29 Menu Buka Puasa (Nikmat, lezat, dan sehat) 1

29 Menu Buka Puasa (Nikmat, lezat, dan sehat)

Menu Buka Puasa – Waktu berbuka merupakan salah satu saat yang paling ditunggu-tunggu ketika menjalani ibadah wajib puasa pada bulan ramadhan. Usai seharian penuh menahan lapar dan dahaga, tentu Anda ingin segera berbuka dengan menu buka puasa yang lezat dan menggiurkan lidah. Namun, jangan sembarangan dalam memilih menu, ya! Bukannya kenyang justru kesehatan Anda bisa terganggu.

Ada baiknya Anda coba membuat sendiri menu berbuka yang sehat namun tetap nikmat. Makanan buatan sendiri memang terbilang jauh lebih higenis ketimbang makanan hasil beli. Jika Anda masih merasa bingung untuk membuat menu berbuka seperti apa, maka beberapa menu berikut kiranya dapat menjadi inspirasi.

29 Pilihan Menu Buka Puasa Keluarga Nikmat dan Sehat

1. Ayam Kecap

Ayam Kecap

Inspirasi menu berbuka hari pertama yang dapat Anda contoh ialah ayam kecap Hongkong. Anda bisa memvariasikan menu nasi dengan lauk ayam agar menciptakan kenikmatan makanan tersendiri saat berbuka. Banyaknya kandungan vitamin B6 dalam daging ayam sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi setelah Anda seharian penuh berpuasa.

Jika bosan dengan menu ayam kecap yang begitu-begitu saja, maka bisa coba memvariasikannya sekreatif mungkin. Contohnya, ayam kecap mentega, ayam kecap bumbu pedas, ayam kecap cabai hijau, ayam kecap daun jeruk, ayam kecap paprika dan lain-lain.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu inspirasi menu makanan berbuka puasa yang simpel dan mudah dibuat. Menu makanan praktis satu ini juga tidak kalah sehatnya, lho! Untuk menambah gizi dari menu nasi goreng, maka Anda bisa menambahkannya dengan bakso, sosis, udang, suwiran ayam, telur, kornet maupun jamur. Anda juga dapat memberikan sayuran ke dalam menu tersebut sebagai vitamin tambahan.

Anda bisa menciptakan variasi menu nasi goreng sebagai menu andalan berbuka puasa. Variasi menu nasi goreng yang dapat dicoba di antaranya, nasi goreng Bali, nasi goreng udang, nasi goreng telur dadar, nasi goreng sayur rempah dan sebagainya.

3. Sop Ayam

Sop Ayam

Apabila Anda ingin membuat menu berbuka yang praktis namun cukup komplit, maka bisa coba memasak sop ayam. Sop ayam bukan hanya sekadar enak dan praktis saja, akan tetapi juga mengandung gizi lengkap yang bagus bagi kesehatan Anda. Bahkan menu masakan ini sering dikonsumsi oleh penderita flu. Membayangkan kuahnya saja sudah menggiurkan, bukan?

Kuah sop ayam yang gurih dan lezat sangat pas disantap bersama nasi hangat sebagai menu berbuka. Belum lagi banyaknya kandungan vitamin, protein dan mineral dalam menu makanan ini yang dapat memberikan energi bagi Anda usai seharian penuh berpuasa.

4. Sayur Bayam

Sayur Bayam

Banyaknya jumlah zat besi beserta vitamin dalam sayur bayam tentu sangat ampuh dalam mengembalikan energi tubuh. Selain itu, ragam nutrisi tersebut juga bagus sekali guna kesegaran tubuh. Jika Anda tidak mau repot membuat menu masakan untuk berbuka puasa, maka bisa coba membuat sayur bayam. Anda bisa memasak sayur bayam bening sebagai menu paling praktis.

Selain sayur bayam bening, Anda juga bisa menambahkan santan. Kuah santan yang lezat tentu akan sangat nikmat disantap dengan nasi putih. Apalagi jika Anda menambahkan lauk pauk seperti tempe dan tahu goreng. Nikmat mana lagi yang Anda dustakan?

