9 Contoh Laporan Kegiatan Terbaru

9+ Contoh Laporan Kegiatan Yang Baik Dan Benar (Terbaru 2020)

Contoh Laporan Kegiatan – Penulisan laporan kegiatan wajib dilakukan setelah Anda mengikuti acara penting di sebuah instansi tertentu. Meskipun penulisannya tidak diminta oleh pihak penyelenggara, namun Anda harus tetap membuat sebagai bukti telah mengikuti acara tersebut. Bila Anda bingung dengan format penulisannya, dapat mencari referensi di bawah ini tentang contoh laporan kegiatan.

Contoh Laporan Kegiatan Lomba

Kegiatan festival lomba seringkali digelar oleh instansi tertentu. Anda sebagai notulen acara harus membuat laporan kegiatan, sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada pimpinan yang telah memberikan kepercayaan dalam menggelar acara lomba tersebut. Dari laporan kegiatan tersebut, pimpinan Anda akan mengetahui inti dari acara yang telah diselenggarakan waktu itu.

Laporan Kegiatan Festival Lomba Penghafal Al Quran

Contoh Laporan Kegiatan Lomba

Nama Kegiatan

Kegiatan yang telah diselenggarakan pada tanggal 2 Juni 2019 adalah Festival Lomba Penghafal Al Quran.

Tema Kegiatan

Kegiatan yang telah dilakukan menggunakan tema “Semangat Menghafal untuk Menjadi Hafidz Quran”.

Landasan Pemikiran

Firman Allah SWT

Allah SWT telah menurunkan Kitab Suci Al Quran sebagai rahmat dan penawar untuk orang yang beriman. (QS. Isra’ ayat 87)

Allah telah memerintahkan kepada umatnya untuk melindungi diri dan juga keluarganya dari siksa api neraka yang menggunakan bahan bakar dari batu dan manusia. (QS. AT Tahrim ayat 6)

Hadist Nabi Muhammad SAW

Ketika seorang manusia meninggal dunia, masih ada amal yang bisa dirasakan antara lain doa dari anak sholeh, sedekah jariyah, dan ilmu bermanfaat. (HR. Muslim)

Seseorang yang berbuat baik, maka Allah SWT akan memberikannya pahala. (Al Hadist)

Evaluasi Kegiatan

  1. Seksi Humas

Kendala:

  • Panitia festival lomba sangat terbatas yaitu hanya berjumlah 5 orang
  • Susahnya mencari masjid untuk menyelenggarakan festival lomba penghafal Al Quran
  • Panitia sudah meminta bantuan kepada pemerintah daerah
  • Hampir sebagian proposal lomba ditolak

Masukan:

  • Dapat meminta bantuan para mahasiswa untuk memudahkan pekerjaan divisi humas
  • Pemberian surat yang berisi ucapan terima kasih untuk para donatur, hingga festival lomba berjalan dengan lancar
  1. Seksi Acara

Kendala:

  • Persiapan acara festival lomba penghafal Al Quran yang dinilai kurang matang, karena tidak sempat briefing saat H-1
  • Para panitia acara festival lomba penghafal Al Quran, dinilai sangat kurang melakukan koordinasi satu sama lain
  • Aturan yang berlaku pada lomba mewarnai, dinilai sangat longgar
  • Peserta lomba banyak yang pulang saat pengumuman pemenang dibacakan
  • Ruangan khusus untuk juri dinilai kurang terkontrol oleh panitia acara

Masukan:

  • Pada festival lomba penghafal Al Quran kedepannya, bisa menyesuaikan dengan aturan yang sudah digunakan oleh FASI
  • Pembagian doorprize disambut dengan sangat baik oleh para peserta lomba
  • Pada acara lomba selanjutnya, pembagian doorprize harus lakukan secara merata seperti ustad, peserta lomba, dan santri
  • Panitia acara harus bisa mencegah para peserta lomba, yang hendak meninggalkan tempat sebelum pembacaan pemenang diumumkan
  • Bila ada acara mendadak, peserta lomba bisa mengirimkan perwakilan untuk tetap berada di tempat sampai pembacaan pemenang dilakukan
  • Peran LO harus lebih ditingkatkan lagi saat mendampingi para juri
  1. Seksi Kesekretariatan

Kendala:

