29 Menu Takjil Buka Puasa (Nikmat dan paling dicari) 1

29 Menu Takjil Buka Puasa (Nikmat dan paling dicari)

Menu Takjil Buka Puasa – Keistimewaan dari bulan suci ramadhan selalu dinantikan oleh umat muslim seluruh dunia. Pada bulan ini kumandang adzan maghrib menjadi favorit dibandingkan dengan hari-hari biasa. Selain fenomena adzan maghrib, masih ada fenomena lain yang tidak kalah ajaib pada bulan penuh ampunan ini. Fenomena tersebut tidak lain adalah menu takjil buka puasa.

Di bulan ramadhan ada begitu banyak pedagang dadakan yang menjual berbagai macam panganan untuk berbuka. Pada waktu menjelang maghrib itulah banyak orang ngabuburit demi mendapatkan pilihan menu berbuka. Keramaian itu tentu saja membuat jalanan jadi macet. Bagi Anda yang malas keluar rumah untuk membeli takjil, maka bisa coba membuat sendiri menu tersebut berdasarkan inspirasi berikut.

29 Pilihan Menu Takjil Buka Puasa Paling Nikmat Nyegerin

1. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Es pisang ijo adalah salah satu inspirasi menu berbuka yang tepat. Tidak hanya menyegarkan, es ini juga bagus untuk kesehatan. Pada dasarnya pisang hijau dikenal banyak memiliki kandungan manfaat yang baik bagi tubuh terutama untuk menambah energi. Makanan ini bahkan sering dikonsumsi oleh para atlet olahraga guna mengembalikan tenaga.

Es pisang ijo yang menggunakan bahan tambahan lain tentu dapat semakin memperkaya nutrisi. Misalnya, tepung beras atau tepung terigu. Tidak heran jika es pisang ijo ini merupakan menu takjil berbuka yang banyak digemari.

2. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda

Tidak ada menu takjil yang lebih nikmat selain dengan minuman serba es. Salah satunya adalah es kelapa muda. Di samping segar, minuman takjil satu ini juga menyehatkan tubuh. Kandungan air kelapa asli dalam tegukan es ini dapat mengembalikan ion tubuh yang hilang setelah seharian penuh berpuasa. Rasanya yang manis alami juga membuat Anda semakin bertenaga.

Jika Anda bosan dengan menus es kelapa muda yang begitu-begitu saja, maka bisa coba memvariasikannya. Misalnya, es kelapa muda dengan gula merah aren, es kopyor kelapa muda, es sirup kelapa muda asli dan sebagainya.

3. Boba Milk Tea Ala Rumahan

Boba Milk Tea Ala Rumahan

Ingin minum boba milk tea tapi malas kena macet di jalanan? Coba saja membuat boba ala rumahan. Cara membuat boba semacam ini sangatlah mudah. Apalagi jika Anda membuat sendiri di rumah. Tentu saja akan lebih higenis dan bebas Anda tambahkan topping apapun sesuai selera. Anda bisa membuat boba dengan mencapurkan tepung tapioka, air hangat serta pewarna makanan.

Tahukah Anda bahwa boba milk tea juga memiliki sejumlah kandungan gizi yang bagus bagi kesehatan. Salah satunya adalah kalori sebanyak 181 kkal untuk ukuran 50 gram boba. Tentu saja kalori ini sangat bagus gune mengembalikan energi Anda setelah seharian penuh berpuasa. Di samping itu, boba buatan rumahan juga mengandung nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, natrium, kalium, gula dan serat.

4. Es Cincau

Es Cincau

Pilihan takjil yang paling dinikmati tentu saja menu serba es. Salah satunya adalah es cincau. Es cincau merupakan jenis minuman penyegar berbahan utama jeli menyerupai agar-agar yang dikenal sebagai cincau. Cincau nantinya dicampur dengan sirup, es serut dan santan sehingga membuat minuman ini amat menggugah selera.

Ada dua jenis cincau yang bisa Anda buat menjadi minuman segar yakni cincau hijau dan hitam. Cincau hijau adalah jenis yang paling mudah dijumpai serta berkhasiat untuk menyehatkan pencernaan. Cincau jenis ini juga baik dalam mencegah panas dalam. Sementara itu, jenis cincau hitam memiliki banyak serat yang juga kaya akan manfaat. Misalnya, mengatasi panas dalam, masalah pencernaan hingga batuk.

