15 Contoh Teks Eksposisi (Kesehatan, lingkungan hidup,Politik) 1

15 Contoh Teks Eksposisi (Kesehatan, lingkungan hidup,Politik)

Contoh Teks Eksposisi (Lengkap) – Di Indonesia telah berkembang beberapa jenis teks yang sering digunakan dalam penulisan artikel. Salah satu jenis teks yang sering digunakan adalah eksposisi. Dalam penulisan teks eksposisi ini, harus mematuhi kaidah penulisan di dalamnya. Seperti jenis teks, struktur, hingga kaidahnya. Simak penjelasan mengenai contoh teks eksposisi dari berbagai bidang.

Contoh Teks Eksposisi secara Singkat

Contoh Teks Eksposisi secara Singkat

Pada penulisan contoh teks eksposisi singkat terdapat berbagai karakter. Ada yang penulisannya secara singkat, sedang, dan juga detail. Namun semua penulisan teks eksposisi ini memiliki kaidah yang sama, hanya saja yang membedakan hanya karakternya saja. Simak contoh teks eksposisi secara singkat dalam artikel berikut ini.

Peningkatan Volume Sampah dari Tahun ke Tahun

Aktivitas membuang sampah di sungai kini sudah menjadi hal yang wajar. Bahkan untuk membuang sampah di tempatnya saja, sangatlah susah. Dengan adanya fenomena seperti ini, akan membuat semua orang merasakan dampaknya. Dampak yang dihasilkan tersebut adalah terjadinya banjir saat musim hujan tiba

Menurut ahli lingkungan hidup, jumlah sampah yang dibuang di sungai akan selalu mengalami peningkatan secara terus menerus. Adanya peningkatan tersebut tidak lain karena masyarakat yang masih membuang sampah di sungai. Sayangnya masyarakat tidak pernah kapok terkena banjir yang selalu menggenangi rumahnya. Malahan mereka selalu menyalahkan pemerintah.

Dengan adanya dampak banjir yang selalu menggenang rumah masyarakat, sudah seharusnya bila mereka sadar untuk membuang sampah di tempatnya. Bila hal ini dilakukan dengan baik, pastinya ketika musim hujan tiba tidak akan pernah terjadi banjir lagi. Hal ini karena air di sungai akan mengalir secara lancar tanpa ada sampah yang menjadi penghambat.

Contoh Teks Eksposisi lengkap dengan Strukturnya

 

Contoh Teks Eksposisi lengkap dengan StrukturnyaPenulisan contoh teks eksposisi beserta strukturnya, wajib hukumnya untuk mematuhi peraturan penulisan di dalamnya. Peraturan yang harus ditaati antara lain judul, tesis, pendapat dan kesimpulan. Semua struktur ini harus ditulis secara urut, agar menjadi tulisan yang baik. Penulisan contoh teks eksposisi adalah sebagai berikut.

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Badan

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Kegiatan olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus rutin untuk melakukan olahraga. Bila badan sering melakukan olahraga secara rutin, maka dapat membuat badan menjadi terlihat lebih segar dan sehat. Namun saat melakukan olahraga, harus dengan tepat. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda tidak mengalami cedera.

Argumentasi

Sebelum melakukan olahraga, Anda wajib memperhatikan riwayat kesehatan Anda. Bila Anda memiliki riwayat kesehatan berupa penyakit jantung, maka Anda harus melakukan olahraga ringan. Hal ini bertujuan agar jantung Anda tidak berdetak secara kencang. Olahraga yang tergolong ringan tersebut antara lain yoga, pilates, jalan santai, dan lain sebagainya.

Manfaat lain yang dapat Anda terima saat melakukan olahraga adalah dapat memperbaiki perasaan menjadi lebih baik. Dengan begitu akan membuat Anda terhindar dari stress. Selain itu dengan melakukan olahraga, dapat membuat kinerja otak Anda akan tetap terjaga. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari penyakit pikun.

Penegasan Ulang atau Simpulan

Bila badan selalu rutin berolahraga, maka akan tampak lebih awet mudah. Selain itu, dapat membuat badan terbebas dari berbagai penyakit berbahaya. Mulai dari diabetes, kolesterol, stroke, komplikasi, dan lain sebagai. Dengan begitu, sejak saat ini mulailah untuk rutin melakukan olahraga badan secara tepat.

