20+ Hiasan Kelas Yang Bagus, Cantik (Terupdet) 1

20+ Hiasan Kelas Yang Bagus, Cantik (Terupdet)

Hiasan Kelas – Para siswa akan lebih semangat belajar jika keadaan ruang kelas terlihat bersih dan rapi. Bahkan, kondisi kelas memiliki pengaruh hampir 50% terhadap kenyamanan para siswa dalam menyerap materi pelajaran. Jadi, dapat dikatakan jika salah satu penentu semangat belajar siswa terletak pada kondisi ruang kelasnya, terutama bagi jenjang pendidikan TK hingga SMP.

Sebagai seorang guru, Anda harus dapat menciptakan suasana kelas yang nyaman agar para siswa merasa mudah dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Anda dapat mengajak para siswa untuk membuat berbagai macam kerajinan sebagai hiasan agar kelas tampak menjadi lebih indah dan menyenangkan.

Pengertian Hiasan Kelas

Pengertian Hiasan Kelas

Salah satu hal yang mempengaruhi malas rajinnya siswa dalam belajar adalah kondisi ruang kelas. Oleh sebab itu, agar siswa nyaman dalam mengikuti pelajaran, kelas perlu dihias sebaik mungkin. Yang dimaksud hiasan kelas disini adalah sebuah karya seni yang diaplikasikan pada ruang kelas hasil dari kreativitas guru, siswa, petugas lain ataupun kerjasama diantaranya.

Guru dapat bekerja sama dengan siswa maupun petugas lain untuk mendekorasi kelas. Hasil karya tersebut kemudian dipasang di kelas untuk menambah semangat anak-anak dalam belajar.

Tujuan Hiasan Kelas

Tujuan Hiasan Kelas

Memberikan hiasan pada ruang kelas memiliki tujuan untuk membuat suasana kelas menjadi lebih nyaman dan menyenangkan sehingga para siswa termotivasi untuk belajar. Siswa akan mampu belajar dengan maksimal dan materi pelajaran pun dapat diserap dengan baik. Semangat belajar mereka pun juga akan semakin meningkat.

Jika kelas memiliki hiasan yang indah, maka pikiran siswa tidak akan tertuju pada hal-hal lain yang berada di luar kelas. Mereka hanya akan fokus terhadap kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Siswa akan belajar dengan senang, fokus, maksimal dalam menyerap materi, dan akan menjadi anak yang mudah untuk berkembang.

Cara Membuat Hiasan Kelas

Cara Membuat Hiasan Kelas

Banyak bahan maupun cara yang dapat Anda gunakan untuk menghiasi kelas. Anda dapat memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai maupun kertas origami. Untuk menghasilkan karya yang luar biasa dari bahan yang sederhana, maka diperlukan kreativitas yang tinggi. Dan pada dasarnya, setiap orang memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif.

Di bawah ini akan diberikan berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menghias kelas agar tampak lebih unik dan indah. Selain itu, terdapat pula jenis-jenis hiasan kelas yang dapat Anda pilih untuk diaplikasikan pada ruang belajar siswa.

Jenis–jenis Hiasan Kelas

Terdapat berbagai jenis hiasan kelas yang dapat Anda pilih, diantaranya yaitu :

1.        Hiasan Menggunakan Kertas Origami

1.        Hiasan Menggunakan Kertas Origami

Banyak bentuk lucu dan unik yang dapat Anda buat menggunakan kertas origami. Namun sebelumnya, Anda harus belajar melipat, merangkai, dan menempel kertas origami terlebih dahulu. Jika Anda mampu membuat berbagai bentuk origami sesuai dengan keinginan anak didik maka mereka akan menjadi lebih semangat dalam belajar.

Anda dapat melihat berbagai tutorial membuat variasi bentuk dari kertas origami melalui media sosial, seperti YouTube, Google, ataupun Pinterest. Semakin banyak hasil karya Anda maka semakin indah pula hiasan kelas tersebut.

2.        Dekorasi Sesuai dengan Animasi yang Sedang Disukai oleh Anak-anak

2.        Dekorasi Sesuai dengan Animasi yang Sedang Disukai oleh Anak-anak

Bagi Anda yang hobi menggambar dapat menuangkan kreativitas dengan membuat gambar animasi yang sedang disukai oleh anak-anak. Hiasan kelas yang satu ini sangat cocok diaplikasikan pada jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Dibutuhkan alat gambar khusus untuk membuat hiasan kelas yang satu ini karena pengaplikasian nya biasanya pada dinding kelas.

