6 Cara Transfer Dari DANA

6+ Cara Transfer dari DANA Mudah Loh Tidak Rumit

Cara Transfer dari DANA – Ada banyak sekali dompet digital yang saat ini menawarkan berbagai manfaat untuk menunjang aktivitas. Salah satu dompet digital yang cukup terkenal adalah DANA. Anda juga bisa memanfaatkan cara transfer dari DANA ke dompet lain jika sedang dalam keadaan mendesak.

Dengan menggunakan dompet digital, Anda bisa menikmati banyak layanan pembayaran yang menjadi lebih mudah. Tidak heran pengguna dompet seperti DANA terus meningkat tinggi.

Pengertian DANA

Pengertian DANA

Bagi Anda yang sudah sering dan akrab dengan pembayaran instan, tentunya sudah tidak begitu asing lagi dengan aplikasi dompet digital DANA. Aplikasi ini bahkan menjadi yang cukup populer bersama dengan beberapa aplikasi dompet digital lainnya.

DANA sendiri selain membuka layanan dompet digital, juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembelian produk digital seperti pulsa, paket data, dan juga pembayaran tagihan bulanan. Namun, sebagian besar pengguna DANA memanfaatkan layanan ini untuk kemudahan bertransaksi.

Pasalnya, banyak yang menilai menyimpan uang ke dompet digital seperti DANA membuat proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Tentunya untuk bisa menggunakan saldo di dalam dompet DANA, Anda harus mencari gerai yang bekerjasama dengan perusahaan DANA.

Cara Transfer dari DANA

1. Kirim dari DANA ke OVO

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi DANA yang sudah terinstall di smartphone.
  • Langkah selanjutnya pada halaman pertama aplikasi DANA, Anda akan melihat banyak sekali menu pilihan. Carilah menu dengan tulisan “Kirim” dan Anda akan masuk ke dalam halaman baru.
  • Setelah itu, pada halaman baru tersebut cari pilihan menu dengan tulisan “Kirim ke Akun Bank” dan tekan lagi pilihan selanjutnya bertuliskan “Kirim ke Rekening Bank”. Jika sudah Anda tekan, maka akan masuk ke menu yang lebih rinci lagi.

Setelah itu pada halaman baru tersebut cari pilihan menu dengan tulisan “Kirim ke Akun Bank” dan tekan lagi pilihan selanjutnya bertuliskan “Kirim ke Rekening Bank”

  • Nah, Anda harus memasukkan beberapa data informasi mengenai akun OVO pihak penerima saldo DANA. Pasalnya, untuk bisa mengirimkan saldo ke akun OVO, maka harus menggunakan pilihan transfer bank.

Pada nama bank, tekan kolom pencarian dan ketik nama “Nobu Bank” atau “Bank Nobu” dan tekan pada nama yang muncul tersebut.

Pada nama bank, tekan kolom pencarian dan ketik nama “Nobu Bank” atau “Bank Nobu” dan tekan pada nama yang muncul tersebut

  • Tahap selanjutnya pada tulisan “Nomor Akun”, isi dengan awalan angka “9” dan kemudian dilanjutkan nomor handphone OVO penerima saldo. Contoh penggunaanya seperti 9081259000111. Pada menu dengan tulisan “Alias” bisa Anda lewati jika memang tidak dibutuhkan.
  • Ketika semua data yang Anda tuliskan sudah benar semua, maka tekan tombol yang bertuliskan “Tambah bank baru” di bagian bawah.
  • Setelah itu, Anda bisa memulai proses transfer dari DANA ke OVO dengan mengisikan kolom nominal pengiriman saldo. Pastikan jumlah uang yang Anda kirimkan lebih dari Rp000,- atau batas minimalnya adalah Rp10.000,-.

Selain itu, jika Anda ingin menikmati layanan gratis biaya pengiriman, maka batas minimal transfer saldo DANA adalah sebesar Rp50.000,-.

  • Jika semua tahap di atas sudah Anda lalui, maka selanjutnya pilih dari mana sumber saldo itu ditransfer. Anda bisa memilih dari saldo DANA atau kartu debit/kredit.
  • Setelahnya, tekan pada sebuah tombol yang memiliki tulisan “Kirim DANA” dan periksa kembali data-data pengiriman saldo tersebut. Ketika semua sudah benar, tekan tombol “KONFIRMASI” yang ada di bagian bawah layar.
  • Tahap terakhir dari cara transfer dari DANA ke OVO yaitu masukkan kombinasi Pin DANA yang Anda miliki. Setelah itu, maka proses pengiriman saldo DANA ke dompet OVO akan berlangsung.
  • Tunggulah beberapa menit karena proses sedang berjalan. Salah satu tanda jika proses berhasil, Anda akan melihat sebuah pemberitahuan bahwa transaksi sukses.