Contoh Teks Eksposisi tentang Definisi

Contoh Teks Eksposisi tentang Definisi

Penulisan contoh teks eksposisi definisi, berisi tentang pemaparan sebuah topik secara lebih detail. Dengan begitu, penulis teks ini akan memaparkan perihal bagaimana dan juga seperti apa topik bahasan tersebut. Selain itu, teks eksposisi ini memiliki fokus utama berupa penjelasan karakteristik dalam topik bahasan. Simak penulisan contoh teks eksposisi bidang definisi.

Manfaat Tanaman Jahe bagi Kehidupan Sehari – Hari

Jahe merupakan jenis tanaman rimbang yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Selain untuk masakan, jahe juga dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional yang sering digunakan oleh nenek moyang kita. Sehingga tidak heran bila jahe masih banyak dicari dan oleh masyarakat luas karena memiliki manfaat yang luar biasa di dalamnya.

Tanaman jahe memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan manusia. Manfaat jahe tersebut antara lain yaitu sebagai obat untuk mengatasi pencernaan, dapat mengatasi rasa mual, mencegah penyakit kulit, membantu detoksifikasi, meminimalisir radang, dan juga menangkal kanker tubuh. Itulah yang membuat jahe ini banyak diburu masyarakat luas.

Karakteristik tanaman jahe yaitu memiliki tinggi mencapai 100 cm. Kemudian daun tumbuhan ini berbentuk menyirip. Panjang daun jahe kurang lebih 23 mm dan lebar mencapai 15 mm. Karakteristik yang dimiliki tanaman ini berbeda dengan yang lainnya. Dengan begitu jahe dapat mudah untuk dikenali dengan seksama. Selain itu, jahe memiliki rasa panas dan pedas.

Adanya berbagai manfaat yang dihasilkan oleh tanaman jahe, membuat masyarakat banyak menanamnya di halaman rumah. Hal ini digunakan sebagai obat herbal dikala rasa sakit menyerang. Hanya dengan merebus jahe dengan air panas dan meminumnya, akan membuat tubuh terasa lebih baik dari sebelumnya.

Contoh Teks Eksposisi bidang Lingkungan Hidup

Contoh Teks Eksposisi bidang Lingkungan Hidup

Penulisan teks eksposisi dapat mencakup segala bidang. Hal ini juga mencakup tentang lingkungan hidup. Namun tetap harus memperhatikan peraturan dalam penulisannya. Simak penulisan secara detail mengenai contoh teks eksposisi tema lingkungan hidup.

Dampak dari Adanya Pemanasan Global

Fenomena pemanasan global semakin menjadi – jadi saat ini. Keadaan bumi yang suhunya selalu mengalami peningkatan, membuat keadaan sekitar menjadi panas. Bila keadaan seperti ini berlangsung secara terus menerus, akan membuat lapisan ozon berubah menjadi tipis. Alhasil sinar ultraviolet akan mengarah ke bumi secara langsung, tanpa ada lapisan yang menghalangi.

Dampak yang akan dirasakan dari adanya fenomena pemanasan global adalah mencairnya es di Kutub Utara. Bila hal ini terus menerus terjadi, maka air di laut akan semakin bertambah debitnya. Pastinya air tersebut dapat meluap hingga ke daratan.

Terjadinya pemanasan global disebabkan oleh besarnya volume gas karbondioksida yang tidak dapat dibendung oleh pohon di bumi. Hal ini karena jumlah pohon di bumi semakin menipis. Alhasil gas karbondioksida ini menyelimuti bumi terus menerus. Dengan begitu dapat membuat lapisan ozon menjadi menipis.

Gas karbondioksida yang menyelimuti bumi berasal dari asap rokok, pabrik, kendaraan bermotor, dan juga pembukaan alih fungsi lahan. Itulah penyumbang terbesar gas karbondioksida yang berkembang di bumi. Tidak heran bila pemanasan global semakin hari semakin parah, karena tidak diimbangi dengan penanaman pohon.

Kondisi bumi yang semakin panas, memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Dampak tersebut dapat membuat kehidupan manusia semakin terancam. Oleh sebab itu, mulailah untuk bepergian menggunakan sepeda daripada naik motor. Dengan begitu akan mengurangi jumlah karbon dioksida yang ada di bumi.

