15 Contoh Teks Observasi Singkat (Berbagai macam tema) 1

15 Contoh Teks Observasi Singkat (Berbagai macam tema)

Teks Observasi Singkat – Teks observasi merupakan salah satu jenis teks yang di dalamnya mengandung deskripsi umum mengenai suatu objek seperti hewan, tumbuhan dan lain-lain. Pada umumnya, teks observasi singkat dipakai untuk meneliti dan mencari kebenaran dari suatu objek. Anda penasaran? Yuk, simak contoh teks observasi singkat berikut ini.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Beruang Madu

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Beruang Madu

Berikut ini akan dibahas teks observasi singkat mengenai beruang madu, mencakup ciri-ciri dan kebiasaannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda penasaran? Yuk, baca informasi selengkapnya di bawah ini.

Ada 8 jenis beruang yang dapat Anda jumpai di dunia, salah satunya adalah beruang madu. Beruang tersebut merupakan beruang terkecil diantara jenis beruang lainnya. Tinggi tubuhnya mencapai 140 cm, sedangkan beratnya hanya 50 hingga 65 kg.

Semua bagian tubuhnya kecuali telapak kaki tertutup oleh bulu yang pendek akan tetapi berkilau. Adapun ciri khas yang membedakan tubuh beruang madu dengan jenis beruang lainnya adalah adanya tanda di bawah leher yang berwarna jingga.

Tempat hidupnya adalah di pepohonan. Beruang madu termasuk salah satu hewan yang kuat karena memiliki kecepatan gerak 48 km/jam. Hewan tersebut merupakan mamalia atau hewan yang menyusui anaknya setelah lahir.

Beruang madu adalah salah satu contoh jenis hewan omnivora, yaitu hewan yang memakan segala. Hal ini dikarenakan selain memakan madu juga memakan buah-buahan dan berbagai jenis tumbuhan seperti palem, mengkonsumsi binatang seperti serangga dan burung. Kini, beruang madu semakin langka karena habitat asli dari hewan tersebut telah rusak.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Alam

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Alam

Berikut ini akan disajikan teks observasi singkat mengenai salah satu benda alam, yaitu bulan. Yuk, kenali lebih dalam mengenai ciri-ciri bulan. Anda juga dapat mempelajari tentang material apa saja yang menyusun bulan.

Bulan merupakan satelit yang bergerak mengelilingi bumi. Hal inilah yang menyebabkan bulan hanya dapat dilihat pada malam hari saja. Bulan tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri. Cahaya bulan yang tampak itu berasal dari pantulan sinar matahari.

Anda tidak dapat menjumpai air dan udara. Selain itu, di permukaan bulan juga tidak dijumpai adanya lapisan yang melindungi dari hantaman benda-benda langit, misalnya asteroid. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa di bulan tidak dijumpai adanya kehidupan.

Kawah-kawah di bulan terjadi akibat adanya hantaman benda-benda langit. Nama kawah terbesarnya adalah Clavius. Adapun struktur bulan dari dalam keluar terdiri atas inti, mantel dan kerak. Inti bulan kaya akan besi.

Bagian mantel bulan sangat tebal. Kandungan di dalam mantel tersebut adalah sedikit besi dan kaya akan mineral silikat. Sedangkan, lapisan bulan terluar atau kerak mengadung mineral kalsium dan batuan granit.

Jarak antara bumi dengan bulan adalah 30 kali diameter bumi. Meski demikian, bulan masih berada di jangkauan gaya gravitasi bumi. Hal ini dikarenakan adanya gaya sentrifugal yang muncul akibat bulan bergerak mengelilingi bumi. Besarnya gaya sentrifugal lebih besar dibandingkan gaya gravitasi bumi. Dengan demikian, bulan tetap bisa beredar pada posisinya.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Bunga Bangkai

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Bunga Bangkai

Anda dapat menjumpai bunga bangkai di Indonesia. Berikut akan dibahas lebih dalam mengenai karakteristik bunga tersebut. Anda penasaran? Yuk, simak infomasi selengkapnya dengan membaca teks observasi singkat berikut ini.

