14 Contoh Teks Moderator (Rapat, presentasi, serta membuka tanya jawab) 1

14 Contoh Teks Moderator (Rapat, presentasi, serta membuka tanya jawab)

Contoh Teks Moderator – Setiap diskusi ataupun rapat, pastilah Anda membutuhkan sorang moderator untuk memimpin dan membuat diskusi dan persentasi menjadi lancar. Peran moderator sangatlah penting dalam sebuah rapat ataupun diskusi. Diperlukan teks moderator sebagai acuan agar proses diskusi berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mencari contoh teks moderator di internet.

Tugas Utama Seorang Moderator

Tugas Utama Seorang Moderator

Sebagai pemimpin dan pengarah diskusi ataupun rapat, peran moderator sangatlah penting. Jika moderator yang ditunjuk kurang cakap dalam memimpin rapat atau diskusi, maka suasana akan terasa canggung dan membosankan. Karena pentingnya tugas seorang moderator, maka tak heran banyak orang yang mencari dan mempelajari contoh teks moderator terlebih dahulu sebelum diskusi atau rapat dimulai.

Berikut ini beberapa tugas seorang moderator yang harus Anda ketahui. Tugas ini haruslah terpenuhi jika Anda ditunjuk untuk menjadi seorang moderator. Adapun beberapa tugas dari seorang moderator antara lain adalah:

1. Membuka Diskusi atau Rapat

Tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah membuka diskusi ataupun rapat. Proses pembukaan diskusi atau rapat ini biasanya dilakukan dengan menjabarkan proses diskusi yang akan dilakukan, dan juga tata cara dalam berdiskusi. Tata cara dalam diskusi biasanya berupa bagaimana cara peserta dalam menanggapi pendapat dan mengemukakan pendapatnya.

Walaupun tugas membuka diskusi terlihat sepele dan gampang, tetapi ternyata masih banyak orang-orang yang merasa kesusahan dalam membuka diskusi ataupun rapat. Akibatnya banyak yang mencari contoh teks moderator di internet sebagai panduan dalam membuka diskusi ataupun rapat.

2. Menghidupkan Suasana Saat Diskusi Berlangsung

Seorang moderator haruslah mengerti materi yang didiskusikan. Dengan mengerti materi yang akan didiskusikan, maka moderator akan dengan mudah mengatur jalannya diskusi agar berjalan dengan lancar. Ketika peserta tidak ada yang menanggapi diskusi, maka moderator berperan penting dalam menghidupkan suasana diskusi agar lebih hidup.

3. Melemparkan Pertanyaan

Tugas lainnya yang harus dilakukan oleh seorang moderator adalah melemparkan pertanyaan kepada peserta diskusi. Dalam melemparkan pertanyaan, seorang moderator haruslah tepat dalam memilih kata-kata agar pertanyaan tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu sebelum menjadi moderator, ada baiknya Anda mempelajari cara melemparkan pertanyaan pada contoh teks moderator.

4. Menyampaikan Kesimpulan

Tugas terakhir yang harus dilakukan saat Anda menjadi seorang moderator adalah menyampaikan kesimpulan. Untuk menyampaikan kesimpulan dengan baik dan benar, Anda dapat mempelajarinya dari berbagai macam contoh teks moderator yang ada di internet. Biasanya, contoh tersebut akan memberikan Anda gambaran bagaimana cara menyampaikan kesimpulan dengan baik dan benar.

Contoh Teks Moderator Rapat Bagian Pembukaan

Contoh Teks Moderator Rapat Bagian Pembukaan

Selamat siang..

Yth. Bapak Azhar selaku Kepala Divisi Pemasaran

dan rekan sekalian yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Esa. Berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini untuk melakukan rapat evaluasi bulanan. Saya Andi sekalu moderator dan rekan saya Bunga yang akan menjadi notulen pada hari ini. Adapun rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan pada hari ini adalah :

1. Pembukaan

2. Penyajian materi

3. Sesi tanya jawab

4. Penutup

Contoh Teks Moderator Rapat (Memberikan Kesempatan Peserta untuk Memaparkan Materi)

Contoh Teks Moderator Rapat (Memberikan Kesempatan Peserta untuk Memaparkan Materi)

Berhubung sesi pembukaan telah dilaksanakan maka sesi selanjutnya adalah pemaparan materi. Bagi pemateri saya persilahkan untuk memaparkan kepada peserta diskusi. Kepada penyampai materi, tempat dan waktunya saya persilahkan.

