14+ Jenis Vitamin Yang Baik Dan Penting Untuk Ibu Hamil (Wajib Tau)

Vitamin Yang Baik Dan Penting Untuk Ibu Hamil – Pada masa kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Tak hanya diwajibkan untuk menjaga pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil dan bayi, atau pun menghindari beberapa kebiasaan yang tidak baik selama masa kehamilan.

Jenis Vitamin Yang Baik Dan Penting Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil pun selalu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan gizi guna menjaga kesehatan. Sehingga tidak heran jika dokter mau pun bidan akan merekomendasikan vitamin yang baik untuk ibu hamil dan wajib dikonsumsi demi menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Pada saat dalam keadaan normal manusia membutuhkan vitamin dan nutrisi untuk menjaga kesehatannya, begitu pula dengan ibu hamil yang tentu membutuhkan lebih banyak asupan vitamin dan juga nutrisi karena vitamin dan nutrisi ini tak hanya untuk tubuhnya sendiri namun untuk calon anak yang ada di dalam kandungannya.

Apabila sebelum hamil tidak begitu menjaga pola makan, maka sekarang haruslah lebih ketat dalam memperhatikan kebutuhan gizi, dengan cara mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah – buahan.

Di dalam sayur dan buah – buahan sendiri terdapat berbagai macam vitamin yang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Salah satu nutrisi yang sangat penting dan wajib ada di dalam menu makanan adalah Vitamin B kompleks.

Vitamin ini sendiri terdiri dari sekitar 8 jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungannya, seperti Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B7, Vitamin B9 hingga Vitamin b12 yang semuanya sangat penting dan wajib dipenuhi oleh setiap ibu hamil.

Namun meski begitu vitamin vitamin tersebut memiliki manfaat dan kandungan yang berbeda dan berasal dari sumber yang berbeda pula. Sehingga perlu untuk mengetahui apa saja manfaat dari vitamin vitamin ini dan bagaimana cara mendapatkannya untuk memenuhi asupan vitamin dan nutrisi untuk ibu hamil.

Vitamin ini bisa didapatkan dari suplemen yang diberikan dokter atau pun bidan, namun ibu hamil juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin dengan menjaga pola makan yang sehat. Karena vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil pun bisa didapatkan secara alami dari bahan makanan yang biasa dikonsumsi sehari – hari.

Karena selain lebih sehat, vitamin yang didapatkan dari bahan makanan yang dikonsumsi akan jauh lebih aman dibanding dengan mengkonsumsi suplemen. Namun bukan berarti ibu hamil pantang mengkonsumsi suplemen ya.

Karena suplemen pun bisa dikonsumsi untuk mendapatkan asupan vitamin yang dibutuhkan, hanya saja mengkonsumsi suplemen secara rutin setiap hari harus mendapatkan rekomendasi dan izin dari dokter yang telah ahli terlebih dahulu agar tidak asal dalam mengkonsumsi suplemen.

Bagi ibu hamil yang ingin mendapatkan vitamin dengan cara mengkonsumsi suplemen, bisa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis suplemen apa yang tepat dan dosis yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Sementara itu, ibu hamil paling tidak membutuhkan sekurang – kurangnya 15 vitamin untuk menjaga kesehatannya. Apa saja vitamin yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil untuk memberikan manfaat yang baik di masa kehamilannya?

Berikut ini adalah 15 vitamin yang penting untuk ibu hamil :

Vitamin D

Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang sangat penting untuk ibu hamil karena vitamin ini bisa membantu tubuh untuk menyerap kalsium, karena pada masa kehamilan kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, selain itu kalsium juga mendukung perkembangan jantung, otot serta saraf janin yang ada di dalam kandungan.

Maka dari itu, ibu hamil wajib mengkonsumsi Vitamin D sekitar 5 mcg atau 600 IU Vitamin dalam satu hari, karena apabila kekurangan Vitamin D maka bisa berdampak pada pertumbungan tulang dan memiliki risiko terkena cacat tulang.

