ANJING PITBULL

ANJING PITBULL : Karakteristik, Varian, Harga, Cara Rawat (Terlengkap)

Anjing Pitbull – Memelihara hewan peliharaan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental seseorang. Anjing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara karena karakternya yang setia dan menggemaskan. Dari beragam anjing di dunia, Anda barangkali tertarik dengan anjing Pitbull. Tampilan fisik anjing Pitbull imut sekaligus gagah dengan gestur alami yang tampak percaya diri memengaruhi daya tarik di mata manusia. Jika Anda ingin memelihara anjing tersebut, kenali dahulu bagaimana karakter dan pengetahuan tentangnya.

 

Pembahasan kali ini melingkupi fakta seputar anjing Pitbull, mulai dari cara merawat hingga cara melatih. Tentu terdapat perbedaan antar hewan peliharaan sebab masing-masing spesies punya sifat bawaan tersendiri. Perawatan anak anjing dan anjing dewasa juga sudah pasti berbeda. Anjing Pitbull pun perlu dilatih agar tidak bertingkah yang membahayakan manusia. Selain itu, latihan akan membuat anjing Pitbull semakin patuh, lucu, dan memudahkan Anda untuk berinteraksi dengannya.

 

Karakteristik Anjing Pitbull

Karakteristik Anjing Pitbull

  1. Percaya Diri

Pada dasarnya Pitbull bukan anjing yang pemalu. Ia memiliki rasa kepercayaan diri yang relatif tinggi sehingga memudahkan proses interaksi. Awalnya Pitbull bisa merasakan ketakutan di lingkungan baru atau ketika bertemu orang baru, namun ia mampu lekas beradaptasi.

  1. Bersahabat dengan Manusia

Anjing Pitbull bisa bersahabat dengan manusia, terutama ketika masih anak-anak (puppies). Anakan Pitbull senang berinteraksi dan berlama-lama menikmati sentuhan yang ia terima. Anakan Pitbull yang sudah cukup percaya diri akan cenderung nyaman saat berinteraksi dengan manusia.

  1. Menyukai Mainan

Sepeti halnya anak-anak manusia, anakan Pitbull juga menyukai mainan. Pilih mainan yang bisa digunakan untuk melatih anjing Pitbull. Jika sejak awal anjing Pitbull tersebut amat menyukai mainan, ia akan lebih stabil dan mudah saat dilatih majikannya.

  1. Submisif kepada Manusia

Anakan Pitbull cenderung memiliki ketundukan pada manusia atas kemauan sendiri, tetapi tidak semua puppies menunjukkan hal tersebut sejak awal. Akan lebih baik jika Anda memilih anakan yang sudah menunjukkan ketundukan, bukan ketakutan.

 

Varian Anjing Pitbull

Ada tiga varian anjing Pitbull, yakni:

  1. American Pitbull Terrier

American Pitbull Terrier

Ia punya badan kekar yang proporsional dengan bulu halus dan pendek. American Pitbull Terrier bisa mencapai berat badan 16 sampai 25 kilogram.

  1. American Stanffordshire Terrier

American Stanffordshire Terrier

Berat badannya bisa mencapai 28 hingga 40 kilogram. Tubuhnya lebih pendek tapi lebih berotot dan memiliki bulu yang lebih tebal serta sedikit lebih panjang.

  1. Stanffordhire Bull Terrier

Stanffordhire Bull Terrier

Ia punya berat badan kisaran 11 hingga 15,4 kilogram. Bulunya cenderung pendek dan halus, ukuran tubuh hampir sama tetapi kepala Stanffordhire Bull Terrier lebih besar sedikit.

 

Cara Merawat Anak Anjing Pitbull

Cara Merawat Anak Anjing Pitbull

Sebagian orang biasanya lebih suka memelihara hewan sejak masih kecil. Beberapa pertimbangan yang digunakan adalah sedang fase lucu-lucunya serta lebih mudah dilatih. Terdapat tiga cara yang perlu Anda lakukan untuk memelihara anjing Pitbull, antara lain:

  1. Membantu Adaptasi di Lingkungan Baru

Sebelum membeli, setidaknya Anda harus mengetahui tentang anjing Pitbull. Pengetahuan tersebut bisa Anda sosialisasikan di rumah. Kalau Anda membeli anjing dari penjual yang terpercaya, besar kemungkinan ia sudah mendapatkan beberapa pelatihan khusus. Selanjutnya cukup dikembangkan dan dibantu untuk beradaptasi.