Contoh Teks Eksposisi bidang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi bidang Kesehatan

Penulisan contoh teks eksposisi tentang kesehatan memberikan manfaat berupa mendapatkan ilmu baru dari hasil membaca artikel. Oleh sebab itu, dalam penulisannya harus sesuai dengan kaidah. Hal ini bertujuan agar para pembaca dapat mengikuti alur dari penulisan teks eksposisi tersebut. Simak penulisan contoh teks eksposisi berikut ini.

Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Buah alpukat memiliki ciri kulit berwarna hijau dengan semburan kuning di pinggirannya. Lalu biji alpukat berwarna coklat dengan ukuran besar yang dibungkus bersama daging di dalamnya. Daging buah alpukat sendiri berwarna hijau muda. Kemudian dari segi rasa, buah ini cenderung hambar bila langsung dikonsumsi. Dengan begitu buah alpukat akan ditambah gula atau susu.

Lemak baik ada di dalam alpukat yang berwarna hijau tua. Dengan begitu, buah ini tidak dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Hal ini bertujuan agar orang tersebut tidak memperparah penyakitnya. Bagi orang yang sehat, dapat mengkonsumsi buah alpukat dalam jumlah banyak karena memiliki banyak nutrisi di dalamnya.

Buah alpukat sangatlah banyak mengandung nutrisi di dalamnya. Mulai dari vitamin E, kalium, pitosterol, asam oleat tak jenuh, dan folat. Tidak hanya itu saja, buah alpukat juga mengandung asam lemak, vitamin C, kolagen, lemak jenuh tunggal, omega 9 dan juga antioksidan yang ada di dalamnya.

Buah alpukat kaya akan nutrisi di dalamnya. Nutrisi tersebut dapat memberikan manfaat bagi tubuh manusia antara lain dapat menyehatkan jantung, menurunkan berat badan bagi yang sedang diet ketat, serta menjaga kesehatan kulit. Itulah sebabnya bila buah alpukat ini banyak diburu oleh masyarakat untuk dikonsumsi.

Contoh Teks Eksposisi bidang Politik

Contoh Teks Eksposisi bidang Politik

Para pembaca teks eksposisi bisa mendapatkan ilmu baru setelah membaca artikel tentang politik. Dengan begitu dapat membuat para pembaca tersebut akan terus menerus membaca karena ingin mengetahui lebih banyak informasi baru yang bisa mereka dapatkan. Penulisan contoh teks eksposisi bidang politik adalah sebagai berikut.

Pentingnya Sebuah Organisasi dalam Politik

Dunia politik tidak dapat dipisahkan dengan adanya sebuah organisasi. Namun adanya organisasi politik inilah yang tidak dapat dijauhkan dengan permasalahan dan juga pertikaian. Kedua elemen tersebut akan selalu berhubungan sampai kapanpun. Hal ini karena kedua elemen tersebut merupakan pemanis di bidang politik.

Pada dunia organisasi, sangat mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar. Seperti halnya terdapat beberapa orang yang tidak suka dengan anggota lainnya. Pastinya anggota lainnya juga akan ikut tidak suka dengan anggota tersebut. Hal ini dapat terjadi karena adanya sebuah kepentingan di dalam organisasi tersebut. Oleh sebab itu, sifat dewasa harus ada di dalam diri.

Adanya pertikaian dapat terjadi karena ucapan yang tidak dapat dikontrol dengan baik. Alhasil ada beberapa orang yang merasa tersinggung dengan ucapan tersebut. Setelah tersinggung, anggota tersebut akan membentuk kelompok agar dapat menyudutkan orang lain. Padahal sebuah pertikaian dapat diselesaikan dengan cara diskusi bersama antar anggota.

Contoh Teks Eksposisi bidang Ekonomi

Contoh Teks Eksposisi bidang Ekonomi

Penulisan teks eksposisi harus sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sehingga dapat dikatakan bila teks ini bukanlah tergolong dalam fiksi. Selain itu, untuk menyajikan tulisan ini harus singkat, jelas, serta padat. Penulisan contoh teks eksposisi bidang ekonomi adalah sebagai berikut.

Pentingnya Dunia Pendidikan dalam Bidang Ekonomi

Dunia pendidikan memiliki dampak secara langsung dalam bidang ekonomi dunia. Hal ini karena dengan menggunakan pendidikan setiap orang dapat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian dunia. Selain itu, pendidikan juga dapat menekan angka kemiskinan yang ada di Indonesia.

