Anjing Herder Mengenal Jenis, Perawatan, dan Mengembangbiakkan

Anjing Herder : Mengenal Jenis, Perawatan, dan Mengembangbiakkan

Anjing Herder – Anjing adalah hewan yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan, baik difungsikan sebagai peliharaa saja maupun hal lain. Salah satu jenis anjing yang banyak dipelihara adalah anjing herder yang memiliki sifat menyenangkan. Tentu anjing herder membutuhkan perawatan dan pelatihan yang benar dan sesuai dengan sifatnya. Makanya jika Anda berminat memilihara anjing herder perlu mengetahui informasinya terlebih dahlu.

Berikut adalah berbagai informasi mengenai anjing herder yang perlu Anda ketahui sebelum memeliharanya. Supaya Anda tahu mengenai sifat hingga perawatan yang diperlukan untuk anjing herder.

Mengenal Anjing Herder Lebih Dekat

Mengenal Anjing Herder Lebih Dekat

Anjing herder lebih dikenal sebagai anjing penggembala, karena anjing jenis ini dijadikan peliharaan sekaligus sebagai pekerja. Herder memang menjadi jenis anjing yang lebih sering dilatih untuk menggembala dan hal ini sengaja dikembangkan. Mengapa anjing herder dipilih sebagai anjing untuk menggembala? Jawabannya adalah kemampuan anjing herder yang cerdas dan mampu menggiring hewan lain dengan lincah.

Jenis anjing herder yang sudah terkenal adalah the Australian Cattle Dog, dimana anjing jenis ini bukan hanya bisa menggembala namun juga bisa menjaga gembala. Anjing ini berasal dari Australia dan dalam menjaga gembala bisa menggigit tumit dari binatang pengganggu. Ada juga jenis anjing herder lain yang pintar dan cerdas yaitu Border Collie.

Anjing Border Collie ini memiliki indra penciuman yang sensitiv dan tajam, selain itu juga pengelihatan yang tajam dan cermat. Jenis Border Collie ini lebih terkenal dengan sebutan header. Sebagai anjing penggembala tentunya anjing herder memiliki hewan yang digembala. Kebanyakan jenis hewan yang digembalakan adalah domba, rusa, sapi, dan berbagai hewan ternak lainnya.

Jenis Jenis Anjing Herder

  1. Australian Cattle Dog

Australian Cattle Dog

Anjing herder jenis Australian Cattle Dog memiliki sifat yang berani, kuatm dan cekatan. Seperti namanya, anjing jenis ini dikembangkan di Australia pada tahun 1800 an. Australian Cattle Dog ini merupakan anjing pekerja dan memiliki kecerdasan serta energi yang tinggi. Sebagai anjing pekerja Australian Cattle Dog merupakan makhluk yang giat bekerja di ruang terbuka yang luas.

Australian Cattle Dog jika sudah diberi pekerjaan maka dia akan menjalankan dengan giat. Anjing sendiri merupakan hewan yang setia, begitupun dengan Australian Cattle Dog. Sehingga bisa membuatnya lebih mudah akrab dan terikat dengan pemiliknya. Sebagai hewan peliharaan dan pekerja Australian Cattle Dog juga membutuhkan perawatan, mulai dari mandi secara rutin hingga penyikatan bulu.

  1. Australian Shepherd

Australian Shepherd

Jenis anjing herder yang kedua adalah Australian Shepherd, yang memiliki sifat aktif dalam berjalan dan berlari, lincah, menjaga, serta suka menggiring. Untuk herder jenis Australian Shepherd lebih dikenal orang sebagai anjing yang diadu. Bukan diadu dalam pertarungan melainkan diadu dalam perlombaan. Misalnya saja diadu dalam persaingan ketangkasan, menggiring dengan sang pemilik serta dalam olahraga koboi.

Karena anjing herder jenis Australian Shepherd adalah anjing yang aktif, maka anjing jenis ini tidak cocok jika Anda pelihara di dalam rumah. Australian Shepherd lebih cocok untuk diajak pelatihan dan melakukan perkerjaan bersama dengan aktif.