5. Puding Mangga

Puding Mangga

Puding mangga bisa menjadi inspirasi menu takjil yang pas bagi keluarga Anda. Raja buah-buahan ini tidak hanya memiliki rasa yang manis saja melainkan juga aroma unik. Terlebih lagi makanan ringan ini juga memiliki begitu banyak kandungan vitamin. Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh di antaranya menjaga kesehatan kulit, mengontrol detak jantung serta sumber vitamin C.

Jika Anda merasa bosan dengan menu serba es, maka bisa coba membuat puding mangga sebagai menu takjil andalan. Bahan-bahan untuk membuatnya pun relatif mudah seperti agar-agar putih bubuk, gula pasir, susu cair dan potongan mangga.

6. Es Oyen

Es Oyen

Es oyen adalah salah satu inspirasi menu takjil khas Bandung. Menu takjil yang terbuat dari buah-buahan, mutiara dan aneka makanan ringan tambahan ini mampu menciptakan sensasi tersendiri di mulut penggemar minuman dingin. Cocok sekali diminum ketika berbuka puasa. Pelepas dahaga sewaktu berbuka ini adalah menu favorit saat ramadhan tiba di daerah Paris Van Java tersebut.

Tidak hanya nikmat diminum saja, es oyen juga memiliki segudang khasiat bagi tubuh. Manfaat es oyen di antaranya untuk melancarkan pencernaan, penghilang dahaga, menyegarkan tubuh, menetralisir racun dan mengenyangkan perut.

7. Kolak Pisang

Kolak Pisang

Kolak telah menjadi menu takjil berbuka puasa yang tidak pernah absen. Salah satu jenis kolak favorit bagi sebagian besar masyarakat muslim Indonesia ialah kolak pisang. Pisang pulen nan manis yang berpadu dengan kenyalnya kolang-kaling dan ubi lembut nantinya akan disiram dengan kuah santan gurih manis sehingga amat menggiurkan lidah.

Tidak cukup itu saja, kolak pisang juga memiliki kandungan gizi lengkap sebagai penambah energi usai seharian berpuasa. Selain itu, kolak pisang juga mempunyai manfaat bagus lainnya bagi kesehatan tubuh. Misalnya, melancarkan saluran pencernaan, mencegah dehidrasi, menurunkan berat badan, melancarkan menstruasi, mencegah gangguan syaraf, mempertahankan tekanan darah serta mencegah anemia.

8. Es Timun dan Selasih

Es Timun dan Selasih

Es timun dan selasih dapat menjadi inspirasi menu takjil serba es bagi keluarga Anda. Sebagai bahan utama, timun merupakan salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi. Salah satunya adalah zat antioksidan yang mampu mengobati serta mencegah sejumlah kondisi buruk. Timun juga rendah kalori serta mempunyai banyak serat yang bagus untuk meningkatkan hidrasi.

Untuk membuat es timun dan selasih sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti timun muda, gula pasir, jeruk nipis dan biji selasih. Jika tidak suka gula, Anda bisa menggantinya dengan sirup sesuai selera.

9. Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Tidak hanya kolak pisang saja yang laris manis di bulan ramadhan. Ada kolak biji salak yang menjadi salah satu menu favorit ketika berbuka puasa. Kolak biji salak terbuat dari bahan-bahan bernutrisi tinggi yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kolak biji salak sangat bagus untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Bagi penderita diabetes yang ingin menyantap kolak sebagai menu berbuka, maka bisa coba untuk mencicipi kolak biji salak. Kolak ini sangat ampuh untuk mengurangi risiko resistensi insulin bagi penderita diabetes. Ini karena kolak biji salak juga memasukkan gula merah sebagai pemanis alami yang aman bagi penderita diabetes.

10. Es Bongko

Es Bongko

Segarnya kuliner khas Pontianak ini dapat menjadi salah satu menu takjil andalan saat berbuka. Minuman penyegar ini terbuat dari tepung hunkwe yang dipadukan dengan daun pandan, daun suji, gula merah serta santan. Tidak heran jika minuman ini memiliki cita rasa manis nan gurih. Cocok sekali diminum saat berbuka.

