Kebugaran Jasmani : Pengertian, Komponen, Cara Menjaga Dll (Lengkap) 1

Kebugaran Jasmani : Pengertian, Komponen, Cara Menjaga Dll (Lengkap)

Kebugaran Jasmani – Pada dasarnya, salah satu nikmat berharga yang diberikan Tuhan kepada kita adalah kesehatan. Jadi, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjaga nikmat tersebut dengan baik. Hingga ada pepatah yang mengatakan, jaga sehatmu sebelum sakitmu. Lalu, bagaimanakah cara terbaik untuk menjaga kesehatan? Mari temukan jawabannya di bawah ini!

Menjaga kebugaran jasmani merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh kita sehat, maka kita dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa kendala. Selain itu, penyakit tidak akan mudah menyerang dan ketahanan fisik pun juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebugaran jasmani agar tubuh selalu sehat.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

Arti dari kebugaran jasmani yaitu kondisi tubuh yang fit sehingga mampu melakukan berbagai kegiatan tanpa ada rasa lelah. Mungkin, sebagian besar dari Anda akan bertanya-tanya apakah tubuh kita benar-benar sekuat itu? Tentu saja, asalkan Anda mampu memanajemen tubuh dengan baik dan memiliki cara untuk menyimpan cadangan tenaga.

Pengklasifikasian dan definisi dari kebugaran jasmani adalah sebagai berikut :

  • Bugar yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan tanpa kehilangan tenaga dan rasa lelah yang berlebihan secara maksimal
  • Sehat yaitu kondisi tubuh baik secara mental dan fisik yang terbebas dari segala macam penyakit

Sedangkan para ahli mendefinisikan kebugaran jasmani adalah sebagai berikut :

  1. Rusli Hutan

Kebugaran jasmani menurut Rusli Hutan yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan banyak aktivitas fisik yang memerlukan daya tahan, kekuatan, serta fleksibilitas yang kuat

  1. Joko Pekik Irianto

Beliau mendefinisikan kebugaran jasmani sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari dan masih terdapat simpanan tenaga yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati waktu yang berkualitas

  1. Prof. Sutarman

Berdasarkan pendapat Prof. Sutarman, kebugaran serta aspek fisik mampu memberikan kekuatan dan rasa sanggup pada seseorang untuk menjalani hidup yang produktif sehingga mampu menyesuaikan diri terhadap berbagai kondisi yang ada

Komponen Kebugaran Jasmani

Komponen Kebugaran Jasmani

Terdapat 10 komponen penyusun kebugaran jasmani yang wajib buat diketahui. Komponen-komponen tersebut terdiri dari :

1.        Daya Tahan (Endurance)

Yang dimaksud dengan daya tahan yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat menggerakkan bagian tubuhnya tanpa rasa sakit dan lelah pada tempo yang berbeda dan periode yang agak lama secara efisien dan efektif. Agar tubuh memiliki daya tahan yang bagus, maka diperlukan latihan yang konsisten atau teratur.

2.        Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah keadaan tubuh yang mampu mengeluarkan tenaga secara maksimal menggunakan otot ketika melakukan aktivitas fisik. Dalam aktivitas olahraga, kekuatan diperlukan sebagai daya penggerak dan mencegah terjadinya cedera. Untuk melatih kekuatan otot tungkai, perut, dan lengan diperlukan beberapa latihan khusus.

3.        Kecepatan (Speed)

Yang dimaksud dengan kecepatan yaitu kemampuan maksimal yang dimiliki seseorang untuk melakukan gerakan pada periode waktu tertentu. Setiap orang memiliki tingkat kecepatan yang berbeda-beda dalam melakukan berbagai latihan fisik. Hal ini dipengaruhi oleh teknik, kemauan, kemampuan menahan, konsentrasi, faktor genetik, waktu reaksi, dan elastisitas otot.

4.        Keseimbangan (Balance)

Melatih keseimbangan tubuh dapat Anda lakukan dengan latihan berdiri menggunakan satu kaki maupun sikap lilin. Latihan keseimbangan sangat diperlukan agar kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan benar. Jika kita mampu menjaga keseimbangan dengan baik maka meloncat atau melompat secara tepat dapat kita lakukan dengan mudah.

