14+ Contoh Latar Belakang KKn, Skripsi, Kegiatan Dll (Lengkap 2020)

Contoh Latar Belakang – Latar belakang merupakan tulisan yang berisikan informasi dasar terkait apa yang akan dibahas pada tulisan tersebut. Penyusunan latar belakang ini beragam tergantung dari tema yang ditulis, seperti makalah, penelitian, ataupun lainnya. Di bawah ini akan ada beberapa contoh latar belakang dengan berbagai macam tema yang bisa Anda kembangkan lagi.

Dalam penulisannya, latar belakang haruslah runtut dan sebaiknya disertai dengan data fakta jika memungkinkan. Ini bertujuan agar kredibilitas penulisan tersebut terjamin dan melengkapi informasi dasar yang diperlukan. Struktur umum pembuatan latar belakang terdiri atas pembukaan, masalah yang akan dibahas, hingga solusi permasalahan atau penutup.

Contoh Latar Belakang KKN 

Contoh Latar Belakang KKN

Pelaksanaan KKN Universitas Segara di Masa Covid-19 Secara Online

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu cara memberikan pengalaman belajar sekaligus praktek lapangan kepada mahasiswa. Para mahasiswa akan terjun ke daerah tertentu dan hidup bersama masyarakat di daerah tersebut sambil menerapkan ilmu dan menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat.

KKN ini bersifat wajib bagi para mahasiswa yang sudah berada di semester 7 dan jangka waktu pelaksanaannya beragam tergantung dari kebijakan masing-masing Universitas. Di Universitas Segara sendiri KKN berlangsung selama 3 bulan. Penyelenggaraan KKN tahun 2020 ini berbeda dari sebelumnya karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri kaskus Covid-19 masih belum mengalami penurunan dan pemerintah sudah membuat protokol kesehatan yang wajib dilakukan. Oleh karena itu, KKN kali ini dilaksanakan secara online atau daring. Kelompok 4 KKN Tematik Universitas Segara mendapatkan kesempatan melaksanakan KKN di Jakabaring.

KKN online ini tentu akan menghadapi berbagai masalah dan tantangan baru, hal ini akan menambah rasa tanggung jawab dan kewajiban dalam membantu masyarakat. Terlepas dari kendala tersebut, solusinya adalah menjelaskan secara detail kepada masyarakat tentang materi yang disampaikan. Mahasiswa perlu mendengarkan dan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Solusi Permasalahan Limbah Rumah Tangga

Limbah adalah zat sisa yang tidak berguna, beberapa di antaranya memiliki senyawa yang berbahaya bagi lingkungan dan harus dibuang dengan tepat. Berbagai macam limbah dapat ditemukan di lingkungan sekitar, di antaranya adalah limbah rumah sakit, rumah tangga, pabrik, dan lain sebagainya. Bentuk dari limbah ini juga beragam, mulai dari cair hingga padat.

Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah-limbah ini seringkali dijumpai di berbagai wilayah, terutama wilayah yang terdapat banyak pabrik. Apabila pencemaran lingkungan semakin memburuk, maka akan menyebabkan dampak negatif, seperti membuat kondisi kesehatan menurun, tidak nyaman, dan lain sebagainya.

Pemerintah seharusnya mengeluarkan solusi untuk mengatasi pembuangan limbah atau bisa diolah menjadi sesuatu yang baru. Inovasi dalam pengolahan limbah sangat diperlukan untuk mengurangi jumlah pembuangan limbah yang sembarangan. Salah satu solusi termudah di lingkungan keluarga adalah dengan pengolahan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik.

Setiap rumah yang memiliki sisa makanan bisa dikumpulkan hingga menjadi banyak dan diberi zat khusus untuk membuatnya menjadi pupuk organik. Pupuk yang dihasilkan bisa berupa cair atau padat dan bisa digunakan untuk memberikan nutrisi pada tumbuhan. Dengan demikian, setidaknya masyarakat bisa mengurangi pembuangan limbah rumah tangga.

Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Proposal Kegiatan 17 Agustus di Desa Gandungan 

Dalam setiap tahun, ada salah satu momen yang paling ditunggu oleh seluruh rakyat Indonesia, tidak lain adalah Peringatan 17 Agustus 1945. Di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Desa Gandungan ikut serta dalam merayakan Hari Kemerdekaan itu. Ada banyak agenda kegiatan yang biasanya diadakan di Desa Gandungan tercinta.