Pemerintah Indonesia memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap dunia pendidikan. Perhatian pemerintah tersebut diwujudkan dalam bentuk sumbangan dana bagi siswa yang kurang mampu. Hal ini bertujuan agar semua rakyat Indonesia dapat bersekolah dengan baik. Hingga kini dunia pendidikan yang berkembang di Indonesia berangsur membaik.

Adanya perhatian tersebut harus diimbangi dengan semangat belajar dari setiap siswa. Dengan begitu akan membuat siswa dapat berprestasi dan dapat membanggakan negara. Alhasil perhatian pemerintah yang sudah diberikan tersebut, tidaklah sia – sia dan diharapkan dapat lebih ditingkatkan kembali.

Bila setiap siswa memiliki prestasi yang unggul dan dibarengi dengan fasilitas pendidikan yang baik, dapat membuat Negara Indonesia menjadi dihormati oleh dunia. Hal ini karena Indonesia akan berubah menjadi negara maju yang memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Dengan begitu akan banyak negara lain yang melakukan kerjasama dengan Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi bidang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi bidang Pendidikan

Penulisan contoh teks eksposisi tentang pendidikan harus berisi informasi secara fakta dan tidak memaksakan kehendak kepada pembaca. Kemudian struktur penulisan teks tersebut harus dimasukkan secara jelas dan berurutan. Hal ini bertujuan agar pembaca tidak bingung dengan isi artikel yang dibaca. Simak penulisan contoh teks eksposisi pendidikan berikut.

Kurikulum Pendidikan Terbaru di Indonesia

Akhir – akhir ini, dunia pendidikan sedang mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah penggunaan sistem dari kurikulum pendidikan tahun 2016 diganti dengan tahun 2013. Hal ini diberlakukan untuk semua yang ada di Indonesia. Sayangnya masyarakat luas tidak terlalu paham dengan kurikulum 2016.

Menurut Kementrian Pendidikan, kurikulum 2016 hanya digunakan untuk sekolah yang telah mendapatkan akreditasi A. Dengan begitu, sekolah yang belum mendapatkan akreditasi ini bisa menggunakan kurikulum 2013. Kedua kurikulum pendidikan tersebut memiliki perbedaan dalam pelaksanaannya.

Kurikulum pendidikan tahun 2013 memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah. Syarat paling utama adalah daerah sekolah harus dapat diakses oleh distribusi buku. Selain itu, kurikulum pendidikan tahun 2013 memiliki fokus utama yang harus diketahui pihak sekolah.

Fokus utama kurikulum pendidikan tahun 2013 adalah pembangunan karakter, pengetahun, sikap, dan keterampilan dalam pendekatan ilmiah. Kemudian fokus kedua kurikulum ini adalah pemberian pembelajaran yang berisi tentang rasa syukur kepada Tuhan dengan menggunakan media karya.

Tujuan dari kurikulum pendidikan tahun 2013 adalah untuk menciptakan generasi muda yang cinta negara dan juga berkualitas tinggi. Namun sangat disayangkan tidak semua siswa mampu menangkap pembelajaran tersebut. Hal ini karena kurikulum pendidikan tahun 2013 ini dianggap sudah menggabungkan mata pelajaran yang tidak memiliki hubungan dari segi substansi.

Adanya penerapan kurikulum pendidikan tahun 2013, dinilai sebagai pemaksaan pengetahuan dan juga pemahaman kepada siswa. Dengan begitu secara langsung dapat membuat siswa menjadi bingung dengan mata pelajaran yang diberikan. Hal ini karena pelajaran tersebut bersifat terpisah. Itulah yang membuat masyarakat menolak penerapan kurikulum pendidikan tahun 2013

Contoh Teks Eksposisi bidang Hukum

Contoh Teks Eksposisi bidang Hukum

Teks eksposisi yang berkembang memiliki beberapa jenis yang sesuai dengan isi yang ada di dalamnya. Untuk penulisan teks eksposisi ini harus berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Dengan kata lain adalah tidak boleh mengada – ngada. Simak penjelasan mengenai contoh teks eksposisi bidang hukum.

Lika Liku Hukum untuk Para Koruptor

Peraturan hukum yang ada di Indonesia sudah dituliskan di dalam Undang – Undang. Sehingga dapat dikatakan bahwa peraturan tersebut berlaku untuk semua rakyat Indonesia, tanpa terkecuali. Akan tetapi dalam kenyataannya, hukum tersebut tidak berlaku tegas bagi para koruptor. Dengan kata lain berubah menjadi tumpul.