5.        Kelenturan (Flexibility)

Saat melakukan banyak pergerakan, kelenturan tubuh sangat diperlukan untuk meminimalisasi terjadinya cedera. Selain itu, saat melakukan aktivitas olahraga dan senam, kelenturan juga sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Yang dimaksud kelenturan yaitu kemampuan yang dimiliki otot untuk dapat bergerak secara bebas atau leluasa, khususnya otot persendian.

6.        Ketepatan (Accuracy)

Ketika Anda melakukan olahraga menembak dan panahan, ketepatan memegang peranan yang sangat penting. Skor yang dihasilkan tidak akan maksimal jika meleset meskipun hanya sedikit saja. Ketepatan memang diperlukan untuk beberapa jenis aktivitas dan olahraga. Selain itu, ketepatan juga mampu mengasah konsentrasi dan fokus Anda pada suatu hal.

Jadi, yang dimaksud ketepatan di sini adalah kemampuan yang dimiliki tubuh untuk melakukan gerakan sesuai sasaran.

7.        Kelincahan (Agility)

Kelincahan yaitu kemampuan yang dimiliki tubuh untuk berpindah dari posisi satu ke posisi lainnya dengan tepat dan tegas. Anda dapat melakukan nerbagai olahraga seperti sepak bola, basket, lari, dan badminton untuk melatih kelincahan.

8.        Daya Otot (Muscular Power)

Yang dimaksud daya otot yaitu kemampuan dalam memaksimalkan kekuatan yang dimiliki seseorang pada periode yang singkat dan terfokus pada daya ledak otot. Untuk melatih daya otot, Anda dapat melakukan latihan vertical jump dan side jump.

9.        Koordinasi (Coordination)

Saat Anda melakukan gerakan menangkap bola, anggota tubuh mana sajakah yang bergerak? Pastinya, bukan hanya telapak tangan saja bukan? Namun, juga melibatkan mata, lengan, kaki, dan beberapa anggota tubuh lainnya. Inilah yang dinamakan dengan koordinasi, yaitu kemampuan untuk menyatukan beberapa gerakan secara efektif dengan gerakan yang lainnya.

Tanpa koordinasi, kita tidak akan dapat melakukan aktivitas secara maksimal. Misalnya pada gerakan menangkap bola yang telah disebutkan sebelumnya. Jika hanya telapak tangan saja yang bergerak, maka belum tentu bola akan berhasil ditangkap. Namun, jika terjadi koordinasi antara mata, lengan, kaki, dan telapak tangan maka bola pun akan berhasil ditangkap dengan baik.

10.    Reaksi (Reaction)

Tubuh memiliki kemampuan untuk menanggapi stimulus atau rangsangan. Inilah yang dimaksud dengan reaksi, yaitu kemampuan yang dimiliki tubuh untuk memberikan reaksi atau respon terhadap suatu hal. Anda dapat melakukan latihan tangkap bola untuk melatih reaksi tubuh. Saat Anda melakukan gerakan untuk menangkap bola disebut dengan reaksi.

Sedangkan bola yang dilempar bertindak sebagai rangsangan atau stimulus.

Unsur Kebugaran Jasmani

Unsur Kebugaran Jasmani

Unsur-unsur pada kebiugaran jasmani bersifat berkesinambungan dengan komponen-komponennya. Unsur-unsur tersebut, antara lain :

1.        Keseimbangan

Agar tubuh tidak mudah terjatuh, maka diperlukan keseimbangan yang baik. Keseimbangan sangat bermanfaat untuk menstabilkan tubuh pada berbagai keadaan. Berat badan dan bentuk tubuh dapat mempengaruhi keseimbangan yang dimiliki seseorang. Jika berat badan dan bentuk tubuh proporsional, maka keseimbangan pun akan menjadi maksimal.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membuat tubuh agar proporsional dengan olahraga secara rutin dan melakukan diet agar tercapai keseimbangan yang maksimal.

