23+ Tahapan Perkembangan Bayi Lengkap (orang tua wajib tau)

Perkembangan Bayi – Perlu anda ketahui, bahwa masa emas yang dimiliki oleh anak adalah selama 1000 hari pertama yang ada dalam kehidupannya. Tentunya di masa emasnya ini, penting untuk anda sebagai ibu, untuk dapat memerhatikan bagaimana perkembangan bayi. Hal ini juga bagaimana stimulasi yang diberikan. Agar anak dapat tumbuh dan juga kembang dengan optimal dan juga baik.

Tentunya perkembangan yang dimiliki bayi pada 1000 hari pertamanya, tidak lepas dari bagaimana kondisi psikologis yang dimiliki oleh sang ibu. Hal ini baik dari waktu mengandung hingga melahirkan. Tentunya akan sangat wajar, jika seorang ibu mengalami kecemasan. Tentunya kecemasan ini perlu diatasi, agar dapat menstimulasi bagaimana perkembangan yang dimiliki oleh si anak.

Bayi Usia 1 Bulan

perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Pada bayi yang baru berumur 1 bulan, perkembangan yang dimilikinya adalah sudah memiliki kemampuan indera pendengaran dan juga penciuman yang semakin baik. Bayi juga akan menggerakkan kepalanya, atau menoleh ke sumber suara tertentu di dekatnya. Bahkan pada umur 1 bulan, bayi akan mulai mengenali bau dari orangtuanya.

Bayi juga akan mudah menangis, di saat berada di dekat orang lain yang tidak dikenalnya. Bukan hanya itu, bahkan koordinasi gerak reflex kaki dan juga tangan yang dimilikinya akan semakin baik. Jari tangan bayi akan secara reflex, memegang benda yang diberikan. Bayi juga akan lebih peka terhadap cahaya terang, dan bola matanya mulai mengikuti sumber cahaya.

Bayi Usia 2 Bulan

Bayi Usia 2 Bulan

Bayi yang sudah berumur 2 bulan, akan memiliki perkembangan pada kontrol otot leher dan juga kepalanya. Bahkan dalam hal ini bayi sudah mulai bisa menahan kepalanya dengan tegak, saat tengkurap. Bahkan bayi sudah mulai senang berguling, hingga nantinya akan membuat anda sulit untuk mengganti popoknya, atau bahkan meninggalkannya di kasur tanpa adanya pengawasan.

Bayi juga akan secara reflex, mengisap jempolnya dan hal ini merupakan salah satu cara yang dilakukannya untuk membuat tenang diri sendiri dan membuat dirinya merasa nyaman. Bayi juga mulai mengetahui, bagaimana caranya mengepalkan tangan dan juga membukanya, bahkan kadang dirinya akan melambai dan mencoba untuk mencengkram benda apapun disekitarnya.

Bayi Usia 3 Bulan

Bayi Usia 3 Bulan

Saat bayi mulai memasukkan usia 3 bulan, dalam hal ini bayi akan mulai lebih ekspresif dalam berkomunikasi. Bahkan bukan hanya menangis, tapi bayi sudah mulai mengoceh hingga mengeluarkan suara yang nyaring dengan durasi yang panjang. Dengan perkembangan ini, anda dapat mengajaknya berbicara dan menjelaskan benda yang ada di sekitarnya.

Selain itu, bayi juga sudah mulai dapat menyesuaikan diri dan lebih peka terhadap berbagai perubahan yang ada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan, saraf-saraf yang ada di otak akan mampu untuk mengkoordinasikan kemampuan indra yang dimiliki si bayi. Bahkan bayi juga sudah mulai tertarik dengan bayangan yang dimilikinya di cermin, dan mulai menyukai sentuhan.

Bayi Usia 4 Bulan

Bayi Usia 4 Bulan

Jika bayi anda mulai mengalami kenaikan berat badan hingga dua kali lipat dari lahir, janganlah kaget. Hal ini termasuk salah satu perkembangan yang dialami oleh bayi di usia 4 bulan. Bayi juga akan mulai mengeluarkan tanda-tanda, bahwa giginya akan tumbuh seperti mulai ngiler atau bahkan munculnya ruam yang ada di sekitar wajah karena bekas air liur bayi.

