12+ Chord Gitar Dasar Yang Harus Anda Anda Pelajari Sebelum 1

12+ Chord Gitar Dasar Yang Harus Anda Anda Pelajari Sebelum

Chord Gitar – Gitar merupakan alat musik yang sangat umum dan banyak digunakan pada berbagai pertunjukan. Jadi, sudah pasti masyarakat sudah familiar dengan gitar, akan tetapi tidak semua orang bisa memainkannya. Jika Anda tidak bisa bermain gitar namun ingin belajar, maka Anda perlu tahu terlebih dahulu teknik dan chord lagunya. Belajar bermain gitar juga tidak sesulit yang Anda bayangkan, karena memainkan nya termasuk mudah dibandingkan dengan alat musik lain.

Anda bisa belajar secara autodidak jika ingin bisa memainkan gitar, asalkan Anda bisa memaikannya dan tahu chordnya. Tidak seperti belajar alat musik seperti piano maupun biola yang untuk menguasai nya perlu waktu lama. Apabila Anda bisa menguasai chord serta memindah kunci lagu dengan mudah, maka tidak akan sulit untuk memainkan gitar. Apalagi sekarang ada banyak media belajar di internet. Kunci atau chord gitar apa saja yang perlu Anda pelajari?

Kumpulan Chord Gitar yang Perlu Anda Pelajari

  1. Chord Gitar Kunci A

Chord Gitar Kunci A

Bagaimana jari Anda diposisikan untuk membentuk kunci A pada gitar? Untuk jari telunjuk, Anda posisikan pada senar yang keempat kolom kedua. Kemudian untuk jari tengah letakkan pada senar ketiga kolom kedua, lalu jari manis bisa diposisikan pada senar kedua kolom kedua. Chord dengan kunci A sudah berhasil Anda buat, dan genjreng senar kecuali yang keenam.

  1. Chord Gitar Kunci Am

Chord Gitar Kunci Am

Selanjutnya adalah kunci A minor, pada senar kedua kolom pertama bisa Anda taruh jari telunjuk. Lalu untuk jari tengah letakkan di senar keempat kolom kedua, kemudian untuk jari manis letakkan di senar ketiga kolom kedua. Anda bisa memainkan gitar, dan sama dengan kunci A senar keenam tidak perlu dibunyikan.

  1. Chord Gitar Kunci B

Chord Gitar Kunci B

Dibandingkan dengan kunci A, yang B ini lebih rumit dan Anda membutuhkan kelenturan pada jari. Jari Anda perlu diposisikan pada senar pertama dan kelima pada kolom kedua adalah jari telunjuk dengan diluruskan. Sedangkan untuk jari manis perlu menekan senar keempat kolom ketiga. Pada kunci ini jari kelingking juga difungsikan yaitu untuk menekan senar ketiga kolom ketiga. Sear keenam masih tidak boleh dibunyikan, sehingga jari tengah bisa digunakan untuk menutupinya.

  1. Chord Gitar Kunci Bm

Chord Gitar Kunci Bm

Pada kunci B minor, sebenarnya sama dengan kunci B hanya saja ada sedikit tambahan. Yaitu Anda perlu menggunakan jari tengah untuk menekan senar kedua kolom kedua. Sedangkan sebelumnya pada kunci B jari tengah hanya digunakan untuk menutup senar keenam, namun tetap sama senar keenam tidak perlu digenjreng.

  1. Chord Gitar Kunci C

Chord Gitar Kunci C

Apabila dibandingkan dengan kunci B, sebenarnya kunci C jauh lebih mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah menekan senar kedua kolom pertama dengan menggunakan jari telunjuk. Kemudian menekan senar keempat kolom kedua denga menggunakan jari tengah, sedangkan untuk jari manis perlu menekan senar kelima kolom ketiga. Masih sama dengan jenis kunci sebelumnya, senar keenam tidak perlu dibunyikan.

