16+ Karakteristik Wirausaha Yang Harus Dimiliki Pelaku Bisnis 1

16+ Karakteristik Wirausaha Yang Harus Dimiliki Pelaku Bisnis

Karakteristik Wirausaha – Pernahkah suatu pertanyaan terlintas di dalam pikiran anda ketika melihat seseorang sukses dalam melakukan suatu usaha? Apakah anda pernah menyadari bahwa pemikiran pertama yang muncul yakni bagaimana dia itu bisa meraih kesuksesan? Hal ini itu sangat wajar ya karena setiap orang itu pasti akan menginginkannya. Wirausahawan sukses tentunya tidak akan pernah terlepas dari sikap dan juga sifatnya.

Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa jika seseorang itu sukses ketika melakukan bisnis diakibatkan karena beberapa faktor dan salah satunya yaitu faktor keberuntungan besar yang ada di dalam hidupnya. Pendapat seperti itu bisa saja dikatakan benar akan tetapi anda perlu memahami bahwa suatu usaha atau pun bisnis itu bisa berjalan karena terdapat suatu karakteristik dan juga jiwa usaha yang kental yang dimiliki dalam diri seseorang tersebut.

Nah buat anda para pelaku bisnis penting untuk mengetahui karakteristik dari wirausaha. Dibawah ini kami akan menyajikan  informasi tersebut,. Yuks simak ulasannya dibawah ini.

Ini Dia Karakteristik Wirausaha Yang Harus Dimiliki Oleh Pelaku Bisnis

1. Percaya Diri

1. Percaya Diri

Karakteristik seorang wirausaha yang pertama yaitu adalah percaya diri. Karakteristik percaya diri itu bukan hanya seorang wirausahawan saja yang harus memilikinya tapi juga berlaku untuk semua orang. Jika kita menanamkan sikap percaya diri ketika berwirausaha maka akan bekerja secara maksimal. Dengan rasa percaya diri anda juga akan terbantu ketika sedang dalam masa kesulitan dan juga akan terbantu untuk menutupi suatu kekurangan.

Apabila anda tidak memiliki rasa percaya diri maka untuk memulai sebuah usaha akan terasa seperti tidak mungkin. Namun jika anda memaksakan untuk memiliki rasa percaya diri maka hasilnya juga tidak akan maksimal hanya setengah-setengah saja. Dan jika rasa percaya diri itu tidak ditanamkan maka anda akan sangat bergantung kepada orang lain bahkan bahkan ada juga tidak bisa mengelola usaha yang sedang dijalani cara baik.

Lalu bagaimana sih  cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri? Untuk menumbuhkan rasa percaya diri anda bisa melakukan sugesti dengan hal-hal yang baik terhadap diri sendiri, dan yakinkan diri jika anda akan mampu untuk melakukan berbagai macam hal, jangan pernah ambil pusing terkait dengan apa yang telah orang katakan di belakang anda, dan juga jangan sampai lupa untuk selalu berpikir positif dan juga optimis.

2. Orientasi Hasil

2. Orientasi Hasil

Karakteristik seorang wirausaha yang kedua yaitu  orientasi hasil. Sebelum melakukan sebuah usaha anda harus memiliki pikiran tentang  apa tujuan dan juga hasil yang bagaimana dalam menjalankan usaha ini. Dan hasil dari suatu usaha tidaklah semata-mata untuk menghasilkan uang. Seperti contohnya ketika anda mendirikan kedai ayam  bakar dan sudah mempunyai beberapa  cabang di pulau jawa.

Hal ini tentunya tidak mudah namun bukanlah suatu ketika kemungkinan anda harus tetap fokus mengenai bagaimana caranya supaya kedai tersebut dapat berkembang dan juga mampu mendirikan cabang dari kota satu ke kota yang lainnya hingga bisa sampai 1 pulau jawa. Akan terasa lebih enteng keinginan yang telah anda juga dengan menggunakan salah caranya. Jika berorientasi pada hasil titik apabila diperlukan anda bisa membuat visi dan juga misi titik. Anda bisa menulisnya di dalam ruangan serta sampaikanlah sisi dan juga misi tersebut kepada semua karyawan.

Selanjutnya juga bisa memberikan edukasi kepada karyawan bahwasanya perusahaan atau bisnis yang sedang dikelola. Dengan demikan akan lebihterarah kepada visi yang telah dibuat koma sehingga para karyawan tersebut akan menerapkannya yaitu dengan menjalankan tugas yang telah diberikan.

