12 Daftar Aplikasi AutoCAD Android yang Cocok untuk Desainer Sketsa

12+ Daftar Aplikasi AutoCAD Android yang Cocok untuk Desainer Sketsa

Perkembangan desain saat ini tidak hanya berfokus pada proses editing melalui PC atau laptop, namun juga melalui smartphone. Beberapa aplikasi AutoCAD Android telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Beberapa tahun, aplikasi AutoCAD Android memang jarang ditemukan. Bahkan menemukan aplikasi yang dapat membuka berkas format DWG cukup sulit. Dengan bantuan teknologi, berikut ini daftar aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka berkas CAD di smartphone:

Daftar Aplikasi AutoCAD Android

1. AutoCAD

AutoCAD

Aplikasi pertama dalam daftar rekomendasi adalah AutoCAD. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk laptop, namun perkembangan teknologi membuat perusahaan Autodesk mengembangkan aplikasi AutoCAD kompatibel untuk smartphone.

AutoCAD adalah aplikasi CAD yang dapat membuat berbagai objek dalam bentuk 2D atau 3D. Aplikasi ini tidak gratis dan Anda hanya diberikan waktu 7 hari untuk merasakan semua fitur premium yang diberikan.

Setelah 7 hari berlalu, Anda akan kembali merasakan fitur dasar dari aplikasi ini. Meskipun hanya menggunakan fitur dasar, keberadaan aplikasi AutoCAD di smartphone tentu memberikan kabar baik bagi para arsitek, teknisi, dan insinyur.

Semua proses desain konstruksi menjadi lebih efektif dikarenakan semua desain dapat dilihat dan diedit melalui smartphone yang dimiliki. Para pekerja tidak perlu membawa laptop atau PC hanya untuk membuka dan mengedit berkas DWG.

Aplikasi dapat diunduh melalui Google Play store dengan menawarkan beberapa pilihan paket langganan, seperti:

  • Langganan premium secara bulanan seharga $4,99
  • Langganan premium tahunan seharga $49,99
  • Langganan ultimate tahunan seharga $99,99

2. DWG FastView-CAD Viewer and Editor

DWG FastView-CAD Viewer and Editor

Aplikasi AutoCAD Android kedua yang direkomendasikan untuk membuka berkas berformat DWG adalah DWG FastView-CAD Viewer dan Editor. Aplikasi ini tergolong ringan dan memiliki fungsi yang cukup baik untuk keperluan desain bangunan.

Kelebihan sistem ini adalah memiliki sistem penyimpanan cloud dan fitur lainnya. Selain itu, DWG FastView-CAD Viewer dan Editor mendukung gambar berformat DWG baik gambar 2D atau 3D.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membuka berkas yang dibuat di beberapa aplikasi lainnya, seperti GstarCAD, ZWCAD, AutoCAD, ProgeCAD, dan BricsCAD. Tidak hanya gambar berformat DWG, aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat format lainnya.

Aplikasi DWG FastView-CAD Viewer dan Editor memberikan dua layanan, yaitu layanan gratis dan berbayar. Pembelian untuk versi berbayar dapat dilakukan sekali dan tidak ada sistem langganan. Pada versi Pro, tidak ada iklan yang berjalan di tengah-tengah operasi.

3. GnaCAD

GnaCAD

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasi adalah GnaCAD. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga mudah untuk digunakan. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah membuka dan mengedit berkas berbentuk DWG.

Kelebihan aplikasi ini adalah tidak adanya batasan ukuran berkas yang dibuka dan mendukung gambar yang sangat besar. GnaCAD juga dapat membuka berkas yang berada di memori eksternal Anda.

Aplikasi ini dapat berjalan secara offline dan tidak perlu koneksi internet. Selain itu, Anda tidak perlu melakukan pendaftaran untuk menggunakan aplikasi ini. Cukup menyediakan berkas DWG yang akan dilihat dan diedit, aplikasi ini dapat langsung digunakan.

4. AutoQ3D

AutoQ3D

Aplikasi keempat yang bisa digunakan untuk melihat berkas DWG adalah aplikasi AutoQ3D CAD. Sama seperti aplikasi CAD lainnya, aplikasi ini dapat membuka berkas DWG untuk gambar 2D atau 3D.

Jika Anda memiliki desain sketsa dengan format berkas yang berbeda di Android, Anda juga bisa membukanya melalui aplikasi ini. AutoQ3D sangat membantu pekerja yang berhubungan dengan desain sketsa.

