29+ Menu Sahur yang Nikmat dan sehat (Praktis dan anti ribet) 1

29+ Menu Sahur yang Nikmat dan sehat (Praktis dan anti ribet)

Menu Sahur – Ketika menjalankan serangkaian ibadah puasa, Anda wajib berhati-hati dengan kesehatan Anda. Salah satunya adalah ancaman dehidrasi. Dehidrasi tentu dapat merusak ibadah puasa Anda terlebih lagi bisa menjadi ancaman yang cukup serius untuk persoalan kesehatan. Maka dari itu, demi lancarnya ibadah wajib tersebut maka Anda perlu menyiapkan menu sahur yang baik.

Jika hanya dengan minum air putih saja, itu belum cukup. Anda perlu menyiapkan variasi menu makan sahur yang sehat dengan mempertimbangkan kandungan gizi yang berlimpah. Bagi Anda yang masih bingung, maka pilihan menu makan sahur praktis dan kaya gizi berikut kiranya dapat menjadi inspirasi istimewa.

29 Macam Pilihan Menu Sahur Praktis Anti Ribet

1. Bening Bayam

Bening Bayam

Membayangkan kelezatan sayur bening bayam saja sudah sanggup membuat kemecer. Kesegaran yang kaya kandungan gizi dari sayur bening ini kiranya dapat menjadi inspirasi menu makan sahur bagi Anda dan keluarga. Apalagi jika Anda menambahkan sejumlah sayuran komplit seperti jagung dan wortel. Menu ini dijamin bisa menjadi makanan favorit sahur bagi keluarga Anda.

Tahukah Anda bahwa meminum kuah bening bayam dapat mencegah risiko dehidrasi saat seharian penug berpuasa. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk coba menjadikan sayur bening bayam sebagai menu makan sahur. Lengkapi dengan sajian lauk berupa bacem tempe goreng. Dijamin, pasti bikin keluarga ketagihan.

2. Nasi Pecel

Nasi Pecel

Makan banyak sayuran sewaktu sahur sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap prima selama berpuasa. Salah satu inspirasi menu serba sayur untuk sahur yang pas bagi Anda dan keluarga ialah nasi pecel. Anda bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahan pembuatan pecel di lingkungan tempat tinggal. Misalnya, bayam, kangkung, kecambah, sawi, timun dan sebagainya.

Bayangkan betapa lezatnya sayur-sayuran rebus yang disajikan dengan siraman saus kacang. Sebagai pelengkap Anda bisa menambahkan kerupuk, tahu dan tempe goreng. Selain mengenyangkan menu sahur nasi pecel juga sangat menyehatkan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh Anda.

3. Soto Ayam

Soto Ayam

Selain sayur bening bayam Anda bisa coba soto ayam sebagai inspirasi menu makan sahur di rumah. Tidak hanya sedap, soto ayam begitu kaya akan gizi sehingga sangat pas untuk menu makan sahur bersama leluarga. Kuah dari soto ayam juga dapat menambah cairan bagi tubuh. Sama halnya seperti sayuran yang terdapat dalam menu soto ayam. Contohnya, kol dan tomat.

Tambahkan santap sahur soto ayam Anda dengan kerupuk dan tahu goreng. Membayangkan kelezatannya sudah cukup menggiurkan. Untuk itu, tidak ada salahnya memasukkan soto ayam ke dalam daftar menu makan sahur bersama keluarga.

4. Smoothies Bowl

Smoothies Bowl

Ingin menu makan sahur tanpa nasi namun tetap menyehatkan? Anda bisa coba membuat smoothies bowl. Sajikan smoothies bowl sebagai santapan sahur yang lezat dan sehat. Jangan lupa tambahkan granola beserta kacang almond pada bagian atas makanan. Smoothies bowl tentu dapat mencukupi kebutuhan gizi Anda selama berpuasa.

Hal ini dikarenakan bahwa smoothies bowl mengandung begitu banyak vitamin dan zat baik lainnya. Komposisi smoothies bowl saja terbuat dari bahan-bahan yang kaya serat dan nutrisi. Contohnya, buah-buahan yang telah diblender halus, topping kacang, buah segar, granola, oat dan sebagainya. Variasikan topping smoothies bowl sesuai dengan kreasi Anda.

5. Bubur Manado

Bubur Manado

Bubur Manado layak masuk ke dalam daftar makanan sahur bagi Anda dan keluarga. Hal ini tidak lain karena bubur khas daerah Sulawesi Utara ini begitu banyak memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh yang tidak boleh Anda sepelekan begitu saja. Terlebih lagi makanan ini terbuat dari sejumlah bahan yang kaya akan serat dan gizi.

Misalnya, jagung, campuran beras, ubi kayu, kangkung, kemangi, bayam dan bumbu dapur. Tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan gizi harian Anda dan keluarga selama berpuasa saja, bubur ini juga kaya akan antioksidan. Serat yang cukup tinggi juga sangat bagus untuk melancarkan saluran pencernaan. Bubur ini juga sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak.

6. Sup Ayam

Sup Ayam

Makan makanan serba kuah di saat sahur memang sangat bagus guna mengurangi risiko dehidrasi. Salah satu menu makan sahur serba kuah yang jadi rekomendasi berikutnya ialah sup ayam. Sup ayam memang dikenal rendah kalori serta terbuat dari bahan-bahan bernilai gizi tinggi. Tidak heran jika makanan ini begitu banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengonsumsi sup ayam khususnya jenis ayam kampung dapat memperbaiki sistem pencernaan. Selain itu, sup ayam juga kaya akan mineral yang sangat bagus dijadikan menu andalan ketika sahur maupun berbuka. Cara penyajiannya yang simpel membuaat sup ayam dapat menjadi inspirasi menu makan sahur paling dianjurkan.

7. Capcay Kuah

Capcay Kuah

Sajian berbahan dasar serba sayur dan diberi kuah ini dari daratan Tionghoa ini sudah cukup populer di Indonesia. Dengan sejumlah olahan sayuran tersebut tidak heran rasanya jika makanan ini sangat menyehatkan tubuh. Setidaknya dalam sebuah menu caapcay kuah harus mengandung 10 macam jenis sayuran.

Tidak heran jika dibalik banyaknya jumlah sayuran tersebut terdapat kandungan gizi yang begitu melimpah. Misalnya, vitamin E, C, zat besi, fosfor, kalsium hingga zat antioksidan lainnya. Capcay kuah sangat bagus dikonsumsi guna meningkatkan imunitas dalam tubuh Anda dan keluarga. Terlebih lagi saat menjalani ibadah wajib puasa.

8. Tumis Kangkung

Tumis Kangkung

Inspirasi menu untuk makan sahur paling praktis ialah tumis kangkung. Sajian menu merakyat ini tentu cocok bagi semua kalangan. Tumis kangkung setidaknya mengandung 90% air. Jadi, menu ini sangat cocok dijadikan santapan saat sahur. Anda bisa memvariasikan sajian makanan ini dengan menambahkan potongan tahu maupun tempe ke dalamnya.

Jika ingin menambahkan protein hewani, maka Anda bisa coba memasukkan potongan udang, cumi-cumi atau suwiran ayam. Menyantap tumis kangkung dengan nasi hangat barangkali akan menjadi menu makan sahur favorit bagi Anda dan keluarga. Jangan lupa tetap perbanyak konsumsi air putih, ya!

9. Oseng Buncis dan Telur

Oseng Buncis dan Telur

Untuk membuat menu makan sahur, tentu tidak semua orang mau ribet. Apalagi harus berperang dengan kantuk. Maka dari itu, Anda bisa coba memasak oseng buncis dan telur sebagai menu makan sahur Anda dan keluarga yang paling praktis. Resep makanan ini juga diketahui banyak mengandung sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Buncis diketahui ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, buncis dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan tulang serta menjaga kondisi jantung tetap prima. Sementara itu, telur yang kaya akan protein juga mampu memberikan kekuatan ketika seharian berpuasa nanti. Menu makanan sederhana juga umum disukai anak-anak.

10. Sandwich Kombinasi Alpukat

Sandwich Kombinasi Alpukat

Bagi Anda yang malas makan nasi ketika sahur nampaknya bisa coba membuat menu praktis semacam ini. Sandwich kombinasi alpukat sangat cocok dijadikan menu makan sahur oleh Anda yang tidak suka repot memasak. Jangan khawatir, menu makanan semacam ini juga banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk membuat sandwich seperti ini Anda perlu menyiapkan roti sebagai bahan dasar utama, tomat, timun dan daging buah alpukat. Tambahkan mayonaise atau keju sebagai pelengkap sandwich kombinasi alpukat ala Anda. Kesegaran dalam menu makanan ini tentu dapat menjaga tubuh Anda dari risiko dehidrasi seharian nanti.

11. Ayam Goreng Mentega

Ayam Goreng Mentega

Inspirasi menu sahur praktis dibuat berikutnya adalah ayam goreng mentega. Setidaknya Anda bisa coba membuat menu ini sekali atau dua kali dalam sebulan saat menjalankan ibadah puasa. Menu santap sahur ini juga sudah menjadi favorit bagi banyak kalangan khususnya anak-anak. Umumnya mereka menyukai menu ini karena rasanya yang lezat, gurih sekaligus manis.

Sebaiknya Anda juga mengimbangi menu ayam goreng mentega dengan sejumlah sayuran kecil. Misalnya, bayam dan brokoli. Kedua sayuran ini mampu untuk menetralisir kandungan lemak dalam menu ayam goreng mentega buatan Anda.

12. Orek Tempe

Orek Tempe

Orek tempe adalah menu simpel dan praktis berikutnya yang layak Anda coba saat sahur. Hidangan sederhana ini juga banyak cocok di lidah orang Indonesia. Rasanya yang merakyat membuat menu ini serig dijumpai di rumah-rumah masyarakat saat sahur bahkan berbuka puasa. Jangan lupa tambahkan wortel dan kol agar menu ini semakin menyehatkan bagi tubuh Anda dan keluarga.

Jika ingin memperoleh manfaat baik dari protein hewani, maka Anda bisa menambahkan suwiran ayam atau daging ke dalam orek tempe. Menu makan sahur semacam ini tentu sangat cocok dikonsumsi bersama nasi dan teh hangat. Untuk itu, segera masukkan orek tempe ke dalam daftar menu sahur bagi Anda dan keluarga!

13. Sop Buntut

Sop Buntut

Jika sop ayam terlalu umum, barangkali Anda bisa coba memasak sop buntut. Menu satu ini kiranya dapat menjadi inspirasi bagi Anda khususnya yang menjadi penggemar daging sapi. Sop buntut tentu dapat mengurangi risiko dehidrasi ketika berpuasa nanti. Menu makanan sahur ini akan semakin lezat apabila dikombinasikan dengan emping serta lauk pauk lainnya.

Padukan dengan tahu dan tempe goreng renyah sebagai pelengkap makan sahur Anda. Jika Anda kurang berkenan dengan emping, tentu bisa digantikan dengan kerupuk biasa. Terlebih lagi tidak semua orang bisa mengonsumsi emping dalam jumlah banyak.

14. Sayur Asem

Sayur Asem

Selain sayur bening, Anda juga bisa mengonsumsi sayur asem sebagai menu makan sahur bersama keluarga tercinta. Menu yang biasa dijumpai di restoran sunda ini tentu dapat dengan mudah Anda coba di rumah. Tidak hanya gampang dibuat saja, sayur asem juga banyak mengandung sayuran yang bagus guna menjalani aktivitas dan puasa selama seharian full.

