Site icon Sekolahnesia

7+ Kumpulan Cara Clean printer Segala Merek Termudah No Ribet

Cara Clean printer – Apakah Anda memiliki printer di rumah? Jika iya, apakah printer tersebut sudah dibersihkan secara berkala? Sangat penting untuk clean printer demi memastikan kebersihan dan kesehatan mesin tersebut sehingga bisa lebih awet dan tahan lama.

Printer sendiri merupakan mesin untuk mencetak file dokumen ke permukaan kertas. Apabila printer tidak bersih, sering kali muncul noda pada hasil cetakan. Tentunya kecacatan seperti ini sangat mengganggu dan harus segera diatasi.

Cara Clean printer Berbagai Merk

Seperti yang diketahui, bahwa ada banyak merek printer beredar luas di pasaran. Kualitas dari mesin pencetak tersebut juga tidak perlu diragukan lagi. Akan tetapi, Anda sebagai pembeli juga harus mempertimbangkan spesifikasi mesin dan harga.

Setelah memiliki printer, Anda hendaknya melakukan pembersihan mesin secara rutin. Tujuannya untuk menghindari pembekuan tinta yang akan membuat mesin menjadi rusak. Selain itu, kotoran juga bisa membuat bercak noda pada kertas hasil cetakan.

1. Cara Clean printer Epson

Cara membersihkan printer itu cukup unik. Memang benar, bagian luar printer hendaknya dibersihkan menggunakan lab basah setiap beberapa waktu. Akan tetapi, pembersihan bagian mesin pencetak cukup berbeda. Anda tidak perlu melakukan pembongkaran mesin dan mencucinya dengan air.

Pembersihan ini bisa dilakukan menggunakan bantuan program yang sudah terpasang di dalam perangkat PC. Untuk melakukannya dengan tepat, silahkan mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan berikut ini.

Catatan: Print Nozzle Check Pattern digunakan untuk melakukan pemeriksaan apakah printing sudah baik atau belum. Jika tidak ingin melakukan pemeriksaan ini, maka Anda boleh memilih menu Finish.

Apabila setelah dilakukan pembersihan tapi masih terjadi beberapa kesalahan, maka proses cleaning bisa dilakukan ulang.

2. Cara Clean printer Canon

Pastinya Anda sangat mengenal tentang  merek Canon. Merek ini memiliki pangsa pasar yang sudah sangat besar. Hal tersebut disebabkan oleh branding yang sangat kuat dan kualitas produk terhitung sangat baik.

Meski begitu, kualitas dari merek ini ditentukan oleh harganya. Selain itu, alat printing dari mesin ini memiliki kualitas cukup rendah dibandingkan lainya. Oleh karena itu, diperlukan pembersihan setiap beberapa waktu tertentu demi mempertahankan kualitasnya.

Untuk itu, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan berikut ini untuk melakukan pembersihan printer.

Catatan: Apabila Anda tidak ingin melakukan pemeriksaan hasil pembersihan, maka bisa langsung mengklik ikon Finish maupun Close.

Tidak hanya itu, ada dua pilihan clean printer yang bisa Anda pilih, semua itu tergantung kepada kerusakan dan berapa lama printer tidak digunakan. Jika kendala masih sangat kecil, Anda boleh memilih menu Cleaning saat kendala tidak terlalu besar atau Deep Cleaning jika kerusakan cukup parah.

3. Cara Clean printer HP

Ada cukup banyak merek printer yang bisa dipilih, salah satunya adalah printer HP. Harga yang ditawarkan oleh mesin pencetak dokumen ini cenderung cukup murah. Tapi memang, pangsa pasar yang dimilikinya tidak seluas dua merek sebelumnya, yaitu Epson dan Canon.

Dilihat dari segi kualitas printing, hasil pencetakan dokumen menggunakan printer HP bisa dibilang sangat bagus. Kelemahannya, cartridge pada merek ini sering kali kering dan tersumbat. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembersihan beberapa kali saat sudah lama tidak digunakan.

Untuk melakukan pembersihan cartridge pada printer HP bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Catatan: setelah hasil pengujian keluar dan tidak sesuai dengan harapan, maka Anda hendaknya mengulangi proses tersebut beberapa kali. Jika masih belum berhasil juga, pilih opsi Second Level Clean. Apabila cara ini tidak berhasil juga, segera gantilah cartridge Anda.

Apabila bagian cartridge tersumbat pada jarumnya dan tidak bisa diperbaiki dengan cara tadi, maka segera ganti bagian tersebut. Sebab, pembersihan yang dilakukan manual akan membuat lubang pada jarum cartridge menjadi lebar dan tinta bisa menyebar kemana-mana.

4. Cara Membersihkan Printer Merk Brother

Kebersihan mesin printer hendaknya selalu dijaga. Tujuannya agar kerusakan tidak diinginkan akibat debu yang menempel tidak terjadi. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda mengelap permukaan mesin menggunakan lap basah (jangan terlalu basah) jika sudah terlihat cukup kotor.