Sehingga sudah bukan menjadi rahasia lagi, bila hukuman yang didapatkan para koruptor masih tergolong ringan. Tidak hanya hukuman ringan, ada juga beberapa koruptor yang bahkan mendapatkan fasilitas mewah saat berada di penjara. Padahal mereka sudah menggunakan hak orang lain untuk kepentingannya sendiri.

Bila dibandingkan dengan kasus seorang nenek yang mencuri kayu, hukuman para koruptor tersebut jauh lebih ringan. Padahal seorang nenek tersebut mencuri kayu hanya untuk menunjang kebutuhan sehari – harinya saja. Namun hakim memberikan hukuman yang sangat berat kepada nenek tersebut.

Bila dilihat dari fenomena yang sudah terjadi di Indonesia, dapat dikatakan bila hukum sudah tidak berjalan dengan baik. Artinya hukum yang di Indonesia sudah tidak tegas lagi. Padahal di dalam Undang – Undang sudah tertulis jelas hukuman yang setimpal untuk para tindak kejahatan. Akan tetapi, realita berkata lain.

Contoh Teks Eksposisi bidang Kebersihan

Contoh Teks Eksposisi bidang Kebersihan

Pada penulisan teks eksposisi terdapat berbagai karakter. Ada yang penulisannya secara singkat, sedang, dan juga detail. Namun semua penulisan teks eksposisi ini memiliki kaidah yang sama, hanya saja yang membedakan hanya karakternya saja. Simak contoh teks eksposisi bidang kebersihan dalam artikel berikut ini.

Pentingnya Kebersihan di Tempat Kerja

Tempat kerja yang bersih, akan menciptakan rasa nyaman di dalam diri sendiri. Tidak hanya itu bila tempat tersebut selalu terjaga kebersihannya, maka akan membuat para pekerja menjadi bersemangat dan dapat mencetak prestasi. Setiap individu wajib membersihkan tempat kerja yang dia duduki. Sehingga mulailah dari hal kecil seperti membuang sampang di tempatnya.

Menjaga kebersihan lingkungan dapat diwujudkan dengan pembagian kelompok untuk melaksanakan piket. Pembagian tersebut harus diketahui dan disetujui oleh semua karyawan di kantor. Hal ini dimaksud untuk menjunjung tinggi tingkat demokrasi di tempat kerja. Bila sudah dilakukan pembagian kelompok, selanjutnya dapat dilakukan pembagian tugas setiap individu.

Kebersihan di tempat kerja, akan berdampak langsung kepada karyawannya. Seperti merasa nyaman, wangi, dan juga indah di tempat kerja tersebut. Selain itu lingkungan kerja yang bersih, akan membuat para karyawan menjadi terhindar dari penyakit berbahaya antara lain demam berdarah, tifus, dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi tentang Berita

Contoh Teks Eksposisi tentang Berita

Para pembaca teks eksposisi bisa mendapatkan ilmu baru setelah membaca artikel tentang berita yang sedang berkembang. Dengan begitu dapat membuat para pembaca tersebut akan terus menerus membaca karena ingin mengetahui lebih banyak informasi baru yang bisa mereka dapatkan. Berikut adalah penulisan contoh teks eksposisi berita.

Bencana Longsor Di Kabupaten Malang

Sabtu petang pukul 17.54 WIB tanggal 12 Januari 2019, telah terjadi bencana longsor di Di Desa Wilungan, Kabupaten Malang. Bencana tersebut disebabkan oleh hujan deras mulai pagi hari, yang tidak kunjung reda. Akibatnya beberapa rumah warga tertimbun oleh tanah bekas longsor. Selain rumah, area persawahan dan jalan umum juga tertimpun oleh tanah.

Bencana longsor yang terjadi dikarenakan tanah perbukitan terkikis oleh hujan yang tidak kunjung reda. Alhasil tanah tersebut jatuh bersamaan dengan air hujan. Bencana ini telah menimbun sebagian besar rumah dan juga peternakan sapi milik warga. Hingga saat ini sudah diperkirakan 10 orang meninggal dunia, 40 orang mengalami luka – luka ringan, dan 30 orang hilang.

Korban yang mengalami luka ringan, segera ditangani oleh dokter setempat. Beberapa menit setelah kejadian, tim gabungan datang untuk membantu mencari korban hilang. Mereka mencoba menyusuri daerah yang diduga masih banyak korban di dalamnya yang masih tertimbun.