  1. Chord Gitar Kunci D

Chord Gitar Kunci D

Kunci D memang termasuk kunci yang sederhana, dan mungkin akan sangat mudah bagi Anda. Tekan senar ketiga kolom kedua dengan menggunakan jari telunjuk, lalu jari tengah menekan senar pertama kolom kedua. Kemudian jari manis perlu menekan senar kedua kolom ketiga, untuk menggenjreng senar hanya senar keempat yang diikutkan.

  1. Chord Gitar Kunci E

Chord Gitar Kunci E

Kunci gitar selanjutnya adalah E, posisikan jari telunjuk Anda pada senar ketiga kolom pertama. Kemudian untuk jari tengah letakkan di senar kelima kolom kedua, dan terakhir adalah jari manis perlu menekan senar keempat kolom kedua. Dalam memainkan gitarnya, Anda bisa lakukan pada semua senar.

  1. Chord Gitar Kunci Em

Chord Gitar Kunci Em

Kunci E minor ini tergolong dalam kunci gitar yang sangat mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menekan kunci dengan menggunakan dua jari saja, bisa jari manis dengan jari tengah. Yang pertama adalah jari tengah bisa menekan senar kelima kolom kedua, kedua adalah jari manis bisa menekan senar keempat kolom kedua. Untun memainkan sama dengan kunci E, yaitu semua senar bisa.

  1. Chord Gitar Kunci F

Chord Gitar Kunci F

Cara menerapkan kunci F hampir sama dengan kunci C, jari telunjuk bisa menekan senar pertama dan kedua pada kolom dua. Jari tengah dan jari manis, masing-masing menekan senar ketiga kolom kedua dan senar keempat kolom ketiga. Cara memainkan nya adalah dengan membunyikan semua senar kecuali senar keenam.

  1. Chord Gitar Kunci G

Chord Gitar Kunci G

Jika Anda belajar bermain gitar, maka kunci G adalah yang perlu Anda pelajaru pertama kali. Karena kunci ini menjadi dasar dari permainan gitar itu sendiri, Anda memerlukan dua jari untuk menekan. Pertama adalah jari telunjuk, tekan pada senar kelima kolom kedua. Selanjutnya adalah jari tengah, gunakan untuk menekan senat pertama kolom ketiga. Anda bisa membunyikan atau menggenjreng semua senar pada kunci G ini.

  1. Chord Gitar Kunci D7

Chord Gitar Kunci D7

Untuk kunci D7, Anda perlu menekan senar kedua kolom pertama dengan menggunakan jari telunjuk. Lalu jari tengah gunakan untuk menekan senar ketiga kolom kedua, dan jari manis posisikan pada senar pertama kolom kedua.

Kenali Nada Setiap Senar Fret atau Senar Terbuka

Kenali Nada Setiap Senar Fret atau Senar Terbuka

Gitar merupakan alat musik yang cara memainkan nya dengan dipetik senarnya. Jumlah senar pada gitar ada enam, dan memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Jika dilihat dari posisinya, maka senar yang paling tebal ada di atas sedangkan yang paling tipis ada di bawah. Jadi dari atas ke bawah, senarnya memiliki ketebalan yang berbeda secara berurutan. Dan senar yang paling tipis merupakan senar pertama sedangkan senar yang paling tebal adalah senar keenam.

Apabila diurutkan dari bawah ke atas, maka nada gitarnya secara berurutan adalah E B G D A E, dan supaya lebih ingat Anda bisa menggunakan singkatan “Ekspor Biji Gandung Dari Amerika Eropa”.  Jika Anda lupa urutan nadanya, maka ambil saja huruf pertama pada setiap kata.

Pahami Nilai Nada Berdasarkan Nilai Abjad dari A Hingga G

Pahami Nilai Nada Berdasarkan Nilai Abjad dari A Hingga G

Apabila Anda mengikuti tren dan cara bermain musik barat, maka Anda pasti tahu mengenai nada yang digunakan. Biasanya memang nada akan ditulis dengan abjad A hingga G, dan apabila nada suara berada di G maka secara otomatis akan kembali lagi ke A. Bukan nada A yang sebelumnya, melainkan nada A yang lebih tinggi, tetapi jika Anda rasa kunci sudah bergerak ke bawah dari papan fret ke arah badan gitar maka Anda bisa mengulagi nada kunci.

