Cara Download Foto Di IG Lewat PC Dan Android

8+ Cara Download Foto di IG Lewat PC dan Android (Easy)

Cara Download Foto di IG – Instagram sekarang sudah menjadi media sosial yang selalu digunakan sehari-hari. Namun, meski banyak sekali yang menggunakannya, masih ada pengguna yang bingung bagaimana cara download foto di IG. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda coba.

Tentunya setiap cara-cara yang tersedia akan disesuaikan dengan selera Anda sendiri. Ada cara dengan menggunakan PC, ada juga dengan menggunakan smartphone.

Cara Download Foto di IG Lewat PC

Fitur-fitur di dalam PC dan smartphone sangat jauh berbeda. Meskipun sama-sama canggih, tapi keduanya memiliki beberapa perbedaan. Cara download foto di IG antara PC dan smartphone juga berbeda. Berikut ini beberapa cara download lewat PC:

1. Menggunakan DownloadGram

Dengan DownloadGram

Pertama untuk bisa mendownload foto yang ada di dalam media sosial Instagram, Anda bisa memanfaatkan situs download foto yaitu DownloadGram. Kelebihan dengan cara ini adalah Anda tidak perlu menginstal aplikasi khusus download foto IG.

Pasalnya, hanya dengan mengakses situs DownloadGram, Anda sudah bisa mendapatkan foto IG yang diinginkan. Bahkan Anda hanya cukup dengan menyalin link dari foto yang ingin didapatkan, kemudian menempelnya pada kolom yang tersedia di dalam situs tersebut.

Selain bisa untuk mendownload foto, ternyata situs ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mendownload video dan juga IGTV. Tentunya ini sangat memudahkan sekali bagi Anda yang ingin menyimpan apapun dari Instagram.

Hal yang paling penting, semua fitur tersebut bisa Anda gunakan secara gratis tanpa ada biaya apapun. Apalagi tingkat kualitas foto dan video yang Anda download juga termasuk sangat bagu sekali.

Namun, mungkin Anda akan sedikit terganggu dengan keberadaan iklan. Pasalnya, hanya dari iklan inilah pemilik situs akan mendapatkan penghasilan, tanpa membebankan kepada penggunanya.

2. Menggunakan Situs Instasaveonline.com

Masih tidak jauh dari cara download foto yang ada di IG lewat situs, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan situs yang bernama Instasaveonline. Situs ini bisa Anda jadikan salah satu referensi, jika situs download yang lainya sedang dalam masalah. Berikut cara penggunaan Instasaveonline:

  • Pertama Anda harus masuk ke browser Google Chrome atau bisa juga Mozilla FireFox.
  • Setelahnya, masuklah ke dalam situs dari media sosial Instagram.
  • Langkah selanjutnya login dengan informasi akun yang Anda miliki.
  • Jika Anda sudah berada di dalam halaman akun, tekan pada kolom pencarian dan ketik nama pengguna yang fotonya ingin Anda dapatkan.
  • Cari foto tersebut dan kemudian tekan gambar pesawat kertas. Cari tulisan “Salin Link” dan klik pada tulisan tersebut.

Dengan DownloadGram Cari tulisan “Salin Link” dan klik pada tulisan tersebut

  • Setelah itu, masuk ke dalam situsnya dengan mengetik pada kolom url dengan tulisan “Instasaveonline.com” dan tekan enter. Secara otomatis Anda akan mulai masuk ke dalam situs download foto tersebut.

Setelah itu masuk ke dalam situsnya dengan mengetik pada kolom url dengan tulisan “Instasaveonline com” dan tekan enter

  • Saat Anda sudah berada di dalam situs itu, langsung saja masukkan link hasil penyalinan tadi pada kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya, tekan tulisan “Download Now” untuk mulai mendownload foto Instagram tersebut.
  • Anda akan berada pada halaman peninjauan foto tersebut. Jika langsung ingin mendownloadnya tekan “Download File” yang ada tepat di bawah foto. Proses download dimulai dan tunggu saja beberapa saat sampai selesai.

3. Memanfaatkan Screen Capture

Cara download foto di IG selanjutnya bisa menggunakan fitur Screen Capture. Cara yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak suka cara-cara yang rumit. Apalagi hanya untuk sekedar mengambil dan menyimpan foto dari media sosial Instagram.