Rangkaian kegiatan di bulan Agustus ini tidak hanya untuk meramaikan Hari Kemerdekaan saja, namun juga bertujuan untuk menjaga silaturahmi antar warga. Kegiatan sosial akan menumbuhkan rasa gotong royong yang merupakan amalan Pancasila. Secara tidak langsung, warga Desa Gandungan akan memiliki sifat tolong menolong.

Peringatan Hari Kemerdekaan menjadi salah satu tanda mencintai tanah air. Inilah yang mendasari akan diadakannya rangkaian agenda Semarak Kemerdekaan di Desa Gandungan. Harapannya, masyarakat Desa Gandungan akan memiliki rasa cinta tanah air yang lebih dalam. Di sisi lain juga agar mengingat jasa perjuangan pahlawan kemerdekaan dan melanjutkan perjuangannya

Kesuksesan acara ini tentu tidak terlepas dari partisipasi masyarakat dari berbagai kalangan usia ataupun gender. Diharapkan masyarakat Desa Gandungan mengikuti rangkaian kegiatan dengan gembira dan mempererat tali silaturahmi. Agenda kegiatan ini menjadi salah satu bukti kontribusi masyarakat dalam menyambut Hari Kemerdekaan.

Contoh Latar Belakang Globalisasi

Contoh Latar Belakang Globalisasi

Pengaruh Globalisasi di Indonesia

Kata Globalisasi mungkin sudah tidak asing lagi dan hingga detik ini masih berlangsung. Globalisasi dapat diartikan sebagai fenomena khusus yang berhubungan dengan peradaban dan perkembangan manusia. Salah satu yang mempercepat terjadinya globalisasi di era modern adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Globalisasi yang terjadi di seluruh penjuru dunia ini menjadi tantangan dan permasalahan baru yang wajib dijawab demi kepentingan kehidupan warga negara. Pengaruh globalisasi ini sangat luas, tidak terkecuali pada perkembangan sosial budaya di suatu bangsa. Di Indonesia sendiri globalisasi memiliki pengaruh dalam sikap dan perilaku masyarakat.

Beberapa perilaku masyarakat menjadi menyimpang seperti terjadi tawuran antar pelajar, seks bebas, pencurian, pembunuhan, dan lain sebagainya. Kondisi seperti ini menjadi PR besar bagi pemerintah untuk bisa mengendalikan dan meminimalisir lebih baik lagi. Pemerintah bisa membuat aturan baru atau tindakan hukum atas tindakan yang menyimpang.

Di sektor teknologi, globalisasi juga memiliki pengaruh yang sangat kuat dengan ditunjukkannya inovasi teknologi paling mutakhir. Di negara maju seperti Jepang dan sebagainya sudah menciptakan beberapa teknologi tersebut. Indonesia sendiri masih tertinggal oleh negara lain terkait perkembangan teknologi ini.

Globalisasi pada dasarnya bisa menjadi sesuatu yang baik asalkan pemerintah bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan di berbagai sektor. Tanpa adanya usaha keras dari pemerintah dan keikutsertaan masyarakat dalam menyambut globalisasi, tentunya tidak akan berjalan dengan baik. Pengaruh globalisasi tidak akan hilang dan justru akan mengikuti setiap pergerakan masyarakat.

Contoh Latar Belakang Skripsi

Contoh-Latar-Belakang-Skripsi

Menerapkan Metode Mempercepat Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SDN Pratama

Indonesia menetapkan pendidikan wajib seorang anak 9 tahun yang terdiri atas, 6 tahun di Sekolah Dasar dan 3 tahun di Sekolah Menengah Pertama. Seorang anak atau siswa dinyatakan lulus jenjang sekolah tertentu setelah mendapatkan ijazah kelulusan. Dalam mendapatkan ijazah, seorang siswa harus mengikuti rangkaian tes yang diadakan sesuai dengan jenjangnya masing-masing.

Selama proses pembelajaran, setiap siswa akan mempelajari berbagai macam mata pelajaran. Di Sekolah Dasar sendiri terdapat mata pelajaran yang harus dikuasai, di antaranya adalah Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Agama, dan Matematika. Setiap mata pelajaran tentu memiliki tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda.

