7+ Tanda WA Diblokir dan Cara Terbaik untuk Mengatasinya

Tanda WA Diblokir – Salah satu kelebihan aplikasi WhatsApp Messenger, yaitu menyediakan fitur blokir untuk para pengguna dalam menjaga privasi. Namun, kehadiran fitur ini membuat sebagian pengguna merasa tidak nyaman. Terdapat beberapa tanda WA diblokir yang bisa Anda lakukan untuk pengecekan.

Mulai dari tidak bisa melihat status last seen, foto profil yang ditampilkan memiliki gambar default, hingga pembaruan story atau pesan yang tidak bisa ditampilkan. Semua cara ini tentunya sangat mudah untuk Anda lakukan tanpa perlu memasang aplikasi tambahan.

Di bawah ini tujuh tanda WA diblokir yang bisa Anda terapkan untuk melakukan pengecekan pada kontak WA yang telah dicurigai.

7 Tanda WA Diblokir yang Bisa Diketahui

1. Tidak Bisa Melihat “Last Seen

Tidak Bisa Melihat Last Seen

Tanda pertama yang bisa menunjukkan bahwa kontak WA Anda telah diblokir adalah tidak bisa melihat last seen pada kontak orang tersebut. Last seen merupakan status terakhir yang menunjukkan seseorang aktif dalam menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger.

Namun, status last seen atau terakhir dilihat tidak bisa selalu Anda jadikan acuan. Pasalnya, status ini bisa saja disebabkan oleh pengguna yang sengaja mengatur privasi mengenai last seen mereka. Tentunya ini menyebabkan Anda tidak bisa melihat tampilan last seen yang ada di kontak tersebut.

2. Foto Profil Default

Foto Profil Default

Tanda WA diblokir lainnya yang bisa Anda lihat, yakni terdapat pada bagian foto profil. Jika foto profil teman Anda memajang foto default sama seperti saat pertama kali mendaftar, maka bisa bahwa Anda telah diblokir oleh orang tersebut.

Namun, cara ini juga tidak bisa memastikan bahwa kontak Anda telah diblokir. Hal ini dikarenakan teman Anda memang sengaja tidak memasang foto profil sehingga di tampilan terlihat pengguna masih memasang foto default.

Selain itu, penggunaan foto profil default juga bisa didapatkan secara mudah oleh para user melalui laman internet. Adanya foto default ini, membuat pengguna bisa menjadikannya sebagai foto profil dengan sangat mudah. Cukup melakukan unduhan dan klik change foto profil pada akun WhatsApp.

3. Pesan Singkat Tidak Terkirim

Pesan Singkat Tidak Terkirim

Pesan singkat atau chat yang tidak terkirim bisa menjadi tanda WA diblokir selanjutnya. Pasalnya, pesan singkat yang terkirim memiliki tanda dengan centang di chat tersebut. Jika chat memiliki centang satu, maka pesan sudah terkirim namun belum masuk ke notifikasi teman.

Namun, jika pesan dengan centang satu ini belum berubah ke centang dua dalam jangka waktu yang lama, maka bisa dipastikan bahwa kontak WA Anda telah diblokir oleh orang tersebut. Tetapi, masalah ini juga bisa terjadi jika teman memang belum mengaktifkan sambungan data pada perangkat HP.

Hal ini tentunya menyebabkan pesan Anda tidak bisa diterima oleh orang tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengecek foto profil, apakah masih terlihat atau sudah tampil gambar profil default. Jika masih terlihat, maka ini dipastikan bahwa teman memang belum mengaktifkan sambungan data seluler.

Selain itu, tanda ini juga bisa dikelabui oleh setiap pengguna. Pasalnya, WA memberikan izin kepada para pengguna untuk mengatur warna tick marks atau tanda centang pesan yang telah dibaca. Tentunya kehadiran fitur ini, membuat Anda harus lebih selektif apakah kontak benar diblokir atau tidak.

4. Tidak Bisa Menelepon

Tidak Bisa Menelepon

Jika cara sebelumnya masih membuat Anda ragu, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menelepon kontak dari orang tersebut. Cara ini bisa menjadi pilihan terbaik dikarenakan Anda dapat pemberitahuan secara langsung dan bisa dijadikan sebagai acuan untuk tanda WA diblokir.