  1. Border Collie

Border Collie

Anjing herder jenis selanjutnya adalah Border Collie, yang merupakan jenis anjing herder tertua di Inggris. Anjing herder jenis Border Collie ini merupakan anjing penggembala yang memiliki sifat lincah dan kuat. Anjing Border Collie ini memiliki rambut yang lebat, sehingga namanya pun diambil dari rambutnya yang panjang  tumbuh di dagu.

Hal yang terkenal dari anjing Border Collie ini adalah permainan dan ekornya yang lebat dan bergoyang. Dari sifatnya, anjing ini merupakan anjing herder yang setia, cerdas, dan aktif. Karena anjing Border Collie memiliki rambut yang lebat dan lapisan bawah rambut yang halus, maka membutuhkan perawata secara rutin.

  1. Beauceron

Beauceron

Jenis anjing herder Beauceron ini berasal dari Perancis, dan dikenal sebagai jenis yang tidak mengenal lelah. Penamaan anjing herder jenis ini berasal dari kota kelahirannya pada tahun 1500 an di Beauceron. Anjing Beauceron ini memiliki naluri yang baus dalam menjaga alam, pintar, serta cerdas.

Sifat yang dimiliki oleh anjing Beauceron ini sangat lembut, penuh kasih, serta setia. Beauceron memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga ia mudah untuk dilatih dan suka belajar. Karena anjing ini memiliki kepribadian yang kuat dan suka belajar, maka jika Anda ingin melatihnya adalah pilihan yang tepat. Perawatan yang tepat dan perlu dilakukan secara ritun adalan dengan mengjak olah raga.

  1. The Canaan Dog

The Canaan Dog

Anjing herder jenis selanjutnya adalah The Canaan Dog, dimana anjing ini sudah ada sejak zaman Alkitab. Pada zaman Alkitab anjing jenis ini dikenal sebagai anjing yang menjaga dan menggembala kawanan ternak Israel dan domba di Tanah Kanaan. Anjing The Canaan Dog merupakan anjing yang unik, karena ia mencintai keluarga serta setia.

Kecerdasan anjing The Canaan Dog ini luar biasa, karena ia merupakan anjing yang cermat. Karena kecermatannya itu, The Canaan Dog sangat menjaga batasan wilayahnya. Sehingga apabila ada orang asing yang masuk ke dalam kawasannya ia akan mudah curiga. The Canaan Dog ini akan sangat cocok apabila Anda jadikan sebagai teman. Jika berminat memelihara The Canaan Dog maka Anda akan dimudahkan, karena ia tidak membutuhkan banyak perawatan.

  1. Puli

Puli

Anjing herder Puli adalah jenis yang berasal dari Hungaria, memiliki sifat yang protektif, penuh kasih sayang, dan protektif. Karena sifatnya yang demikian, maka anjing herder Puli bukan hanya cocok sebagai anjing pengawas namun juga cocok dijadikan teman keluarga.

Selain itu sifat lainnya dari anjing herder Puli adalah cerdas dan pintar, jadi bila Anda berminat memelihara anjing ini maka perlu melatihnya. Karena anjing herder jenis Puli memang membutuhkan latihan secara rutin.

  1. The German Shepherd

The German Shepherd

Selajutnya adalah anjing herder The German Shepherd yangs seperti namanya berasal dari Jerman. Anjing ini termasuk ke dalam anjing gembala yang memiliki sifat ramah, setia, dan penuh kasih sayang. Karena memiliki sifat ramah maka anjing The German Shepherd sangat aman untuk anak anak. Anjing ini memiliki semangat yang tinggi dan mudah dilatih, makanya jenis The German Shepherd lebih sering digunakan sebagai anjing penjaga dan anjing polisi.