  1. Latih Anak Anjing Anda

Anak anjing lebih mudah dilatih, maka dari itu Anda sangat disarankan untuk melatihnya. Ketika anjing terlatih sejak dini, ia akan terdidik patuh hingga dewasa nanti. Apabila menemui kesulitan, cobalah meminta bantuan pelatih anjing professional, yang mana jasanya ditawarkan di internet. Beberapa perintah dasar yang bisa Anda latihkan adalah duduk, diam, dan menghampiri.

Adapun manfaat melatih anak anjing adalah untuk mengatasinya di kondisi-kondisi sulit. Misalkan ketika anak anjing berlarian sembarangan, menggonggongi, dan melompati orang lain, Anda bisa menginstruksikannya untuk menghampiri Anda. Manfaat lain adalah meningkatkan keamanan anjing itu sendiri. Misalkan saat anjing lari ke arah jalan bisa Anda perintahkan berhenti, atau agar anjing selalu di sebelah Anda saat kalian berjalan-jalan.

  1. Ajarkan Anak Anjing untuk Berhenti Menggigit

Naluri alamiah anjing adalah menggigit. Naluri ini bisa muncul ketika ia sedang asyik bermain. Maka dari itu, anak anjing perlu belajar bahwa menggigit itu dilarang, terutama ketika bermain. Saat anak anjing mengerti jika itu dilarang, maka ia tidak akan mengulangi.

Terdapat beberapa metode untuk melatih anak anjing Pitbull supaya tidak sembarangan menggigit. Cara paling sederhana adalah mengatakan “aw” secara tegas ketika ia menggigit. Anda pun harus berhenti bermain dengannya agar anak anjing tersebut mengerti hal ini serius. Jika ketegasan sudah dibiasakan, anak anjing akan paham menggigit manusia itu dilarang.

 

Cara Merawat Anjing Pitbull Dewasa

Cara Merawat Anjing Pitbull Dewasa

Ketika anjing Pitbull sudah dewasa, tentu Anda tidak bisa lagi memperlakukannya seperti puppies. Penyikapan Anda dan lingkungan anjing tersebut menentukan bagaimana karakter Pitbull setelah dewasa. Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

  1. Pelihara dengan Suasana Hati Senang

Karakteristik Pitbull yang mudah beradaptasi membuatnya terpengaruh lingkungan sekitar. Temperamen anjing Pitbull bisa meniru atau dibentuk dari perlakuan majikan. Hal tersebut menyebabkan pentingnya menghadirkan suasana menyenangkan sedari kecil sampai dewasa. Anjing Pitbull pun tidak boleh terlalu lama dibiarkan di dalam kandang karena berpotensi memicu stress.

Sebaiknya Anda membiarkan anjing Pitbull bergerak bebas di areal rumah, dengan tetap mengawasinya agar tidak bersikap buruk pada orang atau bahkan hewan lain. Anjing yang aktif akan lebih ramah dan gampang dilatih. Anda bisa memasukkan Pitbull ke kandang saat malam menjelang tidur atau sore harinya. Atau Anda bisa melakukannya ketika hendak keluar rumah untuk bekerja, kuliah, serta sekolah.

  1. Latih Anjing Sejak Dini

Anak anjing memang lebih mudah dilatih, tetapi jika Anda memelihara dari dewasa tetaplah melatih sedini mungkin. Anjing dewasa lebih sukar dilatih, tetapi Anda tetap harus melatihnya pelan-pelan. Anda bisa mencoba melatih lewat mainan atau sentuhan-sentuhan tertentu. Meski hasilnya tidak semaksimal melatih anjing kecil, anjing Pitbull dewasa tetap bisa dididik begitu diadopsi.

  1. Pelihara Anjing Dekat dengan Lingkungan

Anjing Pitbull yang terpelihara dengan baik akan gampang dilatih. Anjing yang terlatih bisa diberi momen untuk bergaul dengan sesama anjing atau hewan lainnya. Anda juga boleh membiarkan Pitbull dekat dengan kerabat serta tamu yang datang berkunjung. Tujuan mendekatkan anjing dengan lingkungan adalah supaya ia terbiasa dan tidak berontak mengganggu saat dibawa jalan-jalan ataupun berkunjung.