  • Para panitia yang sudah ditunjuk oleh kesekretariatan, hampir sebagian tidak datang
  • Ketika acara berlangsung, panitia acara sangat kekurangan personil untuk melayani para peserta lomba
  • Panitia acara sulit mencari para peserta yang belum melakukan pembayaran via transfer

Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan Lomba

Kegiatan festival lomba penghafal Al Quran, terdiri dari tiga macam, yaitu:

  1. Lomba Cerdas Cermat Agama

Kegiatan lomba cerdas cermat agama dilakukan oleh tiga orang anak. Untuk materi cerdas cermatnya adalah Asmaul Husna, Aqidah, Ramadhanku, dan Perilaku Terpuji. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para peserta dan penonton. Waktu pelaksanaan dimulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Tempatnya di Masjid Babussalam.

  1. Lomba Menggambar

Lomba menggambar dilakukan di Aula Pondok Pesantren. Waktu perlombaan dimulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Tema menggambarnya adalah mengaji. Tujuan dari kegiatan lomba menggambar adalah untuk melatih ide yang dimiliki setiap peserta.

  1. Lomba Menghafal Al Quran

Lomba menghafal Al Quran akan dikoreksi tajwid, etika, hingga intonasinya oleh tiga orang juri. Juri diambil dari ustad dan ustadzah di pesantren, sehingga penilaiannya lebih akurat. Pelaksanaan lomba menghafal Al Quran dilakukan di Serambi Masjid, pada pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Penutup

Sekian penulisan laporan kegiatan festival lomba penghafal Al Quran ini kami buat. Semoga dapat  dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk festival lomba kedepannya. Kami seluruh panitia yang berpartisipasi dalam mensukseskan jalannya festival lomba penghafal Al Quran, mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah memberikan dukungannya.

Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan

Laporan kegiatan pelatihan biasanya dibuat oleh panitia penyelenggara. Hal ini bertujuan untuk membuat para panitia tersebut, bertanggung jawab dengan acara yang telah diselenggarakan.

Selain itu, penulisan laporan kegiatan juga berfungsi untuk menilai suksesnya acara yang sudah digelar tersebut. Sehingga dapat dilakukan evaluasi untuk menggelar acara serupa kedepannya.

Laporan Kegiatan Pelatihan Pemusnahan Hama Wereng

Laporan Kegiatan Pelatihan Pemusnahan Hama Wereng

Latar Belakang

Ketahanan pangan Indonesia sangat bergantung kepada kegiatan pertanian lokal. Oleh sebab itu, sektor pertanian harus lebih memperhatikan hasil panen, agar dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan standar pangan Indonesia. Sayangnya, hasil panen yang berkualitas tersebut sangat sulit untuk dihasilkan. Itu karena adanya hama belalang dan wereng.

Para petani harus memiliki solusi terbaik untuk mengatasi hama belalang dan wereng. Hal ini bertujuan agar produk pangan yang diharapkan membuahkan hasil secara maksimal. Oleh sebab itu, para petani harus memanfaatkan pestisida atau insektisida sebagai pembasmi hama belalang dan wereng. Namun, dalam penggunaannya harus sesuai aturan yang berlaku.

Tujuan

Ada beberapa tujuan diselenggarakan pelatihan pemusnahan hama wereng, antara lain:

  • Membantu para petani untuk mendapatkan hasil panen secara maksimal
  • Menghalau dampak negatif dari penggunaan insektisida atau pestisida yang membahayakan hasil panen
  • Mengenalkan kepada petani tentang cara mengatasi perkembangan hama wereng dengan metode terbaru

Metode Pelatihan

Kegiatan pelatihan tentang pemusnahan hama wereng menggunakan metode secara langsung antara peserta dengan para petani.

Waktu dan Tempat

Pelatihan pemusnahan hama wereng diselenggarakan pada:

Hari                  : Senin

Tanggal           : 10 Januari 2019

Pukul               : 09.00 sampai 11.00 WIB

Tempat            : Kelurahan Wringin, Kota Malang

Peserta Pelatihan

Peserta pelatihan pemusnahan hama wereng adalah karang tani dari Kelurahan Wringin, Kota Malang. Ada lima kelompok karang tani yang berasal dari daerah yang sama, yaitu Wiloli, Saera, Kombas, Laensae, dan Ambarawa.

Semua kelompok karang tani tersebut, dihadiri oleh ketua, anggota, dan pengurusnya. Pelatihan diisi dengan narasumber terpercaya dari Dinas Pertanian.

