Cara Membuat Barcode Secara Online Melalui Perangkat HP dan Laptop

11+ Cara Membuat Barcode Secara Online Melalui Perangkat HP (Android / IOS) dan Laptop

Cara Membuat Barcode – Cara membuat barcode kini bukanlah masalah yang sulit. Cukup menggunakan perangkat HP ataupun laptop, maka Anda sudah bisa membuat barcode sesuai dengan keinginan. Barcode memiliki fungsi sebagai tanda agar barang dapat dipindai dan dibaca oleh perangkat scanner.

Umumnya, terdapat 2 jenis barcode yang bisa Anda temukan di Indonesia, yakni UPC dan ISBN. UPC (Universal Product Code) merupakan kode produk yang dibuat untuk kebutuhan luas, sedangkan ISBN  (International Standard Book Number) adalah lisensi resmi yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu.

Cara Membuat Barcode Secara Online

Kehadiran barcode dapat Anda manfaatkan sebagai keperluan untuk bisnis. Anda bisa menggunakan kode identifikasi ini agar bisa mempermudah proses pendataan data produk. Cukup melakukan scanner pada kode, maka Anda sudah bisa mengetahui jumlah ataupun posisi penempatan barang.

Selain itu, cara ini bisa Anda lakukan melalui perangkat HP ataupun laptop. Tentunya ini semakin memudahkan Anda untuk membuat barcode pada produk. Di bawah ini langkah mudah dalam membuat barcode secara online melalui situs website Create Barcodes.

  • Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi situs CreateBarcodes.com melalui aplikasi browser yang ada di perangkat HP ataupun laptop.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi situs CreateBarcodescom melalui aplikasi browser yang ada di perangkat HP ataupun laptop

  • Pada halaman pertama, Anda akan diperlihatkan dengan jenis-jenis barcode yang ada di seluruh dunia, seperti UPC-A, ISBN, ITF-14, GS1 DataBar Coupon, Code 128, Code 39, hingga QR Code. Anda bisa memilih jenis barcode ini sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah berhasil memilih jenis barcode yang ingin digunakan, maka selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan angka barcode di kolom “Barcode Data”. Kemudian, otomatis kolom “Supplemental Data” akan berubah sesuai dengan angka yang Anda masukkan sebelumnya.

Setelah berhasil memilih jenis barcode yang ingin digunakan, maka selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan angka barcode di kolom Barcode Data

  •  Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan ukuran tinggi hingga lebar barcode.
  • Jika sudah menyesuaikan ukuran, maka Anda dapat memasukkan alamat email untuk bisa mendapatkan barcode tersebut.

Cara Membuat Barcode Melalui Perangkat Laptop

Tidak hanya melalui website, kini Anda juga bisa membuat barcode melalui bantuan perangkat laptop. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk pengguna yang memiliki keterbatasan pada jaringan internet. Cukup menggunakan aplikasi Microsoft Excel, maka Anda sudah bisa membuat barcode untuk produk.

Namun, sebelum membuat barcode ini Anda perlu menyiapkan file barcode yang bisa diunduh secara online. File ini bertujuan agar pengguna bisa membuat barcode sesuai dengan format yang ada di file tersebut.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam membuat barcode melalui bantuan aplikasi Microsoft Excel yang ada di perangkat Laptop.

  • Cara pertama, Anda bisa mengunduh file untuk format barcode melalui laman website IDautomation.com

Cara pertama, Anda bisa mengunduh file untuk format barcode melalui laman website IDautomationcom

  • Setelah halaman utama tampil, Anda bisa klik menu “Font” yang ada di bagian bawah.
  • Kemudian, cari menu “Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access & Word” lalu arahkan kursor ke tombol merah dan lakukan unduhan.