Pada bulan Januari 2020 telah diadakan survey di SDN Pratama untuk kelas 1-3 terkait mata pelajaran apa yang paling sulit dipahami. Matematika menjadi mata pelajaran yang paling sulit pilihan siswa dan paling banyak dipilih oleh siswa kelas 2. Padahal Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang akan diujikan dan semakin naik akan semakin sulit lagi.

Melihat kesulitan yang dialami oleh siswa kelas 2, tentunya diperlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat agar lebih mudah memahami Matematika. Menurut Buhungo (1990), siswa akan lebih cepat belajar sesuatu jika pemberian materinya disesuaikan dengan gaya belajar. Dengan menyesuaikan gaya belajar siswa tentu akan memberikan motivasi tersendiri.

Penelitian skripsi ini akan membahas tentang metode percepatan belajar Matematika dan meningkatkan motivasi dalam belajar. Penulis berharap dengan metode pembelajaran yang tepat serta motivasi yang kuat, siswa akan lebih cepat mempelajari Matematika.

Contoh Latar Belakang Penelitian

Contoh Latar Belakang Penelitian

Efektivitas Penggunaan Pestisida NB6 dan NB7 untuk Tanaman Padi di Kecamatan Kebangsaan

Padi memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan pokok di Indonesia yang notabene mengkonsumsi nasi setiap harinya. Berdasarkan data tahun 2000–2019, tingkat konsumsi beras masyarakat Indonesia mengalami kenaikan beberapa persen. Tingkat konsumsi yang tinggi ini tidak diimbangi dengan lahan yang digunakan untuk menanam padi.

Sebaliknya justru banyak lahan yang disulap menjadi pemukiman warga ataupun bangunan lainnya. Kondisi seperti ini tentu mengharuskan petani untuk meningkatkan hasil panen dan meminimalisir terjadinya gagal panen. Hama tanaman padi menjadi salah satu musuh terbesar yang harus dihadapi setiap musimnya.

Di Kecamatan Kebangsaan para petani memanfaatkan penggunaan pestisida NB6 yang cukup efektif dalam memberantas hama pada tanaman padi. Ada juga pestisida NB7, namun belum pernah digunakan untuk memberantas hama tersebut. Maksud dari penelitian ini adalah membandingkan keefektifan penggunaan antara NB6 dan NB7 di Kecamatan Kebangsaan.

Penelitian dilakukan pada tanaman padi yang ditanam di 25 sawah di Kecamatan tersebut, tentunya dengan persetujuan warga sekitar. Selain membandingkan keefektifan dalam membasmi hama, penelitian ini juga membandingkan berapa jumlah tanaman yang rusak akibat penggunaan kedua pestisida ini. Agar hasilnya valid, area sawah tidak diberi perlakuan khusus apapun.

Contoh Latar Belakang Bisnis

Contoh Latar Belakang Bisnis

Usaha Bisnis Kopi

Sebagian masyarakat Indonesia memiliki tingkat stress yang cukup buruk, terlebih bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Pressure dari pekerjaan atau tugas sekolah maupun perkuliahan seringkali membuat stress yang tidak terkendali. Membeli kopi atau mengunjungi Coffee Shop menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi stress tersebut.

Sekarang ini memang sudah ada banyak Coffee Shop di berbagai penjuru kota, namun untuk di daerah Ramayana ini masih sedikit. Padahal jika melihat peluang pasar, membangun Coffee Shop di daerah Ramayana sangat potensial, terlebih di daerah yang strategis. Contohnya di sini adalah di area yang tidak jauh dari Universitas dan gedung perkantoran.

Pemilihan biji kopi terbaik, harga bersaing dan penyajian yang berbeda menjadi poin penting dalam bisnis Coffee Shop ini. Dengan memperbanyak variasi kopi yang disajikan tentu akan menambah rasa penasaran masyarakat yang berada di daerah Ramayana. Selain kopi, nanti akan ada beberapa snack, makanan berat ataupun minuman selain kopi.

Dekorasi dari Coffee Shop juga sangat penting dan di sini bisa menyesuaikan desain modern, namun tidak terlalu ramai. Mendesain Coffee Shop lebih kekinian dan instagramable merupakan salah satu tips mendatangkan banyak pengunjung. Orang-orang tidak hanya bisa menikmati cita rasa kopi saja, melainkan bisa berfoto dengan background cafe yang menarik.