Oleh karena itulah mengapa nada dari fret nada E lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Secara berurutan dari tinggi ke rendah, nada fret dimulai dari E F G A, supaya lebih jelas lagi pembahasan nya adalah berikut ini.

  1. Nada akan dianggap lebih rendah apabila muncul sebelum siklus, maka nada B akan lebih rendah dibandingkan dengan nada C pada siklus selanjutnya.
  2. Sebaliknya, apabila setelah siklus muncul nada selanjutnya maka akan dianggap lebih tinggi. jadi bisa dibilang kalau nada E lebih tinggi jika dibandingkan dengan nada D sebelumnya.

Mengidentifikasi Nada-Nada Mol dan Kres pada Huruf

Mengidentifikasi Nada-Nada Mol dan Kres pada Huruf

Sebelun Anda mulai untuk mengidentifikasi, maka Anda perlu tahu dahulu apa itu nada kres dan nada mol. Nada kres merupakan nada yang letaknya berada tepat setelah huruf, lalu untuk nada mol adalah nada yang berada tepat sebelum nada. Sebenarnya nada kres dan mol ini bisa berganti, contohnya adalah di antara kunci C dan D akan dikatakan sebagai C kres maupun B mol.

Pada satu set nada yang lengkap maka akan mencakup sebagai berikut, A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G, G#. Dari nada-nada yang sudah diurutkan tadi, memang B dan E tidak memiliki kres. Makanya setelah E nada akan langsung menuju ke F karena tidak ada E#. Selain itu, nada C dan F mol juga tidak ada, jika Anda hapal rumus kunci nada gitar tersebut maka Anda bisa belajar dengan lebih mudah.

Ketahui dan Pahami 12 Fret Pada Gitar

Ketahui dan Pahami 12 Fret Pada Gitar

Jika diperhatikan lagi bagian detail dari gitar, maka Anda bisa tahu bahwa ada batang logam yang menonjol pada leher gitar. Batang logam yang mirip seperti sekat ini disebut dengan fret, dan apabila Anda menekan senar pada bagian itu maka akan memberi nada tertentu. Apabila Anda melakukan pergeseran di setiap fret, maka akan muncul nada beraturan tinggi rendahnya. Selain itu, pada fret yang kedua belas akan terjadi pengulangan nada dari awal. Bagian pengulangan nada pada fret ini biasanya memiliki tanda berupa dua titik di gitar.

Fret kedua belas memang lebih identik dengan nada yang dihasilkan oleh senar terbuka, dan nada akan terulang dengan pola yang sama. Jadi jika Anda mempelajari mengenai fret maka dari yang pertama hingga yang kedua belas saja, karena setelah itu yang muncul adalah nada yang sama.

Misalnya saja di fret kedua bellas memiliki nada yang semestinya E B G D A E jika dilihat senarnya dari bawah menuju ke atas. Maka, setelah itu akan terjadi nada yang terulang karena pada sebagian besar musik barat hanya memiliki total dua belas nada. Sehingga ketika sudah mencapai nada kedua belas, maka akan terjadi siklus pengulangan nada dari awal.

Cari Semua Nada Dasar Pada Senar Pertama

Cari Semua Nada Dasar Pada Senar Pertama

Nada dasar memang perlu Anda pelajari, jadi sebelum menerapkan kres dan mol nada dasar perlu Anda kuasai terlebih dahulu. Pada senar yang paling atas merupakan nada E atau senar yang keenam, di bagian inilah yang paling pas Anda gunakan untuk belajar bermain gitar. Sebagai pemula, tentunya Anda perlu mengenal nada-nada penting pada alat musik gitar. Biasanya nada penting ini ditandai dengan adanya titik padad papan fret, lebih jelasnya seperti berikut.

  1. Senar terbuka merupakan tempat nada E
  2. Fret pertama merupakan tempat nada F
  3. Fret ketiga merupakan tempat nada G
  4. Fret kelima merupakan tempat nada A
  5. Fret ketujuh merupakan tempat nada B
  6. Fret kedelapan merupakan tempat nada C
  7. Fret kesepuluh merupakan tempat nada D
  8. Fret kedua belas merupakan tempat nada E, pola nada ini harus diulang setelah ini.