 

Cara Mengawinkan Anjing Pitbull

Cara Mengawinkan Anjing Pitbull

Sebagian orang tua asuh hewan peliharaan pro pada steril, dan sebagian lagi ingin peliharaannya beranak pinak. Hewan liar bisa dengan mudah kawin, tetapi kondisinya sedikit berbeda untuk hewan rumahan. Misalnya saja Anda ingin memilihkan pasangan yang dianggap baik atau satu ras atau lintas ras. Waktu kawin pun tidak bisa sembarangan.

 

Anjing jantan bisa dikawinkan kapan saja saat sudah memasuki masa subur. Sementara itu, anjing betina kawin saat masa subur yang tidak rutin. Anjing betina umumnya mengalami loop (mens) pertama di usia 6—7 bulan, bahkan sampai 24 bulan. Masa suburnya berada sekitar 8—14 hari sesudah loop. Ketika sedang subur, hormon pheromones yang dikeluarkan mampu tertangkap penciuman anjing-anjing jantan sampai rentang 5 km.

 

Proses perkawinan anjing lamanya bergantung pada situasi, rata-rata antara 5 hingga 20 menit. Usai perkawinan, anjing betina harus bersikap tenang. Jika ia banyak melompat serta berlari, ada ancaman keguguran. Biasanya proses kawin diulang kembali sehari kemudian agar kemungkinan hamil menjadi semakin besar.

 

Pakan Terbaik untuk Anjing Pitbull

Hewan peliharaan tentu membutuhkan makanan. Langsung membeli dog food dalam jumlah besar memang praktis, tetapi tidak sepenuhnya sehat. Anjing juga butuh gizi optimal, maka dari itu perlu selingan variasi. Contoh referensi pakan anjing Pitbull adalah:

  1. Menu Sarapan

Bayi dan puppies biasanya diberi sarapan berupa susu khusus anjing, makanan anjing khusus puppies, atau bubur bayi. Cara membuat bubur bayi anjing adalah menambahkan 2 sendok susu anjing ke dalam bubur bayi dan tambahan air matang lalu diaduk sampai tercampur rata. Pitbull yang sudah berumur di atas 8 bulan bisa diberi dog food, daging sapi, atau daging ayam rebus sesuai kebutuhan gizi dan berat badannya.

  1. Menu Makan Siang

Pitbull seumuran puppies bisa Anda beri campuran dog food dengan hati dan jeroan ayam, atau bahkan nasi yang boleh dihaluskan. Sementara itu, Pitbull dewasa bisa diberi snack spesial untuk anjing.

  1. Menu Makan Sore

Makan sore anjing biasanya cenderung opsional. Camilan saja sudah dirasa cukup untuk puppies dan anjing dewasa. Porsi untuk puppies tentu lebih banyak daripada anjing dewasa karena ia sedang proses pertumbuhan. Namun ketika anjing Anda lapar atau telah melakukan aktivitas yang menguras tenaga, dog food bisa diberikan kembali saat sore.

  1. Menu Makan Malam

Untuk makan malam, puppies bisa diberi campuran dog food dengan air matang dan susu khusus anjing. Jangan sampai campuran terlalu encer atau kental karena anjing Anda bisa mencret. Kalau untuk menu Pitbull dewasa bisa disamakan seperti sarapan pagi, namun Anda bisa memberinya susu setelah makan.

  1. Pemberian Suplemen dan Vitamin B

Tidak harus setiap hari atau minggu, tapi secara rutin berikan anjing Anda suplemen penambah nafsu makan ketika dirasa perlu. Vitamin B juga bisa diberikan karena berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan, memudahkan konversi energi dari lemak, protein, dan gula yang dikonsumsi.