Sesi Tanya Jawab Rapat pada Contoh Teks Moderator

Terimakasih saya kepada pemateri karena telah memberikan pemaparan yang jelas bagi kami.

Selanjutnya kita akan memasuki sesi tanya jawab. Sebelum memulai sesi tanya jawab, saya akan membacakan beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa ketentuan tersebut adalah:

1. Kesempatan untuk melakukan kegiatan tanya jawab akan disediakan sebanyak 2 kali. Dengan jumlah pertanyaan pada masing-masing kesmpatan adalah 3 pertanyaan dan juga 2 kali sanggahan.

2. Sesi tanya jawab akan kami batasi sekitar 5 menit.

3. Pada saat sesi tanya jawab sedang berlangsung, diharapkan para peserta diskusi untuk selalu tertib dan tenang.

Contoh Teks Moderator pada Saat Pembacaan Kesimpulan Rapat

Bedasarkan hasil diskusi pada hari ini, didapatkan beberapa kesimpulan. Adapun beberapa kesimpulan tersebut adalah:

1. Kenaikan gaji pegawai sebesar 3% akan diberlakukan mulai bulan depan

2. Pegawai akan mendapatkan ekstra 10% dari gajinya sebagai bonus pada saat Lebaran

Demikianlah poin kesimpulan yang sudah kita sepakati tadi, saya harap semua peserta diskusi dapat memakluminya.

Contoh Penutupan Rapat yang Ada Pada Contoh Teks Moderator

Contoh Penutupan Rapat yang Ada Pada Contoh Teks Moderator

Demikianlah diskusi kita pada hari ini mengenai rencana kenaikan gaji karyawan pada PT. Maju Jaya. Saya selaku moderator mohon maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Saya ucapkan terimakasih atas perhatian pada audiens.

Contoh Teks Moderator Pada Pembukaan Persentasi

Contoh Teks Moderator Pada Pembukaan Persentasi

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yth Bpk Fali selaku dosen pembimbing matakuliah kewirausahaan

Dan teman lainnya yang berbahagia

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di ruang kelas ini.

Adapun topik yang akan kami bahas adalah “cara meningkatkan kualitas produk”. Saya Anggie yang akan bertugas sebagai moderator pada hari ini. Saya akan membimbing jalannya diskusi ini. Adapun anggota kelompok saya adalah, Ani, Bunga, dan Mawar.

Sedangkan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:

1 Sesi pembukaan
2. Sesi Penyampaian dan penyajian materi
3. Sesi tanya jawab
4. Sesi Penutup
5. Pemberian masukan dari dosen pembimbing

Memberikan Kesempatan Bertanya Kepada Penyaji Untuk Menyampaikan Materi

Memberikan Kesempatan Bertanya Kepada Penyaji Untuk Menyampaikan Materi

Sesi selanjutnya adalah proses penyajian materi. Saya persilahkan kepada rekan Bunga untuk menyampaikan materi mengenai cara meningkatkan kualitas produk. Kepada rekan Bunga tempat dan waktu saya persilahkan.

Sesi Tanya Jawab Persentasi pada Contoh Teks Moderator

Sesi Tanya Jawab Persentasi pada Contoh Teks Moderator

 

Demikianlah pemaparan materi dari rekan saya. Sesi selanjutnya yang akan kita laksanakan adalah sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab ini ada beberapa peraturan yang harus dipenuhi. Adapun peraturan yang harus dipenuhi antara lain adalah:

1. Sesi atanya jawab akan kita lakukan sebanyak dengan 2 kali, setiap sesi tanya jawab akan berlangsung salama 5 menit. kami buka 3 pertanyaan dan setiap pertanyaan kami berikan 2 sanggahan.

2. Pertanyaan yang dibuka pada setiap sesi tanya jawab adalah sebanyak 3 pertanyaan dengan jumlah sanggahan sebanyak 2 kali

3. Audiens diharapkan untuk selalu tenang pada saat sesi tanya jawab.

Kepada para audiens yang akan mengajukan pertanyaan, tempat dan waktu saya persilahkan.