Selain itu, bayi juga mulai suka untuk menggigit baju atau apapun yang dapat di jangkaunya. Hal ini memang dilakukan karena rasa gatal yang ada pada gusi, dikarenakan gigi yang akan tumbuh. Kemampuan motorik yang dimiliki bayi juga akan meningkat, bayi juga akan selalu berusaha untuk mengambil apa yang ada di dekatnya. Hal ini normal untuk bayi usia 4 bulan.

Bayi Usia 5 Bulan

Bayi Usia 5 Bulan

Perkembangan yang dimiliki oleh bayi saat menginjak usia 5 bulan, dimana bayi sudah mulai berguling dan juga telentang hingga tengkurap dan sebaliknya. Bahkan untuk beberapa bayi, bayi sudah mulai dapat duduk tanpa bantuan di topang, untuk beberapa saat. Bayi juga sudah mulai memposisikan kakinya, dan akan membentuk huruf V saat duduk dan merasa nyaman.

Selain itu, bayi juga sudah dapat meraih benda yang ada di sekitarnya hingga memindakan barang dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya. Pada usia 5 bulan memang kemampuan motoriknya semakin meningkat, hal ini juga seperti saat bayi mulai bisa untuk memegang sendiri botol susu yang diminumnya, namun tetap awasi bayi saat dirinya minum sendiri agar tidak tersendat.

Bayi Usia 6 Bulan

Bayi Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan, bayi mulai akan senang untuk menjatuhkan barang apapun ke lantai. Hal ini dilakukan, karena bayi sudah mulai untuk senang memperhatikan suara apapun. Selain itu, perkembangan yang dimilikinya yaitu otot lengan dan juga lehernya yang sudah mulai kuat. Hal ini membuat bayi yang pada awalnya merangkak ke belakang, mulai bisa untuk merangkak ke depan.

Bahkan bayi juga sudah mulai untuk mudah mengangkat benda apapun, menggunakan satu tangan. Bayi juga sudah mulai tertarik dengan berbagai hal, termasuk dengan benda kecil. Hal ini juga yang membuat anda harus mengawasi bayi, agar tidak mudah memasukkan benda kecil tersebut ke dalam mulutnya agar tidak terjadi tersedak.

Bayi Usia 7 Bulan

Bayi Usia 7 Bulan

Untuk bayi yang sudah memasuki usia 7 bulan, perkembangan bayi yang akan terlihat yaitu sudah mulai aktif dalam bergerak. Bahkan bayi tidak hanya akan tidur di tempat tidur saja, melainkan juga akan mulai aktif dalam berguling, merayap hingga merangkak ke manapun. Hal ini dilakukan untuk dapat mencapai barang yang ingin diambilnya.

Selain itu, tangannya juga akan semakin mahir dalam menggenggam barang. Si bayi juga akan mulai dapat memegang sendok sendiri, namun memang belum bisa menyuapi makanan ke dalam mulutnya. Hal ini merupakan perkembangan wajar pada motorik si bayi, yang muncul di usia 7 bulan. Pada umur 7 bulan, gigi bayi juga sedikit demi sedikit akan mulai tumbuh.

Bayi Usia 8 Bulan

Bayi Usia 8 Bulan

Pada usia ini, bayi mulai aktif untuk selalu menggerakkan mainan yang dimilikinya dengan berbagai cara, seperti dengan membanting, meremas, mengocok, memukul hingga melemparnya. Dalam hal ini bukan maksud bayi untuk merusak, namun memang rasa ingin tahu yang dimiliki bayi semakin besar. Bayi juga sudah mulai senang dengan berbagai mainan.

Bayi juga sudah mulai dapat menyantap sendiri makanan ringan atau camilan bayi, dengan memegangnya. Dalam hal ini tetap harus anda awasi, untuk mengurangi risiko tersedak. Bayi juga sudah mulai memasukkan jarinya ke dalam lubang maian, kunci atau bahkan sela-sela. Dalam hal ini memang harus di butuhkan perhatian yang lebih untuk terhindar dari berbagai hal.