2.        Kekuatan

Pada dasarnya, orang yang banyak melakukan pergerakan akan memiliki kekuatan jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang sedikit melakukan pergerakan. Meskipun kekuatan yang dimiliki setiap orang tidak sama, namun jika kita rajin berolahraga maka kekuatan yang dimiliki secara perlahan akan semakin meningkat. Jadi, kekuatan dapat dilatih dengan olahraga secara konsisten.

Olahraga terbaik untuk melatih kekuatan adalah angkat dumbbell dan barbell. Bagi Anda pecinta gym atau yang jarang melakukan pergerakan karena seharian bekerja di kantor, olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan.

3.        Kecepatan

Tidak bisa dipungkiri jika berat badan dan bentuk tubuh sangat mempengaruhi seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas. Bahkan, kecepatan dalam melakukan berbagai kegiatan pun juga dipengaruhi oleh bentuk tubuh dan berat badan seseorang. Kecepatan maksimal akan diperoleh saat tubuh proporsional, artinya tidak terlalu gendut maupun kurus.

Meskipun hal ini tidak berlaku untuk setiap orang, namun secara rata-rata orang yang memiliki tubuh gendut ataupun kurus cenderung lebih lamban dalam melakukan berbagai kegiatan.

4.        Daya Tahan

Untuk mendapatkan daya tahan yang baik, Anda tidak harus melakukan olahraga berat. Anda dapat melakukan jogging ataupun yoga dan dibarengi dengan makan makanan yang bergizi, melakukan pola hidup sehat, menghindari junkfood, dan cukup istirahat. Kesehatan organ tubuh yang prima juga mempengaruhi daya tubuh seseorang.

Pastikan organ tubuh seperti paru-paru, ginjal, jantung, dan lambung terjaga dengan baik agar daya tahan tubuh dapat maksimal.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Dengan menjaga kebugaran jasmani, maka Anda dapat memperoleh beberapa manfaat, diantaranya yaitu :

Terhindar dari Rasa Cepat Lelah

Mungkin sebagian dari Anda akan berpikir jika latihan fisik akan membuat tubuh menjadi lelah. Namun ternyata pendapat tersebut tidaklah benar karena kegiatan fisik justru akan membuat tubuh terbiasa melakukan berbagai kegiatan sehingga tidak mudah merasa lelah. Saat melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga maka tubuh sudah terbiasa dengan hal tersebut.

1.        Tidak Terkena Penyakit Jantung

1.        Tidak Terkena Penyakit Jantung

Menjaga kebugaran jasmani ndapat membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Latihan fisik juga dapat membantu organ jantung dalam menjalankan tugasnya untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga kinerja dari otot jantung pun dapat berjalan maksimal. Dengan kata lain, kebugaran jasmani dapat membantu kita agar tidak terkena penyakit jantung.

Selain itu, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang teratur untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu maka Anda juga dapat memperpanjang usia.

2.        Terhindar dari Obesitas

2.        Terhindar dari Obesitas

Saat Anda mengalami obesitas atau berat badan berlebih maka kinerja organ tubuh akan terganggu dan pergerakan tubuh pun akan semakin lambat. Jadi, untuk menghindari obesitas, Anda dapat menjaga kebugaran jasmani dengan latihan fisik yang mampu membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu maka obesitas pun dapat dihindari.

3.        Meningkatkan Suasana Hati

3.        Meningkatkan Suasana Hati

Bagi Anda yang memiliki sifat moody, ternyata dapat diperbaiki dengan melakukan berbagai latihan yang mampu meningkatkan kebugaran jasmani. Bahkan, rutin melakukan latihan kebugaran menurut beberapa penelitian dipercaya mampu meningkatkan suasana hati. Saat mood Anda baik, tentu wajah akan terlihat berseri dan pekerjaan pun akan cepat selesai.

Untuk menambah semangat dalam menjaga kebugaran jasmani, Anda dapat melakukan latihan fisik bersama teman.