 

Cara Merawat Kandang Anjing Pitbull

Cara Merawat Kandang Anjing Pitbull

Memelihara anjing berarti juga menyiapkan kandang untuknya. Kandang ibarat rumah bagi anjing, sehingga perlu dibersihkan. Selama pembersihan, usahakan anjing tidak berkeliaran di sekitar Anda sebab bisa mengganggu atau malah membahayakan diri seperti meminum cairan pembersih. Cara untuk merawat kandang anjing antara lain:

 

  • Minimal dalam satu bulan bersihkan kandang dua kali.
  • Selama pembersihan, tampung kotoran anjing dalam kantong kresek atau plastik.
  • Gunakan sarung tangan karet selama membersihkan.
  • Segera buang tumpukan kotoran dang anti pasir secara rutin.
  • Sapu kandang dengan sikat atau sapu kecil sampai dirasa bersih. Anda bisa memindahkan bagian atap kandang agar lebih mudah membersihkan.
  • Gunakan disinfektan atau sabun khusus kandang anjing.
  • Lap dinding dan lantai dengan spons basah.
  • Bilas dengan air sampai bersih, lebih baik jika menggunakan semprotan atau slang.
  • Keringkan kandang dengan lap kering.

 

Sejarah Anjing Pitbull

Anjing Pitbull dipercaya berasal sejak zaman purba, tepatnya kerabat anjing Molossian. Mollosians punya keturunan keluarga lain yang disebut anjing Mastiff. Mastiff banyak dipekerjakan penduduk Briton dalam perang sebab karakternya gemar bertarung. Pada zaman itu sudah banyak hewan dilibatkan dalam peperangan.

Di kawasan Roma, persilangan antara keturunan Mastiff dan anjing Inggris menyebar ke seluruh kekaisaran. Fungsinya masih sama yakni digunakan untuk berperang alias anjing petarung. Kini keturunan antara anjing itu dengan pribumi semacam bulldog dipercaya menghasilkan ras Pitbull.

 

Harga Anjing Pitbull di Pasaran

Harga Anjing Pitbull di Pasaran

Anjing Pitbull tergolong mahal, Pitbull yang 100 persen asli dan berdokumen lengkap harganya kisaran 10 ribu dollar atau setara 140 juta rupiah. Pitbull dengan kisaran 50 sampai 70 juta rupiah berasal dari daerah bergengsi. Sedangkan Pitbull berharga sekitar 40 juta rupiah sudah berasal dari indukan yang unik. Pitbull-pitbull mahal ini berasal dari penjual terpercaya dan dilengkapi dokumen asli. Di luar nominal puluhan juta tersebut ada harga standar Indonesia yakni 3 sampai 6 juta untuk Pitbull tanpa surat lengkap. Adapun Pitbull bersurat dengan kualitas tinggi dihargai 6 hingga 10 juta rupiah.

 

Anda perlu berhati-hati jika menjumpai anakan Pitbull dengan harga murah. Saat ini banyak Pitbull yang tidak murni keturunan gennya. Saat ia masih puppies memang tampak seperti Pitbull murni, tetapi memasuki 4 bulan akan terlihat seperti ras anjing lain. Golongan ini umumnya dijual dengan harga hanya 1 sampai 2 juta rupiah.

 

Fakta Seputar Anjing Pitbull

Terdapat berbagai fakta seputar anjing Pitbull yang tercantum di sini. Mungkin Anda pernah mendengar beberapa, familiar, atau justru sama sekali asing. Fakta-fakta tersebut yaitu:

  1. Pitbull bukan nama satu ras, tetapi sebutan untuk empat ras: Staffordshire Bull Terrier, American Pitbull Terrier, American Staffordshire Terrier, dan jenis lain Bull Terrier. Di Indonesia, Pitbull dipakai untuk julukan anjing ras American Pit Bull Terrier (APBT). APBT adalah buah persilangan dari English Bull Dog dan jenis Terrier.
  2. Pitbull tidak boleh dipelihara di New Zealand dan Inggris Raya. Di sana Pitbull terkenal mematikan dan bisa menyerang dengan ganas.
  3. Seperti sejarahnya, Pitbull dilahirkan sebagai petarung. Ia bisa melawan banteng, tikus, beruang, serta sesama anjing. Di Indonesia sendiri, Pitbull kerap diadu melawan babi hutan.
  4. Mitosnya, rahang anjing Pitbull bisa dipakai untuk mengunci lawan. Padahal faktanya rahang Pitbull amat kuat sampai sulit dilepas ketika sudah menggigit.
  5. Menurut data “The American Temperment testing Society”, anjing Pitbull yang terkenal ganas tidak lebih agresif dari Beagle dan Golden Retrivier.
  6. Sesungguhnya anjing Pitbull sangat setia, namun juga memiliki kecenderungan agresif sehingga perlu dilatih dan diajak bersosialisasi sedini mungkin. Ketika Pitbull suda terlatih, ia bisa menjadi anjing pekerja, terapis, bahkan pendamping balita.
  7. Sejarah dan tabiat Pitbull menjadikannya simbol sebuah keberanian. Amerika sempat menuangkan gambar Pitbull dalam poster perekrutan prajurit untuk perang dunia pertama.
  8. Kekuatan anjing Pitbull relatif besar. Ia bisa menarik beban sampai 2 ton, sedangkan kekuatan gigitannya sekitar 1,2 ton.
  9. Anjing PitBull memiliki jangka hidup yang cukup lama yakni kisaran 12 sampai 14 tahun.
  10. Pitbull tidak hanya melingkupi anjing semacam American Pit Bull Terrier dan American Staffordshire Terrier. Ada beragam anjing lain contohnya Dogo Argentino, Dogue de Bordeaux, Japanese Tosa, serta Bulldog sudah diidentifikasi tergolong sebagai jenis Pitbull.
  11. Jumlah Pitbull belum dihitung secara pasti, karena terus berkembang biak. Amerika meyakini jika sekurang-kurangnya terdapat 2 juta anjing Pitbull di negaranya.
  12. Pitbull anak-anak punya cirri fisik berupa dahi keriput. Keriput ini tumbuh menjadi halus dan kulit dahinya membentang lurus.
  13. Anjing Pitbull dicap sebagai anjing pemanjat terbaik sedunia sebab punya proporsi tubuh yang atletik.
  14. Sebagian orang beranggapan Pitbull tidak bisa merasa sakit, tapi opini itu sangat salah. Hanya saja semua anjing bisa menepis kesakitannya, terlebih lagi saat fokus pada suatu hal.
  15. Kepercayaan diri Pitbull amat tinggi, bahkan pada manusia. Maka dari itu, ia bukan anjing penjaga yang jago. Ia bisa saja menyalami pencuri yang dikenal atau bersikap ramah pada penyusup.

 

Cara Memilih Anjing Pitbull

Cara Memilih Anjing Pitbull

Perlu kesabaran yang besar jika Anda ingin melatih serta merawat anjing Pitbull dengan baik. Anda patut jeli ketika hendak memilih anjing Pitbull untuk dipelihara. Sesuaikan pilihan Anda dengan berbagai faktor seperti keluarga, ketersediaan waktu, finansial, dan lain-lain. Permasalahan akan kerap muncul dan berpotensi mengganggu kehidupan di rumah apabila Anda mengalami salah pilih anjing Pitbull.

 

Berhati-hatilah apabila Anda sedang memilih anjing Pitbull jenis American Pitbull Terreier. Pada dasarnya, anjing jenis tersebut memiliki sifat yang kuat, tempramental, dan memiliki sifat pantang menyerah. Memang jika diperhatikan, American Pitbull Terreier akan terlihat sangat lucu dan menggemaskan pada usia 0 hingga 4 bulan. Akan tetapi, sifat tersebut berubah pada usia 2 tahun ketika kekuatan dan tempramen anjing tersebut semakin besar dan tak terkendali.

 

Anda juga harus memilih anjing Pitbull yang sehat dan terbebas dari penyakit, apalagi virus membahayakan seperti rabies. Hal tersebut menjadi penting supaya anjing Anda tidak menjadi sumber penyakit bagi keluarga di rumah. Saat memilih anjing Pitbull, akan lebih baik jika melakukan tes kesehatan terlebih dahulu disertai dengan imunisasi ataupun vaksinasi. Jika anjing Pitbull sudah cukup umur dan berat badan, Anda bisa mensterilkannya.

 

Cara Menggemukkan Anjing Pitbull

Cara paling ampuh untuk menggemukkan anjing Pitbull adalah memberi makan yang terhitung sedikit, namun pemberiannya harus dalam intensitas yang sering. Anda juga bisa memberikan suplemen untuk mendukung proses penggemukan tersebut. Akan tetapi jika anjing Anda memiliki nafsu makan yang tiba-tiba menurun beserta berat badannya, ada indikasi kuat bahwa anjing Anda terkena diare. Segera periksakan ke dokter hewan jika anjing Anda mengalami masalah kesehatan.