Materi Pelatihan

Materi pelatihan yang diberikan adalah tentang metode secara alami untuk membasmi hama wereng. Metode tersebut menggunakan bantuan dari predator alami yang akan menyerang dan memakan hama wereng. Sehingga para petani tidak perlu lagi menggunakan berbagai jenis pestisida atau insektisida. Hal ini karena bahan kimia tersebut akan berbahaya bagi tanaman.

Pelaksanaan Kegiatan

Waktu pelaksanaan kegiatan pelatihan pemusnahan hama wereng, mengalami keterlambatan karena ada sedikit kendala pada audio rusak. Tidak hanya itu, kegiatan praktik kerja ternyata tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Hal ini karena cuaca tidak mendukung untuk melakukan praktek. Namun, para kelompok tani sudah memahami tata cara membasmi wereng.

Penutupan

Acara pelatihan pemusnahan hama wereng diakhiri dengan pemberian plakat dan juga buku pedoman. Dalam buku pedoman tersebut, sudah dijelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh para petani untuk membasmi hama wereng. Bahkan dalam buku tersebut, sudah ada nama-nama predator alami yang bisa gunakan untuk membasmi berbagai jenis hama tanaman.

Contoh Laporan Kegiatan Dinas

Penulisan laporan kegiatan dinas biasanya dilakukan oleh Anda yang ada di instansi tertentu. Laporan tersebut ditulis sebagai bukti bahwa Anda telah mengikuti perjalanan kedinasan ke suatu lembaga tertentu. Sehingga dengan laporan kegiatan tersebut, dapat diketahui acara apa saja yang telah diselenggarakan selama mengikuti perjalanan dinas.

Laporan Kegiatan Perjalanan Dinas Fakultas Pendidikan Universitas Darmawangsa ke Universitas Belanda

Laporan Kegiatan Perjalanan Dinas Fakultas Pendidikan Universitas Darmawangsa ke Universitas Belanda

Pendahuluan

Perjalanan dinas Fakultas Pendidikan Universitas Darmawangsa menuju ke Universitas Belanda, untuk melakukan kerjasama dan juga study tour. Sehingga Universitas Darmawangsa mengetahui berbagai macam program studi, fakultas, hingga mata kuliah yang ada di Universitas Belanda tersebut. Hal ini bertujuan agar menarik minat alumni untuk melanjutkan S2 di Belanda.

Kegiatan kerjasama dan juga studi tour yang dilakukan oleh Fakultas Pendidikan Universitas Darmawangsa, sudah direncanakan oleh dekan sejak lama. Cara ini dilakukan agar Universitas Darmawangsa dapat memiliki pendidikan yang berkelas internasional. Selain Universitas Belanda, Dekan Fakultas Pendidikan juga melakukan kerjasama dengan masyarakat sekitar.

Agenda Pembicaraan

Ada beberapa agenda yang dibahas ketika melakukan pertemuan dengan Universitas Belanda antara lain:

  • Universitas Darmawangsa menerapkan penilaian yang ada di beberapa bidang
  • Peningkatan sumber daya manusia yang ada di Universitas Darmawangsa
  • Mengadakan kegiatan pertukaran pelajar antar Universitas Darmawangsa dengan Universitas Belanda
  • Melakukan partisipasi dalam beberapa kegiatan, yaitu tour akademik, seminar, hingga evet akademik

Hasil Perjalanan Dinas

Ketika rombongan Universitas Darmawangsa tiba di Universitas Belanda, disambut dengan baik dan meriah oleh pihak kampus Universitas Belanda. Dengan sambutan tersebut, diharapkan semua rencana yang sudah dipersiapkan sebelumnya dapat terealisasi secara tepat.

Pelaksanaan Perjalanan Dinas

Kegiatan perjalanan dinas Fakultas Pendidikan Universitas Darmawangsa dilakukan pada hari Senin, 22 Agustus 2019. Awalnya rombongan Universitas Darmawangsa berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan pesawat Lion Air. Kemudian setelah sampai di Bandara, rombongan Universitas Darmawangsa dijemput oleh perwakilan Universitas Belanda.