Di Indonesia dijumpai beberapa tanaman langka, salah satunya adalah bunga bangkai atau Rafflesia Arnoldy. Bunga tersebut memiliki ukuran yang sangat besar yaitu mencapai empat meter. Ciri khas bunga bangkai ini adalah menghasilkan bau busuk seperti bangkai. Bau tersebut diproduksi sebagai pelindung diri dan untuk menarik serangga agar membantu penyerbukan.

Ketika bunga bangkai mekar maka bagian kelopaknya berwarna putih, sedangkan warna mahkotanya merah keunguan. Bunga tersebut hanya mampu mekar selama 7 hari dan setelah itu akan mati. Habitat aslinya berasal dari hutan di Sumatera.

Saat ini bunga bangkai telah dikonservasi di berbagai tempat untuk melindunginya dari kepunahan. Salah satunya di konservasi di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda Bandung, Jawa Barat. Mengapa bunga bangkai semakin langka? Hal ini dikarenakan adanya penebangan hutan secara sembarangan dan adanya iklim yang berubah.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Lingkungan

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Lingkungan

Berbicara mengenai lingkungan, tentu harus kita jaga dengan baik. Terutama lingkungan di sekitar kita. Apa saja upaya yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat? Yuk, simak teks observasi singkat tentang lingkungan berikut ini.

Kebersihan lingkungan adalah aspek penting di dalam kehidupan manusia. Lingkungan yang bersih membuat Anda sehat sehingga tidak mudah terjangkit penyakit. Komplek perumahan memiliki kondisi lingkungan yang bersih. Hal ini tampak pada selokan yang bebas sampah karena setiap warga telah memiliki tempat sampah.

Tempat sampah tersedia dalam bentuk drum maupun tong besar yang dirawat dengan baik. Dengan demikian, tidak menyebabkan munculnya bau busuk. Sampah di kompleks perumahan diambil tiga hari sekali dan dilakukan kerja bakti membersihkan baik selokan maupun rumput liar setiap satu bulan sekali.

Dengan membiasakan pola hidup yag sehat dan bersih maka akan mudah untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan mengaplikasikan pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah Anda bisa melakukan aktivitas yang sehat dan produktif.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Sampah

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Sampah

Sampah tidak lepas dari kehidupan manusia. Hampir semua aktivitas manusia menhasilkan sampah. Banyak jenis sampah yang ada di bumi ini, contohnya pun beragam. Informasi lebih lanjut Anda dapat membaca teks observasi singkat berikut ini.

Sampah adalah barang yang sudah tidak memiliki fungsi lagi. Sumber sampah berasal dari alam, industri, manusia dan lain-lain. Di bumi ini sampah semakin meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas manusia.

Dalam sehari, di Indonesia dapat menghasilkan sampah hingga 11 ton. Ada dua jenis sampah menurut sifatnya, yaitu organik dan anorganik. Perbedaannya adalah sampah organik dapat diurai bakteri, misalnya sampah dedaunan. Sampah tersebut dapat dimanfaatkan untuk kompos.

Lain halnya dengan sampah anorganik yang tidak dapat diurai oleh bakteri. Misalnya plastik, kaleng dan kaca. Namun, Anda masih bisa mengolahnya menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis tinggi.

Sedangkan, sampah menurut bentuknya ada 6 macam, yaitu pertama sampah padat misalnya sampah rumah tangga. Kedua, sampah cair misalnya limbah industri. Ketiga, sampah alam seperti daun kering di hutan yang terurai.

Keempat, sampah manusia seperti feses dan urin. Sampah tersebut dapat menimbulkan penyakit akibat virus dan bakteri. Kelima, sampah konsumsi merupakan hasil dari aktivitas konsumsi manusia. Keenam, sampah radioaktif misalnya adalah sampah nuklir.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Komodo

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Komodo

Komodo merupakan hewan melata yang keberadaannya mulai terancam punah di Indonesia. Berikut ini akan dibahas teks observasi singkat mengenai komodo beserta ciri-ciri dan kehidupan dari hewan tersebut.