5. Capcay Kuah

Capcay Kuah

Bila Anda ingin berbuka dengan menu masakan serba kuah, maka bisa coba untuk membuat capcay kuah. Anda bisa mengkominasikan berbagai macm sayuran, daging ayam dan udang dengan kuah kental yang nikmat. Dijamin, menu masakan ini dapat segera mengembalikan kondisi prima tubuh Anda. Terlebih lagi Anda sudah seharian penuh tidak makan dan minum.

Untuk membuat capcay kuah tidak sulit, lho! Anda hanya tinggal mencapurkan semua bahan dan memasaknya di atas kompor. Menu masakan ini sudah pasti disukai keluarga kecil Anda.

6. Sop Ceker Ayam

Sop Ceker Ayam

Hampir semua orang menyukai ceker ayam. Menjadikan ceker ayam sebagai pilihan menu buka puasa adalah salah satu pilihan yang tepat. Cita rasa gurih dari ceker ayam tentu dapat mengembalikan energi Anda. Apalagi jika Anda memvariasikan ceker ayam ke dalam menu sop. Di samping praktis dari segi pembuatannya, sop ceker ayam juga sangat bagus untuk kesehatan.

Tidak hanya protein dan vitamin saja yang bisa Anda peroleh dari ceker ayam, melainkan juga kombinasi sayur-sayuran utama dari sop. Anda bisa langsung mengonsumsi sop ceker ayam atau menyantapnya dengan nasi putih. Sangat tepat sekali dijadikan sebagai pilihan menu buka puasa untuk Anda dan keluarga.

7. Opor Ayam

Opor Ayam

Tentu Anda sudah cukup familiar dengan pilihan menu makanan satu ini. Memang benar menu masakan ini selalu ada saat idul fitri tiba. Akan tetapi, opor ayam juga dapat menjadi suatu menu berbuka yang enak dan kaya gizi. Kandungan gizi yang terdapat dalam opor ayam sangat pas untuk mencukupi kebutuhan tubuh Anda usai seharian berpuasa.

Sayangnya, jika Anda menderita sakit tukak lambung disarankan untuk tidak langsung mengonsumsi menu ini. Berikan jeda waktu beberapa saat setelah makan makanan kecil lainnya sebelum menyantap opor ayam.

8. Opor Telur Ayam

Opor Telur Ayam

Jika bosan dengan menu opor ayam, Anda bisa coba untuk memasak opor telur ayam. Resep masakan opor ayam sama persis dengan opor ayam. Hanya saja bahan utama dari masakan ini adalah telur ayam. Jangan lupa untuk merebus telur ayam tersebut terlebih dahulu. Kandungan protein dalam satu butir telur sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Tidak heran rasanya jika menu masakan opor telur ayam merupakan menu berbuka yang pas saat ramadhan tiba. Anda juga bisa mengkombinasikan menu opor telur ayam dengan berbagai sayuran lain seperti kentang, wortel, tahu dan tempe.

9. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh

Sayur lodeh adalah salah satu opsi menu makanan berbuka puasa yang praktis dan sederhana. Anda hanya perlu mencampurkan seluruh bahan yang dibutuhkan dan memasknya di atas kompor. Menu sayur lodeh sangat pas sekali jika disantap dengan lauk pauk yang menggugah selera. Misalnya, ayam goreng tanpa tepung, tempe dan tahu goreng.

Sayur lodeh akan semakin komplit lagi apabila Anda menambahkan sambal terasi. Dijamin, menu makanan ini akan ludes dalam beberapa saat saja.

10. Pepes Ayam

Pepes Ayam

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi menu serba ayam anti mainstream, maka bisa coba untuk membuat pepes ayam. Menu makanan ini wajib Anda coba sebagai menu berbuka di bulan puasa nanti. Dengan mengonsumsi pepes ayam, setidaknya Anda bisa mengurangi kolesterol yang kerap dijumpai pada menu gorengan.

Tidak hanya cocok untuk berbuka puasa saja, menu pepes ayam juga pas disantap saat sahur. Ini karena pepes ayam memiliki cita rasa yang pas dikonsumsi dalam setiap kondisi. Berbeda halnya dengan menu gorengan yang hanya pas dikonsumsi saat berbuka saja.