2. Kirim dari DANA ke Rekening Bank

  • Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi DANA yang sudah terpasang di smartphone.
  • Setelah itu, pada tampilan awal aplikasi, carilah menu dengan tulisan “Kirim” atau “Send”. Jika sudah Anda pilih, maka akan muncul beberapa menu pilihan transfer saldo DANA.
  • Karena Anda ingin mengirimkan saldo DANA ke rekening bank, maka pada menu tersebut cari tulisan “Kirim ke rekening bank”. Ketika sudah Anda tekan, maka akan muncul beberapa kolom yang wajib diisi dengan benar, agar proses transfer dari DANA tidak mengalami kegagalan.
  • Pada kolom dengan tulisan “Nama Akun”, isikan dengan nama bank tujuan. Di sini Anda sesuaikan dengan nama bank yang Anda pakai.
  • Selanjutnya, pada kolom “Nomor Akun”, isi dengan kombinasi nomor rekening bank yang Anda gunakan. Pastikan lagi nomor rekening bank sudah benar beserta dengan nama bank yang dipakai.
  • Tahap berikutnya, tekan tulisan “Tambah akun baru”, maka secara otomatis data rekening bank yang baru saja Anda isi akan disimpan.
  • Jika sudah, masukkan juga besaran saldo DANA yang ingin Anda kirimkan ke rekening tujuan. Jangan lupa minimal pengiriman adalah Rp000,- dengan biaya transaksi sebesar Rp2.500,-. Jadi, jangan sampai sisa saldo benar-benar kosong, karena Anda butuh biaya transaksi.

Jika sudah, masukkan juga besaran saldo DANA yang ingin Anda kirimkan ke rekening tujuan

  • Cara berikutnya tekan tulisan “Kirim ke” dan pilihlah dari mana Anda akan mengambil saldo untuk dikirim ke rekening bank. Biasanya ada dua pilihan, yaitu dari saldo DANA dan dari debit/kredit.
  • Tahap terakhir tekan tulisan “Kirim” dan saldo Anda akan segera dikirimkan ke rekening bank tujuan. Tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa transfer saldo DANA sudah berhasil.

Tahap terakhir tekan tulisan “Kirim” dan saldo Anda akan segera dikirimkan ke rekening bank tujuan

3. DANA ke ShopeePay

Jika Anda ingin mentransfer saldo DANA ke ShopeePay, sebenarnya beberapa tahapannya sama saja dengan transfer ke dompet digital lainnya. Namun, ada beberapa tahap yang harus Anda pahami agar tidak salah langkah. Berikut ini tahapannya:

  • Langkah pertama, Anda harus membuka dahulu aplikasi Shopee. Tekan tulisan “ShopeePay” dan pilih menu “Isi Saldo”.

Langkah pertama, Anda harus membuka dahulu aplikasi Shopee

  • Tahap berikutnya untuk bisa mengisi saldo ShopeePay lewat dompet DANA, Anda harus memilih pengisian lewat “Bank Transfer”.
  • Pilih transfer lewat “Bank Mandiri” dan terakhir tekan tombol “Konfirmasi” yang ada di bagian bawah halaman aplikasi.

Lalu pilih transfer lewat “Bank Mandiri” dan terakhir tekan tombol “Konfirmasi” yang ada di bagian bawah halaman aplikasi

  • Jika sudah menekan Konfirmasi tadi, maka akan muncul kombinasi angka “Virtual Account” dan tekan “salin” yang tepat berada di samping nomor tersebut.
  • Langkah berikutnya, bukalah aplikasi DANA yang sudah Anda install pada smartphone.
  • Setelah itu, pada tampilan awal aplikasi DANA, cari tulisan “Kirim” dan jika sudah terbuka, cari tulisan “Kirim Ke Akun Bank”.
  • Ketika Anda memilih pilihan menu tersebut, maka akan muncul menu selanjutnya dan tekan lagi tulisan biru “Kirim ke Rekening Bank”.
  • Perhatikan pada kolom “Cari Nomor Rekening Bank”. Anda bisa memasukkan nama bank sesuai pada aplikasi Shopee tadi yaitu bank Mandiri.
  • Nah, pada kolom nomor rekening bank, bisa Anda isikan dengan nomor Virtual Account yang didapatkan dari aplikasi Shopee tadi. Tekan dan tahan serta pilih tempel untuk mempermudah proses pengisian nomor Virtual Account.
  • Pada kolom paling bawah terdapat tulisan “Alias”. Kolom ini bisa Anda kosongkan saja untuk memudahkan pengisian data.
  • Tekan tombol “Tambah Bank Baru” dan selanjutnya Anda akan diantar ke menu berikutnya. Pada menu ini Anda harus memasukkan berapa jumlah saldo DANA yang ingin Anda kirim ke ShopeePay.