Banyak yang menyebut hiasan kelas ini dengan nama lukisan dinding. Ciri khasnya yang unik membuat hiasan kelas menggunakan gambar animasi terkesan lebih unik dan menarik.

3.        Menghias Menggunakan Bahan-bahan Bekas yang Sudah Tidak Terpakai

3.        Menghias Menggunakan Bahan-bahan Bekas yang Sudah Tidak Terpakai

Jenis hiasan kelas yang satu ini biasanya akan diberikan oleh guru kesenian kepada para siswanya. Untuk siswa jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya akan diberikan tugas untuk membuat suatu kerajinan menggunakan bahan yang sudah tidak digunakan lagi.

Hasil kreasi mereka akan diaplikasikan pada ruang kelas untuk membuatnya menjadi lebih indah dan nyaman. Selain itu, hal tersebut juga sebagai bukti dari kreativitas yang dimiliki oleh para siswa.

Ide Menghias atau Dekorasi Kelas

Bagi siswa pra sekolah dan anak-anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK), kelas berperan sebagai tempat untuk menuangkan kreativitas yang mereka miliki. Ruang kelas juga berperan sebagai tempat untuk menentukan generasi bangsa dan tempat belajar. Oleh sebab itu, membuat ruang kelas menjadi tempat yang disukai anak-anak adalah hal yang penting dilakukan.

Anak-anak akan merasa betah dan nyaman di dalam kelas jika Anda mendekorasinya dengan berbagai hiasan kelas yang menarik. Ruang kelas juga membantu anak-anak untuk lebih produktif dalam menuangkan pikiran mereka. Melibatkan para siswa untuk membuat hiasan kelas juga menjadi cara terbaik bagi mereka untuk berkreasi.

Terdapat beberapa ide membuat hiasan kelas yang dapat Anda ikuti, diantaranya adalah :

1.        Menghias Kelas dengan Tema Karnaval

1.        Menghias Kelas dengan Tema Karnaval

Jika Anda ingin menghidupkan semangat belajar para siswa, cobalah untuk menghias kelas dengan warna yang terang atau mencolok. Warna ini sangat cocok diaplikasikan untuk menghias kelas dengan tema karnaval. Pilihlah warna yang menjadi ikon utama sehingga menghasilkan suasanan kelas yang bahagia dan ceria.

Anda dapat memilih warna kuning, biru muda, atau merah untuk menampilkan kesan ceria. Kemudian, padukan warna-warna tersebut dengan warna hitam (warna sekunder). Untuk lebih menarik para siswa, Anda juga dapat menambahkan hiasan-hiasan menarik lainnya. Ruang kelas Taman Kanak-kanak (TK) biasanya memilih tema ini untuk menarik para siswanya.

2.        Menghias Kelas dengan Tema Bawah Laut

2.        Menghias Kelas dengan Tema Bawah Laut

Ruang baca atau tempat baca banyak yang menggunakan tema bawah laut untuk menampilkan kesan lucu dan unik. Jadi, tema ini jarang digunakan untuk menghias ruang kelas utama yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Tema ini menggambarkan suatu ruang baca di bawah laut dengan warna dominan hijau dan biru.

Wallpaper dinding akan memberikan visual laut  untuk dekorasi ini. Warna biru muda, ungu, dan biru tua menjadi warna utama dalam pembuatan art paper. Kemudian, Anda dapat menambahkan hiasan gurita atau ikan sehingga menambah kesan alami. Agar lebih indah, Anda juga dapat menambahkan hiasan berupa tempat untuk bermain bola pantai.

3.        Menghias Kelas dengan Tema Mekanik

3.        Menghias Kelas dengan Tema Mekanik

Anda akan membutuhkan pernak-pernik mekanik seperti baut, ring, dan hiasan roda bergerigi jika ingin mengaplikasikan tema mekanik untuk ruang kelas. anda juga harus bermain warna saat ingin menggunakan tema ini. Sedangkan untuk bentuk dekorasi dan jenis hiasan lainnya, Anda dapat memanfaatkan kertas origami atau kertas lipat.