 

Geser Satu Fret ke Bawah Maka Nada Naik Setengah

Geser Satu Fret ke Bawah Maka Nada Naik Setengah

Ketika Anda menerapkan fret pada gitar ketika memainkannya, maka Anda perlu mengerti penomorannya. Biasanya memang sudah ada nomornya supaya lebih mudah, dan dimulai dari nol. Misalnya saja nol merupakan senar terbuka dan satu merupakan fret yang terdekat dengan kepala gitar. Apabila Anda menggeser satu fret dari satu nada ke nada selanjutnya maka akan naik setengah nada.

Untuk nada kres dan mol juga termasuk, dan untuk melompati dua nada perlu satu langkah penuh. Dengan menaikkan satu fret, maka akan terjadi kenaikan setengah nada dari yang sebelumnya. Jika dirangkum setiap poin, maka berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Senar terbuka merupakan nada dari kunci E, dan biasanya adalah nada pertama dan menggunakan bagian senar yang paling atas.
  2. Fret pertama merupakan nada F dan berada di bagian senar paling atas.
  3. Fret kedua adalah nada F kres dan ada di senar paling atas.
  4. Fret ketiga adalah nada kunci G dan ada di senar paling atas..
  5. Ini terus berlaku pada fret selanjutnya hingga pada  bagian yang paling bawah, supaya lebih mudah Anda bisa memberi nama sendiri pada setiap senar gitar. Apabila Anda rasa sudah benar, maka bisa mengulang kembali nada E pada fret yag ke dua belas.

Tips Belajar Gitar Mudah Pemula

  1. Pelajari Nada

Jika Anda belajar bermain gitar, maka berarti Anda juga mempelajari musik. Oleh karena itu, Anda perlu  mengenal nada sebelum belajar bermain gitar. Mengingat nada merupakan unsur utama dalam musik, sehingga jika Anda buta nada maka tidak akan bisa menghasilkan musik yang baik. Untuk dasar nada mungkin Anda sudah sangat familiar yaitu do re mi fa so la si do, minimal Anda harus hafal itu.

Tetapi, jika Anda sudah lancar pada nada dasar dan ingin memelajari nada lanjutan maka akan lebih bagus lagi. Secara tidak langsung, hal ini akan membuat keahlian Anda dalam bermain alat musik seperti gitar menjadi meningkat. Tetapi jika Anda masih pemula, maka fokuskan dahulu memelajari nada-nada dasar musik. Karena selain hapal, Anda juga perlu bisa menafsirkan apakah nada tersebut benar dan masuk pada lagu.

  1. Pelajari Kunci Dasar

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk belajar bermain gitar adalah mempelajari kunci gitarnya. Tentunya kunci yang dasar terlebih dahulu, sebab yang dasar inilah yang menjadi pondasi dan bisa menggiring alunan gitar pada sebuah lagu. Yang pasti, langkah pertama untuk mempelajari kunci gitar adalah dengan menghapalkannya, supaya bisa lebih paham maka Anda bisa sambil praktek langsung.

Ulangi usaha Anda ini hingga Anda merasa hapal kunci gitar di luar kepala. Jari tangan Anda juga tidak boleh kaku ketika memainkan gitar, karena jika kaku akan menyulitkan ketika pindah kunci nada. Supaya terbiasa, Anda bisa mencoba pindah kunci secara rutin dan melakukan senam jari.

  1. Pelajari Kunci Tingkat Lanjut

Apabila Anda merasa bahwa kunci dasar bukanlah sebuah masalah dan benar-benar sudah dikuasai. Maka selanjutnya Anda bisa belajar mengenai kunci gitar tingkat lanjutan, yang tentunya lebih sulit. Kunci gitar tingkat lanjut ini biasanya terdapat minor, mol, kres, dan sebagainya. Selain itu, ada juga kunci gitar yang disebut sebagai kunci tegak. Untuk memelajarinya, Anda bisa secara perlahan saja danjangan terburu-buru.