Untuk full version AutoQ3D dapat dibeli dengan langganan, karena versi gratis hanya menyediakan beberapa fitur dan terbatas. Tentu saja untuk menunjang kebutuhan pekerjaan, versi gratis tidak cukup untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan.

5. CAD Pockets-DWG Editor and Viewer

CAD Pockets-DWG Editor and Viewer

Aplikasi AutoCAD Android selanjutnya yang wajib dicoba adalah CAD Pockets-DWG Editor dan Viewer. Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi pekerja yang berkaitan dengan desain sketsa, baik bangunan atau engineering.

Aplikasi ini mendukung berbagai format bekas desain sketsa dengan ukuran berkas yang sangat besar. Tidak ada batasan ukuran berkas yang dapat dibuka dan diedit melalui aplikasi ini, sehingga mempercepat proses pengerjaan Anda.

Setelah memindai berkas yang akan diedit, Anda dapat segera menikmati beberapa fitur yang ditawarkan, antara lain:

  • Edit dan Menambahkan tabel
  • Ekspor Proyek ke format PDF
  • Ekspor Proyek ke format DWF
  • Berbagi melalui email

Kelebihan lainnya yang diberikan oleh aplikasi ini adalah kompatibel dengan berbagai layanan cloud, seperti Google Drive dan Dropbox. Dengan adanya sinkronisasi antara aplikasi ini dengan cloud yang Anda miliki, semua berkas dapat diakses melalui berbagai perangkat.

Dengan demikian, Anda bisa secara terus menerus terhubung dengan anggota tim, seperti manajer, rekan kerja, pelaksana, dan pelanggan. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung mode offline, sehingga tidak membutuhkan paket data untuk menggunakannya.

6. eDrawings

eDrawings

Aplikasi keenam yang bisa dicoba bagi para desainer sketsa adalah eDrawings. Aplikasi dapat melakukan sinkronisasi dengan melakukan kolaborasi antara pekerja proyek. Aplikasi ini akan mengirimkan pemberitahuan kepada semua anggota tim melalui email.

Aplikasi ini mendukung berkas yang diedit melalui SolidWorks, DXF, serta DWG. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu kebingungan untuk membuka berkas yang diedit menggunakan SolidWorks.

Anda juga dapat menambahkan animasi pada tampilan standar 3D, untuk meningkatkan pemahaman mengenai desain sketsa yang sedang dibentuk dibandingkan dengan gambar 3D statis.

Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan eDrawings:

  • Intuitif dan memiliki tatap muka yang sederhana untuk digunakan
  • Dapat membuka berkas 3D (EASM, EPRT, SLDASM, SLDPRT, IGES, IGS< JT, STEP, STP, IFC)
  • Dapat membuka berkas 2D (EDRW, SLDDRW, DWG, DXF)
  • Dapat mengukur desainmu (Jarak, Sudut, Panjang, Point-to-Point, dkk)
  • View yang dinamis dalam berbagai bidang sketsa (XY, YZ, ZX)
  • Membuat markups dalam desain termasuk tulisan dan freehand-notations

7. FUSION360

FUSION360

Jika Anda mencari aplikasi yang memiliki banyak database inventory, maka wajib untuk menggunakan aplikasi FUSION360. Aplikasi FUSION360 sangat mendukung gambar CAD yang kompleks berbasis cloud.

Anda bisa menemukan berbagai inventori desain untuk teknik dan industri. Anda juga bisa melakukan simulasi dan merasakan beberapa fitur seperti pada aplikasi Autodesk, sehingga desain yang dibuat dapat sesuai dengan keinginan desainer.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk proses pembelajaran dikarenakan memiliki cara penggunaan yang sangat mudah. Kelebihan lainnya yang ditawarkan pada aplikasi ini adalah aplikasi ini dapat mendukung berkas dari Autodesk Fusion 360.

Untuk menggunakan FUSION360, Anda harus membuat akun gratis terlebih dahulu dan merasakan 30-day trial. Namun jika ingin mendapatkan versi pro, dapat membeli lisensi yang disediakan oleh Autodesk selama 1-3 tahun.

8. SketchUP Viewer

SketchUP Viewer

SketchUP Viewer adalah aplikasi yang memiliki tingkat popularitas tinggi bagi pekerja desain sketsa. Aplikasi ini mengalami perkembangan dan perbaikan setiap saat dan pada versi terbaru memiliki ukuran tampilan dan fungsi animasi.

Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar mengenai desain sketsa sekaligus dapat bertukar model melalui cloud atau email. Fitur yang diberikan sangat membantu untuk mendukung berbagai gerakan pada Android dengan tambahan skala.

Anda bisa melihat model dari semua sisi dan mengubah fokus atau menyesuaikan fokus. Kamera untuk melihat berbagai bidang sangat didukung pada aplikasi ini. Anda juga bisa mengubah berbagai gaya serta mengaktifkan atau menonaktifkan mode X-Ray.

Alat roulette yang tersedia dalam aplikasi dapat digunakan untuk mengukur ukuran benda dengan jeweler’s precision. Dengan begitu, aplikasi ini sangat cocok bagi pemula yang baru belajar mengukur dan mendesain sebuah sketsa.

9. PadCAD

PadCAD

Aplikasi selanjutnya yang bisa dicoba adalah aplikasi PadCAD. Aplikasi ini dapat diunduh dan di-install melalui Google Playstore secara gratis. Berbeda dengan aplikasi CAD sebelumnya, PadCAD berfokus pada desain benda-benda kecil.

PadCAD membantu untuk menciptakan gambar yang lebih jelas dan bersih. Selain itu, semua berkas yang dibuat melalui PadCAD dapat diekspor menuju aplikasi CAD Desktop profesional tanpa mengurangi bagian di dalam PadCAD.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mendesain di mana saja dan kapan saja. PadCAD termasuk salah satu aplikasi yang sangat nyaman untuk digunakan kontraktor dan perusahaan arsitektur kecil karena memilih tampilan intuitif.

10. CAD Touch

CAD Touch

Aplikasi AutoCAD Android selanjutnya yang direkomendasikan adalah CAD Touch. Aplikasi ini tergolong sederhana, namun memiliki fungsi dan fitur yang profesional. Anda dapat melihat berkas yang berformat DWG dan DWF.

Manajemen fitur yang diberikan tergolong mudah dan nyaman untuk digunakan, sehingga semua aktivitas desain yang dilakukan menjadi lebih efisien. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini memiliki tatap muka multi-touch.

Aplikasi ini tersedia dalam 2 bentuk layanan yaitu gratis dan pro. Pada versi gratis, aplikasi ini hanya mendukung beberapa format sketsa, seperti DWG dan DXF standar, PDF, dan JPG. Namun pada versi CAD Touch Pro, semua format dapat dibuka oleh aplikasi ini.

11. Planner 5D

Planner 5D

Mencari aplikasi desain khusus untuk interior dan eksterior? Maka wajib untuk menggunakan aplikasi Planner 5D. Aplikasi ini dapat menciptakan desain interior dan eksterior yang realistis dengan gambar 2D atau 3D.

Planner 5D menyediakan banyak item yang bisa digunakan untuk mendukung desain interior dan eksterior secara langsung. Terdapat lebih dari 100 item yang bisa digunakan secara gratis untuk membuat berbagai model yang diinginkan.

Cara menggunakan Planner 5D tergolong mudah dikarenakan Anda cukup membuat dalam bentuk 2D, maka model 3D otomatis akan muncul. Anda juga bisa memasukkan bentuk 3D secara langsung, maka model 2D akan muncul pada aplikasi ini.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali oleh pengguna Android. Aplikasi Planner 5D telah terintegrasi dengan Google Cardboard. Integrasi ini memungkinkan model yang Anda buat muncul dengan tampilan yang realistis.

12. Rilievo

Rilievo

Aplikasi desain sketsa terakhir yang bisa dipertimbangkan adalah Rilievo. Aplikasi ini dikhususkan bagi pekerja yang fokus di bidang arsitektur. Aplikasi ini mendukung penggunaan dalam mode offline.

Semua desain dapat disimpan dan diekspor dalam berbagai format. Aplikasi Rilievo mendukung banyak aplikasi AutoCAD Desktop, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika desain yang telah dibuat tidak dapat dibuka di PC.

Aplikasi AutoCAD Android di atas memberikan fitur-fitur unggulan yang dimiliki. Untuk meningkatkan efisiensi desain, menggunakan aplikasi di atas adalah pilihan yang tepat. Di mana saja dan kapan saja, Anda dapat mengedit desain sesuka hati tanpa memerlukan desktop atau PC untuk mengedit.

12+ Daftar Aplikasi AutoCAD Android yang Cocok untuk Desainer Sketsa

Advertisements

Leave a Reply