Peluang yang besar ini tentu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dipikirkan dengan matang. Sebagai awal pembangunan, tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dibutuhkan partner bisnis yang jujur, handal, dan terpercaya.

Contoh Latar Belakang Laporan Kegiatan

Contoh Latar Belakang Laporan Kegiatan

Laporan Kegiatan Persami SMA Negeri 1 Kotabaru

 

Persami atau Perkemahan Sabtu-Minggu merupakan salah satu kegiatan pramuka yang diikuti oleh anggota pramuka, baik dari tingkat SD-SMA. Kegiatan ini bisa dilakukan di sekolahan atau di tempat tertentu sesuai dengan pembina masing-masing. Tujuan dari Persami sangatlah beragam, namun biasanya untuk meresmikan kenaikan tingkat anggota pramuka.

Pramuka SMA merupakan peralihan dari tingkat Penggalang ke Penegak. Begitu juga dengan seluruh siswa siswi baru yang diterima di SMA Negeri 1 Kotabaru secara otomatis akan langsung menjadi anggota Penegak. Peresmian dan penyambutan ini mewajibkan seluruh siswa mengikuti rangkaian Persami yang telah dilaksanakan pada 12-13 Juni 2019 silam.

Melalui kegiatan ini, para siswa mempelajari tentang arti lambang Pramuka sekolah, sejarah Pramuka secara internasional ataupun nasional dan lain sebagainya. Adanya Persami ini juga meningkatkan kerja sama antar anggota kelompok dan agar lebih mengenal satu sama lain.

Contoh Latar Belakang Penelitian Game Online

Contoh Latar Belakang Penelitian Game Online

Pengaruh Game Online

Perkembangan teknologi di era modern sangatlah pesat, mulai dari teknologi industri, ponsel, dan lain sebagainya. Kreativitas dalam bidang teknologi ponsel juga semakin meningkat dengan munculnya berbagai aplikasi yang berguna. Selain inovasi dalam aplikasi, sekarang banyak game online yang digemari oleh berbagai kalangan, baik pria ataupun wanita.

Game online seperti Point Blank, Counter Strike, Dota, Mobile Legend, PUBG, dan lain sebagainya merajai game ponsel ataupun PC. Bermain game online memang menjadi hiburan tersendiri, namun tidak sedikit yang lupa waktu ketika bermain. Ini sering terjadi pada anak-anak hingga remaja karena memiliki ambisi tinggi dalam permainan tersebut.

Selain mencari kemenangan, para anak-anak juga mencari teman yang bermain game tersebut dan membentuk tim yang kompak. Kondisi inilah yang membuat mereka semakin lama menjadi kecanduan game online. Apabila kecanduan game berlangsung dalam waktu lama, maka akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, baik sikap ataupun perilakunya.

Seseorang yang mengalami kecanduan game akan mengalami stress, pengendalian emosi yang buruk, dan lain sebagainya. Anak juga akan lupa akan kewajiban dan tanggung jawabnya, misalnya mengerjakan tugas sekolah, belajar, dan lain sebagainya. Akademis anak akan menurun dan bisa menjadi tekanan pada anak itu sendiri.

Sebagai orang dewasa, peran orang tua dalam mengawasi segala tindakan anak itu sangat penting. Mengontrol anak untuk tidak terlalu berlebihan bermain game online perlu dilakukan oleh orang dewasa. Tujuannya adalah sang anak terhindar dari pengaruh negatif kecanduan game online. Di sisi lain juga mengajarkan bahwa hiburan game memang diperbolehkan, namun harus ingat waktu.

Contoh Latar Belakang Tema Internet

Contoh Latar Belakang Tema Internet

Membangun ISP dengan Modal Minim

Internet menjadi salah satu peran penting dalam perkembangan teknologi jaringan di seluruh dunia. Tanpa ada jaringan internet yang memadai, sebuah negara akan kesulitan dalam hal kirim mengirim melalui email ataupun melakukan aktivitas lain menggunakan internet. Kebutuhan internet di Indonesia sendiri sangatlah tinggi.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengakses internet tidaklah murah, seseorang perlu mengeluarkan uang untuk menikmatinya. Meskipun harga yang ditawarkan tidak murah, namun permintaan pasar cukup tinggi. Kondisi inilah yang membuka peluang bisnis Internet Service Provider (ISP) yang disesuaikan dengan permintaan pasar tersebut.