Tapi meski begitu ibu hamil juga tak boleh mengkonsumsi Vitamin D lebih dari 4000 UI loh, karena kelebihan Vitamin D juga memiliki dampak yang tak baik bagi kesehatan ibu hamil dan bayi.

Untuk bisa mendapatkan asupan Vitamin D ibu hamil bisa mendapatkannya dari minyak ikan cod, ikan berminyak, tahu, susu sapi, yoghurt, mentega dan susu kedelai yang kaya akan Vitamin D.

Vitamin C

Vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting terhadap perkembangan otak dan mental janin, sehingga Vitamin C sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga memori janin, Vitamin C juga sangat membantu tubuh untuk bisa menyerapzat besi.

Zat besi sendiri sangat penting untuk menjaga ketersediaan oksigen, mendistribusikan makanan ke janin dan pertumbuhan plasenta. Dalam sehari ibu hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi sekitar 80 hingga 85 mg Vitamin C, dengan batas konsumsi sekitar 2000 mcg perhari.

Kekurangan Vitamin C pada ibu hamil bisa mengakibatkan masalah kecerdasan, ingatan dan mental pada janin. Maka dari itu cukup penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C dengan mengkonsumsi buah – buahan seperti jeruk, kiwi, jambu biji, lemon dan kacang polong.

Asam Folat

Asam Folat

Asam Folat adalah jenis vitamin yang paling penting bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya, karena asam folat merupakan jenis vitamin yang dapat mencegah terjadinya cacat otak dan tulang belakang yang biasa disebut dengan neural tube defects (NTDs).

Asam Folat juga bisa mencegah terjadinya cacat jantung, cacat mulut seperti bibir sumbing dan mencegah bayi lahir secara prematur. Ibu hamil membutuhkan sekitar 400 hingga 800 mg Asam Folat setiap harinya dan usahakan konsumsi Asam Folat tidak melebihi 1000 mcg dalam sehari.

Sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, kacang polong, kacang tanah, kacang almond hingga sereal merupakan makanan yang mengandung Asam Folat tinggi.

Vitamin E

Vitamin E

Vitamin E juga tak kalah penting bagi ibu hamil dan juga janin karena Vitamin E memiliki fungsi untuk mendistribusikan sari – sari makanan ke bayi melalui plasenta, sehingga Vitamin E memiliki peran yang penting untuk menjaga nutrisi janin dan mendukung tumbuh kembangnya.

Dalam sehari ibu hamil membutuhkan Vitamin E setidaknya 15 gm, selain itu ibu hamil juga tidak dianjurkan mengkonsumsi Vitamin E lebih dari 1000 mg dalam sehari. Minyak sawit, toge dan sayuran hijau adalah sumber makanann yang mengandung Vitamin E.

Vitamin A

Vitamin A

Vitamin A mempunyai fungsi yang sangat penting dalam mempertahankan keberadaan sel – sel yang melapisi paru – paru janin sehingga bisa melindunginya dari polutan selama masih ada di dalam rahim. Kekurangan Vitamin A bisa menyebabkan risiko ginjal pada janin di kemudian hari.

Vitamin A yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sebanyak 2600 IU sehari dan tidak boleh lebih dari dari 10.000 IU karena bisa menyebabkan cacat lahir pada janin. Untuk bisa memenuhi kebutuhan Vitamin A ibu hamil bisa memperolehnya dari susu, mentega, hati dan telur.

Vitamin K

Vitamin K

Banyak yang tidak tahu jika Vitamin K juga sangat diperlukan oleh ibu hamil, karena Vitamin K memiliki peran fungsional yang mempunyai kaitan erat dengan pembekuan darah. Sehingga kekurangan Vitamin K bisa membuat janin lahir secara abnormal.

Untuk mengkonsumsi Vitamin K sendiri berbeda dengan vitamin lainnya karena harus melihat berat badan ibu hamil, setiap 1 kg berat badan membutuhkan 1mcg kalsium, sehingga ibu hamil bisa menghitung sendiri berapa asupan Vitamin K yang dibutuhkan.