Kemudian, cari menu Microsoft Office Macros VBA for Excel, Access Word lalu arahkan kursor ke tombol merah dan lakukan unduhan

  • Jika sudah berhasil di unduh, buka file yang memiliki nama “Barcodefunctions.zip” dan lakukan ekstrak pada file tersebut menggunakan aplikasi zArchiver ataupun sebagainya.
  • Cara selanjutnya, Anda bisa membuka aplikasi Microsoft Excel yang ada di perangkat laptop. Lalu, pilih menu “Tools” yang ada di bagian toolbar atas dan cari menu “Macro”, lalu pilih “Visual Basic Editor”.
  • Kemudian, klik menu “File” yang ada di toolbar dan masuk ke menu “Import File”.
  • Pada tampilan ini, Anda bisa menambahkan file macro dengan nama “IDautomation.bas” dan lakukan pengimporan, maka secara otomatis file akan ditambahkan ke folder “Modules” yang ada di Microsoft Excel.
  • Kemudian, Anda bisa keluar dari menu Editor Visual Basic dan masuk ke bagian Workbook kosong. Pada workbook ini, Anda bisa melakukan pengujian barcode dengan cara mengetikan nomor di sel A1.
  • Terakhir, Anda hanya perlu memasukkan nomor di setiap sel sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Barcode Melalui HP Android

Jika Anda merasa bahwa membuat Barcode menggunakan Microsoft Excel ataupun website memiliki proses yang ribet, maka cara alternatif terbaik yang bisa diterapkan adalah melalui bantuan aplikasi yang ada di HP Android. Tentunya aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis maupun berbayar.

Di bawah ini daftar-daftar aplikasi pembuat barcode yang bisa Anda gunakan dan unduh secara gratis.

1. Cara Membuat BarcodeBarcode Generator”

Cara Membuat Barcode "Barcode Generator"

Daftar aplikasi pertama yang bisa Anda terapkan dalam cara membuat barcode melalui perangkat HP adalah melalui aplikasi dari Barcode Generator. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Aeiou ini menawarkan pengguna dengan beragama kelebihan dan kemudahan.

Mulai dari tampilan yang memiliki user interface terbaik, pengoperasian yang mudah, hingga menyajikan banyak jenis barcode sehingga bisa digunakan secara langsung oleh pengguna. Terdapat 11 opsi tipe barcode yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Mulai dari QR Code, DataMatrix, Aztec, Code 39, Code 128, EAN, UPC-A, ITF, dan lain sebagainya. Pengguna juga bisa mendapatkan fitur pindai barcode yang bisa digunakan secara gratis. Tidak hanya itu, terdapat fitur export serta share yang memudahkan pengguna dalam membagikan hasil barcode.

2. Barcode Generator Free

Barcode Generator Free

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan barcode adalah Barcode Generator Free. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyuguhkan pengguna untuk pembuatan barcode secara gratis. Meskipun gratis, Anda tetap bisa mendapatkan banyak kelebihan.

Hal ini terlihat dari tersedianya barcode dengan berbagai format yang bisa Anda gunakan secara langsung. Format ini mencakup, seperti barcode Product, Contact, Email, Text atau URL, dan lain sebagainya. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan cara melakukan unduhan di Google Play Store.

3. Barcode Architect

Barcode Architect

Barcode Architect menjadi aplikasi terbaik lainnya yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan barcode. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Simon Boylen ini, menawarkan pengguna dengan sistem pembuatan barcode yang tergolong sangat mudah dan cepat.

Cukup dengan beberapa sentuhan, maka pengguna sudah bisa mendapatkan barcode sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, Barcode Architect juga menyediakan format yang beragam. Mulai dari EAN, UPC-E, ISBN, UPC-A, dan lain sebagainya.

4. Code39

Code39

Code39 menjadi aplikasi berikutnya yang bisa membantu Anda dalam cara membuat barcode melalui perangkat HP. Aplikasi ini menyuguhkan tampilan yang sederhana sehingga memiliki ukuran file kecil. Adanya ukuran yang kecil ini menjadi daya tarik bagi pengguna dalam memilih Code39.

Salah satu fitur menarik yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi Code 39 adalah tersedianya kemampuan untuk mencetak barcode secara langsung dengan sambungan kabel USB ataupun Bluetooth pada jenis printer khusus. Kehadiran fitur ini tentunya sangat membantu pengguna dalam mencetak barcode.

