5+ Cara Unreg Kartu Yang Hilang Berbagai Operator Paling Mudah Tidak Ribet 2021

Cara Unreg Kartu Yang Hilang – Bagi yang HP-nya hilang, kartu SIM di dalamnya pasti ikut hilang. Jika demikian, Anda harus tahu cara unreg kartu yang hilang dan kemudian meminta ganti kartu SIM ke operator. Biasanya pihak operator akan memberi kartu SIM dengan nomor yang sama.

Perlu diingat, cara unreg kartu SIM harus segera dilakukan melalui operator seluler yang berkaitan. Misalnya, Anda yang kehilangan kartu Mentari bisa langsung menghubungi customer service Indosat dan sebagainya.

Cara Unreg Kartu Yang Hilang Paling Mudah Untuk Dilakukan

Setelah menghubungi customer service, biasanya pihak operator menambahkan nomor hilang ke semacam list sehingga nomor tersebut tidak bisa dipakai di jaringan manapun. Hal tersebut membuat kartu SIM tidak dapat digunakan oleh siapapun.

Pihak operator tidak ikut bertanggung jawab untuk segala pelanggaran yang dilakukan lewat kartu SIM tersebut. Itulah alasan kenapa Anda harus segera unreg kartu yang hilang supaya tidak mengalami hal yang merugikan nantinya.

Untuk unreg kartu hilang sebenarnya sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. Setiap operator sudah menyediakan cara yang berbeda-beda. Bagi yang ingin tahu, simak saja cara unreg kartu SIM hilang berikut;

1. Unreg kartu XL yang hilang

Unreg kartu XL yang hilang

Bagi yang memiliki kartu XL prabayar atau pascabayar dan hilang, Anda tidak usah khawatir. Cara unreg kartu XL yang hilang bisa dibilang sangat mudah dan tidak ribet. Dimana Anda tinggal menghubungi Call Center XL 817 saja.

Selanjutnya pihak operator akan langsung melakukan pemblokiran terhadap kartu XL yang hilang. Biasanya Anda harus melakukan verifikasi data pelanggan yang sesuai dengan data ketika registrasi di nomor 4444 dahulu.

Setelah kartu XL selesai diblokir, pelanggan dapat segera ke gerai untuk mendapat ganti kartu SIM baru dengan nomor yang sama dengan yang hilang tadi. Sebelum pergi, bawa dokumen penting yang dibutuhkan. Dokumen tersebut meliputi KTP dan KK.

2. Unreg kartu Telkomsel yang hilang

Cara unreg kartu yang hilang dari Telkomsel bisa langsung dilakukan dengan pergi ke gerai Grapari langsung. Anda cukup menggunakan mesin MyGrapari yang sudah disediakan untuk unreg kartu Telkomsel yang hilang.

Sebelum itu, siapkan dulu beberapa identitas diri yang diperlukan, berupa KTP, kartu keluarga, dan juga 2 nomor yang terakhir yang sempat dihubungi melalui kartu yang hilang. Dua nomor yang dimaksud harus 2 bulan terakhir. Untuk langkah lengkapnya bisa cek tutorial berikut;

  • Pastikan sudah membuka mesin MyGrapari sebelum unreg kartu Telkomsel yang hilang
  • Setelah itu, di mesin MyGrapgharki bisa memilih menu Pelanggan Telkomsel

Setelah itu, di mesin MyGrapgharki bisa memilih menu Pelanggan Telkomsel

  • Selanjutnya pilih menu Kartu SIM Hilang/Rusak di mesin
  • Masukkan nomor yang ingin diganti karena hilang tersebut
  • Masukkan nomor KTP dan juga Nomor Keluarga untuk validasi data pelanggan nantinya
  • Setelah semua beres, mesin langsung mengeluarkan SIM card baru dengan nomor yang sama dari kartu yang hilang tersebut

Setelah semua beres, mesin langsung mengeluarkan SIM card baru dengan nomor yang sama dari kartu yang hilang ttersebut

Bagaimana jika tidak ada waktu untuk pergi ke Grapari terdekat/. Tenang karena pihak operator sudah menyediakan cara unreg kartu yang hilang lainnya. Pelanggan tinggal menghubungi pihak customer service di nomor 188 saja/

Jangan lupa menyiapkan data identitas diri yang sesuai dengan verifikasi data yang dilakukan di nomor 4444 lalu. Jika verifikasi dilakukan dengan benar, pihak operator akan memblokir kartu dan Anda akan mendapat nomor baru yang sama dengan nomor yang hilang tadi

3. Unreg kartu Indosat yang hilang

Unreg kartu Indosat yang hilang

Sama dengan operator seluler sebelumnya, Indosat juga menyediakan layanan customer service serta gerai Indosat bagi pengguna yang merasa kehilangan kartu SIM-nya. Tujuannya agar kartu SIM yang hilang tidak digunakan semena-mena oleh pelakunya.