3. Berani Ambil Resiko

3. Berani Ambil Resiko

Semua kegiatan atau aktivitas yang dilakukan pastinya akan mengalami yang namanya risiko bahkan ketika anda sedang berjalan itu juga terdapat resikonya yaitu bisa saja terjatuh, tersandung secara tiba-tiba. Apabila Anda ingin meraih sebuah kesuksesan ketika membangun suatu usaha maka jangan pernah takut untuk memulai sesuatu yang baru yang pastinya akan ada resiko yang diambil.

Jika anda memiliki sifat berani mengambil resiko maka dari situlah bisa belajar untuk bagaimana cara meminimalisir hingga di kemudian hari,  yang selama ini ditakuti tidak akan pernah terjadi. Jika Anda berani mengambil resiko itu sama juga artinya anda akan bertanggung jawab atas apa yang telah diputuskan sehingga di dengan hal tersebut akan terlihat mendewasakan serta membuat anda semakin berpikiran secara matang untuk menjadi seorang wirausahawan.

Seperti misalnya ketika anda buka sebuah usaha bakery ketika di awal usaha pasti terdapat kemungkinan bahwa roti dan juga cake yang telah diproduksi itu tidak akan semuanya terjual. Nah resiko inilah yang harus bisa anda terima dan dari situ anda bisa mencari jalan keluar bagaimana agar tidak terjadi kerugian yang terlalu besar. Dan selanjutnya dengan tidak lakunya produk tersebut jangan pernah berpikiran untuk memproduksi roti dan cake tersebut dalam jumlah yang sedikit. Anda bisa membuat roti dengan berbagai macam variasi serta anda bisa melakukan pengamtan untuk mengetahui roti seperti apa yang telah banyak diminati. Anda bisa melakukan seperti itu secara terus-menerus sampai penjualan roti dan kue tersebut stabil.

4. Memiliki Jiwa  Kepemimpinan

4. Memiliki Jiwa  Kepemimpinan

Ketika membuat suatu usaha baik itu usaha kecil ataupun besar maka yang menjadi pemimpin usaha tersebut adalah anda sendiri. Maka dari itu jiwa kepemimpinan itu sangat dibutuhkan supaya anda dapat memimpin operasional dari usaha yang telah didirikan, memimpin para karyawan, dan pastinya menjadi seorang pemimpin untuk diri sendiri. Apabila suatu jiwa pemimpin itu tidak terdapat pada diri anda maka jangan pernah berharap bahwa usaha yang telah didirikan itu dapat berjalan secara lancar.

Menjadi seorang pemimpin yang baik yaitu tidak hanya dapat memberikan perintah, akan tetapi juga menjadi sebuah teladan bagi para karyawannya. Jadi anda bisa dikatakan sebagai seorang pemimpin yang baik cukup dengan memahami karyawan dengan baik namun tetap mempunyai sikap yang tegas dan juga disegani. Jadi anda harus mengetahui kapan seharusnya bersikap keras, kapan seharusnya memberikan sebuah pujian untuk karyawan, kapan seharusnya serius dan lain sebagainya. Maka jika anda menjadi seorang pemimpin jadilah pemimpin yang bijaksana.

5. Orisinil

5. Orisinil

Orisinil atau yang biasa kita kenal dengan nama yang original yaitu memiliki arti bahwa seorang wirausaha wajib memiliki suatu ide sendiri, inovatif, sudah mempunyai suatu gagasan baru dalam menjalankan usahanya dan juga mempunyai pola pikir yang maju sehingga tidak meniru karya orang lain. Apabila komponen usaha yang telah dibuat karena hasil dari imam pelatihan atau meniru maka itu sangat berdampak tidak baik bahkan anda bisa juga kehilangan jadi diri ketika dalam menjalankan usaha tersebut. Dengan menjaga sebuah originally tas maka akan membuat anda tidak kehilangan arah ketika  menjalankan suatu usaha.

6. Kejujuran

6. Kejujuran

Sikap jujur memang harus dimiliki oleh anda sebagai seorang wirausahawan.  Hal ini karena supaya usaha yang sedang anda jalankan itu telah dipercaya oleh masyarakat. Banyak konsumen yang sangat cerdas dalam memilih suatu produk, konsumen akan memilih tentang apa yang baik untuk diri mereka. Seperti misalnya apabila anda memiliki suatu usaha pakaian yang dengan bahan katun maka jangan  pernah anda bilang ke konsumen kalau kain tersebut mengandung bahan sutra.

