ANJING PUG : Ciri, Harga, Cara Rawat, dan Mengenali Sifat, Melatih Dll (Lengkap)

ANJING PUG : Ciri, Harga, Cara Rawat, dan Mengenali Sifat, Melatih Dll (Lengkap)

Anjing Pug – Memiliki hewan peliharaan pasti sangat menyenangkan, karena bisa dijadikan teman saat di rumah sehingga tidak akan merasa kesepian. Ada berbagai macam hewan yang bisa dijadikan sebagai peliharaan, salah satunya adalah anjing. Anjing sangat diminati karena terkenal sebagai hewan yang setia pada tuannya, saat ini anjing yang cukup populer adalah ras pug.

Anjing ras pug mempunyai karakteristik yang unik yaitu berbulu lembut dengan warna kecoklatan serta bermata besar, pasti siapapun yang melihatnya akan jatuh cinta dan berkeinginan untuk memilikinya. Anjing ini juga sangat enak untuk dipeluk sehingga akan membuat hari-hari Anda yang awalnya sepi akan terasa lebih menyenangkan.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk memelihara anjing pug tersebut, maka carilah informasi terlebih dahulu mengenai karakteristik dan cara merawatnya. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya tidak kebingungan apabila ada masalah dengan kesehatan ataupun yang lainnya, sehingga bisa melakukan penanganan dengan cara yang tepat.

Sekilas Tentang Anjing Pug (Ciri khas Dan Asal-usul)

Sekilas Tentang Anjing Pug (Ciri khas Dan Asal-usul)

Anjing pug yang terkenal lincah ini memang sangat direkomendasikan untuk dipelihara, karena menggemaskan dan sangat lucu. Anjing ini memiliki sifat yang lucu, ceria dan sangat setia pada pemiliknya, dia juga senang berlarian kesana kemari untuk bermain-main sehingga akan membuat senang pemiliknya karena bisa dijadikan sebagai hiburan.

Anjing pug juga terkenal sebagai salah satu hewan yang manja sehingga akan membutuhkan perhatian lebih, jangan heran apabila nanti memelihara anjing ini akan dibuntuti kemanapun Anda pergi. Walaupun manja, anjing ini bisa dilatih untuk mandiri yang terpenting harus telaten dan sabar.

Berikut ciri khas Anjing pug yang harus Anda ketahui:

  • Mempunyai ekor dengan bentuk melingkar dan bertubuh pendek.
  • Wajahnya unik karena berbeda dari anjing kebanyakan, yaitu wajahnya berkerut-kerut berhidung pesek serta rahang bawahnya lebih maju daripada rahang atas.
  • Mempunyai bentuk dua jenis telinga yang lucu yaitu seperti kancing dan mawar.
  • Anjing pug dengan jenis telinga kancing bentuk telinganya menekuk ke bagian bawah sehingga lubang telinga menjadi tertutupi dan apabila dilihat sekilat mirip dengan kancing. Saat ini anjing pug dengan telinga kancing ini sangat digemari dan banyak dipelihara.
  • Sedangkan anjing pug yang memiliki jenis telinga mawar bentuk telinganya menekuk pada bagian depan dan sedikit naik di bagian pangkalnya.
  • Bersifat humoris dan suka bisa diajak bersantai.

Dengan ciri khas yang unik tersebut, anjing pug sangat cocok untuk dijadikan anjing rumahan karena terkenal penurut jadi Anda bisa memangkunya sambil bersantai sembari membaca buku atau menonton siaran di TV. Anjing ras pug ini hanya cocok untuk dijadikan hewan peliharaan saja dan kurang cocok apabila dijadikan sebagai anjing penjaga atau pemburu.

