

BAB II LANDASAN TEORI

Negara-negara di Asia Tenggara lokasinya strategis dan memiliki kekayaaan alam yang melimpah. Kondisi ini membuat negara lain ingin menguasai negara-negara di Asia Tenggara. Hal ini terbukti dengan adanya penjajahan bangsa Eropa pada abad ke 15 untuk menguasai kekayaan sumber daya alam di berbagai negara di Asia tenggara.

Negara Eropa yang menguasai kawasan Asia tenggara antara lain Inggris menjajah Singapura, Myanmar, Malaysia dan Indonesia. Spanyol menjajah Filipina dan Belanda menjajah Indonesia. Prancis menjajah Vietnam, Kampuchea dan Laos. Negara-negara tersebut pada akhirnya merdeka dan membentuk suatu organisasi kerja sama.

BAB III PEMBAHASAN

ASEAN didirikan dengan maksud untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial dan politik. Tujuannya adalah untuk memelihara keamanan negara-negara di wilayah Asia Tenggara dan untuk menjaga perdamaian dunia..

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Adanya kerja sama ASEAN, diharapkan bisa terwujud ketertiban. Kebersamaa dan perdamaian negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

Contoh Paper Kuliah Biokimia

Contoh Paper Kuliah Biokimia

PROTEIN

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Protein merupakan makromoluekul yang banyak dijumpai di sel makhluk hidup. Protein juga memiliki banyak peranan penting di dalam tubuh, antara lain sebagai katalisator, penting dalam pertumbuhan, sebagai cadangan makanan, sistem kekebalan, sistem transport dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui proses metabolisme protein.

Tujuan

Mengetahui proses metabolisme protein di dalam tubuh manusia.

BAB II LANDASAN TEORI

Metabolisme protein merupakan proses kimia yang berlangsung pada tubuh makhluk hidup, Proses metabolisme terdiri atas anabolisme dan katabolisme. Anbolisme yaitu pembentukan molekul kimia yang menggunakan energi. Sedangkan, katabolisme merupakan pemecahan molekul menjadi molekul yang lebih sederhana dan menghasilkan energi.

BAB III PEMBAHASAN

Proses metabolisme protein diawali dengan proses pencernaan di mulut hingga usus halus. Makanan berprotein akan dipecah menjadi molekul yang lebih kecil lalu diserap ke dalam tubuh dalam bentuk asam amino. Selanjutnya, diedarkan ke seluruh tubuh untuk disimpan di hati.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Proses metabolisme protein terjadi di mulut hingga di usus halus. Apabila jumlah protein di dalam tubuh semakin meningkat maka akan dipecah menjadi asam amino.

Beberapa contoh paper kuliah di atas, dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk membuat tugas paper. Dengan demikian, Anda dapat membuat paper dengan format yang benar dan tepat.

Contoh Paper Kuliah Terbaik dalam Berbagai Tema

Leave a Reply