Daftar Peserta Perjalanan Dinas

Rombongan dari Universitas Darmawangsa yang mengikuti perjalanan dinas, yaitu:

  • Ibnu Ahli Mada, S.I.P. M.Si
  • Fatimah Abdi Nila, S.I.P. M.Si
  • Dela Widya Ayu
  • Indira Erika Maya
  • Yasuka Nindya Fatmala
  • Dadang Sudrajat
  • Syafa Handoyo

Sekian laporan kegiatan perjalan dinas Fakultas Pendidikan Universitas Darmawangsa menuju ke Universitas Belanda. Semoga bermanfaat untuk melakukan kerjasama di kemudian hari.

 

Belanda, 30 Agustus 2019.

Contoh Penulisan Laporan Kegiatan Seminar

Laporan kegiatan seminar selalu dibuat oleh panitia penyelenggara. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pihak penanggung jawab untuk mengetahui kegiatan seminar secara keseluruhan.

Sehingga untuk kedepannya, acara seminar yang akan diselenggarakan bisa lebih baik lagi. Bila Anda bingung dengan penulisannya, bisa cari contoh laporan kegiatan di bawah ini:

Laporan Kegiatan Seminar tentang Penggunaan Aplikasi Absensi Terbaru

Laporan Kegiatan Seminar tentang Penggunaan Aplikasi Absensi Terbaru

Tema Kegiatan

Tema kegiatan seminar yang dilaksanakan adalah Pengenalan tentang Penggunaan Aplikasi Absensi Terbaru Kepada Karyawan PT. Air Minum Segar, Tbk.

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan seminar dilakukan pada:

Hari                  : Senin

Tanggal           : 9 April 2019

Tempat            : Aula Pertemuan PT. Air Minum Segar, Tbk

Tujuan

Adanya kegiatan seminar bertujuan untuk:

  • Mengetahui tata cara penggunaan aplikasi absensi yang baru
  • Meninggal cara absensi secara manual yang sudah lama digunakan
  • Kini kegiatan absen menjadi lebih praktis dan akurat

Materi Seminar

Pada kegiatan seminar tentang pengenalan untuk menggunakan aplikasi absensi baru, dilakukan oleh pemateri bernama Ihwan Muhti dari divisi teknologi PT. Air Minum Segar, Tbk. Dalam seminar tersebut, Bapak Ihwan menyampaikan tata cara penggunaan aplikasi absensi dengan sangat baik dan jelas. Sehingga para karyawan PT. Air Minum Segar, Tbk mudah memahami.

Tindak Lanjut

Ketika kegiatan seminar tentang pengenalan  penggunaan aplikasi absensi selesai, saatnya para karyawan untuk mencoba untuk mengoperasikannya. Masa percobaan aplikasi dilakukan melalui komputer PT. Air Minum Segar, Tbk. Bila semua karyawan sudah bisa mempraktekan penggunaan aplikasi tersebut, selanjutnya akan dilakukan perekaman data wajah.

Penutup

Sekian penulisan laporan kegiatan tentang pengenalan dalam penggunaan aplikasi absensi terbaru oleh PT. Air Minum Segar, Tbk.

 

Malang, 10 April 2019

Contoh Penulisan Laporan Kegiatan Sosialisasi

Contoh laporan kegiatan sosialisasi bisa Anda pelajari dari internet. Mulai dari sistematika penulisan, bahasa yang digunakan, hingga poin penting dalam penjelasan laporan kegiatannya.

Semua elemen yang ada di dalam laporan kegiatan harus dibahas secara detail. Sehingga para pembaca laporan bisa langsung menangkap garis besar dari acara kegiatan sosialisasi tersebut.

Laporan Kegiatan Sosialisasi tentang Peningkatan Kualitas Susu Sapi di Desa Paren

Laporan Kegiatan Sosialisasi tentang Peningkatan Kualitas Susu Sapi di Desa Paren

Latar Belakang

Aktivitas beternak sapi perah menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian penduduk asli Desa Paren. Dengan kegiatan ternak tersebut, mereka dapat menghasilkan lebih banyak produk yang lebih bervariasi. Sehingga produk tersebut dapat dijual di pasaran dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dari situ para penduduk Desa Paren dapat bertahan hidup.

