9+ Daftar Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing Terbaik untuk HP Android

Aplikasi Belajar Bahasa – Di zaman modern ini banyak teknologi canggih yang sangat membantu manusia. Pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi dengan sangat mudah. Tidak ada hambatan, meski teks yang digunakan dalam bahasa asing. Hal ini dikarenakan telah banyak aplikasi belajar bahasa asing.

Hal ini tentunya sangat membantu Anda dalam belajar sehingga bisa meningkatkan kemampuan. Umumnya, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan keahlian bahasa asing secara mudah, seperti bermain game, mendengarkan video di youtube dan lain sebagainya,

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk HP Android

Jika Anda ingin pandai dalam berbahasa, maka bisa mengikuti kursus-kursus yang dapat memberikan pengetahuan belajar bahasa asing. Tentunya terdapat biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan untuk membayar kursus tersebut. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga tergolong tinggi.

Namun, jika Anda memiliki keterbatasan biaya, tentunya aplikasi belajar bahasa asing menjadi pilihan yang tepat. Pengguna bisa mempelajari bahasa asing dengan sangat mudah, praktis, serta bisa mendapatkan akses area yang bebas dengan waktu yang fleksibel.

Bahasa yang bisa Anda pelajari juga sangat beragam, mulai dari bahasa Inggris, bahasa Spanyol, bahasa Perancis, bahasa Jepang, dan lain-lain. Tentunya ini semakin membuat aplikasi belajar bahasa cocok untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan tentang bahasa.

Berikut ini rekomendasi untuk daftar aplikasi belajar bahasa asing yang bisa Anda unduh di perangkat HP Android.

1. Memrise

Memrise

Daftar aplikasi pertama yang cocok untuk Anda gunakan sebagai media pembelajaran bahasa adalah Memrise. Aplikasi bahasa asing ini dapat Anda unduh dan install melalui layanan Google Play Store dengan ukuran 20 MB. Aplikasi bahasa asing ini pertama kali dirilis pada tahun 2013.

Kemudian, pada awal tahun 2017, Memrise mendapatkan penghargaan dari Google Play I/O sebagai aplikasi terbaik dan banyak diunduh oleh pengguna sistem operasi Android. Hal ini tentunya sangat wajar mengingat fitur dan tampilan interface yang ditawarkan sangat baik dan mudah untuk dipahami.

Pada aplikasi ini, Anda bisa mempelajari bahasa Inggris, Jepang, Spanyol, Perancis, Italia, Arab, Korea, Rusia, Dansk, Portugis, Norsk, Turki, Belanda, Islan, Swenks, Mongol, dan Polski. Gaya pembelajaran yang dijelaskan juga sangat menarik sehingga tidak membosankan bagi pengguna.

Anda akan mendapatkan metode pembelajaran seperti bermain game sehingga lebih menarik. Selain itu, metode pengajaran yang ditawarkan juga dilakukan secara berulang agar cepat diingat oleh pengguna. Terdapat juga fitur progress dan reminder yang bisa membantu Anda untuk pembelajaran.

2. Babbel

Babbel

Babbel menjadi aplikasi belajar bahasa berikutnya yang menawarkan pengguna dalam 14 bahasa. Semua bahasa ini, mencakup Italia, Spanyol, Perancis, Jerman, hingga Indonesia. Meski memiliki jumlah bahasa yang banyak, tetapi aplikasi ini hanya berukuran sekitar 20 MB.

Kehadiran Babbel menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang masih memiliki tingkatan rendah dalam mempelajari bahasa asing. Hal ini dikarenakan Babbel menawarkan pengguna dengan sistem dan gaya pembelajaran menggunakan level sehingga sangat unik dan nyaman untuk dilakukan.

Adanya gaya pembelajaran seperti tingkatan game ini, membuat pengguna aplikasi menjadi lebih semangat dalam belajar bahasa agar bisa menaikkan tingkatan level yang ada di aplikasi Babbel. Tidak hanya itu, tampilan antar muka yang menarik juga bisa memberikan kesan yang baik bagi user.

Aplikasi ini telah diunduh sebanyak puluhan juta kali dan memiliki feedback yang sangat positif dari pengguna sebelumnya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki rating di atas 4 sehingga bisa Anda percaya dalam meningkatkan skill atau kemampuan untuk belajar bahasa asing melalui aplikasi Babbel.