Pasalnya, jika Anda merupakan pengguna PC Windows sudah dibekali dengan software untuk Screen Capture, yaitu Snipping Tool. Berikut ini caranya:

  • Tahap pertama bukalah browser di PC yang Anda gunakan.
  • Tahap selanjutnya masuk ke dalam situs Instagram dan carilah foto apa yang ingin Anda dapatkan. Pastikan kembali foto yang ingin Anda dapatkan bisa diperbesar agar lebih jelas hasilnya atau tidak buram.
  • Setelah itu, bukalah menu “Windows”, kemudian klik pada box pencarian. Ketika pada kolom pencarian itu dengan kata “Snipping Tool” dan tekan Enter”. Klik saja pada aplikasi Snipping Tool tersebut untuk membukanya.

Ketika pada kolom pencarian itu dengan kata “Snipping Tool” dan tekan “Enter”

  • Jika Anda sudah berada di dalam aplikasi Snipping Tool, selanjutnya cari tulisan “New” untuk membuat Screen Capture yang baru.

Jika Anda sudah berada di dalam aplikasi Snipping Tool, selanjutnya cari tulisan “New” untuk membuat Screen Capture yang baru

  • Saat tombol “New” sudah Anda tekan, maka tampilan layar akan seperti buram putih dan kursor berubah menjadi berbentuk +. Nah, cara penggunaanya arahkan saja kursor +ini ke foto IG yang ingin Anda download lalu klik kanan, tahan geser untuk memposisikan pengambilan foto.
  • Setelah ukuran sudah sesuai yang Anda inginkan, lepaskan dan secara otomatis akan berada pada menu pengeditan hasil Screen Capture. Anda bisa memanfaatkan beberapa alat pengeditan yang ada pada tahapan ini.
  • Selanjutnya, jika hasil Screen Capture dirasa sudah pas dan sesuai keinginan, tahap selanjutnya Anda harus menyimpannya. Tekan tulisan “File” dan pilih “Save” atau “Save As”.
  • Setelah itu, pilih formatnya dan berikan nama pada foto IG tersebut sesuai keinginan Anda.

Cara Download Foto di IG Lewat Android

Selain menggunakan PC, Anda juga bisa melakukan cara download foto yang ada di IG lewat perangkat Android. Sebagian besar cara ini selalu memanfaatkan fitur-fitur di dalam aplikasi tertentu. Berikut ini beberapa caranya:

1. Menggunakan Fitur Screenshot

Menggunakan Fitur Screenshot

Cara download pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan fitur screenshot yang ada pada Android. Tentunya untuk menggunakan fitur ini, Anda tidak perlu lagi mendownload aplikasi tertentu. Pasalnya, setiap Android pasti dibekali fitur screenshot ini.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa cara dengan memanfaatkan fitur screenshot ini hanya terbatas mendapatkan foto saja. Anda tidak bisa mendapatkan video ataupun IGTV lewat cara ini. Jadi jika ingin mendownload video, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi lainnya.

Tentunya cara menggunakan fitur screenshot ini sangat mudah sekali untuk Anda lakukan. Pertama masuk ke dalam aplikasi Instagram yang sering Anda gunakan. Setelah itu, carilah foto yang ingin Anda download dan simpan pada perangkat smartphone.

Setelah foto ketemu, Anda langsung bisa melakukan screenshot. Namun, setiap merk smartphone memiliki cara yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan usapan tiga jari, kombinasi tombol power+volume, dan juga lewat pintasan.

Sesuaikan saja dengan cara yang paling mudah. Namun jika Anda masih bingung, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa didapatkan di pusat kumpulan aplikasi Play Store.

2. Menggunakan Aplikasi InstaSave

Anda juga bisa memanfaatkan salah satu aplikasi, yakni InstaSave. Untuk lebih jelasnya, ikuti cara-cara penggunaannya berikut ini:

  • Tahap pertama download dulu aplikasi InstaSave di Play Store.
  • Setelah proses download selesai dan sudah terinstall, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  • Jika Anda menggunakan aplikasi InstaSave ini, maka harus login dulu ke akun Instagram. Namaun tenang saja, semua data Anda akan aman dan tidak akan dicuri meski menggunakan aplikasi pihak ketiga. Masukkan nama pengguna dan password akun Instagram Anda.
  • Saat Anda sudah berhasil masuk ke dalam halaman akun, maka akan terlihat foto dari orang-orang yang Anda ikuti. Namun Anda tidak akan melihat tampilan linimasa seperti Instagram, hanya kumpulan foto saja. Cari saja foto yang ingin Anda download sebelumnya sampai ketemu.