Susu dari sapi perah ternyata ketersediaannya masih minim. Hal ini karena kurangnya peternak sapi perah di Desa Paren. Kondisi ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan penduduk sekitar tentang peternakan sapi perah. Oleh sebab itu, dibutuhkan tenaga ahli untuk melakukan sosialisasi tentang peternakan sapi perah kepada penduduk Desa Paren.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan sosialisasi tentang peningkatan kualitas susu dari sapi perah di Desa Paren memiliki tujuan, yaitu:

  • Menjelaskan tentang manfaat yang akan dirasakan saat beternak sapi perah
  • Mengetahui tata cara yang baik dalam beternak sapi perah
  • Memahami teknik perkembangbiakan, perawatan, dan pembibitan sapi perah
  • Mengetahui penyakit yang sering terjadi pada sapi perah
  • Memahami kendala yang akan terjadi saat beternak sapi perah

Pendahuluan

Sapi perah kini sedang banyak diperbincangkan di kalangan peternak. Sapi impor tersebut berhasil menarik perhatian masyarakat luas, karena keuntungan yang dapat dihasilkan dalam jumlah besar. Sehingga banyak para peternak yang mulai mencoba peruntungan dengan sapi perah tersebut.

Negara Indonesia dinilai sudah ahli dalam beternak sapi perah. Kondisi ini dibuktikan dengan hasil ternak yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan dari Badan Standardisasi Nasional. Sehingga tidak heran bila sapi perah banyak dikembangbiakan di daerah Yogyakarta, Ungaran, Boyolali, Semarang, hingga Solo.

Hasil Kegiatan

Narasumber yang mengisi sosialisasi tentang peningkatan kualitas susu dari sapi perah di Desa Paren adalah Indah Wati selaku ahli dalam bidang peternakan. Dalam sosialisasi tersebut, dijelaskan proses yang baik saat dilakukan saat beternak sapi perah yaitu:

  • Pembibitan yaitu proses pemilihan sapi perah terbaik menurut Direktorat Perbibitan Ternak
  • Pemeliharaan yaitu menjaga sapi perah dari usia 3 sampai 15 bulan
  • Perkembangbiakan dilakukan dengan cara kawin suntik atau teknik Inseminasi Buatan
  • Teknik Pemerahan dilakukan secara manual dengan jari dan tangan manusia atau mekanik

Kesimpulan

Kegiatan peternakan sapi perah dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Produk yang akan dihasilkan sapi perah berupa susu murni. Selain itu, para peternak juga bisa menghasilkan pupuk kandang dari kotoran sapi perah.

Contoh Penulisan Laporan Kegiatan Pramuka

Contoh laporan kegiatan pramuka banyak ditulis oleh sekretaris penyelenggara. Pastinya sekretaris tersebut sudah paham mengenai format penulisan laporan kegiatan. Namun, bila masih bingung dengan penulisannya, bisa mencari contoh di bawah ini:

Laporan Kegiatan Persami di Air Terjun Dadapan

Laporan Kegiatan Persami di Air Terjun Dadapan

Latar Belakang

Kegiatan pramuka sangat penting untuk membangun mental dan fisik siswa. Itulah alasannya bila kegiatan pramuka ini selalu ada saat sekolah. Dalam kegiatan pramuka tersebut, siswa juga akan diajari menjadi seseorang yang tangguh dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Sehingga akan membuat siswa lebih bersifat bertanggung jawab, mandiri, dan disiplin kedepannya.

Sasaran Kegiatan

Kegiatan persami di Air Terjun Dadapan disusun oleh Dewan Pramuka Gugus Depan. Untuk peserta yang mengikuti kegiatan persami ini adalah siswa kelas X SMP Negeri 5 Malang.

Manfaat Kegiatan

Persami dilakukan untuk mendapatkan manfaat yaitu:

  • Mengetahui sejauh mana kemajuan kegiatan pramuka yang ada di SMP Negeri 5 Malang
  • Meningkatkan kualitas gerakan pramuka di SMP Negeri 5 Malang
  • Meningkatkan mental dan fisik para anggota pramuka di SMP Negeri 5 Malang

Pembiayaan Kegiatan

Semua pembiayaan kegiatan persami berasal dari dana sekolah SMP Negeri 5 Malang.

Agenda Kegiatan

Kegiatan persami yang dilakukan di Air Terjun Dadapan terdiri dari beberapa agenda antara lain:

  • Pembukaan acara persami
  • Pelatihan mendirikan tenda
  • Lomba tali temali
  • Renungan malam
  • Penjelajahan malam
  • Materi pramuka
  • Penutupan

Waktu Pelaksanaan

Kegiatan persami dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu, pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Selama kegiatan persami berlangsung, peserta tidak boleh meninggalkan tanpa izin dari panitia.

