7 contoh ceramah singkat bermakna (Paling Lengkap) 1

7 contoh ceramah singkat bermakna (Paling Lengkap)

Contoh Ceramah Singkat  – Siapa bilang ceramah hanya sebatas orang memberikan cerita-cerita kehidupan yang tak berguna. Ceramah merupakan sebuah media untuk menambah wawasan yang paling tepat. Jika ditelaah lebih jauh, ceramah memiliki banyak peran dalam kehidupan, salah satunya menjadikan seseorang berubah ke arah lebih baik dan tentunya menambah wawasan tentang banyak hal. Contoh ceramah singkat juga bisa menjadi panduan dalam melakukan banyak hal.

Ceramah sering dilakukan di tempat ibadah oleh ahli agama. Biasanya berkisar teladan dari pendahulu yang jadi contoh baik. Selain itu, di berbagai acara, ceramah juga menjadi agenda penting terutama yang berkaitan dengan tema acara, baik itu pendidikan, keluarga, hingga hal-hal yang berbau privasi dengan tujuan mengingatkan dan menyadarkan banyak orang.

Pengertian Ceramah

contoh ceramah agama singkat

Secara umum ceramah memiliki definisi sebagai pidato yang isinya bisa berupa nasehat dan ditujukan kepada siapa saja yang berada di lokasi ceramah tersebut. Menurut Matthew, ceramah merupakan informasi atau berita yang diucapkan dengan cara lisan kepada orang banyak. Hakikatnya adalah untuk memperkaya wawasan dari para pendengarnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Winarno Surahmad, menurutnya ceramah merupakan kumpulan informasi yang berikan kepada yang mendengar dan melihat penceramah tersebut dengan cara lisan atau langsung. Sedangkan pada kamus besar Indonesia artinya adalah pidato dengan maksud memberi nasehat atau arahan kepada masyarakat yang bertindak sebagai audiens.

Banyak jenis ceramah yang disampaikan pada berbagai kesempatan. Diantaranya ceramah umum yang biasanya berisi informasi umum tentang berbagai hal di lingkungan masyarakat. Adapula ceramah khusus yang berisi informasi khusus pada kalangan tertentu.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Ilmu dan Pendidikan

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

“Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatu. Rasa syukur kita ucapkan karena diberi kesempatan untuk tertatap muka hari ini. Saya berterima kasih karena diberi kesempatan untuk menginformasikan beberapa hal tentang pendidikan, yang saat ini menjadi sorotan banyak pihak. Terutama tentang karakter dan ilmu yang penting di dunia pendidikan serta bagaimana generasi selanjutnya bisa berbuat lebih baik,”

“Hadirin yang dimuliakan, Indonesia sedang dihadapkan pada masalah serius tentang turunnya moral generasi muda. Tak sedikit yang terbelenggu pada kehidupan hedonis yang sebenarnya kurang tepat dipraktekkan, karena mereka cenderung mengabaikan norma yang sudah ada. Alhasil, kualitas diri mereka menjadi sangat buruk,”

“Contoh nyata dari survei lembaga mandiri menyebutkan bahwa sekitar 65 persen anak di usia remaja sudah melakukan seks bebas, bukan saja dengan lawan jenis tapi juga sejenis, sungguh memalukan. Tak hanya itu, pengguna narkoba di Indonesia ternyata 70 persen lebih berasal dari kalangan usia remaja, sehingga harus ada penanganan serius menyikapi kondisi ini,”

“Kenapa hal itu terjadi? Alasan utamanya karena pendidikan di bidang karakter yang sangat minim. Di dunia pendidikan orientasinya lebih kepada nilai yang bagus, bukan lagi pembentukan manusia yang baik dalam berbagai aspek, oleh karena itu sangat perlu rasanya semua pihak terkait mulai dari orang tua, guru dan pemerintah lebih menitik beratkan untuk membangun karakter generasi selanjutnya,”

“Demikianlah ceramah singkat saya tentang pendidikan dan solusi apa yang harus diambil, agar ke depannya manusia yang tumbuh dan berkembang di Indonesia lebih memiliki sikap dalam bertindak dan tidak gegabah serta gampang terpengaruh hal-hal negatif. Sekian saja, mohon maaf bila ada salah kata, saya akhiri dengan Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatu,”

