ANJING DOBERMAN : Sejarah, Ciri, Jenis, Harga, Cara Rawat (Super Lengkap)

Anjing Doberman – Anjing Doberman merupakan jenis anjing yang terkenal sebagai penjaga rumah. Tidak heran jika anjing ini sering dijumpai di daerah perumahan. Apalagi perumahan terkenal sebagai daerah yang rawan terjadinya penculikan atau perampokan. Jadi menggunakan anjing ini sebagai penjaga rumah memang tepat untuk dilakukan.

Anjing Doberman memiliki kepintaran yang cukup baik dan dikenal sebagai anjing yang sangat cerdas dan aktif. Selain itu, anjing doberman juga mempunyai pendengaran dan penciuman yang sangat kuat. Jadi apabila membutuhkan hewan untuk melacak, maka anjing doberman bisa digunakan sebagai anjing pelacak.

Sejarah Anjing Doberman

Sejarah Anjing Doberman

Nama doberman merupakan nama yang diberikan oleh pemiliknya yaitu Karl Frederic Louis Dobermann. Karl Doberman merupakan salah satu orang yang menjadi penangkap anjing pada tahun 1850-an. Selain menjadi penangkap anjing, Karl juga memiliki beberapa pekerjaan seperti penjaga malam, penagih pajak dan pengawas di rumah jagal.

Dengan pekerjaan sebagai penagih hutang yang harus dijalani, membuat Karl sering dicari banyak orang yang membencinya. Hal ini memang menjadi resiko yang harus diterima oleh penagih hutang. Untuk melindungi dirinya, Karl berencana untuk mencari anjing yang bisa digunakan sebagai anjing penjaga dari orang-orang yang membencinya.

Dari keinginan tersebut, membuat Karl kemudian mencari beberapa anjing untuk dilatih supaya bisa menjaganya. Setelah dilakukan pelatihan, Karl akhirnya menemukan anjing yang memiliki fisik kuat, pintar dan juga energik. Anjing tersebut memiliki tubuh kuat dan juga bulu yang berwarna dominan hitam.

Setelah itu, masyarakat dahulu memberikan nama panggilan doberman untuk anjing tersebut karena pemiliknya adalah Karl Doberman. Pada saat itu memang belum ada penggolongan jenis hewan jadi masyarakat memanggil nya sesuai dengan nama pemiliknya. Oleh karena itu, anjing dengan tubuh yang kuat dan juga tegap sekarang dikenal sebagai anjing doberman.

Sampai saat ini, belum ada yang mengetahui anjing Karl Doberman merupakan jenis anjing dari perpaduan jenis apa. Karena anjing ini merupakan jenis anjing yang memiliki perkembangbiakan dari banyak nenek moyang seperti beaucerong, german shepherd, shortharder, butchers, gread dane, dan greyhound.

Ciri-ciri Anjing Doberman

Ciri-ciri Anjing Doberman

Setiap jenis anjing pasti memiliki ciri yang berbeda-beda, begitu juga dengan jenis anjing doberman. Berikut ciri-ciri yang dimiliki anjing doberman.

  1. Memiliki tubuh yang kuat

Jika dilihat dari tampilannya, anjing doberman memang memiliki tubuh yang kuat dan kekar. Hal ini bisa diketahui melalui gerakan anjing doberman yang sangat gesit dan bebas. Selain itu, anjing ini juga memiliki semangat yang tinggi ketika melakukan sesuatu.

  1. Warna hidung bergantung bulu

Salah satu hal unik yang dimiliki anjing doberman yaitu warna hidungnya. Warna hidung anjing doberman bergantung dengan bulu yang dimilikinya. Seperti warna hidung hitam jika bulu hitam dan warna hidung pink jika bulu putih.

  1. Berukuran sedang

Anjing doberman memang memiliki ukuran tubuh yang sedang jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Anjing doberman jantan memiliki tinggi sekitar 26-28 inchi dengan berat yang dimilikinya sekitar 40-45 kg. Sedangkan anjing doberman betina memiliki tinggi 24-26 inchi dengan berat yang dimilikinya sekitar 32-34 kg.