Sayangnya, berbeda dengan beberapa dompet digital lain, minimal jumlah transfer dari saldo DANA adalah Rp50.000,-.

  • Jika sudah mengisikan nominal transfer, langsung saja tekan tombol paling bawah yaitu “Lanjut” dan cek kembali semua informasi transfer serta tekan “Konfirmasi”.
  • Saat semua tahap di atas sudah Anda lalui, maka selanjutnya wajib mengisi nomor Pin DANA untuk keamanan transaksi. Masukkan 6 digit kombinasi Pin rahasia Anda, kemudian proses transfer akan segera diproses.
  • Tunggu saja beberapa saat sampai transaksi benar-benar berhasil. Salah satu tanda transaksi berhasil adalah ada pemberitahuan dari DANA dan pada saldo ShopeePay juga sudah bertambah.

4. DANA ke Sesama DANA

Selain cara transfer dari DANA ke dompet digital lain, tentunya Anda juga bisa menikmati layanan transfer DANA menuju akun DANA lainnya. Caranya juga mudah sekali lewat beberapa tahap di bawah ini:

  • Pertama Anda harus membuka aplikasi DANA versi paling baru. Ini bertujuan untuk menghindari transaksi yang error karena aplikasi DANA tidak pernah diperbarui.
  • Langkah selanjutnya, carilah tulisan menu “Kirim” yang biasanya terletak di bagian atas halaman pertama dari aplikasi DANA. Pada menu ini Anda bisa memilih dua cara pengiriman saldo yaitu ke rekening bank dan ke nomor telepon.

Langkah selanjutnya, carilah tulisan menu “Kirim” yang biasanya terletak di bagian atas halaman pertama dari aplikasi DANA

  • Jika ingin mengirimkan saldo DANA ke akun DANA lain, Anda harus memilih menu “Kirim ke Nomor Telepon”.
  • Ketika menu itu Anda tekan, maka akan muncul sebuah kolom dimana Anda harus mengisinya dengan nomor telepon teman Anda yang terhubung ke DANA.  Setelah itu, tekan juga “Tambah penerima menggunakan nomor hp”.
  • Masukkan nomor telepon tujuan atau penerima dan pastikan juga bahwa nomor telepon tersebut terhubung ke akun DANA.

Masukkan nomor telepon tujuan atau penerima dan pastikan juga bahwa nomor telepon tersebut terhubung ke akun DANA

  • Langkah berikutnya, Anda harus memasukan jumlah nominal saldo DANA yang akan dikirimkan ke akun DANA lain tersebut.
  • Perhatikan pada tulisan tipis “Kirim Dari”, pastikan menggantinya menjadi “Saldo DANA”. Selanjutnya, cek juga beberapa informasi lainnya seperti jumlah transfer dan nomor telepon tujuan.
  • Langkah selanjutnya, Anda sudah bisa menekan tombol di bawahnya yang bertuliskan “Kirim DANA”. Ketika sudah ditekan, maka akan muncul detail informasi mengenai identitas penerima saldo tersebut. Pastikan semua sudah benar dan tekan “Konfirmasi” di bagian bawah aplikasi.
  • Sebelum proses transfer dimulai oleh pihak DANA, maka Anda harus memasukkan kombinasi 6 digit angka Pin DANA. Tujuannya agar bisa menghindari aksi pencurian saldo oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Jika Pin DANA sudah Anda masukkan, maka proses transfer saldo akan dimulai hanya beberapa menit atau bahkan bisa langsung terkirim. Pastikan ada pemberitahuan bahwa saldo DANA yang akan kirimkan sudah diterima oleh akun DANA tujuan.

5. DANA ke DANA Lewat Kode QR

Ada salah satu cara transfer dari DANA ke sesama pengguna DANA yang sangat praktis dan mudah sekali. Cara ini adalah dengan memanfaatkan fitur QR Code atau kode QR. Berikut ini tahap-tahapnya:

  • Bukalah aplikasi DANA yang sudah terpasang terlebih dahulu.
  • Tahap selanjutnya pada halaman pertama di aplikasi tersebut, carilah menu yang memiliki tulisan “Kirim”. Setelah Anda klik akan muncul beberapa pilihan cara transfer saldo DANA.
  • Cari tulisan yaitu “Scan via QR Code” untuk bisa mentransfer saldo yang lebih cepat dan mudah.

Cari tulisan yaitu “Scan via QR Code” untuk bisa mentransfer saldo yang lebih cepat dan mudah

  • Setelah itu, bukalah aplikasi DANA dari smartphone pihak yang akan menerima saldo DANA tersebut, kemudian buka kode QR dari aplikasi DANA pihak penerima.
  • Arahkan kamera belakang smartphone Anda ke kode QR penerima tersebut. Selain itu, jika Anda tidak bertatap muka langsung, bisa melakukan cara scan kode QR dengan mengupload lewat Galeri.