3. Mondly

Mondly

Aplikasi lainnya yang menawarkan Anda dengan kemampuan belajar bahasa asing adalah Mondly. Layanan yang dikembangkan dan diproduksi oleh Ati Studios ini dapat Anda unduh dan pasang di berbagai jenis ponsel pintar dikarenakan memiliki ukuran sekitar 37 MB.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mendengarkan beberapa percakapan ataupun pembicaraan yang membahas kegiatan sehari-hari dari audio penutur bahasa asli. Pada aplikasi Mondly, Anda akan mendapatkan 30 jenis bahasa, seperti Inggris, Spanyol, Belanda, Perancis, Italia, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui seberapa logat pengucapan dan intonasi yang diucapkan dalam bahasa asing tersebut. Hal ini dikarenakan Mondly memiliki fitur Speech Recognition yang bisa membantu pengguna untuk mendapatkan aksen suara yang mirip dengan audio.

Pada bagian pembelajaran, Mondly menawarkan pengguna dengan sistem pengelompokan atau sesi. Semua sesi ini disesuaikan dengan kemampuan serta kecepatan belajar dari setiap pengguna. Adanya kemudahan dalam belajar bahasa ini, membuat Mondly telah memiliki unduhan sebanyak 1 juta kali.

4. Rosetta Stone

Rosetta Stone

Rosetta Stone menjadi aplikasi belajar bahasa asing berikutnya yang menawarkan berbagai keunggulan. Pasalnya, aplikasi ini mengusung konsep pembelajaran dengan sistem gambar unik sehingga lebih mudah diingat dan dipahami oleh setiap pengguna.

Selain itu, sistem pembelajaran yang digunakan akan sangat menyenangkan. Hal ini dikarenakan pengguna akan mendapatkan beberapa bagian unit materi yang sudah disesuaikan untuk para pemula. Seperti language basics, word and school, greetings and introductions, hingga shopping.

Hadir dengan ukuran file 57 MB, membuat aplikasi ini memiliki 22 bahasa asing yang bisa Anda pelajari semuanya dengan gratis. Mulai dari bahasa Spanish, English, French, Italian, Arabic, dan lain-lain. Ketika Anda mengaktifkan aplikasi ini untuk belajar, maka terdapat beberapa fitur pendukung.

Anda akan mendapatkan berbagai pilihan tema dengan setiap unit yang menarik serta pengertian bahasa yang sangat jelas. Tentunya ini semakin memberikan kesan bahwa aplikasi bisa memberikan pengalaman belajar bahasa asing seperti kursus terkenal.

5. Tandem Language Exchange

Tandem Language Exchange

Aplikasi bahasa asing selanjutnya adalah Tandem Language Exchange. Memiliki ukuran file sebesar 57 MB, membuat aplikasi ini memiliki daftar bahasa asing sebanyak 22. Tentunya ini membuat Anda bisa mempelajari secara banyak bahasa dalam satu aplikasi sehingga lebih praktis dan mudah.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Tripod Technology GmbH ini memiliki ukuran sebesar 23 MB. Selain memiliki fungsi untuk belajar bahasa asing, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengobrol langsung dengan pengguna Tandem lainnya yang ada di seluruh dunia.

Pengguna juga memungkinkan untuk menyewa pengajar online agar bisa mendapatkan pelajaran secara private dengan harga yang cukup terjangkau. Tentunya, biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat dari biaya kursus secara langsung.

Aplikasi ini menawarkan pembelajaran yang mencakup 150 bahasa dan 2.500 kombinasi bahasa campuran. Tidak hanya itu, audio suara yang dihasilkan juga langsung dari penutur asli sehingga Anda menjadi lebih mudah dan cepat memahami kata yang diucapkan oleh mentor.

6. HiNative

HiNative

HiNative menjadi aplikasi terbaik yang dikembangkan oleh developer Lang-8. Aplikasi ini bisa Anda unduh dan install secara gratis dengan ukuran file sebesar 26 MB. Tentunya aplikasi ini sangat ringan dikarenakan ukuran yang kecil dan support untuk banyak jenis sistem operasi.