Karena digunakan sebagai anjing penjaga, maka Anda sebagai pemilik The German Shepherd perlu melakukan pelatihan secara rutin. Sebab anjing The German Shepherd merupaka ras yang memiliki sifat aktif, sehingga perlu pelatihan mental dan fisik secara rutin. Dalam pelatihannya, Anda memerlukan latihan yang membutuhkan kelincahan seperti melacak, menggiring, serta menyelam.

Variasi dari Jenis Anjing Herder

Variasi dari Jenis Anjing Herder

Dari sekian banyak jenis anjing di dunia, anjing herder merupakan jenis anjing yang pertama kali dipakai sebagai penggembala. Karena memang anjing herder memiliki insting untuk menggembala yang bagus dan ukuran yang besar. Adanya perubahan kebutuhan dan ketrampilan, membuat ada banyak perkembangan dari variasi dan jenis anjing herder.

Perkembangan variasi jenis anjing herder ini berasal dari persilangan ras, sehingga menghasilkan ras baru. Misalnya persilangan antara ras satu dengan ras lain yang berbeda pasti akan menghasilkan variasi baru. Ada beberapa variasi anjing herder yang populer, berikut ini daftarnya.

  1. Bouvier des Flandres
  2. German Shepherd
  3. Cardigan Welsh Corgi
  4. Shetland Sheepdog
  5. Australian Cattle Dog
  6. The Canaan Dog
  7. Old English Sheepdog
  8. Beauceron
  9. Border Collie
  10. Pembroke Welch Corgi
  11. Collie
  12. Australian Sheepherd
  13. Puli

Ciri Ciri yang Dimiliki Anjing Herder

Anjing herder merupakan jenis anjing yang yang bisa digunakan sebagai peliharaan keluarga sekaligus penjaga. Herder adalah jenis anjing yang hebat dan akan menyenangkan jika Anda harapkan. Ciri ciri dari anjing herder memang termasuk khas dan unik. Untuk ciri yang paling menonjol dari anjing herder adalah memiliki kecerdasan tinggi dan energi yang besar.

Tips Memelihara Anjing Herder

Anjing herder memang sangat menarik untuk dipelihara, bisa digunakan sebagai anjing pengawas sekaligus teman. Maka apabila Anda berminat memelihara anjing herder, maka Anda perlu tips berikut ini.

  1. Dalam pelatihan anjing herder, Anda perlu memberi latihan mental dan fisik yang banyak. Hal ini dilakukan karena menyangkut dengan karakter anjing herder yang aktif.  Karakteristik lainnya dari anjing herder adalah suka menggonggong, menggali, mengunyah, dan berbagai keaktifan lainnya.
  2. Latihan fisik yang bisa Anda berikan adalah seperti berjalan, mengambil barang, berlari, adu tangkas, serta melempar cakram. Sedangkan untuk latihan mental, Anda bisa menggunakan permainan seperti petak umpet. Hal ini perlu dilakukan untuk membuat anjing menjadi patuh kepada pemiliknya.
  3. Anda perlu melakukan latihan menggiring, hal ini penting dilakukan karena anjing herder adalah anjing cerdas. Sehingga ia menjadi lebih terlatih dan pelatihan juga lebih mudah. Terlebih lagi dengan karakter anjing herder yang lebih responsif, sehingga memiliki respon yang baik dalam pelatihan.

Karakter anjing gembala memang pada umumnya lebih senang bergerak dan mengejar sesuatu. Mereka memang dilatih dan dibesarkan untuk mengejar dan mengendalikan ternak serta mengembalikan ternak yang tersesat ke dalam kelompok. Selain itu anjing penggembala  juga menjaga ternak dari hewan lain. Bahkan ketika menggembala, hewan kecil seperti kucing bisa dianggap sebagai masalah oleh anjing penggembala. Anak anak terkadang juga menjadi masalah bagi anjing penggembala, sehingga Anda perlu latih sejak awal.