Menurunnya kesehatan anjing Pitbull juga berpengaruh kepada berat badan mereka. Akan lebih baik jika Anda dapat melakukan tindakan pencegahan penyakit atau penanganan dini agar anjing tetap sehat dan stabil berat badannya. Selain itu, kesehatan anjing juga dapat mempermudah proses pencernaan mereka. Supaya lebih aman, kelak cek kesehatan anjing Pitbull Anda secara berkala.

Metode lain yang bisa digunakan untuk menggemukan berat badan anjing Pitbull adalah menyesuakan jumlah kalori pada makanan. Anda perlu menyesuaikan jumlah kalori yang akan diberikan dengan berat badan anjing Pitbull.             Berilah anjing Anda makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi. Disarankan pula untuk melakukan diet dan memberikan anjing Anda makanan yang kaya akan kandungan vitamin B.

 

Cara Melatih Anjing Pitbull Duduk dan Stay

Cara Melatih Anjing Pitbull Duduk dan Stay

Seorang pemilik senang melatih hewan peliharaan agar lebih patuh dan menggemaskan ketika diajak bermain. Duduk dan stay adalah contoh gerakan sederhana, cara melatihnya yaitu:

  1. Sediakan makanan atau camilan yang disukai anjing Anda, kemudian peganglah ia dengan satu tangan
  2. Arahkan makanan atau camilan yang Anda bawa ke arah anjing Anda, biarkan ia merespon ajakan Anda yang hendak memberi ia makan.
  3. Anda dapat mengatakan instruksi “duduk” atau “sit down” pada anjing Pitbull. Jangan langsung diberi makan, karena ketika anjing duduk artinya ia sedang menunggu.
  4. Gunakan jari telunjuk Anda untuk memberikan instruksi duduk, yaitu mendekatkannya dengan muka atau mulut mereka sebagai tanda Anda menyuruh anjing duduk.
  5. Jika anjing Anda berhasil duduk, maka berilah ia makanan yang tadi dipegang.
  6. Ulangi hal tersebut dengan durasi yang variatif, seperti 1 detik, 3 detik,10 detik, 15 detik, dan seterusnya
  7. Jika ingin lebih sempurna, berilah dia hadiah (treat) ketika Anda mengucapkan stay atau

 

Cara Melatih Anjing Pitbull agar Bisa Menghampiri Majikan

Cara Melatih Anjing Pitbull agar Bisa Menghampiri Majikan

Gerakan kedua yang bisa dicoba adalah melatih anjing Pitbull supaya menghampiri Anda. Cara untuk melatihnya dapat dibaca di bawah ini:

  1. Pastikan buat anjing Anda nyaman dengan membawa suatu treat.
  2. Jika masih permulaan, Anda dapat menggunakan tali panjang (collar) sebagai media melatih.
  3. Tarik pelan-pelan tali panjang tersebut dan pastikan anjing Anda mengikutinya.
  4. Sebut nama mereka ketika menarik tali secara perlahan-lahan.
  5. Jika anjing Anda sudah mengetahuinya, cobalah untuk memberi jarak yang jauh dengan anjing Anda.
  6. Gerak-gerakan tali panjang dengan menyebut nama anjing Anda, pastikan anjing Anda menghampiri tali panjang tersebut.
  7. Jika anjing Pitbull Anda mendekat dan merespon, berikan mereka treat.
  8. Lakukan hal tersebut secara rutin, jika sudah terbiasa Anda bisa melakukannya tanpa treat dan bantuan tali panjang.

 

Cara Melatih Anjing Pitbull agar Bisa Berjalan di Samping Anda

Cara Melatih Anjing Pitbull agar Bisa Berjalan di Samping Anda

Mengajak anjing jalan-jalan merupakan rutinitas yang menyenangkan sekaligus membuat hewan peliharaan dan majikan lebih akrab. Tentu Anda menghendaki anjing bisa berjalan di samping majikannya tanpa berlari ke mana-mana, begini cara melatihnya:

  1. Pertama-tama, sediakan tali panjang (collar/leash) dengan panjang yang sesuai dengan postur tubuh Anda dan anjing Pitbull.
  2. Gunakan treat pada latihan permulaan.
  3. Pastikan Pitbull tetap berada di samping Anda dengan cara memancingnya.
  4. Apabila anjing Pitbull belum fokus dengan latihan dan treat yang diberikan, Anda dapat menghentikan latihan.
  5. Saat berjalan, posisikan treat di samping badan Anda agar anjing terus berjalan di samping majikan.
  6. Lakukanlah dengan langkah yang perlahan-lahan.
  7. Percpatlah langkah jika anjing Anda mulai terbiasa.
  8. Jika berhasil, berikanlah anjing Pitbull Anda pujian dengan memberikan treat.