Hiasan kelas dengan tema mekanik sangat cocok diaplikasikan untuk ruang belajar yang memiliki alat peraga, misalnya sekolah di bidang mekanik atau robotik yang biasanya membuat robot atau lego. Selain membuat kelas menjadi lebih indah, menghias kelas juga berfungsi untuk mengatur dengan rapi barang-barang siswa.

4.        Menghias Kelas dengan Dominasi Warna Hitam Putih

4.        Menghias Kelas dengan Dominasi Warna Hitam Putih

Desain yang banyak digunakan untuk menghias ruang kelas jenjang pendidikan Taman Kanak-kana (TK) adalah dominasi warna hitam putih. Tema ini biasanya digunakan untuk kelas yang memiliki peralatan lengkap, yaitu adanya ruang bermain, pantry, ruang berkumpul, ruang guru, ruang belajar, dan perpustakaan mini dalam satu kelas.

Warna hitam putih atau mookrom digunakan sebagai warna dasar ruang kelas. Sedangkan untuk perlengkapan lainnya, seperti kursi dan meja menggunakan warna yang berbeda. Warna yang dipilih biasanya kontras dengan warna dasar ruangan tersebut. Beberapa hiasan yang sering digunakan yaitu bunga-bunga dari kertas origami dan segitiga warna-warni.

Kelas yang indah dan nyaman akan tercipta melalui perpaduan perabotan kelas dengan warna yang cerah dan warna dasar ruangan yang gelap. Anda juga dapat menambahkan rumbai-rumbai gantung dari kertas pada bagian langit-langit kelas. Pilihlah warna yang terang untuk membuat rumbai-rumbai tersebut.

5.        Menghias Kelas Menggunakan Tema Kemah

5.        Menghias Kelas Menggunakan Tema Kemah

Memang kita harus kreatif untuk menarik kecintaan anak-anak dalam membaca. Selain itu, kita juga harus mengikuti imajinasi yang dimiliki anak-anak. Dengan memilih tema kemah sebagai hiasan pada ruang baca anak-anak diharapkan minat baca yang mereka miliki akan semakin bertambah.

Usahakan membuat ruang baca semirip mungkin dengan suasana outdoor, sediakan sofa untuk duduk saat membaca, dan taruhlah tenda pada ruang baca tersebut. Selain itu, untuk menambah kesan alami, Anda dapat memberikan hiasan daun-daun dan tanaman serta hiasan balon api dan api unggun.

Dengan dekorasi yang unik dan lucu tersebut, anak-anak akan menjadi senang membaca di ruangan tersebut.

6.        Menghias Kelas Menggunakan Tema Warna–warni

6.        Menghias Kelas Menggunakan Tema Warna–warni

Bagi Anda yang ingin mengenalkan berbagai warna pada anak-anak, dapat mengaplikasikan hiasan kelas dengan tema warna-warni. Pada dasarnya, tema ini merupakan tema polkadot tetapi memberikan sentuhan warna yang bervariasi. Balon besar digunakan sebagai pernak-pernik dekorasi, kemudian agar lebih indah ditambahkan hiasan polkadot yang dibuat dari kertas warna-warni.

Melalui hiasan kelas dengan tema warna-warni juga dapat mengajarkan anak-anak untuk menyimpan barang milik pribadinya lalu disusun sesuai dengan warna barang tersebut. Selain itu, tema ini juga akan membuat anak aktif bertanya sehingga mental dan kecerdasan anak akan semakin berkembang. Mereka juga mampu menyalurkan rasa keingintahuannya.

7.        Menghias Dinding Kelas dengan Polkadot Kertas Origami

7.        Menghias Dinding Kelas dengan Polkadot Kertas Origami

Banyak hiasan kelas yang dapat Anda aplikasikan untuk mendekorasi kelas, salah satunya adalah polkadot. Hiasan polkadot ini menggunakan kertas origami warna-warni yang cantik. Untuk membuat hiasan kelas menggunakan tema ini, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah :

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, yaitu lem kertas, gunting, pensil, dan kertas origami beraneka warna
  2. Pada kertas origami warna-warni, gambarlah pola berupa lingkaran yang disesuaikan dengan ukuran kertasnya. Gambarilah semua kertas origami yang telah Anda siapkan dengan cara yang sama.
  3. Setelah selesai semua, gunting pola lingkaran tersebut satu per satu hingga habis
  4. Aplikasikan lem sebagai perekat pada pola lingkaran tersebut
  5. Tempelkan polkadot tersebut pada dinding kelas

Meskipun terkesan simpel dan sederhana, hiasan kelas polkadot terbukti mampu menghidupkan suasana kelas. origami polkadot tersebut juga dapat Anda susun menjadi berbagai bentuk yang Anda inginkan.