Keunikan dari aplikasi ini terletak pada sistem pembelajaran yang hadir dengan metode tanya jawab. Anda bisa mengajukan pertanyaan dan berbicara secara langsung dengan para penutur bahasa asli. Adanya sistem ini, membuat Anda bisa mengatasi masalah pada materi dasar yang belum dipahami.

Hadirnya sistem ini juga bisa membantu Anda untuk mempelajari akses bahasa. Anda hanya perlu mengunduh audio untuk dapat mendengarkan suara tersebut. Selain dengan suara, pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan dengan mengirim gambar sehingga lebih mudah dimengerti.

Keunikan lainnya dari aplikasi HiNative yang bisa Anda dapatkan, yakni bisa menanyai secara bebas seorang penutur. Hal ini tentunya, membuat Anda bisa meminta saran mengenai rekomendasi tempat wisata terbaik yang ada di negara tersebut.

7. Cake

Cake

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Cake. Aplikasi ini didesain khusus untuk pengguna yang ingin belajar bahasa Inggris. Dikembangkan oleh developer playlist Corporation, membuat aplikasi ini hanya memiliki ukuran sebesar 7.3 MB.

Meski baru dirilis pada tahun 2018, namun aplikasi ini telah memiliki unduhan sebanyak 11 juta kali pengguna yang ada di Google Play Store. Hal ini tentunya bisa membuktikan bahwa cake menjadi aplikasi belajar bahasa asing terbaik dan bisa membantu banyak orang.

Keunggulan aplikasi ini terletak pada sistem pembelajaran yang sangat mengasyikkan. Anda bisa mempelajari bahasa serta percakapan ringan dengan sangat mudah. Percakapan yang diberikan dapat Anda nikmati melalui video-video yang diarahkan secara otomatis ke platform Youtube.

Pada Youtube, Anda akan dijelaskan sebuah kalimat atau grammar, dan bagaimana cara menggunakan sebuah kata dalam percakapan. Video pengajaran yang ditayangkan pada platform Youtube memiliki durasi pendek dan akan diulang secara berkala hingga Anda paham.

8. Busuu

Busuu

Busuu menjadi aplikasi berikutnya yang bisa Anda manfaat untuk media pembelajaran bahasa asing. Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 16 MB. Pada aplikasi ini Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Hal ini terlihat dari penggunaan warna serta tampilan yang unik.

Keunggulan aplikasi ini, yaitu bisa menghubungi teman di belahan negara lain yang juga melakukan proses pembelajaran bahasa. Hubungan ini bisa dilakukan melalui pesan teks, suara, maupun video. Hal ini tentunya membuat Anda menjadi lebih mudah untuk menguasai materi yang telah dipelajari.

Adanya kelebihan ini, membuat aplikasi belajar bahasa ini juga telah diunduh sebanyak 10 juta orang dan support untuk berbagai jenis OS Android. Tidak hanya itu, tingkatan skill Anda juga akan disesuaikan berdasarkan tes yang sebelumnya diberikan.

Hal ini tentunya, membuat Anda bisa mendapatkan materi baru yang sebelumnya tidak dipelajari. Terdapat juga fitur untuk melakukan pengecekan aksen untuk Anda melatih speaking dalam berbahasa Inggris. Hebatnya lagi, aplikasi ini dapat Anda gunakan dalam mode offline.

9. Duolingo

Duolingo

Rekomendasi aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa asing adalah Duolingo. Pada aplikasi ini Anda akan mendapatkan sistem pembelajaran dengan menghafal kosakata. Memiliki ukuran sebesar 16 MB menjadikan aplikasi ini termasuk sangat ringan untuk pengguna HP Android.

Melalui aplikasi Duolingo, Anda dapat belajar, menulis, serta mendengarkan materi yang bisa di ubah dalam 20 bahasa sesuai keinginan. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir jika merasa bosan. Hal ini dikarenakan Duolingo memungkinkan pengguna untuk mengajak teman agar bisa berkompetisi.

Aplikasi belajar bahasa asing ini menjadi pilihan yang tepat untuk dalam menguasai atau meningkatkan skill bahasa. Selain menawarkan sistem pembelajaran yang menarik, aplikasi ini juga dapat Anda unduh secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

9+ Daftar Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing Terbaik untuk HP Android

Advertisements

Add Comment