“Hadirin yang mulia, kali ini saya akan menyampaikan ceramah singkat tentang pentingnya pendidikan. Anda pasti punya cita-cita, bagaimana mewujudkannya? Tentu dengan memiliki pendidikan yang tepat sebagai bekal mencapai impian tersebut. Sayangnya, banyak juga diantara kita yang abai akan masalah pendidikan dan cenderung pasrah mau sekolah atau tidak padahal itu sangat keliru,”

“Coba Anda lihat contoh, di pedesaan yang belum ada akses jalan bagus, anak sekolah disana rela menyeberangi sungai yang dalam, atau melewati jembatan gantung yang kondisinya sudah tidak layak. Mereka rela bertaruh nyawa untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Harusnya Anda malu, karena Anda berada di tempat yang lebih enak dan akses kemana-mana sangat mudah,”

“Jadi kalau saat ini ada diantara Anda yang masih malas sekolah, berubahlah tingkatkan semangat untuk menuntut ilmu. Karena ilmu itu bukan hanya untuk di sekolah saja, tapi akan tetap berguna hingga besar nanti. Apalagi buat Anda yang tidak sekolah, jangan ikuti rasa egois dan sombong Anda karena hasilnya hanya akan menuai penyesalan,”

“Marilah sama-sama kita satukan tekad untuk meraih pendidikan yang sangat tinggi. Bukan saja tamat SD, SMP, atau SMA, tapi kalau bisa hingga S1, S2, dan S3. Yakinlah tak ada pendidikan yang sia-sia. Semua akan berguna pada waktunya nanti. Jalani dengan ikhlas, yakin dan tekad bulat untuk meraih hasil terbaik,”

“Demikianlah ceramah singkat saya kali ini. Kalau ada sumur di lading boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur panjang, boleh kita berjumpa lagi. Wabillahi taufiq wal hidayah. Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu,” 

Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu 

contoh ceramah agama tentang ibu

Selamat siang semua. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk saya menyampaikan sebuah ceramah singkat tentang ibu. Baiklah daripada berlama-lama saya mau bertanya siapakah yang melahirkan Anda? Sudah seberapa besar rasa terima kasih yang Anda berikan kepada sosok ibu,” pastinya jawaban akan sangat beragam,”

“Ibu bukan saja sekedar sosok yang melahirkan dan membesarkan kita, tapi ibu itu ibarat surga buat anak-anaknya. Apapun akan dilakukan seorang ibu demi kebaikan buah hatinya. Bahkan banyak ibu yang mempertaruhkan nyawa hanya untuk membuat anaknya bahagia. Contoh saja, ibu tak akan bisa makan sebelum memastikan anaknya makan bukan,”

“Oleh karena itu janganlah sekali-kali Anda membuat ibu sedih. Sekecil apapun hal yang berpotensi membuat ibu menjadi sedih hindarilah. Mulai dari tidak berkata kasar, selalu menuruti apa yang dikatakan ibu. Karena percayalah apapun yang diucapkan seorang ibu kepada anaknya adalah yang terbaik dan merupakan bentuk doanya agar semua anaknya tumbuh jadi sosok yang membanggakan,”

“Lantas bagaimana jika ibu marah? Jangan pernah melawan. Karena seorang ibu marah karena dia sangat mencintai anaknya. Mungkin sudah habis cara lembutnya mengingatkan Anda, sehingga keluarlah ketegasannya. Jadi tak akan berkah hidup Anda jika melawan kepada ibu. Senangkanlah ibu Anda selagi beliau masih ada dan selalu buat dia bangga dengan apa yang Anda lakukan,”

“Sekian dulu ceramah saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Ingat, surga berada di bawah telapak kaki ibu. Maka Anda harus terus mencari ridho ibu agar bisa menjalani hidup dengan penuh keberkahan. Wabillahi taufiq wal hidayah, assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu,”

 

Contoh Ceramah Singkat Tentang Kematian

contoh ceramah singkat kematian

“Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu. Berjumpa lagi dengan saya yang kali ini mau berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana kita menyikapi kematian. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 185, yang intinya menyebutkan bahwa semua yang bernyawa akan menemui ajalnya sesuai ketetapan Allah SWT,”