Sudah banyak orang yang mengalami jatuh usahanya akibat kebohongan yang telah terbongkar. Apabila sudah seperti ini maka rasa kepercayaan dari masyarakat yang sudah pernah menjadi langganan produk anda akan perlahan mulai hilang dan bahkan rasa kepercayaannya itu akan susah jika diraih kembali.

Apabila hal sebagai itu terjadi maka yang akan merugi siapa? pastinya anda bukan? Maka dari itu sikap kejujuran itu sangat penting anda tanamkan ketika sedang menjalankan suatu usaha bahkan bukan hanya menjalankan suatu usaha saja tetapi semua hal yang anda lakukan haruslah mempunyai karakteristik yang namanya kejujuran.

7. Pantang Menyerah

7. Pantang Menyerah

Menjalankan suatu usaha itu bukanlah suatu hal yang mudah. Jadi ketika sedang memulai suatu usaha tidaklah usaha tersebut langsung melejit. Melainkan terdapat masa awal yang mana anda harus melakukan perjuangan, ada juga masa anda berada di titik bawah sesudah ada pada titik atas. Apabila dalam menjalankan suatu usaha anda mengalami kesulitan janganlah pantang menyerah anda harus tetap untuk berjuang karena sesuatu hal untuk akan berhasil di mulai dari bawah bukan dari atas.

Seperti pepatah bilang kalau suatu usaha itu tidak akan pernah menghianati sebuah hasil anda harus mengingatnya itu. Maka dari itu janganlah anda sangat mudah menyerah dan tetaplah semangat untuk menantang kehidupan. Karena pastinya apa yang akan terjadi di masa depan itu tidak ada yang pernah tahu. Serta ada hal yang paling penting yakni ketika anda sudah menjalankan usaha perbanyaklah suatu relasi supaya ketika suatu saat nanti anda mengalami jatuh atau dalam kondisi yang kesulitan, maka jika ingin mencari bantuan itu lebih mudah.

8. Karakteristik Wirausaha ” Mempunyai Kreativitas Tinggi”

8. Karakteristik Wirausaha " Mempunyai Kreativitas Tinggi"

Kreativitas merupakan sesuatu hal yang sangat dibutuhkan seseorang dalam menjalankan suatu usaha. Jika tidak ada beraktifitas maka akan menyebabkan usaha yang sedang anda jalani itu aku akan pernah berkembang, memiliki suatu ciri khas tersendiri, bahkan akan sangat mudah dimakan oleh zaman yang bisa menyebabkan anda akan berada di ambang kebangkrutan. Tentunya hal ini pasti tidak anda inginkan bukan?

Untuk lebih meningkatkan suatu kreativitas anda bisa mengikuti suatu perkembangan trend yang saat ini, anda juga bisa mengikuti seminar tentang entrepreneur ship, dan yang pasti anda harus selalu belajar. Anda bisa percaya ataupun tidak terdapat pepatah yang mengatakan bahwa orang pintar itu akan kalah dengan orang yang kreatif. Kalau hal ini itu dapat dibuktikan sudah banyak pengusaha yang sukses dan mereka mempunyai latar belakang pendidikan sampai pada bangku sekolah menengah saja bahkan mereka mampu untuk mengalahkan orang-orang yang punya pendidikan di perguruan tinggi.

Untuk menjadi seseorang yang kreatif itu bukanlah anda harus melakukan suatu hal yang berkaitan dengan seni serta berfikir dengan luas.

9. Mandiri

9. Mandiri

Jika Anda mengembangkan sikap mandiri jadi ini maka itu akan sangat membantu ketika sedang memulai dan juga mengolah suatu usaha atau bisnis. Apabila sikap mandiri telah dimiliki maka anda tidak gampang untuk bergantung kepada orang lain , dapat menyelesaikan suatu masalah masalah kecil yang terjadi dan tentunya manajemen dalam berbisnis akan jauh lebih baik. Tempat syuting yaitu akan berdampak pada keuntungan yang lebih besar.

Anda bisa membayangkan apabila dalam melakukan setiap hal harus bergantung kepada orang lain. Terlebih sekarang semakin susahnya menemukan orang-orang yang bisa dipercaya dan juga diberi tanggung jawab secara penuh. Selain hal itu jika anda selalu tergantung kepada orang lain ketika mendapatkan suatu masalah dalam bisnis yang dijalankan maka semakin banyak pengeluaran biayanya.