Tempat Pelaksanaan

Persami dilakukan di Air Terjun Dadapan, Kabupaten Malang. Ketika agenda pemberian materi pramuka dilakukan di Aula Kantor Desa Dadapan.

Hasil Kegiatan

Menurut hasil dari kegiatan persami, dapat disimpulkan bahwa ada 200 siswa yang ikut memeriahkan. Ada 80% siswa yang pandai dalam menerapkan ilmu pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebanyak 20% siswa masih belum paham tentang penerapan ilmu pramuka.

Hambatan Kegiatan

Ada beberapa hambatan yang terjadi saat kegiatan persami berlangsung, yaitu:

  • Ada 10 siswa yang sakit karena kehujanan
  • Kondisi saat persami hujan deras saat sore sampai malam hari
  • Tenda banyak yang basah karena kehujanan

Kesimpulan

Selama dua hari pelaksanaan kegiatan persami, sudah berjalan dengan sangat baik. Namun masih ada hambatan berupa cuaca yang tidak mendukung. Untuk kedepannya, harus mencari lokasi perkemahan yang tergolong aman.

Contoh Penulisan Laporan Kegiatan Sekolah

Contoh laporan kegiatan sekolah seringkali ditulis oleh anggota OSIS. Hal ini karena OSIS biasanya sering menyelenggarakan berbagai kegiatan kemahasiswaan. Sehingga tidak heran bila ketika kegiatan sekolah berlangsung, ada notulen yang sibuk mencatat semua agenda penting.

Laporan Kegiatan Penyambutan Siswa Baru Tahun Ajaran 2018/2019 SMA Negeri 10 Batu

Laporan Kegiatan Penyambutan Siswa Baru Tahun Ajaran 2018 2019 SMA Negeri 10 Batu

Pendahuluan

Agenda rutin di SMA Negeri 10 Batu setiap tahunnya adalah penyambutan siswa baru. Acara yang dilakukan adalah Masa Orientasi Siswa atau sering dikenal dengan MOS. Adanya acara tersebut bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru.

Dasar

Penerimaan siswa baru di SMA Negeri 10 Batu dilaksanakan pada pertengahan Bulan Juni. Siswa baru yang diterima sebanyak 150 anak.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan rutin Masa Orientasi Siswa Baru di SMA Negeri 10 Batu memiliki tujuan antara lain:

  • Untuk proses pengenalan lingkungan sekolah SMA Negeri 10 Batu kepada siswa baru
  • Memberikan semangat baru untuk belajar di SMA Negeri 10 Batu
  • Menanamkan rasa percaya diri dan kebersamaan untuk membangun SMA Negeri 10 Batu menjadi lebih baik lagi

Kepanitiaan

Susunan kepanitian kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru di SMA Negeri 10 Batu yaitu:

  1. Ketua Panitia: Yeyen
  2. Sekretaris: Santi
  3. Bendahara: Nur
  4. Anggota :
  • Diki
  • Aires
  • Ataya
  • Bima

Peserta

Jumlah peserta yang mengikuti Masa Orientasi Siswa sebanyak 150 anak. Laki-laki sebanyak 100 anak dan perempuan sebanyak 50 anak.

Jadwal Kegiatan

Kegiatan Masa Orientasi Siswa dilakukan selama tiga hari yaitu tanggal 20-23 Juni 2019.

Hasil

Hasil yang dapat diperoleh dari Masa Orientasi Siswa, yaitu:

  • Pemahaman siswa baru terhadap lingkungan sekolah
  • Penerapan agama dan etika di sekolah
  • Peningkatan sikap disiplin dan mandiri di sekolah

 

Penutup

Sekilan laporan kegiatan Masa Orientasi Siswa tahun ajaran 2018/2019 ini dibuat.

25 Juni 2019

Ketua Panitia

 

Bambang Wicaksana

Contoh Penulisan Laporan Kegiatan Kunjungan

Contoh laporan kegiatan kunjungan banyak tersedia di media cetak dan internet. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung dengan cara penulisannya. Penulisan laporan kegiatan kunjungan ini ditulis sebagai bukti fakta perjalanan yang dilakukan oleh seseorang

Laporan Kegiatan Kunjungan ke Universitas Singapura

Laporan Kegiatan Kunjungan ke Universitas Singapura

Pendahuluan

Kegiatan kunjungan ke Universitas Singapura sudah direncanakan sejak pergantian tahun ajaran baru. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang dilakukan di Universitas Singapura. Selain itu, tujuan kunjungan ke Universitas Singapura adalah untuk bekerja sama dalam bidang pertukaran mahasiswa.