ISP adalah sebuah badan usaha yang fokus pada penjualan koneksi internet ataupun sejenisnya kepada konsumen. Di awal perkembangannya, jaringan telepon seluler banyak diminati, namun sekarang jarang ditemukan. Perkembangan di era modern ini banyak masyarakat yang membutuhkan teknologi internet wireless dan fiber optic.

Membangun ISP memang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, yaitu berkisar Rp60.000.000,-. Pembuatan ISP harus dipikirkan secara matang dan butuh perancangan dan pengelolaan jaringan yang baik. Kenyamanan dan keamanan jaringan internet perlu diprioritaskan agar klien yang menggunakan merasa aman.

Contoh Latar Belakang Company Profile

Contoh Latar Belakang Company Profile

Pembuatan Web Company Profile

Company Profile berperan penting dalam perusahaan yang melakukan business to business karena di dalamnya terdapat visi, misi,ataupun jasa yang ditawarkan. Adanya company profile juga akan memudahkan customer atau klien yang akan kerja sama untuk mengetahui informasi dasar yang dibutuhkan.

Membuat company profile sangat diperlukan karena akan meningkatkan profesionalitas perusahaan dan bisa dijadikan sebagai marketing tool. Dalam company profile sendiri terdapat gambar, video, ataupun teks yang menarik. Pembuatan company profile yang tidak maksimal atau kurang menarik bisa mengurangi kepercayaan customer.

Fast Sport merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Perusahaan ini berdiri resmi berdiri sejak 2015 silam dan memulai penjualan jasa di tahun yang sama. Beberapa produk yang dijual oleh perusahaan ini di antaranya adalah aksesoris kendaraan, ban motor ataupun mobil, dan lain sebagainya.

Hingga detik ini, perusahaan hanya melakukan pemasaran secara offline dan online menggunakan platform seperti Facebook. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah masyarakat belum mengerti produk yang dijual oleh CV. Fast Sport. Di sisi lain, customer yang ingin membeli produk harus melakukan pemesanan secara manual dengan menghubungi bagian administrasi.

Bagi perusahaan yang ingin kerja sama dengan CV. Fast Sport juga perlu mendatangi perusahaan secara langsung atau mengirimkan email. Pengiriman email dirasa kurang efektif karena bisa saja tertumpuk oleh email lainnya. Dengan masalah yang dihadapi ini, diperlukan pembuatan web company profile yang informatif.

Pembuatan web ini nantinya akan memungkinkan customer untuk melakukan pemesanan secara online yang praktis dan mudah. Dalam web tersebut akan berisikan informasi dasar CV, katalog lengkap beserta deskripsi, pemesanan online, dan fitur lainnya. Dengan adanya web company profile ini diharapkan memudahkan pemesanan ataupun siapa saja yang ingin kerja sama.

Contoh Latar Belakang Masalah E-learning

Contoh Latar Belakang Masalah E-learning

Kendala E-Learning pada Siswa di Masa Pandemi Covid19

Electronic learning atau yang lebih dikenal sebagai E-learning merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online menggunakan media tertentu. Era perkembangan teknologi inilah yang memungkinkan kegiatan pembelajaran yang cepat dan efisien. E-learning dapat dijadikan sebagai alternatif masalah di bidang pendidikan ataupun sebagai pelengkap pembelajaran yang sudah ada.

Proses pembelajaran secara tatap muka memang efektif dan para siswa menjadi lebih mudah mengerti dibandingkan dengan E-learning ini. Namun, pada saat tertentu seperti ketika ada pandemi Covid-19 ini mengharuskan para guru dan murid untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Ini menjadi tantangan bagi guru, orang tua, ataupun para siswa itu sendiri.

Guru diharuskan memberikan materi pengajaran yang ringkas dan mudah dipahami oleh anak didiknya. Orang tua berperan membantu mengajarkan materi dari guru kepada anak. Sedangkan anak didik mau tidak mau harus beradaptasi dengan cara baru yang mungkin menurut mereka membosankan dan sebagainya.

Permasalahan yang sedang dihadapi ini harus segera diselesaikan melalui sistem pembelajaran E-learning yang tepat. Contohnya disini adalah melakukan video call menggunakan aplikasi tertentu yang terdiri atas 5-10 murid, kemudian guru menjelaskan. Bisa juga menggunakan cara lain yang dianggap efektif dalam menjalankan E-learning ini.