10. Optimis

10. Optimis

Sikap optimis merupakan sikap yang mengharuskan anda untuk selalu berfikir secara positif terhadap semua yang telah diusahakan. Anda akan lebih terasa semangat ketika menjalankan suatu usaha atau pun bisnis ketika rasa sikap optimis ini diterapkan. Dengan sikap optimis yang anda miliki itu akan sangat berpengaruh terhadap semua karyawan dan juga usaha yang sedang dijalankan. Den tentunya dengan sikap optimis untuk menerima tantangan diary esok itu Anda akan semakin siap.

Lantas bagaimana cara untuk menumbuhkan sikap optimis pada diri sendiri? Selalu lah untuk berpikir positif, istirahat yang cukup serta memandang suatu hal bukan hanya dari satu sudut pandang saja.

11. Disiplin

11. Disiplin

Menerapkan sikap disiplin itu sangatlah penting untuk melakukan semua aktivitas tak terduga terkecuali dalam menjalankan sebuah usaha ataupun bisnis. Disiplin bukan berarti harus tepat waktu akan tetapi tepat ketika berkomitmen terhadap semua pekerjaan dan juga tugas-tugas yang seharusnya diselesaikan. Dengan sikap disiplin itu akan memberikan suatu pengaruh yang besar terhadap apa yang dihasilkan dalam suatu pekerjaan, sistem kerja dan juga penilaian yang dilakukan orang lain terhadap anda.

Anda bisa membayangkan bagaimana jika dalam menjalankan suatu usaha tidak menerapkan sikap disiplin jika pemimpinnya saja tidak disiplin lalu bagaimana dengan para karyawannya? Akan ada kemungkinan besar pada karyawan akan menirukan sikap yang Anda miliki dengan tidak membiasakan diri untuk selalu tepat waktu itu akan sangat berpengaruh ketika melakukan suatu tugas bisa jadi ketereran, tidak maksimalnya hasil dari sebuah pekerjaan, akan ada hal-hal yang terlupakan dan kemunduran ketika berbisnis.

Dalam mengembangkan suatu sikap disiplin anda bisa dengan membuat jadwal untuk diri sendiri serta untuk para pegawai. Anda bisa membuat suatu sensi atau konsekuensi jika tidak bersikap disiplin. Dengan sistem kerja deadline juga bisa anda buat untuk terciptanya sikap disiplin. Lagu beladiri anda belum membiasakan sikap disiplin maka bisa memulai dengan hal-hal yang kecil seperti contohnya bangun lagi,  sebelum jam kerja di mulai anda sudah berangkat ke kantor, makan dan juga istirahat selalu tepat waktu.

12. Mengendalikan Emosi atau Profesional

12. Mengendalikan Emosi atau Profesional

Sikap profesional itu harus ada dalam diri seorang wirausahawan jika ingin usaha yang dijalankan berhasil. Jangan sampai pengikut campur kan semua urusan jadi anda bisa memisahkan antara urusan pribadi urusan rumah tangga atau lainnya dengan urusan dalam bisnis atau usaha yang dijalankan.

Jika terdapat suatu masalah besar yang sedang anda miliki dan juga jika anda dalam kondisi marah atau murung itu akan sangat berpengaruh besar dalam melakukan sebuah pekerjaan. Konsentrasi yang anda miliki akan hilang, dan hal yang seharusnya dapat diatasi itu akan terasa lebih sulit jika dilakukan. Untuk menjaga sikap menahan emosi itu bukanlah hal yang mudah namun,  anda harus tetap selalu berusaha untuk tidak bersikap emosi terhadap orang-orang yang sekitar agar kewibawaan pun akan tetap terjaga.

Apabila anda sedang mengalami sakit yang sangat parah maka janganlah untuk memaksakan diri dalam bekerja. Apabila suasana hati sedang buruk maka jangan biarkan untuk berlama-lama di dalam diri anda. Anda bisa menghilangkan dengan cara mencari suatu hiburan misalnya saja relaksasi bermain game ataupun yoga. Apabila anda sedang marah redamkanlah  emosi tersebut dalam waktu yang cepat seperti contohnya dengan menonton video lucu ataupun berolahraga.