8.        Menghias Kelas Menggunakan Wallpaper Dinding

8.        Menghias Kelas Menggunakan Wallpaper Dinding

Bagi Anda yang tidak ingin repot membuat berbagai hiasan untuk menghias kelas, dapat menggunakan wallpaper dinding. Terdapat berbagai motif dan pilihan warna menarik yang dapat Anda pilih. Anda dapat memilih wallpaper dinding sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat oleh seluruh siswa. Pasanglah wallpaper dinding tersebut bersama-sama dengan siswa yang lainnya.

Namun sayangnya, cara ini tidak diperbolehkan untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas  (SMA) dan lainnya, kecuali perguruan tinggi. Karena pada masa-masa tersebut, kreativitas anak-anak masih harus diasah dan dikembangkan. Jadi, hasil karya buatan tangan para siswa jauh lebih berharga karena menunjukkan kreativitas yang mereka miliki.

9.        Menghias Kelas dengan Kata-kata Motivasi

9.        Menghias Kelas dengan Kata-kata Motivasi

Bukan hanya bentuk hiasan unik dan lucu saja yang mampu membuat siswa menjadi lebih bersemangat. Bahkan, kata-kata motivasi pun juga mampu menumbuhkan semangat mereka dalam belajar. Menghias kelas dengan kata-kata motivasi sangat cocok diterapkan pada jenjang pendidikan SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas).

Dengan membaca kalimat motivasi, maka siswa yang sebelumnya merasa lelah dan bosan bisa menjadi bangkit dan segar kembali saat menerima materi. Namun, bagi anak-anak pra sekolah dan Taman Kanak-kanak (TK) akan lebih cocok jika menggunakan berbagai bentuk unik dan menarik untuk hiasan kelasnya.

Berbagai Bentuk Hiasan Kelas Menggunakan Kertas Origami

Berbagai Bentuk Hiasan Kelas Menggunakan Kertas Origami

Salah satu bahan yang sering digunakan sebagai hiasan kelas adalah kertas lipat. Kertas ini sering disebut dengan kertas origami dan dapat dibuat menjadi berbagai bentuk hiasan. Hiasan dari kertas origami dipercaya sebagai alat yang ampuh untuk membuat suasana kelas menjadi lebih berwarna. Beberapa bentuk hiasan dari kertas origami, diantaranya adalah :

  1. Hiasan berbentuk burung camar yang sering diaplikasikan pada dinding kelas
  2. Hiasan 3D berbentuk hati
  3. Hiasan berbentuk tumbuhan untuk menciptakan kesan alami pada rruang kelas
  4. Hiasan berbentuk kipas angin untuk membuat udara di dalam kelas menjadi lebih sejuk
  5. Hiasan berbentuk kupu-kupu untuk membuat kelas menjadi lebih indah dan cantik
  6. Hiasan 3D berbentuk bola warna-warni yang digantung untuk membuat kelas menjadi lebih menarik
  7. Hiasan berbentuk bunga yang dipasang pada jendela kelas

Selain itu, masih banyak bentuk yang dapat Anda buat melalui kertas origami. Anda hanya perlu belajar melipat, menggunting, menempel, dan berkreasi menggunakan kertas warna-warni tersebut.

Manfaat Menghias Kelas

Mungkin sebagian dari Anda ada yang berpikir jika menghias kelas merupakan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu saja dan sia-sia. Namun pada dasarnya, kegiatan ini memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak banyak orang mengetahuinya. Lalu, sebenarnya apa manfaat dari menghias kelas? mari kita cari tahu jawabannya di bawah ini!