“Artinya kapanpun dimanapun kita akan mati. Tapi mati yang bagaimana yang baik? Yaitu mati di dalam kebaikan. Yaitu kita selalu mengingat Allah dan melakukan semua perintahnya dengan benar. Tak salah jika tetap melakukan aktivitas dunia, karena Allah juga menyuruh kita untuk berusaha sekeras yang kita bisa, namun tetap lakukan semuanya atas nama Allah,”

“Jangan pernah terjerumus dalam hal-hal yang tidak baik karena ketika mati tak ada satupun harta benda dan kekuasaan yang akan kita bawa. Kita hanya kembali tanpa apa-apa, hanya dibalut kain kafan saja. Jadi cobalah untuk tetap berpegang kepada agama Allah, agar selama hidup banyak hal positif yang Anda lakukan, yang akan menjadi amalan tercatat di akhirat kelak,”

 

“Sekian saja ceramah singkat saya tentang kematian. Semoga kita semua selalu didekatkan dengan Allah dan lebih hati-hati dalam menjalankan hidup. Agar ketika saat mati tiba, kita bisa menghadapnya dengan kondisi tersenyum dan bahagia. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu,”

 

Contoh Ceramah Singkat Tentang Puasa

ceramah singkat tentang puasa

“Hakikat berpuasa adalah menahan lapar dan haus serta segala sesuatu yang dapat membatalkannya. Dimulai dari waktu fajar sampai terbenam matahari, atau setelah Adzan Subuh sampai Adzan Maghrib. Tapi masih banyak yang tidak tahu apa saja sebenarnya yang bisa membatalkan puasa dan apa yang harus dilakukan selama menjalankan ibadah puasa,”

“Mari kita kupas soal yang membatalkan puasa. Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan HR. Ibnu Khuzaimah dan Hakim yang mengatakan bahwa puasa bukan sekedar menahan haus dan lapar, tapi juga menghindari melalukan hal-hal yang negatif dan tidak bermakna. Misalnya bergunjing, marah, mencuri, bohong, itu merupakan hal-hal yang membatalkan puasa dan melemahkan iman,”

“Sebenarnya semua hal buruk itu juga dilarang untuk dilakukan bukan saja pas bulan puasa saja. Tapi setidaknya dengan menghindarinya, Anda tidak menambah dosa. Apalagi jika di bulan puasa Anda lebih mendekatkan diri pada tuhan, pastinya usai bulan puasa Anda juga akan berusaha menghindari hal-hal buruk itu, dan menjadi muslim yang lebih baik tentunya,”

“Beruntunglah tahun depan Anda masih bisa melaksanakan puasa sebulan penuh, manfaatkanlah dengan melakukan banyak hal baik. Karena kita tidak bisa memastikan apakah di tahun-tahun berikutnya kita masih diberi kesempatan mengumpulkan banyak pahala di bulan suci tersebut. Demikianlah ceramah singkat saya, semoga ada manfaatnya untuk kita semua,”

 

Contoh Ceramah Singkat Lucu

contoh ceramah singkat lucu

“Dalam agama Islam, Shalat itu adalah kewajiban dan merupakan tiang agama. Siapa yang shalat tepat waktu pastinya akan mendapat pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT. Tapi sayangnya banyak orang yang Shalat saja malas-malasan, bahkan menjelang masuk waktu shalat berikutnya baru buru-buru ambil wudhu dan shalat, itu sama saja dengan melalaikan kewajiban,”

“Ada sebuah cerita tentang shalat. Di suatu desa, tepat pukul 10 pagi, terdengarlah suara adzan dari masjid utamanya. Sontak orang-orang di desa terkejut. Ada apa gerangan, kenapa jam segini sudah adzan. Kalau Subuh pastinya sudah lewat, tapi kalau adzan Zuhur pastinya terlalu cepat. Apakah Muadzimnya ngigau atau lagi lupa daratan,”

“Lalu berbondong-bondonglah warga desa mendatangi masjid setelah adzan selesai berkumandang. Kemudian salah seorang bertanya kepada Muadzim, kenapa bapak adzan, kan belum waktunya shalat Zuhur. Dengan tertawa si muadzim menjawab, nah bapak itu tahu kalau belum Adzan zuhur, tapi ketika adzan pas di jamnya kenapa tidak pernah datang tepat waktu,”