Sedangkan untuk asal-usul dari anjing pug ini, mulai tersebar pertama kalinya pada abad 1500 di daratan Eropa ketika tiongkok melebarkan jalur perdagangannya menuju benua tersebut. Jadi bisa disimpulkan bahwa anjing pug ini berasal dari  daratan Tiongkok. Ada beberapa nama untuk anjing pug ini yaitu:

  1. Anjing pug di negara Belanda nama populernya adalah Mopshond, hal ini sebagai bentuk penghargaan karena saat itu anjing pug menyelamatkan nyawa pangeran wiliam dari serangan orang spanyol yang berniat untuk membunuhnya. Dengan kejadian ini, anjing pug menjadi hewan yang paling populer di kalangan para aristocrat Eropa.
  2. Di negara Perancis anjing pug disebut dengan nama carlin, karena pernah dirawat oleh seseorang dengan nama tersebut. Pada saat itu banyak para tokoh terkenal dan bangsawan Perancis yang memilikinya.
  3. Di Inggris pada jaman dahulu terkenal dengan sebutan anjing Morrison, yang dimiliki oleh Ratu Charlott. Anjing morison ini merupakan garis keturunan pertama dari anjing pug, sedangkan garis keturunan keduanya bernama Willoughby yang didapatkan dari wilayah Rusia dan Hungaria.

Kisaran Harga Anjing Pug

Kisaran Harga Anjing Pug

Anjing dengan ras pug semakin banyak diminati karena harganya relative terjangkau dibandingkan dengan anjing jenis lain serta banyak di kembangbiakkan sebagai anjing rumahan, harga anjing pug yang ada di pasaran tergantung dari spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut rincian singkatnya:

  • Untuk anjing pug dengan spesifikasi anakan yang non stambum harganya sekitar 1.000.000.
  • Anjing pug yang berspefikasi dewasa atau lebih dari 6 bulan dan non stambum berharga 1.500.000.
  • Anakan anjing pug berstambum harganya adalah 2.500.000
  • Sedangkan untuk anjing pug yang mempunyai spesifikasi dewasa dan berstambum harganya 3.500.000 .

Setelah melihat rincian harga tersebut Anda bisa memilih salah satu anjing pug yang sesuai dengan budget yang dimiliki, pilih yang paling mudah cara merawatnya agar bisa maksimal dan tidak kebingungan.

Cara Merawat Anjing Pug

Cara Merawat Anjing Pug

Memelihara anjing pug tentunya harus siap untuk merawat dengan baik agar senantiasa sehat dan menggemaskan. Ada dua macam pilihan anjing pug yang bisa dipelihara, yaitu anjing pug dewasa dan anak anjing pug. Tentukan Anda ingin memelihara yang mana, dan sesuaikan dengan kemampuan untuk merawatnya. Berikut beberapa cara perawatan anjing pug yang bisa Anda cermati:

  • Perawatan Yang Baik Untuk Anjing Pug Dewasa

  1. Dalam merawat anjing pug dibutuhkan ketelatenan dan perhatian khusus, karena mempunyai wajah yang berkerut sehingga ada banyak lipatan di bagian hidung, kulit dan telinga  bagian-bagian tersebut tentunya harus rajin dibersihkan agar kotoran berupa sisa makanan dan debu tidak menempel.

 

  1. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kuku-kukunya, segera potong apabila sudah panjang hal ini untuk mencegah mata anjing tergores. Anjing  pug sering kali bergerak lincah dan terkadang menggores matanya secara tidak sengaja, untuk itu kuku yang pendek sangat dibutuhkan agar keamanan tetap terjaga.

 

  1. Anjing pug mempunyai bulu yang tergolong mudah rontok, agar bulunya tetap terjaga keindahannya dianjurkan untuk dimandikan sebulan sekali saja. Anda juga perlu vacuum cleaner atau penyedot debu dengan ukuran kecil untuk membersihkan rontokan bulu anjing yang mungkin saja tersebar di area rumah.

 

  1. Jangan membiarkan anjing pug berada di luar rumah ketika cuaca ekstrem, karena anjing ini mudah terserang flu dan juga alergi. Sehingga akan lebih aman apabila dibiarkan bermain di dalam rumah saja.

 

  1. Anjing pug memiliki tingkah yang sangat lincah namun seringkali terjadi kecelakaan secara tidak sengaja dan membuat moncong dan matanya terluka. Jika Anda mendapati kondisi ini tidak perlu khawatir, lakukan penanganan terhadap luka dengan tenang dan hati-hati.