Hal yang sama juga perlu dilakukan untuk printer merek Brother. Merek ini memang cukup asing ditelinga sebagian orang. Meski begitu, kualitas cetakan bisa dibilang cukup bagus dengan harga mesin yang cenderung lebih murah dibandingkan lainnya.

Terdapat satu keunikan dari merk Brother dibandingkan lainnya. Proses pembersihan tidak memerlukan bantuan PC, hanya saja ada beberapa kombinasi tombol yang bisa dimasukan untuk menjalankan fungsinya dengan sangat baik.

Untuk membersihkan bagian cartridge pada printer Brother, Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah yang akan diuraikan dibawah ini.

Catatan: kami sangat menyarankan untuk melakukan proses ini maksimal 5 kali jika terjadi kegagalan pembersihan. Sebab, mungkin saja kotoran tinta tidak berada di cartridge, tapi pada bagian lainnya. Oleh karena itu, segera hubungi reparasi terdekat untuk melakukan perbaikan printer.

5. Cara Membersihkan Printer Samsung

Samsung merupakan perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang telah mendunia. Produsen ini terkenal akibat kualitas produknya. Tidak terkecuali untuk produk printer. Meski harganya lebih mahal dibandingkan yang lain, kualitasnya sangat memuaskan.

Pembersihan perangkat ini bisa dilakukan menggunakan lap basah (jangan terlalu basah) dengan mengelap seluruh permukaanya. Untuk bagian kaca scanning, Anda disarankan untuk menggunakan kain halus bersama dengan penyemprot kacamata.

Membersihkan cartridge juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti prosedur berikut ini untuk melakukan pembersihan printer Samsung.

Catatan: pembersihan printer seperti ini hendaknya dilakukan beberapa hari sekali apabila memang cukup sering digunakan. sebab, tinta bisa membeku di bagian cartridge dan membuatnya menjadi rusak. Lain cerita jika digunakan setiap hari, maka mesin hanya perlu di lap permukaanya saja.

6. Cara Membersihkan Printer Kodak

Apakah Anda tidak asing dengan merek Kodak? Hal tersebut sudah sangat wajar. Apalagi Anda sekarang berusia kisaran 20 tahunan ke atas. Kodak sendiri merupakan produsen foto film yang sangat eksis jaman dulu. Hampir setiap jepretan kamera menggunakan rol film dari perusahaan ini.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu perusahaan ini semakin tenggelam ditelan zaman. Munculnya banyak produsen yang lebih kompetitif menjadi salah satu alasan terbesar runtuhnya Kodak. Meski begitu, perusahaan ini masih berusaha bertahan dengan membuat berbagai produk baru, salah satunya printer.

Printer Kodak memang tidak semodern merek lainnya. Sistem kerjanya juga masih cukup sederhana dan mudah dipahami. Pembersihannya juga tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu membasuh bagian luar dengan kain sedikit basah sampai debu  hilang.

Bagian dalamnya sendiri juga perlu dibersihkan untuk menghilangkan debu yang masuk kedalamnya. Buka penutup bagian atas mesin ini kemudian lap bagian dalam menggunakan kain halus dan kering. Tujuannya agar material logam didalamnya tidak berkarat.

Saat membersihkan bagian cartridge harus sangat berhati-hati. Sebab bagian ini merupakan tangannya printer. Jika tidak ada bagian ini, mesin pencetak tersebut tidak akan bisa mencetak dokumen ke dalam kertas sesuai kemauan.

7. Cara Clean printer Fuji Xeros

Perlu Anda ketahui bahwa ada merek printer lain disamping yang sudah disebutkan di atas. Untuk kualitasnya sendiri mungkin memang cukup berbeda yang akhirnya berakibat kepada ketidak populerannya.

Salah satu printer tersebut bermerek Fuji Xeros. Padahal, dulu sekali Fuji memiliki peran sangat besar dalam dunia fotografi. Kamera dari perusahaan ini terkenal dengan kualitasnya yang sangat memukau. Untuk bisa terus bertahan ditengah zaman, Fuji mulai membuat perangkat seperti printer.

Pembersihan printer seperti ini juga cukup mudah, namun masih diperlukan keahlian untuk melakukan pembongkaran. Pada bagian luar mesin, Anda hanya perlu mengelapnya secara berkala agar tidak ada debu yang bisa masuk.

Selain itu, bagian dalam printer membutuhkan perlakuan khusus. Perlakuan ini berupa pembongkaran dan penggelapan mesin secara manual. Langkah ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak komponen printer yang lainya.

Menggunakan printer untuk mencetak dokumen ke dalam kertas sangat mungkin dilakukan. Akan tetapi, masih sering terjadi masalah seperti kotornya masih sehingga perlu dilakukan pembersihan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

7+ Kumpulan Cara Clean printer Segala Merek Termudah No Ribet

Exit mobile version