Cara Merawat Anjing Herder

Cara Merawat Anjing Herder

Anjing herder tidak hanya dimanfaatkan saja jika Anda memeliharanya, membutuhkan perawatan juga. Perawatan yang dilakukan juga harus benar dan sesuai dengan usia anjing. Berikut ini cara merawat anjing herder yang sudah diklasifikasikan berdasarkan pengalaman Anda dan usia anjing.

  1. Perawatan Pemula

Apabila Anda baru saja mengadopsi anjing herder tanpa ada pengalaman merawat anjing sebelumnya. Maka Anda membutuhkan cara yang tepat berdasarkan kemampuan Anda sebagai pemula.

  • Memberi kegiatan

Memberikan kegiatan maupun pelatihan pada anjing herder memang perlu dilakukan secara rutin. Mengingat anjing herder adalah anjing dengan tipe aktif, maka diperlukan kegiatan rutin supaya ia lebih fokus. Kegiatan atau pekerjaan yang Anda berikan ini memang penting, supaya mereka bisa terangsang secara mental dan fisik.

Apabila mereka tidak Anda beri kegiatan maka kemungkinan yang akan terjadi adalah adanya kekacauan atau gangguan. Hal ini karena anjing herder akan menemukan kegiatannya sendiri, dan kemungkinan besar hal ini akan mengganggu orang lain.

  • Memberi reward

Sama halnya dengan manusia, anjjing herder juga perlu diberikan reward apabila berhasil mencapai sesuatu. Misalnya saja anjing herder yang Anda miliki sudah berhasil mengerjakan sesuatu sesuai dengan kemauan Anda. Maka Anda perlu memberikannya penghargaan dengan makanan kesukaannya maupun biskuit anjing. Hal ini perlu dilakukan supaya bisa membentuk ikatan antara pemilik dan anjing, serta mengenal usaha anjing.

  • Memperhatikan kesehatan

Kesehatan hewan peliharaan memang perlu dijaga, begitupun dengan anjing herder. Untuk anjing herder jenis Australian Shepherd merupakan jenis yang paling mudah terganggu kondisi kesehatannya. Makanya Anda perlu mengecek kesehatan anjing Anda secara rutin kepada dokter hewan. Hal ini perlu Anda lakukan supaya Anda bisa tahu penyakit mendasar apa yang perlu dikenali. Supaya lebih kebal, maka perlu diberi vaksin sejak dini pada anjing.

  1. Perawatan Anak Anjing Herder

Anjing yang masik bayi atau kecil memang membutuhkan perhatian khusus. Untuk membesarkan anak anjing herder memang bukanlah yang yang sulit, namun dalan perawatan dan pelatihan membutuhkan usaha yang lebih. Apabila Anda berminat mengadopsi anak anjing herder maka Anda membuthkan tips berikut untuk perawatan.

  • Memberi ruang cukup

Anak anjing tentu memiliki keaktifan yang lebih dibandingkan dengan anjing dewasa. Maka Anda perlu memberikan ruang bergerak yang lebih besar supaya anak anjing bisa bermain. Kegiatan yang paling digemari oleh anak anjing herder adalah berlari, sehingga ruang bergeraknya pun lebih besar.

Karena kebiasaan anak anjing herder adalah berlari, maka Anda bisa menggunakan halaman rumah sebagai ruang bergerak anjing Anda. Selain itu Anda perlu membuat anak anjing herder menjadi bahagia. Anda bisa memberikan tempat tidur yang hangat dan nyaman, maka anak anjing akan bahagia.

  • Memberi kandang ideal

Kandang memang sangat penting untuk diperhatikan, Anda bisa memberik tempat tidur yang nyaman sebagai kandang ideal. Tempat tidur anjing bisa disertai dengan bantal dan selimut bersih dalam kandang. Selain itu tempat tidur anjing juga perlu dibersihkan secara rutin supaya anak anjing tetap sehat.

Apabila anak anjing Anda lebih suka melakukan kegiataan di luar rumah, maka Anda perlu membuat tepat yang nyaman untuk anak anjing. Anda bisa membuat tempat yang teduh dan memiliki akses untuk air dingin dengan baik ketika cuaca panas. Sedangkan ketika cuaca sedang dingin Anda bisa membuat tempat yang kering, hangat, serta tertutup.