 

  1. Terkadang anjing pug bisa menderita penyakit hip dysplasia yaitu gangguan pada pinggul anjing sehingga mengalami gagal berkembang . Apabila Anda melihat anjing pug tubuhnya berkembang tidak seperti pada umumnya, segeralah konsultasi dengan dokter hewan agar bisa menemukan solusi dan tindakan yang tepat untuk masalah tersebut.
  • Cara Perawatan Untuk Anjing Pug Muda(Anak Anjing Pug)

selain anjing pug yang berusia dewasa, anjing pug muda atau yang masih anak-anak juga sangat menggemaskan untuk dipelihara. Karena masih tergolong anak anjing, dalam merawatnya harus membutuhkan perhatian khusus dan ketelatenan agar anak anjing tersebut bisa mengalami tumbuh kembang yang baik.

  1. Beri Asupan Makanan Yang Baik

Sama halnya seperti manusia, anjing juga akan sehat dan bisa berkembang dengan baik apabila makanan yang masuk ke dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan dan juga mengandung banyak manfaat. Pada umumnya anjing pug adalah hewan yang bisa memakan apa saja, namun Anda harus mencoba untuk memberikan makanan anjing yang menggunakan bahan utama daging agar terhindar dari masalah pencernaan.

 

  1. Atur Pola Makan Dan Makanan Pendamping

Pola makan pada anak anjing pug harus dijaga agar terhindar dari kegemukan yang bisa saja mendatangkan masalah kesehatan. Latih anak anjing untuk mencoba makanan suguhan seperti sayur-sayuran segar, hal ini akan membuat anjing tetap sehat dan bisa termotivasi untuk tidak rakus dalam makan.

Dengan mata yang besar, biasanya akan membuat anjing akan selalu terlihat lapar dan membuat pemiliknya menjadi iba. Anda harus konsisten dengan pola makan yang sudah diatur, jangan terpengaruh dengan ekspresi anjing yang seolah-seolah masih lapar walaupun sudah diberikan makanan.

 

  1. Amati Pertumbuhan Anak Anjing Pug Secara Berkala

Yang tidak kalah penting adalah Anda harus rajin mengamati pertumbuhan anjing pug secara berkala, hal ini tujuannya untuk melihat apakah   tumbuh dengan baik atau tidak. Jangan lupa periksa berat badannya, apabila terlalu gemuk Anda bisa mengubah porsi makan agar mendapatkan berat badan yang ideal untuk anjing. Karena apabila anjing terlalu gemuk akan menyebabkan gangguan pernapasan yang bisa membahayakan. Untuk itu menjaga tubuh anjing agar tetap langsing sangat diperlukan agar asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh tidak terhambat oleh lemak.

 

  1. Simpan Makanan Anjing pug Di Tempat Yang Cukup Tinggi

Selain menggemaskan, anjing pug juga terkenal sebagai hewan yang rakus, untuk itu Anda perlu menyimpan makanannya di tempat yang cukup tinggi agar tidak bisa dijangkau oleh anjing.  Karena apabila makanan di taruh di tempat yang mudah dijangkau akan membuat anjing selalu berkeinginan untuk makan dan hal ini tidak bagus untuk berat badannya. Jangan lupa simpan makanan di wadah yang memiliki kedap udara agar tetap higienis dan sehat.

  1. Menangani Gas Buangan Dari Anjing Pug

Anjing pug secara umum gampang membuang gas, hal ini sebagai sebab karena sering bermasalah dengan pernapasannya. Apabila anjing sulit bernapas, udara yang dihirup akan masuk ke dalam perut serta usus kemudian lewat dalam saluran pencernaan yang pengeluarkan disalurkan dalam bentuk gas.

Jangan panic apabila anjing suka membuang gas, karena hal itu wajar. Namun apabila gas yang dibuang terlalu berlebihan atau terus menerus maka segera periksa kesehatannya dengan cara dibawa ke klinik hewan agar mendapat penanganan.