Bagian Penutup Persentasi pada Contoh Teks Moderator

Bagian Penutup Persentasi pada Contoh Teks Moderator

Demikianlah persentasi dan sesi tanya jawab yang telah kami lakukan. Saya sebagai moderator yang mewakili rekan saya ingin meminta maaf jika ada kesalahan, baik itu kesalahan yang disengaja ataupun kesalahan yang tidak disengaja. Marilah kita tutup sesi persentasi ini dengan mengucapkan hamdallah.

Contoh Cara Memimpin Sesi Tanya Jawab di Dalam Contoh Teks Moderator

Contoh Cara Memimpin Sesi Tanya Jawab di Dalam Contoh Teks Moderator

Jika Anda ingin memimpin sesi tanya jawab pada audiens dalam sebuah diskusi tentu saja ada tata caranya. Berikut ini merupakan cara memimpin sesi tanya jawab dimulai dari memberikan kesempatan bertanya pada audiens dengan baik dan benar.

Moderator : “Jika ada audiens yang ingin bertanya, silahkan kemukakan pertanyaan Anda.”

Moderator : “Bagaimana kelompok penyaji, apakah kalian sudah memahami pertanyaan dari audiens tersebut?”

Moderator : “Jika sudah merasa jelas, silahkan kepada kelompok penyaji untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh audiens.”

Moderator : “Bagaimana pihak penanya, apakah sudah puas terhadap jawaban yang telah diberikan?”

Contoh Peraturan yang Dalam Diskusi yang Ada Pada Contoh Teks Moderator

Contoh Peraturan yang Dalam Diskusi yang Ada Pada Contoh Teks Moderator

Sebenarnya peraturan yang ada di dalam sebuah rapat ataupun diskusi hampir sama saja. Oleh karena itu, seringkali Anda menemukan peraturan yang sama di setiap teks moderator yang ada di dalam internet. Adapun contoh peraturan diskusi yang sering ada di dalam teks moderator adalah:

1. Ketika penyaji materi melakukan paparan, diharapkan semua peserta diskusi untuk menjaga ketertibannya.

2. Semua keputusan yang diambil selama diskusi haruslah sesuai dengan kesepakan semua peserta diskusi.

3. Keputusan yang telah disepakati dalam diskusi tidak boleh diganggu gugat karena itu merupakan hasil kespakatan bersama.

Contoh Susunan Sesi Diskusi yang Kebanyakan Ada pada Contoh Teks Moderator

Contoh Susunan Sesi Diskusi yang Kebanyakan Ada pada Contoh Teks Moderator

Hampir sama dengan peraturan diskusi, susunan sesi yang biasanya dilakukan pada diskusi hampir sama saja. Berikut ini merupakan contoh susunan sesi diskusi yang ada pada kebanyakan teks monderator.

1. Pembukaan

2. Penyajian materi

3. Sesi tanya jawab

4. Penutup

Sesi tersebut haruslah ada pada setiap diskusi. Jika ada sesi lainnya, maka sesi tersebut merupakan sesi tambahan saja yang tidak harus ada.

Contoh Kerangka Diskusi yang Biasanya Ada Pada Contoh Teks Moderator

Contoh Kerangka Diskusi yang Biasanya Ada Pada Contoh Teks Moderator

Biasanya kerangka diskusi yang ada pada sebagian besar teks moderator hampir sama isinya. Kerangka ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk membuat teks moderator. Teks moderator digunakan sebagai pegangan dan pedoman seorang moderator agar dapat memimpin diskusi dengan baik.

Adapun kerangka diskusi pada teks moderator antara lain adalah:

1. Pembukaan

2. Perkenalan

3. Pemaparan materi

4. Sisi tanya jawab

5. Pembacaan kesimpulan

6. Penutup

Contoh Teks Moderator Rapat Lengkap

Contoh Teks Moderator Rapat Lengkap

Selamat siang..

Yth. Bapak Azhar selaku Kepala Divisi Pemasaran

dan rekan sekalian yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Esa. Berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini untuk melakukan rapat evaluasi bulanan. Saya Andi sekalu moderator dan rekan saya Bunga yang akan menjadi notulen pada hari ini. Adapun rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan pada hari ini adalah :

1. Pembukaan

2. Penyajian materi

3. Sesi tanya jawab

4. Penutup

Berhubung sesi pembukaan telah dilaksanakan maka sesi selanjutnya adalah pemaparan materi. Bagi pemateri saya persilahkan untuk memaparkan kepada peserta diskusi. Kepada penyampai materi, tempat dan waktunya saya persilahkan.