Meminum es bongko tentu dapat menyegarkan dahaga Anda seketika. Selain itu, isian komplit dari minuman ini tidak hanya bikin kenyang tapi juga mampu mendinginkan perut.

11. Sop Buah

Sop Buah

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan menu satu ini. Sop buah adalah jenis minuman yang terdiri atas begitu banyak buah-buahan sebagai bahan utama. Wajar saja jika sop buah tidak hanya menyegarkan saja namun juga menyehatkan. Setidaknya minuman ini mengandung sejumlah zat gizi di antaranya serat, kalsium, asam folat, niasin, vitamin A, C dan B6.

Untuk mendapatkan manfaat kebaikan dari sop buah, Anda mesti memasukkan buah stroberi, anggur, nangka, melon dan mangga sebagai bahan utama. Tambahkan sirsak, kelapa muda dan susu kental manis sebagai penyempurna gizi dalam minuman tersebut.

12. Es Kopi Susu

Es Kopi Susu

Sekarang ini minuman serba kopi susu tengah merajai kuliner Indonesia. Tidak ada salahnya jika Anda menjadikan es kopi susu sebagai salah satu menu takjil berbuka yang lezat. Kopi campur susu yang familiar dengan latte mempunyai porsi susu yang jauh lebih banyak ketimbang cappucino. Segelas kopi susu mempunyai kandungan karbohidrat, kalori, protein, kalsium dan lemak.

Mengonsumsi kopi susu sangat baik sebagai tambahan energi. Selain itu, kopi susu juga baik guna penambah antioksidan jika dibandingkan dengan teh.

13. Cireng

Cireng

Bosan dengan minuman serba es? Anda bisa coba membuat camilan enak sebagai menu takjil berbuka. Opsi camilan ringan untuk berbuka Anda bersama keluarga adalah cireng. Cireng adalah salah satu makanan yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan terigu. Camilan ini sangat pas dijadikan teman berbuka karena selain rasanya yang lezat dan gurih, cireng juga bermanfaat bagi kesehatan.

Cireng diketahui ampuh untuk mengatasi sakit maag. Jadi, bagi penderita tukak lambung bisa coba berbuka dengan cireng, ya! Selain itu, cireng juga dapat digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah serta memperkuat tulang dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh Anda.

14. Siomay

Siomay

Tidak hanya cireng. Anda juga bisa coba membuat siomay sebagai inspirasi menu berbuka bersama keluarga tercinta. Makanan yang diadopsi dari kuliner China ini begitu mirip dengan dim sum namun disajikan dengan saus kacang, kecap dan saus yang begitu menggoda. Makanan ringan ini sangat cocok disantap saat panas.

Anda bisa memvariasikan isian siomay sehingga semakin menambah nilai gizi. Misalnya, dengan menambahkan isian daging ayam, telur puyuh, suwiran ikan, sayuran dan sebagainya.

15. Sosis Bakar Jumbo

Sosis Bakar Jumbo

Bicara soal menu takjil memang tidak ada habisnya. Inspirasi menu takjil berikutnya yang tidak kalah menggiurkan ialah sosis bakar jumbo. Membayangkannya saja tentu sudah bisa membuat lidah kemecer. Bagi Anda yang memiliki anak kecil tentu menu ini akan menjadi favorit baginya. Terlebih lagi jika Anda mahir memvariasikan menu sosis bakar jumbo.

Misalnya, dengan menambahkan saus barbeque, toping keju mozarella, saus bolognese dan sebaginya. Bersiaplah untuk dipuji oleh orang rumah bahwa masakan Anda istimewa.

16. Es Blewah

Es Blewah

Es blewah merupakan salah satu jenis minuman dingin menyegarkan yang tidak pernah absen hadir pada bulan ramadhan. Sebagian besar restaurant menyediakan menu es ini sebagai salah satu varian takjil yang diberikan kepada pengunjung. Anda bisa langsung membuat minuman lezat ini di rumah. Variasikan sekratif mungkin agar menu minuman ini menjadi favorit bagi keluarga Anda.

Misalnya, dengan menambahkan cincau, natadecoco, biji selasih, cincau hitam, kelapa muda dan sebagainya. Tambahkan juga sirup rasa cocopandan atau leci sebagai pemanis.