11. Ayam Rica-Rica

Ayam Rica-Rica

Usai mengonsumsi menu takjil dan melaksanakan ibadah shalat tarawih, ada baiknya untuk coba menyantap kelezatan ayam rica-rica. Bagi penggemar masakan serba ayam, menu makanan ini menjadi pilihan wajib konsumsi di bulan puasa. Perpaduan cita rasa gurih pada ayam yang dipadukan dengan bumbu rica tentu sangat menggugah selera makan Anda.

Santaplah menu makanan ini bersamaan dengan nasi hangat. Tambahkan kerupuk sebagai makanan pelengkap makan malam Anda.

12. Soto Ayam

Soto Ayam

Bagi penggemar makanan berkuah, Anda bisa coba untuk mengonsumsi soto ayam sebagai menu berbuka. Resep masakan khas Indonesia ini mempunyai kuah kuning cukup cerah dengan kombinasi rasa gurih nan lezat. Buatlah menu yang pasti disukai oleh keluarga kecil Anda seperti ini. Terlebih lagi saat ini Indonesia sedang ada dalam musim penghujan.

Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan kerupuk saat menyantap makanan berkuah ini. Tambahkan juga tempe dan tahu goreng sebagai lauk.

13. Sambal Goreng Kentang

Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang ialah salah satu pilihan menu berbuka praktis yang patut Anda coba bersama keluarga. Makanan ini mengandung setidaknya 120 kalori dalam tiap 100 gramnya. Menu juga mengandung sejumlah nutrisi lain seperti serat, karbohidrat, protein serta mineral. Apalagi jika Anda menambahkan wortel sebagai sayuran serta hati ayam yang kaya akan kandungan zat besi.

Sambal goreng kentang sangat pas disantap bersama nasi putih hangat. Jangan lupa tambahkan kerupuk sebagai makanan pelengkap.

14. Rendang

Rendang

Tidak hanya pas disantap saat hari raya tiba. Rendang juga dapat disantap sebagai salah satu sajian berbuka puasa. Menu makanan yang terbilang sangat lezat di Indonesia ini mempunyai sejumlah bumbu yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Perpaduan bumbu rendang dapat memberikan asupan zat antioksidan serta fitonutrien yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Di samping itu, daging rendang juga dapat dijadikan sebagai sumber protein yang bagus bagi tubuh. Dalam 100 gram daging rendang saja terdapat sekitar 195 kkal beserta 19,6 gram protein hewani. Menu masakan ini sangat cocok disantap dengan nasi putih maupun nasi merah hangat.

15. Soto Betawi

Soto Betawi

Saat berbuka puasa adalah waktu paling istimewa untuk berkumpul bersama keluarga. Usai seharian berpuasa, tentu Anda dan keluarga ingin berbuka dengan menu makanan yang lezat. Inspirasi menu makanan berbuka yang bisa menggugah selera ialah soto betawi. Soto betawi mempunyai cita rasa tersendiri yang sanggup menggoyang lidah Anda.

Ciri khas soto betawi adalah kuah kentalnya yang gurih dan bercita rasa mantap. Menu ini akan semakin komplit lagi jika ditambahkan emping goreng dan sambal pedas. Dijamin, Anda dan keluarga akan ketagihan dengan menu satu ini.

16. Rawon

Rawon

Jika Anda dan keluarga adalah penggemar berat makanan serba daging, maka bisa segera mencoba menu masakan satu ini. Rawon atau yang familiar dengan sebutan black soup ini adalah variasi menu sop daging yang cocok dijadikan menu berbuka puasa. Kuahnya yang gurih dan lezat sangat pas disantap bersama dengan nasi putih hangat.

Kunci membuat rawon yang bercita rasa enak ada pada kluwak. Pastikan kluwak yang dimasak harus sudah benar-benar matang agar tidak menjadi pahit. Bila perlu Anda bisa tambahkan sambal sebagai menu pelengkap.

17. Sop Konro

Sop Konro

Bagi Anda yang ingin makanan berkuah serba daging, bisa langsung coba membuat sop konro. Bentuknya mirip sekali dengan gulai. Tidak heran jika begitu banyak orang menyebutnya sebagai gulai daging. Sop konro dikenal sebagai masakan yang memanfaatkan banyak rempah sebagai bumbu khasnya. Tidak mengherankan jika persoalan rasa, sop konro adalah jagoannya.