Coba hubungi kontak mereka dengan bantuan fitur telepon atau panggilan video yang ada di aplikasi WA. Umumnya, jika pengguna tidak berhasil terhubung dengan panggilan kontak tersebut, maka status pemberitahuan telepon berada di “Calling” ataupun memanggil.

Namun, jika status panggilan berada di “Panggilan tidak tersedia” atau call unavailable, maka bisa saja kontak WhatsApp Messenger Anda telah diblokir oleh orang tersebut. Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian foto profil dan last seen pada kontak ini, apakah benar diblokir atau tidak.

5. Tidak Bisa Melihat Status Update

Tidak Bisa Melihat Status Update

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah melihat pembaruan status dari orang tersebut. Hal ini dikarenakan aplikasi WhatsApp telah memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa berbagi cerita ataupun status seperti Snapchat kepada teman kontak yang disimpan.

Jika Anda tidak bisa menyaksikan story ataupun pembaruan status, maka ini bisa saja menjadi tanda bahwa akun kontak Anda telah diblokir sepenuhnya oleh orang tersebut. Namun, cara ini juga bisa disebabkan oleh pengguna yang memang sengaja mengatur privasi mereka agar pesan status dibatasi.

Tujuan dari pembatasan ini sangat beragam sesuai dengan masalah pengguna. Selain itu, pembatasan privasi ini bisa diatur dan ditentukan secara mudah oleh mereka. Tentunya ini, membuat akun kontak Anda bisa saja menjadi salah satu dari akun yang dibatasi oleh pengguna tersebut.

Selain itu, opsi lainnya yang mungkin bisa terjadi adalah orang tersebut memang jarang membuat pembaruan status di aplikasi WA. Cara yang paling mudah Anda lakukan adalah meminta bantuan teman yang memiliki kontak sama, lalu cek apakah ada pembaruan status dari orang tersebut.

6. Terjadi Masalah Ketika Memasukkan Grup

Terjadi Masalah Ketika Memasukkan Grup

Salah satu tanda WA diblokir lainnya yang bisa digunakan untuk mengetahuinya adalah mencoba memasukkan kontak mereka ke dalam grup. Jika cara ini telah dilakukan, namun timbul notifikasi berupa Anda tidak memiliki otoritas, maka bisa dipastikan akun telah diblokir.

Tetapi, masalah ini juga dapat disebabkan oleh kejadian error pada aplikasi WhatsApp Messenger sehingga Anda tidak bisa menambahkan kontak orang tersebut ke dalam grup. Namun, kejadian ini sangat jarang terjadi mengingat WhatsApp Messenger merupakan aplikasi terbesar di seluruh dunia.

7. Tidak Bisa Mengirim Pesan Suara, Foto, Video, dan Dokumen

Tidak Bisa Mengirim Pesan Suara, Foto, Video, dan Dokumen

Tanda terakhir yang bisa menjadi cara terbaik untuk Anda dalam pengecekan akun WA diblokir adalah melakukan pengiriman pesan suara, foto, video, dan dokumen pada kontak tersebut. Jika pesan yang dikirim menunjukkan tanda centang satu, maka akun Whatsapp Anda memang telah diblokir.

Cara Mengatasi WA yang Diblokir

Adanya tanda WA diblokir, membuat Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika benar bahwa nomor akun WA Anda diblokir, maka bisa dipastikan bahwa pengguna tidak akan bisa melakukan pengiriman pesan ataupun sebagainya.

Jika masalah ini sedang terjadi, Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini untuk mengatasi masalah pemblokiran nomor kontak WA. Tentunya cara ini cukup efektif untuk Anda coba agar orang tersebut mau membuka nomor yang sudah diblokir sebelumnya.

Namun, perlu diingat bahwa nomor yang diblokir hanya bisa dibuka secara langsung oleh orang tersebut. Hal ini mengingat aplikasi WhatsApp Messenger yang memiliki prioritas utama dalam menjaga privasi pengguna.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi masalah nomor kontak WA yang diblokir oleh pengguna lain.