Bayi Usia 9 Bulan

Bayi Usia 9 Bulan

Pada usia ini, bayi sudah mulai dapat mengeluarkan benda dari dalam kotak mainannya. Bahkan bayi juga sudah mulai senang dengan mainan yang memiliki berbagai warna, dan memindahkannya dari satu tempat ke tempat lainnya. Bayi juga sudah mulai untuk menekuk lututnya, sebagai awal atau permulaan untuk belajar berdiri.

Perkembangan lainnya yang juga dimiliki oleh bayi, dimana bayi juga sudah sangat aktif dalam merangkak. Bahkan dapat beralih posisi dengan cepat, mulai dari posisi duduk, merangkak dan memutar tubuhnya dengan cepat untuk mengambil mainan yang diinginkan. Bayi sudah dapat menjelajahi segala ruangan yang ada dengan perlahan, dimana memang masih membutuhkan bantuan.

Bayi Usia 10 Bulan

Bayi Usia 10 Bulan

Pada usia 10 bulan ini, bayi sudah mulai dapat mengeluarkan benda yang ada dari dalam kotak. Bahkan bayi akan merasa senang, jika dirinya berhasil untuk memindahkan barang yang ada, dari satu tempat ke tempat lainnya. Bayi juga sudah mulai untuk belajar berdiridengan berpegangan, lalu belajar untuk menekuk lututnya dengan baik.

Selain itu, perkembangan yang dimiliki bayi lainnya adalah sudah dapat menunjuk benda yang ada dengan jari telunjuknya. Walaupun sudah belajar berdiri, bayi juga sudah merangkak dengan sangat aktif, dengan bantuan kedua lutut dan juga kedua tangannya. Hal ini juga terjadi pada saat bayi mulai merangkak dan senang untuk naik dan turun tangga sendiri.

Bayi Usia 11 Bulan

Bayi Usia 11 Bulan

Untuk bayi yang menginjak usia 11 bulan, dalam hal ini sudah mulai untuk belajar makan dan minum sendiri menggunakan sendok dan juga jari. Tentunya dalam hal ini, anda dapat memberikan camilan sore dan pagi hari, agar si kecil dapat terbiasa makan dengan jarinya sendiri. Selain itu, bayi juga sudah mulai mengenal rasa suka dan tidak suka.

Bayi juga akan mulai untuk berkomunikasi dengan aktif. Hal ini juga terjadi saat bayi mulai dapat mengatakan tidak suka atau suka terhadap suatu hal. Anda juga harus dapat mengatakan tidak, jika memang hal tersebut baik untuk si bayi. Nantinya bayi juga mulai dapat marah-marah untuk menyampaikan rasa tidak sukanya terhadap suatu hal yang ada.

Bayi Usia 12 Bulan

Bayi Usia 12 Bulan

Saat anak mulai memasuki usia 12 bulan atau 1 tahun, dalam hal ini merupakan tahun pertama yang dilewatinya. Anak anda mulai akan menjadi seseorang yang lebih mandiri, bahkan akan mulai untuk belajar langkah pertama yang dimilikinya. Nantinya memang belum dapat berjalan dengan lancar, namun dalam hal ini anda sudah mulai dapat melepaskan pegangannya saat berdiri.

Selian itu, perkembangan yang akan terjadi pada anak di usia 12 bulan adalah mulai senang untuk berbicara dan berceloteh menggunakan bahasa bayi. Bahkan bayi akan mulai untuk membuat berbagai kata, yang memiliki makna tertentu. Dalam hal ini memang untuk setiap bayi akan berbeda, namun anda dapat secara perlahan mengerti apa yang anak anda inginkan.

Bayi Usia 13 Bulan

Bayi Usia 13 Bulan

Di usia 13 bulan ini, anak anda nantinya akan mulai untuk mengubah kebiasaan makan yang dimilikinya. Dalam hal ini anak anda juga akan mulai untuk memilih makanan, baik yang dia sukai maupun tidak disukai. Bahkan dalam hal ini merupakan waktu untuk anda, untuk membiarkan si anak mencoba berbagai makanan dan jenis makanan dan minuman yang mungkin akan disukai.

Bayi juga sudah mulai untuk mencoba berbagai masakan dan bumbu, namun mungkin hal ini akan membuat anak anda diare atau demam bahkan akan menyebabkan berat badannya menjadi turun. Bukan hanya kebiasaan makan saja, namun dalam hal ini kebiasaan tidur yang dimiliki oleh anak juga akan berubah. Bahkan anak mulai aktif mendapatkan mimpi.