Sop konro dibuat dari daging dan tulang iga sapi yang empuk. Wajar jika cita rasa sop konro begitu menggiurkan. Begitupula untuk persoalan gizi. Jangan ragu untuk memasak sop konro. Terutama sebagai menu andalan berbuka puasa.

18. Sop Ikan

Sop Ikan

Apabila Anda ingin memasak sop tanpa daging atau ayam, maka langsung saja mencoba sop ikan. Sesuai dengan namanya, menu makanan ini berbahan dasar ikan. Salah satunya adalah ikan patin. Ikan patin dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, khususnya anak-anak. Menu masakan ini sudah pasti mengandung protein hewani, vitamin dan omega yang mampu mencukupi kebutuhan gizi Anda.

Anda bisa memasukkan beberapa sayur pelengkap ke dalam menu sop tersebut. Contohnya, daun melinjo muda, sawi hijau, kentang dan wortel. Berikan tempe dan tahu goreng sebagai lauk pauk menu santap buka puasa Anda.

19. Tempura Udang

Tempura Udang

Berbuka puasa dengan menu ala Jepang, nampaknya bisa menjadi salah satu rekomendasi yang tepat. Misalnya, tempura udang. Tidak melulu harus sama persis dengan makanan khas Jejepangan ini. Anda bisa memvariasikannya sesuai dengan selera lidah lokal. Menu makanan ini cocok sekali dijadikan sebagai menu hari-hari pertama berbuka.

Tempura udang memiliki cita rasa yang gurih, renyah sekaligus lezat. Bicara soal gizi, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Sebagai bahan utama menu masakan ini, udang tentu memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik bagi tubuh.

20. Sop Tahu

Sop Tahu

Anda tentu cukup familiar dengan menu masakan ini. Sop tahu adalah salah satu menu masakan Indonesia yang anti ribet dan pasti membuat ketagihan. Apalagi jika Anda mahir mengkombinasikan menu satu ini dengan suwiran ayam atau berbagai macam pilihan seafood. Dijamin, menu makanan ini akan laris manis di rumah Anda.

Jangan lupa tambahkan beberapa menu sayuran andalan sop. Contohnya, kentang, wortel dan seledri. Dengan demikian, kandungan gizi dari sop tahu akan cukup komplit dan sangat bagus bagi kesehatan tubuh Anda. Menu masakan ini sangat pas disantap dengan nasi putih hangat.

21. Telur Orak Arik

Telur Orak Arik

Inspirasi menu berbuka berikutnya ialah telur orak arik. Menu makanan praktis dan sederhana ini dapat menjadi salah satu menu andalan keluarga saat bulan ramadhan. Menu ini dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang begitu mudah didapatkan. Contohnya, telur ayam, wortel dan kubis. Biasanya anak-anak sangat menyukai menu makanan satu ini.

Telur orak-arik sudah pasti memiliki kandungan protein yang tinggi. Terlebih lagi adanya perpaduan dari wortel dan kubis yang kaya akan mineral dan vitamin tentu sangat bagus untuk memberikan energi bagi tubuh.

22. Nasi Bakar

Nasi Bakar

Nasi barang nampaknya bisa menjadi suatu inspirasi menu berbuka andalan bagi Anda dan keluarga. Tidak ada salahnya untuk membuat santapan berbuka yang istimewa bagi keluarga. Anda bisa coba membuat nasi bakar yang sebelumnya dibungkus terlebih dahulu dengan daun pisang. Gurihnya nasi khas bumbu bakar dengan isian daging ayam dan ikan teri tentu dapat membangkitkan selera makan.

Sekilas mungkin bentuknya menyerupai kue lemper, namun berukuran lebih besar. Dijamin, keluarga Anda akan ketagihan dengan menu satu ini.

23. Kwetiau Goreng

Kwetiau Goreng

Salah satu menu simpel untuk berbuka puasa bersama keluarga ialah kwetiau goreng. Kwetiau dapat menjadi pengganti nasi yang menyehatkan. Hal ini karena kwetiau terbuat dari tepung beras dari proses penggilingan. Oleh karena itu, kwetiau mengandung gizi yang setara dengan nasi. Misalnya, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi dan vitamin.

Kwetiau goreng juga terbilang mampu mengurangi risiko panas dalam. Karena alasan inilah kwetiau dapat dijadikan salah satu menu paling direkomendasikan untuk berbuka puasa. Makanan ini juga ampuh guna melancarkan saluran pencernaan.