Apabila E-learning dapat berjalan dengan baik, tentu akan memberikan kemudahan para siswa untuk belajar. Sebaliknya, jika E-learning tidak maksimal, para siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami materi dan berakibat pada pembelajaran selanjutnya. Masalah ini harus segera diselesaikan agar proses belajar tidak sia-sia.

Contoh Latar Belakang Pembuatan Game Edukasi

Contoh Latar Belakang Pembuatan Game Edukasi

Pembuatan Game Edukasi

Ketika mendengar kata “game”, mungkin beberapa orang langsung berpikir negatif dan beranggapan buruk. Padahal terdapat berbagai macam jenis game seperti game online, petualangan, teka-teki hingga edukasi. Game edukasi bisa menjadi sarana pembelajaran yang baru dan tentunya tidak membosankan bagi sang anak.

Anak-anak lebih menyukai sistem belajar yang menyenangkan, unik dan mudah dimengerti. Dengan mengaplikasikan materi pelajaran ke dalam sebuah game, muncullah game edukasi yang menyenangkan. Salah satu materi pelajaran yang bisa dijadikan game edukasi adalah matematika dasar untuk jenjang Sekolah Dasar.

Dalam pembuatan game edukasi ini harus memiliki rancangan yang tepat dan desain yang menarik serta tidak monoton. Variasi bentuk pertanyaan atau membuat game ini memiliki tingkatan level bisa menjadi motivasi yang bagus untuk anak-anak. Misalkan ketika mencapai level tertentu akan mendapatkan hadiah dan sebagainya.

Dengan pembuatan game edukasi Matematika ini diharapkan bisa menjadi ajang pembelajaran yang menyenangkan, baik anak-anak ataupun guru yang mengajar. Disisi lain juga bisa mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Para siswa juga bisa berlatih soal di game tersebut dengan mudah dan praktis.

Contoh Latar Belakang Analisis Novel

Contoh Latar Belakang Analisis Novel

Menganalisis Unsur-Unsur dalam Novel

Sastra merupakan ungkapan ekspresi ataupun perasaan manusia yang dituangkan dalam bentuk lisan maupun tulisan sesuai dengan pemikiran, pengalaman, pendapat yang dikemas melalui media bahasa. Salah satu sastra yang seringkali ditemukan di lingkungan sekitar adalah Novel. Secara singkat, novel adalah tulisan panjang yang berisikan kisah dengan tema yang beragam.

Dalam novel tersebut terdapat unsur-unsur yang perlu dipahami, baik itu unsur intrinsik ataupun ekstrinsiknya. Unsur intrinsik dalam novel meliputi tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, amanat. Sedangkan unsur ekstrinsik yang akan dibahas di antaranya adalah biografi penulis, kisah dibalik layar, dan nilai yang terkandung di masyarakat.

Pada kesempatan ini, kami akan menganalisis novel Laut Bercerita karya Leila S. Chodari. Novel ini sangat menarik karena menceritakan apa yang terjadi di masa lalu dengan gaya bahasa yang berbobot. Selain karena menarik, novel ini juga menjadi best seller selama beberapa pekan karena memiliki cerita sejarah.

Metode analisis yang kami lakukan adalah setiap anak akan membaca novel ini terlebih dahulu hingga selesai dalam jangka waktu 3-5 hari. Setelah semuanya selesai, kami akan mulai berdiskusi dan menentukan unsur intrinsik ataupun ekstrinsik dari novel tersebut. Dengan menganalisis novel ini, harapannya bisa memetik pelajaran yang disampaikan oleh penulis.

Mengingat di atas adalah contoh latar belakang, Anda bisa menambahkan, mengurangi ataupun memodifikasinya menjadi lebih baik lagi. Pelajari tata cara pembuatan latar belakang yang baik agar pembuatannya lebih maksimal. Inti dari pembuatan latar belakang sendiri adalah memberikan informasi dasar kepada pembaca seringkas dan sedetail mungkin.

14+ Contoh Latar Belakang KKn, Skripsi, Kegiatan Dll (Lengkap 2020)

Advertisements

One thought on “14+ Contoh Latar Belakang KKn, Skripsi, Kegiatan Dll (Lengkap 2020)

  1. Pingback: 13+ Contoh Kata Pengantar Skripsi Berbagai Jurusan Terbaru (2020)

Add Comment