  1. Memiliki tampilan yang elegan

Selain tampilan yang elegan, anjing doberman juga memiliki tampilan yang sangat berkelas ketika berjalan. Hal ini terjadi karena anjing doberman berjalan dengan cara menggunakan kaki depan untuk mengatur arah dan kaki belakang untuk memberikan dorongan yang kuat.

Jenis Pakan Anjing Doberman

Jenis Pakan Anjing Doberman

Dalam pertumbuhan tubuh yang baik, anjing membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi. Dengan adanya nutrisi maka anjing bisa memiliki tubuh yang sangat kuat dan bagus. Adanya nutrisi juga menghindarkan berbagai macam penyakit yang mengganggu anjing. Untuk mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang tepat untuk anjing, berikut informasinya.

  1. Kandungan lemak

Lemak dalam tubuh anjing akan membantu dalam perkembangan otak anjing. Selain itu, adanya lemak juga bisa membuat energi yang ada di dalam tubuh anjing semakin bertambah. Tetapi Anda juga tidak boleh memberikan kandungan lemak yang berlebih, karena bisa membuat anjing doberman mengalami alergi. Jadi sebaiknya Anda memberikan kandungan lemak sedikit demi sedikit.

  1. Kandungan karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sangat penting dalam pertumbuhan anjing. Oleh karena itu, usahakan memberi makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup kepada anjing. Jadi jangan sampai Anda memberikan kandungan karbohidrat yang lebih.

  1. Kandungan protein

Kandungan terakhir yang dibutuhkan anjing doberman adalah protein. Kandungan protein sangat membantu tubuh anjing doberman semakin aktif. Untuk itu, kandungan ini sangat penting dalam pertumbuhan anjing ini. Usahakan memberikan protein yang cukup untuk anjing ini supaya bisa tumbuh dengan baik.

Jenis Anjing Doberman

Jenis anjing doberman bisa ditemukan dengan cara melihat trah anjing yang membuat anjing doberman. Hal ini berarti anjing doberman lahir dari beberapa trah anjing atau mempunyai banyak nenek moyang. Berikut jenis-jenis anjing doberman berdasarkan trah anjing atau nenek moyangnya.

  1. Jenis Great dane

Jenis Great dane

Anjing great dane merupakan jenis anjing yang terkenal karena tinggi yang dimilikinya bisa mencapai 1 meter. Anjing jenis ini memiliki sikap yang penyayang, ramah, lembut dan juga sangat tertutup. Selain itu, anjing ini juga harus sering diberikan pekerjaan untuk membersihkan kelebihan energi pada tubuh great dane.

  1. Jenis Greyhound

Jenis Greyhound

Anjing greyhound merupakan salah satu trah anjing yang membuat anjing doberman. Anjing ini memiliki kelebihan yaitu bisa berlari dengan kecepatan 45 mil per jamnya. Selain itu, anjing ini juga memiliki sifat yang lembut dan tenang ketika berada dalam ruangan.

  1. Jenis Butchers dog

Jenis Butchers dog

Butchers dog merupakan jenis anjing dari nenek moyang rottweiler. Anjing ini dikenal sebagai anjing yang bekerja sebagai tukang penjagal. Selain itu, anjing ini juga digunakan sebagai anjing pembawa kayu dan barang-barang lain ke pasar. Anjing ini memiliki kecerdasan yang tinggi untuk menyenangkan majikannya.

  1. Jenis Beaouceron

Jenis Beaouceron

Anjing beaouceron dikenal sebagai anjing yang memiliki kemampuan kuat. Jenis anjing ini merupakan salah satu leluhur anjing doberman dan merupakan jenis trah yang membentuk tubuh dari anjing doberman. Anjing ini memerlukan olahraga yang cukup banyak supaya bisa bertugas sebagai penjaga dengan baik.