  • Mengajak berolah raga

Sama halnya dengan jenis anjing lainnya, anak anjing herder juga rentan terhdap aktivitas yang terlalu berlebih. Makanya Anda perlu membuat kegiatan untuk anak anjing yang memiliki dampak baik. Sehingga anak anjing bisa menikmati waktunya bukan hanya untuk latihan melainkan juga untuk hal lain yang disenanginya.

Aktivitas olahraga yang bisa Anda berikan adalah mengajak anak anjing berlari atau jogging. Dengan berolah raga seperti jogging, anak anjing bukan hanya menjadi lebih kuat dan sehat. Anak anjing juga bisa menjadi lebih waspada dan awas. Anda bisa melakukan kegiatan ini secara rutin, supaya anak anjing menjadi lebih baik dan cerdas.

  • Melatih kedisiplinan

Ketika Anda melatih anak anjing herder maka Anda perlu mengendalikan perilakunya. Makaany Anda perlu melatih kedisiplinan pada anak anjing, supaya ia tidak melakukan kesalahan. Namun untuk melatih anak anjing janganlah Anda menggunakan kekerasan, hal itu tidak akan membuat anak anjing disiplin malah membuatnya mudah memberontak.

Cara melatihnya supaya disiplin adalah dengan memaki ketika ia melakukan kesalahan. Dengan begitu maka anak anjing akan menjadi merasa bersalah dan tahu dimana letak kesalahannya. Jada Anda perlu mngawasi perilaku anak anjing Anda, dan pastikan ia tidak melakukan hal buruk.

  1. Perawatan Anjing Herder Dewasa

Anjing herder adalah anjing yang aktif, jadi ia akan selalu mengikuti kemanapun Anda pergi. Karena memang anjing ini akan selalu menjaga pandangannya terhadap pemiliknya. Anda memerlukan perawatan yang baik pada anjing herder, supaya ia juga berkembang dengan baik. Berikut cara merawat anjing herder dewasa dengan baik dan benar.

  • Latihan menggiring

Anjing herder dewasa sangat suka apabila diajak menjelajahi alam, karena anjing herder dewasa memiliki stamina yang lebih. Kegiatan yang disukainya memang seperti berlari baik itu di gunung, bukit, maupun ladang. Hal ini mereka lakukan tanpa peduli dengan cuaca, entah itu sedang dingin maupun panas.

Karena anjing herder dewasa memang aktif, jadi ini enjadi tantangan tersendiri untuk Anda. Sebab Anda perlu melatih anjing herder dewasa dengan menggiringnya. Apabila Anda mampu melatih dan merawat anjing herder dewasa dengan baik, maka nanti akan tumbuh sebagai teman yang hebat.

  • Memberi waktu bermain

Herder adalah jenis anjing yang mempunyai karakter penggembala dan sifatnya itu cerdas dan bisa belajar dengan baik. Sehingga ia akan bisa bekerja dengan baik secara mandiri dari ajaran yang diberikan pemiliknya. Meskipun bekerja dengan baik, tetapi anjing herder dewasa suka untuk menjaga Anda. Jadi Anda bisa memberikan waktu sendiri untuk anjing herder bermain tanpa pendampingan.

Dengan adanya waktu bermain sendiri bisa memberika suatu kesenangan untuk anjing Anda. anda  bisa membuat anjing herder bermain sendiri dengan mainan bola. Ketika anjing bermain dan menikamti waktunya sendiri Anda tinggal biarkan saja dia.

  • Mengajak bermain

Sifat dasar anjing adalah senang jika diajak bermain, namun untuk anjing herder ada tambahan suka bekerja. Supaya anjing herder melakukan pekerjaannya dengan baik dan seimbang, maka Anda harus memberikan stimulasi. Stimulasi tersebut bisa Anda berikan dengan mengajak anjing Anda bermain. Karena ia adalah makhluk hidup yang tidak bisa bekerja dengan waktu penuh.