24. Ayam Woku

Ayam Woku

Variasi menu ayam lain yang bisa menjadi inspirasi Anda dan keluarga saat berbuka ialah ayam woku. Menu masakan ini paling direkomendasikan khususnya bagi Anda yang gemar dengan menu makanan pedas. Ayam woku memiliki cita rasa lezat dan pedas saat kali pertama digigit. Kelezatan menu masakan ini tentu bisa membuat Anda ketagihan.

Setidaknya ayam woku mengandung kalori sebanyak 159 kkal. Selain itu, menu ayam ini juga memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat serta serat.

25. Sate Ayam

Sate Ayam

Sate ayam merupakan salah satu menu makanan yang sudah mendunia. Anda bisa menjadikan menu satu ini sebagai rekomendasi masakan berbuka puasa bersama keluarga. Makanan yang dibakar dengan bara api ini selalu mengundang daya tarik tersendiri bagi sebagian besar masyarakat. Belum lagi cita rasa manis dan gurih dari daging ayam tersebut yang pasti sanggup bikin ketagihan.

Hampir seluruh kalangan menyukai sate ayam. Termasuk anak-anak. Jadi, Anda tidak usah ragu guna membuat menu masakan ini. Anda bisa membuat variasi menu sate ayam yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Misalnya, sate ayam Madura, sata Padang, sate lilit atau sate buntal.

26. Gado-gado

Gado-gado

Bosan dengan menu serba daging? Anda bisa coba memasak gado-gado sebagai menu berbuka. Makanan asli Indonesia berupa sayur-sayuran rebus ini nantinya dicampur dengan saus kacang yang lezat. Tambahan telur rebus sebagai toping bersama bawang goreng dan kerupuk tentu sayang sekali untuk dilewatkan.

Sebagai menu serba sayur, gado-gado tentu banyak memiliki kandungan gizi. Misalnya, karbohidrat, protein nabati, vitamin dan mineral. Selain mengenyangkan, menu makanan ini tentu sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

27. Kepiting Saus Pedas

Kepiting Saus Pedas

Kepiting saus pedas saat ini tengah menjadi bintang di berbagai lapak hidangan. Barangkali, Anda mau coba memasak menu satu ini sebagai opsi menu berbuka bersama keluarga. Yang Anda butuhkan untuk memasak menu ini adalah kepiting segar berukuran besar. Anda tentu dapat dengan mudah menjumpai bahan utama menu masakan ini di pasaran maupun supermarket terdekat.

Kepiting dikenal sebagai menu makanan yang memiliki kandungan gizi beragam dan sangat bagus bagi kesehatan. Misalnya, dapat menjaga kesehatan tulang, mencegah stres serta meningkatkan sirkulasi darah.

28. Tongseng Daging Sapi

Tongseng Daging Sapi

Tongseng daging sapi dapat menjadi alternatif menu berbuka bagi keluarga Anda. Selain memiliki tekstur yang baik, daging sapi juga mempunyai cita rasa khas. Dalam satu menu tongseng daging sapi terdapat sejumlah manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan protein. Protein sangat bagus sebagai pemberi energi.

Usai melakukan puasa selama seharian penuh, tentu Anda sangat ingin mengonsumsi makanan yang lezat. Maka dari itu, menu tongseng daging sapi dapat menjadi pilihan yang pas.

29. Terong Balado

Terong Balado

Tidak ada salahnya menjadikan daging vegan ini sebagai santapan andalan berbuka puasa. Anda bisa mengolahnya menjadi menu terong balado yang menggugah selera. Jangan salah, terong juga mempunyai segudang manfaat yang bagus bagi tubuh. Terong diketahui sangat ampuh guna menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, terong juga bagus sebagai pengendali kadar kolesterol. Dengan demikian, terong tidak hanya mengenyangkan namun juga menyehatkan.

Kiranya 29 menu buka puasa tersebut dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Jangan lupa sebelum berbuka dengan makanan berat agar mengonsumsi sesuatu yang manis terlebih dahulu. Jadikan puasa Anda tetap sehat dengan makan makanan yang bergizi, ya!

29 Menu Buka Puasa (Nikmat, lezat, dan sehat)

Leave a Reply