Dasar

Kunjungan ke Universitas Singapura dilakukan pada akhir Bulan Desember 2019. Peserta yang mengikuti kunjungan ini berjumlah 10 orang.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan rutin Masa Orientasi Siswa Baru di SMA Negeri 10 Batu memiliki tujuan antara lain:

  • Untuk proses pengenalan lingkungan sekolah SMA Negeri 10 Batu kepada siswa baru
  • Memberikan semangat baru untuk belajar di SMA Negeri 10 Batu
  • Menanamkan rasa percaya diri dan kebersamaan untuk membangun SMA Negeri 10 Batu menjadi lebih baik lagi

Tujuan dari kegiatan kunjungan ke Universitas Singapura yaitu:

  • Membangun hubungan kerjasama antar universitas
  • Bertukar metode pembelajaran yang digunakan di universitas
  • Memberikan ilmu baru kepada mahasiswa

Penyelenggara

Pihak penyelenggara kegiatan kunjungan ke Universitas Singapura adalah rektor Universitas Negeri Batu.

Peserta

Peserta yang mengikuti kunjungan menuju ke Universitas Singapura adalah perwakilan dari mahasiswa Universitas Negeri Batu.

Waktu Pelaksanaan

Kegiatan kunjungan ke Universitas Singapura dilakukan selama tiga hari, yaitu tanggal 25-28 Desember 2019.

Hasil

Hasil yang dapat diperoleh dari kunjungan ke Universitas Singapura yaitu:

  • Kerjasama antar Universitas Singapura dengan Universitas Negeri Batu
  • Pemberian beasiswa terhadap mahasiswa cumlaude yang akan melanjutkan S2 di Universitas Singapura
  • Penerapan metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi canggih

Penutup

Sekian laporan kegiatan kunjungan ke Universitas Singapura dibuat. Semoga bermanfaat untuk kunjungan selanjutnya.

29 Desember 2019

Ketua Panitia

 

Widi Irawan

Contoh Penulisan Laporan Kegiatan Pentas Seni

Kegiatan pentas seni seringkali digelar di Sekolah Menengah Atas. Biasanya acara pentas seni dilakukan oleh OSIS. Sehingga pihak OSIS harus membuat laporan kegiatan yang nantinya diberikan kepada kepala sekolah dan perusahaan pembantu dana. Untuk format penulisannya dapat melihat contoh laporan kegiatan yang tersedia di bawah ini:

Laporan Kegiatan Pensi SMA Negeri 10 Magelang

Laporan Kegiatan Pensi SMA Negeri 10 Magelang

Latar Belakang

Kegiatan pentas seni digelar untuk mengapresiasi karya dan kreatifitas setiap siswa di SMA Negeri 10 Magelang. Adanya kegiatan ini, bertujuan untuk memberikan wadah terhadap minat dan bakat siswa. Sehingga dengan adanya pentas seni ini, akan memberikan hiburan kepada seluruh siswa di SMA Negeri 10 Magelang.

Tujuan Acara

Pentas seni digelar dengan tujuan tertentu yaitu:

  • Bentuk apresiasi sekolah terhadap seluruh siswa
  • Wujud terima kasih kepada siswa yang sudah berani menampilkan karyanya

Waktu dan Tempat

Kegiatan pentas seni dilakukan pada:

Hari                  : Sabtu

Tanggal           : 10 Desember 2019

Tempat            : Aula SMA Negeri 10 Magelang

Jenis Kegiatan yang Ditampilkan

Ada beberapa jenis kegiatan yang akan ditampilkan yaitu:

  • Band akustik
  • Tari tradisional
  • Modern dance
  • Teater
  • Fashion show

Penutup

Sekian laporan kegiatan pentas seni dibuat. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Ada berbagai contoh laporan kegiatan yang dapat Anda ketahui sebelum menulisnya. Hal ini bertujuan agar tidak salah saat membuat laporan kegiatan tersebut. Sehingga pembaca laporan dapat langsung mengetahui kondisi kegiatan yang sudah berlangsung. Dengan begitu, akan menjadikan acuan untuk acara di kemudian hari.

9+ Contoh Laporan Kegiatan Yang Baik Dan Benar (Terbaru 2020)

Leave a Reply