Komodo adalah salah satu hewan melata terbesar di Indonesia. Tempat tinggalnya di semak-semak dan hutan. Hewan melata terberat ini memiliki berat sekitar 100 kg. Ada pun panjang rata-rata komodo adalah 2,5 meter.

Ciri-ciri fisik komodo adalah kulitnya bersisik dan berwarna abu-abu. Tungkai lengannya kuat, memiliki moncong yang lancip, ekornya berotot. Komodo memiliki indera penciuman yang kuat sehingga dapat dipakai untuk mendeteksi mangsangnya.

Mangsa yang dimakan komodo salah satunya adalah binatang melata yang termasuk mamalia dengan ukuran besar. Giginya tertutup oleh gusi akibatnya gusinya sering berdarah saat komodo makan. Dengan demikian, gusi menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

Bakteri tersebut menyebabkan hewan korban keracunan. Komodo biasanya menggigit mangsanya lalu mengikutinya sehingga mangsanya menjadi lemas dan tidak dapat kabur. Namun, sayangnya komodo menjadi salah satu hewan melata yang keberadaannya hampir punah akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Kelinci

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Kelinci

Berikut ini akan disajikan mengenai teks observasi singkat yang akan membahasa mengenai kelinci. Di dalamnya mencakup jenis-jenis kelinci dan makanannya. Anda penasaran? Yuk simak teks di bawah ini.

Kelinci adalah salah satu hewan mamalia yang berasal dari family leporidae. Kini, Anda dapat menemukannya dengan mudah di bumi ini. Ada dua jenis kelinci, yaitu kelinci peliharaan dan kelinci liar.

Sedangkan, berdasarkan bulunya ada dua kelinci yaitu kelinci berbulu pendek dan berbulu panjang. Berdasarkan ordonya, ada 6 jenis kelinci, yaitu lyon, american, himalayan, anggora, dutch, dan english spot.

Makanan kelinci adalah wortel. Namun, berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa kelinci juga dapat memakan sayuran hijau, umbi, biji-bijian dan ampas tahu. Penelitian membuktikan bahwa daging kelinci berkhasiat untuk mengobati asma.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Lidah Buaya

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang multifungsi, yaitu sebagai tanaman hias, tanaman obat dan lain-lain. Banyak khasiat yang dapat Anda peroleh dengan mengkosumsi lidah buaya. Anda penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tanaman lidah buaya atau yang dikenal dengan nama ilmiah Aloe vera ini merupakan salah satu tanaman terkenal di dunia. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut berpotensi dikembangkan sebagai obat dan dimanfaatkan di dunia industri.

Lidah buaya hidup di di daerah bersuhu panas. Selain itu, tanaman tersebut bisa hidup di pot yang berfungsi sebagai tanaman hias. Ciri khas tanaman lidah buaya adalah daunnya berbentuk runcing seperti taji, bergetah, berdaging, permukaan daun berbintik-bintik dan sisi daunnya bergerigi.

Lidah biaya banyak mengandung vitamin, salah satunya adalah vitamin D. Ada pun beberapa penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan lidah buaya antara lain luka bakar, bisul, amandel, menyuburkan rambut dan lain-lain.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Pemanasan Global

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Pemanasan Global

Pemanasan global dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti efek rumah kaca, terurainya ozon dan lain-lain. Banyak dampak negatif yang timbul akibat terjadinya pemanasan global. Anda penasaran? Yuk, baca teks observasi singkat di bawah ini.

Pemanasan global atau global warming merupakan proses kenaikan suhu bumi akibat gas buang karbon dari kegiatan industri yang meningkat. Pemanasan global timbul sebagai efek dari gas rumah kaca dalam bentuk 3 macam, yaitu gas karbon monoksida, karbon dioksida dan gas metan.

Gas-gas tersebut menyebabkan tertahannya sinar UV di dalam atmosfer sehingga suhu bumi meningkat. Efek jangka panjangnya adalah mencairnya es di kutub baik selatan maupun utara sehingga menyebabkan permukaan air laut naik.