Bayi Usia 14 Bulan

Bayi Usia 14 Bulan

Mungkin anda tidak akan menyadari bahwa sebenarnya anak anda merasa takut, dan juga cemas. Dalam hal ini anak anda akan mulai untuk merasakan mudah takut atau cemas bahkan sensitive terhadap lingkungannya. Bahkan anak anda juga akan merasa takut, bahkan hanya pada suara mesin cuci dan juga blender yang anda gunakan.

Selain mudah dengan rasa takut dan cemas, dalam hal ini anak anda mulai sensitive terhadap bak mandi. Bahkan sang anak akan merasa mudah takut, dan menganggap bahwa bak mandi adalah tempat yang menyenangkan. Dalam hal ini anda dapat membiarkannya duduk di bak mandi tanpa air, lalu memberikannya lap mandi untuk membuatnya merasa nyaman dan bermain.

Bayi Usia 15 Bulan

Bayi Usia 15 Bulan

Pada usia bayi yang memasuki 15 bulan, anak anda akan sudah mulai bisa berjalan atau bahkan memiliki langkah pertamanya. Dalam hal ini anda dapat membuat ruang, yang dapat digunakannya untuk berjalan. Dalam hal ini tidak masalah jika anak anda terjatuh, karena masih dalam proses belajar dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Selain itu, anak juga akan menjadi sosok yang lebih mandiri dibanding dengan biasanya. Bahkan biasanya anak anda ingin duduk di meja makan, walaupun masih duduk di kursi tingginya. Selain itu, anak anda ingin melakukan semua hal sendiri seperti menggosok gigi, duduk sendiri atau bahkan akan membuat anda kerepotan saat diharuskan mengganti popok yang dimilikinya.

Bayi Usia 16 Bulan

Bayi Usia 16 Bulan

Pada perkembangan pada bayi yang dimiliki oleh anak yang memasuki usia 16 bulan, dalam hal ini anak anda mulai takut akan suara yang berisik atau bahkan keras yang terjadi saat mendadak. Bahkan akan membuat anak anda menjadi ketakutan, menangis hingga jongkok ketakutan. Pada usia ini, anak anda juga sudah mulai terbiasa untuk tidak tidur di pagi hari.

Bahkan anak anda akan mengalami tidur siang, yang memang lebih lama dibandingkan dengan biasanya. Tentunya dalam hal ini anda tidak perlu menghawatirkannya, karena akan secara rutin dan normal untuk dimiliki oleh anak. Jadwal tidur yang dimiliki anak juga akan mulai berubah, pastikan bahwa anda tetap mengontrol jam tidur yang dimilikinya.

Bayi Usia 17 Bulan

Bayi Usia 17 Bulan

Saat anak anda mulai memasuki usia 17 bulan, dalam hal ini mungkin anda akan mulai untuk mendengar suara tertentu yang dimiliki oleh anda salah satunya suara teriakan. Dalam hal ini bukan hanya menunjukan ekespresinya, namun si bayi mulai menemukan bagaimana suaranya dan senang untuk mengecek seberapa keras suara yang dimilikinya.

Bahkan si bayi juga sudah mulai senang, untuk mencari perhatian orang disekitarnya dengan berteriak. Dalam hal ini jika memang tidak mengganggu anda dapat membiarkannya atau mengabaikannya, karena memang hal tersebut memang permainan yang dimiliki oleh si anak. Hal ini dikarenakan, semakin anda memperhatikannya maka anak anda akan semakin berteriak.

Bayi Usia 18 Bulan

Bayi Usia 18 Bulan

Di usia yang sedang aktifnya dalam bergerak, anak anda juga akan senang dalam membuat sebuah gerakan. Dalam hal ini anda dapat menyiapkan kaset atau bahkan CD yang berisi tarian lagu yang disukai oleh sang anak dan minta anak untuk menirukannya. Hal ini merupakan cara terbaik, untuk membuat anak anda dapat bergerak dengan aktif dan juga positif.