“Semua penduduk terdiam. Mungkin sadar kalau mereka sudah mengabaikan perintah Allah. Lalu si Muadzim kembali berkata, kalau bisa sih setiap adzan itu bapak dan ibu langsung kesini dan shalat berjamaah, biar dapat pahala. Dia tertawa sambil menuju kamarnya,”

“Cerita itu bisa jadi bukti kalau sebenarnya banyak orang muslim yang mengerti soal kewajiban shalat yang benar seperti apa. Tapi dalm prakteknya tidak bisa maksimal. Semoga Anda tak termasuk dalam golongan demikian. Sekian ceramah singkat saya. Semoga bermanfaat,”

 

Contoh Ceramah Singkat Anak Sekolah

Contoh Ceramah Singkat Anak Sekolah

“Selama tiga tahun kami dididik dan diberi ilmu di sekolah ini. Banyak kenangan indah yang tertancap dihati. Ada yang tak bisa lupa bagaimana rasanya dijemur di lapangan upacara karena terlambat datang, mungkin ada juga yang merasakan sakitnya telinga dijewer guru Fisika karena tidak mengerjakan pekerjaan rumah yang disuruh kemarin,”

“Semua itu akan jadi hal-hal indah dan lucu untuk diceritakan pada anak cucu. Kami sadar ibu dan bapak guru melakukan semuanya agar kami bisa menjadi anak didik yang baik, yang kenal disiplin, yang mencintai pelajaran, dan yang punya cita-cita untuk diwujudkan. Kami sangat berterima kasih atas bimbingan dan kesabarannya selama ini menghadapi tingkah polah kami yang kadang kelewatan,”

“Terima kasih tak terhingga juga kami sampaikan, untuk bapak ibu guru, yang selalu mengingatkan bahwa pendidikan itu bukan sekedar pelajaran di sekolah, tapi bagaimana kami memahaminya dan bisa menerapkannya dalam kehidupan nanti. Karena kami pastinya akan tumbuh dewasa dan hidup di tengah masyarakat dari berbagai kalangan, dan pendidikan yang diberikan akan sangat berfungsi disana,”

“Demikian saja pidato singkat saya. Berpisah bukanlah bercerai. Suatu saat kita akan berjumpa lagi. Semoga saat itu kami sudah punya rumah sendiri, mobil sendiri dan pekerjaan yang pasti. Dan pastinya ada kontribusi ibu dan bapak guru dalam kesuksesan kami tersebut. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu,”

 

Contoh Ceramah Singkat Bulan Muharram

contoh ceramah singkat bulan muharram

“Selamat siang hadirin semua. Saya akan menyampaikan ceramah singkat seputar keutamaan bulan Muharram bagi umat Islam. Bulan pertama dalam kalender Islam ini memang sangat istimewa, Rasulullah saja menyebutnya sebagai bulan Allah, jadi perbanyaklah amal dan ibadah di bulan ini agar lebih didekatkan lagi kepada Allah SWT,”

“Apa saja amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharram? Yang pertama adalah introspeksi diri. Sudah sejauh mana kita melakukan perintah Allah, seberapa banyak dosa yang sudah kita lakukan. Dengan menyadari semua itu, maka kita bisa lebih mawas diri sebagai manusia yang mencintai Allah SWT. Karena Allah pastinya akan senang melihat umatnya yang semakin dekat pada-Nya,”

“Kedua yaitu menjalankan puasa sunnah yang dianjurkan, terutama puasa Tasu’a pada tanggal 9 Muharram dan puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram. Sesuai dengan hadits riwayat Muslim yang menegaskan puasa yang paling berpahala adalah di bulan Muharram. Maka alangkah baiknya Anda memperbanyak puasa sunnah di bulan tersebut,”

“Dengan lebih memahami arti penting bulan Muharram, tentunya Anda akan menjadi muslim yang lebih baik dan mampu menjalankan perintah Allah semaksimal mungkin. Sekian saja ceramah singkat dari saya, semoga ada hikmahnya untuk kita semua,”

Semoga semua contoh ceramah singkat di atas bisa jadi tambahan wawasan untuk Anda, atau jadi contoh buat yang sedang mencari ceramah yang akan disampaikan di sebuah acara. Intinya jangan meremehkan ceramah apapun, karena pasti ada nilai positif yang terkandung di dalam materi yang disampaikan penceramah.

7 contoh ceramah singkat bermakna (Paling Lengkap)

Leave a Reply