Terimakasih saya kepada pemateri karena telah memberikan pemaparan yang jelas bagi kami.

Selanjutnya kita akan memasuki sesi tanya jawab. Sebelum memulai sesi tanya jawab, saya akan membacakan beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa ketentuan tersebut adalah:

1. Kesempatan untuk melakukan kegiatan tanya jawab akan disediakan sebanyak 2 kali. Dengan jumlah pertanyaan pada masing-masing kesmpatan adalah 3 pertanyaan dan juga 2 kali sanggahan.

2. Sesi tanya jawab akan kami batasi sekitar 5 menit.

3. Pada saat sesi tanya jawab sedang berlangsung, diharapkan para peserta diskusi untuk selalu tertib dan tenang.

Bedasarkan hasil diskusi pada hari ini, didapatkan beberapa kesimpulan. Adapun beberapa kesimpulan tersebut adalah:

1. Kenaikan gaji pegawai sebesar 3% akan diberlakukan mulai bulan depan

2. Pegawai akan mendapatkan ekstra 10% dari gajinya sebagai bonus pada saat Lebaran

Poin kesimpulan tersebut merupakan poin yang sudah kita sepakati tadi, saya harap semua peserta diskusi dapat memakluminya.

Demikianlah diskusi kita pada hari ini mengenai rencana kenaikan gaji karyawan pada PT. Maju Jaya. Saya selaku moderator mohon maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Saya ucapkan terimakasih atas perhatian pada audiens.

Contoh Teks Moderator Persentasi Lengkap

Contoh Teks Moderator Persentasi Lengkap

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yth Bpk Fali selaku dosen pembimbing matakuliah kewirausahaan

Dan teman lainnya yang berbahagia

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di ruang kelas ini.

Adapun topik yang akan kami bahas adalah “cara meningkatkan kualitas produk”. Saya Anggie yang akan bertugas sebagai moderator pada hari ini. Saya akan membimbing jalannya diskusi ini. Adapun anggota kelompok saya adalah, Ani, Bunga, dan Mawar.

Sedangkan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:

1. Sesi pembukaan

2. Sesi Penyampaian dan penyajian materi

3. Sesi tanya jawab

4. Sesi Penutup

5. Pemberian masukan dari dosen pembimbing

Sesi selanjutnya adalah proses penyajian materi. Saya persilahkan kepada rekan Bunga untuk menyampaikan materi mengenai cara meningkatkan kualitas produk. Kepada rekan Bunga tempat dan waktu saya persilahkan.

Demikianlah pemaparan materi dari rekan saya. Sesi selanjutnya yang akan kita laksanakan adalah sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab ini ada beberapa peraturan yang harus dipenuhi. Adapun peraturan yang harus dipenuhi antara lain adalah:

1. Sesi atanya jawab akan kita lakukan sebanyak dengan 2 kali, setiap sesi tanya jawab akan berlangsung salama 5 menit. kami buka 3 pertanyaan dan setiap pertanyaan kami berikan 2 sanggahan.

2. Pertanyaan yang dibuka pada setiap sesi tanya jawab adalah sebanyak 3 pertanyaan dengan jumlah sanggahan sebanyak 2 kali

3. Audiens diharapkan untuk selalu tenang pada saat sesi tanya jawab.

Kepada para audiens yang akan mengajukan pertanyaan, tempat dan waktu saya persilahkan.

Dengan berakhirnya persentasi dan sesi tanya jawab maka persentasi pun akan saya akhiri. Saya selaku moderator mewakili rekan saya untuk meminta maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Marilah kita tutup sesi persentasi ini dengan mengucapkan hamdallah.

Mencari contoh teks moderator dan mempelajarinya sebelum Anda memimpin diskusi atau rapat sangatlah dianjurkan. Dengan membaca contoh tersebut, diharapkan Anda akan merasa lancar dalam memimpin sebuah diskusi. Untuk mencari contoh tersebut, Anda hanya tinggal mencarinya di internet saja, karena ada banyak sekali contoh yang bisa dipilih.

14 Contoh Teks Moderator (Rapat, presentasi, serta membuka tanya jawab)

Leave a Reply