Pemanasan global juga disebabkan oleh terurainya ozon menjadi oksigen dan unsur O. Hal ini dapat mengakibatkan ozon tidak mampu menangkal sinar UV sehingga sinar UV dapat masuk ke bumi secara langsung.

Faktor utama penyebab pemanasan global adalah efek rumah kaca yang timbul akibat ulah manusia. Misalnya menebang pohon sembarangan, menggunakan listrik secara berlebihan dan lain-lain. Hal ini menyebabkan penumpukan karbon di atmosfer.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Tumbuhan

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Tumbuhan

Banyak jenis flora langka dijumpai di Indonesia yang punah. Padahal, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tanahnya yang subur. Apa saja jenis tanaman yang sudah langka tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Contoh flora yang sudah langka di Indonesia adalah tumbuhan damar dan kantong semar. Tumbuhan damar memiliki tinggi mencapai 60 m. Namun, akibat penggunaan yang berlebihan menjadi sulit ditemukan. Misalnya, getahnya untuk vernis dan sebagai cairan pelapis kertas.

Kantong semar termasuk dalam golongan tumbuhan karnivora. Hal ini dikarenakan makanan tumbuhan tersebut berasal dari serangga kecil. Misalnya lalat, lebah dan semut. Kantongnya akan dibuka lebar dan di dalam kantong dijumpai adanya cairan yang menjadi daya tarik serangga kecil. Kantong tersebut akan menutup saat serangga kecil sudah berada di dalam kantong.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Bencana Alam

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Bencana Alam

 

 

Bencana alam sering kali datang dengan tiba-tiba. Biasanya bencana terjadi akibat dari perbuatan manusia. Jenis bencana alam yang terjadi banyak, lalu apa saja penyebabnya? Yuk, simak informasi selengkapnya dengan membaca teks observasi singkat berikut.

Bencana alam datang tanpa permisi sehingga bencana tersebut tidak dapat dihindari. Misalnya adalah banjir, gempa dan lain-lain. Banjir dapat terjadi akibat ulah manusia yang membuang sampah sembarangan di aliran sungai. Apalagi, jenis sampah yang dibuang tidak mudah terurai.

Gempa dapat terjadi akibat adanya kegiatan manusia seperti mengebor, mengebom laut dan lain-lain. Hal ini mengakibatkan ekosistem tidak seimbang. Gempa juga terjadi akibat adanya pergeseran tanah di dalam laut. Gempa tersebut dapat merambat ke daerah di sekitar pusat gempa.

Mencegah lebih baik dari pada mengatasi, oleh karena itu Anda dianjurkan untuk membuang sampah pada tempatnya agar mencegah terjadinya banjir. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menghindari mengebor atau mengebom agar meminimalisir terjadinya gempa.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Bunga Mawar

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Bunga Mawar

Mawar merupakan jenis tanaman hias yang banyak disukai oleh wanita. Mawar memiliki banyak jenisnya. Anda dapat menjumpai hingga 100 spesies. Apa saja jenis-jenis mawar dan bagaimana cara budidaya mawar? Anda penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mawar merupakan tanaman hias yang terkenal dengan bunganya yang memiliki banyak jenisnya, antara lain adalah putih, merah, hitam, biru dan lain-lain. Ciri khas mawar adalah batangnya berduri dan daunnya menyirip.

Budidaya mawar dapat dilakukan dengan cara stek batang maupun menanam biji mawar. Ada pun perawatannya meliputi menyirami dengan air, menyiangi rumput dan memupuk setiap 3 bulan sekali. Apabila dijumpai batang atau daun yang mengering maka dianjurkan untuk dipangkas. Tujuannya adalah agar merangsang tunas baru tumbuh.

Banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari bunga mawar. Hal ini dikarenakan mawar dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti depresan, mengandung vitamin C dan dapat dimanfaatkan untuk teh, berbagai produk kecantikan misalnya parfum, sampo, sabun dan lain-lain.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Bahaya Narkoba

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Bahaya Narkoba

Narkoba sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama bagi remaja. Banyak dampak negatif dan bahaya penyalahguna narkoba. Apa saja bahayanya, yuk simak informasi selengkapnya dengan membaca teks observasi singkat berikut ini.

Narkoba merupakan barang berbahaya yang memiliki dampak negatif bagi penggunanya. Hal ini dikarenakan pemakaian narkoba dapat menyebabkan ketergantungan yang bisa membuat seseorang meninggal. Orang menggunakan narkoba karena berbagai alasan, misalnya pengaruh lingkungan dan pergaulan, untuk menghilangkan stres dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, penyalahgunaan narkoba juga dapat terjadi akibat pengaruh dari pengedar narkoba yang menargetkan para remaja usia 15-25 tahun. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena remaja merupakan generasi penerus bangsa. Saat ini, di Indonesia terdapat 4 juta jiwa yang menyalahgunakan narkoba. Parahnya 22% diantara pemakai tersebut adalah para remaja.

Biasanya para remaja memakai narkoba jenis ganja dan psikotropika seperti sedatin dan megadon. Zat-zat tersebut sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kriminalitas, misalnya pencurian. Oleh karena itu, sebagai generasi muda jangan sampai terjebak dengan melakukan penyalahgunaan narkoba. Hal ini dikarenakan banyak sekali dampak negatif dibanding manfaatnya.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Ayam

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Ayam

Ayam merupakan salah satu hewan yang kaya akan manfaat. Semua bagiannya mulai dari daging hingga telurnya semua dapat dimanfaatkan. Apa saja manfaat ayam bagi manusia? Informasi selengkapnya yuk simak teks observasi singkat berikut ini.

Ayam adalah hewan unggas yang banyak dipelihara karena mudah cara merawatnya. Di dalam kehidupan sehari-hari, ayam memiliki banyak kegunaan. Misalnya untuk membuat peternakan agar daging dan telurnya bisa diolah dan dikonsumsi manusia. Ada dua jenis ayam, yaitu ayam pedaging dan petelur.

Bagian tubuh ayam terdiri atas jengger, jalu, bulu yang memiliki warna bervariasi misalnya berwarna hitam, coklat, merah, putih, kuning keemasan dan lain-lain. Selain itu, bagian tubuh ayam lainnya adalah 2 kaki yang masing-masing terdiri atas 3 jari.

Daging ayam memiliki banyak kegunaan, antara lain adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain dagingnya yang kaya akan manfaat, telur ayam juga memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah untuk dijadikan sebagai menu diet sehat.

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Pisang

Contoh Teks Observasi Singkat Tentang Pisang

Pisang merupakan tanaman yang multifungsi, semua bagiannya dapat Anda manfaatkan. Apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dari tanaman pisang? Informasi selengkapnya Anda dapat simak teks observasi singkat berikut ini.

Pisang atau yang dikenal dengan nama Musa paradisiaca ini merupakan tanaman dengan batang semu dan permukaannya terdapat pelepah daun. Tingginya mencapai 3 meter. Tanaman tersebut hidup di daerah yang memiliki air cukup.

Tanaman pisang merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Hal ini dikarenakan semua bagian tanaman tersebut memiliki nilai fungsi. Ada pun bagian-bagian dari tanaman pisang antara lain adalah batang, bonggol, daun, bunga dan buah.

Buah pisang memiliki banyak manfaat. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah pisang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti keripik pisang, tepung pisang, sale pisang dan lain-lain.

Daun pisang banyak digunakan untuk membungkus makanan misalnya nasi rames, lontong, bubur, ketupat dan lain-lain. Salah satu kelebihan membungkus makanan menggunakan daun pisang adalah dapat meningkatkan aroma makanan. Batang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Misalnya untuk mengobati diare dan saluran kencing. Bunganya, dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk menyusun contoh teks observasi singkat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan.

15 Contoh Teks Observasi Singkat (Berbagai macam tema)

Leave a Reply