1.        Meningkatkan Semangat Belajar dan Membuat Kelas Lebih Menarik

1.        Meningkatkan Semangat Belajar dan Membuat Kelas Lebih Menarik

Tidak sedikit siswa yang merasa bosan karena tidak ada yang menarik dengan kelas mereka. Bahkan, ada siswa yang memilih tidur di kelas karena seharian berada dalam ruangan yang membosankan. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat dekorasi kelas yang mampu menumbuhkan semangat belajar siswa sehingga mereka tidak merasa bosan.

Jika kelas penuh dengan hiasan lucu dan unik, maka mata tidak akan mudah mengantuk dan lebih fresh saat memandangi hiasan-hiasan tersebut. Para siswa bisa sejenak mengalihkan perhatiannya pada hiasan kelas disaat mulai bosan dengan pelajaran. Dengan begitu, semangat belajar mereka akan tumbuh kembali karena bisa sejenak merefresh pikiran.

2.        Hiasan Kelas Membuat Siswa Semakin Kompak

2.        Hiasan Kelas Membuat Siswa Semakin Kompak

Tidak semua siswa memiliki kemampuan berkreasi dengan baik. Namun, saat ada kegiatan menghias kelas bersama-sama, maka kepercayaan diri mereka akan semakin tumbuh. Selain itu, dengan menghias kelas maka hubungan antar siswa juga akan semakin rekat karena saling membantu antara siswa yang satu dengan siswa lainnya.

Setelah melakukan dekorasi kelas, mereka pun juga akan bekerja sama merapikan kelas serta menyusun dekorasi tersebut. Dengan begitu, siswa akan semakin kompak dalam melakukan berbagai kegiatan.

3.        Kelas Anda Akan Menjadi Kelas Paling Populer

3.        Kelas Anda Akan Menjadi Kelas Paling Populer

Jika diadakan lomba dekorasi kelas di sekolah, bisa jadi kelas Anda akan menjadi juara utama jika memiliki hiasan kelas yang unik dan berbeda. Selain itu, kelas Anda juga menjadi lebih populer dibandingkan dengan kelas yang lainnya. Maka tak heran jika banyak siswa lain yang akan membicarakan tentang keunikan dan keindahan kelas Anda.

Bahkan, kelas Anda juga akan menginspirasi kelas lain untuk mulai menghiasi kelasnya dengan berbagai dekorasi. Jangan takut dan malu untuk membuat hiasan yang unik jika ruang kelas di sekolah Anda masih dominan tanpa dekorasi.

Kelas lain akan mengikuti kelas Anda seiring berjalannya waktu. Namun, sebelum melakukan dekorasi kelas, Anda harus meminta izin kepada pihak sekolah atau wali kelas terlebih dahulu. Atas izin pihak sekolah yang berwenang, Anda juga dapat membuat hiasan dinding agar lebih menarik dengan metode mural.

Metode ini menggunakan cat mural yang khusus diaplikasikan pada dinding dengan membuat suatu tulisan. Namun, jika pihak sekolah tidak mengizinkan, maka hal tersebut tentu saja tidak boleh dilakukan.

4.        Melatih Kreativitas Siswa

4.        Melatih Kreativitas Siswa

Dengan membuat hiasan kelas, maka siswa akan semakin kreatif dalam membuat berbagai jenis hiasan yang unik. Mereka akan semakin aktif dalam berkreasi. Biasanya, setiap anak memiliki kreativitas yang berbeda-beda. Dengan menyatukan kreasi yang mereka miliki, maka akan mengasah kemampuan mereka dalam membuat berbagai jenis hiasan yang menarik.

Terlebih lagi bagi siswa yang telah memiliki bakat seni. Dengan kegiatan menghias kelas, mereka mampu menuangkan kreativitas yang mereka miliki. Mereka mampu menyalurkan ide-ide seni yang mereka miliki. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki passion di bidang seni, tidak perlu berkecil hati. Dengan menghias kelas bersama-sama, Anda bisa belajar banyak dari mereka.

Menghias kelas memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar. Selain membuat siswa menjadi lebih nyaman, konsentrasi belajar siswa pun juga akan semakin meningkat. Dengan hiasan kelas, siswa tidak akan merasa bosan karena suasana kelas mampu merefresh pikiran mereka. Selain itu, kreativitas siswa pun akan semakin meningkat dengan kegiatan menghias kelas.

20+ Hiasan Kelas Yang Bagus, Cantik (Terupdet)

Leave a Reply