  1. Jenis Shorthaired gun dog

Jenis Shorthaired gun dog

Jenis shorthaired merupakan jenis anjing dari nenek moyang weimaraner. Seperti anjing greyhound, anjing ini juga memiliki kelebihan bisa berlari untuk olahraga. Anjing ini juga memiliki sikap yang cerdas dalam mempelajari sesuatu yang baru. Tetapi jika kecerdasannya tidak dimanfaatkan dengan baik, maka anjing ini akan bersikap agresif.

  1. Jenis Manchester terrier

Jenis Manchester terrier

Salah satu nenek moyang dari anjing doberman adalah jenis manchester terrier. Anjing ini merupakan salah satu jenis anjing pemburu yang cukup handal. Dulunya anjing ini memiliki aktivitas sebagai pemburu tikus. Oleh karena itu, anjing ini memiliki keahlian dalam berburu yang bagus.

  1. Jenis Old german sheperd

Jenis Old german sheperd

Anjing german sheperd merupakan jenis anjing yang memiliki beberapa kelebihan seperti membantu menggiring ternak, melindungi dan menjaga hewan ternak. Jenis anjing ini dikenal sebagai anjing gembala yang setia dengan majikannya. Selain itu, Anjing ini juga sangat menyukai berinteraksi dengan majikannya.

Warna Anjing Doberman

Warna Anjing Doberman

Anjing doberman memiliki dua jenis warna yaitu warna hitam dan coklat. Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan mengenai warna anjing doberman, berikut penjelasannya.

  1. Anjing doberman warna hitam

Warna hitam memang menjadi warna yang biasa dimiliki beberapa jenis anjing salah satunya anjing doberman. Anjing doberman warna hitam memiliki kelebihan yaitu harga yang murah. Jika berbicara masalah harga, memang anjing doberman warna hitam lebih murah dibandingkan dengan anjing doberman warna coklat. Karena anjing doberman warna coklat sangat langka untuk ditemukan.

  1. Anjing doberman warna coklat

Anjing doberman warna coklat memang terkenal sangat mahal jika dibandingkan dengan anjing doberman warna hitam. Selain itu, anjing ini juga memiliki kelebihan yaitu memiliki sikap yang atraktif dan memiliki otot yang sangat kuat. Dengan kelebihan tersebut dan juga keberadaannya yang langka membuat anjing ini memiliki harga yang mahal.

Harga Anjing Doberman

Harga Anjing Doberman

Harga anjing doberman memang dibedakan menjadi tiga yaitu dengan catatan keluarga lengkap, hasil impor dari Thailand dan juga hasil impor dari barat. Secara umum harga dari anak anjing doberman tanpa dokumentasi sekitar 4-5 juta rupiah. Harga tersebut pastinya akan berbeda jika dilihat dari kelengkapan catatan keluarga dan juga hasil impornya. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi mengenai harga anjing doberman berdasarkan beberapa hal.

  1. Berdasarkan impor dari barat

Impor anjing doberman biasanya didapatkan dari dua negara yaitu Amerika dan Eropa. Di Indonesia biasanya lebih suka hasil impor dari Eropa dibandingkan dari Amerika. Hal ini terjadi karena anjing doberman dari Eropa memiliki fisik kuat, memiliki otot yang kuat, lurus kebelakang, dan gerakan agung. Hal itulah yang membuat anjing doberman hasil impor Eropa lebih menarik. Meskipun begitu, harga yang dimiliki anak anjing doberman dari kedua negara tersebut memiliki harga yang sama yaitu sekitar 1500$.

  1. Berdasarkan impor dari Thailand

Anak anjing doberman yang berasal dari impor Thailand, biasanya didatangkan langsung dari peternakannya. Hal itulah yang membuat harga anak anjing doberman memiliki harga tinggi. Harga anak anjing hasil impor dari Thailand memiliki harga sekitar 5-10 juta rupiah bahkan bisa lebih jika dijual di Indonesia. Jika dibandingkan dengan harga anak anjing dari barat, memang anak anjing hasil impor dari Thailand memiliki harga yang lebih murah.