4.        Menurunkan Kolesterol

4.        Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sulit dihindari pada jaman sekarang. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis makanan yang mengandung kolesterol seperti daging bakar atau jajanan yang digoreng. Lalu, bagaimanakah cara terbaik untuk menghindari penyakit ini? menjaga kebugaran jasmani merupakan cara terbaik yang dapat Anda lakukan.

Latihan fisik dipercaya mampu mempertahankan kadar kolesterol baik atau HDL serta menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat. Sehingga, penyakit stroke dan kanker yang disebabkan oleh kolesterol pun dapat dihindari.

5.        Mencegah Insomnia

5.        Mencegah Insomnia

Melakukan aktivitas kebugaran ternyata mampu mengatasi insomnia. Insomnia tidak bisa dianggap ringan karena mampu menimbulkan berbagai macam penyakit karena kinerja organ tubuh menjadi terganggu. Saat Anda tidur, maka organ tubuh dapat bekerja secara optimal sehingga kondisi tubuh akan lebih bugar pada keesokan harinya.

6.        Mencegah Penuaan Dini

6.        Mencegah Penuaan Dini

Saat Anda melakukan berbagai latihan fisik, maka tubuh akan berkeringat dan akhirnya cairan yang keluar akan digantikan dengan cairan baru melalui minuman yang diminum. Sehingga, sesuai dengan siklusnya, sel-sel kulit akan melakukan regenerasi. Kulit akan menjadi lebih kencang, tubuh menjadi lebih sehat, Anda akan terlihat lebih muda, dan penumpukan sel kulit mati pun dapat dihindari.

Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh menjadi lebih baik saat Anda melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Tujuan Kebugaran Jasmani

Pada dasarnya, terdapat tiga golongan yang membedakan tujuan kebugaran jasmani, diantaranya adalah :

1.        Berdasarkan Usia

Latihan kebugaran jasmani pada usia anak-anak dapat membantu mereka tumbuh secara optimal. Organ dan anggota tubuh pun dapat berkembang dengan baik. Selain itu, dapat menghindari penyakit tulang seperti skoliosis dan lordosis. Dengan latihan kebugaran jasmani, anak-anak akan menjadi lebih lincah dan bersemangat.

Sedangkan untuk usia produktif, kebugaran jasmani memegang peran penting dalam menyegarkan tubuh. Dengan begitu maka mereka tidak akan mudah merasa lelah saat bekerja dan produktifitas pun akan semakin meningkat. Untuk usia senja, kebugaran jasmani dapat membantu mereka menghindari penyakit diabetes dan stroke.

Selain itu, keseimbangan tubuh dan kekuatan fisik saat usia senja juga dapat terjaga dengan baik dengan latihan kebugaran. Berbagai tujuan tersebut dapat diwujudkan jika kita mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Artinya, untuk mencapai semua tujuan di atas, tidak cukup dengan latihan fisik saja.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur, hindari minuman berlkohol, hindari merokok, dan tidur berkualitas dapat membantu tubuh agar lebih bugar dan sehat.

2.        Berdasarkan Pekerjaan

Untuk meningkatkan kemampuan belajar, seorang siswa diharuskan dapat menjaga konsentrasinya. Oleh karena itu, diperlukan kebugaran jasmani yang baik agar semangat belajar dapat meningkat dan tubuh menjadi bugar. Dengan latihan kebugaran, maka penjelasan yang diberikan oleh guru dapat diterima dengan baik.

Sedangkan bagi para karyawan atau orang-orang yang telah bekerja, kebugaran jasmani sangat penting untuk meningkatkan produktivitas mereka. Saat kebugaran jasmani terjaga dengan baik, maka mereka tidak akan cepat merasa letih dan lelah sehingga hasil pekerjaan pun akan semakin maksimal.

Selain itu, daya tempur dan daya tahan juga akan meningkat dengan latihan fisik, khususnya bagi Anda yang bekerja di bidang kemiliteran. Karena kita semua tahu jika latihan kemiliteran sangat ketat dan berat.