Jadi, pihak penerima akan mengambil screenshot kode QR miliknya dan mengirimkannya kepada Anda.

  • Jika kode QR sudah berhasil Anda scan, maka selanjutnya akan muncul kolom jumlah saldo yang ingin Anda kirimkan. Masukkan saja berapa saldo yang akan dikirim dan jika sudah tekan tombol “Kirim DANA” yang ada di bagian bawah.
  • Ketika sudah Anda tekan, maka akan ada tampilkan detail transaksi yang dilakukan. Cek apakah semua data pada transaksi itu sudah benar atau belum.
  • Kalau semua sudah benar, tekan “Konfirmasi” dan Anda juga harus memasukkan kombinasi Pin DANA untuk melanjutkan proses transfer saldo.

Kalau semua sudah benar, tekan “Konfirmasi” dan Anda juga harus memasukkan kombinasi Pin DANA untuk melanjutkan proses transfer saldo

  • Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan mengenai status transfer tersebut.

6. DANA ke DANA Lewat Chat

Cara selanjutnya ini terbilang sangat unik sekali. Pasalnya, Anda bisa melakukan pengiriman atau transfer saldo DANA hanya dengan menggunakan fitur chat. Namun, ada beberapa syarat yang diberlakukan pada cara transfer dari DANA yang satu ini.

Syarat itu seperti link transfer hanya berlaku dalam kurun waktu 1 jam saja sejak lik tersebut dibuat. Syarat selanjutnya pihak penerima saldo DANA juga harus melakukan klaim saldo terlebih dahulu agar pengiriman bisa sukses. Berikut ini cara-cara lebih lengkapnya:

  • Buka aplikasi DANA yang terbaru.
  • Setelah itu saat masih di halaman pertama, langsung cari tulisan “Kirim” untuk menuju ke beberapa pilihan cara transfer menggunakan DANA.
  • Selanjutnya, jika sudah berada di dalam menu Kirim, Anda bisa menemukan beberapa pilihan dan pilih tulisan “Kirim ke Chat” untuk menikmati pengiriman saldo lewat chat pribadi.

Selanjutnya jika sudah berada di dalam menu Kirim, Anda bisa menemukan beberapa pilihan dan pilih tulisan “Kirim ke Chat” untuk menikmati pengiriman saldo lewat chat pribadi

  • Ketika Kirim ke Chat sudah Anda tekan, maka akan diantarkan menuju ke halaman selanjutnya. Pada halaman ini Anda harus memasukkan berapa jumlah saldo DANA yang ingin dikirimkan.
  • Pada tulisan dengan warna tipis “Kirim Dari” pastikan sudah berubah menjadi “Saldo DANA”.
  • Tahap selanjutnya, di bawahnya ada pilihan berapa lama tautan yang akan Anda kirimkan akan kadaluarsa. Anda bisa menggantinya dengan menekan tulisan “ganti”. Normalnya tautan atau link transfer saldo DANA tidak berlaku dalam kurun waktu 1 jam setelah pembuatan link tersebut.
  • Saat waktu kadaluarsa sudah Anda sesuaikan, tekan tombol dengan tulisan “Kirim DANA” yang ada di bagian bawah.

Saat waktu kadaluarsa sudah Anda sesuaikan, tekan tombol dengan tulisan “Kirim DANA” yang ada di bagian bawah

  • Selanjutnya Anda akan berada di halaman konfirmasi transaksi. Cek kembali apakah semua data yang Anda tulis sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Kalau sudah bisa menekan tombol “Konfirmasi” yang ada di bagian bawah.
  • Setelah itu, Anda akan berada di bagian pengisian Pin DANA. Isilah Pin ini sesuai dengan yang Anda simpan. Jika lupa Pin DANA bisa menekan tulisan “Lupa PIN DANA Anda?”. Namun jika sudah diisi, maka Anda akan menuju ke halaman tautan atau link.
  • Perhatikan beberapa tulisan yang ada di halaman ini agar Anda berhati-hati. Jadi, orang lain bisa menerima saldo dari dompet DANA Anda jika memiliki link atau tautan ini. Oleh karena itu, simpan dengan baik tautan.
  • Jika sudah memahami, tekan tulisan “Share It” dan bagikan lewat media sosial ke penerima yang ingin Anda tuju.
  • Bagi pihak penerima, ketika membuka link tersebut agar saldo bisa masuk, maka harus menekan tombol “Klaim”.

DANA menjadi dompet digital yang memiliki cara transfer beragam. Dengan memahami beberapa cara transfer dari DANA di atas, maka Anda bisa memanfaatkannya kapan saja dan di mana saja saat dibutuhkan.

6+ Cara Transfer dari DANA Mudah Loh Tidak Rumit

Advertisements

Leave a Reply