Saat Anda sudah berhasil masuk ke dalam halaman akun, maka akan terlihat foto dari orang-orang yang Anda ikuti

  • Setelah itu, tekan pada foto yang Anda inginkan tersebut dan Anda akan melihat tampilan khusus foto. Carilah simbol download untuk bisa menyimpan foto tersebut.

setelah itu tekan pada foto yang Anda inginkan tersebut dan Anda akan melihat tampilan khusus foto

Uniknya lagi dengan menggunakan aplikasi InstaSave ini, Anda bisa menikmati beberapa fitur lainnya seperti Repost, Share, dan lain-lain.

3. Menggunakan Aplikasi Video Downloader

Menggunakan Aplikasi Video Downloader

Aplikasi Video Downloader ini uniknya akan memberikan fitur download foto IG lebih sederhana dan mudah. Anda seperti menggunakan layanan download lewat situs, namun ini menggunakan aplikasi.

Tentunya dengan cara-cara yang mudah itu akan membuat Anda tidak kebingungan menggunakannya. Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi Instagram dan carilah foto yang ingin Anda download. Saat foto tersebut sudah ketemu, salin link foto tersebut.

Buka kembali aplikasi Video Downloader dan tempelkan link dari foto yang ingin Anda download tadi. Mudah sekali cara download foto di IG lewat bantuan aplikasi Video Downloader ini.

Selain itu, sesuai dengan namanya, Anda juga bisa mendapatkan berbagai video dari IG hanya dengan menggunakan aplikasi ini. Caranya juga sama saja dengan cara download foto sebelumnya.

4. Menggunakan Inst Download

Menggunakan Inst Download

Aplikasi lain yang bisa menjadi referensi Anda adalah Inst Download. Secara umum aplikasi ini memiliki cara penggunaan yang hampir mirip dengan aplikasi-aplikasi download foto dan video sebelumnya. Namun, perbedaan mungkin terletak pada tampilan aplikasinya.

Cara penggunaan Anda hanya perlu menempelkan link dari foto yang diinginkan. Selanjutnya, link tersebut ditempelkan pada kolom yang sudah tersedia ketika Anda membuka aplikasi Inst Download.

Hanya dengan menggunakan dua langkah itu, Anda sudah bisa mendapatkan foto atau video yang diinginkan.

5. Menggunakan Insta Saver

Aplikasi selanjutnya bernama Insta Saver yang juga dikenal sebagai alat pembantu untuk mendownload foto IG dengan mudah. Kelebihan utama aplikasi ini adalah ukurannya yang relatif kecil. Jadi, sangat ringan dan tidak memakan banyak kapasitas. Berikut ini cara penggunaanya:

  • Tahap pertama pastinya download dulu aplikasi Insta Saver dari Play Store. Anda bisa mendapatkannya tanpa membayar apapun.
  • Setelah aplikasi sudah Anda download dan instal, buka saja aplikasinya.

Setelah aplikasi sudah Anda download dan instal, buka saja aplikasinya

  • Tahap selanjutnya buka aplikasi Instagram dan login ke akun Anda seperti biasa. Carilah foto yang ingin Anda download Jika foto sudah ketemu, tekan titik tiga yang ada di pojok atas foto dan tekan tulisan “Copy Link”.

Jika foto sudah ketemu, tekan titik tiga yang da di pojok atas foto dan tekan tulisan “Copy Link

  • Setelah itu, buka kembali aplikasi Insta Saver, maka akan terlihat sebuah kolom khusus link foto atau video. Tempelkan saja link hasil salinan tadi pada kolom tersebut dan tekan tulisan “Paste” di samping kolom.
  • Anda bisa juga menekan tulisan “Show The Content” untuk melihat apakah foto atau video yang disalin linknya tadi sudah benar atau belum.
  • Setelah Anda klik “Paste”, maka proses download akan berjalan. Anda bisa mengecek foto dan video yang sudah didownload pada menu “Downloads”. Pada menu itu ada kumpulan media Instagram yang sudah pernah Anda simpan sebelumnya.

6. Menggunakan QuickSave

Menggunakan QuickSave

QuickSave juga menjadi salah satu aplikasi untuk mendownload foto di Instagram yang cukup terkenal. Bahkan sampai saat ini, sudah ada lebih dari 100 ribu orang yang mendownloadnya di Play Store.

Salah satu alasan banyaknya pengguna Instagram yang menggunakan QuickSave adalah kemudahan dalam penggunaan dan tampilan yang bersahabat. Anda akan bisa menikmati sebuah aplikasi download foto dan video IG yang sangat simpel dan bagus.

Selain pada tampilan, para pengguna juga disuguhkan cara penggunaan yang sangat mudah sekali. Anda yang sering menggunakan aplikasi download foto dan video IG pasti langsung bisa menggunakannya. Pasalnya, cara menggunakannya sama saja dengan aplikasi lain.