13. Realistis

13. Realistis

Bersikap realistis itu harus tetap diterapkan walaupun bagaimanapun bentuk dari gagasan dan tujuan yang ingin anda capai. Walaupun di dunia yang fana ini tidak ada kata yang tidak mungkin akan tetapi cobalah lihat kanan dan kiri anda. apakah apakah di sekitar anda akan dapat mendukung? Apakah hal-hal yang terdapat di sekitar anda memiliki potensi yang dapat dia realistis kan? Agar keputusan yang anda buat itu benar maka pikirkanlah cara baik-baik dan juga pertimbangkan sebelum memutuskan. Terlebih dahulu Buat tujuan ataupun hasil akhir di dalam jangka waktu yang pendek.

Contohnya apabila anda memiliki jenis usaha misalnya angkringan, untuk membesarkan dan juga mengembangkan bisnis yang sedang di jalan ini maka lakukanlah langkah dikit demi sedikit. Contohnya saja dalam waktu 12 tahun bisa menjadi sebuah kedai makanan lalu dalam waktu 3 tahun bisa menjadi sebuah rumah makan keluarga sampai pada akhirnya dapat menjadi sebuah restaurant yang besar. Cara seperti inilah yang akan lebih gampang jika diwujudkan dibandingkan jika anda berfikir sesudah membuat usaha angkringan dalam jangka satu tahun wakakaka anda ingin merubah menjadi restaurant.

14. Pandai Mencari Peluang

14. Pandai Mencari Peluang

Ketika anda berwirausaha sendiri itu akan mempunyai nilai esensial yakni bagaimana caranya dapat menangkap suatu peluang dan juga menarik hal-hal positif dari sebuah fenomena yang terjadi di sekitar. Dengan ini maka akan sangat mudah jika anda akan mencari keuntungan. Mencari peluang bukan hanya saja ketika anda memulai salam menjalankan bisnis atau usaha melainkan juga harus dilakukan ketika roda perusahaan atau usaha sedang berjalan.

Contohnya seperti ketika anda membangun suatu usaha “rumah coklat” dikarenakan tempatnya juga tidak terlalu jauh dari penghasil kakao dan juga lingkungan usaha juga dekat dengan kampus maka itu akan sangat cocok sekali untuk dapat meraih peluang. Bisa juga anda mencari peluang ketika momen-momen tertentu misalnya ketika wisuda, hari valentine ataupun momen lainnya. Atau bisa juga anda mengadakan promo di hari-hari tertentu maka itu bisa menjadikan peluang.

  1.  Pengabdian Atau Dedikasi

 Pengabdian Atau Dedikasi

Ketika seorang wirausaha memiliki dedikasi yang tinggi untuk menjalankan suatu usahanya maka akan lebih mudah meraih kesuksesan. Pengertian yang dimaksud merupakan mengerahkan semua kekuatan, keterampilan, kemampuan dan juga dirinya dalam mencapai tujuan dari usaha yang dijalani. Agar semua itu terwujud biasanya ada yang harus dikorbankan seperti sesuatu yang anda sukai keluarga dan juga teman tapi hanya dengan waktu yang sementara.

Hal ini merupakan sesuatu yang sulit. Bisa saja seseorang menganggap anda egois akan tetapi jika memang pilihan itu ada pilihan yang terbaik maka harus tetap dilakukan agar usaha yang sedang dijalankan terselamatkan. Maka dari itu anda harus bisa memberikan pengertian pada orang-orang terdekat mengenai mengenai keputusan yang sudah dibuat.

16. Jangan Lupakan Tuhan

16. Jangan Lupakan Tuhan

Tidak peduli anda siapa dan usaha apa yang sedang dijalankan jangan sekalipun melupakan Tuhan. Karena Tuhan akan berperan besar dalam membantu dan mewujudkan semua mimpi yang ingin diraih di dunia ini. Bahkan ketika suatu saat anda telah berada di titik yang paling tinggi maka jangan sekalipun anda terlena dan tidak bersyukur.

Ajaran  agama semuanya itu akan merujuk kepada suatu kebaikan dan juga kebahagiaan. Apabila hubungan anda dengan sang pencipta ini baik maka hubungan antara anda dengan karyawan, relasi, ataupun keluarga juga akan baik. Dengan demikian usaha yang dijalankan akan sangat bermanfaat dan juga berkah untuk orang-orang yang berada di sekitar anda.

 

Nah itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan tentang 16 karakteristik wirausaha. Semoga dengan informasi diatas dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan untuk anda yang ingin menjadi seorang pengusaha.

16+ Karakteristik Wirausaha Yang Harus Dimiliki Pelaku Bisnis

 

Leave a Reply