Makanan Terbaik Untuk Anjing Herder

Namanya hewan peliharaan juga makhluk yang membutuhkan makanan sebagai sumber energinya. Untuk anjing herder Anda perlu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi pakannya. Jadi Anda berikan pakan yang sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anjing herder. Kandungan nutrisi yang perlu diperhatikan untuk anjing herder adalah sebagai berikut.

  1. Protein

Protein itu baik untuk pertumbuhan dan perkembangan jika asupannya cukup. Jadi Anda  bisa memberikan asupan protein yang sesuai dengan anjing Anda supaya lebih baik. Sebagian besar makanan anjing memang mengandung protein sebesar 25%, sedangkan apabila anjing herder Anda termasuk aktif bisa mencari yang kadar proteinnya 50%.

Karena protein memang tersusun dari asam amino esensial membuatnya sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan anjing herder. Mengesampingkan keaktifan anjing, tetap saja membutuhkan asupan protein yang cukup. Asupan protein pada anjing herder wajib untuk dicukupi karena ia memiliki otot kuat, artinya butuh banyak protein supaya tetap kuat.

  1. Vitamin dan mineral

Makanan utama anjing memang daging yang mengandung protein tinggi, namun Anda juga tidak bisa melupakan fakta bahwa anjjing juga membutuhkan vitamin dan mineral. Karena adanya kebutuhan vitamin dan mineral esensial, maka Anda bisa memberikan makanan dari bahan alami.

Berbeda dengan makanan anjing yang sudah siap makan, dimana kandungannya bisa dikata berbeda. Makanya lebih baik Anda menggunakan buah atau sayuran yang segar dibandingan sumber nutrisi yang belum tentu. Buah dan sayur yang bisa Anda berikan adalah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Misalkan saja seperti wortel, rasberry, kacang polong, dan berbagai jenis lainnya.

  1. Lemak

Lemak ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut anjing, telebih lagi untuk anjing herder jenis Border Collies yang memiliki rambut lebat. Fungsi lemak adalah untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit anjing, sehingga rambutnya pun terjaga tetap indah. Lebih baik Anda memberikan lemak yang tidak jenuh dan mudah dicerna, sehingga tidak mengganggu kesehatan. Lemak juga merupakan sumber energi  cadangan jadi baik juga untuk anjing yang aktif.

Perawatan Kandang Anjing Herder

Kandang adalah rumah dan tempat tidur anjing herder, makanya Anda perlu merawat dengan baik. Karena kondisi kandang juga mempengaruhi kesehatan dan kondisi anjing, jadi penting sekali untuk dibersihkan dan dibuat senyaman mungkin. Biasanya kandang yang digunakan itu terbuat dari rangka kawat, berikut tips perawatan kandang.

  1. Bersihkan secara rutin

Membersihkan kandang adalah hal penting yang perlu Anda lakukan secara rutin, ketika membersihkan jangan menggunakan pembersih yang mengandung amonia. Sebab amonia adalah zat yang adalah dalam air kencing, sehingga anjing tidak akan bisa membedakan bau pembersih dengan kencing. Makanya ia akan berpikir tidak apa jika buang air kecil di dalam kandang.

  1. Gunakan sarung tangan

Sarung tangan perlu digunakan ketika Anda sedang membersihkan kandang anjing, ini berfungsi untuk menjaga tangan Anda. Bukan hanya menjaga tangan dari kotoran anjing, tetapi juga menjaga dari pembersih yang sifatnya keras.

  1. Hilangkan bau

Apabila Anda merasa kurang nyaman dengan aroma yang dikeluarkan anjing herder milik Anda. Maka Anda perlu menghilangkan baunya dengan menggunakan larutan dari air dan cuka apel. Apabila Anda tidak memiliki cuka apel, maka bisa menggunakan cuka lainnya. Cuka apel memang sangat efektif jika digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ada di dalam kandang. Sebab cuka apel memiliki bau menyengat namun bisa menetralkan bau lain.