Cara Menghilangkan Bau Kotoran Atau Urin Anjing

Cara Menghilangkan Bau Kotoran Atau Urin Anjing

Memelihara hewann seperti anjing pug, pasti dibutuhkan ketelatena. Terlebih lagi apabila belum dilatih untuk bisa membuang kotoran atau urin di tempat yang sudah disediakan pasti akan menggunakan area rumah untuk kencing atau membuang kotoran, jika hal ini terjadi pasti akan menimbulkan bau yang sangat menganggu. Untuk menghilangkan baunya Anda bisa menggunkan desinfektan yang memiliki aroma terapi untuk membersihkannya, setelah itu jangan lupa latih secara rutin anjing pug agar tidak kencing dan membuang kotoran di sembarang tempat, arahkan ke tempat pembuangan yang sudah dipersiapkan khusus.

Cara Merawat Kandang Untuk Anjing Pug

Cara Merawat Kandang Untuk Anjing Pug

Tempat yang nyaman pasti akan membuat anjing pug betah dan bisa terjaga kesehatannya. Untuk itu Anda perlu memperhatikan cara perawatan kandang di bawah ini agar tetap terjaga baik kebersihan maupun kenyamanannya.

  • Gunakan sarung tangan karet agar terhindar dari kotoran anjing.
  • Gunakan plastic untuk membersihkan kotoran anjing kemudian buanglah ke tempat sampah khusus.
  • Pastikan semua kotoran dalam kandang yang menumpuk terbuang semuanya.
  • Siapkan sabun yang mengandung desinfektan di dalam seember air kemudian gunakan untuk membersihkan bagian kandang seperti dinding dan lantainya dengan menggunakan sikat.
  • Gunakan air bersih untuk membilas kandang, lebih direkomendasikan untuk menggunakan selang agar air bisa mengalir dengan baik di semua sisi kandang.
  • Jangan lupa untuk mencuci bantal, selimut dan tempat tidur anjing.
  • Apabila kandang sudah terlihat bersih, keringkan dengan lap agar sisa air tidak tertinggal.
  • Anda juga bisa menjemur kandang apabila sudah di lap namun masih terlihat basah.
  • Yang terakhir, apabila kandang sudah benar-benar kering dan bersih jangan lupa untuk menyemprotkan cairan desinfektan atau sabun khusus anjing yang di beli di pet store untuk membuat kandang menjadi higienis dan terhindar dari kuman, sehingga anjing bisa istirahat dengan nyaman dan terjaga kesehatannya.

Kenali Sifat Anjing Pug

Selain lucu dan cerdas, anjing pug juga bisa bersifat dominan dan egois. Sebelum memutuskan untuk merawatnya pastikan memiliki komitmen yang kuat untuk menjadi pemilik yang tegas dan memiliki peraturan yang konsisten untuk dilaksanakan. Hal ini sanat diperlukan karena apabila anjing pug mempunyai pemilik yang kurang tegas akan membuatnya tumbuh menjadi anjing pencemburu dan mendominasi area rumah dan cenderung kurang bisa ramah dengan tamu ataupun hewan peliharaan lainnya.

Sifat-sifat tersebut bisa diatasi apabila dilatih dengan rutin, yang terpenting jangan membiarkan anjing bersikap semaunya dan membiarkannya mengambil alih. Pada umumnya anjing pug sangat penurut terhadap pemiliknya, dan juga termasuk hewan yang tidak suka berisik dan tergolong humoris sehingga akan sangat menyenangkan dan menghibur apabila dilatih dengan baik.

Makanan Yang Direkomendasikan Untuk Anjing Pug

Kebutuhan makan anjing pug dewasa dan anjing pug kecil berbeda. Anda perlu memperhatikannya agar tidak salah dalam memberi makan, pada anjing pug dewasa setiap harinya per kilogram badannya membutuhkan 100 kalori, sedankan untuk anak anjing pug kecil di setiap satu kilogram beratnya butuh 80 kalori. Anjuran yang tepat dalam memberi makan anjing adalah tiga kali sehari.

Anda bisa melatih anjing agar memakan kudapan berupa sayuran dan daging agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Adapaun jenis sayuran serta buah yang bisa diberikan untuk anjing pug adalah: pisang, semangka, brokoli, beras merah, labu, kacang polong, ubi, buah beri serta beras merah.

 Pilih Makanan Yang Baik Untuk Pug Puppies

Apabila Anda memelihara anjing pug puppies atau masih anakan, pastikan memberikan nutrisi yang cukup hal ini karena Pug puppies membutuhkan kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan anjing dewasa, yaitu lebih banyak membutuhkan mineral, asam amino lemak dan protein yang sangat berfungsi untuk membantu perkembangan mata dan otaknya.

Dengan memberikan makanan yang bernutrisi akan membuat anjing memiliki kekebalan tubuh yang kuat sehingga menjadi sehat dan semakin mudah untuk diajak berlatih. Selain memperhatikan kebutuhan nutrisinya, atur pola makan yang seimbang agar bisa terhindar dari infeksi.

Beri latihan Yang Ringan Untuk Anjing Pug

Memberikan latihan yang ringan namun berkala sangat penting untuk anjing pug. Hal ini karena anjing jenis ini bisa mengalami gangguan pernapasan dan berbahaya apabila di biarkan. Secara umum anjing pug merupakan hewan yang kurang kuat apabila diberikan latihan yang energik seperti lari, karena saat berlari anjing kesulitan untuk mengambil napas. Rekomendasi latihan untuk anjing yang tepat adalah dengan mengajaknya berjalan-jalan di udara bebas tentunya dengan rute yang panjang dan diatur kecepaatannya agar bisa bernapas dengan lega dan tidak kelelahan.

Anda juga bisa melatih pug dengan cara melemparkan bola dan memerintahkan untuk mengambilnya. Namun tetap perhatikan tingkah laku anjing, apabila terlihat kesulitan bernapas maka beri istirahat agar pug tidak kelelahan.

Anjing ras pug merupakan hewan yang ekstrover, dengan sering mengajaknya keluar maka akan membuatnya merasa tidak tertekan dan bisa membuat temperamen anjing lebih terjaga dan tidak meledak-ledak.

Kesulitan Dalam Melatih Anjing Pug

Dalam melatih anjing pug diperlukan kesabaran dan motivasi, walaupun anjing ini tergolong cerdas namun terkadang keras kepala jadi apabila latihan yang diberikan tidak ada variasi akan membuat anjing merasa bosan dan tidak mematuhi perintah. Perlakukan teknik imbalan dalam melatih anjing, maksudnya Anda bisa memberikan imbalan berupa makanan atau permainan sebagai pemancing agar lebih termotivasi.

Pertimbangkan Kebutuhan Khusus Untuk Anjing Pug

Pertimbangkan Kebutuhan Khusus Untuk Anjing Pug

Agar anjing pug semakin pintar dan lincah berikan pertimbangkan kebutuhan khususnya seperti:

  • Berikan Tongkat Karet Atau Mainan Yang Bisa Digunakan Untuk Berlatih Mengunyah.

Hal ini sangat perlu diberikan agar anjing tidak merasa bosan, namun yang terpenting harus diperhatikan jangan sampai memberikan mainan yang gampang dikunyah menjadi potongan kecil karena akan membuat pencernaan bermasalah.

  • Berikan Tangga Khusus Yang Bisa Digunakan Untuk Naik Turun.

Dengan memberikan tangga khusus pada kandang, akan membuat lebih mudah apabila anjing ingin keluar atau masuk kandang. Dengan adanya tangga akan membuat anjing terhindar dari sering meloncat yang bisa melemahkan panggul dan sendi-sendinya, sehingga akan lebih hemat karena tidak perlu mengunjungi dokter hewan untuk memeriksa keadaan sendi dan panggulnya.

  • Latih Anjing Agar Tidak Mudah Merasa Takut Terhadap Apapun

Pada umumnya anjing pug sangat setia pada pemiliknya, sehingga akan melindungi pemiliknya ketika bertemu dengan siapa saja. Latih anjing dengan cara sering diajak berjalan-jalan agar bisa mengetahui dunia luar dan terbiasa bertemu dengan manusia maupun hewan lainnya.

  • Terima Apabila Anjing Pug Sedang Memberikan Perhatian

Seperti halnya manusia, anjing pug juga akan merasa senang apabila perhatian yang mereka berikan direspon dengan baik oleh pemiliknya. Adapun cara yang biasanya dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang adalah dengan menjilat Anda, dengan membiarkan anjing pug melakukannya maka akan membuat rasa sayang terhadap hewan tersebut bisa saling tersalurkan dengan baik.

 

Cara Membantu Perkawinan Anjing Pug

Cara Membantu Perkawinan Anjing Pug

Secara naluriah anjing memiliki insting  sendiri untuk kawin. Namun bantuan dari manusia juga diperlukan apabila anjing jantan kurang pandai untung menaiki punggung betinanya. Hal yang bisa dilakukan untuk membantunya adalah dengan menempatkan anjing jantan diatas punggung betina dengan cara dipengangi agar alat kelaminnya bisa masuk ke dalam anjing betina.

Jangan lupa mengikat mulut anjing betina agar tidak menggigit anjing jantan saat proses perkawinan berlangsung. Apabila anjing kesulitan untuk menjangkau lubang kelamin betinanya, Anda bisa membantunya dengan cara mengarahkan testis ke dalam lubang Rahim dan tahan posisinya agar dapat masuk ke dalam Rahim dan terkunci oleh lubang Rahim.

Rutinlah Memeriksa Kesehatan Anjing Pug

Rutinlah Memeriksa Kesehatan Anjing Pug

Anjing pug terkenal sebagai hewan yang rentan dengan gangguan pernapasan, hal ini karena lubang hidungnya lebih kecil daripada anjing pada umumnya. Jadi apabila Anda memutuskan untuk merawat anjing ini, kesehatannya harus senantiasa diperhatikan agar bisa berusia panjang , bahagia serta sehat.

Buat jadwal pemeriksaan dengan dokter hewan agar bisa memantau kesehatannya, jangan lupa untuk meminta diberikan vaksin pengontrol parasit dan juga suntikan untuk mencegah penyakit pada anjing pug Anda. Hal ini perlu dilakukan agar kesehatan anjing lebih terjaga dengan baik.

Anda juga direkomendasikan untuk membuatkan asuransi kesehatan yang di khususkan untuk anjing pug, yang fungsinya apabila ada keadaan tak terduga seperti diharuskan untuk operasi bisa tertangani dengan baik dan tidak perlu bingung akan dibawa ke klinik mana. Karena biasanya asuransi kesehatan yang dibuatkan khusus untuk anjing menunjuk salah satu klinik terpercaya yang bisa dijadikan tempat rujukan.

Cara Penanganan Yang Bisa Dilakukan Jika Anjing  Pug Sering Mengalami Gangguan pernapasan.

Sebelum melakukan penanganan yang tepat, Anda harus tenang dan rileks hal ini dibutuhkan agar anjing tidak ikut merasa panic dan bisa lebih tenang untuk mengatur pernapasan. Berikut beberapa hal yang bisa dicoba agar gangguan pada pernapasan sedikit berkurang:

  • Anjing Pug Harus Memiliki Berat Badan yang Ideal

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar anjing pug tidak gampang mengalami gangguan pernapasan adalah, dengan menjaga berta badannya agar tidak berlebihan sehingga tetap ideal untuk ukuran anjing pug. Berat badan yang berlebih seringkali menjadi factor pemicu pernapasan terganggu, hal ini karena oksigen yang dihirup tidak bisa masuk dengan sempurana karena ada lemak yang menjadi penghambat.

Konsultasilah dengan dokter hewan apabila Anda merasa anjing pug mengalami kegemukan, hal ini perlu dilakukan agar bisa memberikan porsi makan yang tepat untuk penurunan berat badan.

  • Jangan Membiarkan Anjing Pug Terlalu Lama Berada Di Luar Saat Cuaca Panas

Cuaca panas sangat tidak baik untuk anjing pug, karena untuk menghalau panas biasanya anjing akan terengah-engah untuk membuat panas di tubuh mereka mereda dan bisa mengakibatkan pernapasan terganggu. Selain itu, cuaca panas bisa membuat anjing tidak dapat merasa sejuk sehingga akan kepanasan dan jatuh pingsan.

Agar lebih aman, saat cuaca panas sebaiknya biarkan anjing pug Anda bermain di dalam rumah saja, atau jika terlanjur mengajak berolahraga sering-seringlah berteduh di bawah pohon agar anjing tetap bisa merasa sejuk dan tidak kepanasan.

  • Memberikan Susu Secara Rutin

Jika anjing pug kerpa mengalami sesak nafas, maka berikanlah susu setelah sesak mereda. Karena susu mengandung banyak mineral yang bisa mencukupi kebutuhan anjing, susu juga sangat bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan. Dengan pemberian susu yang rutin maka gangguan kesehatan seperti sesak nafas akan berkurang, hal ini karena susu bisa dijadikan media untuk menetralisir gangguan sesak nafas.

 

  • Gejala Yang Muncul Jika Anjing Pug Mengalami Gangguan Sesak Nafas.

Karena mempunyai lubang hidung yang sedikit lebih  kecil dari jenis anjing kebanyakan, anjing pug akan mengap-mengap untuk bisa menghirup oksigen. Namun apabila terdapat gerak-gerik yang tidak seperti biasanya, maka Anda harus waspada karena bisa saja anjing tersebut sedang mengalami gejala sulit bernapas.  Adapun ciri-ciri Anjing yang kurang sehat dan mengalami gangguan pernapasan adalah sebagai berikut:

  1. Otot dada dan perut mengalami pergerakan yang berlebihan.
  2. Saat bernapas suaranya berisik dan raut wajah terlihat panik.
  3. Anjing tidak mau bergerak bahkan enggan melakukannya.
  4. Terdapat warna kebiruan pada lidah dan gusi.
  5. Air liur yang keluar terlihat lengket dan mengental.

Apabila anjing pug Anda menunjukkan gejala tersebut, segera lakukan penganan pertama yaitu dengan memberikan oksigen atau membawanya ke tempat yang bersih dan sejuk sehingga anjing merasa lebih nyaman.

  • Dekati Anjing Secara Lembut

Cara penanganan sederhana terhadap anjing pug yang mengalami sesak nafas adalah mendekatlah secara lembut pada tubuh anjing. Kemudian, berikan pijatan-pijatan lembut di bagian punggung secara perlahan-lahan. Hal ini berfungsi agar anjing merasa terlindungi dan bisa sedikit lebih rileks.

  • Lakukanlah Pertolongan Pertama Apabila Anjing Pug Terlihat kesulitan Saat bernafas.

Jika anjing pug Anda terlihat kesulitan dalam bernapas, segeralah hentikan kegiatan yang dilakukan bersama anjing. Pastikan suhu tubuh anjing tidak panas dan pindahkan ke tempat sejuk dan memiliki banyak oksigen, yang terpenting jangan panic karena anjing biasanya akan memperhatikan tingkah laku pemiliknya. Apabila Anda merasa panic, maka anjing pun akan merasakan hal yang sama sehingga membuatnya lebih gelisah.

Usahakan bersikap tenang, apabila dalam beberapa menit anjing Anda kondisinya bertambah buruk, segera hubungi dokter dan laporkan keadaan darurat mengenai anjing. Dalam perjalanan ke tempat klinik hewan sebaiknya diberikan oksigen agar keadaannya sedikit membaik.

Jika Anda merasa anjing pug yang dipelihara terlalu sering mengalami gangguan sesak nafas, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter agar bisa melakukan operasi korekstif pada anjing. Hal ini adalah solusi yang tepat agar anjing bisa sehat kembali dan menjadi ceria.

 

Jika Anda ingin memelihara anjing pug, segeralah datang mengunjungi pet shop terdekat. Pastikan berkonsultasi dengan pihak petshop agar bisa mengetahui riwayat kesehatan dari si anjing, mengadopsi anjing juga bisa dilakukan melaui teman yang kebetulan memiliki anjing pug jadi akan lebih mudah dalam memeperoleh informasi seputar anjing tersebut.

Merawat anjing harus dilakukan dengan keseriusan, karena memperlakukan anjing dengan baik akan membuatnya memiliki rasa aman dan terlindungi dari pemiliknya sehingga akan timbul rasa sayang. Yang terpenting jangan lupa untuk melakukan tips-tips yang sudah di ulas di atas seperti cara perawatan yang baik, pemberian makanan dengan tepat sampai cara penanganan ketika anjing mengalami masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan.

ANJING PUG : Ciri, Harga, Cara Rawat, dan Mengenali Sifat, Melatih Dll (Lengkap)

Advertisements

Leave a Reply