Sayur asem terdiri atas sejumlah sayuran yang baik bagi tubuh. Misalnya, kacang panjang, labu siam, kacang tanah dan jagung. Seluruh sayuran ini memiliki kandungan serat dan karbohidrat tinggi yang bagus untuk mencukupi kebutuhan gizi Anda dan keluarga selama berpuasa.

15. Tumis Tauge

Tumis Tauge

Tumis tauge adalah menu paling simpel yang bisa Anda jadikan makanan sahur bersama keluarga. Variasikan tumis tauge dengan potongan tahu atau tempe sebagai sumber makanan yang kaya akan protein. Bila perlu Anda juga dapat menambahkan irisan kol yang kaya akan manfaat baik bagi tubuh Anda.

Tumis tauage sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan padaa tubuh tiap-tiap orang. Di samping itu, salah satu menu rekomendasi sahur ini juga sangat bagus guna memelihara kesehatan jantung serta mencegah penyakit kanker.

16. Udang Goreng Tepung Ala Rumahan

Udang Goreng Tepung Ala Rumahan

Seringkali anak-anak menjadi lebih pemilih saat makan sahur tiba. Untuk mengantisipasi mood sahur mereka, Anda bisa coba membuat udang goreng tepung. Hidangan seafood ini tentu dapat Anda coba karena selain enak juga praktis dalam membuatnya. Menu ini begitu pas dikonsumsi dengan nasi putih hangat.

Namun, ada baiknya untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan selepas shalat tarawih. Ini demi mempermudah Anda dalam memasak udang goreng tepung ala rumahan. Hemat waktu, bukan?

17. Sup Timlo Solo

Sup Timlo Solo

Bagi Anda yang tinggal di daerah Solo tentu sudah tidak asing dengan menu sup timlo. Jika Anda masih bingung menentukan varian menu makan sahur, maka bisa coba menjajal kesegaran sup timlo. Sup timlo merupakan jenis sup yang dipadukan dengan beragam bahan khas seperti irisan telur ayam rebus, daging ayam, sosis Solo, tahu, irisan kentang goreng dan sebagainya.

Melihat banyaknya ragam isian sup kaya gizi ini tentu tidak heran apabila sup ini juga kaya akan manfaat baik bagi tubuh. Salah satu yang utama adalah untuk mengurangi risiko dehidrasi selama seharian penuh berpuasa. Manfaat lainnya dari sup ini di antaranya sebagai sumber vitamin A dan B1, penurun tekanan darah, pengontrol kolesterol, mengurangi kejang pada saluran pernapasan dan menangkal radikal.

18. Telur Balado

Telur Balado

Telur adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan protein. Menjadikan telur sebagai menu utama makan sahur tentu sangat bagus bagi kesehatan keluarga Anda. Salah satunya adalah dengan membuat telur balado. Super food yang sarat manfaat kebaikan ini begitu lezat diolah dengan cara masak balado ala Minang tersebut.

Hampir semua orang menyukai telur balado. Terutama persoalan rasa yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Telur sangat bagus guna menyuplai nutrisi maupun gizi bagi tubuh. Selain itu, faktanya telur tidak meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah sehingga siapapun Anda boleh mencicipi kelezatan menu sahur ini.

19. Salad Sayur

Salad Sayur

Jika Anda ingin menghindari nasi saat makan sahur namun tetap ingin mengonsumsi makanan bergizi tinggi, maka bisa coba mencicipi salad sayur. Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri atas berbagai macam jenis sayur-sayuran yang kaya akan serat dan sumber nutrisi. Misalnya, tomat, timun, wortel, selada, mayonaise, vinaigrette dressing dan minyak zaitun.

Jangan khawatir, jika salad sayur terbuat dari komposisi yang benar maka makanan tersebut telah memiliki kandungan gizi optimal seperti karbohidrat, lemak, protein hingga vitamin dan mineral. Mengonsumsi salad dapat memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh seperti mencegah sembelit, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan usus serta menurunkan kolesterol.

20. Sup Jamur

Sup Jamur

Makan sop saat sahur memang dapat menjadi rekomendasi yang tepat. Jika jenuh dengan sop ayam atau sop biasa, Anda bisa coba memvariasikannya dengan jamur. Sup jamur dapat menjadi sajian kuliner sahur yang pas di lidah keluarga Anda. Selain memiliki kuah bening begitu menyegarkan, sup jamur juga merupakan menu makanan yang kaya akan zat baik.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi sup jamur dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, sup jamur juga bagus guna menurunkan kolesterol dalam darah. Yang terpenting, sup jamur dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh sehingga sangat cocok disantap sebagai menu makan sahur bersama keluarga.

21. Gulai Nangka Ala Padang

Gulai Nangka Ala Padang

Bosan dengan gulai kambing? Cobalah untuk memasak gulai nangka ala Padang sebagai salah satu menu makan sahur yang praktis. Apalagi jika gulai nangka ini disantap bersama nasi putih hangat dengan tambahan lauk tahu dan tempe goreng. Anda mesti bersiap-siap kehabisan nasi jika memasak masakan ini.

Nangka muda sendiri memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Selain dapat melancarkan pencernaan, nangka juga sangat bagus sebagai peningkat sistem imun dalam tubuh Anda. Ini tidak lepas dari kandungan vitamin C yang sangat tinggi sebagai zat antioksidan.

22. Balado Terong dan Pete

Balado Terong dan Pete

Terong ungu tentu sangat enak jika dimasak dengan menggunakan bumbu balado. Terlebih jika menu ini dipadukan dengan pete. Sudah terbayang kelezatannya, bukan? Terlebih lagi, menu makanan ini tidak hanya lezat dari segi rasa namun juga kaya akan manfaat baik. Terong merupakan sumber vitamin C, B6 dan fitronutrien. Tidak heran jika terong sangat bagus dikonsumsi agar kesehatan jantung tetap prima.

Terong juga ampuh untuk meningkatkan fungsi otak serta mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu saja, terong juga dapat membuat kulit menjadi jauh lebih bercahaya dan lembut. Menu sahur ini paling cocok dikonsumsi dengan kerupuk atau tempe mendoan. Dijamin ketagihan!

23. Daun Singkong dengan Bumbu Gulai

Daun Singkong dengan Bumbu Gulai

Siapa bisa menolak kelezatan daun singkong dengan bumbu gulai? Membayangkannya saja tentu sudah sanggup membuat lidah kemecer. Daun yang sering menjadi pelengkap sajian menu masakan Padang ini ternyata juga kaya akan manfaat bagus bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi daun singkong dalam bentuk masakan tentu saja dapat melancarkan sistem pencernaan Anda.

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari risiko penyakit pencernaan. Daun singkong juga mujarab untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bahkan menariknya lagi, daun singkong sangat bagus guna menstabilkan gula darah. Nah, jika salah satu anggota keluarga Anda memiliki persoalan terkait gula darah maka bisa coba mengonsumsi daun singkong.

24. Ketoprak

Ketoprak

Ketoprak ialah sejenis makanan asli Jakarta yang terbuat dari sejumlah sayuran sehat dengan tambahan tahu, lontong serta siraman sambal kacang super lezat. Terutama bagi orang perantauan asli Jakarta seperti Anda yang kangen dengan masakan daerah, tentu dapat menjadikan ketoprak sebagai salah satu menu santap sahur yang kaya akan nutrisi.

Sekilas bentuk ketoprak hampir sama dengan pecel. Namun, yang membuat ketoprak istimewa ialah kehadiran bihun, tahu, telur, taburan bawang goreng serta kerupuk. Sajian santap sahur ini akan semakin komplit apabila Anda padukan dengan peyek kacang tanah.

25. Tahu Kukus

Tahu Kukus

Apabila Anda ingin menu santap sahur yang bebas dari goreng-gorengan, maka bisa coba mencicipi kelezatan tahu kukus. Sajian simpel dan praktis ini juga memiliki kandungan gizi yang melimpah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh Anda beserta keluarga. Untuk persoalan rasa, sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.

Sajian ini memiliki kesan ringan sekaligus berbumbu pas. Persoalan rasa yang tidak terlalu mendominasi sangat cocok dikonsumsi oleh Anda penikmat makanan tanpa rasa kuat. Tahu kukus juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak.

26. Gudeg

Gudeg

Siapa bilang makan gudeg dilarang ketika sahur? Kuliner yang biasa mendominasi ruang makan kala hari raya tiba ini juga bisa dikonsumsi ketika sahur. Gudeg memiliki bahan dasar yang simpel serta memiliki nilai gizi tinggi. Manfaat tersebut di antaranya untuk menjaga kesehatan mata, memperkuat sistem imunitas dalam rubuh serta mengembalikan mood.

Mengonsumsi gudeg saat sahur dapat menjadi opsi paling tepat mengingat kandungan gizi yang terdapat dalam menu makanan ini. Anda bisa mengonsumsi gudeg dengan lauk tempe mendoan atau tahu pong. Apalagi jika disantap bersama nasi putih yang hangat.

27. Mi Kuah Nyemek

Mi Kuah Nyemek

Tidak ada salahnya makan serba mi ketika sahur. Anda bisa coba alternatif memasak mi kuah nyemek sebagai pilihan. Mi kuah nyemek berarti tidak memiliki kuah yang banyak alias hanya sedikit saja. Menu makanan ini begitu laris manis di Jawa Tengah bahkan sudah cukup mendunia. Berbagai restoran masakan Indonesia di luar negeri banyak menyajikan mi kuah nyemek sebagai pilihan menu favorit.

Anda bisa menambahkan bahan-bahan bernutrisi tinggi lain ke dalam masakan ini. Misalnya, wortel, kol, suwiran ayam, irisan telur hingga topping bawang goreng renyah. Jangan lupa berikan irisan tomat dan timun sebagai pelengkap.

28. Ayam Goreng

Ayam Goreng

Menu ayam yang digoreng ini tentu menjadi menu makanan yang digemari oleh hampir semua orang. Menu simpel dan praktis ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan santapan sahur bersama keluarga. Terlebih lagi ayam diketahui ampuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta mengembalikan mood. Pantas saja jika salah satu dari si kembar Upin Ipin sangat menyukai ayam goreng.

Ayam goreng juga kaya akan zat fosfor. Fosfor diketahui baik untuk menjaga kesehatan syaraf pusat. Dengan mengonsumsi ayam goreng tentu dapat mendukung kelancaran Anda dan keluarga dalam berpuasa seharian nanti.

29. Paklay

Paklay

Ingin memasak santapan sahur yang kaya akan sayuran? Coba saja membuat paklay. Paklay adalah olahan beraneka ragam sayuran segar yang kaya akan serat dan zat baik. Tampilan paklay yang sederhana ternyata begitu banyak digandrungi masyarakat luas. Tidak hanya persoalan rasa saja yang enak, namun paklay juga kaya akan segudang manfaat.

Manfaat tersebut bisa dilihat dari bahan-bahan pembuatan paklay yaitu wortel, kol, kapri, brokoli, jagung manis serut dan sebagainya. Paklay sangat bagus dikonsumsi ketika santap sahur karena dapat mengurangi risiko dehidrasi dalam tubuh. Selain itu, paklay sangat bagus guna melancarkan sistem pencernaan.

29 macam menu sahur tersebut kiranya dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Terutama bagi Anda yang malas ribet memasak. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka puasa. Cairan tubuh sangat penting demi kelancaran ibadan puasa Anda.

29+ Menu Sahur (Praktis dan anti ribet)

Leave a Reply