Selain itu, anak anda juga sudah mulai belajar untuk berhitung, meniru gerakan hewan dan mulai untuk mengenal berbagai warna yang menarik. Anda dapat meminta anak anda untuk dapat belajar untuk menirukan suara hewan, mengenal hewan, warna dan banyak hal lainnya yang menarik untuk di pelajari.

Bayi Usia 19 Bulan

Bayi Usia 19 Bulan

Di usia 19 bulan, anak anda akan mulai untuk memiliki perbendaharaan yang semakin banyak. Biasanya kata pertama yang akan keluar adalah benda, atau bahkan binatang. Biasanya anak juga akan memulai pembicaraan dengan kata ingin atau dadah. Selain itu, koordinasi yang dimiliki oleh anak seperti keseimbangannya akan semakin baik di umur 19 bulan ini.

Anak anda juga sudah memiliki otot tangan dan juga kaki, yang semakin baik dan kuat. Bahkan dalam hal ini si bayi sudah mampu untuk dapat mengembangkan motorik yang dimilikinya, salah satunya dengan memanjat. Dalam hal ini anak anda juga akan semakin ingin untuk melihat segala sesuatunya dan semakin kuat, mengenai perasaan dan rasa ingin tahu yang dimilikinya.

Rasa ingin tahu yang dimiliki si anak, akan semakin kuat di usia 19 bulan. Dalam hal ini si anak juga selalu ingin mengetahui hal baru yang ada. Maka dari itu, tetaplah kontrol apa yang anak anda lakukan agar dapat terus membiarkan anak mengetahui hal-hal yang baik. Anak juga akan sangat mudah untuk mengambil barang yang dia inginkan dan ingin selalu memegang segala hal.

Bayi Usia 20 Bulan

Bayi Usia 20 Bulan

Saat anak sudah memasuki usia 20 bulan, dalam hal ini anak juga sudah mulai mengerti satu hingga dua kalimat. Bahkan anak anda akan semakin ingin tahu, mengenai buku yang ada. Dalam hal ini, anda dapat memanfaatkan momen ini untuk membuatnya menyukai kegiatan membaca. Bahkan anda dapat memilih beberapa buku yang memiliki gambar yang menarik.

Kemampuan komunikasi yang dimiliki anak, akan semakin berkembang dan kuat. Selain itu, anak anda juga akan mulai untuk mengetahui cara untuk melempar dan juga menendang bola. Dalam hal ini anda sudah dapat mengajaknya bermain, untuk membuat anak anda semakin aktif dalam bergerak. Pastikan bahwa anda juga membelikan mainan, yang dapat mengasah motoriknya.

Namun tetap perhatikan apa saja yang dimainkan oleh anak, pasalnya rasa penasaran si anak semakin meningkat hingga kemungkinan dirinya akan mudah untuk mengambil, memainkan hingga memasukkannya ke dalam mulut. Selalu perhatikan apa yang anak anda lakukan, dan tetaplah untuk memberikan anak anda mainan yang dapat mengasah tumbuh dan kembangnya.

Bayi Usia 21 Bulan

Bayi Usia 21 Bulan

Saat anak mulai memasuki usia 21 bulan, dalam hal ini anak anda akan sangat aktif dalam bergerak. Bahkan mulai mengetahui bagaimana cara untuk berlari, dan sangat aktif dalam bergerak. Selain itu, sang anak juga akan mencoba untuk berjalan mundur atau bahkan naik tangga. Selain itu, anak akan mulai memiliki keseimbangannya dalam bergerak.

Koordinasi yang dimiliki antara mata dan juga tangan, dan juga otot yang dimilikinya juga akan semakin baik dan kuat. Bahkan anak akan sulit untuk diam, dan hanya menghabiskan sekitar 20% saja untuk diam. Selain itu, jika anda memiliki balok mainan maka akan membuat anak anda senang untuk bermain balok dan menumpuk balok menjadi sebuah bangunan yang tinggi.

Anda dapat memberikannya mainan yang memang disukai oleh si anak, agar dapat mengasah tumbuh dan kembang si anak di usianya yang mencapai 21 bulan. Dalam hal ini tumbuh dan kembang anak juga semakin aktif, baik fisik dan juga otaknya. Maka pilihlah mainan yang dapat membantu bagaimana tumbuh dan juga kembang yang dimiliki oleh si anak.