Karena memang kunci tingkat lanjut juga tidak wajib dipelajari semuanya, pilih yang sering dipakai di lagu saja juga tidak apa-apa. Misalnya saja seperti kunci minor, jenis kunci tingkat lanjutan ini memang lebih banyak digunakan bersama mayor. Tetapi bukan berarti Anda tidak boleh belajar kunci tingkat lanjutan, karena memang ini tidak wajib saja.

  1. Berlatih Memainkan Lagu

Jika Anda sudah tidak mengalami masalah dengan kunci gitar, maka selanjutnya Anda bisa mempraktekkan nya. Caranya Adan dengan memainkan sebuah lagu, tentu untuk pemula cari lagu yang sederhana kuncinya. Namun tetap saja, setidaknya Anda sudah hapal dan menguasai kunci gitar mayor dan minor. Apabila Anda berhasil memainkan lagu yang mudah dan sudah terbiasa, maka selanjutnya bisa menambah tingkat kesulitan lagunya.

Indikasi Anda sudah menguasai permainan gitar pada lagu sederhana adalah ketika Anda sudah bisa dengan mudah mengganti kunci lagu. Ketika Anda memainkan berbagai judul lagu sederhana juga bukan masalah besar, maka Anda bisa mencoba lagu yang lebih sulit untuk dimainkan. Misalnya saja seperti lagu yang memiliki suasana enerjik dan ceria.

  1. Berlatih Secara Teratur

Latihan memang sangat penting dalam proses belajar, mengingat memang dengan latihan bisa membuat Anda terbiasa. Misalnya saja Anda sedang belajar matematika, maka Anda perlu mengerjakan latihan soal supaya bisa menghitung. Lain lagi jika hanya dengan sekali teori dan sekali latihan, maka Anda akan mudah lupa dengan formula atau rumusnya. Begitupun dengan belajar bermain musik khususnya gitar, jika Anda tidak berlatih secara teratur maka bisa lupa dengan kuncinya.

Bisa dikatakan bahwa ilmu pengetahuan saja tanpa latihan dan realisasi itu percuma saja. Sekalipun Anda mengetahui banyak mengenai gitar, teknik bermainnya, hingga kunci sulitnya jika tidak banyak berlatih itu percuma saja. Beda lagi jika Anda hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang gitar namun memiliki tekad belajar yang kuat dan rajin berlatih, maka Anda bisa menguasai permainan gitar secara nyata. Atau bahkan jika Anda sungguh-sungguh, maka bisa memainkan lagu dari berbagai genre.

Terlebih lagi jika Anda belajar bermain gitar secara autodidak atau sendiri, maka melakukan latihan rutin itu wajib. Dengan banyak berlatih juga bisa membuat jari Anda semakin terbiasa dan lincah ketika berpindah kunci lagu. Apabila Anda sudah bisa menguasai permainan gitar biasa, maka bisa juga mencoba jenis gitar lain. Karena memang ada banyak jenis gitar sekarang ini, seperti gitar listrik, gitar akustik, gitar elektrik, serta berbagai jenis gitar lainnya.

Dari jenis-jenis gitar tersebut memang sebenarnya dikelompokkan menjadi empat kategori. Yaitu ada gitar bass, gitar elektrik, gitar mini, dan gitar akustik, dalam empat kategori tersebut terdapat delapan belas jenis gitar yang berbeda.

Memainkan alat musik memang menjadi pilihan, ada yang digunakan sebagai pekerjaan dan ada juga yang hanya untuk hiburan saja. Begitupun dengan alat musik gitar, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai hiburan. Jika Anda ingin terhibur dengan iringan musik gitar, namun tidak bisa maka Anda perlu belajar. Apalagi gitar termasuk alat musik yang mudah dimainkan, asalkan bisa menguasai nada dan kunci maka jalan pembelajaram Anda semakin baik.

12+ Chord Gitar Dasar Yang Harus Anda Anda Pelajari Sebelum

Leave a Reply