3.        Berdasarkan Keadaan

Latihan kebugaran jasmani juga penting bagi mereka yang menderita disabilitas. Selain itu, latihan ini juga mampu membantu proses penyembuhan bagi mereka yang sedang memasuki masa rehabilitasi atau terapi tertentu sehingga menjadi lebih cepat. Bahkan, latihan kebugaran jasmani juga penting untuk persiapan dan memberikan kekuatan bagi ibu hamil dalam menghadapi persalinan.

Selain itu, dengan aktivitas kebugaran dapat menghindarkan janin dari risiko cacat dan tumbuh kembang dalam perut pun menjadi lebih baik. Namun, diperlukan pengawasan dan latihan yang benar saat melakukan aktivitas kebugaran. Sedangkan bagi Anda yang sehat, latihan kebugaran mampu mencegah berbagai penyakit serta membuat tubuh menjadi fit dan segar.

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Bagi Anda yang penasaran dengan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani, di bawah ini akan diberikan beberapa beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan kesehatan tubuh. Latihan kebugaran jasmani dapat dilakukan melalui beberapa bentuk, diantaranya yaitu :

1.        Melatih Kelentukan

1.        Melatih Kelentukan

Untuk melatih kelentukan atau biasa dikenal dengan latihan fleksibilitas, Anda dapat melakukan beberapa gerakan mudah. Misalnya, yaitu lakukan gerakan memutar bahu dari depan ke belakang atau sebaliknya selama beberapa kali, mencium lutut atau togok, latihan kelentukan otot pinggang dan sendi bahu.  Lakukan pemanasan kecil terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan tersebut.

2.        Melatih Otot

2.        Melatih Otot

Bagi yang hobi bersepeda, Anda dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot dengan bersepeda selama 3 kali dalam seminggu. Selain itu, jogging, senam, dan berenang juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot.

3.        Melatih Kecepatan

3.        Melatih Kecepatan

Lari sprint atau jarak pendek merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih kecepatan. Selain itu, coba untuk melakukan penargetan saat Anda melakukan jogging. Jika sebelumnya Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menempuh jarak 1 km, maka Anda dapat mengurangi waktu tersebut sedikit demi sedikit dengan jarak yang sama.

Anda juga dapat melakukan latihan naik turun tangga atau kursi jika tidak memiliki waktu untuk jogging. Dengan begitu, setidaknya Anda sudah mengeluarkan keringat saat latihan kebugaran.

4.        Melatih Kekuatan

4.        Melatih Kekuatan

Pernahkan Anda melakukan latihan sit up? Gerakan tersebut merupakan salah satu cara untuk melatih kekuatan perut. Caranya yaitu :

  • Rebahkan tubuh di lantai
  • Letakkan kedua telapak tangan di belakang kepala untuk menyangga
  • Tekuk kaki membentuk sebuah sudut dan cobalah untuk bangkit tanpa menggerakkan kaki Anda
  • Minta tolonglah kepada teman untuk memegangi betis atau duduk di kaki Anda sebagai bantuan

Selain sit up, juga terdapat gerakan push up untuk melatih kekuatan lengan. Caranya, yaitu :

  • Ambil sikap telungkup, kaki merapat dan luruskan
  • Untuk laki – laki, jari-jari kaki ditempelkan di atas lantai dan untuk perempuan, tempelkan lutut di lantai
  • Setelah itu kedua tangan gunakan sebagai tumpuan dan letakkan di samping dada
  • Angkat tubuh Anda, lalu turunkan
  • Lakukan berulang – ulang

Setelah mengetahui berbagai penjelasan mengenai kebugaran jasmani, pastinya Anda berkeinginan untuk melakukannya bukan? Banyak manfaat yang akan Anda peroleh dengan rajin melakukan latihan kebugaran. Anda dapat melakukan latihan kebugaran sesuai dengan hobi yang Anda miliki misalnya, bersepeda, berenang, ataupun jogging.

Kebugaran Jasmani : Pengertian, Komponen, Cara Menjaga Dll (Lengkap)

 

Leave a Reply