Vitamin K bisa ditemukan di beberapa bahan makanan seperti keju, sereal, susu, yoghurt dan daging yang memang mengandung Vitamin K yang kaya untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan bayi.

Vitamin H

Vitamin H

Masih banyak orang yang tidak tahu apa itu Vitamin H, Vitamin H sendiri adalah biotin yang bisa didapatkan dari bahan makanan seperti kuning telur, susu, keju, salmon dan alpukat. Dalam sehari ibu hamil hanya membutuhkan sekitar 30 mcg Vitamin H.

Vitamin ini sendiri memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Meski terlihat sepele, Vitamin ini harus tetap dipenuhi loh, karena masih banyak ibu hamil yang melupakan pentingnya Vitamin H.

Vitamin B1

Vitamin B1

Vitamin B1 biasa disebut dengan tiamin dan merupakan salah satu bagian dari Vitamin B komplek yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan bayi. Vitamin B1 memiliki peran untuk mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf dan juga jantung bayi.

Ibu hamil sendiri membutuhkan sekitar 1,4 miligram Vitamin B1 yang bisa didapatkan dari kacang – kacangan, oat, ikan salmon, pasta dan roti.

Vitamin B2

Vitamin B2

Jika ingin tetap memiliki kulit yang cantik, cerah dan bersinar pada saat masa kehamilan, ibu hamil bisa memenuhi asupan Vitamin B2 yang juga akan membuat bayi terlahir dengan kulit bersih dan sehat.

Untuk ibu hamil yang memiliki riwayat darah tinggi bisa rutin mengkonsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan Vitamin B2 setiap hari sehingga risiko preeclampsia ini bisa dicedah sedari dini.

Konsumsi sekitar 1,7 mg Vitamin B2 perhari yang bisa didapatkan dari sayuran hijau, kacang almond, ubi jalar, wortel, oat, tempe, keju dan susu.

Vitamin B3

Vitamin B3

Vitamin B3 biasa juga disebut dengan niasin yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil seperti mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa mual dan meredakan migrain yang biasa dialami pada masa kehamilan. Vitamin B3 juga bisa mengoptimalkan perkembangan si calon bayi.

Untuk memenuhi kebutuhan harian Vitamin B6, ibu hamil bisa memperolehnya dari biji chia, biji bunga matahari, dada ayam, kacang, ikan tuna dan tomat. Dalam sehari ibu hamil harus mengkonsumsi Vitamin B6 sebanyak 16 miligram.

Vitamin B5

Vitamin B5

Ibu hamil pastinya sering sekali mengalami kram pada kaki bukan, untuk mengatasinya ibu hamil bisa mengkonsumsi Vitamin B5 yang memang memiliki manfaat untuk meringankan gejala ini.

Penuhi kebutuhan Vitamin B5 harian sebanyak 5 mg perhari dengan mengkonsumsi biji – bijian, sereal, kuning telur dan beras merah untuk mengatasi kaki yang mudah kram. 

Vitamin B6

Vitamin B6

Vitamin B6 ini juga biasa disebut dengan Piridoksin dan memiliki manfaat yang sangat penting dalam meningkatkan perkembangan sistem saraf dan juga otak bayi pada saat masih berada di dalam kandungan.

Dikatakan sangat penting bagi ibu hamil karena vitamin ini juga mampu merangsang produksi hormon norepinefrin dan juga serotonin, kedua hormon ini merupakan hormon yang membawa sinyal untuk memastikan metabolisme tubuh tetap optimal.

Maka dari itu, bagi ibu hamil yang sering mengalami mual dan muntah di pagi hari yang biasa disebut dengan morning sickness pun, membutuhkan asupan Vitamin B6 yang bisa menjadi salah satu obat untuk meredakan rasa mual dan muntah.

Ibu hamil bisa mendapatkan asupan Vitamin B6 dari pisang, pepaya, sereal gandung, nasi merah dan kacang – kacangan. Kebutuhan akan Vitamin B6 hanya sekitar 1,7 mg perhari.