  1. Berdasarkan kelengkapan catatan keluarga

Anak anjing dengan dokumentasi dan catatan keluarga yang lengkap, biasanya memiliki harga sekitar 5-9 juta rupiah. Apalagi jika Anjing tersebut memiliki catatan seperti prestasi dalam pertunjukan maka harga akan berubah dan bisa mencapai 10-15 juta rupiah. Jadi apabila semakin baik catatan yang dimiliki anjing tersebut, maka harganya akan semakin mahal juga.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Anjing Doberman

Faktor yang Mempengaruhi Harga Anjing Doberman
Faktor yang Mempengaruhi Harga Anjing Doberman

Harga anjing doberman memang dipengaruhi dari berbagai hal seperti dari usia, asal dan juga jenis kelamin. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai faktor yang mempengaruhi harga anjing, berikut penjelasan yang bisa Anda simak.

  1. Faktor usia

Usia dalam anjing biasanya dibedakan menjadi anak dan dewasa. Harga anak anjing pastinya jauh lebih murah dibandingkan anjing dewasa. Tetapi jika anjing seumuran namun bobotnya berbeda maka harganya juga berbeda. Memang biasanya yang diperjual belikan yaitu anak anjing, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa anjing dewasa yang sudah matang atau siap pembibitan juga diperjual belikan untuk mendapatkan keturunan.

  1. Faktor jenis kelamin

Selain faktor usia, jenis kelamin juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan pada harga anak anjing doberman. Harga anak anjing betina biasanya lebih mahal dibandingkan dengan harga anak anjing jantan. Bahkan selisih harga dari keduanya bisa mencapai 1 juta rupiah. Untuk itu, jika Anda ingin membeli anjing doberman, maka pertimbangkan terlebih dahulu jenis kelamin yang mau Anda beli.

  1. Faktor asal

Asal anjing doberman di lahirkan sangat menentukan harga dari anak anjing doberman. Seperti harga anjing dari barat dan Thailand yang memiliki selisih harga cukup jauh. Biasanya memang harga dari anjing doberman yang berasal dari barat memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan yang lain. Karena memang perawatan yang diberikan di daerah barat lebih baik dibandingkan dengan daerah lain. Oleh karena itu, asal dari anak anjing doberman sangat mempengaruhi harga anjing tersebut.

Cara Merawat Anak Anjing Doberman

Cara Merawat Anak Anjing Doberman

Merawat anjing yang masih anak-anak akan membutuhkan ketelatenan yang cukup besar, karena anak anjing masih banyak membutuhkan perawatan. Perawatan yang diperlukan anak anjing memang cukup banyak, jadi harus dijalankan dengan hati-hati dan teratur. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat anak anjing doberman dengan baik.

  1. Melakukan pemeriksaan dokter secara berkala

Hal ini perlu dilakukan supaya anak anjing terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, melakukan pemeriksaan dokter juga bisa membuat anak anjing merasa tenang dan nyaman. Jadi apabila dilakukan pemeriksaan secara rutin, maka anjing akan terbiasa dengan penanganan dokter.

  1. Rutin melakukan perawatan gigi

Anak anjing biasanya memiliki masalah pada gigi seperti tartar dan plar. Untuk menghilangkan masalah tersebut maka diperlukaannya perawatan gigi. Perawatan gigi harus dibiasakan sejak kecil supaya terhindar dari masalah yang berhubungan dengan gigi dikemudian hari.

  1. Memberi makanan yang baik

Kandungan makanan memang sangat berpengaruh dengan pertumbuhan anak anjing. Kandungan makanan yang diperlukan anak anjing yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, upayakan juga memberikan makanan yang mengandung konsetrat untuk mendapatkan gizi yang baik.

  1. Melakukan grooming

Grooming merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk merawat tubuh. Grooming tidak hanya dilakukan oleh manusia, tetapi hewan juga perlu melakukan grooming. Anak anjing sangat perlu dibiasakan untuk melakukan grooming sejak dini. Tujuan dengan dilakukannya grooming supaya anak anjing lebih nyaman dan terbiasa.

  1. Mengajak beradaptasi

Melatih anjing doberman supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan merupakan hal yang perlu dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memperkenalkan anjing lain kepada anjing milik Anda dalam pengawasan. Beradaptasi dengan lingkungan sangat penting dalam menghilangkan rasa takut terhadap hal yang baru diketahui.

  1. Mengajak berolahraga

Tulang anak anjing biasanya masih belum terbiasa dengan suatu gerakan-gerakan. Untuk melatih anjing supaya terbiasa bergerak bebas, maka perlu mengajaknya berolahraga. Dengan berolahraga, maka tulang anak anjing akan terbiasa dan menjadi kuat. Hal ini sangat baik dilakukan untuk masa depan anjing tersebut.

  1. Teratur dalam melakukan pelatihan

Pelatihan harus diberikan kepada anak anjing apabila Anda baru mendapatkannya. Hal ini dilakukan karena anak anjing masih terbilang sangat lemah dalam melakukan hal apapun. Untuk itu, mengajak anak anjing dalam bermain ataupun pelatihan akan membuat tubuhnya semakin aktif dan kuat.

Ekor dan Telinga Anak Anjing Doberman Perlu Diperhatikan

Bagian tubuh anjing doberman yang sangat mencuri perhatian adalah bagian ekor dan telinga. Oleh karena itu, perawatan ekor dan telinga anjing doberman perlu dilakukan sejak kecil supaya bisa menjadi bentuk yang menarik dan menawan. Untuk mengetahui cara merawat bagian ekor dan telinga, sebagai pemilik Anda harus melakukan pelatihan terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal-hal aneh.

Perawatan pada ekor biasanya dilakukan pada saat masih berumur beberapa hari, tetapi untuk perawatan telinga harus dilakukan ketika sudah berumur muda. Perawat telinga biasanya dilakukan dengan cara memotong bagian telinga, supaya ketika dewasa telinga anjing tersebut bisa terlihat semakin menawan dan cantik. Untuk melakukan pemotongan telinga, Anda harus benar-benar mengetahui cara yang tepat. Untuk itu, melakukan pelatihan merawat telinga merupakan hal yang tepat untuk Anda lakukan.

Cara Merawat Anjing Doberman yang Dewasa

Cara Merawat Anjing Doberman yang Dewasa

Semakin dewasa anjing peliharaan, maka perawatan yang dibutuhkan akan semakin mudah untuk dilakukan. Hal ini terjadi karena anjing dewasa sudah lebih mengerti jika dibandingkan dengan anjing doberman yang masih kecil. Berikut ada beberapa cara merawat anjing doberman dewasa.

  1. Mengajak rutin berolahraga

Mengajak berolahraga merupakan hal yang tepat untuk dilakukan kepada anjing doberman dewasa. Dengan berolahraga, maka anjing doberman akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Waktu berolahraga yang sangat tepat yaitu pada pagi hari atau sore hari.

  1. Memberi makanan yang baik

Memelihara anjing doberman harus benar-benar memperhatikan makanan yang baik untuk diberikan. Makanan yang baik untuk anjing doberman adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti protein. Makanan yang baik akan membuat anjing doberman terhindar dari penyakit kelainan di tulang belakang.

  1. Melakukan pemeriksaan secara berkala

Sangat diperlukan melakukan pemeriksaan kepada dokter hewan untuk menghindari terjadinya penyakit. Pemeriksaan ini bisa dilakukan selama satu tahun sekali untuk melakukan vaksinasi kepada hewan doberman. Hewan doberman memang sangat rentan terkena penyakit seperti masalah kulit, cacat jantung dan juga masalah kegemukan.

Cara Merawat Kandang Anjing Doberman

Cara Merawat Kandang Anjing Doberman

Merawat kandang anjing doberman bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti membersihkannya, menyediakan tempat bermain, mengatur tata letak dan juga memperhatikan interior kandang. Untuk mengetahui informasi tersebut secara detail, berikut penjelasan mengenai cara merawat kandang anjing doberman.

  1. Membersihkan kandang secara rutin

Kebersihan dari kandang anjing merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam mencegah adanya bakteri. Selain itu, kenyamanan anjing juga sangat bergantung dengan kondisi kandangnya. Untuk itu kebersihan kandang harus diperhatikan dengan baik. Berikut cara membersihkan kandang anjing doberman yang tepat.

  1. Membersihkan kotoran anjing dengan cara menggunakan sarung tangan untuk mengambil kotoran dan memasukkannya ke dalam plastik.
  2. Membersihkan kandang dengan cara menyapunya dengan bersih menggunakan sapu kecil.
  3. Membersihkan bagian lantai dan dinding dengan spons dan air disinfektan.
  4. Membilas kandang menggunakan air bersih sambil digosok-gosok sampai bersih.
  5. Menjemur kandang di daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.
  6. Mengelap kandang sampai bersih.

2. Menyediakan tempat bermain

Adanya tempat bermain akan membuat anjing doberman memiliki banyak aktivitas, apalagi anjing ini merupakan salah satu jenis anjing yang menginginkan banyak aktivitas. Jadi selain berolahraga, maka dengan adanya tempat bermain akan membuat anjing doberman bisa bermain dengan sepuasnya. Jadi untuk membuat anjing ini semangat beraktivitas, maka lebih baik Anda sediakan tempat untuk bermain.

  1. Mengatur tata letak kandang

Tata letak kandang untuk anjing doberman harus benar-benar diperhatikan demi kenyamanan anjing Anda. Letakkan kandang anjing Anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari dan tempat yang teduh. Selain itu, Anda juga harus meletakkan kandang anjing ini di tempat yang aman dari hujan. Karena hujan bisa saja membuat anjing Anda mengalami sakit.

Usahakan kandang anjing Anda menghadap ke timur, supaya bisa terkena sinar matahari pagi yang bagus untuk pertumbuhan. Dengan begitu, pertumbuhan anjing Anda bisa berjalan dengan baik melalui bantuan sinar matahari pagi. Selain itu, dengan menghadapkan kandang ke timur, juga bisa membuat anjing Anda terhindar dari panasnya sinar matahari ketika sore.

  1. Memperhatikan interior kandang

Interior kandang juga sangat mempengaruhi kesehatan dari anjing Anda. Interior yang harus diperhatikan yaitu fentilasi udara dan lantai. Jika Anda membuat atau membeli kandang, usaha mencari kandang yang memiliki fentilasi udara yang bagus. Dengan begitu, anjing Anda bisa menghirup udara dengan baik.

Untuk lantai kandang, sebaiknya Anda memberikan lantai yang ditanami rumput atau disemen agak kasar supaya anjing Anda bisa bermain dengan nyaman. Selain itu, untuk menghindari terjadinya genangan air karena hujan atau setelah dibersihkan, usahakan membuat lantai kandang memilliki sudut kemiringan yang bagus. Dengan begitu, maka tidak akan ada genangan air yang ada di kandang.

Cara Mengawinkan Anjing Doberman

Cara Mengawinkan Anjing Doberman

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengawinkan anjing doberman. Cara-cara tersebut harus dilakukan dengan hati-hati supaya berjalan dengan lancar. Berikut cara mengawinkan anjing doberman.

  1. Pastikan anjing betina tidak loop

Loop merupakan kejadian menstruasi yang terjadi pada anjing doberman betina. Hal ini biasanya terjadi dengan tanda-tanda keluarnya darah dari vagina. Sebelum Anda membantu proses mengawinkan, maka Anda perlu memperhatikan kondisi anjing betina apakah sedang mengalapi loop atau tidak.

  1. Mengikat moncong anjing betina

Jika ingin memulai proses mengawinkan, maka Anda harus mengikat moncong anjing betina terlebih dahulu menggunakan kain. Hal ini dilakukan supaya anjing jantan tidak menggigit anjing betina. Karena anjing jantan biasanya lebih nakal jika melakukan proses mengawinkan.

  1. Membantu anjing jantan

Disini tipe anjing jantan biasanya berbeda-beda, ada anjing jantan yang bisa naik sendiri tanpa bantuan manusia ada juga yang membutuhkan bantuan. Apabila anjing jantan milik Anda tidak bisa naik ke punggung anjing betina, maka Anda perlu membantunya. Dengan begitu anjing jantan akan terbantu dalam proses ini.

  1. Mengawasi prosesnya

Pengawasan dalam proses mengawinkan perlu dilakukan untuk memastikan proses ini berjalan dengan lancar. Biasanya proses ini tidak bisa berjalan lancar karena anjing jantan tidak bisa memasukkan kelaminya. Oleh karena itu, disini peran Anda sangat dibutuhkan untuk membantu anjing jantan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Anjing Doberman

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Anjing Doberman

Dalam membeli anjing doberman, Anda tidak boleh asal membeli saja karena kualitas dari anjing sangat berpengaruh dalam aktivitas Anda. Selain itu keselamatan Anda dan keluarga juga menjadi prioritas dalam hal ini, jadi Anda harus membeli anjing yang tepat untuk dipelihara. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli anjing doberman.

  1. Bukan seorang Pemula

Anjing doberman merupakan anjing yang memiliki fisik kuat dan tangguh. Untuk itu, jika Anda sebagai pemula maka lebih baik Anda membeli jenis anjing selain doberman karena doberman memiliki sifat yang sangat agresif. Oleh karena itu, dibutuhkan pemilik yang bisa menghadapi anjing ini jika bersifat agresif.

  1. Pastikan memiliki pengalaman

Jika Anda merupakan orang yang berpengalaman maka Anda bisa membeli anjing doberman. Dengan pengalaman yang Anda miliki, maka Anda bisa melatih anjing doberman dengan sangat baik. Meskipun begitu, Anda juga harus meperhatikan hal seperti tidak terlalu subjektif supaya anjing doberman tidak berulah. Karena memang anjing doberman memiliki tempreman yang sering berubah-ubah.

  1. Sabar dalam melatih

Kesabaran Anda sebagai pemilik sangat dibutuhkan dalam mengajarkan pelatihan sejak dini. Semakin sering dilatih sejak kecil, maka anjing doberman akan semakin nurut kepada Anda jika sudah dewasa. Untuk itu, lebih baik Anda juga membeli anak anjing saja dibandingkan dengan anjing dewasa supaya bisa dilatih sejak kecil.

  1. Usahakan memiliki sikap kaku

Sikap kaku juga sangat dibutuhkan oleh sang pemilik, karena dengan bersikap kaku maka akan membuat anjing doberman bisa melatih pengalaman yang mereka miliki. Dengan bersikap kaku, maka sang pemilik bisa mengendalikan tingkah laku anjing doberman dengan sangat baik.

Jenis anjing apapun bisa Anda pelihara asalkan bisa menjamin keselamatan Anda dan keluarga. Karena memang keselamatan merupakan hal yang harus diutamakan. Jika dengan memelihara anjing doberman akan membuat keluarga Anda terancam keselamatannya, maka lebih baik tidak memelihara anjing tersebut.

Tetapi jika Anda tetap ingin memelihara anjing tersebut, maka Anda harus merawatnya dengan baik dan juga menyediakan tempat yang aman untuk anjing tersebut. Dengan begitu, keselamatan Anda dan keluarga bisa terjamin.

ANJING DOBERMAN : Sejarah, Ciri, Jenis, Harga, Cara Rawat (Super Lengkap)

Advertisements

One thought on “ANJING DOBERMAN : Sejarah, Ciri, Jenis, Harga, Cara Rawat (Super Lengkap)

  1. Pingback: ANJING CIHUAHUA : Karakter, Ciri, Varian, Cara Rawat, Fakta Unik Dll

Add Comment