Anda hanya perlu memiliki salinan link dari foto yang ingin didownload. Setelah itu, masuk ke dalam aplikasi QuickSave, kemudian tempelkan pada kolom yang tersedia. Tunggu saja, karena foto atau video akan mulai didownload.

7. Menggunakan FastSave untuk IG

  • Langkah pertama jika ingin mendownload foto di IG, maka instal dulu aplikasi FastSave untuk IG. Anda bisa mendapatkannya gratis dari pusat aplikasi Play Store.
  • Setelah sudah Anda install, langsung saja buka aplikasinya. Ketika sudah Anda buka, maka pada halaman pertama akan ditampilkan beberapa menu. Perhatikan pada tulisan “FastSave Service”, geser sebuah tombol yang letaknya tepat di samping tulisan tersebut.

Perhatikan pada tulisan “FastSave Service”, geser sebuah tombol yang letaknya tepat di samping tulisan tersebut

  • Selanjutnya jika langkah di atas sudah Anda lakukan, tekan tombol yang ada tepat di bawahnya bertuliskan “Open Instagram”. Secara otomatis Anda akan langsung dikirim ke aplikasi Instagram. Cari saja foto yang ingin Anda download.
  • Pada foto incaran Anda, tekan pada simbol berupa titik tiga bertumpuk di pojok kanan atas foto dan tekan “Copy Link” atau “Salin Tautan”.

Pada foto incaran Anda, tekan pada simbol berupa titik tiga bertumpuk di pojok kanan atas foto dan tekan “Copy Link” atau “Salin Tautan”

  • Nah, secara otomatis saat Anda menyalin tautan tadi, maka akan ditampilkan pada aplikasi dan tekan tombol “Download”.

8. Menggunakan Download For Instagram

Menggunakan Download For Instagram

Layaknya beberapa aplikasi sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan Download For Instagram untuk download foto Instagram dengan langkah yang mudah sekali.

Pada aplikasi Download For Instagram ini, Anda juga hanya cukup menempelkan hasil salinan tautan ke kolom yang tersedia. Banyak yang mengatakan bahwa aplikasi ini mampu memberikan hasil download foto yang berkualitas.

Pasalnya, seringkali banyak yang mengeluhkan hasil download foto pada beberapa aplikasi sangat tidak memuaskan. Jika Anda mengeluhkan hal yang sama, sangat diperbolehkan untuk mencoba aplikasi satu ini.

9. Menggunakan StorySaver+

Aplikasi yang satu ini bisa dikatakan sangat lengkap sekali untuk mengeksplor semua yang ada di dalam Instagram.

Pasalnya, Anda bisa menyimpan hampir semua bentuk postingan di Instagram, seperti postingan foto, video, IGTV, rekaman live, sampai menyimpan foto profil seseorang. Untuk download foto di IG caranya juga sama saja. Berikut tahapannya:

  • Pertama siapkan dulu link salinan dari foto yang ingin Anda download.

Pertama siapkan dulu link salinan dari foto yang ingin Anda download

  • Setelah itu, buka aplikasi StorySaver+ yang sudah Anda download dan install di Android.
  • Selanjutnya jika aplikasi sudah dibuka, tekan tombol tiga strip yang ada di pojok kiri atas aplikasi.
  • Jika Anda ingin mendownload foto postingan seseorang, maka pilih menu bertuliskan “Download Photo/Video/Carousel”. Selanjutnya tempelkan link foto tadi dan Anda langsung bisa mendownload foto tersebut.
  • Namun, jika Anda ingin mendownload misalnya foto profil, maka pilih tulisan “Download Profile Photo”. Setelah itu, ketik nama pengguna dari orang yang ingin Anda download foto profilnya.

Tapi jika Anda ingin mendownload misalnya foto profil, maka pilih tulisan “Download Profile Photo”

  • Secara otomatis foto langsung ditampilkan dan Anda bisa langsung menekan tombol “Download” untuk menyimpan. Anda bisa mencoba beberapa pilihan yang lainnya seperti download story, download IGTV, bahkan sampai download live dan highlights.

Beberapa aplikasi dan cara download foto di IG bisa Anda jadikan referensi saat bingung. Tentunya setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tinggal menyesuaikan mana cara download yang menurut Anda paling nyaman, mudah, dan cepat serta tidak membuat bingung.

8+ Cara Download Foto di IG Lewat PC dan Android (Easy)

Advertisements

Leave a Reply