1. Menghubungi Teman Anda Melalui Grup

Menghubungi Teman Anda Melalui Grup

Menghubungi teman menjadi upaya pertama yang bisa Anda lakukan untuk cara mengatasi nomor kontak WA yang telah diblokir. Aktivitas ini menjadi sangat sering dilakukan oleh setiap orang untuk bertukar informasi secara langsung, meski memiliki jarak yang jauh.

Umumnya, teman yang telah lama dikenal memiliki grup yang sebagian hampir sama dengan Anda. Kehadiran grup ini bisa menjadi cara terbaik untuk Anda dalam mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, aplikasi WhatsApp Messenger memperbolehkan pengguna untuk berhubungan melalui grup.

Fasilitas ini bisa dimanfaat untuk tetap berkomunikasi bersama dengan orang yang telah memblokir akun nomor WA Anda. Tanyakan secara langsung apa alasan nomor WA Anda diblokir. Jika memang disebabkan oleh suatu masalah, maka jangan lupa untuk ucapkan maaf ataupun berkata sopan.

2. Mengganti Nomor WA dengan yang Baru

Mengganti Nomor WA dengan yang Baru

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi kontak diblokir adalah mengganti nomor akun dengan yang baru. Adanya pergantian nomor baru ini, membuat Anda bisa terhubung kembali dengan kontak yang telah memblokir nomor akun WA.

Tetapi, cara ini sangat memiliki resiko yang besar. Anda akan kehilangan beberapa kontak dan data penting lainnya jika tidak melakukan proses backup data. Hal ini menjadikan Anda harus berpikir secara bijak agar tidak kehilangan nomor kontak ataupun sebagainya yang ada di aplikasi WhatsApp.

Anda bisa menggunakan cara ini dalam waktu yang singkat sesuai dengan kebutuhan. Penerapan ini bertujuan agar nomor yang sebelumnya telah digunakan tidak mengalami kehilangan dan masih bisa Anda gunakan untuk mendaftar kembali di aplikasi WhatsApp Messenger.

Namun, jika penggunaan nomor memerlukan waktu yang lebih banyak, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi clone agar bisa mendaftarkan nomor baru. Tentunya nomor baru ini, membuat pengguna bisa terhubung kembali dengan kontak yang sebelumnya telah memblokir akun WA Anda.

3. Menghapus Akun Data WA

Menghapus Akun Data WA

Menghapus akun data WA menjadi cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada pemblokiran nomor WA dari kontak orang lain. Namun, penggunaan cara ini juga perlu Anda terapkan secara bijak, mengingat hasil dari tindakan ini bisa menyebabkan data chat terhapus.

Namun, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan cadangan file terlebih dahulu. Proses pencadangan ini juga dapat Anda aktifkan secara mudah melalui bantuan fitur yang ada di aplikasi WhatsApp.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan cadangan chat pada aplikasi WhatsApp Messenger.

  • Pertama Anda bisa buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp Messenger yang ada di perangkat HP.
  • Setelah aplikasi berhasil dibuka, maka masuk ke bagian menu “Settings” atau “Pengaturan” yang ada di bagian pojok kanan bawah untuk pengguna iOS dan untuk pengguna sistem operasi Android, Anda bisa klik titik tiga bagian pojok kanan atas dan pilih “Settings”.
  • Kemudian akan tampil beberapa menu pilihan yang bisa Anda lihat.
  • Pada bagian ini, Anda dapat masuk ke menu settings “Chats”, lalu klik opsi “Chat Backup”.
  • Selanjutnya, di tampilan chat backup Anda bisa menyesuaikan bulan ataupun melakukan proses backup di waktu sekarang.

Setelah proses backup selesai, maka Anda dapat melakukan uninstall aplikasi, lalu memasangnya dan mendaftarkan kembali nomor tersebut. Pada proses pendaftaran ini Anda bisa mengisi nomor, nama dan menambahkan foto profil.

Jika semua tanda WA diblokir telah Anda lakukan pengecekan, maka selanjutnya Anda langsung bisa mengatasinya dengan sangat mudah. Seperti mengganti nomor akun WA dengan yang baru, Anda juga dapat meminta mereka secara langsung untuk membukakan daftar list blokir yang ada di WA.

7+ Tanda WA Diblokir dan Cara Terbaik untuk Mengatasinya

Advertisements

Add Comment