Bayi Usia 22 Bulan

Bayi Usia 22 Bulan

Saat anak anda berusia 22 bulan, dalam hal ini anak anda akan mulai menyukai kegiatan dalam mendorong mainan yang dimilikinya saat berada di lorong. Bahkan anak anda akan selalu berusahan untuk bisa mendapatkan, apa yang diinginkannya. Selain itu, jika memang ada yang mengganggu pikirannya, maka anak anda akan langsung menunjukkan reaksi yang dimilikinya.

Pada usia anak yang mencapai 22 bulan, dalam hal ini anak anda akan merasa sangat emosional. Bahkan dirinya akan dapat menunjukkan bagaimana ekspresi dalam menunjukan rasa bahagia hingga kesal sekalipun. Tentunya hal ini juga berhubungan dengan bagaimana usaha yang dimilikinya untuk dapat hidup mandiri. Buatlah anak anda aktif dalam melakukan hal bermanfaat.

Bayi Usia 23 Bulan

Bayi Usia 23 Bulan

Dalam usia 23 bulan, anak anda akan mulai untuk bisa mempelajari sekitar 10 kata baru dalam seharinya. Tentunya dalam hal ini, anda dapat mengasah kemampuan yang dimiliki anak, agar lebih banyak memahami berbagai kosakata baru. Bahkan beberapa perkembangan yang dimiliki anak seperti menyanyikan lagu yang sederhana, mengikuti beberapa intrsuksi sederhana.

Selain itu, anak anda juga sudah bisa mengucapkan kata ganti orang, mengulangi beberapa kata yang di perbincangkannya, mengenal beberapa nama orang yang mungkin sering bersamanya dan masih banyak lagi. Bahkan pertumbuhan yang dimiliki oleh si anak, akan terlihat lebih lambat jika dibandingkan dengan pertumbuhan di tahun pertamanya, namun hal ini adalah wajar.

Bahkan anda juga dapat mulai melihat, bagaimana anak anda sudah dapat menarik mainan yang ada di belakangnya, membawa barang yang diinginkannya setiap berjalan dan masih banyak lagi. Tentunya pertumbuhan di usia 23 bulan ini, akan sangat terlihat jelas oleh anak anda. Namun selalu pastikan bahwa anda juga menjauhkan berbagai barang yang ada di sekitarnya, agar aman.

Bayi Usia 24 Bulan

Bayi Usia 24 Bulan

Saat ini dimana anak anda sudah memasuki usia 24 bulan atau 2 tahun. Tentunya sudah banyak pencapaian yang dimilikinya, bahkan anak anda sudah dapat melepas atau bahkan menggunakan pakaiannya sendiri tanpa harus dibantu oleh orang dewasa. Si anak juga sudah mengetahui pakaian apa yang ingin digunakannya. Hal ini menunjukan koordinasi si anak.

Anak mulai menunjukan koordinasi yang dimilikinya, dan kemampuan motorik yang dimilikinya juga sudah semakin meningkat. Bahkan anak sudah mulai merasa lebih percaya diri, mengenai berbagai hal dalam bergerak. Bahkan anak sudah dapat membungkuk atau bahkan mengambil sesuatu yang terjatuh di lantai. Anak akan lebih aktif dalam melompat, atau bahkan berjinjit.

Di usia anak yang sudah mencapai 2 tahun, dalam hal ini anak juga sudah mengerti bagaimana konsep yang dimiliki oleh benda dan berbagai hubungan yang ada di sekitarnya. Bahkan anak juga akan merasa percaya diri dan mengerti bagaimana ukuran yang dimiliki oleh benda dan juga hubungan yang dimiliki oleh benda lainnya. Dalam hal ini, anak sudah mulai dapat mengikuti permainan.

Masih banyak perkembangan bayi di usia 1 hingga 24 bulannya. Tentunya hal tersebut merupakan masa emas, yang dimiliki sang anak dan diketahui oleh orangtua mengenai bagaimana perkembangan baik fisik hingga motorik yang dimiliki oleh anak. Anda dapat mengikuti bagaimana perkembangan yang dimiliki anak, agar dapat mengetahui setiap tumbuh dan kembang anak.

Perkembangan Bayi

Leave a Reply