17. Bubur Sagu Mutiara

Bubur Sagu Mutiara

Ingin berbuka dengan menu yang bisa membangkitkan energi? Tidak ada salahnya untuk coba mengonsumsi bubur sagu mutiara. Selain mampu mengembalikan energi, bubur ini juga mengandung banyak nilai gizi yang baik bagi tubuh. Misalnya, karbohidrat, serat, protein, kalori, sodium, potasium dan lemak.

Mengonsumsi bubur sagu mutiara juga dapat memperlancar pencernaan. Di samping itu, menu takjil ini juga bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin.

18. Salad Buah

Salad Buah

Tidak ada salahnya berbuka dengan salad buah. Walaupun bukan termasuk ke dalam kategori minuman, namun salad buah adalah salah satu menu yang tidak kalah menyegarkannya dibanding es. Selain itu, salad buah juga kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Bayangkan setelah seharian penuh menahan lapar dan haus kemudian Anda berbuka dengan semangkuk salad buah yang lezat dan menggugah selera.

Variasikan buah-buahan apa saja yang ingin Anda masukkan ke dalam daftar isian salad buah. Misalnya, stroberi, melon, kiwi, apel, pir dan jeruk. Jangan lupa tambahkan mayonise sebagai penyempurna salad buah ala Anda.

19. Lumpia

Lumpia

Lumpia goreng juga bisa menjadi salah satu opsi berbuka yang paling ditunggu-tunggu. Tentu Anda suda bisa membayangkan betapa lezatnya panganan basah khas Semarang ini sebagai santapan berbuka puasa. Jika bosan dengan isian rebung, Anda bisa memberikan isian bihun atau daging ayam cincang ke dalam lumpia tersebut.

Menyantap lumpia goreng hangat sangat pas bila ditemani oleh secangkir teh hangat. Dijamin puasa Anda akan terasa lebih istimewa.

20. Kue Lumpur

Kue Lumpur

Berbuka dengan menu tradisional tentu dapat menjadi opsi yang pas. Misalnya, kue lumpur. Kue tradisional ini memiliki tekstur lembut yang sangat pas dihidangkan sebagai menu takjil. Cara membuat camilan ini pun terbilang cukup sederhana dan praktis. Adonan kue ini tidak memerlukan bahan-bahan yang sukar dijumpai.

Agar tekstur kue lumpur semakin lembut lagi, Anda bisa memanfaatkan kentang sebagai bahan utama. Jangan lupa variasikan kue lumpur sekreatif mungkin agar menjadi menu berbuka puasa yang selalu ditunggu-tunggu oleh keluarga tercinta.

21. Martabak Mini

Martabak Mini

Sudah kehabisan ide membuat menu takjil? Cobalah untuk membuat menu martabak mini. Bayangkan kenikmatan ngemil martabak mini sebelum makan makanan berat ketika berbuka puasa. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut tentu dapat menjadi menu yang ditunggu-tunggu oleh keluarga tercinta di rumah.

Variasikan toping martabak mini sesuai dengan kegemaran tiap-tiap anggota keluarga. Misalnya, meses cokelat, keju, buah-buahan segar dan sebagainya.

22. Bolu Kukus

Bolu Kukus

Camilan berbentuk menyerupai cupcake ini tentu akan menjadi menu takjil favorit bagi anak-anak Anda. Rasanya yang lezat dengan tekstur super lembut tentu mampu membangkitkan selera makan. Apalagi jika Anda mengkreasikannya dengan warna-warna cantik. Misalnya, merah muda, hijau, kuning, biru, coeklat dan merah.

Bahan-bahan untuk membuat adonan bolu kukus sangat mudah dijumpai di pasaran. Cara membuat menu satu ini juga tidak ribet. Untuk itu, Anda bisa coba memasukkannya ke dalam daftar menu takjil pada bulan ramadhan tahun ini.

23. Kroket Kentang

Kroket Kentang

Kroket goreng memang bukan menu makanan asli Indonesia. Namun, camilan ringan ini sudah menjadi idola seantero negeri. Ini karena kroket kentang memiliki tekstur yang lembut, gurih dan lezat. Cocok sekali disajikan sebagai menu santap berbuka usai seharian berpuasa. Terlebih lagi, cara pembuatan camilan ini terbilang relatif mudah.

Menu takjil ini dijamin akan disukai oleh anak-anak. Untuk memvariasikan menu takjil ini Anda bisa menambahkan isian sesuai dengan kreasi masing-masing. Contohnya, kornet, mi, sayuran maupun rogout ayam.

24. Mendoan

Mendoan

Siapa bisa menolak kelezatan tempe mendoan? Ini adalah salah satu menu takjil berbuka paling sederhana yang populer di banyak kalangan masyarakat. Tidak heran jika tempe mendoan digemari banyak lapisan. Tidak hanya cocok dijadikan lauk makan saja, tempe mendoan juga pas disantap hangat-hangat sebagai camilan sebelum makan makanan berat.

Kunci utama dalam membuat mendoan yang enak terdapat pada adonan tepungnya. Potongan tempe juga harus diiris tipis. Menyantap menu satu ini sangat pas bila dipadukan dengan teh hangat.

25. Agar-agar Santan

Agar-agar Santan

Pilihan menu takjil berbuka anti ribet yang praktis dibuat adalah agar-agar santan. Jika dibandingkan dengan puding, membuat agar-agar santan jauh lebih mudah dan sederhana. Cocok sekali bagi Anda yang tidak menyukai menu serba gorengan atau es. Tekstur agar-agar yang kenyal dan kaya akan serat sangat bagus bagi pencernaan.

Agar kian bervariasi, Anda dapat menambahkan sejumlah campuran lain. Misalnya, buah-buahan seperti melon, pisang dan stroberi.

26. Kue Cubit

Kue Cubit

Kue cubit merupakan camilan tradisional yang tidak kalah lezatnya untuk dikonsumsi saat berbuka. Jajanan sederhana dengan bahan murah meriah ini tentu akan menjadi menu favorit bagi keluarga tercinta. Belum lagi cara pembuatan kue ini terbilang sangat praktis dan anti ribet. Cocok sekali bagi Anda yang malas repot namun ingin membuat menu takjil menyehatkan bagi orang-orang tercinta.

Kreasikan kue cubit sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, dengan menambahkan toping cokelat lumer, meses, marsamallow dan sebagainya.

27. Pastel Goreng

Pastel Goreng

Kue gorengan masih menjadi menu favorit bagi sebagian besar keluarga di Indonesia. Salah satunya adalah pastel goreng. Pastel goreng memiliki tektur krispi di luar namun lembut di dalam. Biasanya camilan ini memiliki isian yang cukup bervariasi seperti telur rebus, irisan daging ayam, kornet, abon sapi dan sebagainya.

Camilan ini sangat cocok disantap bersama es cincau atau es degan. Membayangkannya saja sudah sanggup membuat lidah kemecer.

28. Tahu Brontak

Tahu Brontak

Bosan dengan menu tahu bulat? Coba saja untuk membuat salah satu menu takjil yang enak berbahan dasar tahu satu ini. Tahu brontak adalah tahu goreng yang memiliki isian sayuran penuh gizi. Menu camilan berbuka yang super enak disajikan hangat-hangat ini sangat mudah untu dibuat. Selain minum es, Anda juga bisa ngemil tahu brontak bersama keluarga saat berbuka.

Bayangkan betapa nikmatnya tahu goreng renyah dengan isian kaya nutrisi ini. Dijamin, bukan hanya sekadar mengenyangkan saja namun juga tetap menyehatkan.

29. Pisang Molen

Pisang Molen

Apa yang Anda pikirkan saat mendapatkan pilihan untuk berbuka dengan pisang molen? Meskipun jajanan ini sangat mudah dijumpai di pasaran, namun tidak ada salahnya untuk membuat camilan ini sendiri di rumah. Apalagi dengan request si kecil yang hobi makan. Anda dapat mengkreasikannya dengan sejumlah variasi isian. Misalnya, stroberi, nanas, kacang hijau, cokelat, blueberry dan keju.

Anda juga bisa membuat pisang molen mini. Berbuka dengan pisang molen dan secangkir teh hangat tentu akan menjadi salah satu hal yang istimewa.

29 inspirasi menu takjil buka puasa tersebut kiranya bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk berbuka dengan yang manis-manis terlebih dahulu untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Tambahkan juga vitamin agar tubuh Anda tetap prima selama menjalankan ibadah puasa, ya!

29 Menu Takjil Buka Puasa (Nikmat dan nyegerin)

Leave a Reply