ANJING CIHUAHUA : Karakter, Ciri, Varian, Cara Rawat, Fakta Unik Dll

ANJING CHIHUAHUA : Karakter, Ciri, Varian, Cara Rawat, Fakta Unik Dll

Anjing Chihuahua – Sebagian besar orang memang memiliki hewan peliharaan, dan itu beragam jenis hewannya. Namun anjing adalah hewan yang banyak dijadikan pilihan sebagai hewan peliharaan. Terlebih lagi ada banyak jenis anjing yang bisa dipilih, tentunya dengan fisik dan karakteristik yang berbeda beda. Mungkin jika memelihara anjing sebagai penjaga atau pekerja maka bisa memilih jenis herder dan sejenisnya. Namun jika untuk peliharaan saja atau penghibur bisa memilih jenis chihuahua, pomerania, pudel, dan sejenisnya.

Anjing chihuahua sendiri merupakan anjing yang rasnya memiliki ukuran yang kecil atau biasa disebut tiny toy size. Chihuahua terlihat sangat mungil dan imut karena tubuhnya panjang namun tidak tinggi. Sedangkan pada kepalanya berbentuk bulat seperti buah apel, dan memiliki moncong yang pendek. Telinga dan ekornya panjang jadi membuat anjing jenis ini terlihat lincah. Untuk rambutnya ada dua jenis pada anjing chihuahua, yaitu panjang dan pendek serta ada yang bergelombang dan lurus.

Selain jenis rambutnya ada dua, warna rambut anjing chihuahua juga ada banyak ragamnya. Jadi jika Anda ingin mengadopsinya maka bisa menyesuaikan dengan selera ingin memilih yang warna apa. Ada warna parti color, hitam, steel blue, putih, perpaduan hitam dan tan, serta banyak lagi. Pada anjing chihuahua yang masih anakan terdapat satu spot kecil yang disebut molera pada bagian jidat atau kepala depan nya. Namun spot tersebut akan hilang secara perlahan ketika anakan chihuahua tumbuh dewasa.

Karakter dari Anjing Chihuahua

Karakter dari Anjing Chihuahua

Sebelum Anda memilih anjing chihuahua sebagai hewan peliharaan, ada baiknya Anda mengetahui karakter dari anjing ini. Karena memang anjing chihuahua bukan jenis anjing yang bisa menjadi pemburu atau penjaga. Karakter dari anjing chihuahua adalah anjing pendamping yang semangat, lincah, berani, dan ceria. Jadi cocok jika Anda mencari hewan peliharaan sebaai penghibur di hari hari Anda yang terasa membosankan. Chihuahua juga merupakan anjing yang setia, bisa belajar cepat karena cerdik makanya mudah beradaptasi.

Ketika Anda melatih anjing chihuahua maka ia akan memberikan respon yang cukup baik. Walaupun begitu dalam melatih nya Anda harus tetap bisa menggabungkan latihan yang lembut, tegas, serta tepat. Anda awasi terus, supaya anjing chihuahua tidak melakukan tindakan yang tidak Anda inginkan. Misalnya saja anjing chihuahua Anda suka melompat ke anjing atau manusia, ini disebut dengan sindrom anjing kecil.

Sindrom anjing kecil ini memang terlihat lucu dan biasa saja jika dilihat dari kebiasaan anjing chihuahua. Namun sebenarnya ini bukanlah hal yang bagus untuk anjing chihuahua itu sendiri. Karena adanya sindrom anjing kecil akan memunclkan perilaku yang dominan kepada si anjing. Apabila Anda membiarkan anjing chihuahua memiliki hal ini, maka akan timbul sifat dan karakter buruk darinya. Misalnya saja seperti chihuahua menjadi agresif serta mudah cemburu kepada manusia atau anjing yang lainnya.

Terkadang karena terlalu agresif membuat chihuahua menjadi mudah cemburu dengan manusia yang bukan pemiliknya. Sehingga kadang kala ketika ada manusia yang asing baginya, ia akan mengikuti pemiliknya terus menerus dan berusaha agar selalu dekat. Anjing chihuahua yang memiliki sifat seperti ini disebut pack leader, dan yang seperti ini tidak disarankan untuk anak anak.

Ciri Ciri yang Dimiliki Anjing Chihuahua

Ciri Ciri yang Dimiliki Anjing Chihuahua

Setiap jenis Anda memiliki ciri fisik dan karakter yang berbeda, itu juga berlaku untuk anjing chihuahua. Postur tubuh anjing chihuahua ini memang cukup padat atau pendek gemuk, dan bentuknya yang cukup panjang. Ekor yang dimiliki anjing chihuahua juga tidak terlalu panjang jadi Anda tidak perlu melakukan pemotongan atau undocked ketika tidak nyaman. Bentuk ekornya tea cup tail atau melengkung ke arah punggung, biasanya ekornya bisa diarahkan ke kepala atau diluruskan ke atas.

Bentuk batok kepala anjing chihuahua ini mirip dengan apel, yang bulat. Kebanyakan orang akan melihat kepalanya untuk menentukan kualitas anjing chihuahua, dan yang berkualitas bentuknya apple dome. Apabila Anda melihatnya dari samping maka akan nampau sudut 90 derajat antara moncong san batok kepala. Ketika anjing ini masiha anakan terdapat spot yang semacam lubang pada kepala bagian atasnya. Lubang tersebut disebut sebagai molera, dan akan menghilang seiring dengan pertumbuhan chihuahua menjadi dewasa.

Anjing chihuahua memiliki dua jenis rambut, yaitu rambut panjang dan rambut pendek. Apabila Anda mengawinkan anjing chihuahua dengan jenis rambut berbeda mungkin akan menghasilkan anakan dengan hasil sesuai dengan keinginan Anda. Dari hasil persilangan tersebut bisa saja mendapatkan anakan dengan rambut panjang atau pendek. Tergantung dengan kekuatan gen mana yang lebih dominan, entah dari yang jantan atau betina.

Anjing chihuahua memiliki berat badan dengan kisaran antara 1.0 hingga 2.7 kilogram. Sedangkan untuk tingginya memang tidak lebih dari 20 sentimeter apabila mengukur hingga punggung. Tentunya dengan ukuran yang hanya seperti itu maka bisa disimpulkan bahwa anjing chihuahua memiliki tubuh yang mungil.

Varian dan Jenis Anjing Chihuahua

Varian dan Jenis Anjing Chihuahua

Setiap ras anjing pasti memiliki variasi yang berbeda berda, begitupun dengan anjing chihuahua. Untuk variasi rambutnya ada dua jenis, yaitu yang smooth coat dan long coat. Smooth coat adalah anjing chihuahua yang memiliki rambut pendek, sedangkan long coat adalah yang rambutnya panjang. Dan setiap orang yang ingin memelihara nya pasti sudah memiliki pilihan jenis yang sesuai dengan selera masing masing.

Namun untuk anjing chihuahua yang berada di pasaran, kebanyakan memang yang smooth coat karena peminatnya lebih banyak. Bagaimana bisa? Karena memang banyak orang menganggap anjing chihuahua yang memiliki bulu smooth coat lebih manis dan imut. Namun itu sebenarnya juga kembali lagi dengan selera masing-masing, jadi bila Anda suka dengan yang long coat ya beli saja yang itu.

Yang menarik dari anjing chihuahua adalah kedua variannya bisa dikawinsilangkan, supaya mendapatkan anakan yang apik dan unik. Itulah mengapa anjing chihuahua dianggap berbeda dengan anjing yang fox terrier. Dimana anjing fox terrier tidak boleh di kawin silang, dan hanya boleh dikawinkan dengan tipe yang sama. Sedangkan anjing chihuahua yang disilangkan bisa mendapatkan anakan dengan perpaduan berbeda, baik memiliki bulu yang panjang maupun pendek.

Bukan hanya bisa disilangkan dengan sesama chihuahua yang memiliki variasi berbeda, anjing ini lebih istimewa. Karena chihuahua bisa disilangkan lagi dengan anjing ras lain, seperti pomeranian, pudel, pug, tekel dan ras lain yang memiliki ukuran sama.  Jika Anda berminat bisa dilakukan dengan biaya yang terjangkau untuk perkawinannya. Entah karena ukuran anjingya yang kecil atau karena kurang populer. Namun cukup dengan 500 ribu rupiah saja Anda bisa mengawinkan chihuahua Anda.

Cara Merawat Anjing Chihuahua dengan Baik dan Benar

Ketika Anda memelihara anjing chihuahua tentu perlu melakukan perawatan dengan baik dan benar. Untuk anakan dan anjing dewasa tentu memiliki cara perawatan yang berbeda beda. Makanya Anda bisa menyimak info berikut mengenai cara merawat anjing chihuahua yang baik dan benar.

  1. Perawatan Anak Anjing Chihuahua

Perawatan Anak Anjing Chihuahua

Ketika anjing chihuahua masih anakan, Anda perlu memberikan perlakuan khusus. Mengapa? Karena ini perlu dilakukan untuk mencegah perilaku cemburuan dan bandel ketika anakan menjadi dewasa.

  • Pemberian makanan

Pemberian makanan pada anakan chihuahua memang ada baiknya dilakukan empat kali sehari. Sebab chihuahua memiliki ukuran tubuh yang kecil sehingga tidak baik diberi pakan banyak sekaligus. Misalnya saka dalam satu hari porsinya adalah 50 gram makanan anjing kering. Maka Anda perlu memberikan secara empat kali dengan masing masing 12.5 gram.

Jangan Anda berikan dua kali dengan ukuran 25 gram per makan. Sebab ini bisa membuat anakan chihuahua kelebihan makanan di perutnya. Selain itu makanan anjing yang diberikan kepada anakan chihuahua juga harus dalam bentuk lunak atau sudah dihaluskan.

Ini harus Anda lakukan hingga anakan chihuahua berusia 3 bulan, namun untuk makan 4 kali sehari hingga usia 6 bulan. Setelahnya bisa Anda beri makan sebanyak dua kali sehari, namun jangan sampai anakan terlalu gemuk. Karena hal itu akan membuat pertumbuhan tulang chihuahua menjadi terganggu.

  • Lingkungan dan tempat tinggal

Biasanya anak anjing akan ditaruh di kandang supaya tidak hilang atau dimangsa hewan lain. Namun tidak untuk anakan anjing chihuahua, Anda sediakan saja tempat untuk bermain tidak perlu kandang. Ruangan untuk bermain anak anjing chihuahua tidak perlu diberi pendingin, karena anjing ini tidak tahan dengan udara dingin. Lebih baik ruangan yang hangat dengan sinar matahari yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Sedangkan jika Anda terpaksa menaruhnya di kandang karena tidak ada ruang lagi, maka Anda perlu menjemur anak anjing chihuahua setiap hari. memang apabila anjing dipelihara di tempat terbuka bisa memilih waktu untuk berjemur sendiri, biasanya pada siang hari. namun sebenarnya waktu berjemur yang baik adalah pada pagi hari pukul 7 hingga 8.

  1. Perawatan Anjing Chihuahua Dewasa

Perawatan Anjing Chihuahua Dewasa

Untuk perawatan anjing chihuahua dewasa sebenarnya tidak memerlukan banyak hal khusus, berikut ini rinciannya.

  • Kebersihan

Kebersihan anjing chihuahua memang perlu diperhatikan, namun Anda tidak perlu memandikan chihuahua dewasa dengan sering bahkan harus sejarang mungkin. Maksimal intensitas memandikannya adalah tiga bulan sekali untuk yang dipelihara di dalam ruangan. Sedangkan untuk yang dipelihara di luar ruangan maka maksimal satu bulan sekali.

  • Perawatan rambut

Jika Anda merasa terganggu dengan bau yang dikeluarkan oleh anjing chihuahua karena jarang mandi, memang wajar karena baunya menyengat. Dilihat dari keadaan kulitnya yang memang tidak kering, sebab terdapat minyak yang diproduksi kulit sebagai pelapis dan pelembab rambut. Solusinya adalah dengan menggunakan dry shampoo yang dikhususkan untuk anjing.

Namun apabila Anda sulit menemukan dru shampoo khusus, maka bisa menggunakan bedak bayi. Penggunaannya mudah tinggal menaburkannya pada anjing chihuahua kemudian menyisir rambutnya. Dalam penyisirannya Anda perlu lakukan hingga rambut yang mati dan kotoran yang melekat jatuh. Cara ini bisa Anda lakukan secara rutin supaya rambut chihuahua bisa beregenerasi.

  • Makanan

Makanan untuk chihuahua dewasa memang harus menggunakan makanan anjing yang berkible kecil, hal ini supaya chihuahua bisa mengunyah dengan baik. Untuk kandungan protein pada makanan ada batas maksimalnya yaitu 28%.

Selain makanan Anda juga perlu memberikan nutrisi tambahan dari vitamin dan suplemen, jika gizi pada makanan kurang tercukupi. Namun harus dalam porsi yang pas dan sesuai dengan kebutuhan chihuahua. Sebab jika asupan suplemen berlebih pada chihuahua, maka bisa berdampak buruk.

  • Latihan

Setiap anjing peliharaan tentu perlu diberikan pelatihan, begitu pula dengan anjing chihuahua. Pelatihan dilakukan di luar ruangan, ini bertujuan untuk bisa membentuk bodi tubuh yang bagus. Selain itu manfaat lain dari melakukan pelatihan luar ruangan adalah membuat anjing chihuahua tidak menjadi pemalu. Anda bisa mulai melatih chihuahua jika sudah divaksinasi dengan usia tiga bulan.

Pelatihan bisa dengan mengajak jalan jalan, namun jangan terlalu lama. Berjalan jalan sekitar dua ratus hingga tiga ratus meter itu sudah cukup sebagai pelatihan. Sedangkan untuk chihuahua yang usianya lebih dari satu tahun maka latihannya bisa ditambah.  Tambahan latihan ini bisa dengan menambah jarak, ini dilakukan supaya anjing tidak merasa kesulitan dan mudah lelah. Anda bisa menggunakan metode bertahap dalam latihan dari dekat menjadi semakin jauh jaraknya.

  1. Perawatan Anjing Chihuahua yang Hamil dan Menyusui

Merawat anjing chihuahua yang hamil atau baru saja melahirkan dan menyusui maka perlu lebih diperhatikan. Seperti Anda tidak boleh memberikan anjing yang hamil dan menyusui suplemen maupun vitamin. Ini karena hanya perlu pengaturan pola makan yang baik dan berkualitas saja, baik makanan maupun cara makannya. Apabila anjing chihuahua tidak nafsu makan, tidak perlu vitamin atau suplemen cukup memberikan makanan anjing yang sudah dilunakkan dengan air hangat.

Mengapa tidak boleh memberi vitamin atau suplemen untuk chihuahua yang hamil dan menyusui? Karena dikhawatirkan vitamin dan suplemen bisa membuat janin chihuahua  terlalu banyak nutrisi sehingga ukurannya menjadi terlalu besar. Janin yang terlalu besar tentu akan menyulitkan induk pada masa kelahiran. Berbeda lagi dengan yang hanya menyusui, dan membutuhkan kalsium. Sehingga Anda tidak masalah jika memberikan suplemen kalsium dan vitamin dengan jumlah yang cukup.

Sebab keduanya ini memang membantu dalam kelancaran proses menyusui menjadi lebih lancar. Apabila nafsu makan anjing chihuahua hamil tetap saja kurang baik walau sudah diberi makanan anjing kualitas baik, maka Anda bisa memberikan makanan lain. Misalnya seperti memberikan protein yang berasal dari daging dan sumber protein lainnya. Sebagai sumber karbohidrat Anda bisa menggunakan nasi, beri garam supaya anjing chihuahua udah haus dan minumnya banyak.

Pakan yang Baik untuk Anjing Chihuahua

Pakan yang Baik untuk Anjing Chihuahua

Makanan anjing chihuahua sebenarnya sama dengan makanan anjing jenis lainnya, hanya saja ada sedikit perbedaan pada penyajiannya. Namun tetap saja Anda perlu memperhatikan mengenai jenis makanan sesuai dengan pertumbuhannya. Jadi Anda bisa menggunakan makanan yang sudah dibuat secara khusus berdasarkan tahap pertumbuhan nya. Di samping itu Anda bisa menggunakan pakan tambahan yang mengandung protein, tetapi perlu diingat lagi bahwa tidak boleh terlalu banyak memberi makanan kepada chihuahua.

Melihat lagi dari ukuran anjing chihuahua yang mungil, memang tidak akan elok jika diberi makan yang terlalu banyak. Bahan dan kandungan makanan chihuahua juga perlu Anda perhatikan. Sebab kegemukan pada anjing chihuahua merupakan salah satu masalah kesehatan. Jadi Anda perhatikan makanannya dan jangan pilih makanan anjing yang mengandung bahan yang bisa menyebabkan kegemukan pada chihuahua.

Sehingga lebih baik Anda memilih makanan anjing yang memiliki bahan utama daging. Dan untuk membuat asupan nutrisinya seimbang Anda bisa memberikan biji bijian. Sedangkan untuk porsi makannya, untuk chihuahua dewasa pelru seperempat hingga tiga perempat cangkir makanan anjing kering setiap makan. Jika perlu Anda bisa mengganti makanan kering sebagian dengan makanan anjing yang kaleng.

Kesimpulannya, Anda perlu memperhatikan lagi dan lebih berhati hati dalam memilih pakan untuk chihuahua. Pilih yang sesuai dan cocok, paling utama adalah kehigenisan dari makanan anjing tersebut. Ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya alergi dan penyakit pada anjing chihuahua.

ANJING CIHUAHUA “Perawatan Kandang Anjing Chihuahua yang Tepat”

ANJING CIHUAHUA "Perawatan Kandang Anjing Chihuahua yang Tepat"

Ketika memelihara hewan, maka perawatan kandang selaku tempat tinggalnya memang sangat penting. Untuk perawatan anjing chihuahua sendiri tergolong tidal terlalu sulit. Tentunya hal yang pasti Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan kandang dan jangan sampai kotor. Sebab chihuahua merupakan anjing yang rentan terserang penyakit, sehingga kebersihan kandang sangat berpengaruh. Anda perlu tahu cara membersihkan kandangnya dengan benar seperti berikut ini.

  1. Anda perlu menyiapkan sarung tangan dan kantong plastik supaya lebih higenis.
  2. Sebelum Anda mulai membersihkan kandang chihuahua, Anda perlu memasang sarung tangan. Ini bertujuan supaya tangan Anda tetap higenis dan tebebas dari kuman. Akan lebih baik lagi jika Anda melindungi hidung dan mulut dengan masker.
  3. Kalau sudah, Anda bisa membersihkan kotoran yang ada di kandang chihuahua dan memasukkannya ke dalam kantong plastik.
  4. Kalau kotoran sudah tidak ada, tentu meninggalkan bekas dan itu juga tidak bersih. Sehingga Anda bisa membersihkannya dengan air semprotan keran.
  5. Mengapa harus air keran? Sebab air keran itu mengalir sehingga tidak akan menimbulkan genangan air yang menjadi sarang bakteri.
  6. Pembersihan kandang anjing chihuahua harus dilakukan secara rutin, kalau bisa setiap tiga hari sekali.
  7. Tidak boleh ketinggalan adalah membersihkan wadah makanan dan minuman anjing chihuahua. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan sikat supaya lebih bersih.
  8. Sedangkan untuk selimut maupun kain yang digunakan chihuahua sebagai tempat tidur juga perlu dibersihkan dengan deterjen.
  9. Apabila kandang anjing chihuahua terbuat dari semen, ada baiknya tidak membuat kandang yang licin. Sebab chihuahua adalah anjing yang aktif, dikhawatirkan bisa melukai chihuahua.

Cara Mengawinkan Anjing Chihuahua dengan Benar

Perkawinan anjing chihuahua sama dengan pada umumnya, yaitu memerlukan satu betina dan satu jantan. Tentunya kedua indukannya perlu memenuhi standar yaitu kriteria FCI. Tentunya apabila indukannya memenuhi kriteria FCI maka bisa menghasilkan anakan yang lebih berkualitas dan perkembangannya baik. Untuk usia indukannya ada batasnya yaitu minimal 12 bulan atau satu tahun. Ini supaya ketika hamil rahim induk tidak terlalu kasar yang bisa membuat betinanya sulit.

Dalam proses pengawinan indukan, Anda bisa menempatkan kedua indukan dalam satu kandang yang sama. Kandangnya berukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, yaitu sekitar 100 cm x 50 cm.  Untuk pemilihan indukan betina, Anda perlu yang sedang dalam masa menstruasi. Sedangkan untuk masa menstruasi anjing chihuahua betina adalah dua kali dalam satu tahun.

Biasanya pilihan waktu yang paling baik untuk mengawinkan kedua indukan adalah antara hari ke sembilan hingga ke empat belas masa menstruasi. Tentunya betina yang sedang dalam masa menstruasi memiliki ciri vagina yang membengkok, membesar, dan keras. Tentunya jika dalam masa menstruasi betina akan mengeluarkan darah pada vagina. Dalam satu periode menstruasi akan lebih baik melakukan dua kali perkawinan.

Yang dimaksudkan adalah apabila anjing chihuahua dikawinkan hari ini, maka besoknya bisa dikawinkan lagi. Ini dilakukan untuk berjaga jaga, misalnya pada hari ini kualitas perkawinannya kurang bagus maka mungkin saja besoknya bagus. Kehamilan chihuahua bisa dilihat dari hari pertama perkawinan. Biasanya anjing chihuahua yang hamil memiliki ciri ciri putingnya berwarna pink dengan perut yang membesar.

Puppies atau Anak Anjing Chihuahua

Puppies atau Anak Anjing Chihuahua

Setelah masa kehamilan, biasanya induk betina chihuahua akan melahirkan anakan. Anakan yang dilahirkan biasanya berjumlah satu sampai tiga ekor. Karena anakan yang dilahirkan memang memiliki ukuran kepala yang relatif besar, sedangkan induknya yang mungil tentunya akan mudah kelelahan. Itulah mengapa ketika anjing chihuahua melahirkan memerlukan bantuan dari dokter hewan yang sudah profesional.

Bahkan saking sulitnya chihuahua ketika melahirkan, tidak jarang yang melakukan operasi sesar. Pada umumnya anakan anjing chihuahua yang baru lahir memiliki bobot antara enam puluh hingga sembilan puluh gram dengan panjanag sepuluh cm. Hanya saja anakan anjing chihuahua memang memiliki risiko kematian yang tinggi. Sedangkan untuk proses perkembangannya memang lebih cepat apabila dibandingkan dengan ras yang lain.

Untuk anjing chihuahua yang berusia empat bulan saja bisa memiliki tinggi yang sama dengan anjing chihuahua yang sudah dewasa. Makanya anakan chihuahua perlu diperhatikan secara khusus, bahkan baru berusia satu jam saja risiko terserang penyakit sangat besar. Apabila tidak diperhatikan secara khusus maka akibatnya bisa membuat ketidaksempurnaan pada pertumbuhan dan perkembangannya.

Anjing Chihuahua yang Rentan Masalah Kesehatan

Anjing chihuahua sama dengan ras anjing lain, sama sama bisa memiliki masalah kesehatan. Penyakit yang mudah menyerang anjing chihuahua seperti pergeseran lutut, slipped stifle, serta rematik. Selain itu masalah lainnya selain pada kaki adalah seperti flu, kegemukan, serta masalah kesehatan gusi. Makanya Anda perlu menghindari pemberian produk yang bisa mengakibatkan penyakit ini pada chihuahua.

Contoh produknya adalah seperti pupuk tanaman dan cokelat yang bisa memberikan dampak buruk pada chihuahua. Karena ukurannya yang kecil, makanya sedikit saja produk bersangkutan bisa memberikan dampak yang besar pada chihuahua. Sebagian besar anakan chihuahua memang dilahirkan dengan operasi sesar, sebab ukuran kepalanya yang lebih besar ketimbang tubuhnya. Bahkan ketika baru berusia dini pun anak chihuahua sangat rentan terhadap penyakit.

Salah satunya adalah terjadinya patah tulang pada anjing chihuahua akibat dari kecelakaan. Ada kebiasaan dari anak anjing chihuahua ketika tidur, yaitu mendesah dan mendengkur sebab ia memiliki tubuh yang mungil dan moncong pendek. Makanya Anda perlu memberikan perhatian khusus kepada anakan anjing chihuahua. Apabila Anda menemukan gejalan dan kejanggalan pada anak chihuahua, maka bisa segera konsultasi kepada dokter hewan. Supaya jika terjadi masalah Anda bisa mengantisipasi dan mencegah masalah lebih serius.

Adanya berbagai penyakit pada anjing chihuahua tentu bisa mengancam kesehatan dan daya hidupnya. Bahkan adanya penyakit pada chihuahua bisa memengaruhi perilakunya sehingga menjadi berbeda. Maka Anda perlu meneliti dan tahu mengenai penyakit dari anjing chihuahua yang Anda pelihara.

Fakta Anjing Chihuahua yang Perlu Anda Tahu

Fakta Anjing Chihuahua yang Perlu Anda Tahu

Sebelum Anda mengadopsi anjing chihuahua, maka perlu tahu berbagai fakta penting chihuahua.

  1. Anjing chihuahua merupakan ras anjing yang paling kecil, bahkan panjangnya hanya sampai empat inchi. Walaupun ras anjing paling kecil namun tampilannya gagah dan keren.
  2.  Anjing chihuahua adalah anjing yang memiliki sifat ramah, jadi bisa berdampingan apabila hidup dengan spesies lain. Misalnya saja kelinci, kucing, maupun anjing ras lainnya.
  3. Anjing chihuahua memiliki tiga penyebab utama ketika meninggal yaitu penyakit jantung, trauma, dan infeksi. Hal ini didasarkan pada penelitian atau studi yang dilakukan oleh Georgia University.
  4. Anjing chihuahua merupakan ras anjing yang bertipe peliharaan dan pendamping.
  1. Chihuahua merupakan jenis anjing yang setia dengan pemiliknya, bahkan saking setianya ia bisa protektif. Meskipun begitu ia bisa dengan mudah bersosialisasi baik dengan manusia maupun dengan hewan lainnya.
  2. Masa hidup dari anjing chihuahua merupakan yang paling panjang daripada ras lainnya. Hidup anjing chihuahua bisa sampai sepuluh hingga delapan belas tahun.
  3. Apabila Anda memelihara anjing chihuahua maka jangan menyalakan pendingin ruangan di tempat kandangnya. Sebab ia akan menjadi kedingian dan menggigil, dan tidak tahan dengan udara dingin.
  4. Kepopuleran anjing chihuahua ada di urutan ke delapan belas di dunia.
  5. Anjing chihuahua memiliki variasi corak rambut dengan kombinasi yang paling banyak jenisnya apabila dibandingkan dengan ras anjing yang lain. Baik yang memiliki rambut panjang maupun yang pendek sama sama halus.
  6. Anjing ras chihuahua pertama kali ditemukan di wilayah perbatasan dari negara Meksiko. Itulah mengapa anjing ini disebut sebagai anjing amazon dan anjing texas karena wilayah penemuannya.
  7. Meskipun ukurannya kecil, anjing chihuahua merupakan ras yang tertua di dunia. Terdaftarnya anjing chihuahua di AKC adalah tahun 1904, sedangkan AKC berdiri pada tahun 1877.
  8. Pada iklan Taco Bell terdapat anjing chihuahua yang berjenis kelamin betina dengan nama Gidget. Iklan ini tayang antara tahun 1994 hingga 2009, dan Gidget sendiri sudah mat pada tahun 2009.

Memelihara anjing chihuahua merupakan suatu hal yang menyenangkan, hanya saja memang memerlukan perhatian khusus. Mulai dari kesehatan, kebersihan, perawatan, pengawinan, hingga perilakunya. Sebab anjing chihuahua bisa dibilang sensitif dengan perilaku yang bisa berlebihan serta rentan terhadap penyakit.

ANJING CHIHUAHUA : Karakter, Ciri, Varian, Cara Rawat, Fakta Unik Dll

Advertisements

Leave a Reply