Pihak Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Malang sudah menghimbau kepada warga Desa Wilungan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman, sampai hujan reda. Tempat pengungsian sementara berada di Kodim yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Namun ada beberapa warga yang tetap keras kepala untuk berada di rumah.

Contoh Teks Eksposisi tentang Proses

Contoh Teks Eksposisi tentang Proses

Pada penulisan teks eksposisi memberikan manfaat berupa mendapatkan ilmu pengetahuan baru dari hasil membaca artikel. Oleh sebab itu, dalam penulisannya harus sesuai dengan kaidah yang ditentukan. Hal ini bertujuan agar para pembaca dapat mengikuti alur dari penulisan teks eksposisi tersebut. Simak penulisan secara detail tentang contoh teks eksposisi berikut.

Tata Cara Pembuatan Tempe

Tempe adalah salah satu jenis lauk pauk yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Lauk pauk ini berasal dari biji kedelai yang difermentasi. Kemudian dicampur dengan menggunakan ragi khusus untuk tempe. Setelah semua bahan dicampur, lalu diamkan hingga beberapa hari hingga menjadi tempe.

Cara yang harus dilakukan untuk membuat tempe adalah dengan merebus kedelai terlebih dahulu. Kemudian mengupas dengan cara direndam dan diasamkan. Bila sudah selesai, cuci bersih kedelai. Lalu masukkan ragi tempe ke dalam kedelai yang sudah dicuci bersih tadi. Selanjutnya bungkus kedelai tadi untuk dapat melakukan fermentasi.

Pada proses pembungkusan kedelai yang sudah dicampur dengan ragi tempe, biasa menggunakan daun pisang. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, pembungkusan tersebut berubah dengan menggunakan daun waru, jati, dan juga plastik. Kemudian untuk tahap fermentasi dilakukan selama 36 jam dengan suhu 21 hingga 37 derajat celcius.

Cara pembuatan tempe tergolong mudah untuk dilakukan. Akan tetapi proses pembuatannya tidak selalu berhasil, terkadang ada juga yang gagal karena beberapa faktor. Bisa karena suhu yang digunakan tidak sesuai dengan ketentuan atau dapat juga karena ragi yang digunakan tidak baik. Oleh sebab itu sebelum membuat tempe, wajib untuk memperhatikan bahan terlebih dahulu.

Contoh Teks Eksposisi tentang Ilustrasi

Contoh Teks Eksposisi tentang Ilustrasi

Penulisan teks eksposisi, wajib hukumnya untuk mematuhi struktur penulisan di dalamnya. Peraturan penulisan teks ini antara lain judul, tesis, pendapat, dan kesimpulan. Semua struktur ini harus ditulis secara urut, agar menjadi tulisan yang baik. Simak penulisan contoh teks eksposisi berikut.

Bersatu untuk Kemajuan Bangsa

Saat ini jiwa persatuan di dalam diri setiap rakyat Indonesia, mulai berkurang. Slogan Indonesia yang sudah ada sejak dahulu berbunyi Bhineka Tunggal Ika. Kemudian dilanjutkan dengan terbentuknya sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Namun slogan dan sumpah pemuda tersebut nyata sudah mulai dikesampingkan oleh masyarakat luas.

Indonesia memiliki kelebihan yang luar biasa dibanding dengan negara lainnya. Kelebihan tersebut berasal dari berbagai macam kebudayaan dan suku di setiap daerah. Daerah yang bergabung menjadi satu, dapat membuat negara yang kuat terhadap permasalahan yang tengah dihadapi sekarang. Hal ini termasuk dalam masa penjajahan dahulu kala.

Seiring bertambahnya tahun, sikap persatuan antar rakyat mulai terkikis. Khususnya ketika terjadinya konflik antar suku. Tidak hanya itu, akhir – akhir ini marak tawuran antar pelajar. Itulah yang membuat persatuan Indonesia menjadi melemah.

Rasa persatuan Indonesia tidak bisa dilakukan dengan cara memaksa. Artinya rasa tersebut harus timbul dengan sendirinya di dalam jiwa setiap rakyat Indonesia. Itulah sebabnya revitalisasi Pancasila harus kembali dipupuk sejak dini. Hal ini bertujuan agar setiap orang memiliki rasa cinta terhadap bangsanya sendiri.

Contoh Teks Eksposisi tentang Laporan

Contoh Teks Eksposisi tentang Laporan

Penulisan teks eksposisi harus sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sehingga dapat dikatakan bila teks ini bukanlah tergolong dalam fiksi. Selain itu, untuk menyajikan tulisan ini harus singkat, jelas, serta padat. Berikut adalah penjelasan mengenai contoh teks eksposisi tentang laporan.

Khasiat Kulit Buah Naga untuk Mengobati HIV / AIDS

Penelitian ilmiah telah dilakukan oleh mahasiswa dari salah satu universitas swasta di Yogyakarta mengenai khasiat kulit buah naga di dalamnya. Dari hasil penelitian tersebut, sudah terbukti bahwa di dalam kulit buah naga terdapat khasiat yang mampu membuat tubuh penderita HIV / AIDS menjadi kebal dan terjaga.

Virus HIV / AIDS hingga kini masih belum ada obat penyembuhnya. Virus ini sudah ada sejak tahun 1981 hingga sekarang. Selama ini para penderita virus tersebut hanya diberikan obat untuk memperlambat jalannya penyakit mematikan tersebut.

Menurut hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa swasta ini, kulit buah naga merah memiliki kandungan antibakteri, antioksidan tinggi, antivirus, dan juga anti mikroba. Sehingga tidak heran bila kulit buah ini menghasilkan imun di dalamnya. Imun tersebut nantinya akan membuat penderita HIV / AIDS menjadi kebal.

Cara pembuatannya adalah kulit buah naga merah diproses hingga berbentuk teh. Awalnya kulit ini jemur hingga mengering. Dengan begitu dapat membuat sari di dalam kulit buah naga bisa diambil dalam jumlah besar. Kemudian teh kulit tersebut dikonsumsi secara teratur oleh penderita HIV / AIDS tersebut.

Efek setelah mengkonsumsi teh kulit buah naga merah ini adalah meminimalisir rambut rontok. Kemudian dapat juga untuk memperlambat perkembangan virus HIV / AIDS yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Tidak hanya itu, teh ini dapat meminimalisir rasa mual muntah yang dirasakan oleh penderita HIV / AIDS.

Penderita HIV / AIDS yang mengkonsumsi teh kulit buah naga merah, dapat memperbesar angka harapan hidup mereka. Dengan begitu peluang mereka untuk sembuh, akan semakin besar. Hanya dengan mengkonsumsi teh kulit buah naga merah secara teratur, angka penderita HIV / AIDS menjadi berkurang.

Contoh Teks Eksposisi tentang Perbandingan

Contoh Teks Eksposisi tentang Perbandingan

Penulisa teks eksposisi terbagi menjadi beberapa jenis yang sesuai dengan isi yang ada di dalamnya. Untuk penulisan teks eksposisi ini harus berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Dengan kata lain adalah tidak boleh mengada – ngada. Penulisan contoh teks eksposisi tentang perbandingan adalah sebagai berikut.

Bahan Bakar Pertalite untuk Indonesia

Pertalite merupakan jenis bahan bakar terbaru yang tergolong ramah terhadap lingkungan. Sebelum adanya bahan bakar ini, masyarakat banyak menggunakan pertamax, premium, dan juga bensin. Harga bahan bakar pertalite tergolong murah, bila dibandingkan dengan pertamax. Alhasil banyak masyarakat yang memilih bahan bakar pertalite untuk kendaraannya.

Kandungan dalam bahan bakar pertalite sangatlah ramah terhadap lingkungan. Bila dibandingkan dengan bahan bakar premium yang banyak mengandung racun, timbal, CO2, dan Nox di dalamnya. Keunggulan dari bahan bakar pertalite adalah bisa membuat mesin menjadi halus ketika di gas. Dengan begitu dapat membuat mesin menjadi bersih, cepat, dan juga lincah.

Pada bahan bakar pertalite tergolong murah bila dibandingkan dengan pertamax. Akan tetapi harga pertalite lebih mahal bila dibandingkan dengan premium. Itulah sebabnya masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan bahan bakar pertalite, dibandingkan dengan premium. Manfaatnya yang dihasilkannya juga sangatlah bagus untuk mesin.

Teks eksposisi memiliki fungsi untuk memaparkan segala informasi dan juga ilmu pengetahuan kepada para pembaca. Semua informasi yang disampaikan penulis, harus sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Anda dapat memperhatikan contoh teks eksposisi tentang berbagai macam bidang yang ada di dalam artikel ini.

Contoh Teks Eksposisi (Lengkap)

Leave a Reply