Vitamin B7

Vitamin B7

Vitamin B7 memiliki manfaat yang sangat banyak bagi ibu hamil untuk menghilangkan beberapa kondisi yang biasa terjadi pada saat sedang hamil seperti kuku rapuh, kulit gatal dan juga rambut rontok. Dengan mengkonsumsi Vitamin B7 maka bisa mengurangi risiko tersebut.

Tak hanya memiliki manfaat bagi ibu hamil Vitamin B7 juga memiliki manfaat bagi tumbuh kembang janin. Dalam sehari sebenarnya ibu hamil hanya membutuhkan sekitar 30 mcg Vitamin B7 tapi meski begitu masih banyak ibu hamil yang kekurangan asupan Vitamin B7.

Untuk menjaga asupan Vitamin B7 ibu hamil bisa mengkonsumsi gandum, susu, jamur, royal jelly dan kembang kol.

Vitamin B12

Vitamin B12

Untuk menjaga kesehatan sistem saraf ibu hamil, maka Vitamin B12 sangat dibutuhkan karena bisa menurunkan risiko cacat lahir dan cacat tabung saraf pada janin yang ada di dalam kandungan. Vitamin B12 juga bisa dikombinasikan dengan Asam Folat untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Ibu hamil bisa mengkonsumsi Vitamin B12 sebanyak 2,6 mcg dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Vitamin ini bisa diperoleh dari beberapa bahan makanan yang biasa ditemukan dengan mudah seperti kedelai, susu kedelai, ikan, unggas, telur, susu, hingga yogurt.

Vitamin B12 juga bisa didapatkan dari suplemen pratis yang bisa dikonsumsi setiap hari, akan tetapi untuk mengkonsumsi suplemen sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis suplemen apa yang aman beserta dengan dosis yang sesuai. 

Kolin

Kolin

Kolin sendiri juga merupakan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil karena memiliki fungsi untuk membantu sel otak agar bisa berkembang dengan sempurna. Maka dari itu, kolin merupakan salah satu asupan vitamin yang tak boleh dilupakan selama masa kehamilan.

 

Penuhi kebutuhan kolin dengan mengkonsumsi beberapa sumber makanan yang mengandung kolin di dalamnya, seperti sayur – sayuran hijau dan biji – bijian. Kolin berguna untuk menjaga membrane sel agar bisa berkembang secara normal.

 

Ibu hamil membutuhkan sekitar 450 mg hingga 550 kolin dalam satu hari untuk mendapatkan manfaat yang positif dari kolin.

Itu dia 15 vitamin yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apapun cara yang digunakan untuk melengkapi asupan vitamin, baik dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut atau pun mengkonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mau pun ahli gizi.

Untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dalam memenuhi kebutuhan asupan vitamin. Karena ibu hamil juga harus mempertimbangkan kondisi kesehatan dan tubuhnya sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin dalam jumlah tertentu.

Apalagi setiap ibu hamil memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda untuk dipenuhi, sehingga perlu adanya konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi vitamin yang aman untuk dikonsumsi dan takaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kekurangan vitamin memang akan memiliki dampak yang negatif tehadap kondisi kesehatan ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungan, akan tetapi bukan berarti ibu hamil bisa mengkonsumsi semua bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin di atas dalam jumlah banyak.

Karena kelebihan asupan vitamin pun tak kalah bahayanya jika dibandingkan dengan kekurangan vitamin, sehingga asupan vitamin yang baik adalah memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan secara pas dan seimbang. Tidak boleh kurang apalagi jika sampai berlebih.

Itu dia pembahasan mengenai 15 vitamin yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan bagaimana cara mendapatkannya. Ingat ya, untuk selalu memperhatikan takaran dan dosis vitamin yang dikonsumsi perhari untuk memperoleh manfaat terbaiknya.

Semoga informasi kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Jenis Vitamin Yang Baik Dan Penting Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply