Anjing Golden : Karakteristik, Variasi Jenis, kelebihan, Harga (Lengkap) 1

Anjing Golden : Karakteristik, Variasi Jenis, kelebihan, Harga (Lengkap)

Anjing Golden – Anda termasuk orang yang suka dengan hewan peliharaan? Memelihara hewan seperti kucing, kelinci, burung atau bahkan anjing memang dapat menjadi kesenangan tersendiri. Apalagi jika Anda suka dengan hewan yang memiliki bulu lebat dan halus seperti yang dimiliki anjing golden.

Anjing golden memang bisa dikatakan anjing yang serba bisa, karena tidak hanya bisa dijadikan hewan peliharaan namun juga bisa menjadi hewan penjaga rumah ataupun partner kepolisian. Selain itu, ketangkasan dan kelincahan anjing golden sering kali mencuri perhatian khalayak. Apalagi dengan postur tubuhnya yang lumayan besar, gagah dan kepintarannya menjadikan anjing golden ini lebih unggul dari anjing jenis lain.

Asal Muasal Anjing Golden Retrivier

Asal Muasal Anjing Golden Retrivier

Sebenarnya orang pertama yang memperkenalkan Anjing Golden kepada khalayak adalah Sir Dudley Coutts Marjoribanks MP atau biasa disebut Lord Tweedmouth, dia adalah seseorang yang gemar berburu. Dia dan keluarganya tinggal di Brook House Park Lane, London dan tempat berburu yang menjadi kegemarannya adalah Skotlandia. Hal inilah yang membuat Lord Tweedmouth memilih untuk membangun Guischan Estate yang merupakan tempat peristirahatan yang dibangun pada tahun 1854.

Akibat hobi berburunya tersebut Lord Tweedmouth mulai menginginkan seekor anjing yang bisa menjadi pendampingnya saat berburu. Dia mendambakan seekor anjing yang tidak hanya pandai berburu tapi juga mengantarkan hasil buruan padanya. Padahal saat itu dia juga telah memiliki seekor anjing berjenis water spaniel yang ukurannya mirip dengan anjing retrivier berbulu merah hati. Secara kebetulan pula ia mendapat hadiah seekor anjing yellow retrivier yang diberi nama Nous.

Kemudian, Lord Tweedmouth pun mengawinkan Belle dan Nous dengan harapan akan mendapatkan keturunan seekor anjing yang pandai berburu. Ternyata hasil dari perkawinan tersebut adalah lahirnya 3 ekor anjing berbulu kuning yang diberi nama Crocus, Cowslip, dan Primrose. Dari ketiga anak anjing inilah cikal bakal Golden Retrivier mulai muncul.

Lord Tweedmouth tetep kukuh dengan keinginannya, sehingga dari tahun 1889-1890 perkawinan silang terus dilakukan. Namun naasnya pada 1894 Lord Tweedmouth dinyatakan meninggal dunia. Meski begitu proses perkembangbiakan golden retrivier tetap berlanjut hingga pada keturunannya yaitu Lady Pentland. Dia membawa Golden Retrivier keluar dari Negara asalnya dan membawa anjing tersebut ke Amerika Utara dan beranak disana. Sejak itulah anjing jenis ini mulai dikembangbiakkan secara aktif di Amerika dan Canada.

Karakteristik Anjing Golden

Karakteristik Anjing Golden

  • Memiliki sikap yang ramah sehingga mudah jinak kepada siapa saja
  • Termasuk anjing yang setia, dan mudah bersahabat dengan manusia
  • Termasuk anjing yang mdah dilatih karena memiliki insting yang tajam
  • Anjing yang periang sehingga bisa menjadi penghibur pemiliknya
  • Anjing golden termasuk anjing yang ramah anak sehingga tetap aman meski tetap harus diawasi
  • Ramah terhadap anjing lain atau tidak terlalu agresif
  • Selalu berenergi dan bukan anjing pemalas

Ciri-Ciri Anjing Golden

Ciri-Ciri Anjing Golden

Sudah tidak terelakkan lagi bahwa telah banyak jenis anjing yang ada di dunia ini. Namun, setiap anjing pasti memiliki ciri tertentu yang membedakannya dari anjing lainnya. Oleh karena itu, anjing golden pun memiliki ciri-ciri tertentu yang pasti untuk membuatnya mudah dikenali. Berikut ciri-ciri anjing golden:

  • Ekor dari anjing golden sejajar dengan punggung yang panjangnya bisa mencapai hock atau siku belakang
  • Memiliki bulu dengan panjang sedang di bagian belakang kaki depan serta bagian bawah badannya.
  • Berbulu rata dan pendek di bagian kepala, telapak kaki, dan kaki bagian depan
  • Berbulu lebat di bagian bawah ekor, leher, serta belakang paha
  • Bulu yang ada dibadannya lurus dan panjang
  • Bulu yang dimilikinya juga tebal dan tahan air
  • Telinganya berukuran sedang sedangkan hidungnya berwarna coklat gelap sampai hitam
  • Apabila terkena sinar matahari bulu dari anjing golden akan menjadi lebih keemasan. Meski begitu tiap anjing dengan jenis yang sama memiliki tingkat kecerahan bulu yang berbeda-beda
  • Memiliki mata berwarna gelap serta lingkaran mata yang cenderung gelap juga
  • Ukuran anjing jantan dan betina berbeda, untuk anjing jantan ukurannya mulai dari 23 sampai 24 inci, sedangkan untuk anjing betina tingginya mencapai 21,5 hingga 22,5 inci
  • Bentuk telapak kakinya bulat layaknya seekor kucing

Kelebihan Anjing Golden

Kelebihan Anjing Golden

Setiap anjing memiliki kelebihan sendiri-sendiri, namun kelebihan yang dimiliki anjing golden biasanya tidak banyak dimiliki oleh anjing jenis lain. Kelebihan anjing golden secara garis besar ada tiga macam, yaitu:

  1. Anjing penyelamat

Anjing penyelamat

Aning golden memiliki sikap ramah, penyayang dan setia terhadap majikannya. Maka tidak salah jika anjing ini merupakan jenis anjing penyelamat dan sudah terkenal di Negara Amerika. Bahkan di Negara tersebut golden retrivier ini telah banyak dilatih untuk mengikuti misi kepolisian seperti pelacakan narkoba ataupun bom. Tidak hanya itu, anjing golden juga mampu menolong korban bencana yang membutuhkan perawatan secepatnya.

 

  1. Anjing pelayan

Anjing pelayan

Selain menjadi anjing penyelamat, golden retrivier juga bisa menjadi pelayan yang patuh. Maka tak ayal jika hal ini dimanfaatkan oleh sebagian besar penduduk Amerika dan Jepang. Karena anjing golden ini memiliki tingkat kepintaran yang tinggi sehingga melatihnya bukanlah menjadi hal yang sulit. Selain itu, anjing jenis ini juga selalu ceria sehingga biasa dimanfaatkan untuk menghibur penderita kanker dan menjadi penuntun jalan untuk orang buta dan masih banyak lagi.

 

  1. Aning penggembala

Aning penggembala

Anjing golden memiliki kemampuan berlari yang baik dan lincah. Oleh karena itu di Negara Jerman anjing jenis ini sering kali dimanfaatkan untuk menggembala hewan ternak. Anjing golden pandai dalam melakukan pengawasan dan pengarahan terhadap hewan lain. Selain itu dengan kecerdasan dan kelincahannya golden retrivier merupakan anjing yang dapat diandalkan..

Faktor-Faktor Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anda Memelihara Anjing Golden

Faktor-Faktor Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anda Memelihara Anjing Golden

Sebelum memelihara anjing golden retrivier, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Tempat tinggal

Selain biaya, tempat tinggal juga merupakan fakktor penting yang harus diperhatikan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa anjing golden termasuk anjing yang lincah dan bebas. Sehingga tempat tinggal yang luas akan membuatnya leluasa dan bebas bermain. Sifat alamiah inilah yang menjadi pertimbangan jika Anda tinggal di apartemen ataupun rusun, pikirkan lagi keputusan Anda.

 

  1. Adopsi

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas dan  Anda ingin menadopsi anjing golden, maka pastikan anjing tersebut memiliki status yang jelas. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir Anda membeli anjing hasil curian. Selain itu, memperhatikan asal-usul anjing juga mencegah adanya penipuan keturunan ras anjing tersebut.

 

  1. Biaya

Semua jenis hewan pasti memerlukan biaya untuk perawatannya, maka tidak berbeda halnya dengan ajing golden. Biaya yang dikeluarkan untuk pakan dan perawatan juga harus diperhatikan.

Oleh karena itu, memperhatikan biaya yang dikeluarkan sebelum memelihara anjing golden sangat diperlukan. Hal ini dilakukan agar perhitungan tepat dan tidak mengusik kebutuhan sehari-hari Anda. selain itu, tidak sedikit orang yang mengabaikan pembiayaan sehingga ketika uang habis, mereka lebih memilih membuang anjing tersebut.

  1. Kebebasan

Interaksi antara Anda dan anjing peliharaan Anda juga diperlukan. Sehingga Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk memberinya perhatian secara khusus. Hal inilah yang mungkin akan membuat kebebasan Anda sedikit berkurang. Hadi, alangkah baiknya Anda pikirkan secara matang, jangan sampai karena tidak bisa meluangkan waktu Anda membiarkan anjing golden seperti tidak terawat.

  1. Waktu

Pertanyaan sederhhana seperti apakah Anda memiliki waktu untuk merawat seekor anjing?, atau Bagaimana Anda merawat anjing tersebut di sela pekerjaan yang padat?. Merupakan  hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

Seandainya Anda memang orang yang sangat sibuk maka urungkan dulu niat Anda untuk memelihara anjing golden. Hal ini dikarenakan anjing golden membutuhkan perhatian ekstra agar tidak membuat anjing tersebut stress.

Variasi Jenis Anjing Golden

Variasi Jenis Anjing Golden

Jenis anjing golden secara umum terbagi menjadi dua yaitu anjing golden tipe Inggris dan anjing golden tipe Amerika, yang tentunya juga memiliki karakteristik masing-masing.

  1. Tipe anjing golden Inggris

Tipe anjing golden Inggris

Untuk membedakannya dengan tipe lain, anjing golden Inggris memiliki tulang berukuran besar dengan kepala menyiku dan moncong yang terlihat lebih berat dan berisi. Anjing golden tipe Inggris memiliki beberapa variasi garis keturunan yaitu Amerika, Australia, dan Eropa.

Untuk ukuran sendiri antara anjing jantan dan betina juga berbeda. Anjing tipe inggris yang berkelamin jantan memiliki panjang mulai dari 56 cm hingga 61 cm, sedangkan untuk anjing golden tipe inggris betina memiliki panjang mulai dari 51 cm hingga 56 cm.

 

  1. Tipe anjing golden Amerika

Tipe anjing golden Amerika

Ukuran tubuhnya sedikit lebih gemuk dan pendek dibanding anjing golden tipe Inggris. Golden retrivier tipe amerika ini memiliki koordinasi yang baik, selain itu gaya berjalannya juga bebas dan lembut. Untuk ukuran tubuh anjing golden tipe Amerika ini mulai dari 56 cm hingga 61 cm untuk yang berkelamin jantan dan 55 cm hingga 57 cm untuk yang berkelamin betina. Salah satu ciri khas yang paling membedakan adalah mata yang berbentuk seperti segitiga dan terpisah.

Cara Merawat Anak Anjing Golden

Cara Merawat Anak Anjing Golden

Merawat anjing golden yang masih anakan biasanya lebih membutuhkan perhatian ekstra mulai dari pakan dan perawatan. Tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk merawat anak anjing golden.

  1. Memilih makanan anak anjing golden

Pemilihan makanan adalah faktor penting dalam pemeliharaan. Tentunya memilih pakan yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan anakan tersebut. Selain itu, bulu lebat yang dimiliki anjing golden membutuhkan nutrisi yang berasal dari makanan sehari-harinya. Sehingga memilih makanan dengan nutrisi yang baik akan menyehatkan tubuhnya dan bulunya.

  1. Kenali karakter dan sifat dari anjing golden

Mengenali sifat dan karakter yang dimiliki anjing golden akan memudahkan ANda berinteraksi dengan hewan peliharaan Anda. selain itu, dengan mengetahui sifat dan karakteristiknya akan juga akan mempermudah perawatan. Jika Anda mengadopsi anak anjing golden beserta induknya, maka dekatkan keduanya hingga beberapa waktu. hal ini dilakukan agar anakan dari anjing golden dapat tumbuh secara optimal.

  1. Perhatikan bulu dari anjing golden retrivier

Bulu yang lebat membutuhkan perhatian khusus agar tetap indah dan terawatt. Oleh karena itu agar tidak mudah rontok Anda bisa menyisir bulu anjing golden secara teratur. Bulu yang sehat adalah yang terbebas dari kutu, luka dan jamur, jadi hal seperti ini tetap harus menjadi perhatian. Untuk merapikan bulunya gunakan sisir yang khusus untuk anjing.

  1. Ajaklah bermain dan bersenang-senang

Agar anak anjing golden tidak mengalami stress, ajaklah dia bermain-main. Oleh sebab sifat alamiah tersebut penting adanya untuk mengajak anak anjing tersebut bersenang-senang agar dapat tunbuh optimal dan bisa menyalurkan sifat alamiahnya. Namun, tetap harus diberi pengawasan karena anjing golden masih belum terlatih.

Anda bisa mengajaknya untuk sekedar berjalan-jalan disekitar lingkungan rumah maupun kompleks. Hal ini tidak harus dilakukan setiap hari, jadwalkan saja aktivitas semacam ini. Selain berjalan-jalan Anda juga bisa memainkan lempar tangkap untuk melatih kelincahan anak anjing, Anda bisa menggunakan bola tenis atau bola kecil yang sudah tidak digunakan.

Cara Merawat Anjing Golden yang sudah Dewasa

Cara Merawat Anjing Golden yang sudah Dewasa

Merawat anjing golden anakan dengan yang sudah dewasa tentunya sangat berbeda. Selain itu, perawatannya juga tidak serumit ketika masih anakan.

  1. Melakukan perawatan bulu

Memiliki anjing golden dewasa Anda harus telaten dalam perawatan bulunya yang lebat. Untuk itu, bersihkan bulu anjing golden setiap hari dengan mengelaonya menggunakan kanebo basah. Hal ini dilakukan agar bulu anjing golden tetap terjaga kebersihan dan kelembapannya. Selain itu, Anda perlu melakukan perawatan seperti pemberian nutrisi yang baik untuk kesehatan bulunya agar tidak ditumbuhi kutu dan menjaganya dari kerontokan.

Oleh karena itu, secara berkala Anda bisa membawa njing golden dewasa melakukan perawatan salon agar lebih lengkap.

  1. Lakukan perawatan harian

Anjing retrivier jenis ini memang termasuk anjung yang suka bermain. Maka dari itu, penting kiranya Anda meluangkan waktu untuk merawatnya dengan penuh perhatian agar anjing tidak mengalami stress. Selain itu, Anda diharapkan mau mengajaknya untuk sekedar berjalan-jalan di area sekitar rumah Anda.

Saat Anda ingin keluar rumah atau bekerja, sedangkan tidak ada siapapun di rumah Anda. Maka sebaiknya Anda memasukkan anjing golden ini kembali ke kandanganya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar anjing tidak mengganggu orang lain dan menelan benda yang tidak baik. Selain itu, mengembalikan anjing golden ke kandang akan melatih kedisiplinan dan juga meminimalisir resiko seperti tersengat listrik.

  1. Pemberian asupan makanan

Untuk memberi makan sesuaikan dengan kondisi anjing. Saat ini sudah banyak jenis makanan anjing yang beredar di pasaran. Misalnya jika anjing yang Anda miliki sedang hamil atau menyusui, maka Anda bisa memberiinya dog food dengan kualitas premium. Sedangkan jika anjing golden dalam posisi idle berikan dog food dengan kualitas sedikit di bawah premium. Hal ini perlu dilakukan agar kebutuhan nutrisinya tetap terjaga secara efektif.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui kondisi anjing Anda serta kebiasaaa-kebiasannya. Sehingga Anda bisa memilih makanan anjing yang tepat tanoa mengganggu pencernaan anjing. Pemberian makanan dengan takaran yang pas dapat Anda konsultasikan pada ahli hewan atau melakukan beberapa kali percobaan dengan beberapa merk yang dijual.

Syarat Kandang Anjing Yang Baik

Syarat Kandang Anjing Yang Baik

Kandang adalah tempat hidup anjing dan merupakan faktor penting sebelum memeliharanya. Agar anjing Anda dapat hidup dengan nyaman, ada beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum membuat kandang anjing.

  • Anda harus memastikan kandang tersebut tiidak membuat anjing Anda kepanasan atau terpapar sinar matahari, sehingga sediakan tempat berteduh. Untuk ukuran sekitar 30 : 70 atau 40 : 60
  • Pastikan anjing leluasa untuk bermain dengan menyediakan ruang yang cukup untuknya
  • Berikan anjing Anda tempat yang tepat untuk membuang kotoran agar tidak sembarangan
  • Agar lebih efektif, tempat berteduh yang dibuat dianjurkan untuk menghadap ke Timur. Hal ini akan mencegah anjing Anda tersorot sinar matahari sore
  • Kebutuhan oksigen dalam kandang harus baik, sehingga buatlah ventilasi pada kandang anjing
  • Lantai tempat anjing berteduh juga usahakan agak miring agar tidak ada air yang menggenang
  • Anda bisa menanami rumput kecil di area bermain anjing, atau Anda juga bisa memilih semen untuk alasnya
  • Sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah anjing yang Anda miliki

Pakan Terbaik Untuk Anjing

Mengetahui usia dari aning golden peliharaan Anda sangat diperlukan, karena pemberian pakan juga harus disesuaikan dengan usia anjing tersebut. Agar pemberian pakan dapat berjalan dengan efektif dan sesuai dengan taap pertumbuhannya perhatikan takarannya. Jika anjing Anda masih berusia 1 hingga 2 tahun, maka Anda bisa memberinya pakan yang biasa dipasarkan di pet shop. Namun, tetap penting adanya memberikan vitamin tambahan pada anjing untuk menunjang pertumbuhannya.

Selanjutnya, anjing yang sudah berusia 2 tahun atau lebih, tidak akan bisa mengalami pertumbuhan lagi. Sehingga, pemberian makan dengan kalsium tinggi dapat dikurangi. Oleh karena itu Anda bisa menggantikan pakan tersebut dengan memberinya jeroan sekitar 2 kg erhari. Selain itu, untuk menjaga kesehatan anjing golden berikan dia vaksin minimal satu kali setiap tahun.

Selain makanan utama, Anda juga bisa memberi makanan pendamping seperti madu, sayuran yang dikukus, telur rebus dan lain sebagainya. Makanan sampingan tersebut diberikan agar kebutuhan nutrisi anjing terpenuhi dan pertumbuhannya pun optimal. Namun, Anda juga harus selektif dalam memilih makanan pendamping, karena tidak semua anjing cocok dengan semua makanan pendamping.

Perawatan Kandang Anjing Golden

Selain tubuh, salah satu hal yang harus dirawat adalah kandang anjing. Hal ini dikarenakan di tempat itulah anjing Anda biasa menghabiskan waktu.

  1. Membersihkan kotoran anjing

Selain kebersihan kandang, Anda juga harus rajin membersihkan kotoran anjing yang ada pada little box. Kotoran yang lama tidak dibersihkan akan menyebabkan area sekitar menjadi bau. Selain itu, berbagai bakteri dan virus akan cepat berkembang. Maka dari itu, bersihkan kotoran anjing Anda pada pagi hari secara rutin.

  1. Bersihkan kandang secara terjadwal

Untuk menjaga kesehatan anjing Anda, melakukan pembersihan kandang juga penting adanya. Apalagi jika anjing tersebut jarang bermain di luar kandang, maka dipastikan kandang tersebut akan lebih kumuh dan kotor. Al inilah yang akan menyebabkan bakteri dan virus cepat berkembang. Untuk menghindari hal tersebut, jagalah kebershan anjing Anda agar tiidak menjadi sarang penyakit.

  1. Mencuci kandang anjing

Selain menjaga kebersihan tubuh anjing, kebersihan kandang sudah selayaknya menjadi perhatian. Sehingga Anda diharuskan untuk mencuci kandang anjing seminggu sekali untu menjaga kebersihannya. Anda bisa menggunakan sabun cair ataupun serbuk, karena yang terpenting jangan lupa untuk menyikat bagian kandang agar terlihat bersih dan terawatt dan anjing Anda pun dapat dengan nyaman berada di kandangnya.

Cara Mengawinkan Anjing Golden

Cara Mengawinkan Anjing Golden

Perkawinan anjing tidak harus memiliki cara tertentu karena anjing biasanya dapat kawin secara alami. Namun untuk anjing rumahan karena tidak terlalu agresif membutuhkan beberapa bantuan untuk membantu proses perkawinan. Agar anjing golden tidak kawin dengan anjing liar perlu adanya pengawasan.

  1. Anjing pejantan akan memiliki insting sendiri untuk melakukan proses perkawinan. Oleh karena itu, Anda hanya perlu mengkondisikan anjing betina agar rileks dan tidak berontak saat mulai proses kawin. Namun,memang ada sebagian anjing jantan yang belum memiliki inting melakukan perkawinan. Oleh Karena itu Anda dapat membantu proses perkawinan tersebut menaiki punggung betina dan membantu proses masuknya kelamin jantan pada kelamin betina.
  2. Saat proses perkawinan sedang berlangsung kondisikan anjing betina agar tidak terlalu aktif bergerak. Hal ini dilakukan agar anjing jantan lebih mudah menaiki punggung anjing betina. Anda bisa memegangi ekon anjing betina agar kelamin dapat terbuka. Yang perlu diingat adalah kebersihan tangan Anda sebelum membantu proses perkawinan.
  3. Saat kedua cara di atas telah dilakukan dengan benar, maka tahanlah kelamin anjing jantan hingga besar dan terkunci. Setelah itu, buatlah posisi kedua anjing tersebut menjadi saling membelakangi
  4. Pada proses perkawinan inilah sperma anjing jantan akan masuk ke dalam rahim anjing betina. Untuk lamanya proses perkawinan biasanya berkisar antara 5 sampai 20 menit.
  5. Pada saat proses perkawinan tersebut selesai, jangan biarkan anjing betina terlalu aktif bergerak agar kandungannya tetap terjaga dan tidak mengalami keguguran
  6. Proses perkawinan ini bisa Anda ulangi sehari setelahnya. Hal ini dilakukan untuk memperbesar tingkat keberhasilan perkembangbiakan

Cara Menjaga Kesehatan Anjing Golden

Cara Menjaga Kesehatan Anjing Golden

Apapun jenis binatang peliharaannya, tentu perlu dijaga kesehatannya agar tidak mudah terjangkit penyakit. Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara merawat kesehatan anjing golden agar tetap sehat, berikut kami paparkan untuk lebih jelasnya.

  1. Cek kondisi anjing setiap hari

Hal ini dilakukan untuk mencegah hewan peliharaan Anda terserang penyakit kulit maupun penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, dengan memperhatikan kondisi anjing setiap hari Anda akan mengetahui bagaimana solusi penyelesaian masalahnya. Proses pengecekan seperti dengan memperhatikan gerak-geriknya, pola makannya, dan lain sebagainya. Jika ada yang tidak beres Anda bisa langsung bisa menindaklanjuti hal tersebut dengan membawanya ke klinik hewan.

  1. Menjaga keseimbangan pola makan

Nutrisi yang masuk dalam tubuh anjing juga perlu diperhatikan. Maka dari itu, memberi makanan pada anjing dengan porsi yang tepat sangatlah dianjurkan, jangan sampai terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Hal ini dilakukan agar anjing peliharaan Anda terbebas dari masalah-masalah seperti kekurangan gizi ataupun obesitas.

  1. Pemberian minum yang cukup

Setiap makhluk hidup membutuhkan air untuk melakukan aktivitas, tidak terkecuali anjing. Pemberian air minum yang bersih dan sesuai dengan kebutuhan anjing akan mencegahnya mengalami dehidrasi. Untuk waktu pemberian minum ini Anda bisa memberikannya saat anjing selesai beraktivitas maupun setelah makan.

  1. Grooming

Grooming adalah seni memelihara dan membersihkan bagian-bagian tubuh. Anjing golden merupakan anjing dengan bulu yang lebat, sehingga grooming ini diperlukan untuk mencegah datangnya penyakit kulit. Selain itu, bulu yang dirawat dengan baik akan memberikan kenyamanan tersendiri untuk anjing Anda. Lakukan groming 3 sampai 6 minggu sekali, Anda juga bisa menyewa jasa grooming agar lebih praktis.

Harga Anjing Golden Di Pasaran

Kualitas anjing golden akan mempengaruhi penentuan harga jual. Sehingga untuk mengetahui seberapa berkualitas anjing golden tersebut dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Selain itu, penting adanya mengetahui sertifikat asal-usul anjing tersebut untuk mengetahui kisaran harga anjing golden.

Selanjutnya, harga anjing golden juga akan meingkat jika dia memiliki prestasi tertenttu. Misalnya jika anjing tersebut pernah memenangkan kontes tertentu, maka sudah pasti memiliki harga jual yang tinggi dibandingkan yang tidak memiliki prestasi. Selain itu, harga anjing golden juga akan meningkat pada anakan yang induknya berprestasi.

Untuk lebih detailnya, berikut table harga anjing golden yang ada di pasaran:

Jenis anjingHarga

 

Non-StanboomRp 1.500.000 – Rp 2.000.000

 

StamboomRp 5.000.000

 

Stamboom full vaksin

 

Rp 5.500.000
Best Quality/importRp 9.000.000

 

 

Periode Kawin Anjing Golden

Perkawinan dapat dilakukan saat anjing jantan masuk pada masa subur. Karena pada saat seperti ini penciuman anjing golden menjadi semakin tajam sehingga dapat mencium hormone pheromones yang dikeluarkan oleh anjing betina dari radius 5 km. Saat musim kawin tiba anjing jantan akan semakin gencar mendekati anjing betina. Bahkan terkadang akan terjadi pertarungan antar sesama anjing jantan untuk memperebutkan anjing betina.

Sedangkan untuk anjing betina hanya dapat kawin saat mencapai masa subur yaitu saat anjing berumur 6 – 7 bulan. Masa mens ini dapat berlangsung setiap 6 bulan sekali. Masa subur pada anjing betina berkisar antara 8 – 14 hari dari loop pertama, namun semuanya itu tergantung dari kondisi kesuburan anjing yang berbeda-beda.

Ciri betina siap dikawinkan adalah:

  • Alat kelamin anjing betina terlihat bengkak dan mengeluarkan cairan berwarna pink serta lender bening
  • Saat didekatkan dengan anjing jantan dan tersentuh, anjing betina akan kaku dan terdiam
  • Kelamin anjing betina yang masuk masa kawin akan empuk jika disentuh dan ketika buntutnya sedikit ditekan anjing betina akan spontan bergerak

Memelihara anjing dengan jenis apapun tetap harus memperhatikan perawatannya. Hal ini dikarenakan setiap anjing memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Anda juga bisa melatih anjing golden milik Anda mulai dari hal kecil, misalnya buang air kecil di luar rumah. Untuk melakukan hal ini Anda bisa mengajaknya keluar rumah setelah selesai makan, dengan menggunakan pintu rumah yang sama kerap kali mengajaknya keluar. Rawatlah anjing golden Anda dengan baik seperti yang tersebut di atas, semoga bermanfaat ya dog lovers.

Anjing Golden : Karakteristik, Variasi Jenis, kelebihan, Harga (Lengkap)

Leave a Reply