Untuk unreg kartu Indosat, caranya tidak terlalu sulit. Dimana Anda hanya menghubungi customer service Indosat di nomor (021) 30003000 saja. Sebelum menghubungi pihak customer service, pastikan sudah memenuhi beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Dimana syarat yang harus dipenuhi adalah menyiapkan identitas diri yang sesuai dengan verifikasi di nomor 4444 saat pendaftaran dulu. Jika data yang diberikan sesuai dengan verifikasi di nomor 4444, nomor yang hilang akan langsung diblokir dan tidak bisa dipakai oleh siapapun.

Selain menghubungi pihak customer service, cara unreg kartu yang hilang juga bisa langsung ke gerai Indosat terdekat. Bawa berkas atau dokumen seperti KK atau KTP seperti di atas. Biasanya Anda akan mendapat SIM baru dengan nomor yang sama dengan kartu yang hilang.

4. Unreg Kartu 3

Cara unreg kartu 3 yang hilang, mati atau terblokir tidaklah sulit. Anda bisa mengaksesnya lewat website resmi 3 yang sudah disediakan. Untuk tutorial lengkapnya bisa simak ulasan berikut;

  • Akses dulu website Tri resmi di tautan https://registrasi.tri.co.id
  • Nantinya di halaman utama, Anda harus memilih dua pilihan berbeda, yakni ingin Unreg atau Registrasi Kartu Prabayar. Karena ingin membatalkan pendaftaran, maka pilih saja Unreg.

Nantinya di halaman utama, Anda harus memilih dua pilihan berbeda, yakni ingin Unreg atau Registrasi Kartu Prabayar

  • Masukkan data yang dipakai ketika registrasi saat pendaftaran dulu. Ketikkan nomor Tri dan juga NIK di kolom yang sudah disediakan

Masukkan data yang dipakai ketika registasi saat pendaftaran dulu. Ketikkan nomor Tri dan juga NIK di kolom yang sudah disediakan

  • Berikutnya tekan menu minta kode rahasia. Kode tersebut dikirimkan ke nomor Tri yang akan diunreg
  • Masukkan kode rahasia yang didapat di kolom yang sudah disediakan. Kode ini hanya berlaku 5 menit saja. Jadi Anda harus cepat setelah mendapat kode yang dimaksud.
  • Tekan “I’am not robot” untuk validasi dan klik kirim untuk melanjutkan
  • Selesai, kartu 3 sudah diunreg

Khusus kartu 3 memang hanya bisa dilakukan jika kartu SIM Anda masih ada. Jika tidak, tentu unreg tidak bisa dilakukan. Untuk langkah tanpa kartu sim bisa menghubungi pihak CS. Biasanya Anda juga hanya disuruh menyediakan data KK dan NIK saja.

5. Unreg kartu yang tidak digunakan

Unreg kartu yang tidak digunakan

Bagi pelanggan yang sering memakai beberapa kartu SIM sekaligus, Anda harus melakukan registrasi di setiap kartu yang digunakan terlebih dahulu. Jika tadinya pihak pemerintah hanya memperbolehkan satu pengguna hanya bisa memakai 3 kartu SIM saja. tapi kini hal tersebut diubah.

Pelanggan bisa menggunakan dan melakukan registrasi kartu sesuai kebutuhannya masing-masing. Registrasi dilakukan agar tidak ada penyimpangan ketika menggunakan kartu SIM, seperti terorisme, berita bohong keamanan transaksi hingga penipuan.

Setiap operator seluler juga menyediakan fasilitas cara unreg kartu yang hilang. Artinya dapat dibatalkan dengan NIK dan nomor KK. Bagi yang menggunakan beberapa kartu SIM dan tidak digunakan, ada baiknya unreg kartu. Untuk caranya sebagai berikut:

  • Unreg kartu Telkomsel, bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS dengan format UNREG#NomorNIK. Contohnya UNREG#1234567890 dan kirimkan ke 4444. Nantinya ada pemberitahuan yang berkaitan dengan unreg tersebut.
  • Unreg kartu Indosat, bisa dengan mengirimkan SMS dengan format UNREG#NomorNIK atau UNPAIR#NOMORHP. Misalnya, UNPAIR#081245534343 dan kirimkan ke 4444.
  • Unreg kartu XL dan Axis sama karena ada di satu perusahaan yang sama. Anda bisa menggunakan fitur SMSM dengan mengetikkan Unreg#NomorHP. Misalnya, Unreg#091434535353 dan kirimkan ke 4444.
  • Unreg kartu smartfren, untuk unregnya Anda bisa mengirimkan SMS dengan format UNREG#NomorNIK dan kirim ke 4444. Misalnya, Unreg#098762343434.

Cara unreg kartu yang hilang memang harus Anda ketahui dengan baik. Jika nanti HP hilang dan didalamnya ada kartu penting, Anda bisa langsung unreg saat itu juga.

5+ Cara Unreg Kartu Yang Hilang Berbagai Operator Paling Mudah Tidak Ribet 2021

Advertisements

Add Comment