 

Pencegahan Beberapa Penyakit Anjing Pitbull di Musim Hujan

Memasuki musim penghujan, terdapat berbagai ancaman penyakit untuk hewan peliharaan. Anda perlu mengetahui bagaimana pencegahan dan penanganannya supaya tidak panik atau salah langkah. Beberapa ancaman tersebut antara lain diare, penyakit kulit, pneumonia, dan parvovirus. Selanjutnya untuk uraian masing-masing adalah sebagai berikut:

  1. Diare

Diare pada anjing biasanya ditandai dengan muntah dan diikuti dengan penurunan nafsu makan yang drastis. Hal tersebut dapat diatasi dengan menjaga pencernaan anjing seperti rutin memberikan ia makanan yang bergizi. Salah satu caranya, Anda bisa memberikan anjing Pitbull asupan yoghurt secara rutin karena dapat membantu memberantas bakteri jahat dalam usus.  Jika ingin lebih aman dan memperoleh penanganan yang lebih baik, segera bawa anjing Anda ke dokter hewan jika mengalami diare. Dokter hewan akan memeriksa anjing Anda secara intensif, kemudian memberi obat yang akan meredakan diare pada anjing tersebut.

  1. Penyakit Kulit

Umumnya, penyakit kulit pada anjing disebabkan oleh jamur atau bakteri yang menempel pada kulitnya. Anda perlu menjaga kondisi bulu anjing yang Anda miliki untuk tetap kering. Bulu yang lembab berpotensi lebih besar untuk menjadi hunian bakteri dan jamur. Berilah bedak dan sikatlah bulu anjing Anda jika bulu mereka masih sekiranya pendek untuk mencegah penyebaran jamur atau bakteri.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah persebaran jamur atau bakteri pada kulit anjing adalah menyemprotkan disinfektan yang berbentuk sprayer. Semprotlah bulu anjing Anda dengan sprayer tersebut secukupnya, jangan sampai basah kuyup. Kemudian, Anda dapat memandikan anjing Pitbull menggunakan shampo khusus anti bakteri dan atau jamur yang bisa dibeli di toko atau klinik hewan. Lakukan hal ini secara rutin misalnya dua kali dalam sebulan.

  1. Pneumonia

Pneumonia artinya adalah radang paru-paru. Untuk mencegah penyakit tersebut, berilah alas di dalam atau pada tempat tidur anjing Anda, baik pada siang ataupun malam hari. Saat pagi hari, Anda juga bisa mengajak anjing Anda berolahraga, seperti jogging atau bermain bola. Dan jemurlah alas anjing Anda pada siang hari secara rutin.

  1. Parvovirus atau Distemper

Parvovirus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan anjing saat tubuhnya sedang melemah. Untuk penyegahan penyakit tersebut, Anda dapat memberikan anjing Anda vaksinasi setahun sekali yang dapat dilakukan di dokter hewan. Serta, berikanlah anjing Anda asupan nutrisi yang seimbang dan bergizi. Hal tersebut bertujuan supaya anjing Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga, dapat terhindar dari serangan berbagai macam virus, terutama virus jenis Parvovirus.

 

Pembahasan mengenai Pitbull telah tertuang di atas. Ringkasnya, anjing Pitbull perlu pelatihan sejak dini dan lingkungan yang baik. Anjing Pitbull lebih bisa menjadi teman daripada penjaga. Dan, anjing Pitbull juga bisa merasakan sakit atau terserang penyakit sehingga perlu cara pemeliharaan yang baik.

ANJING PITBULL : Karakteristik, Varian, Harga, Cara Rawat (Terlengkap)

 

 

Advertisements

Leave a Reply