Tidak hanya itu, jenis barcode yang disediakan juga termasuk sangat lengkap. Mulai dari UPC-A, ISBN, ITF-14, GS1, AZTEC, CODABAR, ITF, Code 128, Code 39, PDF 417, hingga QR Code. Hal ini tentunya membuat aplikasi Code39 menjadi sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

5. Barcode Generator and Scanner

Barcode Generator and Scanner

Barcode Generator and Scanner merupakan aplikasi selanjutnya yang memiliki kemampuan dalam pembuatan barcode. Kelebihan yang paling menonjol dari aplikasi ini, yaitu bisa membuat barcode secara offline tanpa perlu jaringan data internet. Tentunya ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Format barcode yang disediakan oleh aplikasi tergolong cukup lengkap, seperti Code 128, Code 39, PDF417, dan lain sebagainya. Hebatnya lagi, aplikasi yang bisa dipasang untuk OS Android ini memiliki kemampuan untuk memindai barcode yang ada pada sebuah produk.

6. Advance Barcode Generator

Advance Barcode Generator

Daftar aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan sebagai cara membuat barcode adalah Advance Barcode Generator. Pada aplikasi ini, pengguna akan disajikan dengan kemampuan membuat barcode secara mudah dan efisien. Selain itu, ukuran file dari aplikasi ini termasuk sangat kecil.

Opsi barcode yang disediakan juga termasuk sangat lengkap, seperti UPC-A, EAN-8, Code 39, Code 128, AZTEC, PDF 417, CODABAR, ITF, hingga QR Code. Keunggulan lainnya yang bisa didapatkan dari aplikasi ini, yaitu memiliki fitur untuk mengganti warna dan ukuran pada barcode tersebut.

Cara Membuat Barcode Melalui HP iOS

Selain HP Android, cara membuat barcode kini juga bisa Anda lakukan untuk HP dengan sistem operasi iOS. Terdapat banyak aplikasi barcode yang dapat Anda unduh secara gratis maupun berbayar melalui platform App Store.

Di bawah ini daftar aplikasi terbaik yang memiliki fungsi utama sebagai pembuat barcode untuk HP dengan sistem operasi iOS.

1. Qrafter

Qrafter

Qrafter menjadi aplikasi pertama yang bisa Anda pilih sebagai pengguna HP iPhone. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis pada platform Appstore ini menawarkan pengguna banyak kelebihan. Mulai dari banyaknya jenis barcode yang disediakan hingga mudahnya pengoperasian aplikasi.

Selain itu, aplikasi Qrafter juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pemindaian pada sebuah barcode yang ada pada sebuah produk. Hal ini terlihat dari hadirnya fitur kamera pada bagian menu tengah. Pengguna cukup membuka fitur dan mengarahkan kamera pada barcode yang diinginkan.

Hal ini tentunya semakin memudahkan pengguna dalam melakukan proses pendataan stok produk ataupun sebagainya. Tidak hanya itu, waktu yang dibutuhkan juga menjadi semakin ringkas dan efisien.

2. Barcode Studio

Barcode Studio

Aplikasi pembuat barcode berikutnya yang bisa Anda unduh pada platform Appstore adalah Barcode Studio. Pada aplikasi ini pengguna akan disuguhkan dengan tampilan visual yang sangat sederhana. Adanya tampilan visual yang sederhana ini membuat aplikasi hanya memiliki ukuran file 6.9 MB.

Meski berukuran kecil, pengguna tetap bisa mendapatkan banyak kelebihan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jenis format barcode yang dapat Anda pilih untuk diterapkan pada produk. Mulai dari Code 11, Code 128, Code 32, Code 39, EAN dan lain sebagainya.

3. QR Code Reader – QrScan

QR Code Reader QrScan

Daftar aplikasi terakhir untuk pengguna iPhone adalah QR Code Reader. Pada aplikasi ini pengguna bisa merasakan tampilan visual yang lebih menarik serta user friendly. Pasalnya, pengguna akan ditawarkan dengan fitur Dark Mode yang bisa diaktifkan secara mudah oleh user.

Tidak hanya itu, jenis format yang ditampil juga termasuk sangat lengkap. Mulai dari AZTEC, Code  128, QR CODE, EAN13, EAN8, UPC, PDF417, INTERLEAVED2OF5 dan lain sebagainya. Semua jenis format ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Kehadiran barcode ini memberikan dampak yang sangat besar kepada pengguna. Selain bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi, barcode juga memiliki manfaat untuk mendata sebuah produk dalam jumlah yang besar. Tentunya ini, membuat proses pendataan menjadi lebih efektif dan efisien.

11+ Cara Membuat Barcode Secara Online Melalui Perangkat HP (Android / IOS) dan Laptop

 

Advertisements

Leave a Reply