Caranya sangat mudah, hanya mempersiapkan semprotan sebelum membuat larutan. Setelah itu Anda larutkan cuka apel dengan air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kalau sudah Anda busa menyemprotkannya pada kandang anjing herder secara merata. Apabila Anda juga kurang suka dengan aroma yang dikeluarkan cuka apel, maka Anda bisa mendiamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

  1. Bersihkan secara keseluruhan

Semua barang dan komponen kandang anjing herder perlu dibersihkan secara menyeluruh. Untuk baki plastiknya bisa Anda semprot dengan disinfektan, supaya bau urin dan jejak anjing bisa hilang. Untuk membersihkan pintu kandang Anda bisa menggosoknya dengan menggunakan spons.

Apabila kandang yang Anda gunakan terbuat dari logam maupun plastik, maka untuk membersihakn bagian luar dan dalam bisa dengan menyemprotkan air dari selang. Air selang yang disemprotkan memungkinkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada luar dan dalam kandang.

Pengawinan Anjing Herder

  1. Langkah Persiapan

Sebelum Anda mengawinkan anjing herder, perlu persiapak sebagai berikut,

  • Kandang

Kandang ini perlu disiapkan yang baru, ini digunakan untuk menampung anak anjing yang sudah lahir. Karena apabila tidak dipisahkan maka akan membuat anak anjing mati, hal ini banyak terjadi di penampungan hewan. Di sana ada banyak anak anjing yang mati karena tidak dipisahkan. Perkawinan juga tidak bisa dilakukan hanya karena semata mata ingin mempunyai anak anjing.

  • Pemeriksaan

Pemeriksaan bisa dilakukan kepada dokter hewan, karena pemeriksaan kesehatan sebelum perkawinan itu penting. Terlebih lagi jika Anda ingin mengawinkan anjing Anda dengan anjing yang tidak diketahui asal usulnya.

Selain kesehatannya, Anda juga perlu memeriksakan darahnya jadi Anda bisa tahu penyakit genetik apa yang ada pada anjing tersebut. Karena hal ini akan berpengaruh pada keturunannya, bukan hanya itu pemeriksaan organ tubuh juga perlu dilakukan dengan rontgen.

  1. Cara Mengawinkan

  • Perhatikan vagina betina

Apabila Anda memperhatikan anjing Anda secara teliti, maka Anda pasti tahu waktu anjing Anda sedang dalam masa siap kawin. Biasanya ciri yang paling mudah dikenali adalah anjing betina yang meninggalkan bercak di sekitar rumah itu siap kawin. Dan pasa masa itulah sang betina akan membiarkan sang jantan membuahinya.

  • Melakukan apusan vagina

Apusan vagina ini perlu Anda lakukan sebelum melakukan perkawinan pada anjing. Dengan ini bisa tahu kapan waktu terbaik untuk melahirkan, bisa dilakukan dalam beberapa hari pada pertama silkus panasnya.

  • Melakukan uji progesteron

Uji progesteron bisa Anda lakukan di dokter hewan, ini sangat akurat untuk mengetahui tanggal perkembangbiakan. Biasanya setiap satu hingga dua hari ketika hormon progesteronnya tinggi, akan diambil sampel darahnya. Setelah itu betina bisa ovulasi dan siap untuk perkawinan.

Anjing herder memang anjing penggembala, namun ia juga makhluk hidup jadi ketika Anda memeliharanya perlu dirawat dan diperhatikan. Jangan hanya memanfaatkannya saja, tapi juga perlu diperhatikan mulai dari makanan hingga kesehatan. Selain itu jika Anda berminat memeliharanya, maka Anda perlu mengetahui jenisnya. supaya lebih mudah memutuskan ingin memilih mana yang cocok.

Anjing Herder : Mengenal Jenis, Perawatan, dan Mengembangbiakkan

Advertisements

Leave a Reply